Ada yang pernah berfikir? apakah Ducati pernah punya motor dengan konvigurasi lebih dari 4 cylinder? jawabannya ADA! , bah kan malah konvigurasi V 8 cylinder .. lhoohh bukannya rata rata motor duvati produksi massal kebanyakan konvigurasi L twin cylinder? yang 4 cylinder aja hanya ada di moto GP yakni desmosedici …… yaps karena konvigurasi ini hasil karya builder edan bin jenius dari jerman mas bro! 😯
adalah Diter Hartmann -Wirthwein bike enthusiast sekaligus builder enginering dari jerman yang dipercaya mengerjakan project edan Ducati Elenore ini , motor rancangannya ini mendesain ulang konvigurasi mesin dari Ducati 900 SS di cangkokkan 8 buah cylinder dengan konvigurasi V , 4 ke depan, 4 kebelakang dengan komposisi borex stroke pada masing masing cylinder 56 mm x 44mm total kapasitasnya pun juga menjadi unik layaknya rancangan Ducati dengan angka angka ajaib, Elenore ini menjadi 868 cc ! sungguh jenius! 😯
Ajaibnya lagi Diter-hartmann mampu mencangkokkan konvigurasi tersebut ke dalam power plant yang hanya memiliki 1 crank shaft! edan edan! …….. yang di patent kan adalah rancangannya yang berupa Connecting rod yang unik dimana 4 cylinder bisa bergerak translasi dengan ritme 2piston kompresi , & 2 piston luar langkah hisap …. 2 piston bagian luar dibantu dengan link pivot yang terhubung dengan gerakan sejajar 2 piston ditengah , sedangkan 2 piston di tengah terhubung langsung dengan stang seher / connecting rod utama yang menggerakkan crank shaft! , kesemuanya bekerja sempurna tanpa ada yang saling terbebani, ck ck ck benar benar perhitungan yang Gila!
sebenarnya ide gila Mr hartmann ini tak mengherankan, pasalnya di tahun tahun sebelumnya Dia telah sukses merancang ulang & membuat Honda monkey 50 CC menjadi 125 cc dengan konvigurasi 4 cylinder inline , yang basic motor nya saja mirip honda C 70 bisa dibuatnya menjadi motor heboh apalagi project yang ke 2 ini ..
Dirubahnya konvigurasi asli Ducati 900 ss ini menjadi V 8 memaksa menghilangkan gelar Desmo engine , pasalnya setelah di modif dengan 8 cylinder yang tiap cylindernya hanya berkapasitas 108,5 cc itu headnya tidak menyisakan space yang cukup lebar untuk di instal sebuah system desmo valve , oleh karenanya hanya disematkan 2 valve SOHC pada cylinder headnya 😀 , sektor pengkabutan BBM di percayakan karbu keihin FCR 28 4 biji yang di cabang pada manifold inlet untuk ke 8 cylinder head .. jozz!
sangar dech sangar!! , dijamin suara motor ini tak lagi bbreemm ..breemm grongg gronngg , seperti varian L twin desmo lainnya, pasti akan berubah menjadi vrooaammm zwiinnggg!
source : the kneeslider.com & ducatinewstoday.com
salam from warung DOHC
Wassalamu’alaykum 😉
By: Primaaditya on Agustus 11, 2012
at 11:06 pm
sangar Jo jo! 😈
By: azizyhoree on Agustus 11, 2012
at 11:08 pm
kalau DOHC pasti lebih sangar…
By: Primaaditya on Agustus 11, 2012
at 11:10 pm
motor gendeng
Kota Unik Yang Terbuat Dari Container
http://chezzy1987.wordpress.com/2012/08/12/kota-unik-yang-terbuat-dari-container/
By: alice pngen ..... on Agustus 12, 2012
at 2:52 pm
eh dapat pertamaxxxx….
By: Primaaditya on Agustus 11, 2012
at 11:08 pm
edan, perlu sim khusus…
By: gogo on Agustus 11, 2012
at 11:08 pm
superb jenius mas bro 🙂
By: azizyhoree on Agustus 11, 2012
at 11:10 pm
Torsine piro kui?
By: monde on Agustus 11, 2012
at 11:10 pm
HP & torsi nya mungkin tak seberapa signifikan dari ducati 900 ss standart nya tapi ini Seni tingkat tinggi 😛 #setelah di modif max HP= 80
By: azizyhoree on Agustus 11, 2012
at 11:11 pm
wow
By: er purpone on Agustus 11, 2012
at 11:10 pm
W.O.W 😆
By: azizyhoree on Agustus 11, 2012
at 11:12 pm
Ducati Elenore 868 V 8 engine dijamin si Paijo lewaaaaatt.. xixixixi
By: fresh and fresh on Agustus 11, 2012
at 11:13 pm
MOTOR KEREN SAYANGNYA WALAUPUN
MOTOR ITU BISA KITA MILIKI
TAPI BUKAN MOTOR TERAKHIR YANG KITA KENDARAI
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/08/motor-terakhir-kita-semua.html?m=1
By: yudha depp on Agustus 11, 2012
at 11:23 pm
vroom vroooom….. 🙂
http://motoroda.wordpress.com/2012/08/11/mari-buat-psob-permanently-spion-on-bike/
By: Motoroda on Agustus 11, 2012
at 11:28 pm
yg susah itu silindenya -_-
belli di mana kalo diindonesia ga mungkin ada produsen buat masok silinder bangsa 1-2 biji doang :p
By: taqi tiktak on Agustus 11, 2012
at 11:30 pm
air cooled..ya
By: bejo on Agustus 11, 2012
at 11:35 pm
yups 😛
By: warung DOHC on Agustus 12, 2012
at 6:31 pm
edan.. idene loh isoooo ae.. btw, idenya mungkin mencontek dari mesin pompanya kilang minyak yg model lengan, atau pompanya pande besi. satu niup satu nyedot, satu niup, satu nyedot. gutu terus, secara kontinyu..
jan itungan2 fisikane kudu pas, soale beban tekanan di hub/rod dan cranck shaft harus bener-bener pas…
By: touringrider on Agustus 11, 2012
at 11:37 pm
wedyan, extraordinary
bukan pemikikran manusia pada umumnnya
http://pertamax7.wordpress.com/2012/08/11/buka-puasa-bersama-puasa-ramadhan-1433-h/
By: ipanase on Agustus 11, 2012
at 11:45 pm
😯
By: axo92 on Agustus 11, 2012
at 11:55 pm
kira2 hp en topspeed nya brapa ya,masbro???? 😯
By: kong firman on Agustus 12, 2012
at 12:11 am
busyed ada 8 😯
http://kharis27.wordpress.com/2012/08/12/pict-yamaha-yzf-r1-semua-versi-replica-le-and-se/
By: kharis27 on Agustus 12, 2012
at 1:12 am
ANDA ADALAH ORANG YANG SAYA BERI TAU
AKAN RAHASIA DARI KAWASAKI
INFORMASI LANGSUNG DARI ORANG DALAM
TOLONG JANGAN DISEBARKAN :
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/08/misteri-ninja-2tak-koq-di-matikan.html?m=1
apakah karna STANDAR EURO 4
wah kalau itu sudah BASI bro!!!!
apakah karna ninja 150 4 tak
wah kalau itu masih MIMPI bro!!!
By: yudha depp on Agustus 12, 2012
at 1:56 am
WOW….ini mesin larinya kayak apa…? medeni….
By: paedhimas on Agustus 12, 2012
at 3:42 am
motor multi silinder, yang bikin heran emang teknologi single crankshaft, ane kira bakal kayak mobil v8 crankshaftnya, btw ane selalu kagum bahwa emang orang jerman itu jenius dalam hal teknik 😀
http://awansanjourneys.wordpress.com
By: awansan on Agustus 12, 2012
at 4:15 am
jerman lambang kemajuan di bidang Teknik #dunia mengakui nya 🙂
By: warung DOHC on Agustus 12, 2012
at 6:40 pm
Buset! Pertama liat mesin kesannya agak jadul. Begitu liat bodi, keren juga kayanya cafe racer 😀
Tapi sistemnya kreatif juga ya, 1 stroke buat gerakin 4 piston. Gak kebayang gimana suara 8 silinder? 🙂
By: Haryudha on Agustus 12, 2012
at 4:24 am
2 piston dalam kondisi yang sma menurut sya hasilnya tidak akan maksimal.
2 piston dlam konsisi yang sma=satu piston.
kalo teknologi ini lebih bagus pasti dari dulu sudah dikembangkan pada mesin V 4silinder. karena kompresi dan besarnya ledakan pada dua piston tidak akan bisa sama persis, walaupun CCnya sma pesis.
By: wawan on Agustus 12, 2012
at 4:41 am
seperti yang saya bilang di atas mas, seni tingkat tinggi, mungkin bukan efisiensi yang dikejar, tapi sensasi 😛
By: warung DOHC on Agustus 12, 2012
at 6:39 pm
Wow …
Desain kruk as-nya itu lho sangar banget …
http://nofgipiston.wordpress.com/2012/08/11/aneka-gambar-modif-cbr-250-biar-gak-kalah-dari-sang-rival/
By: Nofgi on Agustus 12, 2012
at 7:37 am
koyo f1 v8
By: juniperxt on Agustus 12, 2012
at 7:58 am
utekku rung nyandak mikir gituan…minderrrrr…hehe
By: didishevaharyadi on Agustus 12, 2012
at 8:12 am
hayyahh 😆
By: warung DOHC on Agustus 12, 2012
at 6:38 pm
oalaaah jan, uteke encer nganti tetes2. mesti ki…
By: umarabuihsan on Agustus 12, 2012
at 8:45 am
doyan Telo jendal juga kalee mas
By: warung DOHC on Agustus 12, 2012
at 6:38 pm
kuat pastinya rod dan chamsaftnya. . .
Edun edun. . .
By: idadzzz on Agustus 12, 2012
at 10:36 am
beban terberad ada di connecting rod nya 🙂
By: warung DOHC on Agustus 12, 2012
at 6:37 pm
desainer mesin pinter tur gemblung.. 😯
By: kankkunk on Agustus 12, 2012
at 11:09 am
sak pollll e
By: warung DOHC on Agustus 12, 2012
at 6:37 pm
jenius !
By: orang lewat, numpang komen on Agustus 12, 2012
at 12:24 pm
yaps genius 🙂
By: warung DOHC on Agustus 12, 2012
at 6:36 pm
Suara mesinnya se-sexy american v8 gak ya???? (american v8,best engine sound in the world,IMHO)
By: son on Agustus 12, 2012
at 12:29 pm
american V8, coba kasih link video mas 😛
By: warung DOHC on Agustus 12, 2012
at 6:35 pm
Cari aja di youtube
Mustang (bisa juga chalangger,dodge charger yang penting muscle car) 60’s v8 screaming/engine sound
Yang pasti beda banget ma suara ferarri,lamborghini kalo ferrari pas teriak suaranya nguuuuuuungg/ngiiiiiiiinng,kalo v8 suaranya breeeeeemmmm
By: son on Agustus 13, 2012
at 4:51 am
wewww….. 😀
http://tovavanjava.wordpress.com/2012/08/11/pantaskah-inazuma-250-di-bandrol-46jt/
By: tovavanjava on Agustus 12, 2012
at 12:30 pm
waoooww
.
By: warung DOHC on Agustus 12, 2012
at 6:36 pm
Waow….
gerakan piston yg bahu membahu….
powernya seng ada lawan…
By: wasit on Agustus 12, 2012
at 12:49 pm
sangar pokoknya 😛
By: warung DOHC on Agustus 12, 2012
at 6:35 pm
Banyak silinder kok malah 80 dk mas?
By: Jon Ndoet on Agustus 12, 2012
at 3:59 pm
karena ini memaksa konvigurasi yang takseharusnya 😀
By: warung DOHC on Agustus 12, 2012
at 6:34 pm
kenalpote nangendi mas?
By: leo on Agustus 12, 2012
at 4:27 pm
cuma belom dipasang ketoki
By: warung DOHC on Agustus 12, 2012
at 6:34 pm
Efisien nggak ya? Tapi mungkin nggak, soalnya senasib dgn silinder ovalnya honda.
By: Joko on Agustus 12, 2012
at 5:25 pm
seperti yang saya bilang diatas mas #seni tingkat tinggi 😛
By: warung DOHC on Agustus 12, 2012
at 6:33 pm
V8!? teler dah 😯
By: Yudakuzuma on Agustus 12, 2012
at 5:43 pm
serasa amerikan v8 kah? vrooamm
By: warung DOHC on Agustus 12, 2012
at 6:32 pm
walah, mobil di Indo aja rata2 4 silinder
ini motor malah 8 silinder
insinyur kreatip
By: redbike92 on Agustus 12, 2012
at 7:03 pm
busettttttt ngeri cak!
By: bimo96 on Agustus 12, 2012
at 7:25 pm
salut bgt
By: milky bo on Agustus 12, 2012
at 8:28 pm
Suaranya zwinggg ??
Mirip mio series dong …..
By: ax125 on Agustus 12, 2012
at 10:51 pm
selakangan dijamin anget V8 tanpa radiator
By: sugiedane on Agustus 13, 2012
at 8:23 am
intake manifoldnya panjang banget, apa nggak kelamaan bensin masuk ruang bakar ya
By: galahpengering on Agustus 13, 2012
at 8:51 am
Gelo euy
bisa dibilang jenius ini sih, terutama ide rancangan connecting rod buat pistonnya. Setara rumitnya sama Honda NR750 yang justru pake 2 stang seher di tiap pistonnya yang badag itu……
By: shogun110tromol on Agustus 15, 2012
at 7:06 pm
Uweediyaan puolll….
Izin copy pictnya mas aziz..,,
thanks.. 🙂
By: Everyone on Agustus 29, 2012
at 1:38 pm
tenaganya gmna om .
jgn jgn mlah lemot lgi .
By: Mahatir Arief Kurniawan on Januari 3, 2013
at 12:05 am