Ok mas bro, 2WD akan mencoba analysa ringan tentang karakter CBR 250R yg mempunyai Torsi besar di putaran bawah- menengah dan peak power yg dapat dicapai tak perlu RPM yang terlalu tinggi seperti yg saya rasakan saat test ride CBR250 kemarin , sebagaimana kita ketahui konstruksi CBR 250 R single cylinder ber control fuel DOHC injeksi, dan over bore (piston lebih besar daripada stroke nya) kok bisa?
padahal pada umumnya rumusan DOHC over Bore, mempunyai karakter torsi tak terlalu besar dan peak power berada di high RPM , contohnya my Paijo meski single cylinder DOHC smooth dan torsi tak meledak-ledak! harus high RPM agar keganasannya keluar ๐
berdasarkan gambar yg saya dapat dari CBR 250 bro Lana93 yg telah dibongkar cylinder head nya nampak lah keunikan pada engine CBR 250R single cilynder ini, mari kita simak pict dibawah ini:
ternyata meski berstatus engine DOHC , namun di tiap cam shaft nya hanya mempunyai 1 bumbungan/ exentric aneh kan? berbeda dengan kebanyakan engine DOHC yang mana dalam setiap 1 cam shaft terdapat 2 buah bubungan kembar / exentric! , contohnya satria FU.., FXR, maupun CBR 150 rekan2 Paijo lainnya
kemudian tiap 1 cam shaft tadi dihubungkan secara paralel oleh roller rocker arm yang pengaturan clearence nya mempergunakan shim , honda mengklaim , engine ini pertama di dunia yang mengaplikasikan DOHC roller rocker arm…. dan titik berat gerakan cam bersinggungan dengan roller berada ditengah antara jarak ujung rocker arm dengan engsel pengait nya
2WD juga baru mengetahui bahwa ternyata busi dari “baby VFR” ini mengaplikasi busi type dingin dengan ciri2 anoda berbentuk kerucut dengan ujunya meruncing dan tipis atau bisa dikatan hampir sama dengan busi racing iridium
dari ciri2 yang saya amati diatas dapat disimpulkan :
1. penggunaan cam single exentric dalam 1 poros (yg relatif lebih ringan) = memperingan kinerja mesin, saat putaran crank shaft ditransfer menuju cam shaft melalui media timing chain / rantai camrat dari situ bisa dilihat engine tidak bekerja keras untuk menggerak kan valve train melalui cam nya yang relatif ringan
2.pengaplikasian paralel roller rocker arm meminimalisasi gesekan serta lebih presisi timing dan lifting pembukaan valve nya (seragam) , bandingkan dengan DOHC type dual exentric , (tiap exentric menggerakkan 1 valve) artinya dual exentric tersebut harus benar2 kembar kepresisiannya , bayangkan jika salah satu exentric ter kikis, termakan usia, alhasil pembukaan 2 katup dalam 1 line akan berbeda, meski hanya terpaut seper sekian mm lifting dan seper sekian detik durasi lifting nya
3.disisi lain desain DOHC memungkinkan design derajat kemiringan valve in maupun out , bisa ditata sedemikian rupa menghasilkan flow input BBM dengan gas buang yang masuk dan keluar ke ruang pembakaran lebih lancar dan efisien ditunjang peletakan busi tepat ditengah combustion chamber secara vertikal yang menghasilkan titik api pembakaran epicenter menyebar secara merata (apalagi busi nya mirip2 busi racing)
4.Tak selalu output Torque maupun power dan rev RPM hanya berpatokan racikan bore x stroke dan berapa silinder nya…. saja , masih ada faktor2 pendukung lainnya , terlebih jika teknologi diaplikasikan , layaknya super bike hasil akhir akan berbeda!
artikel ini sengaja saya rellease, mencona penerawangan tebak2 an ala warung DOHC mengingat besok 9 april 2 WD diundang untuk mengikuti workshop bedah teknologi CBR 250R di pabriknya langsung di jakarta ๐ , dan jawaban versi pabrikan akan saya kupas lagi, kira2 apa perbedaannya?
so stay tune on 2WD ๐
salam from warung DOHC
Wassalamualaikum
manteb ziz
By: Bonsai Biker on April 8, 2011
at 4:42 pm
hohohohoho always mbah!
By: azizyhoree on April 8, 2011
at 4:59 pm
pas ngetik ini gak ada yang nebar jaring di bawah…sooo…boleh dong motong jalan ya mas
lengganan nebar jaring
Tambahan ” TOOL ” di bagasi motor injeksi:
http://umarabuihsan.wordpress.com/2011/04/08/tambahan-โ-tool-โ-di-bagasi-motor-injeksi/
kemaleman nitipnya, jadi…awas kalau ada artikel menarik nantinya (review workshop cbr 250)…tak titipin dobel sampeyan
By: umarabuihsan on April 8, 2011
at 9:53 pm
monggo mas, nice share tuh wiring diagramnya *bukan tools kan?
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 10:13 pm
he3…sengaja aku nyewa tanda kutip mas ( ” ), biar lebih deket kiasannya bahwa itu juga temennya tool yang pantes dibawa di bagasi… ๐
By: umarabuihsan on April 8, 2011
at 10:42 pm
๐ฏ kurang jeli aku ๐
By: azizyhoree on April 8, 2011
at 11:09 pm
http://5osial.wordpress.com/2011/04/09/cbr-250-memang-koya-pake-teknologi-mirip-unicam-tapi-mudah-di-korek-upgrade/
nitip ya om azyzy….seneng banget dapat info dipagi ini
By: martini on April 9, 2011
at 9:36 am
monggo begawan ๐
By: warung DOHC on April 9, 2011
at 1:00 pm
Melu-melu Pertamax……. kira2 kalo timor yang DOHC 16 valve itu termasuk kategori yang mana ya???
By: joetrizilo on April 11, 2011
at 1:05 pm
kelihatannya DOHC yang ordinarry seperti kebanyakan mas ๐ cuping/ bumbungan langsung menonjok ujung valve melalui perantara shim yang terlindungi oleh cup / topi
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:42 am
waw, mantabh. . . emang bukan dohc biasa nih cbr, out of the box ๐
tapi yang aku masih penasaran, kenapa fu tarikan bawahnya galak ya ๐ฎ
By: lovemybike on April 8, 2011
at 5:04 pm
kenapa FU galak diawal ? …..
1.durasi liftingnya tergolong tinggi, kelihatan kan dari suara knalpotnya + boros nya?
2.engine type sport tapi bobotnya ringan khas underbone bro! ๐
By: azizyhoree on April 8, 2011
at 5:07 pm
hmm, barusan baca2 tentang lift noken as, jadi kalo liftingnya tinggi, klep terangkat lebih tinggi. pasokan udara lebih banyak gitu ya bro? bensin juga jadi boros karena menyesuaikan supply udara??
By: lovemybike on April 8, 2011
at 7:04 pm
Tapi fu braking systemnya itu lo…?
mengerikan….
kalo untuk panic braking, not recomended…
dijamin goyang dombret dan dlosorrrr…
*pengalaman pribadi.com
gak tau dah kalo baby vfr.
By: Sendal bolong on April 8, 2011
at 6:13 pm
sama bro, waktu nyoba punya temen ane malah aneh, lha rem belakang malah lebih pakem dari rem depan, waktu mejet rem depan dibarengi nginjek rem belakang, ngesotlah saya. . . untung ga jatuh, motor punya orang je
By: lovemybike on April 8, 2011
at 6:52 pm
kan ada body protector tuh di depan *mirip ane
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 10:07 pm
waghh dombreet? gimana kalo di ganti pake frame goyang ronggeng?
biar lebih flexyble
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 10:09 pm
wah jeroan, tak balenane le moco isih bingung bro
By: AF on April 8, 2011
at 6:17 pm
kaca mata nya dipake mas bro!
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 10:06 pm
@Sendal bolong
wah…setuju deh,soalny pernah lihat juga org bw fu,panic brake ban belakang ngelock.
By: Az147r on April 8, 2011
at 6:18 pm
udah pernah ngalamin sendiri belon?
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 9:49 pm
wahh….kalau liat pernah,kalau ngalami pake fu nga pernah soalnya plg banter bw fu beranix 80 kpj (punya org soalnya),tapi kalau pake susi punyaku pernah, percaya?? Walau rem punya susi lembut,kalau ‘benar2’ panic brake nginjam rem jg dalem habis2 ya jg ngelock sampai decit,jd kalau ditanya pernahkah,pernah jg ngalamin panic brake,tp kalau ngalamin di FU nga pernah xixixi….
By: Az147r on April 10, 2011
at 10:39 pm
mantap bro…
tapi dengan penerapan roller rocker-arm bukannya semakin banyak saja komponen yang harus bergerak.
saya akui dengan RR-A gesekan menjadi sangat minim, bro tadi bilang akan memperingan putaran mesin apalagi denganjumlah nose camshaft yang hanya 1 untuk menggerakkan 2 klep, sudah tentu mesin akan berikitir dengan sangat ringan…
yang anehnya CBR kok powernya malahan tidak begitu ganas diputaran atas. menurut saya yang menentukan putaran atas gila itu bukannlah DOHC/SOHC yang terutama, akan tetapi setingan lift, dirasi,LSA dan semacamnya lah yang menentukan…. sebagai contohnya mesin Indoprix menghasilkan power samapai 21hp. max Rpmnyapun terbilang gila bisa mencapai 15.000Rpm. padahal jika dilihat dari strokenya mirip2 CBR(54mm pada jupiter Z)
By: j4na on April 8, 2011
at 6:22 pm
betul bli, durasi , lifting dan LSA sangat mempengaruhi, ditunjang high compression , dan masih banyak lagi tentunya, namun yg tak tulis disini yg simple dulu, agar pembaca mudah memahami nya ๐
namun di mesin standart pabrik, faktor tersebut tidak bisa ditonjolkan demi durability ๐
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 9:10 pm
iya i… bener2… motor yang “sejatinya” dilahirkan untuk kecepatan tinggi… ya klo karakternya dirubah ya wajar,, disesuaikan dengan kebutuhan aja kali..
By: agungsevi on April 8, 2011
at 6:29 pm
yups, sesuai peruntukannya ๐
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 8:58 pm
gak mudeng.
By: dendy on April 8, 2011
at 6:44 pm
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 7:57 pm
Manteb,wlopun g ngerti.
Coz aq org electro…
Tp gpp,bwt tmbh ilmu,krn ilmu emang sangat berharga
By: Suwito on April 8, 2011
at 6:46 pm
siph lagh mas bro, sama2 belajar kok ๐
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 8:42 pm
wah ternyata tho…
By: Triyanto Banyumasan on April 8, 2011
at 7:00 pm
mak bedungul?
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 8:36 pm
istilah yang kaya gini yang ngangenin n inget hometown
By: umarabuihsan on April 10, 2011
at 10:50 pm
unique cam..apakah nantinya juga akan diaplikasin pada CBR150cc..??
By: mahardika on April 8, 2011
at 7:14 pm
TIDAK! all new paijo 150, engine masih sama denga variant Paijo
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 8:34 pm
Wah mantep memang kinerja new cbr
Gak bakalan nyesel beli baby vfr
Memang honda slalu berinovasi d tegnologi yang slalu d depan.
ONE HEART ๐
By: eno on April 8, 2011
at 7:14 pm
mosookk sech no?
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 8:32 pm
mantabzsss dah pencerahanya….hehehe , trs minerva 250 rv kan mesinya mirip dng cbr 250 …..pakai RR-A juga . masuknya juga duluan mimin . malah dah balap disentul ! duluan mana teknologi DOHC RR-A nya mimin dng cbr ini bro ?padahal msk dimari duluan si mimin ya…….CMIIW
By: Mas Agus Riyanto on April 8, 2011
at 7:29 pm
jawabannya mirip buat mas umarabuihsan cak!, posisi busi, kemiringan letak klep, dan derajat ketinggian durasi lifting pasti beda!
dan sumber penggerak rotasi cam, kalo sohc berada ditengah di pergunakan untuk menggerakkan 4 klep, pokoknya beda dech ๐
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 8:31 pm
mimin SOHC ,bro..
By: mojakomojamoja on April 8, 2011
at 10:38 pm
betul mas bro mimin SOHC ๐
By: azizyhoree on April 8, 2011
at 11:16 pm
panasaran, di p2r blm dijwb:
dohc paijomu
gesekan: 2 gesekan gear cam shaft ma rantai, 4 gesekan jenong camsaft ma klep
stroke 47.2
sohc vixi njlitengku
gesekan: 1 gesekan gear camshaft ma rantai, 2 gesekan jenong camshaft ma roller rocker arm (+2gesekan bearing roller tentunya), 2 gesekan engsel rocker arm, 4 gesekan rocker arm ma klep (khusus gesekan ini,napa gak dikasih roller sekalian ya?)
stroke 58.7 (rpm puncakku lbh rendah jadinya)
apa terlalu byk gesekan ini ya sohc lbh inferior?
(jenis gesekan yg dialami sohc ma dohc yg berjenis sama tidak dihitung)
By: umarabuihsan on April 8, 2011
at 7:30 pm
hmmmm dari mana dulu nech jawab nya? ๐
* mengulang pada tulisan artikel
=>> penempatan busi ditengah (dohc) bisa benar2 vertikal mas, arah rambatan bunga api membakar campuran bbm terkompresi jagi lebih homogen
=>> penempatan busi pada vixi juga ditengah, namun memiliki derajat kemiringan dan titik nyala nya mengarah sesuai arah kemiringan
*posisi derajat kemiringan inlet outlet valve pada dohc, susah untuk disamai oleh sohc, soalnya rocker arm sohc lebih panjang dan sumber gerakan rotasi berada di tengah (artinya sitting valve kemiringannya menyesuaikan ujung rocker arm
sedangkan dohc (dual exentric) FU/cbr paijo , sumber gerakan rotasi exentric benar2 tepat diatas valve=( posisi sitting valve bisa di design lebih lurus vertikal) efisiensi flow lebih tinggi secara searah dengan gerakan translasi piston (khusus untuk DOHC roller rocker arm, meski memakai arm, namun tak sepanjang rocker arm sohc, dan sumber gerakan rotasi juga berada diatas nya masing2 (bukan ditengah)
gesekan sich juga berperan namun penyumbang beda karakter yg paling prinsipal adalah= posisi derajat kemiringan sitting valve dan seberapa tinggi lifting valve
kurang ora mas?
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 8:17 pm
tadi ada yang pertanyaan terlewat sebenernya: bukankah posisi sudut klep bisa diakali dengan design rocker arm (pertanyaan di p2r blog)…eeeh udah terjawab…
)
OK clear …..lumayan dapet 3 SKS (mau dipijit nggak mas jarinya…
By: umarabuihsan on April 8, 2011
at 9:32 pm
Tanks nya ketinggalan
By: umarabuihsan on April 8, 2011
at 9:34 pm
mau mas
mbok ya jangan jari doang yg dipijetin, sekalian boyok ane pegel nich! 
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 9:59 pm
wow ada sohc vs dohc…posisi sudut klep lain mas bro…dohc bisa dirancang lebih tegak posisinya!!! sehingga pada kompresi tinggi mesin tidak bocor…sudut porting tidak akan patah2 layaknya mesin sohc!! dari sini tenaga yang dihasilkan ada perbedaan yang cukup signifikan….
sayangnya dohc banyak piranti yang bergerak..bentuknya juga lebih gede dengan masa yang berat!!
By: martini on April 9, 2011
at 8:24 am
dicopy begawan, tanks
By: umarabuihsan on April 10, 2011
at 10:54 pm
dan sekarang pertanyaanya adalah kenapa CBR 250R pake karakter mesin Torsi besar ?
berani Jawab ๐
berhadiah new paijo lho ?
Tapi beli sendiri ya
By: dendy on April 8, 2011
at 7:57 pm
tuhh bisa lihat juga jawaban buat bro umarabuihsan
wah kalo minta hadiahnya sambil bawa golok saya kira ga usah beli
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 8:22 pm
woa ๐ฎ
high-tech..
By: si oom as varioputiih on April 8, 2011
at 8:12 pm
mirip vartech ga?
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 8:18 pm
lebih miripnya sih soffffftfttft…gak berani nerusin saya…
By: umarabuihsan on April 8, 2011
at 9:44 pm
bhuahahahaha product penolong tuh! :mrgreen;
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 9:52 pm
wah.
Masih binun aku.
Apa karena otak ku yg gak mampu memahami ea.
Baca lagi ah dari awal byar paham
He he he he
By: โขโโขะผฯลกโ โขโขฯโฮทลฃัฤโขโโข on April 8, 2011
at 8:18 pm
bro most, bisa dilihat penjelasan pada, jawaban pertanyaan mas umarabuihsan ๐
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 8:20 pm
mantep.akhirnya lobe2 an yg tak singgung keluar juga.hi hi hi.
dan kelebihannya .mudah nyeting camshaft.kalo dohc nya fu150 mapas kemnya kan 2 lobe.seandainya gak sama akan nggak maximal performanya.
klo cbr250 cuma perlu mapas 1 lobe saja.
dan ada lagi.di crankshaftnya tak lagi make bearing.tapi metal duduk kaya mobil(sebenernya ini teknologi jadul di mobil) katanya sih meminimalisir gesekan.tentunya dengan oli yg spesial juga.lbh encer
By: gaplek mania on April 8, 2011
at 8:46 pm
bretuul se 7 mas :D, nahh yang terakhir metal duduk itu memperlancar gasingan engine dan penunjang meminimalisasi gesekan dan getaran
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 9:54 pm
yang benci cbr250 kok ga nimbrung ya? hmmm apa alasan untuk benci? apa karena terlalu ngefans sama n250r?
keren2 tulisannya…
By: Abu Tanisha on April 8, 2011
at 8:47 pm
itu mas agus riyanto nimbrung juga, dia owner N250 lho!
agihihihihi sementara warung ini baru menerima transaksi share diskusi mas, bukan transaksi obong2 an 
thanks mas bro dah mampir ๐
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 9:13 pm
ah tukar paijo ku ah. Ini kan katanya bertorsi besar. Nah lumayan bisa buat kabur hindarin kamplengan dbs ente
By: dendy on April 8, 2011
at 9:07 pm
wohhhhh awass…. *tebar paku ๐ meski kaboor bawa fire blade, tetep aja ngesoot ente
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 9:16 pm
woh kalau sampeyan nyebarin paku ya ku ganti pake buldoser sing besi kabeh ambles sisan karo paijomu.
By: dendy on April 8, 2011
at 9:48 pm
wakakakakak aku tak kredit caterpilar
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 9:50 pm
wakakakakak aku tak kredit caterpilar
……….###########
kredit caterpilar kui opo ?
By: dendy on April 8, 2011
at 10:13 pm
caterpilar (CAT) sponsor di sirkuit tuh mesin keruk ber engine 12 cylinder inline atau opo iku…. yg saingan sama komatsu iku lho!
harganya bisa buat beli fireblade+ R1 +gixxer ๐
By: warung.DOHC on April 8, 2011
at 10:18 pm
sipphh dilanjut diskusinya mas bro !
By: like share on April 8, 2011
at 10:23 pm
86 ndan!
By: azizyhoree on April 8, 2011
at 11:10 pm
ooooooooooooooooooooo….
Lgi ngerti aq kang!! Hixhixhix….
Ya wes ben lah, wong yo ttp gor ngiler tok!! Kwkwkwkwkw…
By: artoclaten on April 8, 2011
at 10:28 pm
agihihihi sama kang aku juga ngiler aja dah cukup
By: warung DOHC on April 8, 2011
at 10:46 pm
ijin gabung suhu..
Tentang metal duduk vs bearing di big end, bukannya kalo bearing lebih meminimalisir gesekan ya? tapi kenapa tadi disebut memperlancar gasingan mesin?
Belom dapet kemistrinya nih.. halah2
By: cyediq on April 8, 2011
at 10:30 pm
jadi gini mas, secara kasat mata ball bearing jelas memperlancar putaran dan meminimalisasi gesekan, namun tahukah anda? bahwa metal duduk yang menyatu dengan block engine dibuat dengan sangat presisi dan toleransi yang mendekati perfect tak ayal pengaplikasiannya jarang dipakai pada motor, selain butuh ketelitian super ๐ nah metal duduk tersebut setelah bekerja saat engine running celah yang sangat rapat dan presisi diantara nya akan terisi oli pelumas yang menjadi media pemisah metal duduk / bantalan luncur sehingga mesin dapat bergasing dengan gesekan yg sangat minim (anggap shaft diantara celahnya mengambang pada media oli) kira2 gambarannya begitu mas ๐ berbeda dengan ball bearing biasa, semahal dan sekuat apapun bearing, masih ada bidang gesek antara ball dengan inner bearing ๐ monggo dilanjut diskusinya
By: warung DOHC on April 8, 2011
at 10:56 pm
nambahin ilustrasi mas, mengambang di media oli ibaratnya kita melempar batu dengan arah miring di permukaan air kolam (batu=shaft, air kolam=oli, dasar kolam=bantalan shaft),
kalau lemparannya kenceng, batu akan memantul/meleset kembali ke atas, gak masuk kolam dan tenggelem menyentuh dasar kolam (saat rpm tinggi, shaft hanya berputar bersentuhan dengan oli, tanpa bergesekan dengan bantalan shaft)
kalau lemparannya pelan, batu akan masuk masuk ke kolam dan tenggelam menyentuh dasar kolam (saat rpm=0 atau baru mau mulai berputar, shaft memang masih berputar bergesekan dengan bantalan shaftnya, namun itu hanya berlangsung singkat, karena rpm akan segera naek)
By: umarabuihsan on April 10, 2011
at 11:19 pm
ok siph mas diterima ๐ penjelasan teknis akan berlanjut di artikel selanjutnya ๐
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:14 am
ditunggu ulasan kelanjutan nya gan!
By: proxi on April 8, 2011
at 10:32 pm
monggo ๐
By: azizyhoree on April 8, 2011
at 11:12 pm
sampean pan kredit CAT duite sing endi. ?

Jual paijo ora cukup.
jual rumah tanah ora cukup.
jual diri mbuh
kari aku gari minjem ning konstruktur wis ambles sampean
By: dendy on April 8, 2011
at 11:05 pm
hmmmm konstruktur teman e inspektur yo?
By: azizyhoree on April 8, 2011
at 11:14 pm
gudu kancane gusdur
By: dendy on April 8, 2011
at 11:49 pm
kulonuwun,
abottttttttenannn…
yo mesine, yo ilmune.
nunut moco karo sinau masrob
zwinggggggghhhhhhh……mlototintulisangakmudeng2…..
By: beopat on April 9, 2011
at 1:53 am
monggo dicoba terus mas ๐
By: azizyhoree on April 9, 2011
at 6:07 am
o yo oke! ๐
By: karismanis on April 9, 2011
at 5:00 am
lumayan ndull! ๐
By: azizyhoree on April 9, 2011
at 6:08 am
apik ziz
By: Maskur on April 9, 2011
at 5:45 am
iya pakde ๐
By: azizyhoree on April 9, 2011
at 6:11 am
hm…jadi CBR250 bertorque di kitiran bawah, tpi di atas stagnan alias mandeg? bener gak nih analisa ane? <—analisa pada mesin standar ting ting ya…
tpi klo di oprek mungkin bisa lah ya CBR250 menang vs NINJA250 standar
hm…ane kutip dikit om aziz…*TIDAK! all new paijo 150, engine masih sama dengan variant Paijo*
dari ekspresi tulisan nya, ane analisis ya…apakah om aziz gak rela klo kelas paijo di kasi engine kyk CBR250? apa karena gak bs teriak di putaran atas alias hilang karakter mesin old paijo yg sedap_sedap_gurih klo seandai ny dapatkan engine kyk CBR250 ini…atao juga mesin kyk CBR250 ini klo diterapkan ke kelas paijo alias CBR150 rentan klo terjadi kerusakan, melihat jenis mesin baru…klo DOHC murni kan dah kebukti berpuluh puluh tahun tahan buantiiing bahkan motoGP aja make nya DOHC yg kita smua tahu mesin teriak tinggi + undurance ketahanan di geber…
hm…lanjooooot…hehe
By: Virus on April 9, 2011
at 7:23 am
yahh dari penjelasan workshop kemaren, memang saya simpulkan tetap ada kekurangan dan kelebihannya mas ๐
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:16 am
huss,gak boleh ribut,ane laginyari partner join bwat kredit helikopter byar bisa dipake ngojek,ada yang tertarik???
SALAM KARET BUNDARโข
By: NanaRedPrโบ on April 9, 2011
at 7:32 am
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:47 am
intinya lebih efisien…. luar dalam
CMIIW
By: ridertua on April 9, 2011
at 7:52 am
minum jamu ramuan apa mbah?
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:48 am
kalau ini rahasia lorenzo
http://ridertua.wordpress.com/2011/04/09/rahasia-kemenangan-lorenzo-sabarrr-mas/
By: ridertua on April 9, 2011
at 7:55 am
ini nih..baru namanya artikel mencerahkan!!!
1. teknologinya sih biasa…tapi modelnya cukup efisien!!! pake 1cuping buat nonjok dua valve dimana transfernya via roller templar
2. aplikasi baru untuk system valve-train yang memungkinkan klep nyaris tegak…sehingga kompresi bisa dipatok dengan tinggi….efeknya mesin bisa berkarakter mirip crf….!!
joss deh…salut buat honda….
By: martini on April 9, 2011
at 8:13 am
betul se7 analysanya begawan ๐
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:49 am
jian obrolan tingkat tinggi tenan iki.. kudu ndawakke usus ben mudeng
nunggu artikel domba racing mas ๐
By: snalpot99 on April 9, 2011
at 8:20 am
gak ngerti ah..yg jelas mah kenceng..akselerasinya badak..
By: aditninjamaniac on April 9, 2011
at 9:52 am
aya badak hiji deui mahh bisa kuat nanjak kawah putih dits!
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:52 am
honda emang unggul soal teknologi. makanya laris manis..
https://manadobiker.wordpress.com/2011/04/09/honda-masih-unggul-dalam-hal-mindset-konsumen/
By: Biker Manado on April 9, 2011
at 9:55 am
monggo digelar dagangan nya ๐
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:52 am
nitip artikel ๐
http://lovemybike.wordpress.com/2011/04/09/lorenzo-yamaha-baru-bisa-menandingi-kecepatan-honda-setelah-seri-ke-6/
By: lovemybike on April 9, 2011
at 10:40 am
Semakin terlihat aja sifat keMUNAFIKAN FBH (gak menyinggung yg punya warung lho,tp yg alay2 FB)
Saat Vixion VS CBR150,wuhhh dengan bangganya mendukung mesin top speed CBR150 n menjelek2an mesin Torque Vixion
Kasus yg sama,MX vs CS1,juga bangga dengan mesin top speed CS1 n menjelek2an mesin Torque MX
nah skarang CBR250 vs Ninja250,busyet terbalik 180 derajat,malah mendukung mesin torque CBR250 dan menjelek2an mesin top speed Ninja 250 (yg dbilang capek lha kalo buka throtle gas dalam,yg gak cocok lha buat berkendara dalam kota)
bener2 FBH MUNAFIK BANGET DEH!!!! KONSISTEN DENGAN KEMUNAFIKAN
By: Rollerman on April 9, 2011
at 12:50 pm
he he he santai mas ngadepin koment yg agak2 fight gitu,
just cool aja, Fansboy kebanyakan eksis di dunia maya, di dunia nyata malu2 kucing ๐ piss aja lagh! ga papa mas bro rollerman, kalo mau ngingetin yg gituan yang penting diskusi tetap educated !
By: warung DOHC on April 9, 2011
at 1:06 pm
@Rollerman nah loh sendiri ngapain juga ikut2an… 11/12 lah.. alias sami mawon…
By: arwana on April 9, 2011
at 2:06 pm
sama UniCam bagus mana mas bro ??? kyaknya kok sama-sama ngejar efisiensi ,gt….
By: foens on April 9, 2011
at 12:58 pm
tapi menurut saya tetep kasta nya lebih tinggi unicam mas bro! ๐
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:53 am
artikele kobong
By: arwana on April 9, 2011
at 2:04 pm
Kalau mau perang debat tehnik dong… jangan nyerang orangnya.. biar munafik tapi dasarnya teknik… xixixixixixi… kalau bilang FBH jangan nyangkutin
yang punya CBR paijoloh loh xixixixixi kaburrrBy: arwana on April 9, 2011
at 2:09 pm
hush! semprot pake appar !
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:53 am
@all maaf lagi ikut workshop bedah teknologi CBR 250R , jadi baru bisa memantau belum menanggapi ๐
By: warung DOHC on April 9, 2011
at 2:41 pm
setelah menerawang dari kejauhan ternyata durasi cam cbr 250 gak terlalu tinggi dikisaran 230an drajat dan timingnya hampir sama juga dengan mesin generasi c100. cuma terawangan blum mampu nembus liftnya sama timing pengapian. bertapa sik lah
By: mig29 on April 9, 2011
at 7:11 pm
yups lunak2 beringas gitu kang agkatannya :D, dan sepertinya tertolong sama efisiensi minim gesekan dan putaran yg ringan itu to?
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:55 am
biarpun ga due motore yg penting tau tehnologine (tambah ilmu)
@Rollerman : sante aja bro…baca pelan2
By: Dre on April 9, 2011
at 7:54 pm
kalau di engine diesel sudah umum bro… Namanya crosshead… Dimana 2 valve in ataupun 2 valve ex masing2 diikat sehingga gerakannya menjadi bersamaan.
Keuntungannya yaitu minim gesekan,irit tempat..meminimalkan keberadaah sparepart.
By: othonx on April 9, 2011
at 8:06 pm
yups betul , hanya saja engine diesel jarang yang dohc, system croshead berlaku memparalelkan rocker arm untuk 2 buah cylinder head yang berjajar juga kan ? ๐
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:57 am
@ Rollerman
biasa aja lah bro, Fby gak boleh sirik,
for CBR… mantabbb,
By: Louis on April 9, 2011
at 8:54 pm
gue yankin CBR250 bs berbicara bnyak,
By: Louis on April 9, 2011
at 8:58 pm
kita tunggu diajang race circuit serta antusias konsumen mas bro ! ๐
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 5:00 am
ndi iki sg nduwe warung?
By: lekdjie on April 9, 2011
at 10:11 pm
ciluk baaa
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:57 am
banter gak cak…
http://selaludidepan.wordpress.com/2011/04/10/ducati-gp-12-ini-baru-ducati-rasa-rossi/
By: selaludidepan on April 10, 2011
at 1:38 am
lumayan cak, iku diartikel sebelumnya ada video top speed juga ๐
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:59 am
ampun… Te2p ktinggian bhsana, ra mudheng…
By: kang_ulid on April 10, 2011
at 1:41 am
pelan2 lama2 terbiasa mas kang! ๐
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:58 am
@ ROLLERMAN
fby kalau mau protes itu di artikel dgn kategori fbh vs fby. Bukan di sini..
di sini lagi bhs mesin…
By: dendy on April 10, 2011
at 5:31 am
cam shaft nya uniq…..memang genius deh insinyur honda…
By: chistian zai on April 10, 2011
at 9:35 am
unik memang ๐
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:46 am
Absen dulu ah ….
By: Iksa on April 10, 2011
at 1:43 pm
monggo pak iksa, maaf ga ada menu sambal trasi nya
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:46 am
Abis baca2 artikel + komen2nya kok jd tertarik sama mesinnya CBR 250 ya…
*cuma tertarik loh, tapi ga beli… Xixixi
By: Stevan on April 10, 2011
at 2:56 pm
xixixi ada yg kepincut kah?
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:45 am
wa ajib klw di bawa touring naek gunung
By: ricthofen on April 10, 2011
at 5:53 pm
ya karakternya cocok mas, big torque di putaran tak terlalu tinggi
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:44 am
waaaaahgg maaf ane kecapekan mas bro keliling jakarta
By: warung DOHC on April 10, 2011
at 8:41 pm
sampai sekarang kok belum rilis?
http://kangmase.wordpress.com/2011/04/10/honda-tiger-direnov-tahun-ini/
By: kangmase on April 10, 2011
at 9:33 pm
ho ho asli kecapekan + rada sibuk kangmase
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:43 am
rung ono reviw work shop
By: Bonsai Biker on April 11, 2011
at 8:41 am
wis iki wis metu (intro ne)
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:40 am
gini neh. .. kalau juragan dohc dah bikin artikel mesin, istilah-istilahe akeh sing ora mudeng aku . . .
menyimak aja lah , sapa tahu nanti juga paham. . .
keep brotherhood,
salam,
By: sabdho guparman on April 11, 2011
at 9:52 am
alon2 binti pelan2 mas sabdo
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:18 am
rak dong aku mas nek masalah mesin
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/04/11/suzuki-akan-gelontorkan-sport-250-cc/
By: asmarantaka on April 11, 2011
at 10:12 am
xixixi bekicot dohc dong to?
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:17 am
rasio gear primary m gear clutch?? ratio gear mainshaft m counter shaft?? bahasan tentang itu lbh mengena kaya’a …
By: chi on April 11, 2011
at 2:03 pm
ok hal itu juga sangat berpengaruh mas, namun saya bisa membedakan kok gimana motor tarikan enteng karena rasio ringan, dan gimana motor enteng karena tenaganya ngisi terus.., namun gimana juga kalo tiap rpm dan speed yg dihasilkan tetap ngisi tenaganya? saya kira ga cukup hanya main rasio counter shaft -main shaft , primary gear, aja untuk mengail tenaga dan torsi yg besar di tiap putaran ๐
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:11 am
sing jelas, intinya ni motor mahal
By: dnugros on April 11, 2011
at 3:13 pm
itu dia kelemahannya ๐ฆ
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:08 am
Nambah lg nih ilmu, makasih ya.
Salam kenal mas aziz
By: hairus on April 11, 2011
at 8:32 pm
yups sama2 belajar mas ๐ salam kenal juga ๐
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:07 am
manteb analisanya …
By: Mbah Dukun ... โะโ(โพ.โพา) on April 12, 2011
at 1:15 am
matur thankyu mbah ๐
By: azizyhoree on April 12, 2011
at 4:06 am
@yg punya warung:
Soal metal duduk di chrankshaft, bukannya klo mesin panas, metal itu muai ya om?
Nah, klo muai, artinya batang si chrank bukannya bakalan “kecekek”?
Maap, klo sotoy, cmiiw
By: ade cp on April 16, 2011
at 7:14 am
tentu saja untuk mengaplikasi system metal duduk ga bisa disamakan dengan crank shaft type bearing mas, ini beda! , crank shaft CBR 250 R high precision and temperature , dari warna nya yang hitam, terlihat crank shaft nya telah melalui proses hardener ๐ , pengaplikasian ini sama dengan di ninja 250
By: azizyhoree on April 16, 2011
at 10:23 am
yummy..
By: cicak cicak di dinding diam diam merayap datang seekor honda hap lalu dijiplak on April 17, 2011
at 5:16 pm
mantab nih..
By: cicak cicak di dinding diam diam merayap datang seekor honda hap langsung dijiplak on April 17, 2011
at 5:18 pm
nickname nya gokil mas bro
By: azizyhoree on April 26, 2011
at 9:51 pm
[…] Yups mas bro,ย masihย ingatย tulisan 2WDย diย artikelย sebelumnyaย tentang alasan mengapaย CBR 250Rย big torque?ย diย artikel =>> CBR 250R di sini […]
By: satu lagi bukti pendukung karakter CBR250R big torque « Azizyhoree's Blog on April 27, 2011
at 5:29 am
yang pasti lebih hemat dan pas di kantong untuk perjalanan jauh CMIIW….hehehhe
By: RedIchigo on Mei 18, 2011
at 4:29 pm
bener2 mantab ulasan teknik engine-nya.. Jd nambah ilmu neh… Makasih om n salam kenal…
By: cuplis on Mei 22, 2011
at 11:30 pm
pernah denger roller rocker arm??? mohon pencerahannya suhu2 disini untuk aplikasi di motor standar. yg sudah terlihat roller rocker arm milik viar mempunyai ukran yg sama dengan rocker arm honda kc series (pro series dan tigi) matur nuwun….
By: aziz CeBe ijo PHCC on Agustus 8, 2011
at 6:25 am
ajib…. nice article
Tp klo boleh nanya, kenapa cepat sekali oli spx 10w-30 (ahm oil – botol plastik masih yg putih) menghitam ya.
Saat km 1300an oli sudah hitam pekat – pergantian oli pertama pada service pertama km 300an. )
Apakah karena tipikal mesin CBR 250 (padahal disebutkan pada buku service pergantian bisa ampe 12000km) ato memang kualitas olinya yg kurang bgs ??
Soalnya pas saya tanya ke mekanik dealer resminya, dia-nya juga bingung kenapa bisa secepat itu oli menghitam.
By: numpangliwataja on Desember 22, 2011
at 10:36 am
gak ada hubungannya dia karna pake semacam rocker arm kayak SOHC.
makanya jangan cuma kaprah nyebut OVERBORE.
CBR 250 itu “LONG STROKE”- OVERBORE (panjang stroke 55mm, bandingkan ama ninja 250 yang panjang stroke 41mm),, nah walaupun overbore tetep torsi di RPM bawah keluar…komposisi seperti ini memang disengaja biar power RPM atas bawah dapet semua.
lalu selain itu bisa bermain di dursai dan LSA noken as… CBR 250 LSA nya kecil jadi power keluar lebih ke RPM bawah (contoh nyata karakter mesin sama yang bermain LSA adalah satria 150 dan FXR 150,, satria power keluar di 9500 dan FXR keluar di 12.000).
kalo masih gak percaya juga gak ada sangkut pautnya itu
coba tengok CS1-SOHC-2 valve torsinya keluar di RPM tinggi seperti CBR150 karna dia short stroke-over bore dengan panjang stroke sperti CBR 150cc 47,2mm
By: maturisi on Januari 6, 2013
at 9:54 pm
Analisa saya mengenai engine dohc cbr 250 kenapa over bore tp torsi tinggi di putaran bawah n power kluar g segede 250 lain nya, 1 karakter porting & valve relatif kecil untuk ukuran bore 76 dengan valve cuma 30/24mm bandingkan dngan klx250 tau ninja 250 sl bore 72 valve 33/27, mesin dgn karakter kya cbr akan kehabisan nafas di putaran tinggi makanya red line dia cuma 11500rpm, 2.stroke cbr 55mm itu cukup panjang untuk ukuran motorsport dengan stroke segitu, rpm 11000 saja udah piston speed di atas 21 m/s dah batas maksimal kekuatan mesin,rata2 motormsport tulen stroke di bawah 5 mm.
By: Linggar on Juni 29, 2014
at 6:05 pm
setuju
nah makanya sekarang ayo sama-sama hilangkan salah kaprah-kata “overbore”- itu sebenarnya tidak bisa berdiri sendiri. Tapi masyarakat motor indonesia sudah terpatri di otaknya kalau “overbore” pasti “high reving”.
Sejatinya, ada beberapa jenis
1. Overbore-short stroke, nah ini sebenarnya penamaan yang benar, jika ada mesin overbore yang bisa meraih putaran tinggi
2. Overbore-long stroke, nah inilah posisi CBR 250
3. Overstroke-short stroke, ini mungkin tidak ada untuk mesin motor tapi kemungkinan ada untuk mesin potong rumput dan mesin remot control (RC).
4. Overstroke-long stroke, banyak kayak gini untuk mesin harian atau turing,, mobil2 angkot biasanya kayak gini karakternya. kalo motor ada supra x 125 atau jupiter mx
5. Square-short stroke, kalo gak salah jupiter 110 series
6.Square-long stroke, ini ada di Yamaha Vixion atau mesin2 ducati umumnya
By: rahmat-yaya on Juni 29, 2014
at 7:07 pm