Nah lagi-lagi rekan saya datang ke WD garage .. dengan mengeluhkan Yamaha scorpio yang baru saja dibeli nya dengan second ada sedikit masalah , nganuuu mas ini mesin nya kasar banget & agak kurang siph tarikannya .. lha kenapa? yo wis sini coba kita check! 🙂
prosedur seperti biasa checking ringan sekalian service rutin berkala ….. bongkar Carburator & cleaning box air filter .. nah pas buka carburator aja udah ketahuan banyak kotoran di mangkuk floating karburator banyak endapan kotor 😈
banyak endapan di mangkut tersebut bisa ikut terhisap oleh spuyer (pilot jet – main jet) yang selain bisa mengikis juga bisa membuat salurat lubang2 nya tersumbat , oke sekalian cleaning pakai carb cleaner sampai bersih di bagian2 yang menyempit .. untuk karbu standart scorpio kalau dirasa tidak ada masalah mending membran vakum tidak usah dibuka , cukup bersihkan saluran2 nya (membran scorpio kalau sampai sobek mahal lho harganya 😈 )
sekalian bersihkan debu2 yang membandel pada busa air filter, warning ! jangan cuci busa filter model seperti ini dengan bensin .. bisa hancur mas bro… sekalian bersihkan box filter yang biasanya ada sedikit cipratan & uap oli yang keluar dari oil breather engine.
lanjut check busi sekalian bersihkan jika masih bagus , posisikan TMA (titik mati atas piston) dengan memutar nut crank shaft dengan kunci shock & ratched handle dari block sebelah kiri / block magnet, posisi top bisa dilihat dari lubang intip pada rotor magnet
setelah posisi piston TMA tercapai (bisa juga di cek via lubang busi, piston sudah mendekati lubang dan berhenti stagnan di atas) kemudian buka cover penyetel klep dengan kunci pembuka cover *kunci no 24 ,
next persiapkan feeling yang good mood untuk melakukan setting valve
➡
sediakan kunci no 10, obeng (-) pendek & fuller gauge untuk melakukan setting valve , nah karena rekan WD ini minta agar di setel rapat yo wis tak setting di celah 0,09mm untuk valve in & 0,1 mm untuk valve out *clearence feeling sesuaikan selera setel kendor apa setel span tentunya masih di range aturan penyetelan 🙂
nah kasus pada si kalajengking yang dikeluhkan bersuara kasar ini ternyata saat di tap oli mesinnya .. wadooouuwwh hitam kental bercampur gram gitu dech….
mulai curiga ini pasti ada yang ga beres… coba check cartridge oil filter nya dengan membuka 3 baut dengan kunci – L – 5 … wheladalah ternyata endapan oli bercampur gram ngumpul di area ini , dan si Pio ini cartridge filternya bukan original , melainkan cartridge seperti pada vixion dan bebek2 ber cartridge lainnya yang berbahan kertas ..
nah ini dia cartridge model kertas kalau lama ga pernah di ganti dikhawatirkan mampet karena tersumbat endapan oli jadi memang perlu di perhatikan pentingnya masa penggantian cartridge oil filter mas bro !
bisa di bayangkan to misal aliran sirkulasi pelumasan tersumbat di area filter … justru bagian mesin terutama area cylinder head yang paling pertama terkena dampaknya…. *setidaknya hal yang seperti ini bisa memicu motor anda menjadi berisik & kasar , FYI aja filter oli original scorpio ini ber kode 1UY-13440-02 dan harganya berkisar 75.000 + pajak 10 %
nah setelah semua beres , isi oli bak mesin si Pio yang berkapasitas 1200ml ini dengan oli baru *karena tadi bongkar oil filter , ada baiknya pengisian oli ditambahin sedikit 🙂
monggo di tambahin kalo kurang & di tunggu share tentang si Pio
salam from warung DOHC_never_ending_exploring
Wassalamu’alaykum 😉
Hasilnya akhirnya bagaimana om? 😀
By: Novian Agung on Maret 5, 2012
at 9:08 am
alhamdulillah ga komplain lagi ….. tapi jangan beranggapan suara kasar nya pio bisa selembut jupiter Z ya!
kasar2 nya ada batasannya & spec si Pio yang aslinya Cross ini memang begitu *harus bisa bedain kasar karena ubnormal 🙂
By: warung DOHC on Maret 5, 2012
at 9:16 am
aku mbukak karbu wae deg2an… wedi ndak raiso masang meneh… xixixixi
By: kilaubiru on Maret 5, 2012
at 9:15 am
wah Afiikaa perlu banyak latihan………
berapa kali?
ratusannnn #ehh lebihh
By: warung DOHC on Maret 5, 2012
at 9:21 am
iki mesti ndisik sing duwe keset ra tau rawat motor, kemproh wexx
By: thole on Maret 5, 2012
at 9:20 am
jangan marah2 dulu kakak thole ini kalajengking dapet 2nd
wajar kalo hystorical nya ga ada record 🙂
By: warung DOHC on Maret 5, 2012
at 9:22 am
beli kucing bonus karung
By: thole on Maret 5, 2012
at 9:29 am
jiahh bisa buat kulakan beras dunk 😆
By: warung DOHC on Maret 5, 2012
at 9:48 am
Coba omah ku cedek wes mampir aku mas
By: bintangjati on Maret 5, 2012
at 9:25 am
baca2 trus otodidak ae mas, kalau di dalami lama2 bisa kok 🙂
By: warung DOHC on Maret 5, 2012
at 9:49 am
msok oli habis di tap, di masukin lagi mas?
By: ay' on Maret 5, 2012
at 9:39 am
ganti baru itu maksud nya xixixi #cuma ga tak upload
By: warung DOHC on Maret 5, 2012
at 9:45 am
kalo scorpione kancaku suarane kaya keteng kendor.tik tik tik……
udah diservis masih tetep bunyi.
kalo stelan klep cs1 berapa mm mas?beli feeler gaugenya dimana?
By: gaplek mania on Maret 5, 2012
at 9:41 am
cs 1 pake yg agak rapet aja mas , 0,04- 0,05- 0,06
beli fuller gauge banyak di toko2 tools macem krisbow / di bengkel yg jual tools 🙂 murah antara 20rb – 50rb juga ada
By: warung DOHC on Maret 5, 2012
at 9:47 am
. Om mau tanya. Klo noken as asli yamaha & templar biasa(imitasi) itu masalah gk om. Soalnya baru di ganti kok masih bunyi tek tek tek tek kyk celah klep itu terlalu longgar,padahal udah di stel sesuai standarnya.
Mohon pencerahanya om.??
By: Andhika daniel on Januari 24, 2016
at 9:00 pm
warung dohc emang mantaappp
“bebekqu nopo yokang, kalo putaran abwah kok bunyi, tek.tek..tek.tek.tek..
kalo uda lewat km 30 suara ilang” 😦
http://areeya2.wordpress.com/2012/03/05/pulsar-220-ready-touring/
By: Ari CX Rider on Maret 5, 2012
at 9:51 am
nganu mas jarak tempuh udah berapa km? kalau diatas 40.000km biasanya adjuster tensioner nya mulai kendor / rantai camrat nya mulai molor …. itu si viper basic mirip supra100 kan? adjuster tensioner nya lebih leluasa dibanding bebek2 sekarang yg pake adjuster automatic 🙂
By: warung DOHC on Maret 5, 2012
at 10:07 am
ini baru 12.400an . . . mesti ganti rante kamprat to ? ❓
By: Ari CX Rider on Maret 5, 2012
at 10:12 am
belum mah kalau masih 12.000 an coba kencengin adjuster tensioner dulu itu ada baut di bawah bak oli mesin sebelahnya baut pembuangan oli trus disetel lewat samping .. tp model ini serahkan pada ahlinya aja.. & perlu di ingat cari sumber gejala bunyi nya darimana dulu sebelum menentukan perbaikan 🙂
By: warung DOHC on Maret 5, 2012
at 10:30 am
sekalian conrod sama arm relaynya dibongkar + dilumuri gemuk, biar lbh awet karet+boshnya (gak bersuara “kriyet-kriyet”)
By: Ex_pemakai scorpio on Maret 5, 2012
at 10:00 am
mantab mas.. kapan2 dech tak tulis jadi artikel…. memang banyak yang mengeluhkan si Pio tuh kalau kurang bersih perawatannya & sering jalan di tempat berdebu jadi bunyi ngiik ngikk engkit2 di area bosh swing arm
By: warung DOHC on Maret 5, 2012
at 10:09 am
y ne gan si pio gua masalah nya g jauh beda di swing arm bunyi apalagi jalan nya g rata trus gue siram z pake air dn ternyata ga bunyi lg,dn beberapa hri lgi bunyi lagi gan dn seperti biasa siram air dn bgtulah kendalanya,warungDOCH,apanya yg harus gue ganti mohon di bantu.
By: kalapa999xxx on Agustus 16, 2012
at 1:18 pm
nitip tulisan mas
http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/03/05/beranikah-untuk-gagal/
terima kasih..
By: temonsoejadi on Maret 5, 2012
at 10:58 am
Pedahku kok ra iso disetel yo kang klep’e?
Piye ki??
:kaboooor
By: Sonicboyz on Maret 5, 2012
at 11:11 am
jare sopo? #setel kombinasi shim kan bisa
By: warung DOHC on Maret 5, 2012
at 4:43 pm
Setting rapat=irit, bener gk ya?
By: Nn on Maret 5, 2012
at 11:54 am
bisa , tapi ter;lalu rapat= kompresi kemposss .. harus masuk toleransi range penyetelan mas
By: warung DOHC on Maret 5, 2012
at 5:27 pm
ikut spek manual book pabrikan ajam mas, kan rapat kendor itu sbnrnya adlah toleransi muai logam ketika panas, jd bukaan klepnya akan optimal dan tdk bocor kompresi juga gak brisik suaranya krn kelonggaran
By: andik banaran on November 30, 2012
at 2:57 pm
mas bro… kalo klep nya d stel g` pke puller kok jadi g`bertenaga y……. apa tuh masalah nya?
By: zian on Desember 5, 2012
at 10:50 pm
wuiih…step yang sangat lengkap en detail….
eh, gram-nya darimana yo mas, kok kayak-nya banyak banget…
By: andhi_125 on Maret 5, 2012
at 1:58 pm
kalau sirkulasi mampet di area filter , kan cam dll di bagin cylinder head jadi kurang pelumasan mas 🙂
By: warung DOHC on Maret 5, 2012
at 4:51 pm
help me suhu 😦
http://lovemybike.wordpress.com/2012/03/05/ganti-noken-as-vixion/
By: lovemybike on Maret 5, 2012
at 2:13 pm
baca berulangkali biar ngerti,tapi dasar otak tumpul tetap aja susah 😦
By: nanared on Maret 5, 2012
at 2:57 pm
tetap semangat mas bro ! 😈
By: warung DOHC on Maret 5, 2012
at 7:21 pm
wah jadi kancane mas azis pancen akeh untunge…service gratis ora kui mas?
By: jape methe on Maret 5, 2012
at 3:42 pm
he he he nek tegel gratis yo rapopo mas
, biasane do nyangoni gae tuku pertamaxx 2liter- 3liter xixixixi / sak iklash e 😆
By: warung DOHC on Maret 5, 2012
at 4:40 pm
kudu tegel xixixixix
By: dugal ngupoyo on Maret 5, 2012
at 7:45 pm
kudu tegel + mentolo xixixixix
By: dugal ngupoyo on Maret 5, 2012
at 7:47 pm
servis bayar nasi punel seminggu … 🙂
By: ridertua on Maret 5, 2012
at 4:35 pm
cocog!
By: warung DOHC on Maret 5, 2012
at 4:42 pm
jelas gak kasarlah wong bukan Camry
By: Bonsai Biker on Maret 5, 2012
at 7:43 pm
camryosokkk !
By: warung DOHC on Maret 6, 2012
at 2:51 am
wakakkakakakakakakakk
By: Bonsai Biker on Maret 6, 2012
at 9:17 pm
wah udah joss lagi donk
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
By: extraordinaryperson on Maret 5, 2012
at 8:18 pm
udah ga balik komplain: berarti puas 😛
By: warung DOHC on Maret 6, 2012
at 2:52 am
kalo bunyi “ngiik ngiik” di sekitar shock breaker depan kenapa ya mas? scorpio temen ane tuh bunyi gitu padahal motor baru
By: dimas arif antonio on Maret 5, 2012
at 8:53 pm
kemungkinan ada benda bergesek aja mas, seperti misal cover karet kabel /selang minyak rem dengan spetbor atau benda plastic lain , coba ditelusuri dulu
By: warung DOHC on Maret 6, 2012
at 2:55 am
coba aja di smprot monoshok bagian bawah pke semprotan rantai gan,.. mtor ane jg sring gitu trnyata stelah di smprot smbuh gan
By: Andy Suksez Zelalu on Agustus 5, 2012
at 10:07 pm
segala motor bisa nih ditangan suhu DOHC ,ckckckckckk
By: bimo96 on Maret 5, 2012
at 9:37 pm
selama bisa dipelajari whynot bim..? He he 😉
By: warung DOHC on Maret 6, 2012
at 2:56 am
kelebihan nya, katany sini sih, mesin lebih adem…
kekurangannya, musti nambah oli dikiiiit
By: Anna Chan on Maret 5, 2012
at 9:45 pm
maksudnya bagian mana tuh sis? 😛
By: warung DOHC on Maret 6, 2012
at 2:57 am
si pio ku akhir-akhir ini kasar juga kang, koyok e salah pasang oli, 10w-30 ketok e ra cocok yo….
By: Karis on Maret 5, 2012
at 10:57 pm
pke castrol activ sae 20-50 om sama setel klep yah, dijamin mesin jadi lebih alus…
By: Arif Vixion on Maret 6, 2012
at 12:40 am
oo…oke, ntar dicoba
http://karisnsz.wordpress.com/2012/03/06/something-wrong-with-my-new-scorpio-z-si-pio-any-help-me/
By: Karis on Maret 6, 2012
at 12:51 am
yups ,mas pio lumayan clearance nya, jadi kalo pengen agak alus an dikit , kasih oli yg ga terlalu encer 🙂
By: warung DOHC on Maret 6, 2012
at 2:48 am
pio ane jg kasar dari pertama bli baru.. 😆 (dibanding motor bebek or tiger tentunya) boros pula…cuma dapet 25 km/liter…tapi maklum lah… 😀
By: pionize on Maret 6, 2012
at 7:09 am
wajar mas
By: warung DOHC on Maret 6, 2012
at 4:11 pm
mantab infonya nih jadi bertambah pengetahuannya thanks ya Om sudah sahring
By: celekitcelekit on Maret 6, 2012
at 10:13 am
sharing yang bagus, eh iya saya juga pernah ngalamin, ganti saringan udara di bengkel resmi, dan katanya ori, eh pas dibengkel lain yang resmi juga dilihat ternyata palsu waduh jadi gimana gitu rasanya hehehe
By: Link Vacancy on Maret 6, 2012
at 10:15 am
saya pernah tapi bukan saringan lampu buat matic…yang kanan ori yg kliri osram…tpi mechanicnya sich bilang, dan minta maap..sebelum masang…..tpi setelah dipake…masih terangan yg osram…hahahaha
By: ashley on Maret 6, 2012
at 2:32 pm
Iya kalau saringan udaranya takut palsu, bawaan motornya jangan hilang pengalaman ku cuci pake sabun cuci piring dibawah kran sampai airnya bening,keringkan, pasang lagi
By: Firman on Mei 2, 2012
at 2:51 pm
weh mantap kang…. 😀
#iso bongkar pikson ku pora kang..? 😀
By: tovavanjava on Maret 6, 2012
at 1:43 pm
gampang ! 😎 …….. 😛
By: warung DOHC on Maret 6, 2012
at 4:47 pm
ijin menyimak suhu 😀
http://setia1heri.wordpress.com/2012/03/06/logo-its-dijiplak-cuk/
By: setia1heri on Maret 6, 2012
at 3:48 pm
Tigerku tiba2 bunyi klok-klog ga beraturan pas dingin. Aku curiga kamrat tapi perasaan baru ganti plus lat-nya dan laher noken. Jangan2 stang seher oblag? Opo’o yo bro kiro2
By: smartf41z on Maret 6, 2012
at 4:30 pm
pas rpm tinggi ngorokk ga mas? vibrasi nya gimana? kalau ngorok bisa kemungkinan memang stang seher & pen big end nya, tapi kalo ga ngorok bisa jadi tensioner adjuster lemah 🙂
By: warung DOHC on Maret 6, 2012
at 4:50 pm
biasane klo tensioner atau kamrat klik-klik bunyinya, tapi ini klog-klog (mungkin belum parah kali) padahal lidah tensioner baru ganti (indopart), kamrat ganti ori, LAT/tensioner thailand + plus laher noken. atau LAT perlu tak ganti orinya? biasanya sih tak gulung sendiri per platnya, mungkin kemaren kekencengen sampai laher kena
By: smartf41z on Maret 6, 2012
at 7:48 pm
njaluk digenti DOHC 😀
http://asmarantaka.wordpress.com/2012/03/06/busett-honda-dream-astrea-star-di-jejalin-head-cbr150-sepaket/
By: asmarantaka on Maret 6, 2012
at 4:42 pm
whooooo 😈
By: warung DOHC on Maret 6, 2012
at 5:37 pm
wis tak ganti double DOHC 😛
By: smartf41z on Maret 6, 2012
at 7:48 pm
aku wingi bar ganti rantai mas, suarane kok podo wae yo ??? opo perlu ganti rante sing luwih gedhe…..
*******
sik…. tak mulih sik…. karo mancal….
By: foens on Maret 6, 2012
at 6:01 pm
salam kenal mas aziz..
sering buka blog ini tp gak pernah komen..numpang komen ya..
q arep tekon : motor cs1 q sak bare servis nek high rpm ( 7000-9000 ) kok ngempos koyo ra metu tenagane alias njebebeg..kiro2 opo ne yo mas..sak durunge servis isih jos..
matur nuwun..
By: windriyatno on Maret 6, 2012
at 6:21 pm
eh yo bro, dhuwe stok LAT/tensioner tiger orisinil ? lagi males gulung menggulung. Email hargane yo. ntar kalo parah tak ganti ori aj
By: smartf41z on Maret 6, 2012
at 7:51 pm
scorpio kasar???pergi dealer clingak-clinguk golek anyar…
By: ya2kzzz on Maret 6, 2012
at 8:16 pm
katek akal njenengan…..
By: zian on Desember 5, 2012
at 10:51 pm
Woh,bikin cenut cenut ini
By: mas wahyu on Maret 6, 2012
at 11:14 pm
Mas Aziz,, Blok mesin Motorku tak kirim rono yoo..?? 😀 😀
PISS
By: Hourex150L on Maret 7, 2012
at 9:27 am
Mas tolong donk bikin artikel tentang Honda PGM-FI, ditunggu artikelnya.
By: Anggit Herdianto on Maret 7, 2012
at 2:47 pm
makin jozzz nih kayaknyaa dibanding new scorpio keluaran sekarang 😀
http://aldyazgn.wordpress.com/2012/03/07/wohh-gta-versi-tugu-tani-nih-bro/
By: aldyazgn on Maret 7, 2012
at 5:52 pm
Mantap suhu .. 😉
http://javabiker.wordpress.com/2012/03/07/operasi-kecil-si-chuby/
By: javabiker on Maret 7, 2012
at 11:11 pm
mbacanya sambil mikir emud emudan.. mantabs, keep exploring..
ditunggu artikel mbongkar mesin Testastretta 🙂
By: gogo on Maret 9, 2012
at 10:55 am
salam kenal juga mas , thanks mas udah berkunjung , cs 1 ne udah servis rutin , coba check karbu dan filter udara , jangan lupa busi nya kalau udah mau mati/ lama ga diganti nyebabin efek ga enak di geber di high rpm
By: warung DOHC on Maret 9, 2012
at 4:26 pm
la.cs1 ku rodo aneh iki.pas 5000-6000rpm koyo ketahan mlayune..pas wis 7000 lagi wussss…opo busine sekarat???
By: gaplek mania on Maret 9, 2012
at 10:33 pm
Aku cr bengkel khusus bt nalangin kalajengking di kota kudus gak ada mas. Jd servisnya ya di bengkel resmi yamaha, al hasil gk memuaskan. Suara tetep kasar, tarian gk bs enteng, lari 80 dah ngeden. Bengkelnya ini dmn mas almatnya.
By: Iwan on April 5, 2012
at 3:59 pm
sebelumnya perlu pwntamaan persepsi dulu mas bro, seberapa kasarnya? ada batasan2 normal kasarmya mesin scorpio karena memang basic emgine cross jadi clearence nya gede, namun jika kadar disertai gejala kerusakan ya memang perlu checking, aku belom buka bengkel mas, sementara ini ngerjain motor di rumah just hoby 🙂
By: azizyhoree on April 14, 2012
at 12:26 am
Kalau sudah ngeden begitu 3 hal yang harus dicek
1. pulsernya cek arusnya
2. CDI nya cek kalau arusnya listriknya ?? dia hidup tapi kalau dipake lari ngeden
3. businya tes diluar kalau apinya rada kemerahan biasanya ngeden juga, anda suka gonta ganti merek oli, ganti businya.
By: Firman on Mei 2, 2012
at 2:24 pm
neh sama dengan masalah pio ku, tapi awalnya aku nyetel klep mas, busi juga da di ganti, tapi masih aj ngeden, apa solusi nya & apa yang buat CDI m Pulser lemah…?
By: zian on Desember 5, 2012
at 11:00 pm
horas.. n salam kenal lae azis! mw nanya ni, dr ulasan d atas ” jangan cuci busa filter model seperti ini dengan bensin .. bisa hancur” sebaikna pake apa utk membersihkn busa? n brp KM kah pmakaian normal oil filter pio? & bisakh di bilas pake bensin oil filterna utk membersihkn jika dlm batas normal? mauliate(thanks) utk infona.
By: erick on April 13, 2012
at 7:31 pm
salam kenal juga buat bro erick di tanah batak, :D. itu air filter model busa cukup di semprot dengan kompressor, kalau sudah rusak mending di ganti, untuk filter oli pio pemakaiannya bisa lama mas bro & asal jaring kawat belum rusak bisa di cuci dengan bensin 🙂
By: azizyhoree on April 14, 2012
at 12:21 am
mw nanya mass,,klo pio per koplingnya untuk harian tp ttep isa ngebut dikasih punya’e ap y??
suwun,,
By: topixx on April 26, 2012
at 11:19 pm
salam kenal bang
saya mau tanya
saya habis bongkar silinder head,niatnya cuma bersihin kerak di piston
karna rantai kamprat jatuh,akhirnya saya putar2 crank shaftnya(poros engkolnya)
lah,masalahnya saya lupa pas muter2 crank shaft brp putaran,,jadinya saya pasang aja dan ngepasin posisi top gear noken as
yang saya mau tanya gmn liat posisi top crank shaft dan top gear noken pas(sesuai standartnya)
soalnya saya kwatir kalau top g sesuai standart bikin rusak
mohon di bantu
trims
By: uzy on Mei 24, 2012
at 11:51 pm
mantap mas broo..ok siap u ntuk dicoba
By: eden on Juni 5, 2012
at 7:54 pm
Salam kenal Mas Bro.. Ane punya tungangan Pio dah 2 th, sering bolak balik jogja semarang 1 mggu 1x.. kemarin ada keluhan suara ncit2 di belakang, tak bawa ke Bengkel resmi, setelah di kasi paslin semua di bagian shock .. e.. masih bunyi juga.. ditelusuri terus.. katanya yg bikin bunyi bagian as arm ma Leces Bearing rusak.. kok bisa gitu gmn mas bro? dan biar gak begitu lagi ap yg harus dilakukan?
Trus bisa gak mengurangi getaran pd Pio?
By: Imam_Nyoi on Juli 11, 2012
at 6:30 pm
slam kenal bro..
ane mau tnyai nih bro, di mesin scorpio ane kok kyak ada Suara gesekan di dalam mesin (seperti gesekan antar logam) terdengar lebih keras dan cempreng, apalagi jika dibawa dalam rpm tinggi) bisa minta solusinya gk bro? scorpio ane thun 2011.. trima kasih..
By: ri93 on Juli 31, 2012
at 2:37 pm
mas pio gue orang bru ne..
asik baca artikel mas..gue pnya scorpio tahun 2010 akhir..mw tanya scorpio tuh suara klep ataw temeng ya yang berisik x..???
By: coco prayogi on Agustus 7, 2012
at 10:51 am
typikalnya pio emang kayak gitu mas bro, jangan khawatir …. kecuali suara kasar dibarengi penurunan performa, ya perlu di check
By: warung DOHC on Agustus 7, 2012
at 1:25 pm
mas mw tanya harga spedometer scorpio asli kena brapa ya…
thanks
By: coco prayogi on Agustus 7, 2012
at 12:27 pm
mas oli yang bagus buat pio apaan ya..???mohon infonya
By: coco prayogi on Agustus 10, 2012
at 2:05 pm
scorpio ku klep’y bunyi ngicik keras banget..! Gmana solusinya..?
By: jack on Agustus 11, 2012
at 9:28 pm
knp y si pio ne mesin nya cpat panas tolong di bantu y warung DOHC
By: kalapa999xxx on Agustus 16, 2012
at 1:27 pm
Makasih suhu tutorialnya membantu sekali 😀
By: thepioz on Agustus 31, 2012
at 3:00 pm
parah tuh olinya…
ane jg pnya scorpio tahun 2007 br sekali stel klep, mesin ok aja malah skrang makin enak.. oli mesin sangat jernih…bs diliat tuh lewat sight glass, sebulan sekali ganti oli (per hari rata2 jarak tempuh20-30 km)… blm pernah rewel…
yg rusak baru gear spedometer yg diroda terbuat dr plastik sama kabel tachometer putus tp sgera diganti semua krn murah harganya.
saringan oli diganti 6 bulan sekali, kampas rem dpan belakang udah 3 kali ganti.
kelistrikan ok, blm ada satupun lampu yg putus. busi baru ganti 2 kali meski blm koit bener.
intinya puas banget punya scorpio, biaya perawatannya sangat murah utk ukuran motor batangan. (asal dirawat tepat waktu sesuai schedule perawatan di manual booknya dan ditangani sama bengkel resmi yamaha bukan bengkel umum kacang gorengpinggir jalan)
padahal ane pake kbnyakan di medan offroad, bebatuan, lumpur, krikil pasir dan jarang di aspal tp tidak kalah sama motor trail macam kawasaki klx series atau suzuki ts.
By: mantan jambret on September 3, 2012
at 10:47 am
numpang share masbro, kalo bisa kalo mau pake carb cleaner karet vakumnya dibuka dulu, sekedar saran aja…
soalnya gue pernah punya pengalaman ga enak di thunder 125, pernah mogok di jalan dan nyari bengkel terdekat aja yg penting motornya bisa hidup lagi, di bengkel tsb karbu dibersihin tapi vakumnya ga dicopot, semprot2 pake carb cleaner, motor hidup lagi sih tapi setelah dibawa jalan kerasa kurang enak, karena masih penasaran akhirnya besoknya dibawa ke beres, setelah dibongkar ternyata karet vakumnya MELAR !!! ngobrol sama mekanik ternyata emang karet vakum ga boleh kena semprot carb cleaner katanya…
entah karena bahan karetnya suzuki yg beda atau emang kenyataannya karet vakum emang ga boleh kena carb cleaner, yg pasti mending dibuka dulu aja deh bro karet vakumnya daripada kenapa2, mencegah lebih baik daripada mengobati hehehe kalo thunder sih murah cuma 40ribuan kalo scorpio bisa merintih tuh isi dompet hihihii
By: mochyuga on September 8, 2012
at 12:23 am
siph share nya mas , memang karet sensitif terhadap cairan2 tertentu mas, bahkan kena bensin pun si membran bisa melar , sebenernya kalau posisi membran terpasang pada posisinya tepat , dia terjaga dari kemungkinan melar karena ukuran & posisinya terhimpit mangkuk , yang lebih bahaya adalah ketika membran sudah dicopot , trus dicuci pakai bensin / carb cleaner dalam kondisi diluar mangkuk, jelas lebih beresiko melar & susah dipasang lagi pada posisi nya 🙂
By: warung DOHC on September 8, 2012
at 2:08 am
ooo ya jelas kalo gitu mah bro hahaha
emang musti ada telaten kalo ngoprek2 karbu vakum hehe
By: mochyuga on September 9, 2012
at 12:12 am
bengkelmu ngendi mas?tak parani sesok,,,,pioku koyo mesin jahit
By: budi on September 24, 2012
at 3:35 am
mas bro ada yg tau ngak masalah motor saya scorpio z 2008 pas jalan nggak jauh dari tempat pas digas suara knalpotnya seperti meledak2 terus mati sendiri. pas di nyalain di gas setengah ngak keluar suaranya , malah mati lagi dan lagi tolong solusinya
By: yogi on Oktober 7, 2012
at 1:20 pm
Numpang konsul mas bro
sya punya pio tahun 2006 pada saat bulan ramadhan kemarin (juli 2012) motor sya pada saat digas posisi motor diam ada suara cempreng didekt knalpot, trus ga lama kemudian sya bwa kebengkel di cekdan katanya noken as sma pelatuknya kena lalu diganti, dan selang sebulan kemudian suara mesin jadi kasar dan cempreng lagi sya bwa lagi ke bengkel ternyata noken as sama pelatuknya kena lagi, padahal pada wakktu penggantian noken as dan pelatuk itu menggunakan suku cadang asli yamaha, yang ingin sya konsultasikan kenapa hal itu bisa terjadi ya apakah ada kerusakan lain yang berakibat noken as dan pelatuk rusak kembali, mohon tanggapannya mas bro….uro yg 20w-50w, mohon komntarnya ya mas bro…. saya menggunakan oli mesin jenis enduro yang 20-50w…
By: ari on Oktober 15, 2012
at 1:37 pm
sama nih pak masalahnya sama saya sekarang, apa bapak sudah dapat solusinya?
By: danny on Juni 13, 2015
at 11:33 am
numpang konsul mas bro,ane punya scorpio taon 2010 tapi kl jalan di mesin tuh seperti ada suara tangisan,trus kl di kopling suaranya hilang tapi pas lepas kopling saat jalan suaranya muncul lagi seperti suara tangisan gitu,trus mesin kasar banget kl mesin udah panas……..gimana tuh mas bro,share infonya dong
By: arif wangsa on Oktober 22, 2012
at 1:33 pm
Mas bro alamatnya dimana
Bisa mnta tolong service juga
😀
By: iqbal on Oktober 30, 2012
at 3:24 am
mtor pio aq klu dipansin pgi2 enak dpkai tpi klu lngsung dpkai ksar n lmban trikannya.kdang enak tpi kdang jg tdk enak trikannya,gmana itu mas.mhon bntuanya.trim’s.
By: awhy on November 4, 2012
at 7:32 pm
mas kok star kik elektrik ora eso nyala yo , nek di pencet tok tok tok suarane iki pie yo mas , opo batu arang e , opo njalok ganti dinamo ne , tolong info ne mas penting , ???
By: Pras Setya on November 6, 2012
at 11:22 pm
itu bisa bandit stater/otomatisnya, bisa juga aki mu tekor………
By: zian on Desember 5, 2012
at 11:03 pm
motor scorpio mas
By: Pras Setya on November 6, 2012
at 11:23 pm
mz brow pio ku bunyi tik tik tik keras banget. .dah tak bwa bengkel stel kelep. . .sembuh. .dipakai baru 1 minggu bunyi lagi.
By: jack on November 13, 2012
at 9:18 am
masbrow,, mau nanya nih pio ane getarannya kenceng banget euy,, itu knapa ya,, padahal ganti oli rutin 1bln sekali ane pake oli shell ax7.
sblumnya ane pernah tanya kebengkel, katanya sih klaher as kruknya udah kena and suruh dganti,,, tapi ane msh m cari solusi lain kali z da saran n tips dari masbrow aziz,,,hehehe…
mohon pencerahannya masbrow,,, sblm nya matur nuhun njehhh,,,, 🙂
By: Donny Orbit Sibolang on November 30, 2012
at 8:00 pm
mass,,kerenn abis tutornya
.mau tnya2 nih,klo scorpio pas putaran atas kok bunyi kriiikkkk gtu knp ya???klo putaran bawah ngga bunyi..
.klep udah di setel kenceng,kamprat juga masih bagus..thx
By: Muhamad Ndaru on Desember 28, 2012
at 11:33 am
mas bro,, pio ku mbledos-mbledus tp jarang2,,kalo lg kambuh di gas lgsung matek.. mohon petunjuk mas..
By: andrie on Januari 22, 2013
at 11:52 pm
Boleh pake oli filter mx yg kertas. Tapi 2 kali ganti oli. Masa pakaenya atau sekali. Harga 20 ribu rup. Ganti oli max setiap 2000 km/ 2 bln. Tune upp 3000 km. Bensin pertamax. Mesin bersih. Tarikan kuat . Carbu pe 28 asli Thailand KW 1. 700 ribu rup. BBm jimson 2A4E6262. Tx.
By: jimson on Januari 26, 2013
at 8:21 am
min . .ane bingung ne.tlongin αղ乇.scozie ane . suka nembak.apanya ya ?thanks
By: reyfan on Februari 16, 2013
at 11:36 pm
Gampang..
Mungkin sampeyan polisi/tentara/jomblo, jadi suka nembak… atau kalo enggak ya stelan udara di karburator enggak pas..
By: S.K.P on April 3, 2013
at 9:56 am
mas gimana cara.nyari top pada noken as scorpio
By: susanto on Agustus 27, 2013
at 7:31 pm
Mas knp blok kopling skorpio saya selalu rembes oli nya pdhal paking nya udh dobel
By: Yoga on September 9, 2013
at 4:42 am
den raden ni pio saya pagi2 saya hidupin kok ngebul y?
Menurut anda ada apa?
By: octo punya pio on Oktober 31, 2013
at 12:33 am
bengkel ny dmn om jd pngen nyervis nvl biar suara nya halus
By: guna on Desember 22, 2013
at 12:58 pm
Salam kenal mas brow,sekalian nany si pio aku kok suara msnne kadang alus kadang kasar apane yaaah….
By: Bunjang on Mei 11, 2014
at 8:41 pm
wahhh pas mesin panas apa dingin mas? * tapi memang pembawaan scorpio ga bisa halus halus banget dari sononya mas 😀
By: azizyhoree on Mei 24, 2014
at 1:57 am
alamatnya dimna mas, ada masalah sma motor scorpionya saya,
By: SenggolbaCok Farhan on September 17, 2014
at 7:58 pm
info nya mantap mas…
cuman punya saya vakum karbu nya sudah bocor halus.
itu pengaruh ke boros minyak gak mas
By: Bayu PraNatha on Oktober 7, 2014
at 5:48 pm
Mas mau tanya, kenapa ya pio ku tiba mbrebet2 saat digas atas khususnya padahal karbu udah dibersihin busi sudah diganti baru tapi masi tetep mbrebet-mbrebet… 😦
By: Amrul Khakim on Oktober 15, 2014
at 3:07 pm
Oli filter pio sama kok sama jupiter MX, dan harga lebih murah. . .
By: hadi on Oktober 26, 2014
at 11:47 pm
Bos pio ane karbu y ngadat pdahal dh ane ganti pakum y pake yg ori,klw d panasin sm d bw jln sprti keabisan napas,mohon solusi y trimksh,….
By: rhido ilahi on Februari 23, 2015
at 5:33 pm
kalo suara mesin seperti kering kaya engga ada olinya itu gimana gan,trus dibagian gir depan kaya ada bunyi berdecit setelah motor dibawa kecepatan 60km ditambah agak ngeden kalo ditarik dibagian atasnya,padahal nariknya udah ngurut gas tapi tetep aja gitu masih nahan diatasnya
By: mochammad taufiq on Juli 10, 2015
at 10:30 am
Gan ane punya scorpio z 2008 Knpa ya tiap pagi pertama x di hidupkan suara mesin kasar banget? Tlong jawab ya gan!
By: Adi on Oktober 14, 2015
at 4:32 pm
hy.. mau nany ne. pio aq klo d bawa jln 500 meter ato 1 km. mau mati sndiri. kira” apa pnyakit nya ya?
By: mart on November 10, 2015
at 9:35 pm
Cobak cek kabel kelistrikanny. Saya jg perna nglami
By: doel on Maret 3, 2016
at 9:55 pm
Kang pio ku kalo d kopling gak ngoblak2 suara mesinx.
Tpi pas d lepas koplingx lngsung bunyi ngoblak2.
Kasar.
Tlong d bantu
By: arianto on November 21, 2015
at 12:10 pm
Pak. Kalau mau buka dinamo starter apa saja yg harus di lepas? Apakah hrs kluar kan oli dan bensin dahulu? Karena dinamo starter tidak mw muter, mau periksa cool nya.
By: ykhandler on Januari 17, 2016
at 11:16 am
. Om mau tanya. Klo noken as asli yamaha & templar biasa(imitasi) itu masalah gk om. Soalnya baru di ganti kok masih bunyi tek tek tek tek kyk celah klep itu terlalu longgar,padahal udah di stel sesuai standarnya.
Mohon pencerahanya om.??
By: Andhika daniel on Januari 24, 2016
at 9:04 pm
Om pio saya suara mesinnya kasar baget
Itu kenapa yah
By: daniel synester on Maret 8, 2016
at 11:29 am
Om mau nanya nih scorpio saya kasar bunyi kalo digeber ter” kalo rpm tinggi
By: chutil on April 3, 2016
at 7:57 pm
Om iki scorpio ne aku kasar banget angger digeber bunyi ter” pada bagian head ..
By: chutil on April 3, 2016
at 8:06 pm
kalo new scorpio filternya pake saringan dari benang plastik. jadi awet., bukan dari kertas.
By: joe on Mei 28, 2016
at 10:31 am
Bos .mau nanya pio saya lau kopling di tarik suara mesin halus tp lau di lepas suara kasar gmana bos solusinya…trimksh
By: nanox on September 10, 2016
at 10:51 am
Om saya mau tanya tentang masalah yamaha scorpio z 2005 saya yang hilang tenaga. Saya sudah coba cari solusi di google dan semuanya merekomendasi untuk ganti karbu. Saya sudah ganti pake karbu PWL 28 KAWASAKI Orijinal akan tetapi tenaganya tetap tidak ada. Untuk kelistrikan, bunyi mesin serta langsam normal semuanya. Maaf om kalau boleh minta solusinya buat masalah yamaha scorpio z 2005 saya ini. Terimakasih sebelumnya dari RestInHell Nusa Tenggara Timur.
By: restinhell82 on September 18, 2016
at 7:43 am
Bang.. gmna nih masalah pio gw.
Klo mesinnya di mati’in ada bunyi ( tak )
Mohon pencerahanya bang..?
By: andi on September 29, 2016
at 7:29 am