Yaps kali ini cerita lagi tentang nyobain oli SPX 1 orange version yang baru kali ini WD masukkan ke bak oli si Paijo CBR pengujian feel nya rada sadis , sekalian track day ke sirkuit sentul bersama rekan2 penghoby track day D- event beberapa bulan yang lalu
sebelumnya oli full syntetic ber viscositas 10W-30 api service SJ Jaso MA ini memang di luncurkan AHM untuk mendampingi after sales CBR 150 maupun CBR 250 , launchingnya pun berbarengan dengan di luncurkannya CBR serries di indonesia * meski begitu oli ini boleh di pakai di varian lain yg spec nya sesuai , macam New Mega Pro CS1, Dll
dibilang oli encer? memang iya , ini full syntetic yg memang rata rata syntetic pasaran ada di di kisaran 10W-30 SPX1 orange benar adanya Diproduksi oleh Repsol company , bilamana disebut AHM oil itu karena didistribusikan oleh AHM (lihat saja labelnya) , berbeda dengan SPX1 white versi sebelumnya yang spec viscositas sama namun di produksi oleh Federal oil
ok , mulai review feel nya :
SPX1 ini saya masukkan ke crankcase si Paijo sehari sebelum saya berangkat ke sentul ,
ke esokan harinya start engine , mini touring karawang- sentul …. bruummm
*mesin halus ada feel bakal enak dipakai nya
*mulai jalan , shifting gear / ganti persneiling smooth bin empuk *yess, asooyy setelah berakselerasi nyoss banget ringan hingga red line
#saat di geber di sentul sedari pagi hingga sore entah lupa berapa putaran sentul besar saat latihan bebas + 8 lap saat simulai fun race entah berapa km saya geber terus terusan yg jelas saat session track day berakhir tangki Paijo yang sedari bekasi berisi full tank campuran pertamaxx – pertamaxx plus menunjukkan indicator empty
➡ hasilnya MEMUASKAN , berkali kali thortle gas di urut hingga memtok tiap kali keluar dari tikungan si engine tetap nyoss enak feel akselerasi & shifting gear nya (tentunya dalam batasan parameter engine sehat CBR * bukan berarti oli ini pendongkrak tenaga)
*suhu mesin gimana? yeahh rata2 & normal panasnya sesuai perlakuan
setelah saya geber di sentul seharian si paijo kembali melakukan perjalanan pulang menuju karawang & Oli masih saya pakai harian (rata2 jalan 20km / hari saat pulang pergi bekerja) hingga kurang lebih 2 minggu , kondisi settingan paijo tak ada perubahan sejak dari berangkat ke sentul , yahh kira2 kalau di total jarak tempuh / usage nya belum menyentuh angka 600km , performa masih wajar ,
NAMUN bin TAPI , shifting gear mulai keras , bletak *wahh pertanda mulai ga beres 😈
*yang agak menghkawatirkan saat main main di red line 12.000 Rpm si paijo teriak tapi laju nya loyo # Selip kopling mas bro 👿 , mengetahui hal tersebut ambil tindakan cepat , segera Tap si SPX1 dari engine Paijo , dari pada nanti kampas kopling yang jadi korban …
begitulah ceritanya , jika ada yang tanya kok useage lifetime nya singkat banget mas bro?? yaps perlu di garis bawahi pengujian feel benar2 saya siksa di sirkuit sentul seharian 😆
overall , lumayan lagh untuk sekelas oli standart pabrikan yg saya gunakan untuk tujuan semi-sembalap harga murah daripada oli racing!
#so mungkin hasil feel akan berbeda & tergantung motor yang anda gunakan 🙂
salam from warung DOHC , wassalamu’alaykum 😉
perbandingan sama yg putih?
#’lunyu’ sing endi?
By: mas wahyu on Mei 11, 2012
at 3:32 am
pengalaman yg putih -1000km wes ora penak blas
By: mas wahyu on Mei 11, 2012
at 3:33 am
sing putih rada awet buat harian! 🙂
By: azizyhoree on Mei 11, 2012
at 3:42 am
untuk akselerasi mantab yang orange , # besok dech nyoba lagi si orange buat harian 🙂
By: azizyhoree on Mei 11, 2012
at 3:44 am
sadiss..
total oil uda pernah di review mas?
By: raka on Mei 11, 2012
at 3:39 am
baru mau nyari mas bro , sementara beberapa merk oli sudah ngantri di garasi untuk di review 🙂
By: azizyhoree on Mei 11, 2012
at 3:43 am
waduh, kok ganti2 oli bertahap beda merk, apa gak ada efek sampingnya?
By: mechman212v on Mei 18, 2012
at 5:48 pm
waduh
keduluan mas azizy ngereview oli spx 1
#akibat sibuk di dunia nyata
By: Mr_Long'S on Mei 11, 2012
at 5:43 am
tulis lagi dengan taste masing2 koh , #sok sibuk ya? // sama ///////////
By: azizyhoree on Mei 11, 2012
at 7:23 am
Enak ki, 11-12 karo enduro racing.
By: karismanis on Mei 11, 2012
at 5:44 am
mayan , tapi ga wangi
By: azizyhoree on Mei 11, 2012
at 7:20 am
oli sintetik benèran kang? oli full sintetik kan gak ada yg murah..
ada harga ada rupa 🙂
By: zaqlutv on Mei 11, 2012
at 5:52 am
cuma lihat label om , ono rego ono rupo! prinsip konpensiona yang rada bisa dipertanggung jawabkan ke absahannya 😆
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 7:07 am
wassalamu ‘alaikum 😀
By: DOPER on Mei 11, 2012
at 6:22 am
wa ‘alaikum salam 😀
By: DOPER on Mei 11, 2012
at 6:23 am
wa’ alaykumussalam 🙂
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 6:45 am
Sama motul ester bagusan mana? Kan sama2 full sintetik.
By: gustinR on Mei 11, 2012
at 6:23 am
sesuai prinsip kang zaqlutv diatas harusnya ada harga ada rupa, motul mestinya lebih enak
baru mau nyoba ester mas nro 🙂
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 6:55 am
Me and this article, sitting in a tree, L–E-AR-N-I-N-G!
By: Deandre on Agustus 20, 2014
at 10:32 pm
Harga? Brp liter?
By: Nn on Mei 11, 2012
at 6:32 am
1liter 38-40 rb ahh rada lupa xixixi belinya udah agak lama mas 🙂
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 7:11 am
joss..pengen nyoba oli ini ke CS1 sodara..di jogja enak nggak ya nyarinya mas aziz?denger-denger nggak terlalu banyak yang ada oli ini.. 🙂
By: kankkunk on Mei 11, 2012
at 6:48 am
coba cari di astra jombor mas 🙂
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 7:02 am
di jogja banyak, hehehe, tapi 47 rebu
http://pertamax7.wordpress.com/2012/05/11/ubahan-new-v-ixion-di-sketsa-terlihat-terlalu-extreme-akankah-jadi-kenyataan-plus-kemana-si-tralis/
By: ipanase on Mei 11, 2012
at 7:19 am
aku lali pan regane
By: azizyhoree on Mei 11, 2012
at 7:21 am
harganya berapaan yah..
By: Gogo on Mei 11, 2012
at 7:33 am
aku lupa mas , belinya udah agak lama , stock simpanan …. pokoknya antara 40rb an 🙂
By: azizyhoree on Mei 11, 2012
at 7:59 am
kapan nyentul neh ki…
By: Triyanto Banyumasan on Mei 11, 2012
at 7:53 am
ketone mei ana jadwal kang 🙂 monitor bae group d- event
By: azizyhoree on Mei 11, 2012
at 7:56 am
dinone ra pas… Mei iki aku wes ngetem 2 hari minggu buat kepentingan pribadi je… xixixi dino biasa ae piye.. ndaktar dewek …
By: Triyanto Banyumasan on Mei 11, 2012
at 8:02 am
aku mei ya ana acara geden , kayane ra bisa kiye
By: azizyhoree on Mei 11, 2012
at 8:14 am
iya kang motor ane jg gitu sejak pakek oli ini shifting gear jd tamabah keras + bunyinya bletaknya tambah nyaring, padahal motor y jarang di pakai
By: Ghuno on Mei 11, 2012
at 8:06 am
nek yang tak rasain halus kok mas, gejala keras nya sesudah disiksa di sirkuit & dipakai selama 2 minggu
By: azizyhoree on Mei 11, 2012
at 8:13 am
Oo gt iya sih kang pas awal memang halus tp setelah 1 mingguan lebih jd tambah keras sebelumnya emang udh keras sih, hehe….
By: Ghuno on Mei 11, 2012
at 8:21 am
penyiksaan yang ajib nih.. 😀
By: Aa Ikhwan on Mei 11, 2012
at 8:40 am
ajib ajiv dach 🙂
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 2:26 pm
klo sama evalube 4t pro synthetic 10w-30 API SL JASO MA2 enak mana mzbro?
By: nak muda on Mei 11, 2012
at 8:43 am
belom nyoba in mas bro 🙂
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 2:28 pm
ane biasa pake oli ini sampe 4000km…xixixi
By: redbullrider on Mei 11, 2012
at 9:31 am
wouw tergolong berani mas bro 🙂
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 2:31 pm
wajar….sing nduwe sadizz…. 🙂
By: andhi_125 on Mei 11, 2012
at 10:26 am
mosssook sich mas?
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 2:32 pm
nitip tulisan mas
http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/05/11/kenapa-harus-takut-menikah/
suwun
By: temonsoejadi on Mei 11, 2012
at 10:51 am
monggo 🙂
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 2:41 pm
di jepara spx orange nggak ada, tanya ke ahass katany aitu yang lama, yang baru ya putih
By: enth on Mei 11, 2012
at 12:02 pm
mosoookk…??
By: tovavanjava on Mei 11, 2012
at 2:03 pm
wahhh analogi terwalik om #oon tuh
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 2:42 pm
aku udah pake buat Blade…lebih enak rasanya daripada oli sebelumnya…
By: aery on Mei 11, 2012
at 1:00 pm
berarti cocok mas 🙂
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 2:37 pm
kalo harian kira2 tahan sampe 1000an km gak mas bro
By: nanared on Mei 11, 2012
at 1:12 pm
besok saya cobain lagi buat harian om 🙂
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 2:40 pm
oli tap-tapan nya berkurang gak mas?
By: hi hi hi on Mei 11, 2012
at 1:30 pm
volume masih banyak mas hampir ga berkirang, cuma belim tau kalau dipakai sampai 2000km 🙂
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 2:47 pm
seminggu aja nih enaknya…. mendingan ax7 harga mirip2 lah….
By: terong amnesia on Mei 11, 2012
at 1:51 pm
kan, disiksa om
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 3:13 pm
kamsudku aku pernah pake enaknya cm seminggu doang… enakan ax7 bos… feeling sih.
By: terong amnesia on Mei 13, 2012
at 5:03 pm
kang..nak gonta-ganti merk oli ki..ngrusak mesin ra..?? 😛
By: tovavanjava on Mei 11, 2012
at 2:04 pm
tergantung perlakuan, dan prosesi pengurasan, satu lagi, jangan sampai kena oli palsu
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 3:16 pm
wangi kayak enduro 4t racing ora kang?
By: TDF on Mei 11, 2012
at 2:14 pm
ga ada pewangi, apek kayak oli biasa
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 3:18 pm
nek nggo tiger revo keno ga kang? pengen nyoba kie..
By: maskarim on Mei 11, 2012
at 2:28 pm
monggo saja coba, tapi kemungkinan noise engine agal brisik sedikit, secata enngine tiger recomend agak kental 🙂
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 3:20 pm
wow tukang siksa oli
By: bintangjati on Mei 11, 2012
at 3:26 pm
mending nyiksaa oli ae mas, daripada nyiksa dompet
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 6:34 pm
mending pake enduro racing,
dituang ke GL taun lawas, buat turing hampir 400km (PP x 2, kecepatan tinggi sering gas pol karna memang pas libur besar jalan lengang) enak enak aja tuh,, persneling keras cuma saat mendekati 2000km, jossss produk dalam negeri dari pada buang uang buat oli negara lain.
By: jojo on Mei 11, 2012
at 4:00 pm
enduro racing aku kuga udah pernah review mas, memang enak kalo nuoba2 spx buat nambah2 info 🙂
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 6:35 pm
Tetep ogah ah…mau coba motul 5100 dulu…
By: NewComer on Mei 11, 2012
at 5:41 pm
siphh ester memang oli nya engine high rpm 🙂
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 6:33 pm
mas aziz mo nanya nie….. Cbr nya sampean klu yg seumuran si paijo skrg di rentang brp yh…..? Klu ada rejeki lebihan rencana mo nyari fu deket2 ramadhan ntar…. Heheheee… Numpang nanya mas yah,,,…. Biar tau
By: e63 on Mei 11, 2012
at 5:51 pm
lohh yg di cari fu apa cbr mas? cbr angkatan paijo ada di range 18- 21 jt mas 🙂
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 6:32 pm
Sekitar dua puluhan ya mas(ok jg yah harganya), rencana awal sih mo nyari fu mas, yg sparepartnya gampang. Tp mikir2 juga sih ntar part2 nya byk yg mahal lg punya nya si paijo hehehee…. tp kendala ane dr dulu cm satu mas, cuma 160an tingginya. Makanya rada parno klu naik motor laki
By: e63 on Mei 11, 2012
at 6:58 pm
part paijo gampang kanibalnya mas bro, palagi entar ada si teralis #ehh
fyi ya paijo old meski boncengernya super nungging, kalo boncengin cewek 😆 , tapi seat height rider nyaq ga lebih tinggi dari vixion 🙂
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 7:34 pm
Ane baca artikel sampean tntang SPX1 white edition jd keratjunan n pindah dari oli sebelumnya yg diiklan bs bkin mtor menang balapan ma macan.
#emang ajib ne oli! Sayang nang banyumas anane sing putih thok. 😦
By: sinbe on Mei 11, 2012
at 7:09 pm
wagghhh kudu muter main dealer purwokerto mungkin madan ana mbok
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 7:31 pm
saya juga pake.., 🙂
pssstttt…, punya stock banyak ga…?
By: satria merah on Mei 11, 2012
at 7:15 pm
masih ada stock tuhhh dirumah 😆
By: warung DOHC on Mei 11, 2012
at 7:36 pm
oli yg cocok buat blade apa ya? di buku panduan 10-30w, waduh oli encer cepet panas 😦
By: bimo96 on Mei 11, 2012
at 8:02 pm
sip gan… Dah plong rasanya bs nanya2 sama masternya langsung.
By: e63 on Mei 11, 2012
at 8:34 pm
wah tinggal ditunggu yg pemakaian harian nih…
kira2 enak berapa km 😀
pengen nyoba juga buat revo absolute…
By: lukadiyo on Mei 11, 2012
at 9:02 pm
hihi punyaku 2rb KM masih enak dipake tuh SPX1 orange…xixixi motor ke pasar sih beda ma motor balap 😛
http://remcakram.wordpress.com/2012/05/11/review-helm-supermotodualsport-zeus-2100b/
By: jahe on Mei 12, 2012
at 7:12 am
ane barusan servis n ganti oli SPX1 orange, iseng2 lihat belakangnya ternyata yg memproduksi PT. Federal Karyatama.
berarti aslinya oli federal jg ya?
By: redbullrider on Mei 12, 2012
at 1:33 pm
sama ane juga tadi ke HEPS liat SPX orange tapi di label belakangnya ada logo Federal Oil bukan Repsol.. Jadi ga yakin deh mau nyoba, ga ada logo Repsol sih 😦
By: azu on Mei 12, 2012
at 3:28 pm
idem…
ane juga kemarin baru beli di ahass, spx oren, gak ada logo repsol, yg ada logo federal oil n di produksi ama federal oil. gak ada bau2 repsolnya……
By: ASANDYSAF on Juli 23, 2012
at 4:54 pm
^^ kayaknya federal karyatama tu sbagai pengemas aja lho secara kn federal uda lama jd mitra usaha AHM, sedangkan ramuannya dari repsol. CMIIW
By: sinbe on Mei 12, 2012
at 2:48 pm
shift gear bletak efeknya apa tuh mas? soalnya si pio saya kalau mesin panas suka begitu
By: Karis on Mei 12, 2012
at 2:59 pm
Oli yg joss gandos bwt athlete apaan ya masbro ???
#Serius ojo guyon !!
By: ax125 on Mei 12, 2012
at 8:57 pm
std KGO Kan = shell, coba jajal wae ax7 mas 🙂
By: azizyhoree on Mei 12, 2012
at 9:25 pm
Okehh masbro langsung saya coba,,, hehehe …..
Soale menurutku oli pabrikan kurang nampolll.
Thx masbro 🙂
By: ax125 on Mei 12, 2012
at 10:03 pm
Waaah mantep dah uji cobanya. Sayang di artikel ini tdk sekaligus komprasinya dg oli merk lain yg selevel.
By: denirosdiana on Mei 12, 2012
at 11:03 pm
sekedar sharing dah pake ini 6 bulan dipulsar 180ug3, logo belakang repsol harga cianjur 43ribu perliter,mantaf buat maen high, responsif banget shifting lebih ringan klo dah panas mantef puas walau ada tapinya,,,suara mesin ajib jd lebih berisik, tp anjuran pak ahmad bajaj depok mesin memang diakui jd responsif tp mempertaruhkan ketahanan part, menurutnya oli spek ini dibuat khusus mesin cbr br yg punya spek apa gitu nanti tanya lg doi malah saranin klo mau awet mesin pake shell aja tp yg ultra klo mo pake full syntetic hehe mahal ini mah jd sementara jdnya ya pake ini dulu responya dimesin mantaf nanti br keshell lg tp bukan ultra ax70aja,,,
By: dani on Mei 13, 2012
at 12:42 am
review oli fk massimo pro rs di paijo dong mas 😀
By: CoffeTime on Mei 13, 2012
at 6:13 am
tetep pakai yang white version aja ah 😀
By: Tyok on Mei 14, 2012
at 12:33 pm
Review oli REPSOL ELITE injection dong…! 😀
By: Nadzirin Boss Nada on Mei 23, 2012
at 3:22 pm
om cobain FK MASSIMO 10W-50 saya sedang pake itu sekarang tapi kan saya blom pernah gonta ganti oli gimana hasilanya setelqh direview yg telah menggunakan dan merasakn oli oli lain heheh
apakah FK bagus
thanksyou
By: ryan33 on Mei 24, 2012
at 9:42 am
Ada yang jual CBR murmer hehehe???
By: paijo on Juli 3, 2012
at 11:48 am
[…] review Spx 1 di my Paijo CBR, volume ahm oil SPX1 setelah menempuh 1675 km & long journey, Nyobain SPX1 oil orange,disiksa seharian di sentul performa jozz, tapi…… ? dan nbsusanto: impresi awal CS1 bersama SPX1 orange (Repsol), 500 km bersama oli SPX1 di cs1, yang […]
By: Oli AHM SPX1: Motornya Suzuki, boleh dong pake oli Honda « Sigit's Blog on September 19, 2012
at 9:53 am
Wah njajal bungkus orange wis 1000km luweh kok ra enak blas yo?karo Shell AX7 kok podo bae rasane…sing apik nggo kancane paijo ki sakjane oli opo to?????
By: maulana on September 26, 2012
at 7:36 am
klo buat tiger revo apa yg bagus mas?? krn aku sering ganti2 oli ni, blom nemu yg cocok
By: Sayf El-haq Arriva As-sunayniy on November 8, 2012
at 6:20 pm
[…] azyz pun dah ngetes nih oli REPSOL si sentul , performa nyuss tapi ada […]
By: OLI HONDA SPX-1 REPSOL orange, oli enak mantab harga hemat yang jadi incaran, namun belum semua AHASS sedia, honda oh honda « PERTAMAX GAN_tapi belinya cukup premium ^_^ on November 19, 2012
at 1:00 pm
[…] Postingan pertama azh nih, Tunggangan azh NJMX 2012 tidak ada perobahan kecuali pake koil kharisma :p. Sempet bingung mau berpaling hati dari oli lama (Motul 5100 Ester 10W-40) karena harganya semakin melangit (ditempat azh Rp. 115.000,-) browsing dan browsing mencari oli terbaik, sampailah di blognya om azizy. […]
By: AHM Oil SPX-1, Si Orange nan Bertenaga | Azharail Blog on April 13, 2013
at 11:51 am
Argh, ketularan om azizy pake oli ini… Performa ok banget, tapi kalo pake sendal kaki ku kayak direbus loh mas
By: azharrizteki on April 13, 2013
at 12:00 pm
kalo repsol tuh kualitasnya gimana masbro?
By: ikhlas nur asywari on Desember 28, 2013
at 7:34 am
sama bro.. ane pake harian jg enaknya cm nympe 750km an doang. Penguapan lebih sedikit dibanding mpx, cm shifting ud gk enak sama kopling jg mulai kurang responsif. Mtr ane mx spek 150cc open filter jg sih, makannya oli cpt ganti.
By: denz on Januari 30, 2014
at 1:22 pm
Kalo ane udeh kapok gan pake oil spx
Moto cb150r baru 3bln udeh ganti hoskopling.
Pengalaman ane selama pake oil spx
Kalo udeh panas mesin jadi lemot,perseneling suka nyangkut,getaranmesin kenceng ama bensin boros gan
Terus ane disaranin pake motul 5100
Wah bedanya jauh banget gan
Mesin jadi responsif, getaran berkurang tranmisi lembut bensin pun jadi irit…
Sesuai ama keinginan ane gan soalnya ane suka pake motor di rpm tinggi antara (9-12rb) rpn
By: hadi on April 4, 2014
at 1:08 am
Always a good job right here. Keep rolling on thhrguo.
By: Jermajesty on Agustus 9, 2014
at 8:25 am
gak dibedakan dengan MPX mas?
By: Selamet Hariadi on Januari 8, 2015
at 3:42 pm
Keren!
By: Selamet HARIADI Online Strategist on Januari 8, 2015
at 3:45 pm
saya pakai verza dan baru kali ini saya pakai si orange hhe. dulunya sering si putih. alhamdulilah masih enteng larinya. 😀
By: ahmadamriamiruddin01 on Agustus 18, 2015
at 10:26 pm
[…] Nyobain SPX1 oil orange,disiksa seharian di sentul performa jozz, tapi…… ? […]
By: Tidak benar oli ester itu tidak bagus dipakai harian | Mengupas soal motor on Agustus 22, 2016
at 3:54 pm