Yups lama ga main terawang di warung ini , sejak jaman warung ini awal2 lahir dan dulu sempat bikin heboh dunia perblogeran otomotif & berhari2 nangkring di BOTD gara2 penerawangan type engine CBR 250 yang dulu masih misterius ………….
oleh karena itu mari mencoba menerawang lagi! 😆 yaps kali ini tebak2 buah manggis motor apa sebagai pengganti sang legenda Honda Tiger 2000 , yang lebih dari 1 dasawarsa tidak banyak perubahan frontal namun masih lumayan eksis hingga sekarang !
banyak yang beranggapan dan berharap akan masuknya variant CB300 , sang street fighter sebagai flagship sport honda di indonesia pada segment naked bike!
hmmm… lumrah dan wajar .. mengingat tampilan dan performa engine yang di cangkok cukup mumpuni , lihat saja style street fighter gambot era masa kini , head lamp yang meruncing tangki gembung membulat , body yang cukup exotis yang dijamin cukup menghipnotis para pengidam motor sport perkasa penjelajah jalanan dan dibekali engine big single DOHC air cooled yang tentunya berkarakter torquey dan cocok untuk jalanan indonesia …
Weitss jangan terlena duluuu!
IMHO nech , CB300 cukup kuat potensial buyer nya dan memang layak ditunggu! namun…….. akan menjadikan nya mahal dan dilema bagi ahm untuk positioning product dan pricing nya , kira2 saja lahh engine 300cc DOHC meski single , akan sedikit berbenturan dengan hi-tech nya CBR 250 ….. lalu mau diharga berapa sedangkan flagship ahm secara overall saya kira tetap dipegang CBR250 , nahh lho jadi agak janggal kan?
nahh ini dia opsi engine penyemat nya….
➡
Diperadaban luar sana ada species jagoan garuk tanah dari honda yang berbekal engine bisa dikatakan mirip yang diaplikasi Tiger 2000 di tanah air , namun lumayan banyak beda speck , seperti kubikasi yang lebih besar , pemakaian karburator berventuri super gambot, racikan bore x stroke yang semi square , dan rasio transmissi 6 speed yang torquey , sehingga engine yang berkubikasi murni 223CC ini layak digolongkan kedalam CRF family 🙂
nah menurut penerawangan WD engine ini bisa jadi dan besar kemungkinan akan disematkan ke sang the next tiger! , mengingat basicly mirip2 namun upgrade nya disinyalir akan berdampak lumayan terhadap performa.. dan yang paling penting adalah positioning pricing dengan berbekal engine seperti itu akan lebih mudah!
di pertegas anggapan bahwa clue the next Tiger ber engine mirip2 kasus Megapro yang di upgrade menjadi NMP yang di upgrade !
taruh lah misal pahit2 nya ditaruh 26 juta atau barangkali bisa tetap 25juta an dan anggap saja Tiger revo (tiger picek version ) adalah sebuah ke khilafan AHM dalam penentuan harga yang waktu itu 25 juta dianggap terlalu tinggi (seperti kasus nya Megapro primus yang di upgrade menjadi NMP) bukannya naik harganya malah banyak sektor di up grade !
dengan begitu , layaknya sebuah warung yang membenahi taste masakan nya tanpa melakukan upping price untuk 1 porsi nya! yang ujung nya pelanggan warung diuntungkan dan puas
# lhaaahhhh malah mblayuu ke urusan perut maklum nulis dini hari sambil laperrrr
berikut speck engine CRF230 M :
engine : 223cc air-cooled single-cylinder four-stroke |
bore x stroke :65.5 x 66.2 mm |
compression ratio :9.0:1 |
valve train :SOHC; two valve |
ignition : DC |
induction : 30mm CV carburetor |
1 lagi……… seumpama engine dicangkok dari CRF230 M dan body di ambil dari CB300 apa kira2 pada suka?
➡ lha wong menurut WD para boss AHM aja kesengsem sama body semlohayy aduhaii si swemog CB300 ini kok!
#ahhh tau dari mana ❓ hassembohhh #sing penting pokoke aku ngerti
Gimana menurut mas bro semua ?
monggo artikel week end menjelang subuh ini di cerna dan jangan lupa koment2 ajaib nya !
salam from warung DOHC never ending _horee exploring 😀
Wassalamu’alaykum
Aku mau yg iniiih pak ahm..sampeyan wong jepang to?masak ga mau numpak yang bau-bau gaya jepang(japstyle)?!
http://lekdjie.wordpress.com/2011/09/17/semoga-jadi-kenyataandab/
By: Lekdjie on September 24, 2011
at 4:20 am
setuju lek! komporin Jap style membahana di marih sebagai opsi selain sport fairing & naked bike!
#ayoo subuhhhh! 😀
By: azizyhoree on September 24, 2011
at 4:38 am
ramai anak motor ya disini, salam kenal..
By: kampung Perawan on Oktober 2, 2011
at 12:33 am
welcome to de “”janggel” miss kampung perawan
By: warung DOHC on Oktober 2, 2011
at 3:23 am
Tumben sepi?hancurkan…!
By: Lekdjie on September 24, 2011
at 4:23 am
Awas ziz..mburimu ono rambut dowo,mripate ireng,klambi putih..
By: Lekdjie on September 24, 2011
at 4:24 am
sialan! mentang2 ngerti aku lg lembur 😈
jiahhh ini tadi jam 03:00 mati listrik lek!
#untung ga ketemu mbak kunti
By: azizyhoree on September 24, 2011
at 4:36 am
Pertamax mahal,
sing penting doyan premium
By: Dre on September 24, 2011
at 4:24 am
untung combustion chamber redesign + CDI wis di remapping! 😛
#lirik motor e mas Dre
By: azizyhoree on September 24, 2011
at 4:39 am
Yen ketemu mbak kunti po om gendru yo kari dijak njagong ro nge-234 nuw..xixixi..sapa tau bliau mau dimintai tolong buat nakut2in jepang biar lekas dikeluarin tu ftr223 po cb223rasa jusorange..
By: Lekdjie on September 24, 2011
at 4:42 am
lekdjie ndagel tenan!
#bar subuh rasane wareg!! ( eh seger maksud e)
By: azizyhoree on September 24, 2011
at 4:48 am
Nitip lempar mercon type trinitrotoluen yow..nyuoooh..http://lekdjie.wordpress.com/2011/09/23/buat-apakah-motor-sampeyandab/
By: Lekdjie on September 24, 2011
at 5:05 am
motorku tak jejeli premium terus saiki malah lebih irit bbm (ga wani ngebut takut jebol)
By: Dre on September 24, 2011
at 5:06 am
xixixixi :bijak:
By: warung DOHC on September 24, 2011
at 9:06 am
Tiger ki motor koyo opo to?
By: Amama Ali on September 24, 2011
at 5:31 am
katanya koyok macan!
By: warung DOHC on September 24, 2011
at 9:04 am
berarti sampeyan setuju next tiger monoshock tapi nek CB300 opo yo tumon ngombe premium?
By: Pak Bambang Nunggang Byson on September 24, 2011
at 5:59 am
monoshock wajib! 😈 premium??? liat ntar berapa rasio kompresi nya 🙂
By: warung DOHC on September 24, 2011
at 9:05 am
ane malah berharap next tiger pake body cb1000r, … walah, sempurna banget deh!
By: redbullrider on September 24, 2011
at 7:22 am
Lah yah body CB300 ini rasanya udah menggambarkan seri mini-nya CB1000R om :p (menurut saya loh)
By: vanz21fashion on September 24, 2011
at 7:42 am
yups ada kemiripan dari mulai tangki dan body belakang mas bro 🙂
By: warung DOHC on September 24, 2011
at 8:23 am
Kalo ngambil engine dari CRF223, bisa dong sekalian AHM mainan dirt bike 😀 basic engine sama dipake buat 2 varian rasanya ga masalah (tentunya dengan re-tuning supaya selaras dengan kategori motornya)
By: vanz21fashion on September 24, 2011
at 7:41 am
nah seperti pemikiran dengan lekdjie yang ngarep Jap style dari engine 223cc 🙂
one way #dual purpose
By: warung DOHC on September 24, 2011
at 9:08 am
menurut tearangan saya mesin the next tiger adalah mesin NMP yg di bore up lbh rasional dari segi biaya dan pelatihan mekanik dan investasi di pabriknya
By: jahe on September 24, 2011
at 8:00 am
revolusi antara GL200 dengan CRF223 mirip kasus nya megapro dengan NMP mas, #kalau memang ahm mau ber inovasi harusnya segitu aja gampang! #dana dan invest nya ada kok 😈
By: warung DOHC on September 24, 2011
at 9:11 am
sebenarnya, masih dengan engine tiger lawas tapi body cb300 kalau emang bisa brojol di sini udah bersyukur bgt. Apalagi kalau menggunakan basis mesin crf223. Top deh pokoknya.
By: de2tninja on September 24, 2011
at 8:03 am
yups, dan kita tantang aja mana bukti inovasi honda? 😛
#benr kan banyak penunggu sosok badan CB300
By: warung DOHC on September 24, 2011
at 9:02 am
hadir..
By: cafebiker on September 24, 2011
at 8:50 am
monggo 🙂
By: warung DOHC on September 24, 2011
at 9:12 am
maaf kang, setau ane ga ada tuh crf 230.keluarga crf = 85cc,150 n 250cc
Yang ada itu XR223…cmiiw. Yang mirip dgn klx250 tp masih air cooled…
By: 4201journey on September 24, 2011
at 8:54 am
lha iki opo mas ❓
http://powersports.honda.com/2012/crf230f.aspx
ada to?
By: warung DOHC on September 24, 2011
at 9:27 am
ada om, cuma emang kurang populer :p hehehe bbrapa kali pernah saya bahas di blog saya, monggo mampir ke blog saya dan search dengan kata kunci crf 230 (ato 223, lupa.. dicoba aja)
By: vanz21fashion on September 25, 2011
at 3:59 pm
Dukung vtr250 sajah kang!
By: Oni89 on September 24, 2011
at 8:57 am
saya mah setuju2 wae kang! #tapi pesimis dengan harga yang akan ditawarkan! 👿
By: warung DOHC on September 24, 2011
at 9:03 am
Xr223 mesinnya masih konvensional…
Mestinya mesin tiger itu :
tetap200Cc, dohc, injeksi, air cooled. Harga tetap 25jt.
Mesin bisa ambil nmp, dgn penyempurnaan….
By: 4201journey on September 24, 2011
at 8:59 am
Xr223 mesinnya masih konvensional…
Mestinya mesin tiger itu :
tetap200Cc, dohc, injeksi, air cooled. Harga tetap 25jt.
Mesin bisa ambil nmp, dgn penyempurnaan….
Dgn 200cc, masih bisa irit, bahkn bisa lebih irit dr tigylama
By: 4201journey on September 24, 2011
at 9:00 am
mau nya mostly biker indo masakini gitu mas, tampang oke, 200-250 cc DOHC 25jutaan #tapi opo ahm mau buatin ?
By: warung DOHC on September 24, 2011
at 9:29 am
Body CB 300R air scoop diganti yg sewarna body. midship mufler. mantap. power n torsi crf 223 brp?
By: safety rider on September 24, 2011
at 9:20 am
semoga Product development nya ga redesign yang neko-neko
power and torque CRF223 ?
nich monggo mas :
http://powersports.honda.com/2012/crf230f.aspx
By: warung DOHC on September 24, 2011
at 9:33 am
Ane cari – cari di site diatas ga ada. dapetnya malah disini :
Power: 18.63 HP (13.7 kW) @ 8000 rpm
Torque: 18.8 Nm (1.92 kg-m) @ 6000 rpm
http://www.mbike.com/honda/crf230f/2010.
Torsinya turunin ke 16,5nm power naikin ke 20 hp.
By: safety rider on September 24, 2011
at 9:49 am
siph tambahan nya mas 🙂
By: azizyhoree on September 24, 2011
at 10:39 pm
wowwww,….
By: uungferi on September 24, 2011
at 10:05 am
weeew 😛
By: azizyhoree on September 24, 2011
at 10:57 pm
mesin itu nomor 2 yang nomor 1 itu tampilannya…
By: agoey on September 24, 2011
at 11:51 am
kebanyakan gitu #enaknya fifty2 laghhh 😛
By: azizyhoree on September 24, 2011
at 11:01 pm
kalo memang begitu, megelli harusnya bisa ngehajar ninja250 dan cbr250 dong :p hehehe
By: vanz21fashion on September 25, 2011
at 4:03 pm
ralat, maksutnya 4klep sohc,jd harga bisa dibawah cbr150
By: 4201journey on September 24, 2011
at 12:56 pm
nahhh ada batu dibalik rahasia
By: azizyhoree on September 24, 2011
at 10:58 pm
Mesin tanpa sirip
By: B M W ♣ on September 24, 2011
at 12:57 pm
tanpa sirip blass = water cooled
By: azizyhoree on September 24, 2011
at 10:51 pm
mesin lawas wae kepriben Mas ?
hehehe …
sing penting body semlohay …
http://harisxyz.wordpress.com/2011/09/23/aku-cinta-gea/
By: harisxyz on September 24, 2011
at 2:54 pm
bisa jadi sech mas gitu , hanya disayangkan aja , ga sekalian upgrade engine 😈
By: azizyhoree on September 24, 2011
at 10:56 pm
Mesin cbr250 bore down/cbr150 bore up
samimawon
By: Nn on September 24, 2011
at 3:22 pm
wahhh malah syusah mas opsi nya 🙄
By: azizyhoree on September 24, 2011
at 10:55 pm
tapi semua itu berubah, ketika negara api mulai menyerang…
hanya AHM pengasa 4 elemen yang sanggup menghentikannya…
*avatar.
By: ay' on September 24, 2011
at 4:39 pm
wkwkwkwk malah dagelan kartun
By: azizyhoree on September 24, 2011
at 10:54 pm
ga suka….
(ONO)
tutup muka…
By: Taqi tiktak on September 24, 2011
at 4:57 pm
iya laghh ente kan belom nyampai bawa motor batangan yang gede
By: azizyhoree on September 24, 2011
at 10:53 pm
absent mas..
macane nyar meneh ki kpn rene ne?
jago nerawang ilmune seko ngendi e mas?
wes poso pirang dino?
panganane mesti kembang menyan ki,hehe..
piss..
:p
By: dms sedayu on September 24, 2011
at 8:28 pm
ashemmmbb ga doyan kembang aku mas! 😈
By: azizyhoree on September 24, 2011
at 10:53 pm
masih nunggu 2012 😦
super laammmaaaaaaaa 😥
nitip aja deh sembari nunggu 2012
By: nanared on September 24, 2011
at 9:42 pm
ahh mossok mas bro , bentar lagi juga 2012 kok
By: azizyhoree on September 24, 2011
at 10:52 pm
Tinggal ditunggu penerawangan harganya mas xixixi
Nitip mas
By: demungan on September 24, 2011
at 11:25 pm
siapp! 86 #cuma rada berat tuhh kalo menerawang harga! (lha yang ini aja belum tentu jitu kok) xixixi
By: azizyhoree on September 24, 2011
at 11:29 pm
ojo larang!!msok motor saiki do larang kabeh!! diatas 20 juta kabeh.
iki malah regone mundak ra karuan
By: Rudy Sou1 on September 25, 2011
at 12:45 am
larang??? #musim paceklik kalee mas
By: warung DOHC on September 25, 2011
at 3:20 am
Power, torsi, hp, nm, ramudeng blass, tulung djilasne.. 😦
By: Neo on September 25, 2011
at 6:22 am
siap 86 kapan2 mas bro
By: warung DOHC on September 25, 2011
at 8:38 am
cb300 body tengah ke belakang kayak gimanaaa gitu, kurang proporsional, IMHO.
kalo dari hasil terawangannya mas IWB yg baru, yg masuk akal mungkin downgraded-naked cbr 150r yg katanya mau di ckd.
By: redbullrider on September 25, 2011
at 6:25 am
hmm …… misal pun iya, tetap aja beda segmentasi mas bro! , # liat aja entar kejutannya :nutup korden:
By: warung DOHC on September 25, 2011
at 8:43 am
biasa tok…isih apik paijo nemeni
xixixixixix…
*mblayu..
By: andeep on September 25, 2011
at 9:56 am
sopo sing ngundang aku… 😀
By: tigerpiceks on September 25, 2011
at 11:31 am
aku prefer kalo dibikin 4 katup, tp tetep 250cc kebawah, kalo CB300, tentu akan menaikkan pajak, terlalu beresiko untuk pricing strategi-nya..
nitip masbro
By: boerhunt on September 25, 2011
at 9:10 pm
wis gak sah sing neko neko………penting monoshok……..nek iso body ne di ubah sitik ae,,,,,,,,,,lampune digawe sing macem……….harga under 25…….yo gak pak dhe……………..xixixixixixix
By: H 4444 N on September 25, 2011
at 10:20 pm
dulu kabar kaburnya jd 230 cc… hmmm… masuk akal masbro,
kalo buat ngelawan piksen jd 150 cc.. ya bikin motor baru saja , imho
By: Triyanto Banyumasan on September 26, 2011
at 1:25 am
gampang ni masalahnya…honda tiger dh punya nama tho??masukin aja CB300 tapi dengan mesin yang sama 300cc ato di bore down..jadikan 250c ato 200cc pake mesin standar ato cs250-nya CBR…puaaaassstiii tetep ada yang beli..masalah pricing, wani piro??dikasih harga 50-55juta aja puuaaassstiii orang tetep beli&pasti tetep laku&larissss…kenapa yo??eceeesss…scope pasar untuk honda tiger dari jaman jembot ampe sekarang mengerucut ke segment hi end..ato top level motor utk indo..gitu juga dengan konsumennya..pasti orang2 yang taraf hidupnya mapan yang beli..masalah banyak dikitnya penjualan?no problemo kan “kaizen” …”SaMeMe”-laaah..satu mesin rame-rame..saling menutup celah dalam line produksinya..dengan gitu gak akan rugi…lagian produknya kan global..mo laku ato kagak..barometernya total penjualan dunia..bukan indo doank!
http://www.niwira.com
By: matinman on September 26, 2011
at 2:20 am
nitip om,….
http://uungferi.wordpress.com/2011/09/25/antara-honda-jelajahi-3-propinsi-dan-suzuki-jelajah-negeri/
By: uungferi on September 26, 2011
at 9:16 am
pake rangka cbr 250 aja……..byar cbr 250 bisa murah harganya……..tinggal mesinnya sohc
By: assassin on September 26, 2011
at 9:53 am
pokomen aja monoshock
By: Maskur on September 26, 2011
at 11:31 am
saiki maine trawan ix..wuasemm.saingan trawang2an mbek aku 😀
By: asmarantaka on September 26, 2011
at 12:26 pm
mampir nitip jemuran lagi mas hehehehe
By: demungan on September 26, 2011
at 5:50 pm
tak akan ada satupun fbh yg tidak akan suka model cb300
By: toptenan on September 26, 2011
at 5:57 pm
ha ha hay
By: azizyhoree on September 27, 2011
at 2:29 am
[…] Seingat saya, yang dulu awal-awal menggunakan istilah Jemuran untuk nitip link di blog atau facebook adalah Aziz.:mrgreen: […]
By: Nitip Jemuran Bro « Learning To Live on September 27, 2011
at 5:03 am
nitip dong gan
http://uungferi.wordpress.com/2011/09/27/sukses-harus-berani-menciptakan-mimpi-besar/
By: uungferi on September 27, 2011
at 7:20 am
banyak amat yg nitip jemuran?? londry kali aaghh…wiqiqiqi…
By: redbullrider on September 27, 2011
at 12:46 pm
ayo cepetan suntik mati itu tigor ,
xixixi
By: Onthel on September 27, 2011
at 1:29 pm
nggu upload video paijo vs vixi pantura wae lah. he.he.he
*kebul kebul nyedot 234*
By: anx45 on September 27, 2011
at 7:20 pm
legenda itu CB, bukan yang lain…
By: motorjoss on September 27, 2011
at 7:36 pm
mesin tiger bodi cb 100
By: BRC mania on September 27, 2011
at 8:44 pm
Buat dua kayak CBR!. Ada Tiger 150 DOHC + Injeksi buat ngelawan Vixion. Dan Tiger 250 berbasis CBF300, buat ngelawan Fazer250 (siapa tahu nongol tahun 2012 gusur klingon) !.
By: binladeen on September 27, 2011
at 9:58 pm
nah, bagusan kalo naik mesin daripada turun ke 150cc..
gak-gak-gak-gak kuat
By: si oom as varioputiih on September 28, 2011
at 11:11 am
mosss mosss mo mo mosssokk ❓
;mrgreen:
By: warung DOHC on September 28, 2011
at 12:55 pm
[…] sekalian, Menarik melihat sedikit info dari Blog mas Aziz bahwa ada kemungkinan Next Tiger akan menggunakan Mesinnya CRF223 . . . hmmm sebenarnya pemikiran […]
By: Next Tiger Bermesin 223 CC ?? Logis aja sih « TMCBlog – Motorcycle News on Oktober 1, 2011
at 9:01 am
Josss
_________
Hasil FP-3 Motegi Jepang
By: uDien d'kab on Oktober 1, 2011
at 10:56 am
Sem0ga..saja.
By: ┌П┐ (►_◄)┌П┐ on Oktober 2, 2011
at 1:12 pm
yeahh 😉
By: azizyhoree on Oktober 3, 2011
at 5:06 am
sip terawangan nya masbro
tp Sayap kudu “MAWAS” DIRI.
Tigor JYADUL aja skrng 26 jt an.
Dan pantas&Selalu DIPECUNDANGI oleh Vixi (Price, performa, high tech)
By: Who Am I on Oktober 4, 2011
at 8:13 pm
he he mawas diri itu perlu 😛
By: warung DOHC on Oktober 5, 2011
at 12:51 am
kalo bener keluar ginian….
ane jual piksen….
By: ki demang on Oktober 5, 2011
at 3:55 pm
wooohhhhh #pindah pasar?
By: warung DOHC on Oktober 6, 2011
at 10:44 pm
yg pasti ni engine blm pernah ada sebelumnya (entah klo d negeri antah berantah) ,, twister bukan, ftr bukan, crf bukan ,, so .. wait and see aje lah ,, haghaghag
By: chi on Oktober 6, 2011
at 8:13 pm
namanya juga menerawang “neng” !
ahh si eneng bikin penasaran ajjah !
#tak tunggu tenanan iki 😆
By: warung DOHC on Oktober 6, 2011
at 10:46 pm
kalo beneran keluar,patut ditunggu nih..asiikkkk
By: ardi on November 12, 2011
at 1:57 pm
monggo ditunggu mas 🙂
By: azizyhoree on November 12, 2011
at 9:19 pm