Oleh: azizyhoree | Mei 11, 2012

Nyobain SPX1 oil orange,disiksa seharian di sentul performa jozz, tapi…… ?


Yaps  kali ini  cerita lagi tentang nyobain  oli SPX 1 orange version  yang  baru  kali ini  WD  masukkan  ke  bak  oli  si  Paijo  CBR pengujian feel nya  rada sadis  , sekalian  track day ke sirkuit sentul bersama rekan2 penghoby track day  D- event beberapa bulan yang lalu 

sebelumnya oli full syntetic  ber viscositas 10W-30  api service SJ  Jaso MA  ini memang di luncurkan AHM  untuk mendampingi after sales CBR 150 maupun  CBR 250  ,  launchingnya  pun  berbarengan  dengan di luncurkannya  CBR serries  di  indonesia  * meski begitu oli ini  boleh  di pakai  di  varian  lain yg  spec nya sesuai  ,  macam  New Mega Pro  CS1, Dll

dibilang oli encer?  memang iya ,  ini full syntetic yg memang rata rata syntetic pasaran ada di di kisaran 10W-30  SPX1 orange benar adanya Diproduksi  oleh  Repsol company  , bilamana  disebut AHM oil  itu karena didistribusikan oleh AHM  (lihat saja  labelnya)  , berbeda dengan  SPX1 white versi sebelumnya yang  spec viscositas sama  namun  di produksi oleh  Federal oil

ok , mulai  review feel nya  :

SPX1 ini saya masukkan  ke  crankcase si Paijo sehari sebelum saya berangkat ke sentul ,  

ke esokan harinya  start engine , mini touring karawang- sentul  ….  bruummm

*mesin halus ada feel  bakal  enak dipakai nya 

*mulai  jalan , shifting gear  /  ganti  persneiling smooth  bin  empuk  *yess,  asooyy  setelah berakselerasi  nyoss  banget  ringan  hingga  red line

#saat  di  geber di sentul sedari  pagi  hingga  sore entah  lupa  berapa putaran sentul besar saat  latihan  bebas  +  8 lap  saat  simulai  fun race entah  berapa km saya  geber terus terusan yg jelas saat session track day berakhir  tangki Paijo yang sedari bekasi berisi  full tank campuran pertamaxx – pertamaxx plus menunjukkan indicator  empty :mrgreen:

➡  hasilnya  MEMUASKAN ,  berkali kali  thortle gas  di  urut hingga  memtok tiap kali keluar  dari  tikungan  :mrgreen:   si  engine  tetap nyoss enak feel  akselerasi & shifting gear nya (tentunya dalam batasan parameter engine  sehat CBR * bukan berarti  oli ini pendongkrak tenaga)

*suhu mesin  gimana?   yeahh  rata2  &  normal  panasnya sesuai perlakuan

 setelah saya geber di sentul seharian  si paijo kembali melakukan perjalanan pulang menuju karawang &  Oli masih saya pakai harian (rata2 jalan 20km / hari saat pulang pergi bekerja) hingga kurang lebih 2 minggu , kondisi settingan paijo tak ada perubahan sejak dari berangkat ke  sentul ,  yahh  kira2  kalau  di  total jarak tempuh / usage nya  belum menyentuh angka 600km  , performa masih wajar , 

NAMUN bin TAPI ,   shifting gear  mulai keras ,  bletak  *wahh  pertanda mulai ga  beres  😈 

*yang agak menghkawatirkan saat main main  di  red line 12.000 Rpm   si paijo  teriak tapi laju nya  loyo  # Selip kopling mas bro  👿    , mengetahui hal tersebut  ambil tindakan cepat , segera Tap si SPX1 dari  engine  Paijo  ,  dari pada nanti  kampas kopling yang jadi korban  …

begitulah ceritanya  ,  jika ada  yang tanya kok useage lifetime nya  singkat  banget  mas bro??   yaps  perlu di garis bawahi pengujian feel  benar2  saya siksa di sirkuit sentul seharian  😆  

overall ,  lumayan  lagh  untuk sekelas oli standart pabrikan yg saya gunakan untuk tujuan  semi-sembalap  harga murah daripada oli racing!  :mrgreen: 

#so mungkin hasil feel akan berbeda & tergantung motor yang anda gunakan  🙂

salam from warung DOHC , wassalamu’alaykum 😉


Tanggapan

  1. perbandingan sama yg putih?
    #’lunyu’ sing endi?

    • pengalaman yg putih -1000km wes ora penak blas

      • sing putih rada awet buat harian! 🙂

    • untuk akselerasi mantab yang orange , # besok dech nyoba lagi si orange buat harian 🙂

  2. sadiss..

    total oil uda pernah di review mas?

    • baru mau nyari mas bro , sementara beberapa merk oli sudah ngantri di garasi untuk di review 🙂

      • waduh, kok ganti2 oli bertahap beda merk, apa gak ada efek sampingnya?

  3. waduh
    keduluan mas azizy ngereview oli spx 1
    #akibat sibuk di dunia nyata

    • tulis lagi dengan taste masing2 koh , #sok sibuk ya? // sama /////////// :mrgreen:

  4. Enak ki, 11-12 karo enduro racing.

  5. oli sintetik benèran kang? oli full sintetik kan gak ada yg murah..
    ada harga ada rupa 🙂

    • cuma lihat label om :mrgreen: , ono rego ono rupo! prinsip konpensiona yang rada bisa dipertanggung jawabkan ke absahannya 😆

  6. wassalamu ‘alaikum 😀

    • wa ‘alaikum salam 😀

    • wa’ alaykumussalam 🙂

  7. Sama motul ester bagusan mana? Kan sama2 full sintetik.

    • sesuai prinsip kang zaqlutv diatas harusnya ada harga ada rupa, motul mestinya lebih enak :mrgreen:

      baru mau nyoba ester mas nro 🙂

      • Me and this article, sitting in a tree, L–E-AR-N-I-N-G!

  8. Harga? Brp liter?

    • 1liter 38-40 rb ahh rada lupa xixixi belinya udah agak lama mas 🙂

  9. joss..pengen nyoba oli ini ke CS1 sodara..di jogja enak nggak ya nyarinya mas aziz?denger-denger nggak terlalu banyak yang ada oli ini.. 🙂

    • coba cari di astra jombor mas 🙂

  10. di jogja banyak, hehehe, tapi 47 rebu
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/05/11/ubahan-new-v-ixion-di-sketsa-terlihat-terlalu-extreme-akankah-jadi-kenyataan-plus-kemana-si-tralis/

  11. harganya berapaan yah..

    • aku lupa mas , belinya udah agak lama , stock simpanan …. pokoknya antara 40rb an 🙂

  12. kapan nyentul neh ki…

    • ketone mei ana jadwal kang 🙂 monitor bae group d- event

      • dinone ra pas… Mei iki aku wes ngetem 2 hari minggu buat kepentingan pribadi je… xixixi dino biasa ae piye.. ndaktar dewek …

      • aku mei ya ana acara geden , kayane ra bisa kiye :mrgreen:

  13. iya kang motor ane jg gitu sejak pakek oli ini shifting gear jd tamabah keras + bunyinya bletaknya tambah nyaring, padahal motor y jarang di pakai

    • nek yang tak rasain halus kok mas, gejala keras nya sesudah disiksa di sirkuit & dipakai selama 2 minggu :mrgreen:

      • Oo gt iya sih kang pas awal memang halus tp setelah 1 mingguan lebih jd tambah keras sebelumnya emang udh keras sih, hehe….

  14. penyiksaan yang ajib nih.. 😀

  15. klo sama evalube 4t pro synthetic 10w-30 API SL JASO MA2 enak mana mzbro?

  16. ane biasa pake oli ini sampe 4000km…xixixi

    • wouw tergolong berani mas bro 🙂

  17. wajar….sing nduwe sadizz…. 🙂

  18. nitip tulisan mas
    http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/05/11/kenapa-harus-takut-menikah/

    suwun

  19. di jepara spx orange nggak ada, tanya ke ahass katany aitu yang lama, yang baru ya putih

  20. aku udah pake buat Blade…lebih enak rasanya daripada oli sebelumnya…

  21. kalo harian kira2 tahan sampe 1000an km gak mas bro

    Baut Roda Matic, Kenapa Tidak Meniru Punya Vespa

    • besok saya cobain lagi buat harian om 🙂

  22. oli tap-tapan nya berkurang gak mas?

    • volume masih banyak mas hampir ga berkirang, cuma belim tau kalau dipakai sampai 2000km 🙂

  23. seminggu aja nih enaknya…. mendingan ax7 harga mirip2 lah…. :mrgreen:

    • kan, disiksa om :mrgreen:

      • kamsudku aku pernah pake enaknya cm seminggu doang… enakan ax7 bos… feeling sih. :mrgreen:

  24. kang..nak gonta-ganti merk oli ki..ngrusak mesin ra..?? 😛

    ketika si Belang jadi bebek beneran…..

    • tergantung perlakuan, dan prosesi pengurasan, satu lagi, jangan sampai kena oli palsu :mrgreen:

  25. wangi kayak enduro 4t racing ora kang? :mrgreen:

    estimasi biaya modif Xivion jadi R15 part 2 (dengan spearpart asli india)

    • ga ada pewangi, apek kayak oli biasa :mrgreen:

  26. nek nggo tiger revo keno ga kang? pengen nyoba kie..

    • monggo saja coba, tapi kemungkinan noise engine agal brisik sedikit, secata enngine tiger recomend agak kental 🙂

  27. wow tukang siksa oli :mrgreen:

    • mending nyiksaa oli ae mas, daripada nyiksa dompet :mrgreen:

  28. mending pake enduro racing,
    dituang ke GL taun lawas, buat turing hampir 400km (PP x 2, kecepatan tinggi sering gas pol karna memang pas libur besar jalan lengang) enak enak aja tuh,, persneling keras cuma saat mendekati 2000km, jossss produk dalam negeri dari pada buang uang buat oli negara lain.

    • enduro racing aku kuga udah pernah review mas, memang enak kalo nuoba2 spx buat nambah2 info 🙂

  29. Tetep ogah ah…mau coba motul 5100 dulu…

    • siphh ester memang oli nya engine high rpm 🙂

  30. mas aziz mo nanya nie….. Cbr nya sampean klu yg seumuran si paijo skrg di rentang brp yh…..? Klu ada rejeki lebihan rencana mo nyari fu deket2 ramadhan ntar…. Heheheee… Numpang nanya mas yah,,,…. Biar tau

    • lohh yg di cari fu apa cbr mas? cbr angkatan paijo ada di range 18- 21 jt mas 🙂

      • Sekitar dua puluhan ya mas(ok jg yah harganya), rencana awal sih mo nyari fu mas, yg sparepartnya gampang. Tp mikir2 juga sih ntar part2 nya byk yg mahal lg punya nya si paijo hehehee…. tp kendala ane dr dulu cm satu mas, cuma 160an tingginya. Makanya rada parno klu naik motor laki

      • part paijo gampang kanibalnya mas bro, palagi entar ada si teralis #ehh

        fyi ya paijo old meski boncengernya super nungging, kalo boncengin cewek 😆 , tapi seat height rider nyaq ga lebih tinggi dari vixion 🙂

  31. Ane baca artikel sampean tntang SPX1 white edition jd keratjunan n pindah dari oli sebelumnya yg diiklan bs bkin mtor menang balapan ma macan. :mrgreen:
    #emang ajib ne oli! Sayang nang banyumas anane sing putih thok. 😦

    • wagghhh kudu muter main dealer purwokerto mungkin madan ana mbok :mrgreen:

  32. saya juga pake.., 🙂
    pssstttt…, punya stock banyak ga…? :mrgreen:

    • masih ada stock tuhhh dirumah 😆

  33. oli yg cocok buat blade apa ya? di buku panduan 10-30w, waduh oli encer cepet panas 😦

  34. sip gan… Dah plong rasanya bs nanya2 sama masternya langsung.

  35. wah tinggal ditunggu yg pemakaian harian nih…
    kira2 enak berapa km 😀

    pengen nyoba juga buat revo absolute…

  36. hihi punyaku 2rb KM masih enak dipake tuh SPX1 orange…xixixi motor ke pasar sih beda ma motor balap 😛

    http://remcakram.wordpress.com/2012/05/11/review-helm-supermotodualsport-zeus-2100b/

  37. ane barusan servis n ganti oli SPX1 orange, iseng2 lihat belakangnya ternyata yg memproduksi PT. Federal Karyatama.

    berarti aslinya oli federal jg ya?

    • sama ane juga tadi ke HEPS liat SPX orange tapi di label belakangnya ada logo Federal Oil bukan Repsol.. Jadi ga yakin deh mau nyoba, ga ada logo Repsol sih 😦

      • idem…
        ane juga kemarin baru beli di ahass, spx oren, gak ada logo repsol, yg ada logo federal oil n di produksi ama federal oil. gak ada bau2 repsolnya……

  38. ^^ kayaknya federal karyatama tu sbagai pengemas aja lho secara kn federal uda lama jd mitra usaha AHM, sedangkan ramuannya dari repsol. CMIIW

  39. shift gear bletak efeknya apa tuh mas? soalnya si pio saya kalau mesin panas suka begitu

  40. Oli yg joss gandos bwt athlete apaan ya masbro ???

    #Serius ojo guyon !!

    • std KGO Kan = shell, coba jajal wae ax7 mas 🙂

      • Okehh masbro langsung saya coba,,, hehehe …..
        Soale menurutku oli pabrikan kurang nampolll.

        Thx masbro 🙂

  41. Waaah mantep dah uji cobanya. Sayang di artikel ini tdk sekaligus komprasinya dg oli merk lain yg selevel.

  42. sekedar sharing dah pake ini 6 bulan dipulsar 180ug3, logo belakang repsol harga cianjur 43ribu perliter,mantaf buat maen high, responsif banget shifting lebih ringan klo dah panas mantef puas walau ada tapinya,,,suara mesin ajib jd lebih berisik, tp anjuran pak ahmad bajaj depok mesin memang diakui jd responsif tp mempertaruhkan ketahanan part, menurutnya oli spek ini dibuat khusus mesin cbr br yg punya spek apa gitu nanti tanya lg doi malah saranin klo mau awet mesin pake shell aja tp yg ultra klo mo pake full syntetic hehe mahal ini mah jd sementara jdnya ya pake ini dulu responya dimesin mantaf nanti br keshell lg tp bukan ultra ax70aja,,,

  43. review oli fk massimo pro rs di paijo dong mas 😀

  44. tetep pakai yang white version aja ah 😀

  45. Review oli REPSOL ELITE injection dong…! 😀

  46. om cobain FK MASSIMO 10W-50 saya sedang pake itu sekarang tapi kan saya blom pernah gonta ganti oli gimana hasilanya setelqh direview yg telah menggunakan dan merasakn oli oli lain heheh
    apakah FK bagus

    thanksyou

  47. Ada yang jual CBR murmer hehehe???

  48. […] review Spx 1 di my Paijo CBR, volume ahm oil SPX1 setelah menempuh 1675 km & long journey, Nyobain SPX1 oil orange,disiksa seharian di sentul performa jozz, tapi…… ? dan nbsusanto: impresi awal CS1 bersama SPX1 orange (Repsol), 500 km bersama oli SPX1 di cs1, yang […]

  49. Wah njajal bungkus orange wis 1000km luweh kok ra enak blas yo?karo Shell AX7 kok podo bae rasane…sing apik nggo kancane paijo ki sakjane oli opo to?????

  50. klo buat tiger revo apa yg bagus mas?? krn aku sering ganti2 oli ni, blom nemu yg cocok

  51. […] azyz pun dah ngetes nih oli  REPSOL si sentul , performa nyuss tapi ada […]

  52. […] Postingan pertama azh nih, Tunggangan azh NJMX 2012 tidak ada perobahan kecuali pake koil kharisma :p. Sempet bingung mau berpaling hati dari oli lama (Motul 5100 Ester 10W-40) karena harganya semakin melangit (ditempat azh Rp. 115.000,-) browsing dan browsing mencari oli terbaik, sampailah di blognya om azizy. […]

  53. Argh, ketularan om azizy pake oli ini… Performa ok banget, tapi kalo pake sendal kaki ku kayak direbus loh mas

    AHM Oil SPX-1, Si Orange nan Bertenaga

  54. kalo repsol tuh kualitasnya gimana masbro?

  55. sama bro.. ane pake harian jg enaknya cm nympe 750km an doang. Penguapan lebih sedikit dibanding mpx, cm shifting ud gk enak sama kopling jg mulai kurang responsif. Mtr ane mx spek 150cc open filter jg sih, makannya oli cpt ganti.

  56. Kalo ane udeh kapok gan pake oil spx
    Moto cb150r baru 3bln udeh ganti hoskopling.
    Pengalaman ane selama pake oil spx
    Kalo udeh panas mesin jadi lemot,perseneling suka nyangkut,getaranmesin kenceng ama bensin boros gan
    Terus ane disaranin pake motul 5100
    Wah bedanya jauh banget gan
    Mesin jadi responsif, getaran berkurang tranmisi lembut bensin pun jadi irit…
    Sesuai ama keinginan ane gan soalnya ane suka pake motor di rpm tinggi antara (9-12rb) rpn

  57. Always a good job right here. Keep rolling on thhrguo.

  58. gak dibedakan dengan MPX mas?

  59. Keren!

  60. saya pakai verza dan baru kali ini saya pakai si orange hhe. dulunya sering si putih. alhamdulilah masih enteng larinya. 😀

  61. […] Nyobain SPX1 oil orange,disiksa seharian di sentul performa jozz, tapi…… ? […]


Tinggalkan Balasan ke Tyok Batalkan balasan

Kategori