Jika knalpot motor 4tak mas bro berasap itu memang bisa disebabkan beberapa faktor penyebab yang berbeda , nah yang akan saya bahas kali ini adalah jika motor berasap putih kebiruan tipis namun hanya saat pagi hari atau sesaat setelah motor dalam keadaan dingin di panaskan 😀
yaps diantara penyebab mesin motor berasap ada yang
disebabkan oleh rusaknya ring seher -piston & cylinder block yang aus & minta ganti turun mesin istilahnya , namun dalam kasus yang seperti ini ( asap hanya keluar saat pagi hari & tipis) besar kemungkinan adalah pertanda keausan ada pada seal klep pada motor 4 tak
kemudian ada ciri ciri fisik yang memperkuat vonis seal klep yang rusak , mari kita lihat pada kasus Satria FU milik pasien saya , coba amati cylinder head satria ini ➡
^ pada gambar diatas pangkal batang klep & spring yang seharus nya bersih saat kita bongkar head sebagian
Kemufian bandingkan dengan kondisi pangkal. Ujung klep yang lain…. ternyata ada kerak oli terbakar yang kemudian kering dan mengendap di sekitar batang klep ….
Besar kemungkinan timbulnya kerak di ujung pangkal batang klep karena seal klep aus & ada kebocoran saat batang klep bergerak & bergesekan dengan seal klep … ada 2 efek karena seal klep bocor …. pertama efek oli di cylinder head yang merembes dan masuk kedalam ruang bakar & ikut terbakar saat mesin bekerja dan menimbulkan gas buang yang berasap
Efek ke 2 saat siklus overlap maka hawa panas dari ruang bakar akan merembes balik & menyebabkan batabg klep lebih panas dari kondisi normal .. efeknya oli disekitar batang klep akan berkerak dan mengendap.. hal ini bisa dijadikan ciri2 fisik juga untuk memvonis penyakit ini sebelum melakukan tindakan lain yg lebih besar
^gambar diatas shim topi penutup shim juga kotor dengan oli berkerak …… nahh untuk kasus motor sohc pengecekan kerak bisa di chek ujung batang klep dibawah pelatuk /rocker arm
Ciri fisik lainnya adalah seal klep itu sendiri yang berubah warna menjadi gosong kecoklatan & struktur karet menjadi keras
Nah berkaitan dengan pertanda asap…. kenapa asap tipis seringnya hanya muncul saat pagi hari ? Yaps karena jika mesin masih dalam kondisi dingin …. batang klep yang belum memuai akan memiliki celah diameter yang longgar terhadap seal klep (karena seal klep itu sendiri yang sudah aus).
Sedangkan saat mesin sudah panas asap agak berkurang karena batang klep memuai dan celah terhadap inner diameter seal klep lebih rapat meski seal klep sudah aus… meski sebenarny tetap terjadi kebocoran …..
Wokey mas bro ..monggo di share disini jika ada pengalaman lain tentang ciri seal klep bocor 😀
Salam from warung DOHC . Wassalamu`alaykum 😉
yang kayak gini nih, bikin dompet ikut auss……. eh lek, kuwi koyo ngono goro2 opo yo sebabe kok iso siji bocor ngono, umur, rpm oli, bbm, opo wis wayahe 😆
By: ipanase on Januari 10, 2014
at 7:04 pm
Diluar kontes pemakain yg tidak wajar ataupun mesin telah mengalami modif hingga temperatur menjadi tinggi … biso juga pancen Life time ! Wis wayahe pan! Mirip megison mu sing mulai penyakiten 😆 coba Piksyen mu di gebar geber terus … mesti 5-6 thn lagi trus melu melu tanda tanda njaluk jajan
By: warung Dohc on Januari 10, 2014
at 7:12 pm
buahhahaha, amit2
By: ipanase on Januari 10, 2014
at 7:14 pm
faktor umur
By: satria merah on Januari 10, 2014
at 9:53 pm
ngikut sinau ya um
By: omocho.com on Januari 10, 2014
at 7:18 pm
Monggo lik sinau bareng 😀
By: warung Dohc on Januari 10, 2014
at 7:34 pm
antep…………. 😀 nyimak bro 😀 http://cicaakcerdas.wordpress.com/2014/01/10/iklan-sudah-nampak-di-dinding-blog-tapi-kang-majid-masih-cuma-bisa-ndlomo-nd-dloworrr-tok-d/
By: cicak kreatip.com on Januari 10, 2014
at 7:23 pm
MONGGO Mas bro 😀
By: warung Dohc on Januari 10, 2014
at 7:35 pm
klo motor habis jalan jauh, trus istirahat, di nyalain lagi trus keluar asap putih.. kira2 masalah seal bukan? klo pemakaian harian nggak keluar.. habis jalan jauh mesti pasti keluar…
By: kucingireng on Januari 10, 2014
at 7:55 pm
Biasanya yang kayak gitu ring piston udah mulai lemah mas … kalau pas panas ga kuat nahan kompresi… ada lagi kalau piston dan dinding silinder udah gores dalam ya asapnya akan lebih pekat di setiap putaran mesin entah start maupun mesin udah panas 😀
By: warung Dohc on Januari 10, 2014
at 8:22 pm
Pencerahanya gan
FU ane klo udh panas baru keluar asep putih gan..
Tpi mesin masi halus suaranya
Klo pertama setater mesin dingin enggak keluar asep gan
Apanya kira2 gan
Mksi
By: Tarco on Maret 8, 2017
at 12:34 am
Kalo buat rpm tinggi sama di tarik tarikin keluar asep putih
Itu gmna mas
Seal klep atau ring piston
By: Daffa on Agustus 30, 2017
at 9:51 am
Wich, nice info….izin menyiak saja 😀
By: potretbikers on Januari 10, 2014
at 8:21 pm
Hayah.FU mu iseh sehat to cak?
By: warung Dohc on Januari 10, 2014
at 8:23 pm
Alhamdulillah, sehat walafiat kabeh kang…hahah
By: potretbikers on Januari 10, 2014
at 8:27 pm
Shiiipp gan
By: gundamz on Januari 10, 2014
at 9:35 pm
Kalau hanya terjadi di pagi hari yang dingin (misal lokasi puncak atau malamnya habis hujan) terus kita nyalakan mesin keluar asap putih tipis lalu hilang saat mesin mencapai kondisi suhu ideal gimana tuh kang? Atau seperti di kemacetan saat hujan, semua knalpot mengeluarkan asap tipis.
Referensi saya sih menginfokan bahwa itu normal (kecuali pas di geber ada nongol lagi hehe).
Kalau di mobil, malah indikasi mesin sehat itu jika ada proses keluar air dari knalpot – lupa istilahnya – (pagi pagi atau pertama kali menyalakan mesin dari kondisi dingin), tentunya pasti ada asap tipis juga untuk kemudian hilang.
http://kobayogas.com/2014/01/10/seberapa-pentingnya-helm-bagi-anda/
By: Kobayogas on Januari 10, 2014
at 9:44 pm
beda kasus itu kalau karena dipanasin di tempat berhawa dingin atau sehabis hujan berasap putih sedangkan kondisi mesin sehat itu mah karena kondensasi pipa knalpot yang awalnya dingin tiba tiba terkena perlakuan panas ditambah reaksi kimia pembakaran dalam mesin yang sempurna menghasilkan keluaran diantaranya uap air . yg biasanya terlihat menetes di ujung muffler
nah kalau yg saya tulis ini kan asap tipis biru ( dan bau oli menyengat) 😀
By: warung dohc on Januari 10, 2014
at 11:03 pm
Nahhh kondensasi, jossss kekkeek…
Ok berarti ada tambahan ‘birunya’ yah kekekke…
http://kobayogas.com/2014/01/10/seberapa-pentingnya-helm-bagi-anda/
By: Kobayogas on Januari 10, 2014
at 11:43 pm
baru sekarang saya ngerti itu bentuk seal klep 😆
http://awansanblog.wordpress.com/2014/01/10/nikmatilah-jalan-yang-berlubang/
By: awansanblog on Januari 10, 2014
at 9:46 pm
oOoo,,, ngono to 😀
By: s0erya on Januari 10, 2014
at 9:48 pm
Wah Kalo CBR yang kaya gitu lumayan nguras dompet tuh kayaknya, hhheeee…..
By: enoanderson on Januari 10, 2014
at 10:22 pm
haaaaaaaa penyakit byson ku… kebule ireng koyo mesin diesel
By: anx45 on Januari 10, 2014
at 11:25 pm
ow halah… maturnuwun kang, akhirnya problem solved…
By: bandit7suzuki on Januari 11, 2014
at 12:24 am
kalo keluar asap putihnya pas motor disenderin di samping makam cepet2 hubungi mr.yb sang penakluk alas roban maz
😛
#run
By: Fitready on Januari 11, 2014
at 12:44 am
Kalau oli mesin berkurang agak banyak saat pergantian periodik apa sebabnya ya Kang. Biasanya ganti tiap 2000an-km, kata mekaniknya waktu ganti oli, itu ring pistonnya dah kena, padahal dari knalpot gak keluar asap putih. Apakah habis karena pemuaian/menguap. Atau penggunaan oli yang terlalu encer? Rekomen pabrik SAE 20, kadang saya pakainya SAE 10/15.
By: MbahManten on Januari 11, 2014
at 12:55 am
mas…kalo sering keluar asap putih saat di tanjakan kenapa ya…??
By: Andrian on Januari 11, 2014
at 8:43 am
http://motorcyclefunblog.wordpress.com/2014/01/10/penindakan-terhadap-knalpot-racing-sudah-mulai-gencar/
By: Andrian on Januari 11, 2014
at 8:43 am
Banyak faktor mas .. tapi kalau asap menjadi keluar setelah mesin bekerja ekstra ya bisa jadi ring & piston tidak kuat menahan kompresi 🙂
By: warung Dohc on Januari 11, 2014
at 9:21 am
naahhh…betuul sepertinya begituu mas…soalnya kalo nanggung beban berat suka gtooo juga…apalagi kena tanjakan…
solusinya gimana ya…??
By: Andrian on Januari 11, 2014
at 9:23 am
klo di luar tutup klep keliatan ky ada rembesan oli yg mengering, itu jg pertanda bukan?
By: Sigit on Januari 11, 2014
at 9:07 am
Kalau diluar tutup klep ada oli kerak. Ya belum tentu seal klep nya mas.. tapi seal (tutup setelan klep nya itu). 🙂
By: warung Dohc on Januari 11, 2014
at 9:18 am
oh gitu, soale kadang juga ngebul klo pagi
tp ga mesti tiap pagi, jarang banget…
By: Sigit on Januari 11, 2014
at 9:20 am
iya motor ane juga bro. Di bagian mesin depan sering kotor kena oli. Cek ke bengkel,katanya karna seal tutup klep udah getas. Habis ganti,ane bersihin,ga kotor lagi deh.
Maklum,motor keluaran 2005.
By: pritikiew on Januari 13, 2014
at 6:54 am
ngisi buku absen wae ahhhhh
By: beopat on Januari 11, 2014
at 9:49 am
siapin kocek kalo mau bongkar ya…. piston gimana tuch
http://aripitstop.wordpress.com/2014/01/11/scorpio-z-edisi-perpisahan-sudah-beredartanda2-lahirnya-r25/
By: aripitstop on Januari 11, 2014
at 9:56 am
Siph sesama tukang bingkil salaman disek 😛
By: warung Dohc on Januari 11, 2014
at 10:15 am
toz
By: aripitstop on Januari 11, 2014
at 10:32 am
mas, kalo motor ngebul pas mesin dingin tapi besoknya di minumin pertamax plus *bensin sblmny pertmax biasa* jadi gak ngebul lagi, itu gimana yah ? bingung nih, udh 3mingguan sejak ane kasih prtmx plus ga ngebul lagi. makasih sblmnya
By: kingkonggembrot on Januari 11, 2014
at 9:03 pm
kalo ngebulnya bau bensin bisa jadi campurannya terlalu kaya…begitu ganti petromak jadi terbakar sempurna…
By: kamil on Januari 11, 2014
at 10:13 pm
tapi warna asepnya putih lho, biasanya kalo bau bensin kan warna hitam. baunya juga cenderung sangit” kek bau oli gitu cuman abis di mimikin prtmx plus ilang ngebul plus bau knalpot ga bau sangit lg
By: kingkonggembrot on Januari 12, 2014
at 8:37 am
kalo mau narik pas pengen ngebut bunyi…tek…tek…tek…
By: Goyip on Januari 11, 2014
at 10:08 pm
wah,vfr 400 pa yg 750 kui?
http://mumet-ndhase.com/2014/01/12/anti-mumet-ndhasemarquez-main-dirt-track-rossi-juga/
By: lekdjie on Januari 12, 2014
at 11:32 am
ikut nyimak saja suhu 😀
By: kenthoet on Januari 12, 2014
at 1:53 pm
Mas azis , paijo udah berumur mesinya gmana tuh udah ngebul belum ? Bgian mesin udah jajan apa aja hehe , skalian mau tanya klo cbr saat rpm atas pas mentok limiter keluar asep putih tp g terlalu bnyak , pas di rpm atas aja gejalanya , rpm bawah tengah and atas sebelum limiter gag keluar asap , kira kira apa yg rusak ya peforma masih siplah , stater gampang , maaf bnyak tanya kt bengkel pinggiran sih ring seher ato seal klepnya apa btul bgt ciri2nya mas ? , tq atas jawabanya
By: initialD on Januari 13, 2014
at 10:38 pm
Paijo ku tergolong bandel mas, 😆 sedari rakitan 2005 baru ganti part fast moving aja kayak kampas rem, gear sprocket-rantai (malah sprocket belakang masih ori aghihihi
dulu ganti komstir oblak di usia 46000an km
sekarang sprocket belakang udah goyang , bentar lagi minta ganti karet angkatan & bearing sprocket / roda
lampu lampu udah beberapa kali ganti , kabel speedo sering …..
karbu pake PE yg asli disimpen
mesin agak bertambah sedikit kasar tapi masih jozz
berasap dikit kalau udah jalan jauh & panas / nanjak , memang sepertinya ring seher udah mulai lemah mengingat kalau touring di pegunungan udah mulai loyo
pemakaian memang agak sadis sich maen rpm atas terus xixixi
tapi kalau adu lurus sama 150cc 4 tak terbaru yg dohc maupun sohc masih menang paijo jauuuuhhh
By: warung DOHC on Januari 13, 2014
at 11:10 pm
Tq jawabanya mas , 9 tahunan mengaspal juoss mas paijonya ( apalagi empunya mekanik handal 🙂 ) , gak heran mas klo paijo ninggalin 150 cc 4tak terbaru hehe bahkn ama 225 stdr di trek lurus bukn tanjakan 🙂 , udah nyoba *nyengir* , 😀 ( bener bener bandel si stroke pendek ini )
Secara garis besar sama mas sama cbr ku yg diganti part itu ,
FYI lahernya mending beli di toko laher untk industri mas berulang kali pke ori honda g tahan lama , akhirnya dibilangin pke made in japan nachi , ntn 19 ribu hrgnya (mlh lbh murah) jos mas jauh lbih awet dua seal
suara cbrku udah mulai kasar mas akhir akhir ini saat gas di bejek cepat di idle ada suara duk pda angkatan awal ku kira stang piston oblag ( ternyata saat kopling ditekan ilang ) , suara klep dan kampret 🙂 juga udah mulai nyaring , anehnya kampas koplingnya awett bgt ,, saat hi rpm kena limiter berasap , colant agak bocor di thermostat keluar klo dpke agak ngebut mas , ( walopun kondisi kyg gini larinya juoss ) ,, untuk ukuran cbr 2007 lumayan awet kan mas ? Hehe
Oh ya mas pake karbu pe boros ga ? Sepertinya vakum di motorku kadang g mampu melayani sedotan mesin , ngowos kadang mas hehe
Sori klo kpnjangan mas ( semangat klo ngomongin motor 1 cylinder tua ini ) hehe
By: initialD on Januari 14, 2014
at 9:22 am
menyimak dulu
mngingat gl 200 sy ngbul
lumayan parah
By: TiCtAc on Agustus 9, 2014
at 10:51 am
Kalau motor fit x ngebul putih tipis saat mesin panas kira2 apanya yang harus diperbaiki trima kasih sebelumnya
By: gamal mhusein on Agustus 10, 2014
at 1:57 am
sartria ane ujung knalpot belepotan oli… tp jrang ngebul dan olinya cepet abis,,,tp klo di ajak jalan jaun gpp oke oke aja…knp y kira2,, soalnya motor uda 7 thn,,, pengen turun mesin masih ragu ne,,,duitnya.. heheheheh
By: sardol on Agustus 18, 2014
at 8:24 pm
gan ,, numpang nanya , gan mtr sy baru ganti seher kelep tapi keluar asap puti, dan busi pun cpt gosong kenapa y gan,,
By: raden on September 1, 2014
at 2:03 pm
motor ane kalo pagi keluar asap tp cuma sebentar, dan saya kira itu wajar karena motor rakitan 2009 dan sampai sekarang belum pernah bongkar mesin.. tp baru2 ini kok pas gue standarin tengah, terus gue geber geber sampai gas mentok keluar asap dri kenalpot ngga putih2 amat dan juga ngga hitam kyk lumayan bening gitu, tp pas d pake pelan or ngga di geber sampai pol gas juga ngga keluar.. itu wajar kah mas bro ? apa ada Masalah ? soalnya beat fi yg motor baru punya nyokap pas gue standarin dan geber gas pol juga keluar asap kyk punya ane tp ngga sepekat punya ane artinya lebih bening banget 😀 gimana mas bro ? penting nih tlong djawab
By: aseanno on September 30, 2014
at 1:40 pm
oh, gitu ya
memang harus sering di cek
By: moch fadhil on Oktober 8, 2014
at 9:59 am
bang klu motor pulsar 220 knalpotnya ngebul putih banyak,tapi sdh diganti blok mesin sm seher.tapi seminggu kemudian knalpotnya ngebul lagi tapi tipis,kira2 apa lagi ya bang yang harus saya ganti
By: reno on Oktober 20, 2014
at 7:01 pm
kalau keeluar oli i bagian knalpot knapa gann,,..?
trus banyak lagi keeluarnya tapi komfresi gak bocor .,.ring seher baruu,.,?
apah harus ganti aja ya itu mah motor nya ,,..?
By: gunawan somantri on Oktober 23, 2014
at 12:01 pm
permisi gan mo tanya ni montor byson ane thun 2012 bru lari 18rb km kalo dpake jarak pndek ja skitar 1km-5km udah panas bgt mesin nya n berbau sangit pdahal oli bru ja gnti kemarin merek advance..kira2 itu msalahnya pada apa ya gan?mohon pencerahannya..trimakasih
By: dilla gaplex on November 11, 2014
at 8:04 am
permisi gan mo tanya ni montor
byson ane thun 2012 bru lari 18rb
km kalo dpake jarak pndek ja skitar
1km-5km udah panas bgt mesin nya
n berbau sangit pdahal oli bru ja gnti
kemarin merek advance..kira2 itu
msalahnya pada apa ya gan?mohon
pencerahannya..trimakasih
By: dilla gaplex on November 11, 2014
at 3:11 pm
Panas banyak faktor penyebab mas dari setelan klep kurang pas setelan karbu atau oli yg terlalu lama masa pakainya .. … Kalau bau sangit biasanya ada oli rembes trus kena panas pada sirip block mesin
By: azizyhoree on November 12, 2014
at 7:29 am
Mau tanya nih mas : motor saya keluar asap tipis, tapi kalo digas asap ĝå keluar. Kira2 kerusakannya di bagian mana… Terimakasih
Balas
By: radit on November 14, 2014
at 2:27 pm
motor sy titan, kalo pagi atau dingin ngebul putih tapi sebentar
itu kenapa yah?
memang sy srg perjalanan jauh dr Tegal – Surabaya.
apa ada yg harus diganti?
tks atas jwbnya kang
By: Bedjo on November 30, 2014
at 9:13 pm
mas,kalau ring seher bisa di subtstitusikan gak part nya? kalau bisa mohon bantuan part nya bisa pake punya apa ya, trims.
By: Gilang A Prasetya on Januari 9, 2015
at 6:02 pm
Om kalo seal klep ninja 250r ada subtitusinya ga ya? Makasih
By: aw19 on Februari 9, 2015
at 3:54 pm
mas kalo penyebab keluar asap putih pas mesin panas kira2 karena apa ya?? harus diganti apanya?? n habis berapa kalo jupiter z 2008. terimakasih
By: enggar on Maret 21, 2015
at 6:10 pm
Oalah gitu rupanya, supra fit jadul ane persis kayak gini gan. Motor warisan bokap, udah 11 tahun (2004) baru turun mesin sekali -__-” thanks gan, berguna banget ni artikel ^ ^
By: otakuracer on Maret 29, 2015
at 11:13 am
Gl neo saya aneh, busi terus berwarna hitam, distel gimanapun, knalpot g berasap pagi hari atau rpm tinggipun, oli juga berkurangnya normal aja, kenapa ya? apa krn tangki karatan? pdh udah pk dua filter bensin! cari repair kit yg pj dan mjnya sesuai ga tau merk apa? tq
By: kwarnocvich on Mei 30, 2015
at 11:39 am
gini bang, punyaku motor suprafit, bulan lalu keluar asap putih dan saya biarkan hana ganti oli dan waktu ganti oli ternyata oli mseinnya udah habis, lalu 1 setelah ganti oli mesin mati karena sering sekali keluar asap putih.
setelah itu saya bawa ke bengkel resmi ahas dan sudah dibongkar di ganti pistonnya dan lan-lain sampai habis 750 rb, tapi setelah diservis saya pakai masih berasap, kalau saya bawa pelan-pelan memang tidak keluar asap tapi kalo dibawa agak cepat dikit aja keluar asap putih banyak dan mesinnya cpat sekali panas. ini gimana solusinya mas kan saya sudah servis di ahass sampai habis 750 rb.
tambahan kemarin di ganti PISTON KIT/050 itu sudah di oversize belum gan?
saya tunggu jawabannya ya ….
matur suwun/ trimakasih banyak
By: Anwar Syarif Abdillah on Juni 12, 2015
at 10:36 am
Klw motor mau awet karakter pemakai bisa dilihat.krn oli tak terjaga bukan makin hemat makin jebol duit kecuali pakai sepeda.klw biasa bersih pasti hal yg kurang langsung bisa terlihat.
By: Ir_budi on Juni 12, 2015
at 5:57 pm
motor sayo brasap . .
Kra2 ap ny ne mas bro ?
By: ferly on Juli 8, 2015
at 9:44 pm
saya mau tnya om. kenapa motor sya di pagi hari kluar asep putih sebentar jk. tpi kadang gak kluar.. trus oli nya berkurang tpi gk bnyak…????
tolong balas
By: ronirian on September 19, 2015
at 6:14 pm
Jika benda seperti gabus atau busa tidak sengaja masuk ke dalam poring melalui intek dari karbu, apakak langsung masuk ke clep? Pada motor mio soul
By: Guntur on September 21, 2015
at 9:40 pm
Mas bro yg okeh..mau tanya: motor saya revo absolute 2010, kadang-kadang keluar asap putih sebentar pada saat baru di starter & kondisi motor sudah dipakai jalan. Tapi klo pagi dipanaskan normal adanya (tdk keluar asap putih). Apakah penyebabnya ring seher/klep sdh aus, apakah demikian normal adanya..?, Apakah juga pengaruh saya terkadang ganti BBM ke premium, pertamax, pertalite ?? Tengkyuu so matt…
By: anton on Oktober 8, 2015
at 12:05 pm
memang perlu di cek dengan analisa yang tepat untuk memastikan apakah karena seal kelep ,engin,atau buring nya sehingga di temui penyebab motor ngebul
By: ali imron on November 3, 2015
at 11:16 pm
[…] Pertanda seal klep aus & ciri fisiknya Iwanbanaran.comreview komplit vixonhandling, Review komplit vixon……handling menjadi nilai jual tak terbantahkan! december 31, 2012 posted iwanbanaran : otomotif, yamaha, trackback. […]
By: Otomotif Yamaha Jupiter Z – Blog-ku on Februari 4, 2016
at 10:16 am
[…] Pertanda seal klep aus & ciri fisiknya Iwanbanaran.comforum diskusi – iwanbanaran., Forum diskusi. bro sis sekalian…..setelah menimbang cukup akhirnya iwb coba membuat satu pages khusus menampung keluhan brosis berhubungan. […]
By: Otomotif Motor Byson – Blog-ku on Februari 5, 2016
at 10:18 am
Thanks gan informasinya,,,, salam Double Over Head Camshat
By: Hidayat on April 15, 2016
at 6:49 pm
wah persis sama kayak motor ane gan, shogun new 110, awal tahun ganti seal klep beres tp gak taunya kalo abis dipake kenceng rada lama dikit masih ngebul putih tipis. nah sekarang makin parah cm dipake jalan kr2 40 kph aj radak lama dikit ngebul putih tebel. kata mekanik bengkel langganan sih “klep rusak mas, diganti yg kw aj gpp mas satunya 60rb kalo yg asli 100rb” kira-kira apanya ya gan dan bedanya ori sama kw gimana dari segi awet sama performa. mohon pencerahannya gan, thanks 😀
By: Mohamad Fauzi Arazy on Mei 31, 2016
at 5:16 pm
Kalo pengalaman ane, seal klep mulai lemah ciri nya kalo manasin motor di pagi hari keluar asap putih di knalpot,,, awalnya ane kira itu normal, akibat uap air dari udara dingin yg beraksi dengan panas di knalpot,,, tapi ternyata ane salah,,, saat ane service besar (bersihin ruang bakar, bukan karena rusak), sekalian ganti seal klep karena part ini murah tapi ganti nya susah,,, eh setelah seal klep diganti, gk ada lagi asap putih ketika mansin motor di pagi hari,,,
seal klep mulai lemah gitu pas pagi hari sekitar subuh sampai jam 8 pagi aja keluar asap putih, kalo jam 9 pagi ke atas gk keluar asap, atau mesin dah panas,,, gk tau deh saat rpm tinggi keluar asap apa tidak,, yg jelas penguapan oli terasa signifikan juga kalo seal klep mulai lemah gitu,,, itu baru mulai lemah loh, belum rusak seal nya,,, gimana kalo dah bocor yah, pasti berasap di segala kondisi dah,,,
By: Luqmanul Hackim on Juni 13, 2016
at 8:44 pm
Motor saya sudah usia 6 tahun,dipakai 2 km mesin cepat panas dan kasar,padahal oli masih baru,tapi tidak keluar asap putih kalau dipakai jalan,tapi kalau gigi saya netralkan & saya gas poool,keluar asap putih terus tapi sedikit asap putih agak birunya,apa itu pertandanya seal klep juga aus mas ?
Terima kasih
By: Rudi on September 30, 2016
at 5:41 am
Sdh ganti piston dan sel klep masih juga keluar asap putih tipis, dan knalpot sering nembak, motor byson thn 2012, tks
By: Hery on November 6, 2016
at 11:54 pm
mas supra ane kok klep ex nya keluar oli banyak ya sampek sering abis oli nya..trus saat dpake jalan berat banget tarikan nya..saat oli yang berada dalam klep ex di kluarin tarikan jadi normal lagi…
masalahnya apa ya?
By: latif on November 12, 2016
at 9:07 pm
Fu ku keluar uap asap dr mesin mas kenapa ya
By: riandi on Agustus 31, 2017
at 3:05 pm
Mas brow saya mau tanya ,,kalo salah satu klep satria bocor tipis apakah pengaruh
Lalu
By: sela on September 14, 2017
at 9:51 pm
Pencerahannya mas ,saat mesin dingin terkadang motor saya kok keluar asap putih (tipis), & kalou gas d tahan/nggeng keluar bunyi tek tek tek .ini yg rusak seher apa stangny
By: Fuad on Juli 4, 2018
at 9:22 am