Sebuah kabar mengejutkan dari rekan kerja saya , bahwa selasa sore terjadi kecelakaabn tunggal yang menimpa teman satu kost nya … kecelakaan tunggal terjadi di rumah kost , bukan saat riding di jalan raya , weladalahh kok bisa ? yaps mirip kecelakaan kerja ” sebuah istilah accident di pabrik pabrik manufacturing” lha emang piye to mas? , ceritanya begini sebut saja si Jojon sedang mencuci motor FU kesayangannya di rumah kost nya ….
dan seperti biasa setelah washing dengan air selesai , biasanya pemilik motor mengelap motor yang telah diposisikan di standart tengah …. dengan kain untuk mengeringkan body dan lain lain , tak terkecuali bagi pemilik yang tekun biasanya tak melewatkan bagian2 yang menjadi sarang kotoran seperti gear dan area cakram roda dan lain lain .. , nah biasanya kebanyakan orang melakukan tindakan praktis seperti yang dilakukan Jojon , posisi standart tengah , mesin di nyalakan sekalian memanasi mesin , kemudian masukkan gear 1 … , roda belakang berputar , bisa sambil nge lap velg dan part bagian yang berputar lainnya , dalam kasus ini kebetulan sijojon juga membersihkan area gear saat roda berputar , dengan kain kering di gesekkan ke dinding gear , kelalaian pun terjadi , kain yang di ikatkan di tangannya terseret putaran gear , jempol pun tertarik dan ter jepit antara rantai gear dan rantai yang berputar ….. semakin panik tambah reflek menarik tangannya …
naas ibu jari tangan kanan si jojon yang terjepit tersebut ” kroak” ( putus separuh di bagian pangkal kuku) duhh seremmmm 😦 …. kecelakaan sudah terjadi amputasi lah jalan terbaik 😦
#memang motor masakini tak lebih safety dari motor jadul yang penggerak rantai nya masih memakai penutup keteng … untuk mengejar style dan penghematan cost produksi ..
namun sebenarnya kecelakaan konyol harus nya tetap bisa di hindari , ya saat membersihkan jangan menyalakan mesin , apalagi gear di masuk kan posisi siap running .. , cukup putar velg secara manual dengan tangan
#lebih penting lagi saat kondisi seperti itu ( memanasi mesin dan lain lain ) jauhkan dari jangkauan anak anak kecil , sayang kan kalau ada apa apa dengan anak kita ❓ , kunci kontak juga selalu disimpan pada tempat yang aman dari jangkauan anak anak ..
Kecelakaan tak hanya terjadi di jalan raya…. terkadang sepeda motor bisa menjadi sangat kejam ! waspadalah!
semoga bisa mengingatkan kita …
salam from warung DOHC
Wassalamuálaykum 😉
gw pernahhhhhhhh untung rantainnya kendor 😦 ngilu dengernya gan
By: carrotmilitia on Juni 13, 2012
at 1:07 am
ngeri mas bro 🙄
By: warung DOHC on Juni 13, 2012
at 1:22 am
hemmm……
dulu pernah nerasain jari tangan kejepit gear molen manual yg pakek diesel,, untungnya gak pake amputasi, cuma kukunya aja rompal hehehehe
By: at0zz on Juni 13, 2012
at 1:41 am
walahh medeni mas 😡
By: warung DOHC on Juni 13, 2012
at 1:54 am
duh, ra isok omong, ra isok mikir
By: jatmikoputrapujo on Juni 13, 2012
at 2:12 am
ra iso mikir gimana mas? 🙄
By: warung DOHC on Juni 13, 2012
at 2:19 am
ya, harus mengalami accident di saat resiko tersebut kadang tidak terpikirkan oleh kita…maunya nyuci motor, santai, biar bersih, eh namanya musibah mas..
By: jatmikoputrapujo on Juni 13, 2012
at 2:40 am
Cerita di paragraf ini bikin lemas 😮
“naas ibu jari tangan kanan si jojon yang terjepit tersebut ” kroak” ( putus separuh di bagian pangkal kuku) duhh seremmmm 😦 …. kecelakaan sudah terjadi amputasi lah jalan terbaik 😦 “
By: fresh and fresh on Juni 13, 2012
at 2:41 am
wuih ngeri tenan podo koyo kancaku
By: seno on Juni 13, 2012
at 4:02 am
Ngerii… Sip ajib udh diingetin…
By: Aa Ikhwan on Juni 13, 2012
at 6:16 am
ngeri men,,,,
By: quantro on Juni 13, 2012
at 7:07 am
astaghfirullah, semoga yg lain juga terbuka pengetahuannya tentang seluk beluk bersihin motor
By: simon on Juni 13, 2012
at 7:41 am
yahhh…sama kejadian dgn teman, tp motor smash…kok..rajin bersihin gear belakang dilap2..tp pake mesin hidup segala plus masuk gigi 2, akhirnya naas…jempol kejepit dan setengah pingsan karena kaget.., dan akhirnya juga diamputasi setengah kuku… bener2 konyol.
By: mul on Juni 13, 2012
at 8:11 am
medeni mas..nggak berani nghidupin mesin buat gitu deh.. 😦
By: kankkunk on Juni 13, 2012
at 8:16 am
Sepupu saya jg bgitu mas,, jari telunjuk nya putus kjpit gear Thunder 250,,
By: Aditya Yudhistira on Juni 13, 2012
at 8:19 am
kejadian yang sama dengan saya, syukurnya cm seperempat kuku ibu jari saya yang hancur..alhasil jd lbh pndek dari dari ibu jari satunya…
By: nickk on Juni 13, 2012
at 8:30 am
human error,,,,,
By: mazpoetu on Juni 13, 2012
at 8:38 am
Koyo mbah blek…
mesakne drijine bujeL….
By: MazPed on Juni 13, 2012
at 9:42 am
wah.persis temanku motornya FU juga stripe nya sama plek di gambar.tapi yg kena ujung telunjuk.nggak diamputasi cuma remuk saja.hiiii.serem.makanya aku gak pernah membersihkan motor dalam keadaan mesin hidup.
By: gaplek mania on Juni 13, 2012
at 9:16 am
Mending mesin tetep dimatiin aja mas, lebih safe 😀
http://dizmaz.wordpress.com/2012/06/13/modifikasi-skutik-trio-kuning/
By: Dismas on Juni 13, 2012
at 9:25 am
kejadian persis sm yg dialamin tmn ane bro, cm dia motornya new Scorpio dan yang kena juga Ibu jari(jempol) setengah putus setengah..mungkin pelajaran bwt kita.lbih aman standar dua dgn diputar aja ban belakang dgn tangan kanan dan tangan kiri yg melumasin oli ke Gear
By: Yanda on Juni 13, 2012
at 9:37 am
nderek prihatin mas, untungnya saya tidak pernah melakukan bersih2 pelek sambil mesin nyala dan gigi dimasukkan, bahkan pas melumasi rantai juga ga pernah, prefer muter manual pakai tangan.
Apapaun barang yang kita miliki seandainya kita bisa bersikap bijak tentu akan selamat. Semoga info ini menjadikan kita semua khususnya pemilik kendaraan roda dua jadi aware dan jangan mengalami hal yang sama. TFS mas
By: Tyok on Juni 13, 2012
at 9:40 am
saya pernah ngalamin kejadian seperti itu, untungnya putarannya tertahan. Memar saja jarinya selama 2minggu. Mendingan roda kita puter secara manual saja pakai tangan lebih aman.
By: jambronx2010 on Juni 13, 2012
at 10:32 am
wah, alhamdulillah saya gak pernah nyalain mesin motor sewaktu cuci motor sebelum motornya bener bener udah kering/selesai di lap 😀
serem juga tapi kejadiannya
By: donny ahmad on Juni 13, 2012
at 11:16 am
nilai plus hal safety bagi yg punya motor tanpa jagrak tengah ..(lirik cbr merah mas aziz)
By: triclaksono on Juni 13, 2012
at 11:41 am
Rasane lorone poll mesti kui,,,,
By: ariefbladerepsol on Juni 13, 2012
at 11:47 am
sereeemmm deh
By: kalimalang rider on Juni 13, 2012
at 12:05 pm
“when the pets go bad” tenan ki…
http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2012/06/survey-komparasi-alasan-membeli-new.html
By: wiwiadiwibowo on Juni 13, 2012
at 12:11 pm
motor kesayangan bisa lebih kejam dari istri tua…….wkwkwk
By: toro on Juni 13, 2012
at 12:18 pm
pernah juga kejadian pas lagi bersihin rante sama gear..
untung cuman biru gak sampe putus…
By: anggiwirza on Juni 13, 2012
at 12:56 pm
Wah nek aku kaki jempol mas,kejepit udu nang rante motor tapi becak,lumayan lo mas kukune copot 😀
By: buncis on Juni 13, 2012
at 1:06 pm
seremmm…saya juga sering ngoli rante mesin idup..high risk ternyata 😦
trims advisnya 🙂
By: Salim on Juni 13, 2012
at 1:14 pm
mending dicuciin aja kalo gitu 😀
By: kid1708 on Juni 13, 2012
at 1:19 pm
kalo di pabrik terkategori LTA, root cause : tidak menerapkan prinsip Lock Out Tag Out… katanya orang safety pabrikku gitu
By: debu biru on Juni 13, 2012
at 2:24 pm
yaps benar …. ga boleh ada aktifasi on selama ada kegiatan maintenance
By: warung DOHC on Juni 13, 2012
at 5:51 pm
ngeri ya mas,,, makasih sharenya yaa
By: hatta1989 on Juni 13, 2012
at 3:11 pm
hmmmmm….
By: zaqlutv on Juni 13, 2012
at 4:17 pm
kasih ceban aja ke tukang cuci gan..tapi tunggu daki ny ngumpul dulu dah kl ane 😀
By: bebexbiroe on Juni 13, 2012
at 5:04 pm
atut….
😦
By: nunk@iman on Juni 13, 2012
at 5:21 pm
ijin menyimak dan nitip artikel mas
http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/06/12/rapatkan-barisan-dan-aqidah-waspadai-aliran-salafi-wahabi/
terima kasih
By: temonsoejadi on Juni 13, 2012
at 5:49 pm
lah, aneh, kok pake dinyalain, jelas2 lagi dicuci…. kalo di lap doang mah kagak bersih atuh….
By: Scorpio Z on Juni 13, 2012
at 5:51 pm
Tmen sy malah jempol kakinya mas yg kena gir waktu bersihn mtor(nah loh)
pokonya safety first lah d manapun jg
By: cloudabdillah on Juni 13, 2012
at 7:22 pm
Wiih… ngeri mas..
Kalopun mau dinyalain mending pake sikat gigi bekas aja jgn pake kain/lap, tapi lbh safety lg kalo mesin dimatiin
By: Readijoss on Juni 13, 2012
at 10:19 pm
aduhhh.. sereeemmm bangettt masss
—
ww.dk8000.co.nr
By: SuRyA on Juni 13, 2012
at 10:50 pm
knapa rantai motor sekarang ga dibikin ketengkas yang tertutup tapi ga jadul…
nitip yaa kangaziz
http://4201megaprolama.wordpress.com/2012/06/14/308/
By: gc133hijrah on Juni 14, 2012
at 7:58 am
monggo mas 🙂
By: azizyhoree on Juni 14, 2012
at 8:29 am
sengtujah
mending diputer manual ajah rodanya
#seng penting aman n ora boros, ora nambahi polusi
piss
By: beopat on Juni 14, 2012
at 9:31 am
leres mas 🙂
By: warung DOHC on Juni 14, 2012
at 9:40 am
Setuju masbrow..
By: Hen on Juni 14, 2012
at 11:26 am
saya juga pernah kena luka, tapi gak serem sperti posting diatas- biasanya karena kena yg tajam, antah apa itu… emang harus hati2 sih, nice artikel 🙂
By: Ayah AndRayy on Juni 14, 2012
at 10:45 am
mas aziz kalau kenalpot gebul setelah di madin itu gejala apaya?
By: absoluterevo on Juni 14, 2012
at 11:47 am
knalpote kademen mas
coba mandiinnya air anget
#xixixixixi just kidding masbro
piss
By: beopat on Juni 14, 2012
at 2:08 pm
kalo nyuci sendiri aku gak pernah sampe kasi oli ke gir belakang, kalo udah servis rutin per 2500km, itu udah pasti dikasi pelumas… udah cukup itu aja…
cuman sekarang mending ke tukang cuci aja… udah gak ada waktu luang lagi… 😀
By: dowey on Juni 14, 2012
at 1:06 pm
teringat istilah utamakan keselamatan, mungkin bukan hal baru di lingkungan perusahaan… tapi menjadi awam ketika orang yang bukan dilingkungan tersebut mendengarnya…. anywhere, anyway keep safety first…. nice share om…. hehehehehehehe
By: si Denog on Juni 14, 2012
at 3:13 pm
ini ceritanya persis dengan temen kost saya, dan yang ini masih mendingan karena cuman “kroak”, temen saya sampe jarinya putus gara2 kelengahan yang sama persis dengan si jojon, sampe temen sak kost pada panik liat temen saya itu.
By: rifqi on Juni 14, 2012
at 4:13 pm
ini neh, slh satu hal “meremehkan” hal yg dianggap aman.
ngeri jg kejadiannya, bhya bs muncul dimn saja..
By: kasamago on Juni 14, 2012
at 8:15 pm
ihh, seyem.. 😦
By: axo92 on Juni 14, 2012
at 9:48 pm
saya juga pernah mas untuk tangan cuma berdarah doang dan kukunya sobek sedikit-,-
By: dimas arif on Juni 15, 2012
at 5:43 am
ngeri…
dulu pernah begitu… pas mw masuk langsung tarik… jari langsung merah… kalo sekarang mesin mati pas di lap… kalo udah dilap dinyalain bentaran bangsa 3 menit an… kalo anak nyamperin biasanya di gendong…
🙂
By: Roy (Ducati Wannabe - Trellis Edition) on Juni 15, 2012
at 8:30 am
siph tetap waspada mas 🙂
By: warung DOHC on Juni 15, 2012
at 8:39 am
waduh…. Jangan sampe deh om… Soal nya ane juga pernah mirip2 kayak gitu, tp kondisi mesin mati. Entah gimana jempol ane nyelip antara gear sama rante pas bersihinnya, duh…. Ngilu dan nyut2 bgt rasanya…. Buru2 ane nyari es batu dah, trus ane celupin jempolnya…..
By: e63 on Juni 15, 2012
at 8:44 am
hati2 aja mas bro 🙂
By: warung DOHC on Juni 15, 2012
at 9:12 am
😦 menyedihkan..
By: babad150f on Juni 15, 2012
at 11:59 am
Sama kejadiannya seperti temen saya yang lagi bersihin rante Y*M*H* B*SON pakai kain. Jarinya kejepit gir sama rante. Langsung ke UGD, tapi syukurnya gak sampai amputasi..
By: Warga Sipil on Juni 15, 2012
at 1:56 pm
Hati hati juga dengan lubang cakram
By: Dre on Juni 15, 2012
at 11:52 pm
wah mirip temen ane, tapi klo temen ane dagingnya kroak,, 😦
untung klo nyuci ane g pernah nylain mesin
http://zrriders.wordpress.com/
By: fnaufala on Juni 18, 2012
at 9:39 pm
mending matic dong ya,,
he he
By: Onthel on Juni 19, 2012
at 6:37 am
Syerem banget dah… untung ga pernah idupin mesin kalo maintance…kcuali kalo tinggal dipanasin aja…
By: akhfauzan on Juni 19, 2012
at 9:36 am
tindakan bodoh yg sama seperti yg saya alami, sekarang motor saya ga ada standard tengahnya, jadi relatif aman 😀
By: parto on Juni 19, 2012
at 3:18 pm
woaaaa dicopot atau malah ganti ninja mas? 😛
By: warung DOHC on Juni 19, 2012
at 6:40 pm
motor larang ra enek std tengah e 😦
By: parto on Juni 22, 2012
at 4:27 pm
iiihhhh..ikut prihatin ma Jojon,
Pengalaman yg bs jd pelajaran buat kita semua smoga tdk terjadi hal serupa.
makasih mas dah berbagi cerita.
By: tik tok on Juni 20, 2012
at 2:09 am
mbalung mas…heehehe…
By: Iskandar Zoel K on Juli 27, 2012
at 6:56 am
njarem mas 🙄
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 7:08 am
kasian yang punya tangan ntu !
By: Bakrun Gabul Bul on Oktober 27, 2013
at 5:27 pm
Bro saya punya cbr250
Kemarin ganti oli. Di oil filternya terdapat gram kuningan.
Kira2 part mana ya yg menggunakan kuningan???
Makasih bro
By: dhirman on Juni 8, 2014
at 7:22 am
untuk CBR 250 saya belum tahu part mana yang memakai kuningan , namun biasanya part di mesin yang menggunakan kuningan adalah bushing rumah kopling terhadap shaft transmisi 😀
By: azizyhoree on Juni 8, 2014
at 7:43 am
trus penyembuhanya butuh bra lama mas bro
By: rama on Agustus 5, 2014
at 11:30 pm
mirip kejadian ama saya baru seminggu kemarin
jempol perlu dirawat , alhamdulilah sudah mulai pulih kembali
By: jaka setyo on Desember 27, 2014
at 9:15 am