Oke enaknya cerita lagi aja , alkisah seorang rekan mencoba nge bengkel sendiri motornya namun ada satu ilmu yang dia lupakan yakni teliti & hati hati ceritanya batagor (Tiger) nya akan diganti seal lever koplingnya yang rembes oli & harus membuka block bagian kanan kopling …..
kesalahan bermula dari sini ➡ rekan saya menambahkan sealer rubber pada permukaan crankcase *padahal sudah ada packing , sehingga sealer tersebut justru malah belepotan & mendesak packing alhasil kebocoran oli terjadi pada block kopling menetes & mengucur kencang , panik , doi malah nambahin kekencangan pada baut di area yang terjadi kebocoran , ” ceklak” yahhh patah sodara sodara
oke motor digiring ke garasi & siap untuk dioperasi 😆 , untuk melepas baut yang tertancap pada crankcase mesin sebenarnya bisa memakai bolt ekstraktor , namun karena saya belum punya, & baut yang akan di cabut diameternya kecil maka dengan teknik tambah daging dengan las listrik saya rasa lebih efisien 😀 , untuk itu saya membutuh kan alat ini ➡
pertama lepas konector kabel ke Aki agar arus tidak merembet & merusak part listrik pada motor
ke dua setting sudut & tegangan las listrik yang tak terlalu tinggi agar listrik tidak menyambar permukaan crank case dan menyebabkan cacat permukaannya
ketiga, pakai stick las yang sudah pendek , agar mudah diarahkan pada bidang yang sempit , jangan lupa pakai safety google
dan mulai beraksi 😎
tambah daging pada ujung baut yang patah secukupnya hingga bisa dijepit dengan tang grip & dilepas , setelah proses baut terlepas , bersihkan permukaan crank case & block kopling dari kotoran sisa packing yang masih menempel , pasang packing yang baru ga harus yang orisinal tapi ” ingat” tidak perlu ditambahi rubber sealer ! percayakan pada packing saja & kebersihan permukaan crankcase
pasang lagi block kopling & semua baut baut pengikatnya ” jangan terlalu kencang ” feel nya harus main atau anda harus membeli torque wrench! okree proses telah selesai masukkan lagi oli & brummmm selesai sudah
Batagor siap beraksi tanpa kebocoran oli lagi sekian
salam from warung DOHC , wassalamu’alaykum 😉
pertamaxx dulu diamankan
By: Muhammad Aulia on Februari 9, 2013
at 8:05 pm
yachhh cepet amat sichh ?
By: azizyhoree on Februari 9, 2013
at 8:06 pm
muehehe 😀
By: Muhammad Aulia on Februari 9, 2013
at 8:07 pm
olinya bocor? berarti ada asep putih dong om azis?
By: Muhammad Aulia on Februari 9, 2013
at 8:07 pm
bukan bocor ke ruang bakar tapi bocor belepotan keluar area mesin bro
By: azizyhoree on Februari 9, 2013
at 8:09 pm
wkkwkwkwkw 😆
By: Muhammad Aulia on Februari 9, 2013
at 8:11 pm
kene multipower ra ono lek, ketemune gold 3100 15-50
By: ipanase on Februari 9, 2013
at 8:08 pm
stock lawas palingo pan 😆
By: azizyhoree on Februari 9, 2013
at 8:09 pm
ra enak ki, opo ra cocok jal
By: ipanase on Februari 9, 2013
at 8:10 pm
pertanyaan 1, sejak smp tahun 2003 kalau ngelas listrik copot aki , jik urung mudeng hubungane listrik las nyang aki
2. ngecek kedalaman oli kui pas dipstick keadaan full masuk opo pas mung nempel lek? aku ngeceke pas full masuk
By: ipanase on Februari 9, 2013
at 8:13 pm
1. kata tukang las aki bisa mleduk
2. ngecek pas tutup nempel tok, bukan pas masuk.
By: pak tarno on Februari 10, 2013
at 9:49 am
ngecek oli ya gur di celupke wae pan g usah pake di puter tutup olinya, rempong amat. Amat aja biasa aja
By: munaroh/munaf*qun on Februari 10, 2013
at 9:53 am
Motor mpun sepuh tp sik Jozz playonane… 🙂
By: emir99 on Februari 9, 2013
at 8:12 pm
tergantung ngerawate mbah tagor mas 😆
By: azizyhoree on Februari 9, 2013
at 11:30 pm
Kuat jg ya..Las listrik,klo tuh baut smpe lepas
By: Vi on Februari 9, 2013
at 8:43 pm
pastikan nge las nya cair & lengket mas biar kuat diputar patahan bautnya
By: azizyhoree on Februari 9, 2013
at 11:31 pm
blog sing marakke pinter …
thanks for sharing Bro…
By: Leopold S on Februari 9, 2013
at 8:53 pm
maknyozzz…
By: umarabuihsan on Februari 9, 2013
at 10:02 pm
Oli motul piro masdab?
http://vegalovers.wordpress.com/2013/02/09/nyobain-yamaha-new-v-ixion-pinjeman/
By: OcehAan on Februari 9, 2013
at 10:13 pm
Numpang baca dulu sambil makan batagor xixixix
By: pengunjung warung on Februari 9, 2013
at 10:20 pm
ngeri banget ya sampe patah gitu..
nitip lapak ya mas 😀
By: anggiwirza on Februari 9, 2013
at 10:43 pm
lumayan iso tambah pengalaman, pengalaman nyeklekne baut. tp nek ra ngono ra oleh pengalaman
By: touringrider on Februari 9, 2013
at 11:30 pm
Nah feel itu yang susah, kadang Saya tiap pasang baut sampe bunyi terek tektek baru udahan 😀
By: haryudh4 on Februari 10, 2013
at 1:43 am
kirain di ketrik pke palu+obeng min(-)..
By: kong firman on Februari 10, 2013
at 6:42 am
Bismillaah. Lesson learnt yang bisa diambil adalah kalo udah pake packing/gasket/perpak ga usah pake sealer/threebond. Nice thread.
By: Amin Mustangin Abu Haydar on Februari 10, 2013
at 8:02 am
resike jee koyo bengkel europe ( 🙂 )
By: juniperxt on Februari 10, 2013
at 8:17 am
torsi bolt flange sh 6 itu 100 kgf.cm +/- 20 …. jd klo lebih dr 120 kgf.cm ya siap2 aja patah … hehe
By: chi on Februari 10, 2013
at 9:25 am
kalo ane biasa pake sealer walau udah ada packing, karena packing ori juga gak selalu rapat dan bisa rembes. hanya teori ngoles sealernya yg perlu pengalaman, olesi setipis mungkin alias tipis banget. kalo kebanyakan bisa meleber kemana-mana.
By: pak tarno on Februari 10, 2013
at 9:51 am
klu boleh ngasih masukan bray,,,, klu bs blog nya paling gak sehari ada artikel lah…, paling gak 2hari sekalilah… Coz sayang bgt blog isinya bagus gini lama banggetzz amir update nya
By: munaroh/munaf*qun on Februari 10, 2013
at 10:11 am
absen om. nunut moco
By: beopat on Februari 10, 2013
at 10:46 am
mau komen apa ya ?
gx ngerti soal mesin motor….
hehehehhe
By: oka saputra on Februari 10, 2013
at 11:40 am
pancen joss..
dr pabrikan klo g slh udah nganjurin pake packing doank..
berharap mz azis nerbitin bku permesinan 😀
By: kasamago on Februari 10, 2013
at 12:34 pm
sperti kasus yg pernah ane alami, cuma gara2 baut…mrembes terus olinya,..
sharing yg mantap..
ijin nitip jemuran mas[share] membuka benang kusut poligami, bolehkah ?
http://temonsoejadi.com/2013/02/05/membuka-tabir-hitam-poligami/
suwun
By: temonsoejadi on Februari 10, 2013
at 1:08 pm
tanya juragan dohc, inverternya berapa watt, merek apa yang rekomended, trua apa nggak njeglek tuh meteran rumah?
By: nawirotom on Februari 10, 2013
at 3:06 pm
kalau volt nya dibikin tinggi , listrik 900watt pun njeglek mas, tapi kalau knop diatur di tegangan rendah masih bisa dipake ngelas 😀
By: warung DOHC on Februari 11, 2013
at 11:30 pm
pernah ngalamin,tapi bukan di motor..,diesel merk kubota…
By: paedhimas on Februari 10, 2013
at 8:15 pm
Harus dgn hati.. Xixi
http://trexton.wordpress.com/
By: Trisna Ariwibawa on Februari 10, 2013
at 8:43 pm
pas jaman gl100.. kerep ngalami baut tugel..gara garane baute sg kuning murahan. kepala baute gampang tugel /patah..
By: Rovi sezy on Februari 10, 2013
at 9:50 pm
manteb tipsnya..
tanya masBro, kasusnya sama baut patah cuman beda lokasi.
motor ane baut niple pembuangan oli rem patah dalam (seret tetep nekad diputer) apa musti di bor? trik ngebor yg safety biar ga makan ulir .
gmn ngakalinnya
suwun..
By: and2 on Februari 11, 2013
at 6:58 am
hampir semua kok mengalami, mungkin krn penanganan gk bagus..bisa krn mekanik buru2 byk order, kalo di pulsar yg terkenal itu baut kenalpot yg buat nempelin ke mesin patah, krn tahu sendiri, knalpot pulsar beuraaaadddd….
By: boerhunt on Februari 11, 2013
at 9:52 am
iku masalah serius mas bukan cuman klasik lagi nek ra pengalaman mesti panik langsungan 😀
By: sugiyantokenz on Februari 11, 2013
at 10:46 am
Motul multi power bukan jaso MA to sam?
By: Sonicboyz on Februari 11, 2013
at 5:11 pm
lha nek baut oli ndlower piye ngatasi kang ? 😦
By: karismalover on Februari 18, 2013
at 5:57 pm
[…] ini sebenarnya artikel sambungan dari kasus pada artikel —>> baut mesin patah dimana saat itu Honda Tiger 200 milik pasien saya yang agak slodron ini mengalami patah […]
By: Tiger & GL serries yang bikin jengkel , ketika baut header knalpot patah | Azizyhoree's Blog on Mei 30, 2013
at 1:39 pm