mas bro semua…. hhmmmm tak mau kalah dengan bloger papan atas seperti Kang Haji Taufik… yang mendapat pinjaman sepeda motor dari pabrikan. ..untuk daily test ride, kali ini pun saya juga berkesempatan mendapat pinjaman sepedamotor 1minggu free!, bedanya adalah jika TMC blog murni untuk free test ride, maka saya mempunyai tugas untuk memperbaiki motor yang rusak! berawal dari keluhan teman bahwa scorpio nya tak bertenaga dan mengalami bayak loss power, mesin teriak namun tak segera tancap laju nya ! sikalajengking pun segera mengandang di markas Warung DOHC , chapter karawang test ride sebentar>>> hmmm jelas aja nich friction cluth nya habis terbakar lah jalan pelan gear 3 kalem, trus tiba2 berakselerasi aja bukannya over gear, yg terjadi malah mesin teriak high rpm, mirip matic! setelah sang empunya myetujui MOU untuk mencincang kala-jengking peralatan dapur pun saya siapkan! 😀
➡ usut punya usut ternyata scorpio ini hangus kampas koplingnya saat digunakan touring menanjak ! (diperkirakan si pengguna salah perlakuan kemungkinan tidak terbiasa menanjak ) >>dari beberapa kali pengalaman bongkar kopling motor, justru scorpio inilah yang paling mudah di bongkar-pasang ! loh kok bisa?…., mari kita cermati:
sebelum melakukan pembongkaran tap oli mesin sampai habis 1. lepas foot step kanan dengan kunci L-hexagonal – 6 (posisi mudah di samping) 2.lepas kick starter 3. silahkan buka semua baut pengikat bak kopling dengan kunci T-8 4. lepas baut nepel oil pipe dengan kunci ring-12 5. ketok perlahan secara merata block kopling dengan rubber hammer, sambil tarik secara perlahan bak kopling agar packing tidak sobek system cluth tranmision langsung bisa di bongkar.. tak seperti motor bebek, yg harus melepas, knalpot, fotstep bracket, brake arm pokoknya si kalajengking ini, lebih mudah bongkar nya 😀 selanjutnya ➡ lepas ke 4 baut yang saya lingkari merah.. dengan kunci T-8 ➡ tak perlu membuka / mengendorkan baut tengah yang saya lingkari biru ❗ karena baut tersebut adalah adjuster stut cluth yg terhubung dengan ball dari shaft pengungkit 💡 >> buka cover house cluth, lepaskan lembaran kampas satu persatu! (jangan lupa posisi urutan kampas saat dilepas)
kampas kopling 6 lembar original seharga 209.000 rb
For your information ➡ kampas kopling scorpio terdiri dari 6 lembar dan uniknya terdapat 1 lembar yang dimensinya berbeda dari kelima kampas laennya….. lihat gambar kampas no 2 (lingkaran biru) posisi kampas tersebut terletak pada lembar ke -4 (urutan dari luar house cluth) pemasangannya jangan sampai salah ❗ dan ditengahnya terdapat washer (cincin logam) >>> untuk plat gesek susun secara teratur, dengan aturan sisi tajam di dalam,/ secara seragam! _ berselang-seling dengan kampas kopling
>>>pasang semua part dengan cara berkebalikan saat proses bongkar! >>> ganti oli dengan yang baru (1200ml) , dan lakukan penggantian oli (lagi) dalam waktu yang berdekatan,misal 500km dengan tujuan untuk flushing sisa2 kotoran dan gram akibat kampas koplinng yang aus, dan ikut ter disribusi ke system pelumasan engine! >>> ada baiknya filter oli juga di ganti karena dipastikan banyak gram menempel di filter tersebut…., bila mana belum berniat mengganti , boleh lah di cleaning sampai bersih !
setelah semua selesai test ride session, wussshhh si kala jengking ngangkat2 lagi bisa standing 😀
bonus nich ➡
sambil mantengin blognya kang haji, gara2 diserang fansboys
semoga bermanfaat, salam azizy_horee from warung D.O.H.C
monggo share kalo mau ditambahi / barangkali ada koreksi Wassalamualaikum
pertamax
By: bintang on Januari 21, 2011
at 8:29 pm
akhirnya kesabaran berbuah 🙄
By: azizyhoree on Januari 21, 2011
at 8:51 pm
om apa efeknya kalau salah satunkapasnya terbalik?
By: yanti on Desember 9, 2011
at 8:27 pm
ada permukaan plat yang bergesekan tidak semestinya jadi cengkeraman kurang kuat *tergantung juga gimana kasus kebaliknya ? 🙂
By: azizyhoree on Desember 11, 2011
at 12:12 pm
baca dulu
By: bintang on Januari 21, 2011
at 8:33 pm
apakah hal sama bisa dilakukan pada motor bebek….???!! ben ngirit wektu??
By: martini on Januari 21, 2011
at 8:40 pm
pertanyaan simple high impact!, soale yg nanya begawan 😀
➡ bisa , tapi enginer harus bikin design frame sebagaimana di aplikasikan sepertidi scorpio, (ga kebayankan tempelan pada engine! ) 😆
By: azizyhoree on Januari 21, 2011
at 8:45 pm
waduh,. Anis sisuk jadi mekanik.!
By: karismanis on Januari 21, 2011
at 8:59 pm
agaaggagagagag si cewek kecil jadiin programmer ecu aja 😆
By: azizyhoree on Januari 21, 2011
at 9:04 pm
melu sinau sik…..
By: PB aka Penunggang Byson on Januari 21, 2011
at 9:18 pm
monggo….., gudel nya boleh kapan2 di perah susu nya ke karawang ❗
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 12:12 am
itu saringan oli versi pahe yo..punyae MX ato vixi….
By: martini on Januari 21, 2011
at 9:22 pm
bukan, begawan ❗ itu aslinya, cuman kmarena banyak kotoran jadi kusem….. (bahan filter punya scorpio seperti dary nylon, lembut & rapet) ❗ ,
➡ > sedangkan punya mx + vixion, sepertinya dari kertas ya? (rusak-buang) 😆
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 12:15 am
tak kiro nek kertas…..filter oli asli scorpio kan kayak filter karbu vespa….bisa dicuci
By: martini on Januari 22, 2011
at 7:59 am
wah emang jiwanya di situ, eit penasaran poto standingnya… Neh
By: Triyanto Banyumasan on Januari 21, 2011
at 9:24 pm
agagagagg! wah entar kalo pas lagi standing di foto, pada dibilang 4l4y ❗ 😈
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 12:16 am
baca sekilas ….
keren bin mantaffff kang aziz …
baca tiga kilasnya besok yah
ngantuk nich …
* lho tadi kan ikut mimpi sama bonsai ….
By: uDien D'Kab 234 on Januari 21, 2011
at 9:26 pm
xi xi xi, pelan2 mang bacanya, urang maklum akang udah uzuur 🙄
apalagi terbangun dari mimpi, gek jejer mbah bonz pisan ❗ 😆
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 12:35 am
sekalian nanya, Tagorku dah ganti kanvas kopeling Daytona, per pakai R9, knalpot di bobok, pilot jet kitaco, tapi speed (125 kpj meksa di trek panjang) dan responsif kok ga sepadan dibanding waktu barunya ?, maksudnya penggantian part td biar minimal sama dng performa waktu baru…. *cat : klep dah lama ga disetel spt kuceritakan yg lalu, pelk dan ban tapak lebar 17”, gear rantai blkang dah oblak…
Suwun pencerahannya masbro .
By: Triyanto Banyumasan on Januari 21, 2011
at 9:35 pm
hmmmm, kampas kopling nya pakai daytona udah berapa lama ❓
➡ pemakain kampas kopling racing akan meningkatkan performa akselerasi….. , namun durrability tak setangguh standart nya ❗ ya tau sendiri, semakin menggigit semakin cepet habis kan? 🙄 🙂
settingan klep jelas mempengaruhi… seperti yang saya ceritakan kemaren ❗
>> velg tapak lebar + ban gambot mengurangi akselerasi + top speed, atau bisa dikatakan, butuh track lebih panjang untuk mencapai topspeed seperti biasanya saat pakai velg standart
nah gimana……?
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 12:21 am
buat yang di atasku.. mending di boyong n250/ cbr anyar di jamin ra oblak..
By: #99 bro on Januari 21, 2011
at 9:45 pm
se >> 7 ❗ jurus sakti pembunuh :oblak: ❗
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 12:22 am
➡ KangTri ganti FXR waeee…
By: alrozzzi coolrider 2 on Januari 22, 2011
at 9:48 am
wahh….bisikin berapa biaya opnamex mas?
By: az147r on Januari 21, 2011
at 9:47 pm
murah ❗
kampas kopling 6 lebar OEM = 209K (untung 9rb) diskon ngaku2 bengkel >> 200K
oli yamalube sport 1L =30 K
sisanya =30K (tambahan buat beli susu kaleng assisten ku) pict #1 🙄
➡ jujur puoll (harga promosi) xixixi
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 12:31 am
@roso : aku naksir Vartech je, ta enteni sekenmu wae yo…ik…ik… 😆
By: Triyanto Banyumasan on Januari 21, 2011
at 9:51 pm
di nego aja tuh pak vartech nya ❗ tapi kata kang rosso, mau ngikutin livery nya rossi ding ❗ , bukan rosso
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 12:24 am
Kalo perlu bolo dan asisten, ane siap meluncur gan..
By: Mahardika on Januari 21, 2011
at 10:43 pm
wadeeeew :hammer: jadi malu nich ada pak maxxus 😳 🙂
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 12:27 am
artikel menarik
mesti bonus service karbu nih karo konco dewe
By: bejo on Januari 21, 2011
at 10:46 pm
boleh2 :konco dewe: (jape methe mode: ON)
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 12:26 am
sing nduwe umah nang ndi iki ? shift wengikah ?
By: Triyanto Banyumasan on Januari 21, 2011
at 11:09 pm
butul ❗ ^ ahli penerawangan tibake ❗
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 12:25 am
matur suwun Mz Boz, tambah ngelmu ki………
By: Hourex on Januari 21, 2011
at 11:44 pm
sami2 mas, xi xi xi welcome back to the netter’s 🙂 2 stroke nya kapan2 dech nunggu pasien
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 12:25 am
fu saya rem depannya seret, kenapa ya ❓ 😦
*oot mode on
By: satria merindukan fxr on Januari 22, 2011
at 1:01 am
bunyi nya.., nciit nciit nciit… ❗ ayo di bawa ke teluk jambe mari kita bongkar mang ❗ 💡
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 4:08 am
wow, mantap
bener2 handal nih juragan warung dohc….
btw, bisa bongkar septic tank di rumah saia apa nggak ? keliatannya agak mampet,, he he he he
(mindik mindik trus kaboor.. )
By: Onthel on Januari 22, 2011
at 1:46 am
😈 wekekekkekeke bisa2….. ❗ siap kan tiket GA 302
➡ CGK- SUB entar dari juanda ke sidoarjo dijemput pake onthel ya
jangan lupa, karena septic tank anda ber compressi tinggi, maka tarif nya mahal ❗ xi xi xi 😆
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 4:41 am
Punya special tool buat buka mur kruk as n rumah kopling tigor?? Cari dimano yo?
By: Kurniaprorider on Januari 22, 2011
at 7:04 am
yang murnya di belah 4 itu kan mas? hmmmm itu namanya pake kunci hook!
ada banyak di glodok loh 😀 ayo maen ke jakarta kita cari bareng
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 3:29 pm
Nama’a Nut Lock Rotor Oil FIlter … desain tool versi pabrikannya saya ada .. di glodok mungkin ada untuk versi bengkelnya (di ace hardware pernah liat) ..
By: chi on Januari 24, 2011
at 8:18 pm
nah itu maksud saya mas Chi ❗
By: azizyhoree on Januari 24, 2011
at 10:28 pm
tapi Nut Lock Rotor Oil FIlter ” bukanya nama spesifik, untuk type bebek automatic, pada centrifugal cluth mas?, meskipun bentuknya sama, kalo di type manual cluth kan ga pake centrifugal, dan ga ada rotor oil filter yg terletak built in pada centri fugal tersebut? :?:, ayo discussion ❗ 😀
By: azizyhoree on Januari 24, 2011
at 10:43 pm
di motor tiger+megapro ada sistem pencucian oli di atas persis gear primary drive (bentuknya kaya payung / jamur) .. di baut screw oval (baut +) 3 pcs …
klo di bebek namanya OAPC alias Outer Assy Primary Clutch alias sentrifugal kalo sampeyan bilang .. dua2nya memang di kencengin pake nut lock .. cuma beda jenis ulir m dimensi ..
cmiiR .. 😀
By: chi on Januari 26, 2011
at 11:31 am
dijamin oli lebih bersih (pio ga pake rotor oil filter ya???) …
cek ini deh … klo di link itu namanya centrifugal oil filter ..
http://hubpages.com/hub/oil-change-Honda-CL360
By: chi on Januari 26, 2011
at 12:07 pm
tentang pencuci oli di tiger dan mega pro, hhhmm, saya amati, yg mirip balancer itu kan mas chi? ya mirip pada honda win / kalo di bebek modif manual cluth, istilahnya jedeg he he he 😆
kenapa pake rotor oil filter bersih?…hhhm karena dengan doputar, dan mendapat gaya sentrifugal, pasti materi kotoran dan gram2 akan mengendap dan terkumpul di mankok nya itu kan ? 😀
siph mas, keren tuh rotor oil yg ada di link honda CL360 nya 😯
By: azizyhoree on Januari 26, 2011
at 4:45 pm
jadi inget .. Tunjukkan Merahmu!!!!
By: Amamoto on Januari 22, 2011
at 7:20 am
iklan rokoknya mbah dukun ❓ xi xi xi
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 3:32 pm
wah saia lagi pengen ngeramut 2 tak, seumpama ntar kalo dapet (masih proses nego) ntar konsul2 lagi tentang 2 stroke ya mas hehe
By: Darmawan on Januari 22, 2011
at 7:23 am
weleh2 mau nambah lagi nich ❓ jian ati2 pajak progresif pak dar 😆
ok ok, siap nanti sebisa saya bantu 😀 ( saya juga ngidam nasir 150 je ) 🙄
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 3:34 pm
yamaha Touch-nya kayaknya oke tuch pak Dar..hehehehehe
By: touringrider on Januari 24, 2011
at 10:44 pm
aku yo pengen, yen iku cak! 😎
By: azizyhoree on Januari 25, 2011
at 12:53 am
Jgn2 tuh pionya mbah wiro yo kang wkwkwk
Kampas kopling pio mantap jg dipasang ke vixi. Dah diterapkan ama tunggangan edwin cuman judder spring dilepas. Pakai 5 kampas dgn dimensi sama besarnya.
Mungkin per kopling substitusi pio bisa lirik ninja 150 punya.
By: wiwied on Januari 22, 2011
at 10:21 am
iya mas wiwid, memang bisa pio di aplikasi ke vixie…….
spring cluth bisa dari ninja ❗
>> siph thanks atas info nya 🙂
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 3:50 pm
wah saya ikhlas Mz Bro jd pasien sampeyan.. Xixixixixixi..
PISs..
By: Hourex on Januari 22, 2011
at 11:23 am
he he eh, kok pasrah bgt
yoi mas bro kapan2 bongkar2 bareng 😀
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 3:51 pm
besok mau bongkar vario ah…
By: ridertua on Januari 22, 2011
at 12:07 pm
bongkar jok-nya aja wkwkwkwkwk…
By: ridertua on Januari 22, 2011
at 12:08 pm
whoooo, kalo itu juga anak SD bisa
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 3:31 pm
blm pernah bhas bongkar matic ia mas aziz?
pngn tw dlman.a ta tnggu iaa
By: hmdluph on Januari 22, 2011
at 4:45 pm
udah mas ❗ tapi waktu itu draft nya belum saya tulis komplit 😆 kapan2 deh mas, saya bahas 🙂 thanks dah berkunjung
➡ >>> ini mas bro bongkar matic nya waktu itu, besok tak cari pasien matic lagi 😆
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 5:43 pm
waduh saya ada motor suzuki spin nih mas, tenaga aneh 😀 thx
By: Admin [KAFEIN4U] on Januari 22, 2011
at 6:11 pm
aneh kenapa mas bro? ayo kita operasi >> di bongkar aja ❗ aghahahha
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 7:21 pm
apa sama dengan tiger?pengen latian benerin sendiri.
jaman stm nek latian praktek otomotif .bongkare mesin fiat sing iseh ohv nek pas ngerakit meneh biasane baute turah.trus dikantongi ben ora ngerti pak guru.hi hi hi
By: gaplek mania on Januari 22, 2011
at 8:27 pm
yo mirip lah mas……………, kalo cuma ganti kampas kopling mirip, bedanya kayaknya di crank shaft ada balancer, kalo pio kan cuma gear
>>> baut turah di kantongi! wekekekkekek kebiasaan buruk
By: azizyhoree on Januari 22, 2011
at 9:00 pm
Butuh waktu berapa lama mas buat ganti kampas kopling ???
By: blognyamitra on Januari 22, 2011
at 9:44 pm
ya….., dengan kondisi pengerjaan serius, saya kira 45 menit sampai 1 jam cukup,
➡ tapi yg saya kerjakan ini kan ga ada dea line, (lha wong motor dipinjemin 1minggu) 😆 jadi ngerjain sambil momong anak” + online+ face book an + kopdar juga ada tamu pengunjung blog 😀 santai tapi tetep jadi
By: azizyhoree on Januari 23, 2011
at 12:34 am
montir.a mantab pke tanktop..
eh slh laptop..
By: hmdluph on Januari 23, 2011
at 1:43 am
xi xi xi ada tuh tank top di jemuran 😳
ha ha mas bro ini bisa aja, tuh kalajengking kan ga bisa di down load data failed nya ❗ macam moto GP 🙄
yah iseng2 online 😀
siph thanks dah berkunjung 🙂
By: azizyhoree on Januari 23, 2011
at 1:58 am
mantap warung dohc rame banget bro hehe
Gak di kasih blok kaya ducati monster pake koplin kering xixixi
Ngelapak ah http://moyseventeen.wordpress.com/2011/01/22/perjalanan-rider-indonesia-di-super-drag-international-challenge/
By: moyseventeen on Januari 23, 2011
at 5:38 am
bhuahahahha, gaswat tuh nyangkok dry cluth ducati, bisa buat beli scorpio 5 biji ❗
By: azizyhoree on Januari 23, 2011
at 6:08 am
bar kopdar mini karo Rozy + Mig malah mriyang, opo aku keracunan FXR yo ? Sirahe kliyengan si an
oks, nanti ta nang Ahass ganti oli ples stel klep, oh iyo aku nganggo oli ahm, apike pirang kilo penggantiane yo ?
By: Triyanto Banyumasan on Januari 23, 2011
at 10:24 am
salahe ra ngumbe anti ratjoen!
By: azizyhoree on Januari 23, 2011
at 7:59 pm
Kunci hook diglodok brapaan bro?? Lg cr ne, klo diketok eman2 je.
By: Kurniaprorider on Januari 23, 2011
at 11:30 am
antara 90 rb – sampai 120 rb mas 😀
By: azizyhoree on Januari 23, 2011
at 8:00 pm
laptop.a pke modem aph?
jd pngn nmbh modem nehhh
By: hmdluph on Januari 23, 2011
at 12:01 pm
cukup flexi mas bro 😀 mur mer
By: azizyhoree on Januari 23, 2011
at 8:01 pm
http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2011/01/23/kopdar-mini-kilat-sama-alrozy-dan-mig/
By: Triyanto Banyumasan on Januari 23, 2011
at 1:15 pm
Kang cesey klo d templokin kampas+per kopling tiger bagus yg OEM apa aftermarket?!
Amih bisa lumpat ti mimiti yeuh!
By: Cyber on Januari 23, 2011
at 4:56 pm
untuk durrable dan ketahanan tiger also recomended menaikkan performa tarikan! tapi untuk performa yg lebih signifikan after market juga boleh meski ga seawet OEM
By: azizyhoree on Januari 23, 2011
at 8:04 pm
motorku san ziz
By: Bonsai Biker on Januari 23, 2011
at 9:26 pm
oiya pak bons, tagor e, sampean juga habis tuh kampez kopling nya ayo ndang ganti
By: azizyhoree on Januari 23, 2011
at 9:47 pm
hlo takonku, oli motor kwi apike pirang kilo gantine, misale AHM oil, biasane aku 2ribu nembe ganti… Kesuwen ra Masaro dng pemakaian rutin sehari kurang lebh 30km ?
By: Triyanto Banyumasan on Januari 23, 2011
at 10:32 pm
ya ideal nya memang 2000km pak , eh (aku nyebut mas wae ding ) 😆
30km, masih tergolong hmm perjalanan intensitas menengah / hari, cuma ada baiknya di cek level volume oli, lewat indikator penutup bak oli, tiap 3minggu sekali, terlebih sampean pakai ahm oil yg baru kan encer (10-40W) jadi riskan menguap untuk digunakan di Tagor (yang notabene mesin GL serries clearence antar komponen tdk se- rapat engine2 type baru) , apa lagi track sehari2 dalam kota penuh macet 😎 jadi begono pak eh mas bro
By: azizyhoree on Januari 23, 2011
at 10:54 pm
ooo.aku nyoba nganggo oli ahm yang 10w/30 .malah tambh berisik suara mesine
By: gaplek mania on Januari 23, 2011
at 11:11 pm
nah, itu dia, yang saya maksud clearence antar komponen, di GL series tidak se rapat engine2 type baru , dengan oli encer, tarikan pasti lebih enteng, namun bisa dipastikan suara menjadi kasar bin berisik, (ketimbang pake yg agak kental) 😎
By: azizyhoree on Januari 23, 2011
at 11:46 pm
hadir lagi dngan artikel terbaru permisi 😀 http://moyseventeen.wordpress.com/2011/01/23/cd-200-road-master-abangnya-honda-tiger/
By: moyseventeen on Januari 24, 2011
at 5:36 am
jan wes dadi mekanik handal tenan..xixiixix
By: asmarantaka on Januari 24, 2011
at 9:45 am
amin mas ndaaa ! thanks
By: azizyhoree on Januari 24, 2011
at 10:16 am
wah asistennya cantik banget
hehehe…
gak tahu dink
tapi kalau asistennya lucu aku yakin deh
pasti lucu abiz
permata hati yang tercinta
salam sehati
By: eko sutrisno hp on Januari 24, 2011
at 10:20 am
thanks pak, he he iya asistennya cewek kok 😳
salam sehati juga
By: azizyhoree on Januari 27, 2011
at 10:40 am
keren..leptop e..
By: lekdjie on Januari 24, 2011
at 1:17 pm
keren_detan, lak deket e purworejo lek?
By: azizyhoree on Januari 24, 2011
at 10:19 pm
bongkar TOA di toko bisa gak…?
By: tongsam on Januari 24, 2011
at 1:56 pm
TOA ➡ halo-halo ❓ (ndeso mode:ON)
By: azizyhoree on Januari 24, 2011
at 10:21 pm
Wah pengen seperti kaya mas aziziy hehehe :matabelo:
By: vixionr15 on Januari 24, 2011
at 3:21 pm
maen ke karawang BOY, bogor-karawang kan deket ❗
By: azizyhoree on Januari 24, 2011
at 10:23 pm
wah.. seru2… bongkar maneh mas…
😀
http://agungsevi.wordpress.com/
By: agungsevi on Januari 24, 2011
at 6:14 pm
hoby mas yuk opo cesy ne dibongkar ta? cari abnormal sound nya itu lho? harus nya cessy alus kok ❗
By: azizyhoree on Januari 24, 2011
at 10:24 pm
sukses y bos !!! 😎
By: chi on Januari 24, 2011
at 8:29 pm
@ mang Chi, thanks for your support 😳
By: azizyhoree on Januari 25, 2011
at 1:18 am
scorpio kie produk’e Honda yo?
By: touringrider on Januari 24, 2011
at 10:47 pm
wkwkwk gayane… hehe
honda pio z
By: raiderobie on Januari 24, 2011
at 11:25 pm
xi xi xi waton mode on, iku cak ❗
By: azizyhoree on Januari 25, 2011
at 12:54 am
OON mode: ON ❓
By: azizyhoree on Januari 25, 2011
at 12:54 am
nek replace kampes ngono tah carane?? eh, kampas ding.qiqiqiqi..
aq bar ko bromo kae langsung ganti kampes, eh kampas.
By: touringrider on Januari 25, 2011
at 9:15 pm
hu hu hu, sik lagi nanjak bromo pisan ae, KO
By: azizyhoree on Januari 26, 2011
at 5:27 am
mantap kang aziz.. klo ngga salah plat kopling scorpio ini bisa diaplikasikan ke bajaj pulsar juga..
By: 4j4x on Januari 31, 2011
at 4:15 pm
siiiph thanks info nya 😀
By: azizyhoree on Februari 25, 2011
at 4:53 pm
pemakaian normal biasanya berapa taun ganti kampas kopling pak?
By: Bro ken heart on Februari 10, 2011
at 5:51 am
hmmm, sebenarnya untuk moving fast part semacam kampas kopling ukuran penggantian bukanlah tahun, namun running hour’s ataupun kilometer yg ditempuh, setiap motor bisa berbeda2 perlakuannya bisa jadi motor usia 5 tahun masih sehat kampas koplingnya, karena jarang pakai jalan jauh……
bisa juga motor baru 1,5- 2,5 tahun sudah minta ganti karena sering perjalanan jauh, atau medan berat dansebagainya banyak faktor mempengaruhi…….
paling bijak adalah si pemkai motor merasakan sendiri feeleng nya kalo sudah terasa selip dan terasa drop performa shifting / transfer tenaga pada tranmiissi kopling, saat itulah setidaknya dilakukan pengecekan :D, baru ketahuan dalemannya gimana kondisinya
By: azizyhoree on Februari 10, 2011
at 7:08 am
[…] kemudian 1 lagi pengunjung TMC-indobiker-warung Rondho , anak muda asli bojonegoro yg kerja di karawang juga bernama Atma aka komentatot Kidz, mas bro vixion rider ini berkunjung saat saya sedang bongkar2 scorpio -Z […]
By: Warung DOHC kedatangan tamu dari pengunjung Blog & rekan Bloger « Azizyhoree's Blog on Februari 10, 2011
at 4:31 pm
agan2+gan aziz mau nany…
ane pk pio 08..rumah kopling pio ane oblak alias karetnya aus.bagaimana cara buka rumah koplingya cos mau bongkar sendiri sakalian belajar+picture…karet n panteknya brapa ..kl pantek kopling yang bagus daerah mana ( jaktim)….sory banyak nanya hehehehe.TQ
By: budee on Februari 20, 2011
at 9:17 pm
oblaknya se begimna mas bro? soalnya yang punya teman ane pas di bongkar juga gitu, setahu saya antara house cluth dengan karet damper itu memang ada spelleng / celah longgar sedikit, asal pas jalan mesin motor ga ada kendala dan suara yang tidak normal, menurut saya ga apa2 ;D nah karet itu tidak bisa diganti, memang kalo sudah parah bisa di pantek ulang , sifatnya hanya memberi pressing saja agar lebih rapet lagi,
By: azizyhoree on Februari 25, 2011
at 4:51 pm
Salam knal bro.. sedikit saran yah bos.. saya juga pengguna scorpio, kampas kopling original scorpio memang gampang abis.. saat ini saya dan teman2 menggunakan subsitusinya, yaitu kampas kopling Ninja.. memang harus di papas sedikit, tetapi ke awetannya lebih lama. saya sudah memakai kampas ninja selama 3 tahun dan sampai saat ini setelah di cek masih dalam keadaan bagus.
By: Fajar Eastlanders on Februari 25, 2011
at 3:24 pm
siiph salam kenal juga mas bro fajar, thanks info nya, saya juga pernah dengar, namun belum pernah mengaplikasikannya,, kira2 yg di papas sebelah mana ya? apakah slot yang masuk ke rumah cluth? 😀
By: azizyhoree on Februari 25, 2011
at 4:47 pm
[…] atau kampas kopling pernah terbakar seperti yang pernah saya tangani =>> click disini maka filter oli wajib ganti! , sepanjang yang saya ketahui untuk type […]
By: Pentingnya penggantian Cartridge oil filter secara berkala « Azizyhoree's Blog on Maret 29, 2011
at 10:29 pm
Mas Bro,,mau nanya neh..
kn kmren 2 hri yg lalu aQ bongkar mesin pio Q..
(cma brsihin head dn piston doank)
tp pas mw masangin,,baut pengunci blok ny (baut panjang yg empat btang tu) kq kyk ngeper gtu??
d kunci,,baut ny spt gk ketat..
Q tkt ntr oli ny rembes pula…
mohon pnjelasan ny mas bro…
By: nazamisevenfold on April 22, 2011
at 12:54 pm
ngeper itu memang ada flexibilitas dari kekuatan puntir si baut panjang tersebut mas, *idealnya harus dikencengin pake torque wrench biar torsi pengencangan terukur sesuai ukuran baut, namun dengan feeling juga bisa (biasanya sampai bunyi kreteek) jangan di kencengin lagi hingga 3x 😀 begitu mas
By: warung DOHC on Juni 10, 2011
at 6:17 am
mantap mas….
mas…aku mau nanya… kalo sikalajengking ku itu lagi jalan 2km aja ada suara seperti klep…..sudah tak stel di yamaha tetap gitu juga…itu terjadi sewktu panas aja mas….kira@ iku opo ne yo mas???
mohon petunjuk nya mas…..terima kasih wassalam……….
By: andre on Mei 30, 2011
at 9:36 pm
kalau suaranya masih dalam batas wajar “tidak terlalu berisik ” ga masalah mas itu cuma sirkulasi oli belum merata aja, tapi kalau kejadiannya sewaktu panas aja hmm bisa jadi clearence (jarak adjuster dengan katup) perlu di sesuaikan mas , tapi rata2 engine scorpio gitu kok mas ga papa 😀 udah berapa lama pakai pio?
By: warung DOHC on Juni 10, 2011
at 6:21 am
mas aziz knp ya pio gara2 rantai keteng lepas dan sdh terpasang kembali, jadi susah idup? apa harus disetel pula klepna juga ?
By: Santoso Kurniawan on Juni 19, 2011
at 6:19 pm
bisa jadi mas, soalnya setiap ngelepas gear camshaft + rantai nya wajib di setting ulang clearence valve nya agar presisi lagi ( dan tentunya pemasangan rantai keteng harus presisi , posisi Top marking di magnet dengan di gear camshaft 😀
By: azizyhoree on Juni 19, 2011
at 8:29 pm
Wah…!! Gimana caranya mas? apa saja yang harus saya perhatikan? Ya sebenernya sih saya bisa aja ke bengkel tp yah.. karena lg tongpes (untuk service besar 80 ribu sekarang unt pio) yah terpaksa jadi cari2 info gitu mas…
dah ampir 2 minggu motor nginep di rumah nga isa kemana2….
By: Santoso Kurniawan on Juni 23, 2011
at 8:47 am
halo mas aziz salam kenal…seminggu yg lalu saya bongkar mesin scorpio gara2 rantai keteng lepas, terus pas dah dipasangin lagi…kok jadi nda mau hidup yah ? apa gara2 rantai keteng ato karet stationernya pengaruh thd mesin? ( packing blocknya robek dikit saya tempel pake lem gasket tp nda ada oli yg bocor)
Thanks ya mas….
By: Santoso Kurniawan on Juni 16, 2011
at 6:08 pm
o..ya mas ditunggu ya yang bagian bongkar bagian pistonnya ya alias service besar oc…
Tambah maju ya mas aziz!!!! Bravo Indonesia!
By: Santoso Kurniawan on Juni 16, 2011
at 6:15 pm
siphh thanks supportnya mas, btw bongkar piston scorpio atau yang mana mas? 😀
By: azizyhoree on Juni 20, 2011
at 10:12 pm
ya itu mas yang blom ada pembahasannya dah saya cari2 nga ada yang buat tuh tentang cara buka bagian mesin piston……soalna yang saya pikir gimana bukanya kalo ada gir rantai keteng yang menghalangi. Masalahnya pio 2005 sya baru 15000KM jad blom pernah melakukan servis besar, jadi nga punya bayangannya…terimakasih.
By: Santoso Kurniawan on Juni 23, 2011
at 8:41 am
aq ganti kampas kmarin, ap bnr kmpas kopling pio ad 6 lmbr? tapi ko beli 1 set cma ad 5 lembar?? kampas yang kecil gak ad.. akhrnya q pke pny yg lawas.. emg gt y?
By: ega farnanda on Juni 24, 2011
at 7:25 pm
hmmmm emang pio nya tahun berapa mas? harus nya kalo seri yg sejenis tak bongkar ada 6 lho !
By: azizyhoree on Juni 25, 2011
at 8:15 am
Kalo rantai keteng tiba2 lepas gimana tuh mas? apa tinggal pasang aja langsung seperti halnya memasang rantai gear aja……thanks…
Kira2 kenapa ya keteng bisa lepas dari sprocket gearnya ?
By: Dono on Juni 27, 2011
at 4:39 pm
ini mas Dono yang mana ya? 😛
memasang chain cam ada marking nya pada timing gear mas , dan pastikan posisi Top piston dan bisa dilihat dari lubang intai pada block magnet
kemungkinan penyebab rantai lepas ya tensioner / penegang yang sudah lemah, rantai terlalu kendor, atau lidah retainer rantai yang rusak 🙂
By: azizyhoree on Agustus 26, 2011
at 1:41 am
kayane gampang, padahal anguel
By: ipanase on Juli 16, 2011
at 12:35 am
Analisa mekanis secara digital….xixixixi..
By: karis on Agustus 25, 2011
at 11:40 pm
xixixixi
By: azizyhoree on Agustus 26, 2011
at 1:45 am
Bro mau tanya, cam scorpio tu kan ada pengikat baut 17 tu, untuk melepasnya putarannya ke arah mana ya, cos saya buka berlawanan arah jam keras banget ya tidak mau terbuka.
mohon pencerahannya.
salam,
ferry
By: ferry on Agustus 27, 2011
at 9:52 am
wah kebetulan aku belum buka cam scor pio mas 😛 , tapi bisa dianalysa kok , ini yang dimaksud pengikat cam dengan timing gear atau bukan? misal pengikat gear memang hanya mengan dalkan baut, bisa dijabarkan:
timing chai scorpio ada dikanan, putaran rantai keteng dan shaft juga kekanan , otomatis baut pengikat jika hanya ada 2 ya pasti CCW ? counter clock wise yang artinya putaran kekiri , namun di coba aja dulu dengan tool’s yang memadai dan cara pegang yang benar “agar baut tidak slek dan rusak
CMIIW * kalau saya udah pernah bongkar pasti saya jabarin mas 🙂 thank’s
By: azizyhoree on Agustus 27, 2011
at 10:31 am
knapa mtr scorpio habis dlemer, jalan 5 meter. .motorny mati. .itu knpa bos
By: al on September 6, 2011
at 5:44 pm
dlemer apaan mas bro, maksudnya? 🙂
By: azizyhoree on September 7, 2011
at 10:50 pm
kalo beli satuan bisa gag mas bro. regane kira2 berapa? 😀
By: lovemybike on Oktober 13, 2011
at 7:22 pm
wah 1 set mas dab kudune #cmiiw
By: azizyhoree on Oktober 13, 2011
at 8:58 pm
soale ra butuh kampas sing cilik, xixixixi
By: lovemybike on Oktober 14, 2011
at 4:02 am
wahhh silahkan mampir bengkel yamaha terdekat #nek kepekso ne ga ada :silahkan ngglinding ke pasar jejeran imogiri dab!
By: azizyhoree on Oktober 14, 2011
at 4:40 am
kayaknya bukan hanya masalah nanjak aja bro? tp jg bobot pengendaranya yg .sak “gentong” wkakaka ^_^ V pizz
salam kenal.
Mr. G
By: Mr.G on November 7, 2011
at 12:54 am
mr.G iki siopo ya? “gentong kah? ” arek batu malang?
By: warung DOHC on Desember 21, 2011
at 10:17 pm
Gan?
Mw tnya, swara mesin pio q saat runing netral berisik.
Ktka tuas kopling ny aq agkt swara brisikny trnyta hilang.
Apkah yg rusak kmgknan jg kampas kopling ny y?
By: Ainun nazib on Desember 20, 2011
at 2:04 pm
ayyuukkk nun, besok kalo ada waktu mampir ke rumah ku kita periksa bareng2 si Pio mu 😉
By: warung DOHC on Desember 21, 2011
at 10:18 pm
permisi bung Aziz
ane baru aja ganti kampas kopling Scorpio saya di bengkel.. cuma saya ragu dgn pemasangan susunan kampasnya.. mas aziz bisa kasih tau gak?,atau gambarnya gimana urutan pemasangan kampas kopling Scorpio..
krn saat ini yg saya rasakan pada motor saya kalu mau narik kedengan ngelitik gt. trs jadi agak lemot tarikannya.
mohon pencerahannya bung Aziz.. thx sebelumnya
By: densa on Januari 2, 2012
at 5:46 pm
maaf bung aziz
saya mau tanya diameter baut per kopling itu aslinya berapa ya??
By: 4kudi4 on Januari 2, 2012
at 8:27 pm
bro….mau tanyanih…..?
poi gue kalo naik gas malah suaranya ja yang besar tapi larinya lama banget, seperti motor matic ….
gemana se cara setting koplingnya biar lari cepet?????
By: bowo on Februari 19, 2012
at 11:02 pm
mas mw nanya klo komstir alternatif pio z yg bgus merk ap y>??soale kmren bru gnti yg kw 1bulan uwd kocak lg,,,suwun
By: topixx on Februari 27, 2012
at 7:54 pm
wah aku belum pernah check harga original part komstir pio mas, oiya
perlakuan setelah ganti komstir memang untuk penyesuaian butuh
check rutin, artinya sedari penggantian perlu di check dan di tambahin kekencangan nya (cukup dikencengin lagi ga perlu dibongkar) sesuaikan hingga pas , motorku jg gitu kok mas , ganti komstir 1minggu kemudian kocak lagi, trus kencengin lg sampai pas 🙂
By: warung DOHC on Februari 28, 2012
at 8:53 am
Bro mw tanya dung, kalo aye udah ganti kampas kopling, tp aye lupa aye netralin giginya di saat pemasangan, gmna cara setting ulang lagi… karna pas aye rakit ulang si pio posisi netral masuk gigi n tuas kopling loss.. help me…..
By: a12ie on Mei 28, 2012
at 6:20 pm
ane mau tanya pio ane kemarin ganti rantai mesin otomatis buka kopling setelah di semua di pasang di coba kq suara mesin bagian kanan /bagian kopling bunyinya ngoklok lebih keras dr sebelumnya apa karna wesher lock pada gear primery patah apa krn pemasangan yg kurang benar bls gan
By: erfan_piopoeynya on September 7, 2012
at 10:19 pm
Salam knal Mas,
Klo pake kampas kompling RX King bisa ga Mas? Sebab ada knalan montir bilang bisa.
By: yudi mw on September 28, 2012
at 10:57 am
siipp
By: rofi' wibowo (@WibowoRofi) on Oktober 3, 2012
at 5:13 am
apa solusi y . knapa scorpio saya pada starter y tdk hidup. padahal uda ok smua y d pasang..?
By: Edy Chandra on Oktober 28, 2012
at 3:58 am
Mas klo mw ganti kampas kopling ninja pake scorpion ada yg perlu di ubah gk di kmpas koplingx?atw langsung pasang sj
By: Hijar on Desember 2, 2012
at 8:12 pm
mas bro,,knp ya motor scorpio sy,,suaranya aga kasar gtu nda biasanya bgitu,,apa lagi klau mau di panasin pagi2 suaranya aga kasar tapi,,,,,kalau kopling di remas suara mensin halus skli tapi klau koplingnya di lepas suranya mensin kasar lagi…kira2 apanya yg bisa sy lakukan biar motornya sprti dulu lagi ???????
By: furqan harith on Februari 12, 2013
at 1:24 pm
dan kalau bisa mnta no HP nya biar bisa di hubungi langsung bro,,,,by orang poso ( sulteng )
By: furqan harith on Februari 12, 2013
at 1:33 pm
Kang brow,,kalajengking saya tarikannya gak ssuai sama pas saya lepas hendel kopling,,hendel’nya udah lepas koplingnya baru nendang ada yang per’nya lemah,,saya ganti pake yang ORI yamaha baru tp ttp ajah tendangannya telat kenapa Ўɑ̇ɑ̈άα̇̇̇°˚º˚° ?
By: adetionugras on Maret 31, 2013
at 2:01 pm
Saya mau tanya ne Gan. Kenapa pio ku kalau di start sering ngadat, kadang bisa kadang kagak.
Trus kalau dah berjalan lumayan jauh, suara dalam mesin ada suara detakan.
Apakah Dinamo start nya yg rusak atau apa gan.
By: tommy on Juni 19, 2013
at 8:33 pm
daleman mesinnya bersih, si empunya pake oli apa gan???
By: Slow_down on Juli 5, 2013
at 6:37 pm
kalo ga salah langganan motul & kadang yamalube gold
By: warung DOHC on Juli 5, 2013
at 9:59 pm
bos gemana ny, qw bongkar kopling byson,beda sama secorpio ya,..owya gemana caranya pantek rumah kopling
By: Agus Firmansyah on Juli 25, 2013
at 2:43 am
bro emg bner pulsar 220 bisa pake kampas kopling pio???
By: ibnu wardana on Agustus 14, 2013
at 12:08 am
type pulsar yang pernah saya coba ganti pakai kampas scorpio adalah ug 3 180cc dan itupun tidak semua lembar bisa dipakai hanya dipakai 4 lembar sisi yang tengah (tanpa ganti judder spring & plat gesek tepi dalam )
By: warung DOHC on Juni 16, 2014
at 9:44 am
Kalo saya ada problem gini : kampas kopling baru diganti trus 3 mnggu kmudian tali kopling putus dan dgnti baru, 3 bulan kemudian ada terasa gangguan lg ϑí tarikan sama seprti sblm gnti kampas kopling, άРά yg hrus dilakukan ? ΆРά hrus gnti kampas kopling lgi ?
By: heru on September 17, 2013
at 5:30 pm
Tanya dong, gimana caranya melakukan “Clutch mechanism free play adjustment” yang benar setelah ganti plat, perkop dan kanvas kopling pada yamaha scorpio.
Kog ini setelah ganti kanvas tidak di setel lagi gerak bebas koplingnya.
apakah semua motor sama cara penyetelannya. TQ
By: OCON on Desember 7, 2013
at 1:44 pm
ganti karet kopling scorpio untuk di bubut, pakek merk apa yg mantap ???
By: Amier Prikitiw Hasan on Juni 14, 2014
at 6:38 pm
mas kalo mau ganti raul timing scorpio bagaimana,
dah cara melepas kepala burung klep dari diksel
By: fadhlan on Juni 18, 2014
at 9:21 am
Sy punya scorpio z 08. Kwnapa suara mesin nya kasar dan loss power. Scorpio club chapter karawang ada dimana. Sy jg tinggal di krawang. Makasih
By: agung on September 4, 2014
at 10:18 pm
Saya punya Scorpio Z Thun 07,
Suara mesinnya kasar x Gan, trus ada suara tik tik tik tik yg tdak biasa di Scorpio lainnya Gan, seperti suara knalpot bocor gtu Gan, ttpi ini knalpotnya tidak bocor Gan, ktanya sih temengnya Gan, sementara belum ada 1 Thun gnti temeng masa harus ganti lagi Gan????
Mohon Solusinya ya Gan???
By: Dedi Pranata on Januari 11, 2015
at 3:15 pm
Mas broo semua, mau numpang tanya.
Kalau mau ganti perkopling pio pakai punya tiger bisa lgsg pasang apa masih ada ubahan lain?
By: naramewa on Agustus 14, 2015
at 5:22 pm
Bisa tapi tarikan. Handle berubah jadi berat mas. Karena panjang per tiger agak selisih banyak dari per ori … Coba. Diambil tengahnya. Maksudnya per tiger. Dipotong dikit namun tetap sedikit lebih panjang dari per pio … Demi kenyamanan tarikan handle kopling & keawetan part area kopling
By: azizyhoree on Agustus 18, 2015
at 7:24 pm
Kalo mnurut mas bro mending mana pakai per kopling tiger atau pakai house kopling 6 per aftermarket?
Soalnya pio ane kopling udah gk enak. Stelan koplingnya suka brubah2 sndiri palagi kalo dipakai pas jln macet
By: naramewa on Agustus 19, 2015
at 2:43 pm
Para suhu numpang tanya.
Ane abis ganti kampas kopling pio ane gnti sndiri brbekal panduan dri blog ini. Tp stelah ane rakit semua dan dipastikan gk ad yg slah, ssuai panduan, tp knp stelah motor ane pake jalan cm skitar 1km bau kopling trbakar y? Itu kira2 salahnya dmn? Atau ad yg prlu diseting?
By: naramewa on September 18, 2015
at 6:31 pm
Harga kampas kopling TDR Scorpio berkisar berapa gan?
By: Mas As on November 27, 2015
at 6:03 pm
Om klo pas dimasukin gigi 1ngejedak kira” apa iya masalahnya …..apa karna saya masang kampas koplingnya terbalik iya.
By: meidiyansyah on Februari 17, 2016
at 12:03 am
mas yang kampas 2 itu kalau dari luar nomer 4 atau nomer 4 dari dalam
By: dedi on Maret 1, 2016
at 7:57 pm
Mas klo kampas kopling scorpio bisa buat nasir 150 ga?
Hatur tengkyu.
By: wuds on Juli 8, 2017
at 1:40 pm