Oleh: azizyhoree | Juli 5, 2012

[ flash back ] 3 x touring Jogja- Bromo bersama si Riris


Flash back cerita tentang Si Riris  (  my Karisma 125 D)  mumpung  nemu  file  foto  tentang  si riris  yang  ketemu  diantara  beberapa  folder  dan belum  ter upload  😛   dari  judulnya  yang  3 x  touring  jogja  bromo  …  hmmmmm  sebenarnya  kalau  touring  jogja-  malang  ,  jogja – surabaya  sudah  berkali kali  saya  lakukan  dengan  si  Riris  tua  ini  ,  maklum pertama kali bekerja saya  berada  di  area  jawa timur..   namun  sebenarnya  yang mengajarkan saya gemar  touring  jarak  jauh ya si riris  ini  untuk  pertama kalinya  tahun  2004 yang saat  itu saya  masih  berstatus  mahasiswa teknik mesin  3 day  trip  jogja- malang-jogja menyusuri  jalur  tengah  dan  jalur  selatan  …..   menghadiri sebuah  Muktamar 

lanjut cerita  di  Bromo  nya  …     untuk  pertama kalinya  saya  mengenal  Bromo  &  menapakkan  kaki  di  dataran  tinggi  tengger bromo  caldera  ya  gara gara  menggelinding  bersama  si  Riris  ini  ….   tahun 2007    dengan pengalaman medan sekitar  bromo  yang  masih minim dan buta  saya  mentekadkan  riding  ber 2 saja dengan  teman  saya  ,  goalnya  adalah  menemukan titik nol KM gunung  bromo  tanpa  melihat  Peta sebelumnya  hanya  bermodal  tanya  kepada  penduduk  sekitar  saja  :mrgreen:

perjalanan  pertama  via  nongko  jajar  sebenarnya  bisa dikatakan  gagal karena  belum menjangkau kawah caldera namun  saya  sudah  urung  dan  balik  lagi  ke  kota pandaan  pasuruan yang berjarak  sekitar  90km   ,   mengingat  saat  itu  adzan   mahrib  posisi  saya  berada  di  tengah  hutan  dan  jauh  dari  kawasan  penduduk  (  saat  itu  belum  tau  kalau  di atas  puncak  pananjakan  ada  pos  gardu dan  banyak  penjual  makanan  serta  Bensin) lagi  pula  ke  esokan  harinya  saya  harus  bekerja  ….  karena rasa khawatir  itu  maka  saya putuskan  balik haluan  ….  😈 

perjalanan  ke 2  dengan strategi  yang  berbeda  .  masih  riding  Tandem  dengan teman saya mengendarai  si  Riris ,  saat  itu  riding  saya  lakukan  sejak  sore hari  di  malam  hari libur  jadi  tal ada beban  harus  pulang  cepat cepat  ….  masih  melewati  jalur nongko  jajar yang  memang  sangat  aduhay  baik  pemandangan  alam,  hutan  alami  ,  maupun  parabolic  corner  aspalt jalanannya 🙂  …    tepat  melewati  titik  dimana  pada  journey  sebelumnya  saya  berhenti …  sore hari matahari hampir  menuju sunset    dan  kira kira  setengah  7  malam  saya  sukses  sampai  di  parkiran bibir  kawah  ..  namun  keadaan  sangat  gelap   ..  dan  belum  ada  bayangan seperti  apa  to  view  bromo  tersebut?  😆  dan  saat  itu  baru  saya  sadar  sebenarnya  titik  saat  saya  berhenti  pada  journey  pertama  hanyalah  berjarak 10km  sebelum  bibir  caldera  washembb  tenan  👿 

lanjut menuju  puncak  penanjakan yang  masih berjarak  6km parkiran  dari  bibir  caldera  menanjak  ekstrem  si  riris  pun  tanpa mengeluh  terus  tancap  menuju  puncak  menembus  kabut tebal yang super dinginnnnn !  meski  beberapa kali  harus  selip  kopling tangan  untuk  meraih  torsi yang lebih besar  :mrgreen:  saya pun bermalam  di sebuah  warung kopi di   puncak  penanjakan  hingga   sunrise tiba  waladalahhh  subhanalloh  ternyata  view  bromo  untuk yang pertamakalinya  bisa saya lihat  saat  itu  ..  sangat  menawan hamparan  karpet hijau  luas membentang  di dekeliling  kawah  lautan   pasir yang  kelilingi  gunung   

Journey  yang  ke  3 kalinya  bersama  siriris terakhir kali  saya  lakukan  dengan  jalur  yang  berbeda via  Probolinggo pada tahun 2009 ..   tak  lebih  menantang  dari  jalur  ekstrim Nongko jajar namun  tetap menawarkan  view  yang  aduhay  hijau  nan  indah  🙂 

melewati  tanjakan  yang  seperti gambar  di bawah  ini ?    #Enteng  Bagi  Si Riris   …   berboncengan  pun  tetap  ngacir   …  kalau  mulai  ngeden  tinggal  selip kopling tangan  :mrgreen:  ehh tapi  motor lain  bahkan  motor  sport  banyak  lhoh  yang  boncengernya  harus  turun  dijalanan  via  pananjakan  ini  …..  ga  percaya  buktikan  saja  pasti  bakal  menemui  pemandangan  tersebut  😛 

➡  Siriris  saat   lautan  pasir  on the  front  of  Batok Mounth   kondisi  si Riris  sudah  beberapa kali  fase  upgrade  modifikasi  …   engine = korek harian   step  awal  

sebenernya  masih  banyak  step perjalanan  si Riris…  he he   ……

Lha  dengan  hanya  menggunakan  Bebek  pun  saya  bisa menyusuri jalanan &  menemukan  tempat tempat  menakjubkan  ciptaan  Sang Khaliq …………   makanya  saya  bilang  Si Riris  ini  terlalu manis untuk dilupakan, di pindah tangankan di jual Dan sebagainya  …  terlalu  indah  dan  terlalu  Banyak  Kenangan bersamanya  :mrgreen:     *sampai  batas waktu yang tak ditentukan  😆

salam from warung DOHC

Wassalamu’alaykum  😉

Iklan

Tanggapan

  1. 1. Sipp

  2. Berhubung bung irfan jomblis lg vakum jd ane yg wakilin pertamaxx..sy blm pernah ke bromo mas kepengen bngt,.klo ke kebon binatang ragunan hampir tiap minggu 😀 soale sy tinggal di belakang ragunan 😀 he he

    • walahhhh pengen tuh mas ke ragunan … nyamperin anak gajah #nyenengin anak ku :mrgreen:

  3. Tinggal tunggu artikel transformasi Si riris jd mtor dual purpose :mrgreen:

  4. Mantaaap mas 😀

  5. Bagus emang kalo diliat dari penanjakan.. Si riris gak geol-geol selip mas waktu melintasi lautan asmara? Eh lautan pasir… 😀

    • kalau jalan stabil 30-50kpj malah ngacir mas , tapi begitu pelan, malah ambless deh ban belakang nya :mrgreen:

  6. weleh, kok yg banyak difoto malah GUNUNG BATOK mas, gunung bromo yg nyempil di belakang gunung batok malah terlupa,,
    eh saya juga pernah lewat tanjakan extrim itu, pake bebek 105cc boncengan (65+40kg) bisa juga kok, padahal yg lain dah pada turun, triknya cuma harus tepat saat oper gigi dan tarik gas, apesnya saat itu ada perbaikan jalan tepat di tikungan yg ada gambar pengendara motornya itu, yg banyak pasirnya, walhasil hampir tragedi :(, lepas dari pasir aspal, boncengan lagi nanjak lagi sampe habis, wkwkwkwk 😀

    • lhaaa emang yang lebih biutipul gunung batoknya mas 🙂

      iya tikungan tepat di foto tanjakan ter ekstrem itu rawan longsor kalau sehabis jujan.

      dan banyak biker kagok sampai motornya ga kuat nanjak boncengan :mrgreen:

      bebek 105 cc? crypton / vega old ya mas? motor tangguh tuj 🙂

      • yup si pega lawas punya adik, wkwkwkwk… selepas jalan yg rusak itu langsung boncengan lagi nanjak, plus ngeden 😀
        kalo yg gak biasa naik situ meskipun bawa pio/tiger/pulsar biasanya kagok,

  7. Romantika masa lampau sulit terlupakan.

  8. kasion si Riris..,teronggok spt barang tAK berguna..,padahal nilai sejarahnya tak ternilai 😦

    • cen kasian mas tunggu bangkit maning hehe

  9. Sori mas aziz, agak OOT dikit. Ngeliatin fotonya si riris, saya baru ngeh, ternyata velgnya depan jari2, belakang CW. Itu accidental atau emang sengaja dibuat begitu? Jarang liat yg kaya begitu soalnya. Sori kalo pertanyaan saya cupu :mrgreen:

    • ini motor memang level parah gonta ganti part modif mas , lihat foto no 1 itu beda lagi velg nya . velg depan yg racing udah berulang kali kena lobang ga papa , sampai akhirnta kena accident mleot dah 😆

  10. Touring ajib..

  11. BEBEK perkasa 😀

  12. nostalgia nih ceritane…. 🙂
    http://ardianfireblade.wordpress.com/2012/07/05/cbr-150-ban-cacing/

  13. Wah kalo tanjakan kayak gitu pake karisma ane (sutandar ting-ting) juga bisa tanpa selip kopling,caranya oper gigi lebih rendah (disarankan sih 2) sebelum naik ke tanjakkan,torsinya karisma itu badak lho,kalo di tanjakkan baru ada gejala gak kuat (mesin getar-getar gitu lho) baru turun gigi 1,insyaallah dijamin kuat,oh ya gas selalu dijaga sekitar 75% atau gas pol sekalian(salam dari rider gunung mas aziz)

    • kalo karisma gigi 2 di situ takut gak kuat, wajib gigi 1, apalagi bencongan, eh…boncengan maksudnya…
      soalnya jalannya gak mulus jadi harus pelan dan nanjak

    • @ bro Son & bro Simon salam juga dari pecinta gunung 🙂

  14. lah gon q motor semprot kok penak gawee nsnjak goncengan xixixixi

    • wooouuughhh sing semprot e big torque 😈

  15. berita terbaru sbelum kduluan iwb tmc,,, wkwk

    http://chozinahmad.wordpress.com/2012/07/05/bajaj-pulsar-200ns-batal-launching-tahun-ini/

  16. wah mantap touringnya mas.. salut.
    sy jg pakai legenda 97cc menjelajah kemana2 dulu..skrg meski sdh pakai r4 dan batangan, si legend tetap dipelihara orisinal gak dijual (dijual jg gak seberapa hehe). :mrgreen:

    • manteb legenda nya om indiran! 🙂

  17. Tapi kalo Jakarta-Bromo berapa jam ya mas,soalnya saya pengen banget turing naik bromo PP pake motor Supra helm-in 125.

    • jakart- bromo saran saya , ambil titik tengah nya untuk istirahat bermalam ( tidur ) , di jogja mas , terlalu jauh jika dilakukan non stop trip .. sebagai perkiraan rata rata dalam kondisi lancar , jakarta- jogja = 10-12 jam , jogja- bromo 9-10 jam :),

  18. dadi pengen turing….

    • ayo touring mas 🙂

      • kalo saya sekarang ini turingnya di kasur (turu miring)
        😀

      • whoooo :mrgreen:

  19. pengen dah ndlosorrr di pasir bromo hehe

    • haiyo segera selenggarakan mas 🙂

  20. akapan ya bisa ke bromo 😦

  21. muasyallah, Kueren banget. jd pengin cpt2 hunting foto ke Bromo.
    it swing arm riris nya cakep jg.. custom y?

    • swing arm Moto R thailand mas 🙂

  22. Jadi inget iklannya Pulsar
    Katakan pada produsen Pulsar, lelaki sejati … businya satu! 😀

  23. 4 tahun yg lalu.
    Solo-Bromo naik Vario boncengan ama Teman..
    Kangen Broomooooo…

  24. apik eh, pemandangane 😮

    http://lovemybike.wordpress.com/2012/07/05/test-ride-cs1-rasa-penasaran-pun-terobati-d/

    • jelass to, kapan piksen mu tekan kene? :mrgreen:

  25. maknyus

  26. apik pemandangane…swing arme riris keren.bolong2

    • arm moto R thailand mas 🙂

      • tak kiro SUPERTRACK

  27. Mas jogja – malang enakan jalur sragen-ngawi / kranganyar-magetan / wonosari-trenggalek mas?
    Kbiasaan lewat karanganyar-magetan soalnya cz jalan spi. 😀

    • paling cepat ya via sragen ngawi nganjuk mas, tapi kalau mau menikmati pemandangan ya via karaganyar-cemoro sewu gn lawu- magetan-madiun , lewat trenggalek bagus juga tapi jauh # aku dah khatam semua 3 jalur tersebut 🙂 heheh

  28. Kenangan yg berkesan sama motornya nih.
    Aku juga pengen ke Bromo, tapi lom sempat bro … 😦

    http://nofgipiston.wordpress.com/2012/07/05/berbagai-gambar-modifikasi-vixion-berfairing/

  29. wah, ceritane mantep mas..
    jadi pengen ke bromo. 🙂

    • selama ini udah 8 x ke bromo , mas ….. salah 3 nya pakai si riris ini 😛

  30. Petualangan yang menarik bos 🙂

    Nama Motornya keren 😀

  31. mas tolong bwtin artikel khusus sejarah modifikasi siriris syukur2 bisa detil. bwt inspirasi modif hsx

    • oke mas nanti tak beberin spek modif si Riris hehe 🙂

  32. subhanaAllah, sungguh beutiful
    mantep mas, ijin menyimak dan nitip sebuah renungan
    http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/07/06/dan-ternyata-itu-mudah/

    terima kasih

    • mnggo mas tulisan anda bagus 🙂

      • alhmdulillah….

  33. wah ngiler dah pemandangannya!
    moga aja kedepan bisa turing ke sono!

    http://megalodon150.wordpress.com/2012/07/06/stang-jepit-poer-patah-gan/

    • siph mas semoga bisa kesampaian ….. aku baru 8 x kesana 🙂

  34. mengingat masa lalu… ketika perut belum sebesar sekarang… hhmmm…

  35. coba sekalian lewat jalan belakang gunung bromo yg tembus ranupani, mantep mas, ngeliatin pemandangan gunung laksana di bukit teletubbies, plis pemandangan permadani hijaunya, biasanya anak trail sering lewat jalan malang/pasuruan>pananjakan>bromo>ranupani>lumajang, jos banget…

    • nahhh itu dia mas 8 x ke sono cuma via ranu pane thok yang aku belum kesampean hiks pengen sekalian liat danau di kaki semeru mas hikss durung kesampean rek 😦 … kapan2 ahh kalau udah punya super moto kesana via jalur malang-kepanjen

      #kalau cuma liat padang savana dibalik bromo dah pernah aku mas pas ketemu sama Gus Triatmono & om taufik TMC & mnah Edo pas launching Byson 🙂

      • sip, ranu pani yg paling sip ya bawa trail, bawa bebek/matic cuma nyiksa aja, wkwkwk…danaunya sih biasa bro, kalo pas apes cuma liat danau yg penuh ganggang, ada 2 danau yg berdekatan di ranupani, tapi yg paling bagus itu ranu kumbolo, harus jalan kaki 3jam dari ranupani, (pernah nyampe pas ada pendakian bareng) tempatnya di jalur pendakian,,,

        semoga kesampaian mas bro dan semuanya,, bagus lho kaya di eropa, wkwkwk 😀 foto di google dijamin lebih jelek dari aslinya

  36. subhanallah pemandangannya

    • nahhh iki arek majang tapi belum pernah ke bromo , #terrrlaaalluu :mrgreen:

    • wooh, lumajang toh, aku dulu sering liwat lumejeng, 😀

  37. hebatttttt
    ‎. males sms
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/07/06/astra-honda-customer-care-sms-pakai-auto-reply-terlalu/

  38. Riris tetap setia awalu sudah di “madu”
    :mrgreen:

  39. Riris tetap setia walau sudah di “madu”
    :mrgreen:

  40. tau ndlosor, tapi ambek sopo yo? :mrgreen:

    • oughh sama rider yang belum gape naklukin Pio di pasir iku ta? #kelingan :mrgreen:

      • wasemmm… ngenyek. :p

  41. subhanallah..apik pemandangan e..tur riris tangguh tenan..supraku kalah kui.. 😀
    kopling tangan e ngracuni je mas..efek negatif e akeh gak?nek touring luwih butuh torsi soal e.. 😀

    • aghehehe , efek negatif kopling manual , ya korban kampas sentrifugal di las titik, trus suara bak kopling jadi kasar glek glek gitu mas nek pemakaian udah agak lama 🙂 but overall mantaB

  42. pantes turun mesin orang diajak kesonoh kemarinya jalanannya extream :mrgreen:

  43. mangstappp broo

  44. promo motor sekalian 😀

    • wahh ada kuncen bromo nih mampir disini 😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: