Yaps si paijo yang produksi tahun 2005 hingga 2012 belum pernah sekalipun ganti kabel kopling ( awet yo?) 😆 , namun ciri ciri akan minta jajan sudah ada tanda tandanya, yakni saat tuas kopling ditarik berat serasa motor drag yang mengadopsi per kopling racing, padahal tidak
Hingga suatu saat pas sepulang kerja tiba tiba ” diessss” putus lah kabel kopling si paijo 👿 , yang membuat serasa naik CBR matic 😆
Nah set kabel kopling original CBR buatan thai lumayan harganya sekitar 120 rb lebih …. itu juga kalau dealer ready stock… nah kalau mas bro kejadian kabel putus sedang dalam perjalanan … monggo simak tips murah meriah nya ….
Silahkan cari kawat inner kopling Vespa yang serba guna & murah meriah .. cukup sediakan Rp5.000-10.000 , jangan lupa beli baut pengait (nipple) paling 1000-2000 saja …. nah karena kabel vespa terlalu panjang maka ikuti langkah berikut
Lepas kawat inner bekas yang putus, sekalian semprot selongsong kawat dengan carb cleaner & lumasi dengan oli , ukur dengan kawat baru & potong dengan tang potong sesuai ukuran / diberi space sedikit …..Masukkan kawat dari posisi kabel bagian bawah … kabel yang ada pengait bawaannya dipakai pada lever kopling pada block mesin kopling
Sedangkan bekas kawat yang dipotong berada di tuas kopling pada stang, dengan terlebih dahulu dipasang baut pengait pada ujung bekas potongan kawat hingga kencang …. setelah masuk ke tuas, lakukan penyetelan jarak main & jarak bebas penarikan kopling hingga feel yang dirasa nyaman, bisa dengan baut penyetel di tuas bisa juga dengan penyetel yang berada di bawah ….
Tips ini bisa dilakukan sama dengan motor berkopling lainnya.. & lumayan efektif, murah meriah, serta rata2 tahan hingga kurang lebih 1tahun pemakaian , asal cara pemasangan benar 🙂
Cesssss greng lagi dech, mana kopling jadi ringan gila “!
Motor boleh premium class mahal , tips perawatan harus tetap merakyat , silahkan di coba / buat stock cadangan
salam from warung DOHC
Wassalamu’alaykum 😉
mantep lek,,,,,,nek ninja 250 pie
By: ipanase on Juli 26, 2012
at 9:02 pm
mantep lek,,,,,amit2 jo ngasi pedot neng ndalan
http://pertamax7.wordpress.com/2012/07/25/ban-cacing-diyakini-menambah-performa-sepeda-motor-walau-dengan-konsekwensi-semakin-cepat-ke-kuburan-syerem/
By: ipanase on Juli 26, 2012
at 9:03 pm
yo buat antisipasi wae … refrensi kawat vespa pancen oye 😈
By: warung DOHC on Juli 26, 2012
at 9:17 pm
Baut tambahan di pasang pada tuas rem?
Mungkin maksud’x tuas kopling kali y.
By: Izuaf on Juli 26, 2012
at 9:05 pm
walah ngedit gambarnya sambil ngantuk, thanks mas di koreksi 🙂
By: warung DOHC on Juli 26, 2012
at 9:15 pm
jangan2 rem sipaijo masih tromol nich handle remnya pake ginian.. xixixi.. artikel onde2 dunx? ahm dah kasih bocoran tho
By: EISCELL on Juli 27, 2012
at 10:30 am
“… serasa naik CBR matic… ”
wkwkwk…..
berarti dibalik ya mas?
By: axo92 on Juli 26, 2012
at 9:14 pm
dibalik pemasanganya mas, soale baut pengait tambahan kadang ga masuk ke lever di bak kopling ….
iya CBR matic, it’s ok saat sifting gear, tapi sangat menyiksa saat di perempatan / kemacetan
By: warung DOHC on Juli 26, 2012
at 9:21 pm
asik tambah ilmu.. 🙂
lha nek pas di perempatan gimana tu mas? 😯 😕
By: axo92 on Juli 26, 2012
at 9:33 pm
SIPP BRO AZIZ
ARTIKEL YANG MENARIK
AKAN SAYA SAMPAIKAN SAMA TEMAN SAYA
MOTORNYA SAMA DENGAN BRO AZIZ
WAH DIA PASTI SENANG TERNYATA ADA PAKET HEMATNYA
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/07/bila-new-vixion-terbantai-honda-teralis.html?m=1
By: yudha depp on Juli 26, 2012
at 9:32 pm
monggo 😛
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 3:42 am
vixi ane juga pake vespa juga bro..murah meriah tapi lumayan kuat
By: vixy182 on Juli 26, 2012
at 9:33 pm
nah kan?, siph 🙂
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 3:44 am
nek sedia kawat bendrat py,,, xixixi
http://chozinahmad.wordpress.com/2012/07/26/menerawang-spesifikasi-mobil-listrik-super-sport-dahlan-iskan/
By: Nichoz Ahmad on Juli 26, 2012
at 9:33 pm
walahh kawat bangunan 😆
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 3:42 am
Motor inden, spare part nya jiga inden.
By: fitready on Juli 26, 2012
at 9:35 pm
kadang2 gitu
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 3:49 am
pernah pake kabel vespa ini di scorpio, ga sampe 1 minggu uda putus lagi…
apa dapet le murahan yo? 😆
By: pionize on Juli 26, 2012
at 9:35 pm
cara pasang harus benar mas, dan saat memasang jangan lupa selongsong dilumasi biar enteng tarikannya , jangn sampai di selongsonya aja udah berat apalagi kena beban kopling 🙂
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 3:41 am
mas aziz, nanya dong kilometer CBR nya dah berapa? 😀
By: kamil on Juli 26, 2012
at 10:02 pm
50.996 km mas 🙂 , jarang pakai, tapi sekali nya pakai jalan jauh
By: warung DOHC on Juli 26, 2012
at 11:34 pm
punyaku udh 8123 mz aziz….( g nanya.com)
By: ariipod on Juli 27, 2012
at 10:47 am
hayyah
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 1:24 pm
sip infonya, klo bepergian jgn lupa bawa stok kabel kopling neh. bwt jaga2..
By: Gogo on Juli 26, 2012
at 10:18 pm
rata 2 yang udah ngerti kegunaan kabel inner vespa gitu mas 🙂 pada bawa stock
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 3:40 am
waduh… Om2… Ganti kopling hidrolik dong…. Biar keren……, wkwkwkw…. Emang klu sistem hidrolik tu seberapa mahal seberapa ribet sih….? Pengen tau juga nie… Ato sekalian diulas buat artikel….!
By: e63 on Juli 26, 2012
at 11:24 pm
kalau yang original kayak bawaan Ducati ya mahal banget mas , tapi kalau bikinan sendiri memanfaatkan master brake system bisa terjangkau , aku pernah bantu temen bikin Tugas akhir dulu tahun 2007 an di pasang di thunder 🙂
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 3:39 am
mantaff nih tipsnya..
By: fresh and fresh on Juli 26, 2012
at 11:40 pm
siph 🙂
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 3:39 am
wuiihhh..josszzzz
By: tovavanjava on Juli 26, 2012
at 11:42 pm
jozz lik piye kabare ?
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 3:37 am
jossszz murahe…. 😆
griyane sampeayan kerawang pundi..?? nak mudik ngetan tak mampir…oleh ora..?? 😀
By: tovavanjava on Juli 27, 2012
at 12:19 pm
aku teluk jambe mas, deket galuh mas , monggo mampir aja aku masih tanggal 16 tengah malam le mudik 🙂
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 1:50 pm
waladala nang teluk jambe trnyata. Konco q yo nang kono mas. Aku yo sering dulin tp gk eruh alamate. Pokoke nang perumnas ngono. Tp rumahku nang tangerang. Wah kpn2 aku arep silaturahim nang omae jenengan nggeh…
By: anaksehat on Juli 28, 2012
at 10:12 pm
siph kapan2 mampir cak bro 🙂
By: azizyhoree on Juli 29, 2012
at 7:39 am
mantep nie ,.,.buat kabel kopling cadangan,,.
By: kharis27 on Juli 27, 2012
at 12:19 am
siap siaga 🙂
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 3:35 am
premium class? tai ucing..
By: 4aja on Juli 27, 2012
at 1:39 am
bau bro
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 3:17 am
mantap..saya juga nyetok bawah jok.. kabel kopling vespa plus nippel cuma 7000 perak aja
By: Papa Afnhy on Juli 27, 2012
at 3:07 am
NAH KAN manteb , udah sampai belum titipan ku om ? 😛
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 3:18 am
ini dia part motor vespa yg paling laris, semua motor laku di indonesia kayanya bisa dipasangi gituan, btw gak usah dibalik juga bisa, saya pernah pasang gituan nipelnya saya masukin ke cantolan tuas kopling di bak mesin, aman deh.
By: joko on Juli 27, 2012
at 3:51 am
lever cluth CBR 150 sempit mas e , kalau dikait sama nipple tambahan yang berupa baut + mur silindris ga muat 🙂
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 5:10 am
byk yg palsu kbel kopling vespa skrang….susah bedainnya….
By: IPY on Juli 27, 2012
at 3:58 am
iya sich mas, yang palsu agak getas tapi
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 5:10 am
nek aku dulu pake kabel vespa abal2 5000 , tapi yg sy potong yang di sisi mesin… ukurane dipaske, masukin nut 6mm lalu nut itu dipalu mpe menjepit kabelnya… nah sisa dibelakang nut sekitar 1cm tuh dibengkokin biar tambah kuat cengkraman nutnya
By: iwak tempe on Juli 27, 2012
at 7:20 am
anda benar , nek ga nemu nipple baut pengait bisa pakai nut 6 mm , selain di palu bisa juga di japit Tang keras keras 😛
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 7:33 am
sip ajib,..bisa buat stok di jalan 😀
By: Aa Ikhwan on Juli 27, 2012
at 7:54 am
siph buat cadangan 🙂
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 8:21 am
tau nyobo neng vixion mayan irit 30ewu
By: juniperxt on Juli 27, 2012
at 8:18 am
mayan to mas, sing penting masangnya pas 🙂
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 8:20 am
wow…dengan biaya yg sangat minim kabel kopling honda cbr nya dapat teratasi..hehehe motor mahal perawatannya merakyat sip sip sip
By: aina on Juli 27, 2012
at 10:37 am
siphh 🙂
By: warung DOHC on Juli 27, 2012
at 1:53 pm
Pakai kabel kopling tiger jg bisa, meskipun kepanjangan, pnp
Harga 35rb
By: kredit motor on Juli 27, 2012
at 3:07 pm
siph info nya mas bro 🙂
By: azizyhoree on Juli 31, 2012
at 1:05 pm
jaman dulu waktu masih pake gl pernah ngalami beginian, kabel kopling putus pas malam2 pula, yang ada cuman tukang tambal ban, ndilalah punya kabel kopling vespa, langsung bisa ngacir lagi
By: rifqi on Juli 28, 2012
at 3:31 pm
buat cadangan alternatif memang siph 😛
By: azizyhoree on Juli 31, 2012
at 1:05 pm
Bagusnya sih nggak usah nunggu putus bro.
Pokoknya kalo udah 5 tahunan langsung ganti aja tuh kabel kopling.
Saya dulu lakukan pada Megapro saya, barusan Scorpio saya juga saya ganti walaupun kabelnya masih bagus dan tarikan koplingnya masih enteng.
Soale resikonya kalo putus di jalan nggak imbang sama harga kabelnya.
Safety first bro!
Buat kabel gas juga sama, nggak usah nunggu sampe nyanthol dulu bro.
By: eko354 on Juli 30, 2012
at 7:44 am
mantaB mas, e masuk akal, mencegah memang lebih baik 😉
By: azizyhoree on Juli 31, 2012
at 1:05 pm
Mas aziz oot dikit neh
mo nanya boleh kan?
Tau ga harga stiker di fairing atas cbr 150 yg 2008 mas?
Soalnya fairing atas saya br tak cat n stikernya dah rusak
sekalian kalau windahield nya tau harganya mas?
Makasi mas?
—
http://www.dk8000.co.nr
By: SuRyA on Juli 30, 2012
at 1:54 pm
bentar mas tak cari info.. kalau yang original mahal mas soal e 🙂
By: azizyhoree on Juli 31, 2012
at 1:03 pm
aku pake kabel Kopling Vespa gak kuat mas 😦
di pakein di Shogun SP gak nyampe 2 bulan udah putus lagi
By: Satrio_G on Juli 31, 2012
at 4:06 pm
mungkin kedapatan yang KW parah mas 🙂
By: warung DOHC on Juli 31, 2012
at 4:20 pm
mungkin harganya juga murah sih cuma 7000rb udah terima beres
By: Satrio_G on Juli 31, 2012
at 4:36 pm