Diartikel terdahulu saya pernah bercerita , kenapa saya menelantarkan si Riris kesayangan hingga menjadi rongsok tak bernyawa hampir 1,5 tahun lebih hanya berdiam diri di gudang selain lagi diserang males ngurusin, sok sibuk, kurang waktu longgar DLL , memang butuh penanganan serius pada mesin si karisma 125 saya ini , maklum level jeroan yang harus di perbaiki , dan di bongkar secara prosedural dari bongkar kopling saja tidak bisa karena colar dudukan rumah kopling benar2 macet dengan counter shaft , yang artinya untuk melepas colar yang macet harus belah mesin dan kemudian dilepas dengan cara press hidraulic & perlu proses bubut
seperti ini cara melepas coolar yang macet dengan bantuan clamping bearing tracker kemudian di press dengan hidraulic press berkekuatan tinggi .. wajar kalau harus belah mesin 😈
setelah terlepas si colar yang macet , ternyata permukaan counter shaft banyak lelehan logam bekas colar yang bergesekan dan saking panas nya hingga meleleh , sebelum akhirnya terkunci , dan macet
untuk itu perlu dilakukan penghalusan bagian permukaan shaft yang terkena lelehan colar , berupa bentol bentol seperti tetesan las di sekeliling permukaan shaft , caranya dial ujung cutting *pisau bubut sesuai diameter shaft aja, tujuannya , mengelupas bagian kasar lelehan besi yang menempel pada permukaan shaft agar nantinya saat dirakit , shaft ini tidak sesak terhadap colar dudukan rumah kopling yang baru , setelah dibubut rata , kemudian lakukan grinding penghalusan dengan amplass paling halus , dan cekam bubut diputar dengan low RPM , bertujuan untuk memperhalus permukaan shaft hingga merata dan mengkilap
dari kasus dan tanda tanda kerusakan diatas say bisa sedikit menarik kemungkinan penyebab kerusakan
1. mesin karisma ini pernah sangat kepanasan , bisa overheat atau pelumasan yang jelek , atau bahkan saluran pelumasan yang masuk dari oil pump menuju bak kopling tersumbat , karena oli kotor
2.rumah kopling pernah oblak dan bergesekan tidak seimbang sehingga inner colar yang kalah meleleh dan menyebabkan macet
3. mesin ini sudah tua saat saya gunakan hingga pernah saya waris kan ke si karismanis , masih dalam keadaan korek harian , bahkan dilakukan korek lanjutan , ada kemungkinan RPM terlalu tinggi , dan part bagian kopling tak mampu bekerja mengatasi RPM yang tinggi … ( mengingat si riris ini menggunakan CDI Unlimiter BRT original versi pertama 2005 an ) saat itu BRT disebut CDI Cibinong , lagi serem seremnya belum ada tandingan
4. adek saya si karismanis pernah mengaplikasi spring cluth racing untuk honda wave thailand , made in daytona original … , nah yang ini kayaknya ga nurut sama aturan , karena spring terlampau panjang dan beda terlalu jauh dengan spring standart , hingga berefek tarikan ganas & shifting gear 1. ke 2 saja motor bisa loncat …. namun yai itu tadi si karismanis ga konsultasi dulu 👿 lha wong kampas standart kan tebal jadi tidak cukup sisa space antara plat gesek dengan rumah kopling , hingga menyebabkan rumah kopling oblak dan colar tak kuat menahan hentakan …
hmmmm kira kira ada sebab lain? monggo di diskusikan
salam from warung DOHC
Wassalamuálaykum 😉
Oprasi besar ni, mesin kan jantungnya motor lha ini ampe dibelah gitu.
By: sinbe on Juni 12, 2012
at 5:13 am
sutandart saja lebih baik…
By: pam on Juni 12, 2012
at 7:40 am
widih… pulang2 dari eropa udah berjibaku lagi aja dengan motor rusak
btw itu mesin di rumah WD sendiri yah hahahaha 
By: kamil on Juni 12, 2012
at 6:01 am
Itulah konsekuensi korek motor. Balikin ke standar full of problem.
By: ngawur on Juni 12, 2012
at 6:45 am
untung saya gak ngerokok, jadi gak punya korek 😀
By: simon on Juni 12, 2012
at 7:29 am
merk daytona, ngerti ngono biyen jupuk sik tdr yo.. tapi sensasi gir 2-3 iso loncat ki manteb tenane…
By: karismanis on Juni 12, 2012
at 7:08 am
nunggu kelanjutan proyek si riris
By: #99 bro. on Juni 12, 2012
at 7:10 am
masbro, kalo di bengkel ane nglepas gituan biasanya direndem air es trus digetok dikit udah lepas…. berlaku untuk semua yg macet2 , apalagi yg macet beda logam… tambah ecess….. udah dicoba belum mas ????
By: Om Puns Aja on Juni 12, 2012
at 7:19 am
lha kalau sampai meleleh gitu mas colar nya , ga yakin aku dengan cara fisika gitu bisa mempan 😈
but , ide bagus tuh mas .. lain kali kalo macet2 ringan bisa dicoba hehe mantab info nya 🙂
By: warung DOHC on Juni 12, 2012
at 7:25 am
Sampe sebegitunya ya bro…
Strategi Anyar TVS
http://motoroda.wordpress.com/2012/06/11/tepatkah-menggelontorka-dana-milyaran-untuk-promosiiklan/
By: Motoroda on Juni 12, 2012
at 7:23 am
hmm…diliat dari warna daleman mesin…warna coklat gelap mengarah kehitaman yg paling mungkin adalah perawatan penggantian oli mesin yg tidak teratur sehingga pelumasan tdk berjalan dgn baik(investigasi no.1) , walau pake cdi unlimit ato per kopling racing ga apa2…walaupun panas sedikit berlebih jg berpengaruh besar..tapi yaitu yg penting “oli” mesti diperhatikan…
By: imu on Juni 12, 2012
at 7:45 am
yaps opini anda masuk 🙂 …. maklum itu motor penuh perjuangan milleagenya dah ga kehitung, balik nol sejak lama.. & di titip ke ahli waris sampe 3 tahun xixixi
By: warung DOHC on Juni 12, 2012
at 8:06 am
Sip ajib..belah duren eh mesin… Ajarin donk kang 😀
By: Aa Ikhwan on Juni 12, 2012
at 7:53 am
kakang adi edan mbalap
. velg byson?
http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/11/velg-yamaha-byson-peyang-retak-pecah-ada-apa-ya/
By: ipanase on Juni 12, 2012
at 8:01 am
mas aziz, bikin artikel cara stel klep karisma yo, nek iso karo foto2ne sisan..matur nuwun 🙂
By: triclaksono on Juni 12, 2012
at 8:49 am
wis pernah mas , setel klep karisma komplit cara2 ne
By: warung DOHC on Juni 12, 2012
at 9:37 am
link nya please 🙂
By: triclaksono on Juni 12, 2012
at 10:45 am
karisma ane thn 2004, walaupun bli second thn 2009, blm pernah turun mesin bahkan rantai ketengpun blm pernah ganti padahal ganti oli 3 bln sekali…..xixixiiiii…..
soalnya dl 3 bln KM cuma nyampe 1500 paling banter. jarang dipakai jauh cuma ke kantor yg jaraknya 3km. skrg baru nyampe km 45rb.
By: hadi on Juni 12, 2012
at 9:04 am
karisma ku ini parah mas , hampir tiap hari rolling speed 60- 80 km , kalo lagi pengen jalan jauh 400 km touring 3 minggu sekali he he
By: warung DOHC on Juni 12, 2012
at 9:25 am
mantaf…!! ane paling jauh ke pangalengan via ciparay dgn jarak 100 km PP. lari paling 60-70 kpj…..jarang 80kpj. ga tega…jalannya terlalu “mulus” untuk dilewati, jd ga bisa cepat. sayang shokbreaker.
By: hadi on Juni 12, 2012
at 9:33 am
si riris ini naik ke gunung bromo dah 3 kali boncengan terus he he he , gunung lawu 2 kali , gunung merbabu 2 kali , gunung slamet 1 x . gunung sindoro 1 x he he
By: warung DOHC on Juni 12, 2012
at 9:52 am
wah.serem tenan.nganti dibelah2.iki opo gara2 pas balik seko kampung kae mas
By: gaplek mania on Juni 12, 2012
at 11:07 am
operasi besar2an*) mas
*) hanya dilakukan oleh yang profesional
By: nanared on Juni 12, 2012
at 11:10 am
wah kang mas sudah balik lagi ke indonesia ya ?
By: absoluterevo on Juni 12, 2012
at 11:14 am
yang saya heran kok sampai bisa meleleh mas, berarti panase edan2an. Sepengalaman saya pakai motor korek dan over rpm yang terjadi oblak setang piston di kruk as nya
By: Tyok on Juni 12, 2012
at 11:28 am
mas jangankan stang seher, crank shaft si riris ini aja udah pernah patah
By: warung DOHC on Juni 12, 2012
at 10:44 pm
Punya mesin bubut juga kang? . . .
By: Said on Juni 12, 2012
at 12:40 pm
@mas said, bukan mesin bubutku kok mas 🙂
By: warung DOHC on Juni 12, 2012
at 10:47 pm
ilmunya menarik mas,..dirumah ada karisma 2004 koplingnya keras bunyinya 🙂
http://sealandadventure.blogspot.com/
By: dmsendra on Juni 12, 2012
at 1:07 pm
proyek lama neh.. sip dah, kumplit bgt toolnya
By: Gogo on Juni 12, 2012
at 6:56 pm
ban e kok alay? wkwkwk
By: Soprand on Juni 12, 2012
at 7:08 pm
udah tak obong mas cari aja artikel pembakaran nya , itu yg masang adek ku juga
By: warung DOHC on Juni 12, 2012
at 9:37 pm
wah serem amat om, pantes sampe gak ke urus.
http://zrriders.wordpress.com/2012/06/12/lagi-musimnya-grasstrack-nih/
By: fnaufala on Juni 12, 2012
at 10:00 pm
saya dah pernah bahas setting kopling supra 125 mas, sama kok caranya dengan setting kopling karisma, kalau punyaku ini sudah di modif manual cluth soalnya 🙂
By: warung DOHC on Juni 12, 2012
at 10:54 pm
[…] nekat ane bawa megison dala keadaan baut knalpol slek, ane pun ke ahass pusat jogja yaitu astra jombor, walau pesimis juga nih sama ahass walau gede, hari rabu, lupa tanggalnya… di jalan pun sempat ketemu lek hani adhanihore adinya lek kumbokarno lek azizyhore […]
By: baut tanam knalpot honda megapro, tiger « PERTAMAX GAN__tapi belinya cukup premium *~^ on Juni 12, 2012
at 11:29 pm
kapan smashku di adul-adul iki….
wis ra tego delok ngebul’e 😦
By: at0zz on Juni 13, 2012
at 1:54 am
katakanlah saya pingin ganti per kopling yg lebih panjang,,, maksimal boleh lebih panjang berapa persen/mili dari panjang per aslinya? asumsi kampas koplingnya tetep…
By: debu biru on Juni 13, 2012
at 4:14 pm
selisih 1- 2 mm panjang spring sudah terasa banget beda nya mas terutama sifting gear …. jangan lebih dari itu kalau mau main aman 🙂
By: warung DOHC on Juni 13, 2012
at 5:47 pm
Setuju mas..fiz ku juga tak ganti per koplingnya pake punya jupiter yang lebih panjang.jadi galak banget waktu pindah gigi.
tapi moga aja untuk pemakaian jangka panjangnya gak senasib dengan si riris…aminn
By: didishevaharyadi on Juli 22, 2012
at 8:38 am
wow bebek berkopling 😀
By: bimo96 on Juni 14, 2012
at 6:05 pm
Kebanyakan main slip kopling di RPM tinggi (hal yang tidak perlu) jadi macet, karena kalau tuas kopling sudah dilepas putaran rumah kopling = countershaft.
Salam,
bengkelsepedamotor
By: bengkelsepedamotor on November 15, 2012
at 9:55 am
Thanks for spending time on the computer (wngtiri) so others don’t have to.
By: Gracelyn on September 1, 2014
at 1:20 am