Oleh: azizyhoree | Februari 16, 2014

Ninja 250 RR mono 2014 , jawaban sebuah tantangan !


Kehadiran Kawasaki Ninja 250 RR mono memang menggebrak antusiasme penikmat roda 2 tanah air ,  bahkan pemberitaan di luar indonesia pun  merebak luas !  karena memang motor 250 single cylinder yang pertama kali di launching di Indonesia ini akan dipasarkan secara global

z14_bx250ab_g_03

jika dahulu perang kelas 250 cc  kawasaki boleh menjawab ”  250 cc  era masakini ya 2 cylinder donk!  ”  ,  namun  ternyata melihat gurihnya persaingan 250 cc  membuat seolah kawasaki menjilat ludah sendiri :mrgreen:   namun tak masalah  itu semua adalah upaya untuk menutup celah gempuran dari kompetitor !

z14_bx250ab_g_33

Dengan desain ala mini superbike kawasaki  , ninja RR mono ini memang menyuguhkan pemandangan body yang aduhai …..   revolusi aura serba tajam  benar benar menghadirkan aroma baru untuk menggantikan kedigdayaan Ninja 150 RR 2 stroke !    dengan kata lain  ninja 250 RR mono ini masih membidik pasaran anak muda sekolahan –  hingga anak kuliahan yang dahulunya mengidamkan Ninja 150 RR  dimana  overall   proporsi  body motor ini masih terbilang ramping , sporty banget ber aura racy , akselerasi & tenaga nampol dengan ditenagai mesin 250 cc big torque  namun  ramah lingkungan khas 4 tak

z14_bx250ab_g_37

speedometer full digital  bukan barang mahal untuk saat ini !  setidaknya hal itulah yang ditunjukkan kawasaki dengan mengaplikasikan speedo meter full digital khas moge  dengan tidak membuatnya menjadi harga mark up!

z14_bx250ab_g_16

Under yoke adalah jawaban untuk siap  turun di kancah balap .   dengan tampang & setelan masih bau pabrik atau gress sekalipun ninja 250 RR mono ini sudah racy abissss!   ga usah  di nunduk nundukin ga usah di tempel tempelin variasi replica balap pun  sudah kental aroma balp nya !

z14_bx250ab_g_14

pilot view motor ini juga cakep  bak mengendarai moge beneran bahkan nampaknya lebih menyatu dengan himpitan paha sang rider saat di kendarai , untuk desain & proporsi body style  boleh dikata lebih cakep dari sang kakak Ninja 250 Fi twin , malah detailingnya  juga  lebih jempolan menonjolkan detail ruwetnya ,  beda dengan 250 Fi  dimana detail yang kurang menonjol terkoreksi oleh fairing body yang lebar

z14_bx250ab_g_45

area rangka , meski twin tubular frame  namun sisi  ruwet & kokohnya  ajib  layaknya  moge berchasis twin tubular macam SV650

z14_bx250ab_g_46

sementara  area  engine mengandalkan engine 250 cc DOHC fuel injection dari generasi kawasaki 250cc untuk dual purpose yakni mesin turunan dari KLX 250  / D-tracker 250  yang mengalami penyesuaian untuk dijadikan motor street bike dimana sebelumnya sebagai motor penjelajah saat di cangkok ke chasis street bike disesuaikan untuk mampu mengakomodasi power dengan speed tinggi & manufer yang bersahabat saat melibas tikungan

z14_bx250ab_i_03

sistem distribusi pendinginan mesin juga dikoreksi dengan mengarahkan electric fan ke arah bawah agar  hembusan hawa panas tidak mengarah ke rider saat dipakai harian membelah kemacetan & cuaca panas

berikut spec Ninja 250 RR mono :

Spesifikasi Ninja 250 Mono 2014
Engine type: Liquid-cooled, 4-
stroke 1 Cyl DOHC
Displacement : 249 cm³
Bore x stroke : 72.0 x 61.2 mm
Compression ratio: 11.3:1
Valve/Induction system: DOHC, 4
valves
Fuel system Fuel injection: ø38 mm
x 1
Ignition : Keihin, Transistorized
Ignition
Electric: Starting
Lubrication : Forced lubrication, wet
sump
image
Maximum power 20.6 kW / 9,700 rpm
Maximum torque 22,6 N·m { kgf·m} /
8,200 rpm
SS 400m : 15,5 s
SS 200m : 9,7 s
Max Speed : 153 km/h
Transmission 6-speed, return
Final Drive Sealed chain
Primary reduction ratio 2.800 (84/30)
Gear ratios: 1st 3.000 (393/11)
Gear ratios: 2nd 1.933 (29/159)
Gear ratios: 3rd 1.444 (31/22)
Gear ratios: 4th 1.217 (28/23)
Gear ratios: 5th 1.045 (23/22)
Gear ratios: 6th 0.923 (24/26)
Final reduction ratio 3.000 (42/14)
image
Clutch : Wet multi-disc, manual
Frame type Tube diamond
Rake/Trail 24° / 90 mm
Wheel travel, front 110 mm
Wheel travel, rear 116 mm
Tyre, front 100/80-17 M/C (52S)
Tyre, rear 130/70-17 M/C (62S)
Steering angle, left / right 36° / 36°
Suspension, front telescopic fork
Suspension, rear Bottom-Link Uni-
Trak swing arm
Brakes, front Single 263 mm petal
disc. Caliper: dual-piston.
Brakes, rear Single 193 mm petal disc.
Caliper: Dual-piston.
Dimensions (L x W x H) 1.935 mm x
685 mm x 1,075 mm
Wheelbase 1,330 mm
Road Clearance 165 mm
Seat height 780 mm
Fuel capacity 11 litres
Curb Mass 151 kg

z14_bx250a_yel2_rf

Nah  inilah jawaban apa yang selama ini menjadi tantangan bagi kawasaki yaitu :

1.menjawab tantangan melayani ancaman yang di usung CBR 250 sebagai kompetitor

2.menjawab tantangan dikancah balap , setidaknya kawasaki mulai sadar bagaimanapun melakukan korek untuk kelas 250 cc  kebawah  lebih mudah dilakukan untuk type mesin single cylinder #meski ada yg berdalih mono RR tidak untuk bertanding di kelas 250 IRS sentul &   (*berkaca dari berkali kali  N250 twin dilibas CBR250 di sentul xixixi)

3. menjawab tantangan ,  kawasaki berani membuat sport 250 cc  made in Indonesia yang berkelas Global  , sekaligus menjawab tantangan , ”  motor sport 250 cc yang syarat teknologi & berdesain racy tak harus mahal

4.menjawab tantangan , dengan lahirnya Ninja mono RR ini , kawasaki berani berkata Stop terhadap product 2 stroke     ( 2T mania layak bersedih ) xixixi

5.terakhir  .. menantang jawaban  kawasaki berani menjilat ludah sendiri dengan akhirnya mau memproduksi 250 cc single cylinder    , serupa dengan AHM yang dulu bilang ” motor 250 cc belum dibutuhkan di indonesia ”   :mrgreen:

z14_bx250b_red_ba

40 jutaan  adalah harga yang logis untuk pembukaan / launching ,  39,9 adalah permainan angka agar terlihat lebih logis …..  3-6 bulan lagi harganya akankah mengikuti trending mark up????  entah lah  …   semoga tetap mampu mencetak motor yang harganya bersahabat dengan konsumen  😀

salam from warung DOHC , Wassalamu’alaykum 😉


Tanggapan

  1. ra sah suwe suwe, dol minerva, ganti ER-6N lek, wis

  2. lihat penerimaan marekt dl

    Saat Test Ride di Sentul, Dua Motor Kawasaki Ninja 250RR Mono Jadi Korban Karena Jatuh

  3. Wah disinyalir dapat sinyal penuh nih ngahahaha
    ————

    Pojok Test Ride: Honda VFR 1200 – Monster Bongsor Yang Kalem

    • hayah nagih poto om om naek vfr :mrgreen: okre om habis mahrib dehhh mau via email , WA atau fb ? #mugo mugo entuk sinyal apik 😆

      • Yang di FB keknya cukup, tapi kalau pecah minta by email yah hehehe… Btw kok balasan ini ga masuk notifikasi yah 😦

  4. Imut2 Ganteng 😛

    http://enoanderson.wordpress.com/2014/02/16/honda-cs1-reborn-akan-didesain-ayagohyper-underbone/

  5. paijo boleh di tuker ma 250 mono?

    • untuk sebuah sejarah maka ………

      enggak rela :mrgreen:

  6. N250rr utk yg muda,N250fi utk yg dewasa… Stereonya ngga tergantikan

  7. juwosh.

    http://belalangmerah.wordpress.com/2014/02/16/tips-ringan-berkendara-dalam-keadaan-jalan-terkena-debu-vulkanik/

  8. Sementara pilih motuba ae, gak tahu 5-6 tahun ke depan mungkin baru mikirin motor diatas 30 jt

  9. si Cibiny dituker ini saja,kang…hahahah 😀

    **Info terkini>> http://potretbikers.com/2014/02/16/kawah-gunung-kelud-belum-bisa-di-dekati/

  10. beberapa bulan lagi pasti akan terkoreksi harga otr nya

  11. om, di blog2 papan atas termasuk di sini banyak yg nyebut istilah “yoke”. btw yoke itu mahluk apaan sih/kayak gmn sih/artinya apa? ada istilah yg baku dlm dunia otomotif ga?

    • Yoke ‘segitiga’ clamp fork untuk suspensi depan mas bro 😀

  12. pengeeeeeeeen…

  13. Di Indonesia kelas 250cc semakin diminati para biker ……..
    semakin banyak pemain bermain di segment ini akan semakin ragam pilihan buat konsumen
    terlepas dari jumlah cylinder itu hanya masalah selera konsumen …….
    mau big single cyl atau twin tinggal pilih sesuai selera masing masing ……..

    • welkamm bekkk cak Agus lama ga mampir 😀

  14. Gl kae mono ,plak plak :hammer:

  15. tetep 2 tak lebih baik…

    • ^ Fansboy bengsin campurrr inih. ! 😆

      • menitikan air mata mas…
        dari tahun 94 sampe sekarang numpak 2 tak, gak terasa bentar lg 2 tak mau di matikan…

        hiks…

  16. klo AHM yang buat, bisa lebih murah gak ya? 😀
    Klo cr cbr 250 di naikin jadi 11.3:1 powernya unggul mana gan?

    • kalo asumsi gw sih 11-12 om…
      yang hebat itu ya Suzuki, matic nya bisa 34hp 1 silinder…

  17. Kawasaki akhirnya ngikut juga bikin 1 silinder hehe namun racikanya lebih agresif nih , setuju klo konsepnya 1 silinder ini dbikin lebih lincah body ringkes bobot ringan .

    Oot mas

    ane masi bingung nih oil filternya cbr 150 itu tipe apa ya , kok g ada kyg centrifugal oil , masak pke screen oil filter aja ?

    • njawab oot nya * ada mas dia sembunyi di balik crank *entar yahhh artikelnya kalau udah fredoom saiya nya :mrgreen:

  18. numpak montore enak itu mas

    • kok aku ga diajak to om hiks 😦 bentar lagi udah mau jauh dari ibukota ini je

      • Kapan pindah kang? Kemarin di sentul itu juga sdh last minute soalnya. Bentar lagi dpt pinjemannya rr mono sekalian ketemuan aja.

      • boleh om thank’s a lot send pm yaks .. warung.dohc@yahoo.com

        saya pamitan napak tanah jabodetabek terkhir insya allah 8-9 maret

        #terharuuuu

  19. smoga semua yg komen disini bisa pada beli ini ninja mono. amiiin

  20. mas aziz kayaknya udah test ride nih
    http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/02/25/bertemu-dan-konvoi-dengan-benneli-tnt-899-3-silindernya-menggoda/

  21. Reblogged this on amrillmartapuraa.


Tinggalkan Balasan ke pasifo98 Batalkan balasan

Kategori