Ceritanya WDmotosport garage kedatangan pasien perawan mas bro xixixixi Unit Viar CrossX200 SE yang masih bungkusan plastik lha wong dinyalain aja belum xixixixi wal hasil ditempat ini di perawaninin, setel setel hingga bisa nyala tuh si Tril
Si owner motor ini memberinya nama Brogan ! nahhh karena kegalauan si Tuannya brogan inilah makanya crossx 200 SE ini dibawa ke garasi hobby ini , si Trail jangkung ini pengen di supermoto in 😀
ya wis capcusss segera pretelin kaki kaki jangkungnya , berantas habis lepas semua ban , velg jeruji , hingga tinggal menyisakan tromol yang akan dipakai
kemudian belanja jari jari set , oiya tromol crossx200 SE ini sudah model tromol becak dengan 36 holes nyari jerujinya gampang , hanya sebagai catatatan untuk jeruji roda belakang harus sedikit di custom dengan membengkokkan pangkal jeruji dengan sudut sekitar 120 derajat ( ya mirip bentuk jari jari ninja R ) yang pangkal jari jarinya agak bengkok gitu mas bro
velg dipilihkah ukuran 2.5 inch untuk depan & 3.5 inch untuk roda belakang , ban menggunakan corsa s123 100/80-17 untuk depan dan 130/70-17 belakang ( memang masih kurang gambot untuk roda depan ) karena setingan bersifat temporary , masih ingin di trade in dengan ban corsa type terbaru soalnya hehehehe
pemasangan ban tubeless pada velg jari jari bisa dilakukan dengan teknik manset ( manset= karet pelapis untuk ruang tengah velg) ditambah cairan sintetis rubber anti bocor untuk pemakaian teknik manset ini berhasil atau enggaknya tergantung profil & lebar velg & juga ketrampilan pemasangan ban *NB masukan untuk produsen manset agar membuat manset dengan ukuran yg lebih lebar dong agar banyak variasinya
selesai memasang ban aura gambot & gembulnya langsung muncul xixixixi
setelah semua dirakit ke swing arm & shock roda depan , perlu penyesuaian rasio gear sprocket belakang , karena bawaan Viar crossx 200 memakai sprocket dengan mata gear 50 maka dirasa masih terlalu enteng untuk melaju di aspal jalan raya ….. oleh karenanya sprocket saya turunkan 7 mata , menjadi perbandingan 428 – 15-43 sehingga lumayan mereduksi daripada memakai settingan bawaan pabrik yang bertipikal beringas dihutan 😀
oiya jangan lupa potong rantai bawaan disesuaikan dengan jarak sumbu roda yg baru & gear sprocket yang baru , tensioner rantai yang berada di swing arm juga wajib dilepas mas bro karena perbedaaan ukuran sprocket gear
hasilnya nyussssss, buat jalan jauh masih mumpuni , dipakai standing / wheelie pun masih bisa . dan mengurangi getaran karena rpm lebih rendah dengan kecepatan yang sama dibanding settingan bawaan pabrik
Ganteng po ora mas bro? ➡
kurang piye lurrrrrr??? –>> 😆
update velg yg setingan pertama (hitam) terpaksa diganti karena hancur setelah menghajar lobang dengan kecepatan tinggi 😆
gantinya axio 3 inch depan & 3.5 inch untuk roda belakang , akin cakeb borrrrr!
cerita jalan jalan dengan motor ini & estimasi biaya modif supermoto akan saya share nanti yak 😀
salam from warung DOHC, Wassalamu’alaykum
wih..sipp iki, setel velg sekalian
gak nyari yang lebih pendek aja mas aziz, rujinya??
By: andhi_125 on Juni 19, 2015
at 11:37 am
Dibengkokin bukan karena kepanjangan om tapi memang alur silang lubangnya gitu 😀
By: azizyhoree on Juni 19, 2015
at 1:26 pm
owalah..kirain kepanjangan 😀
soale, cebeku, meski ring 17, tapi jari-jari pake ruji yang biasa dipake matic kalo modip ke 17, ukuran 120
pake ukuran sport ring 17, kepanjangan pool
By: andhi_125 on Juni 19, 2015
at 1:52 pm
ahaha..terharu… saya ..marai pengen… apik tenin..
By: gaplek mania on Juni 19, 2015
at 11:38 am
Ndang selenggarakan lik :p
By: azizyhoree on Juni 19, 2015
at 1:27 pm
rapelan artikel ki..
jumatan sek gan..
By: nbsusanto on Juni 19, 2015
at 11:38 am
Wis mau gan
By: azizyhoree on Juni 19, 2015
at 1:28 pm
Spatbor depane kurang pendek om,ben ketok gagah 😀
By: Aditya Dwipa on Juni 19, 2015
at 1:11 pm
Ho oh terlalu mancung nek pakai ring 17 😀
By: azizyhoree on Juni 19, 2015
at 1:23 pm
apik
By: kurniaprorider on Juni 19, 2015
at 1:59 pm
Suwun lik 😀
By: azizyhoree on Juni 19, 2015
at 2:44 pm
kae sapi ne tertib nggk main di tengah jalan ;3
kalo pake ini tinggi bgt nggk sih om?
By: puguh05 on Juni 19, 2015
at 2:02 pm
Kalo udah jadi supermoto jadi agak pendek guh
By: azizyhoree on Juni 19, 2015
at 2:45 pm
manteb, mesin sekalian di kanibal tiger 😀
By: sugiyantokenz on Juni 19, 2015
at 2:39 pm
Nek durung bodol gazzz terus lik eman .. Mesin std ne cukupan kok :p
By: azizyhoree on Juni 19, 2015
at 2:45 pm
joss sapine
http://ongolongol.com/2015/06/19/nich-dia-bedanya-yamaha-byson-karbu-vs-injeksi/
By: orong-orong on Juni 19, 2015
at 2:45 pm
banditnya mana mas?
By: fnaufala on Juni 19, 2015
at 2:58 pm
Wisss suwe payu #upps
By: azizyhoree on Juni 19, 2015
at 3:05 pm
walah belum dibikin artikel kok ya
By: fnaufala on Juni 26, 2015
at 5:20 pm
njozzzx
By: 18++ on Juni 19, 2015
at 2:59 pm
recommended garage nih… sayang uadooohh…. nek buka cabang ndek Situbondo muantabs heheheh
By: Rideralam on Juni 19, 2015
at 4:49 pm
itu gir nya diganti dengan kepunyaan motor apa ya?
By: ariawirata on Juni 19, 2015
at 5:01 pm
Blok mesin keliatannya sama ya ama minerva X-Road 150 ?
By: paimo on Juni 19, 2015
at 6:48 pm
Lik…njaluk kontak e lik…di email ra bales…butuh komstir ngo suadara kembar paijo ne sampeyan
By: clancis on Juni 19, 2015
at 7:38 pm
Ohhh sori mas..email e ratau dibuka xixixi email e sampean atas nama sopo? Tak buka e maklum email isine sak abrekkk xixixi
By: azizyhoree on Juni 19, 2015
at 7:52 pm
raytheonclancis@gmail.com lik
By: clancis on Juni 19, 2015
at 8:27 pm
klo udah supermoto tinggi jok jadi brp cm?
By: ind on Juni 19, 2015
at 8:21 pm
wah super moto ganteng an yang ini dari pada pacul 😀
By: danisubject on Juni 19, 2015
at 8:59 pm
ganteng gan
By: dimas arif antonio on Juni 19, 2015
at 10:43 pm
ahhh dadi pengen cross x ak 😥
By: Yudakusuma on Juni 19, 2015
at 11:03 pm
wah enak nih,.. suka saya modifnya 😀
https://bimo96.wordpress.com/2015/06/19/welcome-home-cbr-k45/
By: bimo96 on Juni 19, 2015
at 11:30 pm
alamat bengkel nya dimana dijogja maz
By: anton suruya on Juni 21, 2015
at 1:17 pm
Top peed jd brp udh pke gear 43 gan?
By: vuo on Juli 22, 2015
at 1:00 am
Bos mau tanya kalo gear belakang pake punya apa kalo mau dikecilin gitu? Mksih
By: Dani on Agustus 1, 2015
at 7:03 pm
Pake megapro. Lama. Bisa. Mas.
By: azizyhoree on Agustus 12, 2015
at 9:54 pm
Jancuuuuk tenan lek……..pengeeeeen…!!!!!
By: joko on Agustus 25, 2015
at 8:50 pm
Mas, itu shock upside downnya awet ga mas? Lagi nyari buat custom trail soalnya.
Buat terabas dihutan kuat ndak? Reboundnya gmn?
Apik robahanne je. 🙂
By: Yohanes BuLe on September 5, 2015
at 8:56 pm
Untuk persamaan tromol viar dgn tromol apa nih gan..biar punya 2 stel nh ban buat di tanag sama di aspal…
By: dhionkz on Oktober 10, 2015
at 4:37 pm
viar cross 200se manteb, bisa tembus sampek 140km, sampek mentok tu kilometernya, vixion ma cb150r kalah jauh,, wusshhhh
By: rianwinanda on November 18, 2015
at 9:57 pm
Mas Hore.. bengkel yang bisa membuat jari-jari jadi tubeless di mana ya? kemarin mampir ke planet ban kok katanya cuma bisa untuk velg standar, padahal punya saya 250 dan 350-17 juga. Mohon info alamat bengkel yang bisa ya, Mas.. Kebetulan saya di Jogja juga. Terimakasih.
By: Mas Tri on November 26, 2015
at 2:28 pm
[…] masbro sekalian ingat saya pernah mengkonversi Viar Cross X 200 SE menjadi supermoto kan ?? yang cerita selengkapnya disini —> konversi Viar supermoto […]
By: Journey Jogja – Jakarta Viar Cross X 200 SE Etape 1 | Azizyhoree's Blog on Desember 30, 2015
at 11:25 pm
[…] artikel konversi modif crossx 200 SE menjadi Supermoto klik –>> ( modif viar crossx 200 SE supermoto ) […]
By: Journey Jogja – Jakarta Viar Cross X 200 SE Etape 2 | Azizyhoree's Blog on Januari 16, 2016
at 8:17 pm
Malam, saya punya motor VIAR juga dan berniat mau konversi ke supermoto. Bisa kasi tau secara lengkap tidak, part apa yang harus di ganti, dan di gantinya subtitusi dengan brand apa. Terimakasih, mohon di respon atau di kirim via email. Artikelnya mantap banget
By: bagkusuma on Juni 3, 2016
at 12:19 am
Mas bro klo ganti gearnya diganti seset atau cuma blakang masbro
By: Dobie on Juni 5, 2016
at 11:50 pm
Masbroo, salam kenal sy vandy dari majenang, cilacap.. numpang nanya penggantian sprocket belakang pakai merk apa ya? Tinggal pnp aja ke viar cx 200 nya? Matur nuwun..
By: Vandy on September 29, 2016
at 11:01 pm
sekalipun motor trail tetep ancur klo nabrak aspal berlubang hahaha..
By: bikerzone11 on Februari 6, 2017
at 12:41 am
Bro itu gear belakang di ganti punyaan motor apa ya,,, yang sama dengan gear bawaan
By: Lutfi on Februari 1, 2018
at 10:57 pm
mas, bisa pesan paket komplit supermoto untuk Viar CrossX 200gt (velg, ruji, ban dual purpose, tromol dan gir) yg bisa plug n play di viar 200gt.
terima kasih
By: egi on Mei 15, 2018
at 2:39 pm