Halo mas bro sahabat biker, kali ini WD akan bercerita tentang prosesi penggantian komstir kemudi Yamaha V-ixion (NVL) sebenarnya ganti komstir ya sepele hanya part komstir itu saja yang dilakukan penggantian pada area kemudi , namun prosesi bongkarnya yang butuh kesabaran & telaten saat install komstir ke frame yang membutuhkan lumayan menguras tenaga & posisi pasangnya sambil nungging (njengking) xixixi serta memakan waktu yang lumayan lama , membuat proses ganti komstir ini oleh para bengkel dikategorikan termasuk pengerjaan berat
untuk New vi ixion lighting / NVL sendiri lokasi komstir tersembunyi dibalik speedo meter & wiring kelistrikan di area bracket headlamp ,
pertama posisikan motor dengan standart tengah , silahkan bongkar cover headlamp , cabut socket lampu utama & socket lampu sein , lepas bracket plat nomer polisi & speedo meter
lepas stang dari dudukan yoke segitiga ( posisikan stang beserta kabel kabel diarea tsb agar tidak mengganggu proses pembongkaran)
kendorkan baut pengikat batang telescopic shock depan pada yoke segitiga
lepas Roda depan sekalian lepas spetbor
lemudian lepas bracket kaliper rem cakram depan agar telescopic terpisah dari sistem selang rem cakram depan
lepas , tarik kebawah kedua batang telescopic dari yoke segitiga
lanjut , lepas Mur pengunci segitiga atas , kemudian lepas plate yoke segitiga atas , uraikan perkabelan diarea tersebut agar tidak mengganggu proses ,
kendorkan baut pengunci setelan komstir hingga terlepas
lepas dan turunkan as segitiga fork untuk dilakukan penggantian komstir
lepas komstir bagian race ball yang tertanam pada as segitiga … semprot penetrant untuk melumasi permukaan besi yang berkerak pergunakan obeng Drip / pahat untuk mengeluarkan race ball
lepas race ball komstir yang tertanam pada frame rangka motor ada 2 bagian atas & bawah , pergunakan obeng Drip yang panjang / pahat dan Palu / martil ukuran sedang , lakukan dengan perlahan namun pasti & dengan hentakan yang kuat
setelah race ball pada rangka terlepas bersihkan area rumah komstir pada rangka , olesi dengan grease , giliran pemasangan dengan posisi nungging & ”njempalik” hahahaha
pasang race ball komstir pada as segitiga bawah berikan grease pada ball bearing naikkan ke rangka rakit ulang , pasang race ball bagian atas . pasang kembali race ball bagian atas beserta pengunci setelan komstir , setting kekencangan komstir tahap 1 , nanti fine seeting atau seeting final dilakukan lagi setelah roda dan stang terpasang sambil setting sambil dicoba kemudi sambil roda depan diangkat & dicoba dilakukan pengereman untuk mencari kekencangan komstir yang pas
rakit ulang semua printilan part di area kemudi, headlamp beserta perkabelannya , hati hati area perkabelan di area ini pada vixion NVL sangat ruwet semrawut hahahaha desain NVL memang gitu rapi dari luar tapi nyempil dan ruwet didalam bracket headlamp
pasang & rakit kembali semua part pada telescopic shock depan hingga tuntas berkebalikan dari proses pembongkaran
*biasanya masalah komstir oblak ini muncul di penggunaaan setelah 40-50rb km dengan penggunaan medan berat atau pernah mengalami crash
*warning –> jika yakin , lakukan prosesi ini dengan ”Do It Your Self ” namun jika setengah ragu , segeralah mlipir ke bengkel kepercayaan & serahkan pada ahlinya !!! wakakaka
bagi yang pengen ”DIY” sediakan peralatan yang mencukupi , kipas angin agar tidak gerah gembrobyos, es degan , camilan & koyo balsem barang kali pegal pegal 😆
Sayangi komstir motor anda , jangan hajar lubang sembarangan salam from warung DOHC …., wassalamu’alaykum
Oblak kang?
By: motomazine on Agustus 12, 2015
at 9:20 am
Sinchan sakit leher.. *eh…
http://bakulkangkungjpr1.com/2015/08/13/informasi-harga-new-honda-sonic-150-dan-honda-new-cb150r-di-wilayah-kabupaten-jember/
By: Mas Sayur on Agustus 13, 2015
at 3:12 pm
Wes penyakite #ups
By: motomazine on Agustus 13, 2015
at 3:14 pm
regane piro lek komstire?
http://orongorong.com/2015/08/12/klasifikasi-jenis-jenis-sepeda-motor/
By: orong-orong on Agustus 12, 2015
at 9:41 am
40 ribu km…???
La wong ovi ane anyar gress sitahun 2011 cuma bertahan 6 bulan trus lngsong glodak2 komstire. Ganti dah 4x mpe sekarang 2015 agustus. Ini jg dah glodak2 lg mo ganti pdhal baru 2 bulan ganti komstir. Pie jal dongkol rasanya komstir ori harga 1 set bikin kantong bolong di beres kudus jateng…!!!
Mana pemasanganya asal2an oleh mekaniknya. Klo gak dikasih tips kerjane gak bener…!!!
Masang bengkel pinggir jalan gak ada yg bagus sama saja…komstir yamaha emang kuamprett..!!!
Mo pasang ke juragan aziz rumahnya jauh je…!!!!😖😖😖😖😖
By: Jackobs on Agustus 16, 2015
at 1:41 pm
cbr150 CBU 2011 km baru 18rbkm gk pernah hantam lobang gede cm yg kecil2 ajah komstir ane udah ganti 3x. INDEN 2 bulan !!!
pabrikan motor suka ngasal kalo brng fast moving, kualitas kaki5 harga bintang5
By: daud on Oktober 8, 2015
at 3:49 pm
saia ndak pernah ragu mas, langsung serahkan ke bengkel
ngeliat aja ribet 😆
By: andhi_125 on Agustus 12, 2015
at 9:51 am
Baru tahu saya
By: Kang ari on Agustus 12, 2015
at 10:13 am
Ooo
By: azizyhoree on Agustus 12, 2015
at 10:27 am
masih mahal kah komstirnya?
By: anggiwirza on Agustus 12, 2015
at 12:38 pm
Sudah Banyak aftermarket non OEM yg harga bersahabat.
By: azizyhoree on Agustus 12, 2015
at 1:51 pm
tuku.ne nengndi ms vrohh. ?
By: Resqi on September 18, 2015
at 6:13 am
Lagi..lagi, paling suka artikel koyo ngene akuh 😀
By: EYD on Agustus 12, 2015
at 12:43 pm
Suwon om bloger
By: azizyhoree on Agustus 12, 2015
at 1:52 pm
motor jomblo makane sik ngarep sik keno.. #mlayuuu 😆
btw dingaren gambare ra tek bening mas.. 🙄
By: nbsusanto on Agustus 12, 2015
at 1:29 pm
Hmmmm. Iki kamera hp lawas. / kamera pocket gagal fokus mbuh aku lali …… or pengaruh. Rider nvl e kefoto? 😆
By: azizyhoree on Agustus 12, 2015
at 2:07 pm
R 6109 UP 😀 ono sing lali ra diedit, kok R po motore Ucup?
By: Triyanto Banyumasan on Agustus 12, 2015
at 2:41 pm
Lali nyonge. Hahaha. Cah koboys karangpucung kue
By: azizyhoree on Agustus 12, 2015
at 5:51 pm
Nyimak….juragan
Arep spam emulsion ra sido ngki dibalang sendal karo juaraganne xixixixixixi……. 😀
By: balimotorider on Agustus 12, 2015
at 5:44 pm
Nek nyepam nang kene. Rapopo. Walaupun secara SEO alamat weblog iki dirugikan. … Tapi aku kan rapatek mikir kui hahahaha.
Nek lahmu nyepam nang FB ku langsung tak amblasss ke. 😆
By: azizyhoree on Agustus 12, 2015
at 5:50 pm
Leeeh……nek nang fb kulo kan gur nang grup2 otomotif karo grup blogger jeh
Mosok njenengan yo pd melu nang grub2 tsb???……
Yoo……mariki kulo njajal nyepam nang timeline ne sampean kang xixixixixixi…… 😆
#kaboorrrrr
By: balimotorider on Agustus 12, 2015
at 5:53 pm
mas aziz,, bisa cek kesehatan radiator ojmx ane? mx ane udh 57.000 km. brg kali sekalian maen ke kulon progo. ane dari klaten..
By: inung oni setiadi on Agustus 12, 2015
at 7:56 pm
Bisa mas. Tapi. Janjian dulu yakkkk. & setelah tgl 15 ini saya stop order. Mau jalan jalan dulu sampe 23 agustus. Hehehe pin 573140DD
By: azizyhoree on Agustus 12, 2015
at 9:52 pm
korban jalan rusak…
*jan rusak tenan
By: fandiartz on Agustus 14, 2015
at 2:00 pm
Ooo jadi NVL itu selain rakus olie juga pemakan komstir juga too..?
By: ridertuwir on Agustus 15, 2015
at 6:40 pm
lha iki tutorial lengkap tenan..
kapan2 nek motor ku rusak komstir e tak gowo nang warung dohc wae heheh..
By: sutopo on Agustus 30, 2015
at 1:37 am
Siapppp. Bonus kopi susu
By: azizyhoree on September 10, 2015
at 1:54 pm
apik inpone.. esih kepenakan nyopot ndeke vikson lawas
By: kasamago on September 18, 2015
at 10:08 am
Kok murah yah, Saya baru saja ganti komstir motor vixion habis 480.000 di bengkel resmi 😅😂
By: Syndicate Photography on November 13, 2015
at 2:33 pm
alamat nya mana gan . kapan kapan tak mampir ngopi
By: sudar on November 30, 2015
at 12:38 am
Jl sutijab. Wates. , terminal wates ke utara 200m. Kontak dulu sebelum mampir ngopi 😀
573140DD
By: azizyhoree on November 30, 2015
at 6:03 am