Yups ceritanya Djeng Tina tuwir , atau mazda astina saya ini haus minum oli powersteering mas bro , lha setiap jalan jauh jakarta-jogjakarta PP misalnya , tabung reservoir oli power steering selalu berkurang drastis & setidaknya setiap jalan 1000-1500km minta ditambah oli nya haus bener yachh
nah memang sudah menjadi rahasia umum power steering sistem hidrolic menjadi momok para pemilik mobil jika sudah rembes ataupun bocor , maklum selain menjadi kurang nyaman juga selalu dihantui kalau kalau system power steering jebol di jalan wahhhh pasti biaya perbaikannya akan membengkak & merembet kerusakan partnya , untuk membantu gerakan steering gear & rack memang dibutuhkan daya dorong minyak power steering yang di kompress dengan tekanan tinggi , wajar saja jika high pressure hose bekerja berat & kalau sudah tua mudah getas , paling serem kalau oli sampai kehabisan , pompa power steering bisa jebol , kerja steering gear & rack menjadi sangat berat, biasanya di tandai suara di area tersebut mendengung keras!
untungnya pada kasus djeng tina ini sudah saya runut sedikit analisa sebelum memutuskan untuk di serahkan ke bengkel specialist power steering … iya sich kasusnya sama sama bocor tapi bocor itu banyak sebabnya , nah mau nge check barangkali hanya masalah sepele yang menyebabkan bocor? ikuti langkah saya berikut !
pertama , sebelum mobil dipakai tandai bagian bagian selang selang power steering ataupun part pada body yang basah oleh minyak power steering , nah setelah ditandai, bersihkan usap dengan kain hingga bersih , kemudian nyalakan mesin sambil gerak gerakkan steer , sekalian manasin mesin ya barang 5 menit lahhg , nahhh amati lagi bagian mana saja yang terdapat rembesan & kebocoran
kebetulan pada Djeng tina ini terlihat rembesan muncul di area sambungan high pressure hose ( selang tekanan) & pada nipel distributor yamg menuju gear steering . nah kalau gitu matikan mesin & mulai beraksi ! …… lepas clamp selang tekanan pada body & kendurkan baut baut nipel yang menghubungkan ke sambungan – distributor maupun ke pompa oli ( ingat saat melepas selang ini oli akan terkuras ( jadi siapkan penampung dibawah mesin mobil agar tidak meluber kemana mana ) memang proses melepas selang ini agak ribet * pegel membungkuk , keringetan dsb
nah setelah selang high pressure berhasil dikeluarkan dari kap mobil , check bagian bagiannya pastikan tidak ada yang getas atau robek & sekalian dibersihkan (cleaning) ingat diantara sambungan terdapat seal o-ring ( jangan sampai hilang ataupun rusak)
nah diagnosa ulir sambungan & nipel yang sudah tua besar kemungkinan ikatan & kerapatan ulir sudah kurang sempurna jadi setelah ulir & nipel dibersihkan , lapisi dengan seal tape ( isolasi pipa) atau istilahnya ”TBA ” gulungkan secukupnya pada ulir
rakit kembali sambungan , kencangkan mur & nipel secukupnya rakit ulang ke dalam engine bay / kap mesin , untuk nipel pada pompa oli terdapat washer / ring kuningan pastikan terpasang diantara nipel & body pompa , tambahka seale silicon secara tipis di permukaan body saluran out pompa (jika perlu)
terakhir , setelah semua terpasang & kencang , isikan minyak ATF / power steering fluid ke dalam reservoir …… nyalakan mesin , putar steer ke kanan mentok – ke kiri mentok secara berulang , sambil di isi hingga penampung / reservoir terisi pada level yang tepat ( lihat garis level pada reservoir) diamkan beberapa saat biarkan oli bersirkulasi dahulu ….jika kurang tambahi lagi , jika sudah cukup tutup reservoir
uji coba- jalan Daann power steering kembali enteng! & bebas rembes !
mission completed! 😀
salm from warung DOHC , Wassalamu’alaykum 😉
Cieeettt mntp
By: initialD on Januari 14, 2014
at 9:43 am
nah..2 taun kepungkur estimku yo pernah bermasalah mas..dinggo menggok uabot banget..padahal sebelume ra enek gejala sama sekali mas..pelumas power steering yo isih ning nduwur batas minimal..pas diservis bulan berikute divonis ganti ball joint..duh.. 😐
nek banyu radiator boros ki kenopo yo mas?kudu kerep nambahi je..waktune dikuras + diresiki kah?
By: nbsusanto on Januari 14, 2014
at 10:02 am
disinyalir karena juragane sudah doouble power steering dan sering ngedrift :v
By: ipanase on Januari 14, 2014
at 10:20 am
Nungguin Old TIger, empunya Neng Tina komen wkwkwk….
By: Kobayogas on Januari 14, 2014
at 11:25 am
nu saya acan manggih nu kie mang hahahahaha
By: macantua on Februari 17, 2014
at 11:46 am
Alus atuh hehhehe
By: Kobayogas on Februari 17, 2014
at 12:33 pm
smoga ntong, can boga duit hahahahahaha
By: macantua on Februari 17, 2014
at 12:58 pm
Ganti ke EPS kang hehehe
By: Kobayogas on Januari 14, 2014
at 11:26 am
Mantap ini
By: Iksa on Januari 14, 2014
at 11:34 am
enaknya punya peralatan lengkap, bisa bongkar2 apa aja hehe…
asal jgn bongkar2 punya tetangga aja xixixi 😛
By: Fitready on Januari 14, 2014
at 11:46 am
niymak om…
By: aripitstop on Januari 14, 2014
at 11:54 am
pts….pts… mana pts nya…….
By: tombiez on Januari 14, 2014
at 2:31 pm
hmmm.. avanza kantor jua berat setirnya… apa jangan2 kasusnya sama? tapi masih mobil keluaran 2011 padahal..
By: Redribbon Army on Januari 14, 2014
at 4:12 pm
Menyimak saja #Belum punya Mobil
By: potretbikers on Januari 14, 2014
at 6:59 pm
ikutan nyimak kaya om PB…
By: Kobayogas on Januari 14, 2014
at 10:27 pm
Absen malem..gan..
http://hulssay.com/2014/01/14/bangkitkan-image-positif/
By: hulssay on Januari 14, 2014
at 10:44 pm
persis kasus panther saya gan.
By: curut salto on Januari 15, 2014
at 6:19 am
mantabz…
By: setia1heri on Januari 15, 2014
at 8:19 am
Seumur-umur saya belum pernah liat astina ditempatku,padahal mudah dikenali
By: Papa Afnhy on Januari 15, 2014
at 6:21 pm
memang populasinya terbatas om 😀 kebanyakan beredarnya di jawa & sedikit ada di sumatra .. lainnya itu super langka
By: warung dohc on Januari 15, 2014
at 7:35 pm
baru ketemu kemaren warna merah. pas ujan2 tapi sayang bodynya udah retak2.
By: Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) on Januari 16, 2014
at 8:30 am
😀
By: Papa Afnhy on Januari 16, 2014
at 9:07 am
http://m.tokobagus.com/iklan/mazda-astina-th-1990-40015182.html/?&phrase=Astina&page=1&opt=1&int=1&ph=Astina&catid=
By: Blitz-r on Februari 1, 2014
at 5:19 pm