Saya baru mengerti saat beberapa waktu yang lalu bongkar system cluth yamaha vixion….. bahwa bushing rumah kopling vixion yang menyatu dengan gear primer berbahan dari logam kuningan , berbeda dengan kebanyakan rumah kopling pada motor lain yang rata rata bushingnya menggunakan material baja hardener
Sepanjang yang saya mengerti Kuningan adalah logam yang merupakan campuran dari tembaga dan seng.
Tembaga (Cu)
merupakan komponen utama dari kuningan, yang dipadu dengan seng (Zn) dengan kadar yang bervariasi sesuai kebutuhan ,Kuningan lebih kuat dan lebih,keras daripada tembaga,tetapi tidak sekuat atau,sekeras seperti baja ,namun kuningan lebih tahan terhadap korosif dibanding baja
Lalu kenapa yamaha lebih memilih bahan yang bisa dikatakan lebih lunak daripada besi baja? Padahal kerja gear primer beserta rumah kopling termasuk berat lho mentransfer tenaga putaran crank shaft ke gear rasio transmisi selanjutnya menuju roda belakang!
Untuk hal seperti ini saya jadi teringat kasus si Riris 125 yang bushing house cluth nya macet terhadap crankshaft sehingga kopling tidak bisa di rellease …
Dari material bushing gear primer vixion yang berbahan kuningan dan bisa dibilang lunak …. saya bisa sedikit menarik kesimpulan,
Kuningan bersifat licin & memiliki koefisien gesek yang lebih kecil dari pada baja … (apalagi melihat bushing pada vixion ini terdapat banyak profil pori pori untuk memudahkan pelumasan) namun saat kuningan terkena perlakuan panas berlebih maka daya tahannya akan menurun …
Seprinsip dengan mesin2 italy yang tiap hari saya tangani… dimana pada setiap transfer moving pada gear transmisi selalu ada salah satu titik yang harus dikalahkan (aus) ketika terjadi jam atau tegangan(stress) berlebih., pada material yang berputar … hal ini untuk menghindari kerusakan yang lebih parah ketika bushing & shaft hingga macet …..
Berbeda ketika ke2 material yang bergesekan adalah berjenis sama (baja dengan baja) maka saat mengalami stress dan panas berlebih, besar kemungkinan akan mentebabkan macet
Sementara karena kekuatan kuningan yang dikalahkan ketika terjadi beban gesek berlebih & menurunnya daya tahan saat menerima panas berlebih …. barangkali bushingnya kalau sudah terasa kocak / oblakk, ya terpaksa harus di perbaharui…. bisa juga suara ”glek -glek- glek” yang timbul karena bushing tersebut clearence nya sudah besar
Hmmmm mungkin mas bro yang lebih ahli dalam bidang material bisa mengkoreksi & berdiskusi 😉
Salam from warung DOHC
wassalamu ‘alaykum
nek sama kuat kalo berantem masuk rumah sakit semua
By: mas wahyu on Juli 21, 2012
at 1:00 am
lhaiyo……. ehh ngomong2 kok komentar no 123, ngilang kemana yo? 🙄
By: warung DOHC on Juli 21, 2012
at 1:24 am
pencerdasan ngotomotip
http://chezzy1987.wordpress.com/2012/07/21/10-tempat-paling-unik-dan-aneh/
By: alice pngen ..... on Juli 21, 2012
at 10:04 pm
nitip lapak oom….
http://chezzy1987.wordpress.com/2012/07/20/perusahaan-perusahaan-hebat-yang-dibangun-alumni-apple/
By: alice pngen ..... on Juli 21, 2012
at 10:10 pm
wahduh mumet tenan mas. berat banget pembahasannya pas mau sahur gini
By: anggiwirza on Juli 21, 2012
at 1:20 am
asal jangan telat imsak, gara gara ngunyah santap sahur sambil mikir material bahan kuningan
By: warung DOHC on Juli 21, 2012
at 1:23 am
ehh WP eror, koment bro Utuh ngilang kemana yo? 🙄
*ini akibat kalo shaft & gear primer macet ➡ https://azizyhoree.wordpress.com/2012/06/12/penyebab-macet-nya-kopling-si-riris-125/
By: warung DOHC on Juli 21, 2012
at 1:29 am
Belum berani bongkar sendiri.
By: Blacketel on Juli 21, 2012
at 1:52 am
serahkan ke bengkel kepercayaan , saja mas 🙂
By: warung DOHC on Juli 21, 2012
at 1:54 am
Pake kuningan? Cari murah itu mah…
By: sinbe on Juli 21, 2012
at 2:13 am
whoooaaa??? #ga ikutan ………………. ente yg bilanng lohhhh
By: warung DOHC on Juli 21, 2012
at 2:19 am
bukannya lebih mahal ya? dan kuningan itu setahuku ada beberapa level, mulai kuningan biasa sampai kuningan yg bisa bersifat licin karena permukaannya seakan2 bisa mengeluarkan zat semacam pelicin (kuningan swedia setahu saya)
By: joko on Juli 21, 2012
at 3:57 am
yaps benar mas, kuningan banyak kelas nya, semakin banyak campuran zn akan merubah warna & kekerasan , jika dicampur bahan khusus hingga prosentase tertentu akan mrnambah kekuatan …. tapi semakin mahal tentunya 🙂
By: warung DOHC on Juli 21, 2012
at 5:04 am
mosok sih mas?
Nang tukang loak, kuningan diregani 45-65rb/kg.
Besi & baja cuma 4-6rb/kg.
By: frontdiskbrake on Juli 26, 2012
at 2:38 pm
waahh waahhh parah ni giliran pertamax kok ngilang… >.<
By: utuh on Juli 21, 2012
at 2:22 am
wahhhh sory bery mas bro, tadi WP nya error jadi Double post
, nanti dech sekitar jam 07:30 pagi bisa nyoba pertamaxx lagi 😛
By: warung DOHC on Juli 21, 2012
at 2:31 am
wew. Ono modele ?
http://areeya2.wordpress.com/2012/07/21/ktm-duke-200-motor-mahal-rawan-maling/
By: Ari CX Rider on Juli 21, 2012
at 2:31 am
yo i , my lovely girl 😳
By: warung DOHC on Juli 21, 2012
at 2:31 am
Kalo jupiter mx pake kuningan apa baja kang?
By: Sinjo on Juli 21, 2012
at 3:47 am
aku belom bongkar mas, coba apakah ada yg bisa jawab? 🙂
By: warung DOHC on Juli 21, 2012
at 3:53 am
bukan kuningan bos,tapi dari coran semen :)..tapi ada yang modif bikin sendiri dari gandum/terigu
By: dukun cabul internasional on Juli 21, 2012
at 12:47 pm
we disinyalir bahan baku kuningan tersebut merupakan material dari gong yang didaur ulang dengan cara dicairkan dengan suhu yang sangat tinggi menggunakan teknologi foget piston
By: sotoyner on Juli 21, 2012
at 3:57 am
walahhhh piye iki?
By: warung DOHC on Juli 21, 2012
at 5:06 am
pusiiiingg masss……
By: kiidu on Juli 21, 2012
at 4:00 am
aspirin mana aspirin?
By: azizyhoree on Juli 21, 2012
at 5:29 am
Kuningan Cirebon Jakarta
sahur… sahuurr…
By: fitready on Juli 21, 2012
at 4:09 am
itu mah jalur Bus kuning ” Luragung ”
By: azizyhoree on Juli 21, 2012
at 5:29 am
hebatt, honda kalah kayaknya soal ini , hmmm
http://pertamax7.wordpress.com/2012/07/21/marhaban-ya-ramadhan-1433-h/
By: ipanase on Juli 21, 2012
at 4:30 am
tanyakan YBS
By: azizyhoree on Juli 21, 2012
at 5:28 am
yang jelas insinyur perancangnya lebih pinter…
By: kangtoyib on Juli 21, 2012
at 4:43 am
kalau itu mah wajiB
By: azizyhoree on Juli 21, 2012
at 5:25 am
klo ngeliat fungsinya sebagai bushing clutch yg harus bisa tahan gesek, penggunaan matrial kuningan dah tepat coz kuningan punya sifat self lubricated. tp mesti diingat juga yg dicari bukan cuma tahan gesek tp juga kuat nahan gaya tekan clutch waktu posisi idle, disini jelas material baja lebih baik.
so … imho .. jauh lebih mudah dan murah klo material bushing pake baja harden yg tahan gaya tekan, dan finish surface grinding (<n7 ato segitiga 3) supaya tahan gesek dari pada pake kuningan yg tahan gesek tp tidak terlalu baik nahan gaya tekan (kekerasan kurang) coz sulitnya proses hardening kuningan yg pastinya lbh mahal secara cost.
By: chi on Juli 21, 2012
at 4:47 am
btw … salam hangat buat de anis .. hehe
By: chi on Juli 21, 2012
at 4:49 am
mantaB ….. salam balik buat om chi junior 😀
By: warung DOHC on Juli 21, 2012
at 5:09 am
Campuran perbandingan bahan untuk membuat adonan harus tepat, pilih daging dan tepung dengan kualitas terbaik biar mak nyuss..
By: monde on Juli 21, 2012
at 5:04 am
hasyahhhhh, harga daging lagi mundak lik !
By: azizyhoree on Juli 21, 2012
at 5:26 am
Pakde DOHC emang setiap hari nanganin mtor italy apa pak de?
Maap nih belum tahu sejarah nya warung pak de. .
Hehe
By: zhe on Juli 21, 2012
at 5:25 am
wahhh hmmm jadi malu 😳
aku lulusan mechanical otomotive yang terjerumus di automatic packaging machinery mas
By: azizyhoree on Juli 21, 2012
at 5:28 am
setau saya,honda c70 tahun 1975,bushingnya juga kuningan, lho..
By: Bakulkangkung Jpr on Juli 21, 2012
at 6:29 am
si pitung ……. ada juga yang memanggilnya si wungkul 🙂
By: warung DOHC on Juli 21, 2012
at 7:01 am
ra patio mudeng mas,
tapi aku sepakat karo pendapate njenengan nek ono 2 roda logam bertemu salah satu harus dibuat kalah untuk antisipasi kerusakan yang lebih besar disaat overload . . .
jadi inget transmisi truck yang rontok. . .
keep brotherhood,
salam,
By: sabdho guparman on Juli 21, 2012
at 8:43 am
Sangat menginspirasi sekali.. Menulislah Selagi Kita Masih Bisa Berkarya.. 🙂 Semangat..
By: ratna widiyanti on Juli 21, 2012
at 9:20 am
berat kie,, no coment lah,,,
http://chozinahmad.wordpress.com/2012/07/20/di-jalan-bergelombang-yamaha-xeon-bunyi-cekrek-cekrek/
By: Nichoz Ahmad on Juli 21, 2012
at 9:49 am
hmm, emg sdh diprhitungkn ama enjinernya..
By: Gogo on Juli 21, 2012
at 10:42 am
mungkin karakter kuninganlah yang membuatnya dpilih, karena mungkin jga disesuaikan dengan karakter mesin Vixi itu sendiri 🙂
By: shogun110tromol on Juli 21, 2012
at 12:48 pm
Seorang Istri yang ditinggal suaminya bertugas……………….. #edited sory bro ane sensor yo 😛
By: dukun cabul internasional on Juli 21, 2012
at 12:50 pm
yach, kok disensor?
saru yo mas?
By: hgt on Juli 22, 2012
at 1:28 am
iyo ketoke mas
By: warung DOHC on Juli 22, 2012
at 2:18 am
Kuwi gir sekunder to lik?
By: Sonicboyz on Juli 21, 2012
at 1:07 pm
sik aku ngantuk banget 😆 , iku gear yg nancep di crank shaft ….. pasangane gear counter shaft
By: warung DOHC on Juli 21, 2012
at 1:14 pm
“Seprinsip dengan mesin2 italy yang tiap hari saya tangani…”
^ mainannya ducati sama ferrari..
By: kankkunk on Juli 21, 2012
at 1:40 pm
^ mesin yg g bisa menggelinding 👿
By: warung DOHC on Juli 21, 2012
at 1:42 pm
memang lebih aman, tapi resiko yang dialami pengguna adalah lebih sering oblak.
sama dengan matik yang laher cvt ditambah kuningan, kalo beban ringan mungkin awet, tapi kalau beban selalu berat akan lebih sering oblak yang berakibat suara kasar. solusinya yaa tanpa kuningan biar lebih awet.
By: ms on Juli 21, 2012
at 3:16 pm
Baru tahu tu …
Dikasih kampas kopling racing Scorpio aman ta ?
http://nofgipiston.wordpress.com/2012/07/20/aneka-gambar-modifikasi-motor-bergaya-street-fighter/
By: Nofgi on Juli 21, 2012
at 8:44 pm
kata2nya kang buat inget mata kuliah elemen mesin ama mekanika teknik aja kang,,,,
By: tombiez on Juli 21, 2012
at 10:31 pm
walahhhh … aku sering ngatuk tuh pas kuliah tersebut
By: azizyhoree on Juli 21, 2012
at 11:23 pm
apakah sama dg bunyi glek..glek pada karisma series?
By: EISCELL on Juli 22, 2012
at 4:35 am
btw umur pinten mas putrine?
By: EISCELL on Juli 22, 2012
at 4:38 am
dik annis sekarang ah 3thn mas 🙂
By: warung DOHC on Juli 22, 2012
at 9:31 pm
weh seumuran anakku jg tuh… masih playgroup
By: EISCELL on Juli 23, 2012
at 3:18 pm
wis bahasane material teknik kie.
wes nyerah deh, ngambil 2 sks ngulang lagi malah nilai tambah ancur. 😦
By: nunk iman on Juli 22, 2012
at 12:59 pm
xixixi
By: warung DOHC on Juli 22, 2012
at 9:31 pm
Apakah ini yg menyebabkan suara brisik pada mesin vixy..??
(bila sudah aus)
By: Rossifumi on Juli 22, 2012
at 9:05 pm
kalau patokanya aus.. ya besar kemungkinan menimbulkan suara abnormal mas 🙂
By: warung DOHC on Juli 22, 2012
at 9:33 pm
selain bushingnya yng dari kuningan, juga karena damper antara kopling house n gigi sekunder yng menggunakan karet sehingga cepet kalah n menimbulkan suara glek..glek..glek.. pada bagian kalter kanan vixion.. biasanya menyerang vixi yg usia nya 2thun ke atas . cmiww imho
By: kenthoet on Juli 23, 2012
at 8:21 pm
ya, kerena kuningan lebih mudah bersifat licin dari pada baja, dan untuk hal logam yg harus dikalahkan memang itulah salah satu alasannya. di kapal lautpun juga menggunakan logam yg dikalahkan untuk menghindari karat.
setahu ane kuningan yg untuk bushing itu biasanya ada 3 macam, entah lupa apa namanya, mulai kuningan biasa, campuran hingga kuningn yg paling keras (udah mirip besi) dan bisa menghasilkan semacam pelicin ketika bergesekan dengan logam lain. dari swedia kalo gak salah, (lupa, dah lama :D)
By: pak tarno on Januari 5, 2013
at 6:03 pm
Salam kenal.. mau tanyaa motor scorpio sdh diganti karet koplingny tapi masih bunya…apakah boshingnya yang bermasaalh…apakah bs diganti dan apakah ada yang jual boushingnya, brapa harganya… terimakasih
By: budy2382 on Januari 19, 2013
at 8:37 pm