Yups banyak biker yang tak puas dengan ukuran ban standart pabrikan motor , sehingga mengganti nya dengan ban yang berukuran lebih besar (misalnya ukuran lebih dari 140/70 – 150/70 ) , atau tuntutan modifikator & builder yang mengaplikasikan ban gambot untuk menyesuaikan dengan tema modifikasi , namun sebenarnya ada batasan untuk memperlebar ban yang lebih besar dari standartnya , jika velg sudah disesuaikan dengan ukuran ban tetap ada hal yang perlu diperhatikan :
faktor yang perlu di perhatikan yakni :
1, adalah lebar swing arm , yaps untuk urusan ini ada modifikator yang melakukan coak terhadap arm standart , namun tetap kurang recomended mengingat merubah structur & kekuatan , opsi yang ke 2 adalah mengganti dengan arm yang lebih lebar , baik hand made, variasi atau limbah moge ….
2. jarak bibir terluar ban , dengan kesejajaran rantai , yups percuma sudah pasang ban yang lebar ke velg , namun ternyata setelah di masukkan ke arm , bibir ban menyentuh rantai , bakal runyam tuh bibir ban & rantai yang bersinggungan 😈 , sebaiknya di ukur dahulu sebelum menentukan ukuran ban yang akan di pasang ..
3. gear / sprocket belakang yang di perbesar agar transmisi daya ke roda yang membengkak lebih ringan , untuk mengimbangi performa
nah akal modifikator memang tiada habisnya , ban yang over” melebihi kapasitas design motor pun tetap bisa masuk , lihat gambar berikut:
untuk mengakali permasalahan no 2 ( yaitu jarak bibir ban terhadap aligment rantai) maka gear sprocket dari counter shaft di mesin harus di geser , agar ban tetap muat tak bersinggungan dengan rantai .. , caranya adalah membuat couple shaft dari besi di bubut yang bisa dipasang ke counter shaft , kemudian hasil bubutan tersebut bisa di Las dengan gear atau diikat dengan baut ke gear , kemudian sisi dalam gear di bubut lagi dan di beri bearing agar bisa di masuki shaft penyangga yang di ikat ke shaft bushing swing arm ( penambahan plat penyangga ini untuk memperkuat gear dari beban lentingan karena telah di geser posisinya & mengimbangi gear belakan yang telah di perbesar )
* tentu saja tips modifikasi diatas harus dikerjakan dengan penuh perhitungan & pengerjaan yang presisi , mengingat modifikasi shaft gear seperti ini rawan oleng / berputar tidak sempurna …
monggo ditambahi jika ada builder yang lebih expert 😀
salam from warung DOHC
Wassalamu’ Alaykum 😉
Nais inpoh kang!
Kalo pake ban kurus ada ritual khusus ga mas? 🙂
By: sinbe on April 23, 2012
at 4:09 am
ada mas bro!
#bakar SIM! 😈
ekwkwkw
By: azizyhoree on April 23, 2012
at 5:08 am
like this sangat
By: violentpornography on Mei 2, 2012
at 12:10 am
Haha bener tuh om..
Satu lg om, jarak teluar bibir arm sama undertail pengalaman pertama ane pasang ban gambot, eh malah gasruk ke undertail/spatbor kolong gara2 ga ninggiin shock belakang
By: botak on April 23, 2012
at 5:08 am
yups, sip tambahannya mas bro 🙂
yg geser gear ini vuma kalo bannya ekstreem
By: azizyhoree on April 23, 2012
at 5:17 am
dulu waktu punya tiger cukup puyeng sama soal oversize ban ini terutama soal ban yang gasrot rantai he he he, better use standar pabrikan, atau naik 1 angka diatas saja
By: Taufik on April 23, 2012
at 6:41 am
yups kalau main aman ya cukup segitu om taufik 😀 tiger main di angka 130/70 masih aman kayaknya 🙂
By: azizyhoree on April 23, 2012
at 7:09 am
Saya 120/80 saja pake velg 3,5
By: Salim on April 24, 2012
at 8:05 am
motor e bro abdie sby iki ya
By: Jerry on April 23, 2012
at 6:42 am
yaps mbuhh kalee mas, aku ketemu di bromo, mau ngobrol kenalan tapi doi lagi makan & aku keburu cabut
next artikel penampakan modif lebih komplit 🙂
By: azizyhoree on April 23, 2012
at 7:11 am
sip
By: mas wahyu on April 23, 2012
at 7:57 am
ongkreee
By: azizyhoree on April 23, 2012
at 8:11 am
ngeri hehehehe
temen kantor ada yang pakai KLX dengan modifikasi ekstrim ban gambot dan swing arm eks moge, mungkin karena beratnya tarikan membuat mesin ga tahan, beberapa bulan harus turun mesin.
By: Tyok on April 23, 2012
at 8:06 am
walahhh kalau kegedean beban doang mestinya ga nyebabin kronis sampe turun mesin mas bro 🙄 barang kali ada sebab lain
By: azizyhoree on April 23, 2012
at 8:12 am
kurang tahu juga, tapi menurut pengakuan ybs karena keberatan beban, kalau faktor lain saya kurang tau
By: Tyok on April 23, 2012
at 10:46 am
nah kebetulan mas aziz bahas penggantian ban gambot, kebetulan saya juga ada rencana ganti ban ukuran 110/70-17 (depan) & 130/70-17 (blkg) kira kira kalo ban depan ukuran segitu mentok spakbor bawaan tiger old & shockbreaker gak ya? trus yg ban blkg apa masih muat ditampung arm standar tiger? denger denger mepet rantai? bener gak? maap banyak nanya, blm pernah pake ban gambot soalnya 😀
makasih sblmnya
By: donny ahmad on April 23, 2012
at 8:28 am
kalau ban depan mending ganti spetbor variasi mas pake model ninja250 misalnya
arm belakang tiger pernah liat bisa emang mepet sich #cover rantai mesti di potong/coak 🙂
By: azizyhoree on April 23, 2012
at 9:42 am
wah, cocok deh kalo gitu, sesuai keinginan memang ganti spakbor model ninja250
waduh, kalo gitu cover rantai mending dicopot aja kali yah, eman eman kalo di potong/coak, masih ori soalnya, hehehe
btw, thank’s infonya mas, berguna sekali 😀
By: donny ahmad on April 23, 2012
at 10:08 am
y mas bisa dulu tiger saya,saya aplikasikan dpn 110/70 blkng 130 spatbor dpn ninja trus cover rante dilepas
By: nugroho on April 23, 2012
at 6:25 pm
sebaiknhya tutup rante tetep dipasang mas.pernah kejadian pada tigerku yg pake ban belakang 120/80/18 pas hujan tuh rante penuh lumpeur campur pasir.gemeratak bunyinya,
By: gaplek mania on April 25, 2012
at 11:45 pm
mas azis, tu rangkanya di ganti apa ya kok mirip2 konstruksi rangka yg pake swingarm model A ,
By: e63 on April 23, 2012
at 9:18 am
nah siph jeli juga ngamatin aku kuga masih bingung rangka apa mas, tapi kayaknya limbah dual purpose bike #nrxt artikel dech tak tulis penampakan modif nya 🙂
By: azizyhoree on April 23, 2012
at 9:46 am
nanya kang!?
ban ku pake ukuran 120/80 aslinya ukuran 300. Nah semenjak ganti ban ke 120/80 bearing sering oblak, kemudian karet tromol juga sering oblak, kenapa ya??? apa yang harus saya lakukan???
o iya, apakah jika memperbesar ban, as roda juga perlu diganti dengan yang lebih besar (as xcd = as supra). trims
By: kang_ulid on April 23, 2012
at 9:48 am
Masih setia standar
By: Maskur on April 23, 2012
at 11:31 am
jeli yg penting bukan ager2 ane mas, tu kan gambar mesin gl200 aka tiger cmiww…., yg paling bikin bingung tu rumah as yg lama dah alih fungsi, nah… Yg rumah as poros arm depan yg baru kok g keliatan batang as depannya. Tu gimana nyantolnya…… Bener2 g bs memahami tu gambar ane gan. Padahal dah ada rangka luar nya di poros arm depan mirip satria fu
By: e63 on April 23, 2012
at 1:01 pm
jadi ganti rantai broo http://komunitashondamegaprokebumen.wordpress.com/2012/04/23/nyontek-hal-biasa-soal-harga-jadi-luar-biasa/
By: komunitashondamegaprokebumen on April 23, 2012
at 1:36 pm
saya yakin itu bukan tiger, tapi megapro, dari rangka tengah aja ketauan itu punya megapro, dan swing arm kayanya maasih ngikut rangka asli dengan arm bermodel H bukan A (cmiiw)
sedangkan rangka luar hanya sekedar kamuflase modifikasi aja. liat aja swing arm gak dibaut ke rangka luar
By: budi on April 23, 2012
at 1:38 pm
nah.. Sepertinya anda bener sekali, konstruksi swingarm emang masih pake model H , diliat2 lg di gambar pertama emang rangka tengah pas rumah as depan g dirusak, dan rangka luar g ada keliatan as ny.
By: e63 on April 23, 2012
at 8:50 pm
mau keren malah ribet 😈
pake ini aja mas,ban gambot dari pabrik
http://nanared.wordpress.com/2012/04/23/hot-pict-viar-jualan-moge-untuk-pasar-indonesia/
By: nanared on April 23, 2012
at 2:43 pm
Yg penting ban jgn malah diminimalisir,,,, xixixi
By: ax125 on April 23, 2012
at 2:55 pm
Nice Info gan..
By: monde on April 23, 2012
at 2:59 pm
sip.. klo bisa memang msh anjuran standart.. ribet klo gini..
By: Gogo on April 23, 2012
at 3:11 pm
pengen si jadi gedhe…. tapi gak segedhe itu buta vixi hehehe
proporsonal aja dah….
salam kenal om…..
http://ajrix.wordpress.com/2012/04/23/ganti-sendiri-oli-new-honda-blade-sendiri/
By: ajrix on April 23, 2012
at 4:02 pm
ring 18 denger-denger susah cari ban lebar..kalo pake ban standar rada kurang sreg..yah walau bukan motorku..
http://kankkunk.wordpress.com/2012/04/23/enduro-20w-50-memang-enak-buat-tanjakan/
By: kankkunk on April 23, 2012
at 4:55 pm
naik 1 angka….
By: dmssedayu on April 23, 2012
at 5:42 pm
jujur aq koq gak mudeng ning nomer 4 ya,,,
hhihihi
By: at0zz on April 23, 2012
at 6:29 pm
Salam Biker’s Bro untuk menjalin silaturahmi antar sesama, salam kenal dari Gombong Motor Community (GMC). untuk lebih lengkapnya kunjungi web kami di http://www.gombongmotorcommunity.com
kalau boleh kita tukaran link
Trim’s
By: Gmc Paradise on April 23, 2012
at 6:56 pm
make ban ya jangan berlebihan juga gedenya kali,,, 😀 suka yg sesuai rekomendasi pabrikan 😀
By: Boy on April 23, 2012
at 8:04 pm
jngan mpe terlalu over berarti mangkanya si vixion dikasih 130/70 heheh
By: kharis27 on April 23, 2012
at 10:58 pm
MAknyos mas 😀 kemarin ga hadir kesini yah?
http://javabiker.wordpress.com/2012/04/24/cbr-club-indonesia-rave-party/
By: javabiker on April 24, 2012
at 12:33 am
Swing arm svx aprilia yak itu?
By: vixionr15 (ˆ⌣ˆ)┌П┐, on April 24, 2012
at 8:14 am
All mas bro maaf belom update Dan balas pertanyaan n kondisi fakir bandwith. #lagi liburan ke pulau seribu
By: warung dohc on April 24, 2012
at 9:28 am
nice tips juragan…
nitip
http://boerhunt.wordpress.com/2012/04/23/selamat-jalan-prof-widjajono-pemikiran-bapak-membuka-mata-kami/
By: boerhunt on April 24, 2012
at 9:54 am
nitip artikel mas
http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/04/24/menyesal-selalu-kemudian/
semoga bermanfaat
By: temonsoejadi on April 24, 2012
at 2:10 pm
Besarin gir belakang, peringan tarikan, top speed pun terkorbankan 🙂
http://dizmaz.wordpress.com/2012/04/24/honda-suprax-125-ganti-striping-eits-nggak-cuma-stripingnya-lho/
By: Dismas on April 24, 2012
at 4:40 pm
wah artikel from master bingkil nih 😀
By: bimo96 on April 24, 2012
at 5:19 pm
???
By: andikeratonbanjar on April 24, 2012
at 7:22 pm
Kalau pengendara sepedamotor sejati pasti lebih pilih meringankan ”unsprung weight”
salam,
bengkelsepedamotor
By: bengkelsepedamotor on April 26, 2012
at 10:28 am
namanya juga modif om , #merubah rancang bangun dari pemikiran engineer pasti penuh resiko 🙂
#thanks om imam dah mampir
By: azizyhoree on April 26, 2012
at 10:40 am
jos tenan, paijo mau ikutan ra???po eru mengurangi PWR dari perut rider 😀
. RACUN
http://pertamax7.wordpress.com/2012/05/04/upgrade-akselerasi-honda-megapro-cuma-30-ribu-artikel-diy-pasang-sendiri-per-kopling-honda-tiger-ke-honda-megapro/
By: ipanase on Mei 4, 2012
at 12:10 am
Pencerdasan otomotif… Oya! Apa itu akan berdampak pada top speed ya? Kan gear gede bakal tidak setinggi top speed dengan gear kecil 😀
http://odipermana.wordpress.com/2012/05/03/bercermin-dari-peristiwa-1-mei-2012-bahwa-second-safety-pada-kendaraan-bus-sangat-penting/
By: DOPER on Mei 4, 2012
at 9:20 am
ngaruh banget mas reduksi akhir atau gera sprocket belakang semakin gede= mengejar torsi , apalaigi ini motor enduro / motard 🙂
By: azizyhoree on Mei 5, 2012
at 5:37 am
Betul2. Menyesuaikan kebutuhan 😀
By: DOPER on Mei 5, 2012
at 7:27 am
bang, saia make velg 350 dngan ban 130/70 (blkng). knp kok mash kena sama rantai y bng? trus dibikin posisi ban agak miring sama bengkel, n hasilny nga begitu kena sama rantainya alias mepet bnget. ada solusi nga bang? tanpa perlu bkin plat penyangga pada gear nya?
By: Teguh Aryanta Pt Gd on Mei 21, 2012
at 5:51 pm
M0tor ane tiger revo gan,tek kasih pelek depan 3″,belakang 4,5″
ban depan 100/60,belakang 140/60,aman sent0sa mas bro. .
Biar ban ga nyangkut kolong,shocknya setel paling kenceng,trus dibikinin bubutan lempengan besi buat ngganjel antara sproket belakang dengan trom0l peleknya,hasilnya jarak rante dngan bibir ban ada 5 mm
masange kudu senter sama slebor,kalo ga banya nyangkut shock,tu2p rante dilepas,sayang kalo dicoakin.
As rodanya Tambaih ring tebal 3-4 mm buat ngganjel sproket blakan biar pengaman rantenya ga nyangkut shock kiri
masangnya jangan asal d bengkel variasi. .cari bengkel yg bener2 bisa masang
sproket depan digeser kluar sdikit,cover sproketnya ganti punya tiger lawas yg masi pake alumunium,dbubut,dilas kasih laher/bearing buat ngganjel sproket dari luar
oia. .armku masi standard. .
Kalo mau cari peleknya yg ukuran 3-4,5″ ada d indom0tor
cari aja fbnya indomotor surabaya
By: gi4tdbg on Agustus 18, 2012
at 1:14 pm
Bro. Yg ukuran 100/60 merk apa? Cari di google gak ada. Msh ada barangnya?
By: takeshi on Juli 24, 2013
at 12:59 pm
[…] Arm & ubahan gear sprocket nya pernah juga saya muat menjadi artikel ( Tips batasan modif memperbesar ban ) , dan inilah wujud frame & body yang pada artikel tips memperbesar […]
By: Ketemu motor motor enduro keren , Trabas Malang « Azizyhoree's Blog on Juli 2, 2012
at 1:29 am
sy pny klx250, saya ingin mengganti ban yg agak besar lg biar tampah gagah krn bawaannya kecil. brp y ukurannya yg pas dan tdk ketinggian..
mksh
By: sulaeman on Desember 25, 2012
at 4:22 am
Mas mo nanya biar rantai gak cepat molor ?
Pinggir ban nggesek rantai. Motor Aq megapro pake swing arm moge. Gear asli bawaan. Rantai 128 mata 428h. Ban 130/70. Mohon pencerahannya. Thx.
By: dwi chris on Agustus 14, 2013
at 9:48 pm
Itu jg jdi permasalahan yg sama gan.. Bgusx ukuran banx yg d ganti atau shaftx yg di modif ??? Sya pernah modif gir dpn nya di bubut.. Trus malah terlepas sndri saat d jalan..
By: Ricky tama on November 24, 2014
at 5:40 pm
Ass mas broo… Motor ane gl pro neo tech, pngen modif streetfighter. Kendala nya di kaki2 belakang. Velg ane ukuran 4,5 inci, ban ny ukuran 190/55/17. Tlng solusi dan petunjuk dan gambar ny mas bro utuk geserin rantai ny biar g’ nyentuh dibibir ban. Trims wslm.. NB : “tolong segera direspon ke email giveup29.gu@gmail.com y mas bro”
By: riko on Desember 11, 2014
at 11:38 pm
Ass sama akang akang sekalian, ane punya scorpio 2009, nah ane mau ganti velg depan 300 dan velg belakang 350 ban nya menggunakan ukuran 400 wiro 212, itu kira kira untuk shock depan nya muat ga yaa ? Saya masih pake ori nya, dan arm belakang itu muat ga yaa ? Apakah kepentok sm rantai kah ? Mohon sarannya
By: hugo on Maret 15, 2015
at 11:56 am
Baru aja lihat tiger pakai ban 200/50 dengan arm standart yg di modif, velg pakai jari jari dengan tromol punya scorpio, ktanya yg punya sih aman2 aja karena velg ringan dan ban jga ringan, gir belakangnya naik 2 mata biar ga berat mungkin ya, dengan mngaplikasi tromol scorpio, hilanglah masalah gir geol geol..Itu kata si empunya…
By: Juannero on Juni 6, 2015
at 3:00 pm
Sip infonya Mas..
By: eka on Agustus 18, 2015
at 4:03 pm
Sama sama mas bro. 😀
By: azizyhoree on Agustus 18, 2015
at 7:29 pm
Itu pake swing arm apa gan yg di foto??
By: Aldo on Agustus 22, 2016
at 7:15 am
Tutup girnya bisa buat sendiri dari kaleng bekas tutup CPU yang berwarna hitam seperti di https://www.youtube.com/watch?v=5lvxoS_lNOo
By: Tri Mulat on Februari 3, 2017
at 2:53 pm
Video tutorialnya dong om
By: Erwan on Juni 9, 2017
at 10:56 pm
Apakah muat cbr 150k45 dengan velg standard dimasukin ban 150/70 bang? Jelek g ya kalo muat soalnya kan lbh tinggi thankyou
By: Warung sebelah on Desember 31, 2017
at 2:46 pm