Seorang rekan saya pengguna CBR 150 old mengeluhkan sedikit suara yang sedikit menggaggu dari area mesin nya yang sudah mulai berumur (standart berisik itu beda beda tiap orang , menurut saya CBR nya ini masih cukup halus , namu rekan saya tetap mengaggapnya ada suara yang menggaggu )
tes
ya wis setelah di cari asal usul & di analisa sedikit dengan suara kasar yang kadang muncul & kadang hilang , diputuskan bahwa tensioner adjuster (penonjok penengang rantai keteng) sudah mulai lemah , untuk menggantinya mudah saja namun harus membongkar tangki agar baut baut adjuster bisa dikendorkan dengan mudah
setelah melepas jok & tangki beserta selang selang jalur vakum , selang bensin & kabel sensor fuel meter , langkah selanjutnya melepas box filter dari venturi karburator untuk membuka ruangan yang menutupi posisi adjuster tensioner
kemudian buka penutup adjuster tensioner dengan obeng (+) , kalau susah dibuka jangan dipaksa mending gunakan obeng ketrok ( impact driver) agar tidak merusak kepala bautnya , kemudian setel mundur spring coil adjuster agar saat penonjok tensioner dibuka tidak dalam posisi menegangkan rantai kamprat , putar adjuster ke kanan dengan obeng (-) kecil
nah selanjutnya kita sediakan adjuster tensioner yang baru untuk CBR , made in japan mas bro 😎
langkah selanjutnya melepas adjuster tensioner dengan kunci ring no 8 , lakukan dengan cermat & pastikan packing platenya terjaga agar tidak hilang
sebelum memasang adjuster tensioner yang baru ke mesin , putar dahulu adjuster spring ke kanan agar posisi penonjok mengunci pada posisi paling belakang atau free terhadap lidah tensioner
proses pemasangan dilakukan dengan cermat , jangan lupa packing plate nya terpasang dengan benar , kencangkan baut dengan kunci ring no 8 , jangan lupa lepas penonjok dengan memutar ke arah kiri spring adjuster nya , biarkan menekan sesuai dengan kekuatan spring , tutup dengan baut penutup lubang adjuster spring
kembalikan box filter tangki Dll & proses yang telah dibongkar ke posisi semula , cara penggantian adjuster tensioner dengan part seperti di atas ini berlaku juga untuk all new CBR 150 -CB 150R dengan sedikit penyesuaian pembongkaran pada area tangki & yang menutupi posisi adjuster tensioner
salam from warung DOHC , wassalamu’alaykum 😉
Wah, substitusi tuh u/ CB 150 streetfire biar gak berisik ‘Mas.. 🙂
By: emir99 on April 12, 2013
at 9:08 pm
kalau yang abnormal bukan bagian itu ya mesti nyari sumbernya lagi mas , tapi CBR rata rata ga bermasalah kok kecuali udah berumur banget & mesin capek 😀
By: azizyhoree on April 13, 2013
at 7:26 am
halah ribet men. . .mwnding dikek ne bengkel beres. . .
By: fadeln250r on April 12, 2013
at 9:10 pm
kalo cuma ke bengkel cewek ingusan juga tau 😀
By: pak tarno on April 12, 2013
at 11:01 pm
hehehe 😀
By: azizyhoree on April 13, 2013
at 7:24 am
biker macem apa ini,dikit2 serahkan bengkel
bongkar pasang motor itu mengasyikkan bro
kecuali situ dulu sekolah smea kaleeeee
By: 3@mono is the best on April 13, 2013
at 9:09 pm
aing smea jurusan sekretaris
selama punya motor bisa diitung pake jari tangan serive ke bengkel seLebihnya bongkar sendiri bodo amat mesin idup Lagie ato enggak wkwkwk , joke maLam
By: Green arya fujiewara on April 14, 2013
at 12:49 am
Mantap ilmunya
By: rider88 on April 12, 2013
at 9:19 pm
suwun mas cuma berbagi cerita kok 😀
By: azizyhoree on April 13, 2013
at 7:24 am
ketigax
By: orang lewat on April 12, 2013
at 9:22 pm
keempax mas bro 😆
By: azizyhoree on April 13, 2013
at 7:23 am
parts ny lngsng dr pusat ny.. joss,
nice sharing..
By: kasamago on April 12, 2013
at 10:17 pm
ga langsung mas via importir 😀
By: azizyhoree on April 13, 2013
at 7:23 am
T.O.P B.G.T 😀
By: sijidewe aka snalpot99 on April 12, 2013
at 10:19 pm
M.O.O.S.O.K lik ?
By: azizyhoree on April 13, 2013
at 7:22 am
kapan2 boleh lah kopdar nih mzbro 😀
By: Fitready on April 12, 2013
at 10:59 pm
monggo 😀
By: azizyhoree on April 13, 2013
at 7:22 am
joss … mas Aziz 😀
By: Everyone on April 12, 2013
at 11:08 pm
suwun 😀
By: azizyhoree on April 13, 2013
at 7:21 am
Dulu punyaku pas ganti udah keras banget. Akhirnya diketok, hancurin 😀
By: haryudh4 on April 12, 2013
at 11:50 pm
awalnya pasti pernah rada slek itu baut
By: azizyhoree on April 13, 2013
at 7:21 am
cbr tahun berapa mas, kelihatannya masih mulus
By: bintangjati on April 13, 2013
at 6:08 am
tahun 2007 mas masih sehat banget itu , cuma ownernya sensitip sama suara suara aneh
padahal menurutku masih wajar , tapi ya namanya mau dilarisin konsumen ya saya terima 😆
By: azizyhoree on April 13, 2013
at 7:20 am
punya’an juragan rosok to mas? 😮
By: blitz-r on April 18, 2013
at 12:58 pm
bukan punya juragan rosok ini 😆
By: warung DOHC on April 20, 2013
at 11:12 pm
kapan ya ane bisa praktek kyk om azis
btw artikel astinanya mana om? 😀
https://brigade15.wordpress.com/2013/04/13/kecelakaan-kecelakaan-abg-yang-bawa-mobil/
By: Muhammad Aulia on April 13, 2013
at 7:32 am
mau praktek , pertama nekat , kedua belajar dari kesalahan, ketiga learn , ke 4 learn , learn dan seterusnya lama lama mahir
artikel djeng tina sabar ya 😀
By: azizyhoree on April 13, 2013
at 7:35 am
kalo error/fail mulu yang ada bangkrut mas…
wkwkwkwk
By: Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) on April 13, 2013
at 8:53 am
resiko
By: warung DOHC on April 15, 2013
at 12:23 am
tips mantap..,siapa tahu ntar kuat beli CBR,bisa berguna nich.. 😆
By: Mas Sayur on April 13, 2013
at 9:25 am
propesor motor
By: orong-orong on April 13, 2013
at 9:35 am
kok lama gak buat artikel om….
swibuk buanget ya…?
oh iya thermostaat old CBR mulai bekerja (nyalakan kipas) pada suhu berapa ya ? (penunjuk temperatur nunjuk garis yang ke berapa) ?
By: iBam on April 13, 2013
at 10:21 am
hehe lumayan mas 😀
thermostat untuk menyalakan kipas memang jarang sekali bekerja mengaktifkan extra fan mas , sepengelihatan saya kipas akan mulai berputar jika temperature sudah mendekati red line / diatas 3/4 indikator
By: warung DOHC on April 15, 2013
at 12:26 am
tengkyu…
tentunya g’ ada pengaruh dunk sebelum mencapai 3/4 indikator, soalnya panasnya (kalau kena macet) … ngeri….
By: iBam on April 15, 2013
at 9:43 am
dilangsungin aja masbro kabel kipasnya … jadi kipas nyala terus 😀
By: bensincampur on April 18, 2013
at 12:48 am
kalo ga salah di model gl pro ada per nya apa ya mas dab (maklum ga ngerti mesin) :D, jadi kelingan gl pro lamaku, pas di ajak jalan2 dari jogja ke solo malah rusak di jalan, berhubung waktu malam jadi cari solusi sekenanya, sama tukang bengkel penonjoknya di ganti baut panjang, alamak..
By: rifqi on April 13, 2013
at 1:12 pm
Cbr250, tensionernya pernah rusak juga bunyi spt helikopter
di ahass serimpi joglo nginep, yg rusak katanya seal dan filter, byr 177rb
selang 2 bln kambuh lagi, ke bengkel biasa katanya tensioner
kata ahass lodan tensioner cbr250 sama dgn tensionernya kharisma,
Logikanya cc besar, rantai keteng besar, tensionernya hrs kuat, akhirnya beli
tensioner tiger 250rb, pasang sendiri tidak ribet dari sampingsaja.
harus waspada sama oknum ahass!
By: motor jepang on April 13, 2013
at 2:49 pm
Mas Azzy..CBR oldnya masih mantaf ya….Ojo di lepas mas..mesinnya jauh lbh OK di banding CB150…baik dari segi kualitas sama daya tahan…Suara klotok” mah kagak bakal ada, betul khan mas….Belum tenaganya..yg jelas jauh lebih enak yo mas…
By: Anto on April 13, 2013
at 4:18 pm
jelas ga saya lepas kok mas paijo ku 😀
By: azizyhoree on April 20, 2013
at 9:43 am
Mantap..
http://trexton.wordpress.com/
By: Trisna Ariwibawa on April 13, 2013
at 7:32 pm
Mas cbr old saya klo.dbwt jalan d jalan g rata roda depan kok kayak belok2 sendiri y ma
Seperti g stabil gt mas
Apanya y.mas kira2?
By: Heru on April 14, 2013
at 12:06 pm
kemungkinan besar kombsteer nya udah kena mas bagian race ball nya udah cacat 😀
By: warung DOHC on April 15, 2013
at 12:24 am
cuilik larang
By: ipanase on April 15, 2013
at 9:45 am
Mas aziz, packing plate iti bentuknya yt kaya apa sih? Bs tolong do upload Ga? Trims…
By: ahmad dulkani on April 17, 2013
at 6:28 am
Kunjungi blog iniii
By: narendrajunior on April 17, 2013
at 12:19 pm
fyi,,kurang 1 tahap tuh om,,harusnya sebelum bongkar adjuster,,posisi seher atau piston di posisi Top/TMA dulu om,,bisa buyar itu jeroan pembakaran klo ga di posisi-in top…
By: freakman on April 17, 2013
at 3:16 pm
lebih amannya gitu , tapi ga juga kalau tahap tersebut tidak dilakukan trus bikin jeroan buyar , pada intinya adjuster boleh dilepas & yang penting gear tidak loncat saat adjuster tensioner dilepas , point yang terpenting justru pada pelepasan adjuster tensioner di semua motor , jangan sekali kali meng kick starter atau memencet motor starter gitu mas bro 😀
By: azizyhoree on April 19, 2013
at 7:03 am
lah kita mana tau itu di posisi top apa enggak om??dan mana tau posisi klep lagi ke bawah apa enggak,,klo adjuster di copot pas posisi klep lagi nge buka,,otomatis si noken+girnya bakalan muter lah,,akibat dari tendangan per klep,,coba aja praktekin,,klo ga bakalan buyar itu pas di starter,,harusnya namanya artikel ya ditulis semuanya om,,kesian khan klo yg ga ngerti dan ga tau,,tiba2 mraktekin dan kondisi ga lagi saat top,,bisa kluar duit banyak om…IMHO
By: freakman on April 19, 2013
at 8:34 am
oke karena ini judul nya khusus untuk CBR yang tidak memakai rocker arm efek tersebut tidak signifikan mas bro , yang saya praktekkan ini tanpa menempatkan posisi top dahulu ,,,,,,,
selama rantai tidak terlepas dari gear maka sisi rantai camshaft di sebelahnya masih kuat menahan pergerakan cam dari khekhawatiran tendangan balik dari spring valve
yang jelas haram ketika posisi rantai cam kendor & tiba tiba di starter
oke thanks masukannya mas bro , nanti ke depannya di akhir artikel akan selalu saya tambahin Rules *yang saya ceritakan merupakan pengalaman pribadi , boleh mengikuti trick & tips asal dibekali pengetahuan & skill , & artikel saya bukan merupakan acuan standart ……. ‘ thanks 😀
By: azizyhoree on April 20, 2013
at 9:42 am
Om mau tanya nih om klo ada tetesan oli pada motor CS1 tuh gmn mas?
Jadi ada selang bawah crankcase….jadi klo habis dipake motornya ada oli netes..plg cuman 5 tetes aja….apakah itu mekanismenya emang gini atau gmn??
By: Ramdhan on April 26, 2013
at 12:49 pm
Om…saya pengguna CBR 2009.akhir2 ini,sok depan kanan kaya keluar olinya gitu.apa itu berarti udah bocor ya?kira2 knapa ya?trus perbaikinya gmna?apa harus beli sok depan yg baru?dimana saya bisa perbaiki/beli part yg harus diganti?kira2 harganya berapa ya?thank u banget klo ada yg respon…
By: unals on April 28, 2013
at 6:28 pm
Bro ada vakum utk cbr 2007 thai gak
By: ardi on Desember 21, 2017
at 9:10 am
Apa pergantian tensioner tidak perlu top kompresi gan….mohon penjelasannya.?
By: Wawan on April 21, 2018
at 7:02 am
Dimana saya bisa beli tensioner tersebut yg asli made in japan? Buat honda cb saya.
By: Sugeng Parmadi on April 27, 2018
at 4:58 am
gan , motor cbr ane,setelah ganti tensioner engga mau nyala,mungkin ada pencerahan? kemudian, klo mau posting ada baiknya kasih warning ,jangan asal ganti… ane ikutin step by step cuma kok malah engga bisa nyala?? klo nanya mekanik,kemungkinan rante keteng keluar jalur pas distarter.. jd bingung ane…gan…
By: arie on Juni 13, 2018
at 11:47 pm