Mas bro pernah mengalami problem pada kelistrikan DC..?? Kebetulan, saya juga pernah mengalami masalah tersebut di CB 150 R streetFire.
Pemilik mengeluhkan aki cepat tekor.
Setelah melakukan pengecekan, voltase menunjukan 7.25 Volt dalam keadaan langsam tanpa beban (dilakukan dengan cara motor di nyalakan kemudian aki dilepas dan lakukan pengukuran pada kutub kabel pengisian pada aki) .
Tentu sudah tak sehat jika voltase hanya 7.25 V dalam kondisi tanpa beban , kecurigaan pada kiprok ada 3 kabel berwarna kuning bermuatan aruslistrik dari spool menuju kiprok seharusnya ke tiga kabel tersebut memiliki voltase yang seimbang . Setelah di cek berulang kali, hasilnya nihil. dan ada perbedaan voltase yang cukup mencolok diantara ke 3 kabel tersebut , hasil sama ketika dipasang unit kiprok lain Berarti bukan kiprok penyebabnya..
Kecurigaan selanjutnya mengarah pada spool, bongkaar..
Terlihat spool sudah ada yang gosong.
Ada 2 opsi untuk menjadi normal kembali.
Pertama, ganti spool yang baru dengan harga sekitar 400 ribuan..
Kedua, di spool ulang dengan biaya 150 ribuan.
Pemilik memilih opsi kedua.
Setelah dispool ulang (oleh tukang spool), langsung dipasang. Mesin dinyalakan, voltase dalam keadaan langsam menunjukan 13 Volt..
Jika di gas bleyeer, voltase sampai 14 Volt..
Ada beberapa faktor penyebabnya mas bro, diantaranya konsleting, beban terlalu besar, panas kiprok berlebihan dan modif kelistrikan yang tidak sesuai dengan aturan..
nah silahkan lakukan pengecekan kesehatan spool pengisian DC pada motor anda jika ada tanda tanda tidak normal segera lakukan perbaikan
salam from warung DOHC, Wassalamu’alaykum
Arus listrik di otak saya sepertinya perlu di cek juga juragan hahahahahaha…..
http://wp.me/p4dgXn-wr
By: balimotorider on November 16, 2015
at 12:20 pm
nek punyaku, aki memang waktunya ganti…capek, ngedrop 😆
http://aselimalang.com/2015/11/16/minim-perawatan-cakram-belakang-honda-cb150r-bisa-jadi-gelang/
By: andhi_125 on November 16, 2015
at 12:35 pm
nyimak sik,
By: TegeanBlog on November 16, 2015
at 2:22 pm
Nggih shapppp lek
By: azizyhoree on November 18, 2015
at 11:18 pm
saiki rodo sregep nulis, opo wingi menang hadiah? 😀
By: Adelia Putrie on November 18, 2015
at 11:19 pm
Menang gundule mbak
By: azizyhoree on November 18, 2015
at 11:21 pm
ngoahahaha.. mulane nek kon njupuk kupon ojo glem, apesss 😀
By: Adelia Putrie on November 18, 2015
at 11:26 pm
inilah yg bikin aku dulu stress pas make tiger… eh yg itu spul pemgapianne… kalo jalan sekitar 3-5km mesin mati.. dingin idup lagi ….
By: gaplek mania on November 19, 2015
at 4:37 am
hargane spool ternayata larang y mbah
By: strobo on Desember 14, 2015
at 2:55 pm
Mau tanya mas,itu kan dr spull cb150 ada 3 kabel warna kuning apakah fungsinya semua sama utk pengisian atau gmn dan kalau pemasangannya kebalik apakah pengaruh thp mesin?
Satu lagi,knp kabel spol cb150 sering kali gosong dibagian sambungan soketnya pdhl tdk dilakukan ubahan apapun? Maturnuwun
By: Alib wibowo on Januari 13, 2016
at 4:54 pm
malam mas aziz saya mengalami hal serupa dan sama peesis seperti yang anda tulis di sini,disini yang saya mau tanyankan.adalah pada saat mesin langsam tegangan 12,45 volt naik turun ke 46 dan 48 dan kalau di geber perlahan .sampai 5000 rpm itu tegangan samapai 14,sekian volt saya geber lagi diatas 5000 rpm tetap diangka 14 volt dan kembali langasam berhenti di 12,45 seperti semula.
apakah motor saya mash kategori normal atau ada indikasi ke spool atau kiprok.mohon penceran nya agan aziz.terima kasih
oiya motor saya cb150r 2013
By: natopazero on Januari 31, 2017
at 9:37 pm