Oleh: azizyhoree | April 12, 2014

first impression *test ride singkat MV Agusta Brutale 1090 R


Berkesempatan menjajal MV Agusta Brutale 1090 R Disela sela kesibukan di jakarta saat itu tidak saya sia siakan , langsung menuju kawasan sudirman tepatnya di sekitaran gedung siemens  yang bersebelahan dengan kantor kang Kobay dimana unit Brutale ini dipinjamkan oleh dealer moto arte untuk di review oleh kang kobay

IMG_1637 - Copy

yahhh  meski hanya impresif riding namun hal ini akan sangat berkesan mengingat Brutale ini adalah motor exotic yang langka sekaligus motor high class!   , rasa rasanya bisa mengangkangi saja sudah bersyukur ,  bisa riding singkat menikmati gear 1- hingga 2- 3 saja sudah cukup mengetahui karakter aslinya !

IMG_1640 - Copy

secara umum penilaian terhadap Body IMHO :  body bongsornya terlihat gagah! seolah motor kelas berat & terlihat harus menanggung beban mental saat akan dikendarai , karena gagah & sangarnya ,   namun setelah di dekati & dikangkangi  serasa mungil & compact , padat & menyatu dengan  rider , desain khas Italy sangat kental  , unik exotic & penuh lekukan seni serta Detailing yang mantab hingga sampai part part kecil sekalipun mempunyai build quality yang baik

IMG_1645

Street fihgter memang identik sangar!   meski banyak yang berpendapat model lampu tear drop ala MV  menjadi agak  kurang sinkron dengan body runcing & lekuk exotic nya , namun bagi saya , akan tertutupi setelah merasakan pandangan dari balik kemudi ….  yang dirasa hanya … ” ini moge canggih Bro!  ”  kesan lampu culunnya jadi terkesampingkan !  hehehe  😀

IMG_1646

meski  produk italy high class  ,  namun   untuk beberapa part pendukung seperti kopling hidrolic menggunakan master nissin pada braking system  dipadukan dengan 4 piston Brembo untuk kaliper rem depan yang mengapit dual floating discs  320mm

IMG_1746

roda belakang di gawangi mono arm dengan velg asimetris super lebar mirip velg mobil xixixixi bisa dijejali ban 190/55   pun masih nampak mumpuni , pengereman digawangi kaliper brembo & 210mm single disc

IMG_1751

Product jepang kembali nampak di area pengkabutan bahan bakar yakni pada throttle body yang di racik oleh mikuni Japan !

IMG_1651 - Copy

mesin 4 cylinder DOHC 16 valve 1090 (1078 cc)  yang exotic memiliki rancang bangun yang sangar , bentuknya sarat teknologi & mencerminkan mesin beringas ala prototype ! benefit lain adalah Gear Ratio transmition yang menganut  cassete style  constant mesh ,  jadi sepertinya  gear rasio bisa di knock down satu unit untuk dilakukan penggantian bila mana mau di pakai race ganti dengan close ratio (baranngakali)  xixixi  , transfer tenaga model wet cluth  namun dibekali slippery cluth !

IMG_1662 - Copy

wisss yoo  mari coba uji jalan  singkat!

starter  cesss bruummmm!  wroum wroum wroum wroumm ,  muffler standartnya  memiliki karakter semi racing , suara tidak senyap namun tidak terlalu menggelegar berisik ,  jadi  syahdu merdu gitu mas bro!  :mrgreen:  mesin 1090 berkompresi rasio 1:13,1 ini  karakter suaranya  kasar khas italy tetap kental ,  tidak sehalus moge 4 cylinder jepang!

IMG_1665 - Copy

plintir  gas  dan  walahhhhhh!   torsi berlimpah berkebalikan dengan karakter moge jepang!  jika moge jepang 4 cylinder biasanya berkarakter lembut namun beringas setelah high rpm , maka berbeda dengan apa yang ditawarkan MV Brutale 1090  ini , ”Beringas sedari rpm bawah”  towel dikit ngacir ngangkat ngangkat ini tenaganya ! , mirip galaknya karakter V engine mas bro !  padahal 4 inline ini !

IMG_1658 - Copy

ergonomi dan handling memang pas ” Fit” posisi duduk terhadap jangkauan stang nya kompak! , satu satunya kendala bagi rider berpostur tanggung seperti saya adalah jok yang lebar & agak keras di tambah seat hight yang agak tinggi membuat kedua kaki dipaksa agak mengangkang agar ke dua kaki mampu menahan beban motor agar tetap berdiri tegak , efeknya   otot paha menjadi kontraksi  pegal pegal mas bro ,  makin terasa saat di bawa di kemacetan kemudian di per tigaan kaget karena ada rider nyelonong belok , nahhhh kalau dipakai panic braking menuju posisi berhenti butuh ekstra tenaga untuk memposisikan motor agar tidak roboh  xixixi

supspen up side down marzocchi dipadu rear single chock dari sach menghasilkan redaman yang boleh saya bilang hard ! untuk dipakai hariam maupun cruising di jalanan bumpy , terasa bantingan rebound nya cepat  , namun feeling saya akan sangat cocok untuk high speed cruising & melibas tikungan dengan sangat stabil!

Panas mesin yang dihasilkan lumayan tidak terlalu memanggang kedua paha , mungkin juga karena model naked jadi pembuangan panas mesin ke udara bebas lebih cepat !

Overall MwantaB lahh untuk product non mainstream seharga 425 jutaan , whooo  lha larang je !  :mrgreen:

salam from warung DOHC , Wassalamu’alaykum

 


Tanggapan

  1. mantab josss bro

  2. widih emang bener brutal

    Ternyata Yamaha R1 kuenceng juga

    • ngangkang e kui mas pegel pegel pedes :mrgreen:

      • Alanmzaam-ikforaation found, problem solved, thanks!

      • Yup, that’ll do it. You have my appreciation.

  3. muahil… mung iso numpang ngowoh….
    http://78deka.wordpress.com/2014/04/12/hla-lak-tenan-too-balada-darmogati/

  4. gassss poll lek

  5. Wow kereeeen… Baru diposting ya,mantap mantap mantap deh… 😀
    http://warungasep.wordpress.com/2014/04/12/☼-akhirnya-inilah-sibiar-wanpipti-ar-loxal-☼/

  6. mantap nih….
    email mana email ?? xixixi

    http://enoanderson.wordpress.com/2014/04/12/honda-nova-dash-125-ayago-kencang-yang-sesungguhnya/

    • email lagi eror *sirius replay 3 kali ga bisa sending terus 😦 …

      • saya menta nomerna kang aziz wae lah. . .

  7. ngtest nya ga di kepot kepotin maz? :mrgreen:

    • ndak berani kalo njungkel saiya mas 425jt mengahantui 😀

      • wkwkwk… bisa2 jual rumah ya

  8. emang ciri khas mesin Italy selalu kasar yo Mas?

    kemrosok la Ducati

    Selama Free Practice Lorenzo Terus Mengeluh Dengan Motornya, Pertanda Mau Pindah Nih?

    • iyo mas bandingane sama moge 4 cylinder jepang lebih halus , tapi MV jauh lebih beringas torqy lahh

  9. mobil e keren euy

    http://rideralam.com/2014/04/12/latihan-bebas-kedua-motogp-austin-marc-marquez-mengerikan/

  10. ingat lampu-nya sikupi 😆
    kemrasak yah enjin-nya mas??

  11. juoozzzzz…… 😀
    aq kpn ya?……

  12. Vespa aja pake Dell Orto, masa ini yg ratusan juta pake Jepun Mikuni ?! 😀

  13. tpi kenapa headlampnya gitu ya ?

    —————————————-
    Cara Cek Kerusakan CDI

    Cara Cek Kondisi CDI

  14. slurrrp…

    mantab euy..

    http://jobnite.com/index.php?task=28272

  15. Akhirnyaaaa sudah setahun nih hahahha

    Intermezzo: Cerita Di Balik TPS

  16. wuih montor mantab bin maknyus kui…
    http://bintangjati.com/2014/04/12/ketemu-motor-racikan-deus-bali-di-parkiran/

  17. orang awam bilang “byson modifan” :mrgreen:

    SUZUKI FXR150 DAN BAJAJ PULSAR 220F, DUO MOTOR SPORT KEREN, HARGA MULAI 10JUTAAN

  18. wuihhh kerenn…
    pengin dong nyoba mas hehe
    headlamp nya itu pernah dituduh tukang parkir, ini pake lampunya Scoopy ya mas

    • Hayah. Om leo pan udah lebih faseh pegang moge … ajakin ane dong kalo ngangkanngin. Xixixxi. 😀

  19. Minerva X-road yo mas? kog mirip?? wkwkwkwk

    kabor ambil nitip jemuran

    ———————————————————–
    strategi brillian YIMM dalam memasarkan R15

    http://lovemotobike.com/2014/04/13/strategi-promosi-yimm-di-awal-peluncuran-yamaha-r15-begitu-brillian-bisa-hasilkan-high-impact-bagi-calon-konsumen-2/

  20. larang, beli mobil wae rung kuat, hehe

  21. wah deket kantor ane nih, kantor ane di DHL tuh gan, tapi emang pemilik kantor RMB tempat dimana motor tersebut di parkir di depan kantornya emang punya berbagai moge, mulai dari H-D, Ducati tipe multistrada dan lainnya.

    btw itu letak kantornya bukan di kawasan sudirman gan tapi di daerah Pancoran dan nama gedungnya mulia business park bukan lagi siemens business park hehehe koreksi aja ya gan.

  22. Pengalaman pakai Jaket Respiro Skelter R3
    http://motobikerz.com/archives/3262

  23. nambah gan JIESTER MotoModification Shop menyediakan apparel bikerz modern
    http://motobikerz.com/archives/3307

  24. lanjootttt…

  25. Mas beli aja, lihat foto yang paling bawah udah cocok kok, panjenengan bakal tambah ngguanteng 😎

  26. Siapa pemilik MotoBikerZ.com? Kenalan yuk..
    http://motobikerz.com/about

  27. teralisnya…keren…

  28. wooo…lha larang je…
    hehe…

  29. kerennn….

    Analisis Motoblast.org terkait kemiripan renderan YZF-R25 versi Young Machine


Tinggalkan Balasan ke pavel Batalkan balasan

Kategori