Oleh: azizyhoree | September 25, 2012

Iseng test fuel consumption si jovan (vantrend) pada speed menengah , tembus 1:13,4


Yaps  semalam pulang dari kopdar dakan bloger koboys  di  bekasi,   bersama si jovan & anak istri,   pulang dari bekasi  saya isi BBM di tambun  nah  sekalian  iseng  aja  test  fuel  consumption si  jovan  dari  tambun(bekasi) -karawang

image

Karena menggunakan metode top-up agar lebih  akurat,  maka  isi  bensin full  tank  , pokoknya  hingga  full bibir  lubang pengisian,   saya isi Rp172.000 atau 38,2 L  , km pada odometer saat pengisian

saya  catat  209.709km  ➡

image

Kemudian  saya  bawa jalan  pelan pelan  saja,   melewati rute pantura cikarang,   sengaja  ga  lewat tol,  karena pengen  santai,  awalnya  saya berniat jalan ”eco riding” maks  speed di 60kpj  ,  namun keburu malam & ngantuk yo  wis  injak pedal agak dalam dikit,   hingga  stabil  di 70-80kpj ,  kebetulan  jalanan juga sepi & sempat nge godain karimun estilo yg aselerasi menengahnya  keteteran sama si jovan jadul ini  :mrgreen:

image

Singkatnya  sampai masuk kota  karawang  lagi si jovan  saya isi BBM hingga full tank  lagi  …. dannn  hanya butuh Rp9045,- untuk membuat tangki luber  😆   ,  sementara odo-meter saya catat lagi telah menempuh 209.736 , artinya   jovan  telah menempuh jarak  ,

209.736

209.709
———–   ( – )

jarak tempuh  = 27km

Hmmmm  odometer nya  presisi  apa  pelit  yaks?  Soalnya  kalau pakai motor  jarak tanbun- karawang itu lebih dari 30an km :mrgreen:

Ok,  perhitungannya,  bensin untuk full tank  mode top up pengisian  ke 2=Rp9045,-  atau 2,01 L  ,     27km : 2,01  =  13.4 km / Liter premium

Hmmm  lumayan  irit,  mengingat test nya  ga  jadi full eco riding , apalagi ini mobil karbu jadul :mrgreen:   (pengetes an  dengan  AC  on !  )

Lain waktu nyoba  speed dibatasi 60kpj  🙂

#saya  juga  sudah pernah mencetak  angka fantastis,   ada  yg  diatas 1:15 km/ L   ,  ada  juga  yg  dibawah  1:10 km /L  dengan  si jovan  ini  dengan kondisi track yg berbeda …. nantikan report nya  😀

Salam from warung DOHC
Wassalamu’alaykum  😉


Tanggapan

  1. pake pertamax biar irit 😀

    • untuk mobil tua, bangsa untung , kita thekor :mrgreen:

  2. sebagai indikator mesinnya masih sehat mas hehehehe

    • lumayan sehat mas, besok tinggal ganti busi baru, nyari perbandingan ideal katode busi merah bata , biar tambah irit … 🙂

  3. Iseng test fuel consumption si jovan (vantrend) pada speed menengah , tembus 1:13,4
    ***
    kalau motor itu boroooooos banget
    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/09/cutting-sticker-tangki-ninja.html?m=1

  4. irit yaaa….
    Kira” crv ane beraapa yaa??
    Kayaknya lebih boros :mrgreen:

    • crv ya lumayan doyan minum mas :mrgreen:

  5. barangkali itu msh irit untuk sebuah motuba 😀

    • lumayan irit aa”, ini test juga kondisi AC on 🙂 , kalau sedan th 90an jarang ada yg tembus 1:10 keatas 🙂

  6. eww setara sama si marmutnya mbah dukun 😀

    • hamster kalee…
      punyanya gus tri itu baru marmut,, xixixi…

      • narnut punya mbah dukun
        hamster punya mas tri xixixi

    • 4cylinder jovan vs L twin desmo engine nya mbahdukun ? #adu irit jangan adu kencang :mrgreen:

      • kan marmutnya mbah dukun 1:10 :mrgreen:

  7. kalah irit sama mobilnya flinstone wkwkwk…

    • itu mah tenaga piring mas, + lauk pauk nya :mrgreen:

  8. gawe AC ora iku mas klo gk pake AC percaya dah

    • pakai AC mas , serius . boleh nyoba kok… kuncinya di perlakuan injakan pedal gas… , soal nya kalau main kasar yakin ngowos ini jovan yg 1400cc masih karbu gitu ga ada sensor2 :mrgreen:

      • kyaknya efek dari pembersihan radiator.pernah baca artikel kalau gk salah,cara bkin konsumsi bbm mobil irit cuman main radiator aja

        ya masuk akal juga,kalau mesinnya gak cpet panas kan konsumsi bbm juga oke

  9. mungkin yang akurat odometer si JOVAN, dan yang ngibul odometer CBRmu bro, biar terkesan irit tuh motor, padahal juga boros. jarak tempunya dikamuflase

    • @nas tjoek yaps abda benar mas :mrgreen:

  10. koyo starco begawan..irite

    • padahal mesin durung di servise :mrgreen:

  11. bro,ini Vantrend kapasitas mesinnya brapa??1500cc kah??

    • 1400cc SOHC 8valve FTI, full transistor ignition .. mirip
      pengapian thundie 125 , #katanya 😛

  12. Beda tipis ama Lancer CB5 GLX ane. Pake premium masih bisa dapet 1:10-11 di dalem kota.

    • @raket nyamuk, wahhh ajib tuh lancer kalau bisa tembus 10-11 dalam kota 🙂 , secara mesin kencang

    • CB5 DOHC diindo namanya GTi apa CB4 SOHC GLX / GLXi mas…. baru denger saya CB5 GLX

      • nahh iki om om pakar e lancer teko :mrgreen:

  13. 1400cc SOHC 8valve FTI, full transistor ignition .. mirip pengapian thundie 125 #katanya 😛

  14. termasuk lumayan irit mas kalo segitu

    • iya lumayan mas, permainan injak pedal gas kudu alus biar irit 🙂

  15. lebih irit sumber kencono :mrgreen:

    • jiahahhhha, tarif SK , dulu jogja -surabaya 37ribu :mrgreen:

  16. http://gombongmotorcommunity.com/

  17. wah, nyaingi avanza 😀

    http://zulfauzi.blogspot.com/2012/09/hati-hati-naroh-helm-kalo-ngga-bakal.html

  18. Irit tuh. Soalnya jalan malam dan lancar.

    Kalo Jazz pake premium, dalam kota, cuma dapet 8 km/ liter.( berdasarkan informasi di dashboard)

  19. 1;10 angka yang wajar untuk mobil tua 1400 cc # sok tahu 😀 https://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2012/09/25/video-andrea-dovisiozo-vs-marco-simoncelli/

  20. mantab, vantrend bs irit begitu. benr2 terawat bgt.

  21. ayo si jovan di injeksi biar lebih irit hehe

    • maunya gitu, tapi mbobol dompet banget tuh 😈

  22. Nice artikel kang… lumayan buat referensi kita nih….

    http://nzahry.wordpress.com/2012/09/25/ktm-1190-adventure-2013/

  23. Ane dl punya mobil ini gan, memang irit dan nyaman di banding mobil sekelasnya jaman dl seperti, espass, dan futura. Cm kelemahannya mesinnya cpt overheat ya? apalagi kalo buat macet dan menanjak, padahal radiator sudah dikorokin.

    • bisa coba ganti radiator 2 ply / tambahin electric fan ekstra mas

  24. tambah kaca film mas, bisa lebih irit, secara pake ac bisa dikurangi vol-nya..

    • sekarang udah dipasang mas dilm 60% 🙂

      • film maksudnya 🙂

      • Yg 80% om biar adeemm ;D

      • jadi gini mas kombinasi yang aku terapkan , kaca depan& baris ke 2 60% saja biar mentaati rule juga ga boleh terlalu gelap, nah yang kaca baris ke 3 atau bagasi baru aku kasih 80% termasuk kaca belakang jadi keliatan matcho :mrgreen:

  25. asyemmmmmm. . . nggarai kliyengan cak. . .

    odone ngirit mergo velg ke diganti luwih gede , kalibrasi berubah. . .

    keep brotherhood,

    salam,

    • berarti nek ban e di kecilin itungan FC ne jadi tambah irit dong? 😛 , ini ban & velg yg kemaren lingkar luarnya sama kayak ban sebelumnya cak 🙂

  26. mungkinpengaruh diameter ban yg membesar sehingga jumlah putaran lebih sedikit tapi jarak tempuh [keliling roda] lebih panjang, jadi kelihatan deket tambun – karawang
    cmiiw 😀

    • diameter lingkar luar roda sama mas dari sebelum nya 🙂

  27. irit juga 😀
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/09/26/velg-jari-jari-di-yamaha-byson-aneh-bagi-ane/

  28. Mantap bro,

  29. Lumayan… 😀

  30. Lumayan… 😀

  31. Tekor juga kalo pake mobil tiap hari 😦

    http://sepedamotor.web.id/2012/09/26/kisah-tragis-dibalik-tutupnya-motor-kanzen/

  32. topp dahhh,. mantap

    nitip lapak mas,
    [mari bersyukur]
    http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/09/26/bersyukur-mesti-cuma-10ribu/

  33. nginspiraseni…

    http://pasarsenggol.biz/blog/2012/09/27/aroma-indonesia-di-laga-ac-milan-vs-cagliari/

  34. mulus bener mobil nya salut

    R15 v2 special edition, pre historic edition

  35. iritan si paijo dong bang 😀
    http://pangben.wordpress.com/2012/09/27/kaos-casey-stoner-ada-yang-mau-beli-gak/

  36. nitip lapak

    http://motorekblog.com/mengintip-brosur-suzuki-inazuma/#more-5208

  37. mas DOHC, hehe
    boleh tau g sp j blogger yg pake lancer?
    dan gan ane butuh pencerahan

    • bro tetsu, dan gan nya kenapa? temen bloger ada nya make evo lama je 😉


Tinggalkan Balasan ke tjoek Batalkan balasan

Kategori