Oleh: azizyhoree | Januari 14, 2014

(kasus ringan) mbenerin power steering astina


Yups  ceritanya Djeng Tina tuwir , atau  mazda astina saya ini haus  minum oli powersteering mas bro ,  lha  setiap jalan  jauh  jakarta-jogjakarta PP misalnya  , tabung reservoir oli power steering selalu berkurang drastis  & setidaknya setiap jalan 1000-1500km  minta  ditambah oli nya  haus bener yachh :mrgreen:

nah memang sudah menjadi rahasia umum power steering sistem hidrolic menjadi momok para pemilik mobil  jika sudah rembes ataupun bocor , maklum selain menjadi kurang nyaman juga selalu dihantui kalau kalau system power steering jebol di jalan  wahhhh  pasti  biaya perbaikannya  akan membengkak & merembet  kerusakan partnya , untuk membantu gerakan steering gear & rack memang dibutuhkan daya dorong minyak power steering yang di kompress dengan tekanan tinggi , wajar saja jika high pressure hose bekerja berat & kalau sudah tua mudah getas ,  paling serem kalau oli sampai kehabisan  , pompa power steering bisa jebol , kerja steering gear & rack menjadi sangat berat, biasanya di tandai suara  di area tersebut mendengung keras!

zpower steering

untungnya pada kasus djeng tina ini  sudah saya runut sedikit analisa sebelum memutuskan untuk di serahkan ke bengkel specialist power steering … iya sich kasusnya sama sama bocor tapi  bocor itu banyak sebabnya , nah  mau nge check barangkali hanya masalah sepele yang menyebabkan bocor?   ikuti langkah saya berikut !

pertama , sebelum mobil dipakai  tandai bagian bagian selang selang power steering ataupun part pada body yang basah oleh minyak power steering ,  nah setelah ditandai, bersihkan usap dengan kain hingga bersih  ,  kemudian  nyalakan mesin sambil gerak gerakkan steer  , sekalian manasin mesin  ya barang 5 menit lahhg  ,  nahhh  amati lagi bagian mana saja yang terdapat rembesan & kebocoran

IMG_9814

kebetulan pada Djeng tina ini terlihat rembesan muncul di area sambungan high pressure hose ( selang tekanan)  & pada nipel distributor yamg menuju gear steering .   nah   kalau gitu matikan mesin & mulai beraksi !   ……   lepas   clamp selang tekanan pada body &  kendurkan baut baut nipel yang menghubungkan ke sambungan – distributor maupun  ke  pompa oli  ( ingat saat melepas selang ini oli akan terkuras ( jadi siapkan penampung dibawah mesin mobil agar tidak meluber kemana mana )  memang proses melepas selang ini agak ribet * pegel membungkuk , keringetan dsb  :mrgreen:

IMG_9825

nah setelah selang high pressure  berhasil dikeluarkan dari kap mobil  ,  check bagian bagiannya pastikan tidak ada yang getas atau robek  &  sekalian dibersihkan (cleaning)  ingat diantara sambungan  terdapat  seal o-ring ( jangan sampai hilang ataupun rusak)

IMG_9830

nah  diagnosa ulir sambungan & nipel yang sudah tua  besar kemungkinan ikatan & kerapatan ulir sudah kurang sempurna jadi setelah ulir & nipel dibersihkan  ,  lapisi dengan seal tape ( isolasi pipa) atau istilahnya ”TBA ”  gulungkan secukupnya pada ulir

IMG_9831

rakit kembali sambungan  , kencangkan mur & nipel secukupnya  rakit ulang ke dalam engine bay / kap mesin , untuk nipel pada pompa oli terdapat washer / ring kuningan  pastikan terpasang diantara nipel & body pompa  ,  tambahka seale silicon secara tipis di permukaan body saluran out  pompa (jika perlu)

IMG_1022

terakhir  , setelah semua terpasang & kencang  ,  isikan  minyak ATF  / power steering fluid   ke dalam  reservoir  ……  nyalakan  mesin  ,  putar  steer  ke  kanan mentok –  ke kiri  mentok  secara berulang , sambil  di isi  hingga penampung / reservoir terisi pada level yang tepat (  lihat garis level pada reservoir)  diamkan  beberapa saat biarkan oli bersirkulasi dahulu ….jika kurang tambahi lagi  ,  jika sudah  cukup   tutup reservoir

uji coba-  jalan  Daann  power steering kembali enteng!   & bebas rembes !

mission completed!  😀

salm from warung DOHC , Wassalamu’alaykum  😉


Tanggapan

  1. Cieeettt mntp

  2. nah..2 taun kepungkur estimku yo pernah bermasalah mas..dinggo menggok uabot banget..padahal sebelume ra enek gejala sama sekali mas..pelumas power steering yo isih ning nduwur batas minimal..pas diservis bulan berikute divonis ganti ball joint..duh.. 😐
    nek banyu radiator boros ki kenopo yo mas?kudu kerep nambahi je..waktune dikuras + diresiki kah?

  3. disinyalir karena juragane sudah doouble power steering dan sering ngedrift :v

  4. Nungguin Old TIger, empunya Neng Tina komen wkwkwk….

    Intermezzo: Tiga Pertandingan, Dua Gol dan Cenut Cenut

  5. Ganti ke EPS kang hehehe

    Pojok Test Ride: Riding Impression Singkat Yamaha Xeon 2011

  6. Mantap ini

  7. enaknya punya peralatan lengkap, bisa bongkar2 apa aja hehe…
    asal jgn bongkar2 punya tetangga aja xixixi 😛

  8. niymak om…

    Black Campaign NVL vs CB150R, Kenapa Terus Terjadi ?

  9. pts….pts… mana pts nya…….

  10. hmmm.. avanza kantor jua berat setirnya… apa jangan2 kasusnya sama? tapi masih mobil keluaran 2011 padahal..

    Cloud Strife… Character Dari Final Fantasy Series Yang Paling Fenomenal Sampai Saat Ini.

  11. Menyimak saja #Belum punya Mobil :mrgreen:

    Ternyata sama saja,kawan!!

  12. ikutan nyimak kaya om PB…

    Mau Tau Lebih Lengkapnya? Panteng Terus

  13. Absen malem..gan..

    http://hulssay.com/2014/01/14/bangkitkan-image-positif/

  14. persis kasus panther saya gan.

  15. mantabz…

    Ngincipi matic gambot benelli zafferano

  16. Seumur-umur saya belum pernah liat astina ditempatku,padahal mudah dikenali

    • memang populasinya terbatas om 😀 kebanyakan beredarnya di jawa & sedikit ada di sumatra .. lainnya itu super langka

  17. http://m.tokobagus.com/iklan/mazda-astina-th-1990-40015182.html/?&phrase=Astina&page=1&opt=1&int=1&ph=Astina&catid=


Tinggalkan Balasan ke aripitstop Batalkan balasan

Kategori