Oleh: azizyhoree | November 1, 2012

Modifikasi PCD velg si jovan ( Vantrend )


Yaps  lanjut  cerita  restorasi  si Jovan , gerobak Vantrend  saya  mas bro  :mrgreen:   setelah kemarin  mendapatkan barang second hand hasil perburuan yaitu velg lebar R16 compomotive beserta ban nya yang kebetulan saya mendapatkan dengan harga miring … , kini saat nya  prosesi pemasangan mas bro ! 

berhubung mazda vantrend memiliki ( PCD ) pitch circle diameter 110  ,  . sebuah satuan mm  jarak diameter lubang baut pada velg yang terbilang Langka , pasalnya rata rata velg mobil model sedan jepang adalanh PCD 100 , diatasnya sedikit untuk minibus kebanyakan PCD 114 , adapaun yang sesama PCD 110 adalah kepunyaan  daihatsu zebra , espass , charade, ceria dll , namun tidak memungkinkan menemukan persamaan variasi velg untuk zebra yang mempunyai lingkar roda  lebih besar dari 14-15 inch ! , sedangkan velg hasil buruan adalah PCD 100 bekas dipakai honda freed ,  maka pemasangan velg perlu dilakukan sedikit modifikasi

ada beberapa opsi modifikasi , diantaranya Bubut & bikin lubang baut baru di tromol..   , namun karena sayang & memikirkan ke originalitas part mobil , maka saya menempuh cara dengan membuatkan bracket Adapter PCD seperti pada gambar diatas  , bahan material dari Baja  yang dibubut   sesuai ketebalan terhadap ofsett velg , kemudian lubang konus  ( counter sink ) di buat sesuai  PCD tromol vantrend , lalu pegangan untuk PCD velg baru  digunakan Baut Tanam yang ditanam pada ulir bracket adapter, kemudian bagian ujung nya  di kunci dengan mesin  Las listrik maupun Las argon ( untuk pembuatan PCD ini saya serahkan pada om jati prahu dedengkot/ pemain lama di  komunitas vantrend  dari serang banten) 

image

nah setelah melepas roda asli nya ,  lanjut pemasangan adapter pada tromol   ,  gunakan baut asli tromol untuk mengikat adapter ke tromol vantrend , untuk proses pengencangannya  bisa dengan cara menginjak pedal rem , sambil dikencangkan dengan kunci roda   image

namun ternyata ada lagi triks  agar pemasangan bisa benar benar kuat melekat pada tromol , yaitu dengan bantuan  plat panjang ( bisa menggunakan bekas per daun)  untuk mengganjal  ke 2  baut sebagai penahan agar tromol tidak ikut berputar   😀 

setelah Adapter terpasang kuat ,  tinggal  pasang velg yang baru ke  baut adapter yang sudah terpasang kuat pada tromol ! , dan hasilnya  ➡ 

image

si Jovan pun  terdongkrak drastis …, tampil  lebih fresh! , agak sedikit  macho!  :mrgreen:     ➡   

bilah bilah  palang / spoke  velg compomotive yang berjumlah 16  bilah membuat elegant & kesan seperti kipas saat roda berputar 😎 

Velg Compomotive made in england  ini saya rasa pas banget & cocok , dengan spec  lebar  & tebal ban  195/50 R16  membuat tapakan karet bundar ke  aspal  lebih lebar  &  stabil saat  bermanufer di  jalanan perkotaan  maupun jalan tol !  

, oiya  16” merupakan angka yang pas bagi saya ,  karena ga  biasa biasa amat,  &  ga terlalu  gede (khawatir mentok fender, maupun khawatir harga ban yang super mahal  untuk  Ring 17 keatas  :mrgreen:   ) 

Oiya penggunaan  system  Adapter ini aman kok,  dengan syarat  hasil bubutan  presisi   ,  pengukuran  jarak  lubang  sudah benar  &  ketebalan serta pemilihan  material  yang  berkualitas  …..  sudah  banyak  pemodif  yang mengaplikasikan sistem adapter PCD seperti ini , & saya pun sudah membuktikan untuk  beberapakali dipakai touring maupun perjalanan  jauh  masih  aman  & mumpuni !

selain pembuatan  adpater yang harus presisi & pemilihan  material yang bagus,  yang harus diperhatikan adalah  pengukuran & penyesuaian ketebalan adapter terhadap  offset velg yang akan di pasang  ..    jangan sampai setelah velg terpasang terlalu keluar  atau  terlalu mepet ke dalam yang akan mentok ke  fender body , untuk itu serahkan pada bengkel bubut terpercaya !

nah  bagai mana  review penggunaan  ban agak tipis  &  velg  besar  ini?  tunggu  di session  liputan  jalan  jalan  😀

perlahan namun pasti ,  sijovan akan serius di restorasi!  😀   , ga peduli bentuk jadul , ga peduli merk,  kadung cinta  & ga terlalu pasaran gituu!  :mrgreen: 

salam from warung DOHC , Wassalamu’alaykum


Tanggapan

  1. joosssssssssssssss

  2. hayah jas josss, ronda lu taq? :mrgreen:

  3. ya ya ya… aku trimo numpang wae disit lik 😀 selanjutnya kita liat nanti

    • yaaa motret kue angle e kaya kie, aja kaya blekberimu burem! :mrgreen:

      • 😀 sesuk nganggo android, galaxy Wonder

  4. ciamik

    • aghihihi biasa iki mas, jik mahal CBR mu xixixi :mrgreen:

  5. Iso dinggo ajar nyetir ora bos? :mrgreen:

    • monggo saget, khusus buat lekdjie langsung mawon mampir gubuk kulo, monggo pinarak 😉

  6. jajan terus jaaaan

    • maklum barang Tua mas 😆

  7. kira2 si jovan bakalan di modif ap lgy ya???? 😀
    Ap jgn2 kap mesin mau di ganti carbon nie,kang??? 😆

  8. mau dibikin sporty apa elegan nih?

  9. keren mas.. apik. 🙂
    modip apa lagi mas selanjutnya? 😀

  10. Makin keren. Pemilihan pelek yang bagus mank bisa dongkrak tampilan drastis 🙂

  11. semoga awet lek , josssssssssssss tenan, main sohc saiki 😀
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/10/31/video-promosi-honda-cb150r-streetfire-pamer-mesin-dohc-6-speed-eh-speedometer-ada-jam-nya-d/

  12. dicat ireng kang…. po abang… biar norak… 😀
    report JMCS 2012

  13. engine g dioprek mas??? :mrgreen:

    UPDATE NEW VIXION

  14. wah,tinggal sesuaikan pernik2 dan detail kecil seperti lis bodi,lampu,spion da emblem kecil bakal kaya japanese rebuilded car

    • hehe project nya pelan pelan mas 😀

  15. nitip survey cak..seberapa penting kick starter..

    Survey : Seberapa Pentingkah Menurut Anda Kick Starter Untuk Motorsport

  16. Mending body ne mbok schotlite item wae mas ben sangarrr 😈

  17. titeni wae, mengko suwe2 balik maning nganggo ban karo velg std, apalagi kalau sering riwa riwi pantura, makin ga betah pakai ban profil lebih tipis dan velg lebih lebar xixixixixi

    • tapi aku seneng mas e 😈 , dipakai di jalan mulus lebih manyeb dari std , di jalan bumpy yo agak ngampet dikit , yo liat aja entar 😆

  18. wes tambah juoos

  19. yang kalungan sarung siapa tuh…? :mrgreen:

  20. mas, bikin adaptor bgitu biasanya kena berapa duit? pengen bikin buat Corabs 😀

    • rada lumayan mahal mas, di jakarta rata rata yang bagus, presisi & terpercaya ditebus dengan 1,5 jt 1 set ……

      aku dapet 1,2 jt 😀

      Corabs apaan mas aghihihi ?, corolla old?

      • Jleb… mahal 😦
        Di Batam nambah dikit lg udah dapat velg Rekondisi tuh :mrgreen:
        mending cari cari yg seukuran aja kali yee.. soalnya di rumah ada velg 17″ nganggur.. tp PCD.nya 100×4, sementara corabs pake 114×4 :lol

        corabs = Corona Abosolute 96′ hehe

  21. lampu nang CBR minervamu nendi Lek…??

  22. kereeeen, berarti pcdnya costum ya om? https://brigade15.wordpress.com/2012/11/30/30-11-2012-hari-bersejarah-bareng-vixionku/

  23. saya beli 20jt klu boleh om vantrenya

  24. Gan mau tanya soal biaya pembuatan braket pcd berapa?terus ada efek samping ga kalo pake braket pd tromol itu?

  25. Gan mau tanya soal biaya keseluruhan pembuatan braket pcd berapa ya?terus ada efek samping atau keluhan ga kalo pake braket pcd tsb?

    • efek samping pasti ada tapi sepanjang saya pergunakan & touring jarak jauh beberapa kali masih aman mas bro 😀 yang penting bikin nya rapi & presisi untuk pemesanan bisa saya bantu PM aja lewat warung.dohc@yahoo.com

      😀

  26. Bagus sya jga punya vantrend boleh minta no hpnya?ini no sya 082111673378

  27. Saya punya vantrend tahun 1995 , kalau saat jalan Z> 50 Km /Jam , setirnya suka lari kekiri – kekanan, padahal sama bengkel sudah diganti karet stabil dan teror/kaki-kakinya , dan kadang kadang ada suuara aneh didepan kemudi seperti ada yangberadu/dempet . mohon masukan /saran ya , maklum baru angkat 1 bulan banyak jajan….. terimakasih sebelum nya kepada Vantrand club , sekaligus mau partisipasi nih biar aktif lagi club VT . salam,
    Aie .Depok

  28. om, kenapa ga ganti wheel hub aja daripada pake adapter?? bukane rada riskan (ato boleh dibilang “agak bahaya”) kalo pake adapter??
    soalnya ada rencana juga mau ganti velg di mobil espass ane yg PCDnya sama kayak vantrend,, ganti wheel hub aja drpd pake adapter biar bisa pake velg yg punya PCD lebih “umum”,, hehehe
    mohon petunjuk mas…

  29. om, boleh minta no om jati prabu, kepingin seperti jovan mau tak beliin sepatu, thanks ya om

  30. wah, ini anti jalan rusak nih..hehe.. Tipis banget 195/50 ya??

    • Ahh kata siapa om? Mobil ini udah jelajah jogja-karawang-jakarta-semarang – ujung kulon anyer dab kok hajar lubang oke hehehe. R16-195/55 kok itu om. 😀

  31. Mas,,,kalo ak maupesan pcd melalui mas bisa gk?mslahnya pcd yg ku bikin dibengkel bu2t ditempat ku kurang memuaskan,mobil ku jadi goyang krn posisi bautnya ak liat gk presisi…bisa dibantu mas?

  32. mas brow,,, aku jg bingung tuk modif velg racing by espass…. nyarinya sampai bikin pusing karena PCD 110 yang susah dipasaran ,,, kalaupun ada velg yang ori bawaan bukan tipe modif,,, kalo boleh tau modif tromolnya dimana dah kisaran habis berapa,,,, suwun.. di semarang ada ga…

  33. om boleh toh pcd spaser nya bisa pesen ga om hihihi buat vt saya jg om hihihihi

  34. Salam Kenal
    saya punya mr90
    saat melaju kedepan, di rem berbunyi klotak klotak (sepertinya bunyi di roda belakang kanan)
    saat melaju ke belakang di rem tidak berbunyi
    maaf pertanyaan saya banyak
    1. apa yang terjadi pada rem mobil saya
    2. apakah master rem tromol belakang bawah milik vantrend sama dengan milik mr
    3. setelah saya buka rem tromol belakang, kok tidak ada gerigi yang diputar keatas atau kebawah pengatur sepatu rem

    terima kasih

    mungkin azizyhoree bisa membantu saya

  35. mohon pencerahan kalau mazda mau tak tinggikan apa sobeker depan harus di ganti…apa bisa di akali gimana…suwun…pencerahanya

  36. Salam kenal om,sy punya zebra mau ganti felek susah bgt,bisa dibantu ga om/dibuatkan adaptor dari pcd zebra ke pcd114 trus brp biaya yg harus sy kluarkan,trims


Tinggalkan Balasan ke id Batalkan balasan

Kategori