Oleh: azizyhoree | Juli 8, 2013

Merawat front disc brake vixion yuk !


Nah  Yamaha vixion old yang sudah agak  berumur  ,  jika sudah berasa kurang enak feel pengereman nya  mari kita check  front brake systemnya , seperti yang dialami bro kidz pengunjung blog ini  yang rumahnya dekat dengan saya  , karena ke enakan dengan pengereman pakem  khas  yamaha  doi  ini  mengabaikan perawatan  sistem  pengereman  tersebut :mrgreen:

IMG_6550

alhasil   selain  berbunyi  sring sring berdencit  ternyata  disc atau cakram vixionnya  sudah  termakan oleh  kampas rem  yang  sudah  menipis  dan  bergesekan  dengan  disc yang berbahan  metal  …….    untuk itu bro kidz  sekalian  minta  gandi  disc  &  di servis  sytem  pengeremannya  ,  siapin  dulu  bahan  part  untuk  penggantian  –>>  dia ini penggemar  part Oriniah  wal  standartiyah  mas bro  !  :mrgreen:   ➡

IMG_6552

langkah pertama  coot roda depan ,  disc yang sudah  termakan &  baret  dalam  banget pun  dilepas   dari  velg  ,  pengereman  yamaha memang  wahid!  namun  ciri khas nya  ya  gini  piringan  mudah  kalah  kalau  lalai  merawat  penggantian  kampas rem  😈

IMG_6560

kemudian  lepas  kanvas rem  yang  sudah  habis  ,  pengunci pen  kampas  rem  vixion  hanya  memakai  snap kecil  jangan  sampai  hilang  ,  &  harus dirawat  di lumasi  grease  agar  tidak  rapuh ,  system  pengunci  seperti  ini  ringkih  namun  memudahkan  perawatan  😀

IMG_6553

lepas kaliper piston dan  check  serta  bersihkan  !  jika  kerja piston masih  normal  tidak  perlu  menguras  minyak  rem  !  ,   cukup  kita  bersihkan  permukaan piston tanpa  melepas  dari  kaliper !  lihat  gambar dibawah ini  yang saya lingkari  kuning  kotoran  berkerak  melekat  pekat  bisa menyebabkan  seal  o-ring  piston  bocor  &  rembes yg ujung ujungnya  pengereman  tidak  bekerja dengan baik!

IMG_6554

bersihkan  dengan  kain  basah  .  boleh  dibasahi  dengan  sedikit  bensin  ,  untuk  membersihkan  tanpa  melepas  kaliper  bisa dilakukan  dengan  cara  memompa  tuas  rem  ,  namun  hati hati  jangan  sampai  terlalu banyak  pokoknya  sampai  piston  nongol  memanjang  namun  jangan  sampai  ujung dalam piston  keluar dari o-ring  (kalau  sampai  kebablasan  ya  terpaksa  isi ulang minyak  rem  &  bleeding lagi)  bersihkan  sampai mengkilap  merata  ,  jika  sisi  piston  tersembunyi disebelah  dalam  ,  tinggal  putar  piston  , diplintir  agar  sisi  yang  tersembunyi  berada  di  luar  & bersihkan  (kalau  agak  seret  berat & macet  (  bisa pakai bantuan  tang  cucut dengan  di lapisi kain)  jepit  pada  ujung  terluar  secara  hati  hati  &  putar

IMG_6558

setelah  semuanya bersih dorong lagi  piston  agar  masuk  ke  body  kaliper  kira kira  hanya tinggal  nongol sedikit  pistonnya * agar saat  cakram  dimasukkan  mudah  &  longgar   , kemudian  check   karet karet  boot  pelindung debu pada  sliding pad  lumasi pen  sliding pad  dengan  grease  ,  pastikan bisa  bergerak  secara  radial  tidak  macet  pasang  kampas  rem  &  kaliper  ke  tabung  shock

IMG_6556

pasang  lagi  roda beserta  cakram  kencangkan  semua  baut nya  ,  &  kocok  kocok  tuas  rem  sampai  kampas  menyesuaikan  dengan  cengkeraman  pada  cakram  baru  ,  oke  & pengereman  yahud siap menahan  laju si   piksen  dengan  mantaB  !  :mrgreen:

*loh  kok  ada  part  & adegan  bongkar  kopling  mas?  oiya  nanti  dech  DIY  ganti  kampas  kopling  vixion   ,  mudah  kok !   , salam from  warung  DOHC  , Wassalamu;alaykum  😉


Tanggapan

  1. yuk mari 😀

  2. ijik luwih boros kampas rem byson lek, tobatt tobatt, larang meneh 😀
    makane rawan rlalai, wong cepet entek

    • mosok? aku rung tau ganti wis setahun

      • 9000 km wis syerem unine 😀

      • wow nggonku lagi 2000km

    • setubuh..eh setuju nek kampas rem depan byson cepet abis…disinyalir bakal nular ke NVL khan podo gede ban-e hehehehehe

  3. nice inpoh kang

  4. pakem lagi

  5. mending di copot sekalian piston calipernya masbro,sekalian dikuras dan dibersihkan
    soalnya jadwal penggantian miyak rem itu kan 2 tahun , malah punyaku dulu 1 th saya bongkar dan tahu sendiri kalo lama ga di bongkar baut2 pada macet dan minyak rem bisa mengental menyumbat lobang master rem yg kueceil,malah tambah berabe dong 😀

    • ada indikasinya juga kok om , kalo udah minta ganti banget , minyak hitam , tuas agak keras dll apalagi kalau udah ada rembesan , kadang air ikut masuk di kaliper nyampur kayak comberan 😀

      • udah ngalamin mas…
        yang keluar dari kabel rem nya bukan oli tapi air comberan. akhirnya diservis dah tuh rem, lama lg nyervisnya.. wkwkwkwkwk…
        sekarang dah ajib lg…

  6. bermanfaat

  7. rem cakram vixi saya, ndut-ndutan tu knp y mas? Klo di rem kayak ABS aj nih! 😀 hehe… Kira-kira rusak apanya y?

    • piringan udah oleng trus sliding pad pen *yg saya lingkari kuning di gambar terakhir macet 😛

      • cara nanganinya gmana mas?

  8. Klo diameter cakram lebih lebar apa lebih pakem jg mas,??

    • korlasi nya sich gitu mas , tergantung material disc & kemampuan kampas juga tapi

  9. ganti kampas kopling vixion semudah ganti kampas kopling mx ga?

    • nanti mas ulasannya 😀 gampang kok

  10. kapan yo iso mbengkel nggone sampeyan… sisan dolan… :mrgreen:
    Gambar 2D desain Hub Center Steering mas Dab…

    • lha dolan aja mas , ngampiri rochim kono lho :mrgreen:

      • lah Rochim sampun ngertos daleme njenengan dereng…??? 🙂

  11. shiro juga mau di cek aaaaahhh…

  12. emang yahut rem yamaha, tapi keenakan malah jadi cepet habis

  13. nggak punya alatnya di jogja, jadi serahkan pada ahlinya :mrgreen:

  14. Nice tipssss…..

    Titip>> http://potretbikers.wordpress.com/2013/07/08/welcome-bulan-suci-ramadhan-1434h/

  15. siep ya ,,,, 😉

  16. ikut nyimak..

    http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2013/07/08/konsukuensi-modif-ekstrem-dan-tanggung/

  17. piringan disc depan variasi vixion saya yg udah nempel 2 tahunan juga udah kemakan sama kampasnya mas 😀

  18. Kalau di rem pistonnya ga mau balik lagi itu knp ya? Dr org bengkel solusinya di lepas satu ring karet didalamnya baru mau balik, pasang normal 2 ring setelah di tekan cakramnya nempel terus . Apa ada efek negatifnya mas pasang satu ring aja?

    Oh ya pistonnya boleh dijepit pake tang ga ya ampe baret gt bagian ujungnya? Kata mekaniknya gpp mas

    Makasih mas utk jawabannya

    • piston ga mau balik itu pertanda seal oring udah rusak , melar atau permah ngunci karena kepanasa mas , kalau dicopot 1 ya ga bagus rawan bocor & kotoran luar masuk ke dinding piston

      ganti aja seal ori ga mahal kok

      kalau di jepit pakai tang jepit tipis saja & di ganjal kain , lecet kalau lecet si ujung ga masalah

      kalau bidang lecetnya mengenai posisi pas yg bersentuhan dg oring ya bisa bocor minyak rem nya :

  19. piringan vixion sayaaa….
    ah vixion saya udah kejual 😦

  20. pengen do it yourself, gak ada mentornya 😦

  21. masih takut bleeding (pendarahan)
    😦

  22. vixion memang remnya pakem bener, gak perlu cakram lebar udah bisa stoppie dengan mudah. apa ini yg bikin komstir cepat kalah?

  23. mas mau nanya kalo rem depan sering ngunci sendiri kenapa ya? jadi waktu jalan lumayan kenceng tiba2 berat, minggir dulu terus tuas remnya dikocok akhirnya bisa normal lagi, eeh ga lama jalan gitu lagi, kenapa ya?

    • sama kasusnya dengan bro toro itu mas kemungkinan sliding pad macet & seal oring piston sudah melar banget minta diganti , jadi gerakan piston juga suka ngunci 🙂

      • Skrg jd tau penyebabnya krg lebih dr mana. Tp di kasus saya hari itu setelah ganti seal baru jg ttp ga mau balik mas, jadi yang ring luar akhirnya di lepas baru mau balik.

        Kata mekanik pistonnya mungkin pernah overheat karena rem ga mau balik jadinya kalau ring luar uda dilepas dan masih nyangkut, remnya harus ganti 1 set piston. Apa piston overheat bs bikin macet jg?

        Lumayan sih setelah itu, bs dipakai walau efeknya kalau tekan pedal rem jadi “enteng” dan harus dalam banget.

      • sepengalam saya sich kalau pernah remnya bekerja terlalu keras & sliding pad macet , pernah sampai gosong disc nya membiru dan yang jebol seal o-ring nya mas karena melar parah & piston seolah olah terlalu sesak terhadap seal , setelah saya ganti ng & servis kaliper (cleaning total) gejala ngunci sembuh mas * oiya seal o-ring pastikan yang asli ya karena kalau non ori biasanya ukuran ketebalannya ga presisi & kadang suka sesak belum lagi resiko seal mas karena material karet kurang bagus

      • Thanks mas utk jawabannya, berarti ada kemungkinan bersihin krg bersih sepertinya. Seal hari itu diganti ori kok cuma tetep macet, yowis akhirnya pasrah aja pake 1 seal.

  24. Mantap…
    http://trexton.wordpress.com/

  25. kopling smashku bongkarno yo kang :mrgreen:

  26. Wah punya ane udah tipis banget gan,sebenernya penyebab utamanya apa sih? perasaan ane gak pernah sampe abis banget kalo ganti kampas rem cakram? padalah ane pake kampas nya yang lokal bukan yang ori.

    • yang saya amatin disc yamaha memang manteb pengeremannya tapi gampang kemakan mas , materialnya mungkin didesai gitu mungkin lhoya berdasarkan pengamatan yg sudah sudah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: