Lanjut cerita yach mas beroo! 😀 , hmm Dimana mana yang namanya Kereta itu pasti menang & menjadi proritas untuk melintas di jalan , ehh namun ada lho kereta yang mau mengalah dengan pengguna jalan lain , saya menyaksikan sendiri kok hehehe , di kota tua Duomo Milan Italy , hmmmm sebenarnya ini tidak bisa dikategorikan kereta murni karena fungsinya mirip Bus-way kalau di indonesia , malah lebih santai namun dengan traffict schedule yang rapi & tepat waktu , namun tetap saya anggap kereta soalnya terdiri dari rangkaian gerbong & melintas diatas Rel
Nah commuter line yang perlintasannya diatas Rel yang berbagi jalan raya dengan pengguna jalan lainnya ini unik ada yang tua classic ada pula yang modern , kesemuanya menggunakan tenaga listrik , bisa dibayangkan andaikata listrik padam , karena posisinya berbagi jalan raya pastinya tidak boleh mogok ditengah jalan , hmm bisa dibayangkan juga perusahaan commuternya apa iya punya power Plan pembangkit listrik cadangan ya? *pastinya sangat besar power plannya untuk mensuplai semua jalur , kalau kalau listrik central padam ? bisa juga sich punya engine cadangan *diesel untuk keperluan darurat , namun sepertinya ga semuanya dibekali Hybrid
karena fungsinya untuk jalan jalan & mobile di perkotaan , kereta ini laju nya santai , malah lebih santai dari trans jakarta yang lagi ngebut yang jelas masinisnya sabar & pengertian dengan pengendara lain , begitu pula motor & mobil juga pengertian dengan kereta ini , mana yang memungkinkan lebih dulu untuk jalan ya didahulukan
kereta ini tetap biasa membunyikan klakson , namun bila mana kondisi sudah tanggung melintas di persimpangan , maka kereta ini bisa melakukan pengereman dengan sigap , meski boleh mengalah dengan penyebrang jalan , pedestrian , biker , maupun driver , namun bukan berarti kereta ini tidak menjadi prioritas di jalan
pokoknya Sistem yang diterapkan ” Santai Bae lahhh” lha wong traffict habitnya juga Tertib & teratur
kereta ini lazim disebut apa sich ? Trem , atau bahasa lainnya Trim kah? hehehe
yang jelas sytem berdampingan seperti ini tidak bakal bisa terjadi di Indonesia , dengan schedule pemberangkatan kereta yang yang padat & tanpa palang perlintasan seperti di sono 😀 , maklum maklum & maklum lalu lintas di indonesia sudah level ”Gemblung” dengan kata lain Kereta api di Indonesia harus menang , harus di dahulukan , ga mau ngalah & harus jadi prioritas utama di perlintasan !
tapi ada kok kereta di italy yang larinya ugal ugalan mirip top speed F1 & moto GP , namun istimewa track nya berada di terowongan bawah tanah , atau di atas fly over & misalpun melewati kawasan penduduk & pertanian tetap di beteng pembatas alias restricted area , jadi ga ada pengganggu faktor eksternal
ada yang pernah pengalaman menemui jenis rail commuter berbagi jalan raya seperti ini ? di negeri sakura japan atau di AS misalnya ? cerita duonk 😀
salam from warung DOHC, Wassalamu’alaykum 😉
menurut KBBI, itu disebut trem
di Indonesia ada kok Mas, jalur kereta di tengah jalan, seperti gbr di atas. yakni adanya di Solo 😀
http://joulecar.web.id/2010/11/jalur-kereta-solo-wonogiri/
By: ahmadfaisolat on Desember 13, 2013
at 1:13 am
nahhhh bener to Trem 😀 , nah yang di solo itu kan kereta tour wisata mas ? he he schedule nya bukan commuter , di ngawi , maospati kalo ga salah juga ada kereta uap pengangkut tebu palangnya manual pakai kayu / bambu * dulu naek bus kena palang kereta tebu yg ga mesti melintas
By: azizyhoree on Desember 13, 2013
at 1:23 am
hehe, iya sih
By: ahmadfaisolat on Desember 13, 2013
at 1:49 am
dulu 3 Tahun yang lalu.. sore sore kalau di solo bisa liat trem ini.. koq sekarang ga ada yah… udah 2 tahunan saya ga liat… apa karena jadwalnya yg g pas yagh? Atau sudah di istirahat ken?
http://www.pasukanredribbon.wordpress.com/2013/12/13/antara-rem-bebek-matic-dan-sport/
By: Redribbon Army on Desember 13, 2013
at 1:36 pm
mayan . 2
By: die on Desember 13, 2013
at 1:15 am
numero duo ceritane
By: azizyhoree on Desember 13, 2013
at 1:24 am
ketiga…
http://belalangmerah.wordpress.com/2013/12/12/valetino-rossi-akan-menikah-tahun-depan/
By: belalangmerah on Desember 13, 2013
at 1:20 am
haiyah do betah melek mas bro
By: azizyhoree on Desember 13, 2013
at 1:23 am
Jelas donk wkwkwk
By: belalangmerah on Desember 13, 2013
at 5:38 pm
malah semrawut kalau di sini kayaknya 😉
http://bakulkangkungjpr1.com/2013/12/13/sekedar-berbagi-info-ancaman-cedera-tulang-ekor-karena-sadel-yang-taknyaman/
By: Mas Sayur on Desember 13, 2013
at 2:48 am
kelimax kayaknya, kok bisa tertib, mungkin penduduknya sedikit jadi mudah diatur.
ngeles.
By: Duinnn on Desember 13, 2013
at 3:24 am
Kayak pernah lihat videonya deh
By: mas huda on Desember 13, 2013
at 5:29 am
coba trem di jakarta dan surabaya dihidupin lagi 😀
http://awansanblog.wordpress.com/2013/12/04/pasang-speedometer-tiger-di-mega-pro/
By: awansan on Desember 13, 2013
at 5:39 am
dalane gae paving blok yo kang, kok gak ambles ya 😆
By: archnine on Desember 13, 2013
at 8:23 am
sayang neng kene ora na trem
By: Maskur on Desember 13, 2013
at 8:30 am
sayange ora ana neng kene
By: Maskur on Desember 13, 2013
at 8:33 am
di Lemah Abang-Cikarang, kereta kalo mau lewat juga kadang-kadang masinisnya nyuruh pengendara motor/mobil jalan duluan
By: ndesoedisi on Desember 13, 2013
at 8:57 am
Jaman dulu Jakarta pernah punya, tapi akhirnya dilepas pas zaman Bung Karno…
Kalo sekarang mau punya lagi, mustahil deh. Populasi penduduk dan kendaraan udah gak sebanding lagi sama ketersediaan lahan di Jakarta. Ya bisa aja sih dibuat, cuma untuk transportasi dalam komplek 😀
By: haryudh4 on Desember 13, 2013
at 9:34 am
kalah padet sama eL Ce Ge Ce
By: pak tarno on Desember 13, 2013
at 10:39 am
beda negara maju n berkembang mz. klo di indo mlh dikira moda hiburan anak2.
By: kasamago on Desember 13, 2013
at 10:42 am
odong odong dong kalo gitu bro
http://www.pasukanredribbon.wordpress.com/2013/12/13/antara-rem-bebek-matic-dan-sport/
By: Redribbon Army on Desember 13, 2013
at 1:38 pm
beda kreta, teknologi pengereman yg dipakai juga beda..
By: boerhunt on Desember 13, 2013
at 10:46 am
nah kereta yang bukan trem emang sebaiknya dipisahkan dengan jalan raya mas mengingat attitude banyak oknum slonong boy.. lha wong di luar negeri yg pada taat aturan aja dipisah..
kalo trem emang kecepatan rendah untuk komutet.. dan tentunya walau trem ngalah, pengguna jalan yang lain juga nggak ugal-ugalan..
By: nbsusanto on Desember 13, 2013
at 11:29 am
Dulu ada di Indo, skrg udah gk ada Trim
http://wongndeso1994.wordpress.com/2013/12/13/sang-elang-gt-125/
By: wongndeso94 on Desember 13, 2013
at 1:53 pm
klo di indonesia,ngimpi kali ye
By: aripitstop on Desember 13, 2013
at 5:40 pm
bisa kok di Indonesia. tapi itu nanti kalo udah mau kiamat…
😆
By: Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) on Desember 14, 2013
at 8:54 am
indonesia niat belum nih
By: ipanase on Desember 23, 2013
at 9:06 pm