Yaps lanjut cerita restorasi si Jovan , gerobak Vantrend saya mas bro setelah kemarin mendapatkan barang second hand hasil perburuan yaitu velg lebar R16 compomotive beserta ban nya yang kebetulan saya mendapatkan dengan harga miring … , kini saat nya prosesi pemasangan mas bro !
berhubung mazda vantrend memiliki ( PCD ) pitch circle diameter 110 , . sebuah satuan mm jarak diameter lubang baut pada velg yang terbilang Langka , pasalnya rata rata velg mobil model sedan jepang adalanh PCD 100 , diatasnya sedikit untuk minibus kebanyakan PCD 114 , adapaun yang sesama PCD 110 adalah kepunyaan daihatsu zebra , espass , charade, ceria dll , namun tidak memungkinkan menemukan persamaan variasi velg untuk zebra yang mempunyai lingkar roda lebih besar dari 14-15 inch ! , sedangkan velg hasil buruan adalah PCD 100 bekas dipakai honda freed , maka pemasangan velg perlu dilakukan sedikit modifikasi
➡
ada beberapa opsi modifikasi , diantaranya Bubut & bikin lubang baut baru di tromol.. , namun karena sayang & memikirkan ke originalitas part mobil , maka saya menempuh cara dengan membuatkan bracket Adapter PCD seperti pada gambar diatas , bahan material dari Baja yang dibubut sesuai ketebalan terhadap ofsett velg , kemudian lubang konus ( counter sink ) di buat sesuai PCD tromol vantrend , lalu pegangan untuk PCD velg baru digunakan Baut Tanam yang ditanam pada ulir bracket adapter, kemudian bagian ujung nya di kunci dengan mesin Las listrik maupun Las argon ( untuk pembuatan PCD ini saya serahkan pada om jati prahu dedengkot/ pemain lama di komunitas vantrend dari serang banten)
nah setelah melepas roda asli nya , lanjut pemasangan adapter pada tromol , gunakan baut asli tromol untuk mengikat adapter ke tromol vantrend , untuk proses pengencangannya bisa dengan cara menginjak pedal rem , sambil dikencangkan dengan kunci roda
namun ternyata ada lagi triks agar pemasangan bisa benar benar kuat melekat pada tromol , yaitu dengan bantuan plat panjang ( bisa menggunakan bekas per daun) untuk mengganjal ke 2 baut sebagai penahan agar tromol tidak ikut berputar 😀
setelah Adapter terpasang kuat , tinggal pasang velg yang baru ke baut adapter yang sudah terpasang kuat pada tromol ! , dan hasilnya ➡
si Jovan pun terdongkrak drastis …, tampil lebih fresh! , agak sedikit macho! ➡
bilah bilah palang / spoke velg compomotive yang berjumlah 16 bilah membuat elegant & kesan seperti kipas saat roda berputar 😎
Velg Compomotive made in england ini saya rasa pas banget & cocok , dengan spec lebar & tebal ban 195/50 R16 membuat tapakan karet bundar ke aspal lebih lebar & stabil saat bermanufer di jalanan perkotaan maupun jalan tol !
, oiya 16” merupakan angka yang pas bagi saya , karena ga biasa biasa amat, & ga terlalu gede (khawatir mentok fender, maupun khawatir harga ban yang super mahal untuk Ring 17 keatas )
Oiya penggunaan system Adapter ini aman kok, dengan syarat hasil bubutan presisi , pengukuran jarak lubang sudah benar & ketebalan serta pemilihan material yang berkualitas ….. sudah banyak pemodif yang mengaplikasikan sistem adapter PCD seperti ini , & saya pun sudah membuktikan untuk beberapakali dipakai touring maupun perjalanan jauh masih aman & mumpuni !
selain pembuatan adpater yang harus presisi & pemilihan material yang bagus, yang harus diperhatikan adalah pengukuran & penyesuaian ketebalan adapter terhadap offset velg yang akan di pasang .. jangan sampai setelah velg terpasang terlalu keluar atau terlalu mepet ke dalam yang akan mentok ke fender body , untuk itu serahkan pada bengkel bubut terpercaya !
nah bagai mana review penggunaan ban agak tipis & velg besar ini? tunggu di session liputan jalan jalan 😀
perlahan namun pasti , sijovan akan serius di restorasi! 😀 , ga peduli bentuk jadul , ga peduli merk, kadung cinta & ga terlalu pasaran gituu!
salam from warung DOHC , Wassalamu’alaykum
joosssssssssssssss
By: taqi tiktak on November 1, 2012
at 12:43 am
hayah jas josss, ronda lu taq?
By: warung DOHC on November 1, 2012
at 12:58 am
ya ya ya… aku trimo numpang wae disit lik 😀 selanjutnya kita liat nanti
By: Triyanto Banyumasan on November 1, 2012
at 1:15 am
yaaa motret kue angle e kaya kie, aja kaya blekberimu burem!
By: warung DOHC on November 1, 2012
at 2:14 am
😀 sesuk nganggo android, galaxy Wonder
By: Triyanto Banyumasan on November 1, 2012
at 1:01 pm
ciamik
By: nugroho on November 1, 2012
at 1:30 am
aghihihi biasa iki mas, jik mahal CBR mu xixixi
By: warung DOHC on November 1, 2012
at 2:13 am
Iso dinggo ajar nyetir ora bos?
By: Lekdjie on November 1, 2012
at 4:40 am
monggo saget, khusus buat lekdjie langsung mawon mampir gubuk kulo, monggo pinarak 😉
By: warung DOHC on November 1, 2012
at 5:43 am
jajan terus jaaaan
By: id on November 1, 2012
at 5:10 am
maklum barang Tua mas 😆
By: warung DOHC on November 1, 2012
at 5:43 am
kira2 si jovan bakalan di modif ap lgy ya???? 😀
Ap jgn2 kap mesin mau di ganti carbon nie,kang??? 😆
By: kong firman on November 1, 2012
at 6:03 am
mau dibikin sporty apa elegan nih?
By: fitready on November 1, 2012
at 6:04 am
keren mas.. apik. 🙂
modip apa lagi mas selanjutnya? 😀
By: axo92 on November 1, 2012
at 6:46 am
Makin keren. Pemilihan pelek yang bagus mank bisa dongkrak tampilan drastis 🙂
By: z1rider on November 1, 2012
at 7:14 am
semoga awet lek , josssssssssssss tenan, main sohc saiki 😀
http://pertamax7.wordpress.com/2012/10/31/video-promosi-honda-cb150r-streetfire-pamer-mesin-dohc-6-speed-eh-speedometer-ada-jam-nya-d/
By: ipanase on November 1, 2012
at 7:57 am
dicat ireng kang…. po abang… biar norak… 😀
report JMCS 2012
By: hardiasbantuly on November 1, 2012
at 8:53 am
engine g dioprek mas???
By: irza4627 on November 1, 2012
at 9:18 am
wah,tinggal sesuaikan pernik2 dan detail kecil seperti lis bodi,lampu,spion da emblem kecil bakal kaya japanese rebuilded car
By: Teguh Judianto Kingdom on November 1, 2012
at 9:50 am
hehe project nya pelan pelan mas 😀
By: warung DOHC on November 1, 2012
at 11:33 pm
nitip survey cak..seberapa penting kick starter..
By: boerhunt on November 1, 2012
at 10:07 am
Mending body ne mbok schotlite item wae mas ben sangarrr 😈
By: ax125 on November 1, 2012
at 10:14 am
titeni wae, mengko suwe2 balik maning nganggo ban karo velg std, apalagi kalau sering riwa riwi pantura, makin ga betah pakai ban profil lebih tipis dan velg lebih lebar xixixixixi
By: Tyok on November 1, 2012
at 10:51 am
tapi aku seneng mas e 😈 , dipakai di jalan mulus lebih manyeb dari std , di jalan bumpy yo agak ngampet dikit , yo liat aja entar 😆
By: warung DOHC on November 1, 2012
at 6:48 pm
wes tambah juoos
By: sugiyantokenz on November 1, 2012
at 2:17 pm
yang kalungan sarung siapa tuh…?
By: bakul kangkung on November 1, 2012
at 8:55 pm
ketinggalan, Maws Azis.. 😀 http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2012/11/01/risma-itu-kaukah-aduuuhh-tidaaakkk/
By: bakul kangkung on November 1, 2012
at 8:57 pm
yang kalungan sarung petugas siskamling itu mas
By: warung DOHC on November 1, 2012
at 11:02 pm
mas, bikin adaptor bgitu biasanya kena berapa duit? pengen bikin buat Corabs 😀
By: LIONSTAR on November 2, 2012
at 7:40 am
rada lumayan mahal mas, di jakarta rata rata yang bagus, presisi & terpercaya ditebus dengan 1,5 jt 1 set ……
aku dapet 1,2 jt 😀
Corabs apaan mas aghihihi ?, corolla old?
By: warung DOHC on November 2, 2012
at 10:00 am
Jleb… mahal 😦
Di Batam nambah dikit lg udah dapat velg Rekondisi tuh
mending cari cari yg seukuran aja kali yee.. soalnya di rumah ada velg 17″ nganggur.. tp PCD.nya 100×4, sementara corabs pake 114×4 :lol
corabs = Corona Abosolute 96′ hehe
By: LIONSTAR on November 2, 2012
at 2:00 pm
lampu nang CBR minervamu nendi Lek…??
By: ardiantoyugo on November 13, 2012
at 9:41 am
kereeeen, berarti pcdnya costum ya om? https://brigade15.wordpress.com/2012/11/30/30-11-2012-hari-bersejarah-bareng-vixionku/
By: Muhammad Aulia on Desember 2, 2012
at 8:37 pm
saya beli 20jt klu boleh om vantrenya
By: toyota hartop on Januari 30, 2013
at 11:24 pm
ga di jual om
By: azizyhoree on Januari 31, 2013
at 1:24 am
Gan mau tanya soal biaya pembuatan braket pcd berapa?terus ada efek samping ga kalo pake braket pd tromol itu?
By: vantrendbekasi on Februari 8, 2013
at 6:47 pm
Gan mau tanya soal biaya keseluruhan pembuatan braket pcd berapa ya?terus ada efek samping atau keluhan ga kalo pake braket pcd tsb?
By: vantrendbekasi on Februari 8, 2013
at 6:49 pm
efek samping pasti ada tapi sepanjang saya pergunakan & touring jarak jauh beberapa kali masih aman mas bro 😀 yang penting bikin nya rapi & presisi untuk pemesanan bisa saya bantu PM aja lewat warung.dohc@yahoo.com
😀
By: azizyhoree on Februari 9, 2013
at 7:29 pm
Bagus sya jga punya vantrend boleh minta no hpnya?ini no sya 082111673378
By: nasir on Maret 5, 2013
at 11:48 am
Saya punya vantrend tahun 1995 , kalau saat jalan Z> 50 Km /Jam , setirnya suka lari kekiri – kekanan, padahal sama bengkel sudah diganti karet stabil dan teror/kaki-kakinya , dan kadang kadang ada suuara aneh didepan kemudi seperti ada yangberadu/dempet . mohon masukan /saran ya , maklum baru angkat 1 bulan banyak jajan….. terimakasih sebelum nya kepada Vantrand club , sekaligus mau partisipasi nih biar aktif lagi club VT . salam,
Aie .Depok
By: Arief ( Aie) on Juli 19, 2013
at 1:03 pm
om, kenapa ga ganti wheel hub aja daripada pake adapter?? bukane rada riskan (ato boleh dibilang “agak bahaya”) kalo pake adapter??
soalnya ada rencana juga mau ganti velg di mobil espass ane yg PCDnya sama kayak vantrend,, ganti wheel hub aja drpd pake adapter biar bisa pake velg yg punya PCD lebih “umum”,, hehehe
mohon petunjuk mas…
By: rakhmad on Agustus 26, 2013
at 1:16 pm
om, boleh minta no om jati prabu, kepingin seperti jovan mau tak beliin sepatu, thanks ya om
By: ysnoe on September 24, 2013
at 7:08 pm
wah, ini anti jalan rusak nih..hehe.. Tipis banget 195/50 ya??
By: Erwin on Februari 22, 2014
at 9:40 pm
Ahh kata siapa om? Mobil ini udah jelajah jogja-karawang-jakarta-semarang – ujung kulon anyer dab kok hajar lubang oke hehehe. R16-195/55 kok itu om. 😀
By: azizyhoree on Februari 22, 2014
at 9:43 pm
Mas,,,kalo ak maupesan pcd melalui mas bisa gk?mslahnya pcd yg ku bikin dibengkel bu2t ditempat ku kurang memuaskan,mobil ku jadi goyang krn posisi bautnya ak liat gk presisi…bisa dibantu mas?
By: Hidayat on Maret 20, 2014
at 12:06 am
mas brow,,, aku jg bingung tuk modif velg racing by espass…. nyarinya sampai bikin pusing karena PCD 110 yang susah dipasaran ,,, kalaupun ada velg yang ori bawaan bukan tipe modif,,, kalo boleh tau modif tromolnya dimana dah kisaran habis berapa,,,, suwun.. di semarang ada ga…
By: rudy on September 10, 2014
at 11:31 am
om boleh toh pcd spaser nya bisa pesen ga om hihihi buat vt saya jg om hihihihi
By: elya fauzi darongke on Maret 30, 2015
at 7:26 pm
Salam Kenal
saya punya mr90
saat melaju kedepan, di rem berbunyi klotak klotak (sepertinya bunyi di roda belakang kanan)
saat melaju ke belakang di rem tidak berbunyi
maaf pertanyaan saya banyak
1. apa yang terjadi pada rem mobil saya
2. apakah master rem tromol belakang bawah milik vantrend sama dengan milik mr
3. setelah saya buka rem tromol belakang, kok tidak ada gerigi yang diputar keatas atau kebawah pengatur sepatu rem
terima kasih
mungkin azizyhoree bisa membantu saya
By: dauwi-ram on Mei 10, 2015
at 3:59 am
mohon pencerahan kalau mazda mau tak tinggikan apa sobeker depan harus di ganti…apa bisa di akali gimana…suwun…pencerahanya
By: suryo on Juli 28, 2015
at 11:53 am
Salam kenal om,sy punya zebra mau ganti felek susah bgt,bisa dibantu ga om/dibuatkan adaptor dari pcd zebra ke pcd114 trus brp biaya yg harus sy kluarkan,trims
By: Surisno on Agustus 10, 2017
at 10:49 am