Oleh: azizyhoree | Juli 26, 2012

Kabel kopling CBR 150 /250 putus? , ini dia trik murahnya!


Yaps  si paijo yang produksi tahun 2005 hingga 2012  belum pernah sekalipun ganti kabel kopling ( awet yo?)  😆      , namun ciri ciri akan minta jajan sudah  ada tanda tandanya,   yakni saat tuas kopling ditarik  berat serasa motor drag yang mengadopsi per kopling racing,  padahal tidak  :mrgreen:

image

Hingga suatu saat pas sepulang kerja tiba tiba ” diessss”  putus lah kabel kopling si paijo 👿  , yang membuat serasa naik CBR matic  😆

Nah set kabel kopling original CBR buatan thai lumayan harganya sekitar 120 rb lebih ….  itu juga kalau dealer ready stock…  nah kalau mas bro kejadian kabel putus  sedang dalam perjalanan … monggo simak tips murah meriah nya ….

image

Silahkan cari kawat inner kopling Vespa yang serba guna & murah meriah  .. cukup sediakan  Rp5.000-10.000  ,  jangan lupa beli baut pengait (nipple) paling 1000-2000 saja ….   nah karena  kabel vespa  terlalu panjang maka ikuti langkah berikut

image

Lepas kawat inner bekas yang putus, sekalian semprot selongsong kawat dengan carb cleaner & lumasi dengan oli  , ukur dengan kawat baru & potong dengan tang potong sesuai ukuran / diberi space sedikit …..Masukkan kawat dari posisi kabel bagian bawah … kabel yang ada pengait bawaannya  dipakai pada lever kopling pada block mesin kopling

Sedangkan bekas kawat yang dipotong berada di tuas kopling pada stang,   dengan terlebih dahulu dipasang baut pengait pada ujung  bekas potongan kawat hingga kencang  ….  setelah masuk ke tuas,   lakukan penyetelan jarak main & jarak bebas penarikan kopling hingga feel yang dirasa nyaman,    bisa dengan baut penyetel di tuas bisa juga dengan penyetel yang berada di bawah ….

Tips  ini bisa dilakukan sama dengan motor berkopling lainnya..  & lumayan efektif,   murah meriah,   serta rata2 tahan hingga kurang lebih 1tahun pemakaian , asal  cara  pemasangan  benar  🙂

Cesssss  greng lagi dech,   mana kopling jadi ringan gila “!  :mrgreen:

Motor boleh premium class mahal ,   tips perawatan harus tetap merakyat  :mrgreen:   ,   silahkan di coba / buat  stock cadangan

salam from warung  DOHC

Wassalamu’alaykum  😉


Tanggapan

  1. mantep lek,,,,,,nek ninja 250 pie

  2. Baut tambahan di pasang pada tuas rem?
    Mungkin maksud’x tuas kopling kali y.

    • walah ngedit gambarnya sambil ngantuk, thanks mas di koreksi 🙂

    • jangan2 rem sipaijo masih tromol nich handle remnya pake ginian.. xixixi.. artikel onde2 dunx? ahm dah kasih bocoran tho

  3. “… serasa naik CBR matic… ”
    wkwkwk….. :mrgreen:
    berarti dibalik ya mas?

    • dibalik pemasanganya mas, soale baut pengait tambahan kadang ga masuk ke lever di bak kopling ….

      iya CBR matic, it’s ok saat sifting gear, tapi sangat menyiksa saat di perempatan / kemacetan :mrgreen:

      • asik tambah ilmu.. 🙂

        lha nek pas di perempatan gimana tu mas? 😯 😕

  4. SIPP BRO AZIZ
    ARTIKEL YANG MENARIK
    AKAN SAYA SAMPAIKAN SAMA TEMAN SAYA
    MOTORNYA SAMA DENGAN BRO AZIZ
    WAH DIA PASTI SENANG TERNYATA ADA PAKET HEMATNYA
    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/07/bila-new-vixion-terbantai-honda-teralis.html?m=1

  5. vixi ane juga pake vespa juga bro..murah meriah tapi lumayan kuat

  6. nek sedia kawat bendrat py,,, xixixi

    http://chozinahmad.wordpress.com/2012/07/26/menerawang-spesifikasi-mobil-listrik-super-sport-dahlan-iskan/

  7. Motor inden, spare part nya jiga inden.

  8. pernah pake kabel vespa ini di scorpio, ga sampe 1 minggu uda putus lagi…
    apa dapet le murahan yo? 😆

    • cara pasang harus benar mas, dan saat memasang jangan lupa selongsong dilumasi biar enteng tarikannya , jangn sampai di selongsonya aja udah berat apalagi kena beban kopling 🙂

  9. mas aziz, nanya dong kilometer CBR nya dah berapa? 😀

    • 50.996 km mas 🙂 , jarang pakai, tapi sekali nya pakai jalan jauh :mrgreen:

      • punyaku udh 8123 mz aziz….( g nanya.com)

      • hayyah :mrgreen:

  10. sip infonya, klo bepergian jgn lupa bawa stok kabel kopling neh. bwt jaga2..

    • rata 2 yang udah ngerti kegunaan kabel inner vespa gitu mas 🙂 pada bawa stock

  11. waduh… Om2… Ganti kopling hidrolik dong…. Biar keren……, wkwkwkw…. Emang klu sistem hidrolik tu seberapa mahal seberapa ribet sih….? Pengen tau juga nie… Ato sekalian diulas buat artikel….!

    • kalau yang original kayak bawaan Ducati ya mahal banget mas :mrgreen: , tapi kalau bikinan sendiri memanfaatkan master brake system bisa terjangkau , aku pernah bantu temen bikin Tugas akhir dulu tahun 2007 an di pasang di thunder 🙂

  12. mantaff nih tipsnya..

  13. wuiihhh..josszzzz

    • jozz lik piye kabare ? :mrgreen:

      • jossszz murahe…. 😆
        griyane sampeayan kerawang pundi..?? nak mudik ngetan tak mampir…oleh ora..?? 😀

      • aku teluk jambe mas, deket galuh mas , monggo mampir aja aku masih tanggal 16 tengah malam le mudik 🙂

      • waladala nang teluk jambe trnyata. Konco q yo nang kono mas. Aku yo sering dulin tp gk eruh alamate. Pokoke nang perumnas ngono. Tp rumahku nang tangerang. Wah kpn2 aku arep silaturahim nang omae jenengan nggeh…

      • siph kapan2 mampir cak bro 🙂

  14. mantep nie ,.,.buat kabel kopling cadangan,,. :mrgreen:

    HONDA NSF 100, BUKAN UNTUK DI JALANAN UMUM

  15. premium class? tai ucing..

  16. mantap..saya juga nyetok bawah jok.. kabel kopling vespa plus nippel cuma 7000 perak aja

    • NAH KAN manteb , udah sampai belum titipan ku om ? 😛

  17. ini dia part motor vespa yg paling laris, semua motor laku di indonesia kayanya bisa dipasangi gituan, btw gak usah dibalik juga bisa, saya pernah pasang gituan nipelnya saya masukin ke cantolan tuas kopling di bak mesin, aman deh.

    • lever cluth CBR 150 sempit mas e , kalau dikait sama nipple tambahan yang berupa baut + mur silindris ga muat 🙂

  18. byk yg palsu kbel kopling vespa skrang….susah bedainnya….

    • iya sich mas, yang palsu agak getas tapi

  19. nek aku dulu pake kabel vespa abal2 5000 , tapi yg sy potong yang di sisi mesin… ukurane dipaske, masukin nut 6mm lalu nut itu dipalu mpe menjepit kabelnya… nah sisa dibelakang nut sekitar 1cm tuh dibengkokin biar tambah kuat cengkraman nutnya

    • anda benar , nek ga nemu nipple baut pengait bisa pakai nut 6 mm , selain di palu bisa juga di japit Tang keras keras 😛

  20. sip ajib,..bisa buat stok di jalan 😀

  21. tau nyobo neng vixion mayan irit 30ewu

    • mayan to mas, sing penting masangnya pas 🙂

  22. wow…dengan biaya yg sangat minim kabel kopling honda cbr nya dapat teratasi..hehehe motor mahal perawatannya merakyat sip sip sip

  23. Pakai kabel kopling tiger jg bisa, meskipun kepanjangan, pnp
    Harga 35rb

    • siph info nya mas bro 🙂

  24. jaman dulu waktu masih pake gl pernah ngalami beginian, kabel kopling putus pas malam2 pula, yang ada cuman tukang tambal ban, ndilalah punya kabel kopling vespa, langsung bisa ngacir lagi

    • buat cadangan alternatif memang siph 😛

  25. Bagusnya sih nggak usah nunggu putus bro.
    Pokoknya kalo udah 5 tahunan langsung ganti aja tuh kabel kopling.
    Saya dulu lakukan pada Megapro saya, barusan Scorpio saya juga saya ganti walaupun kabelnya masih bagus dan tarikan koplingnya masih enteng.
    Soale resikonya kalo putus di jalan nggak imbang sama harga kabelnya.
    Safety first bro!
    Buat kabel gas juga sama, nggak usah nunggu sampe nyanthol dulu bro.

    • mantaB mas, e masuk akal, mencegah memang lebih baik 😉

  26. Mas aziz oot dikit neh
    mo nanya boleh kan?
    Tau ga harga stiker di fairing atas cbr 150 yg 2008 mas?
    Soalnya fairing atas saya br tak cat n stikernya dah rusak
    sekalian kalau windahield nya tau harganya mas?
    Makasi mas?

    http://www.dk8000.co.nr

    • bentar mas tak cari info.. kalau yang original mahal mas soal e 🙂

  27. aku pake kabel Kopling Vespa gak kuat mas 😦
    di pakein di Shogun SP gak nyampe 2 bulan udah putus lagi

    • mungkin kedapatan yang KW parah mas 🙂

      • mungkin harganya juga murah sih cuma 7000rb udah terima beres


Tinggalkan Balasan ke juniperxt Batalkan balasan

Kategori