Nah Yamaha vixion old yang sudah agak berumur , jika sudah berasa kurang enak feel pengereman nya mari kita check front brake systemnya , seperti yang dialami bro kidz pengunjung blog ini yang rumahnya dekat dengan saya , karena ke enakan dengan pengereman pakem khas yamaha doi ini mengabaikan perawatan sistem pengereman tersebut
alhasil selain berbunyi sring sring berdencit ternyata disc atau cakram vixionnya sudah termakan oleh kampas rem yang sudah menipis dan bergesekan dengan disc yang berbahan metal ……. untuk itu bro kidz sekalian minta gandi disc & di servis sytem pengeremannya , siapin dulu bahan part untuk penggantian –>> dia ini penggemar part Oriniah wal standartiyah mas bro ! ➡
langkah pertama coot roda depan , disc yang sudah termakan & baret dalam banget pun dilepas dari velg , pengereman yamaha memang wahid! namun ciri khas nya ya gini piringan mudah kalah kalau lalai merawat penggantian kampas rem 😈
kemudian lepas kanvas rem yang sudah habis , pengunci pen kampas rem vixion hanya memakai snap kecil jangan sampai hilang , & harus dirawat di lumasi grease agar tidak rapuh , system pengunci seperti ini ringkih namun memudahkan perawatan 😀
lepas kaliper piston dan check serta bersihkan ! jika kerja piston masih normal tidak perlu menguras minyak rem ! , cukup kita bersihkan permukaan piston tanpa melepas dari kaliper ! lihat gambar dibawah ini yang saya lingkari kuning kotoran berkerak melekat pekat bisa menyebabkan seal o-ring piston bocor & rembes yg ujung ujungnya pengereman tidak bekerja dengan baik!
bersihkan dengan kain basah . boleh dibasahi dengan sedikit bensin , untuk membersihkan tanpa melepas kaliper bisa dilakukan dengan cara memompa tuas rem , namun hati hati jangan sampai terlalu banyak pokoknya sampai piston nongol memanjang namun jangan sampai ujung dalam piston keluar dari o-ring (kalau sampai kebablasan ya terpaksa isi ulang minyak rem & bleeding lagi) bersihkan sampai mengkilap merata , jika sisi piston tersembunyi disebelah dalam , tinggal putar piston , diplintir agar sisi yang tersembunyi berada di luar & bersihkan (kalau agak seret berat & macet ( bisa pakai bantuan tang cucut dengan di lapisi kain) jepit pada ujung terluar secara hati hati & putar
setelah semuanya bersih dorong lagi piston agar masuk ke body kaliper kira kira hanya tinggal nongol sedikit pistonnya * agar saat cakram dimasukkan mudah & longgar , kemudian check karet karet boot pelindung debu pada sliding pad lumasi pen sliding pad dengan grease , pastikan bisa bergerak secara radial tidak macet pasang kampas rem & kaliper ke tabung shock
pasang lagi roda beserta cakram kencangkan semua baut nya , & kocok kocok tuas rem sampai kampas menyesuaikan dengan cengkeraman pada cakram baru , oke & pengereman yahud siap menahan laju si piksen dengan mantaB !
*loh kok ada part & adegan bongkar kopling mas? oiya nanti dech DIY ganti kampas kopling vixion , mudah kok ! , salam from warung DOHC , Wassalamu;alaykum 😉
yuk mari 😀
By: Aa Ikhwan on Juli 8, 2013
at 9:34 am
ijik luwih boros kampas rem byson lek, tobatt tobatt, larang meneh 😀
makane rawan rlalai, wong cepet entek
By: ipanase on Juli 8, 2013
at 9:37 am
mosok? aku rung tau ganti wis setahun
By: orong-orong on Juli 8, 2013
at 9:38 am
9000 km wis syerem unine 😀
By: ipanase on Juli 8, 2013
at 9:39 am
wow nggonku lagi 2000km
By: orong-orong on Juli 8, 2013
at 9:40 am
setubuh..eh setuju nek kampas rem depan byson cepet abis…disinyalir bakal nular ke NVL khan podo gede ban-e hehehehehe
By: jofrin on Juli 23, 2013
at 3:22 pm
nice inpoh kang
By: orong-orong on Juli 8, 2013
at 9:37 am
pakem lagi
By: rusman on Juli 8, 2013
at 9:39 am
mending di copot sekalian piston calipernya masbro,sekalian dikuras dan dibersihkan
soalnya jadwal penggantian miyak rem itu kan 2 tahun , malah punyaku dulu 1 th saya bongkar dan tahu sendiri kalo lama ga di bongkar baut2 pada macet dan minyak rem bisa mengental menyumbat lobang master rem yg kueceil,malah tambah berabe dong 😀
By: ekomoker on Juli 8, 2013
at 10:01 am
ada indikasinya juga kok om , kalo udah minta ganti banget , minyak hitam , tuas agak keras dll apalagi kalau udah ada rembesan , kadang air ikut masuk di kaliper nyampur kayak comberan 😀
By: warung DOHC on Juli 8, 2013
at 10:13 am
udah ngalamin mas…
yang keluar dari kabel rem nya bukan oli tapi air comberan. akhirnya diservis dah tuh rem, lama lg nyervisnya.. wkwkwkwkwk…
sekarang dah ajib lg…
By: Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) on Juli 9, 2013
at 9:28 am
bermanfaat
By: Isur Suryaman on Juli 8, 2013
at 10:06 am
rem cakram vixi saya, ndut-ndutan tu knp y mas? Klo di rem kayak ABS aj nih! 😀 hehe… Kira-kira rusak apanya y?
By: blitz-r on Juli 8, 2013
at 10:18 am
piringan udah oleng trus sliding pad pen *yg saya lingkari kuning di gambar terakhir macet 😛
By: warung DOHC on Juli 8, 2013
at 10:29 am
cara nanganinya gmana mas?
By: ajrixsajrix on Juli 9, 2013
at 11:40 pm
Klo diameter cakram lebih lebar apa lebih pakem jg mas,??
By: Alan crb on Juli 8, 2013
at 10:37 am
korlasi nya sich gitu mas , tergantung material disc & kemampuan kampas juga tapi
By: warung DOHC on Juli 8, 2013
at 10:59 am
ganti kampas kopling vixion semudah ganti kampas kopling mx ga?
By: Adhitya Ramadian on Juli 8, 2013
at 10:46 am
nanti mas ulasannya 😀 gampang kok
By: warung DOHC on Juli 8, 2013
at 10:58 am
kapan yo iso mbengkel nggone sampeyan… sisan dolan…
Gambar 2D desain Hub Center Steering mas Dab…
By: hardiasbantuly on Juli 8, 2013
at 11:05 am
lha dolan aja mas , ngampiri rochim kono lho
By: warung DOHC on Juli 8, 2013
at 1:13 pm
lah Rochim sampun ngertos daleme njenengan dereng…??? 🙂
By: hardiasbantuly on Juli 8, 2013
at 1:34 pm
shiro juga mau di cek aaaaahhh…
By: bachtiaryuan on Juli 8, 2013
at 11:23 am
emang yahut rem yamaha, tapi keenakan malah jadi cepet habis
By: fnaufala on Juli 8, 2013
at 11:41 am
nggak punya alatnya di jogja, jadi serahkan pada ahlinya
By: puguh05 on Juli 8, 2013
at 12:13 pm
Nice tipssss…..
Titip>> http://potretbikers.wordpress.com/2013/07/08/welcome-bulan-suci-ramadhan-1434h/
By: potretbikers on Juli 8, 2013
at 12:17 pm
siep ya ,,,, 😉

By: cicakdindingkreatip on Juli 8, 2013
at 12:19 pm
ikut nyimak..
http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2013/07/08/konsukuensi-modif-ekstrem-dan-tanggung/
By: Mas Sayur on Juli 8, 2013
at 1:09 pm
piringan disc depan variasi vixion saya yg udah nempel 2 tahunan juga udah kemakan sama kampasnya mas 😀
By: dimasarif96 on Juli 8, 2013
at 1:11 pm
Kalau di rem pistonnya ga mau balik lagi itu knp ya? Dr org bengkel solusinya di lepas satu ring karet didalamnya baru mau balik, pasang normal 2 ring setelah di tekan cakramnya nempel terus . Apa ada efek negatifnya mas pasang satu ring aja?
Oh ya pistonnya boleh dijepit pake tang ga ya ampe baret gt bagian ujungnya? Kata mekaniknya gpp mas
Makasih mas utk jawabannya
By: toro on Juli 8, 2013
at 1:55 pm
piston ga mau balik itu pertanda seal oring udah rusak , melar atau permah ngunci karena kepanasa mas , kalau dicopot 1 ya ga bagus rawan bocor & kotoran luar masuk ke dinding piston
ganti aja seal ori ga mahal kok
kalau di jepit pakai tang jepit tipis saja & di ganjal kain , lecet kalau lecet si ujung ga masalah
kalau bidang lecetnya mengenai posisi pas yg bersentuhan dg oring ya bisa bocor minyak rem nya :
By: warung DOHC on Juli 8, 2013
at 4:16 pm
piringan vixion sayaaa….
ah vixion saya udah kejual 😦
By: Muhammad Aulia on Juli 8, 2013
at 2:40 pm
pengen do it yourself, gak ada mentornya 😦
By: Yudakuzuma on Juli 8, 2013
at 2:53 pm
masih takut bleeding (pendarahan)
😦
By: Fitready on Juli 8, 2013
at 5:54 pm
vixion memang remnya pakem bener, gak perlu cakram lebar udah bisa stoppie dengan mudah. apa ini yg bikin komstir cepat kalah?
By: pak tarno on Juli 8, 2013
at 7:32 pm
memang banyak yang ngakuin
By: warung DOHC on Juli 9, 2013
at 5:21 am
mas mau nanya kalo rem depan sering ngunci sendiri kenapa ya? jadi waktu jalan lumayan kenceng tiba2 berat, minggir dulu terus tuas remnya dikocok akhirnya bisa normal lagi, eeh ga lama jalan gitu lagi, kenapa ya?
By: mochyuga on Juli 9, 2013
at 2:12 am
sama kasusnya dengan bro toro itu mas kemungkinan sliding pad macet & seal oring piston sudah melar banget minta diganti , jadi gerakan piston juga suka ngunci 🙂
By: warung DOHC on Juli 9, 2013
at 5:20 am
Skrg jd tau penyebabnya krg lebih dr mana. Tp di kasus saya hari itu setelah ganti seal baru jg ttp ga mau balik mas, jadi yang ring luar akhirnya di lepas baru mau balik.
Kata mekanik pistonnya mungkin pernah overheat karena rem ga mau balik jadinya kalau ring luar uda dilepas dan masih nyangkut, remnya harus ganti 1 set piston. Apa piston overheat bs bikin macet jg?
Lumayan sih setelah itu, bs dipakai walau efeknya kalau tekan pedal rem jadi “enteng” dan harus dalam banget.
By: toro on Juli 9, 2013
at 9:48 pm
sepengalam saya sich kalau pernah remnya bekerja terlalu keras & sliding pad macet , pernah sampai gosong disc nya membiru dan yang jebol seal o-ring nya mas karena melar parah & piston seolah olah terlalu sesak terhadap seal , setelah saya ganti ng & servis kaliper (cleaning total) gejala ngunci sembuh mas * oiya seal o-ring pastikan yang asli ya karena kalau non ori biasanya ukuran ketebalannya ga presisi & kadang suka sesak belum lagi resiko seal mas karena material karet kurang bagus
By: warung DOHC on Juli 9, 2013
at 10:20 pm
Thanks mas utk jawabannya, berarti ada kemungkinan bersihin krg bersih sepertinya. Seal hari itu diganti ori kok cuma tetep macet, yowis akhirnya pasrah aja pake 1 seal.
By: toro on Juli 12, 2013
at 10:05 am
Mantap…
http://trexton.wordpress.com/
By: Trisna Ariwibawa on Juli 9, 2013
at 11:27 pm
kopling smashku bongkarno yo kang
By: at0zz on Juli 10, 2013
at 8:26 am
Wah punya ane udah tipis banget gan,sebenernya penyebab utamanya apa sih? perasaan ane gak pernah sampe abis banget kalo ganti kampas rem cakram? padalah ane pake kampas nya yang lokal bukan yang ori.
By: icep on Juli 11, 2013
at 12:34 pm
yang saya amatin disc yamaha memang manteb pengeremannya tapi gampang kemakan mas , materialnya mungkin didesai gitu mungkin lhoya berdasarkan pengamatan yg sudah sudah
By: warung DOHC on Juli 11, 2013
at 10:45 pm