Oleh: azizyhoree | November 16, 2015

Mengecek Kesehatan Spool Kelistrikan DC


Mas bro pernah mengalami problem pada kelistrikan DC..?? Kebetulan, saya juga pernah mengalami masalah tersebut di CB 150 R streetFire.
Pemilik mengeluhkan aki cepat tekor.
Setelah melakukan pengecekan, voltase menunjukan 7.25 Volt dalam keadaan langsam tanpa beban (dilakukan dengan cara motor di nyalakan kemudian aki dilepas dan lakukan pengukuran pada kutub kabel pengisian pada aki) .

image

Tentu sudah tak sehat jika voltase hanya 7.25 V dalam kondisi tanpa beban , kecurigaan pada kiprok ada 3 kabel berwarna kuning bermuatan aruslistrik  dari spool menuju kiprok seharusnya ke tiga kabel tersebut memiliki voltase yang seimbang . Setelah di cek berulang kali, hasilnya nihil. dan ada perbedaan voltase yang cukup mencolok diantara ke 3 kabel tersebut , hasil sama ketika dipasang unit kiprok lain Berarti bukan kiprok penyebabnya..

Kecurigaan selanjutnya mengarah pada spool, bongkaar..
Terlihat spool sudah ada yang gosong.

image

Ada 2 opsi untuk menjadi normal kembali.
Pertama, ganti spool yang baru dengan harga sekitar 400 ribuan..
Kedua, di spool ulang dengan biaya 150 ribuan.
Pemilik memilih opsi kedua.
Setelah dispool ulang (oleh tukang spool), langsung dipasang. Mesin dinyalakan, voltase dalam keadaan langsam menunjukan 13 Volt..

image

Jika di gas bleyeer, voltase sampai 14 Volt..
Ada beberapa faktor penyebabnya mas bro, diantaranya konsleting, beban terlalu besar, panas kiprok berlebihan dan modif kelistrikan yang tidak sesuai dengan aturan..

 

nah silahkan lakukan pengecekan kesehatan spool pengisian DC pada motor anda jika ada tanda tanda tidak normal segera lakukan perbaikan

 

salam from warung DOHC, Wassalamu’alaykum


Tanggapan

  1. Arus listrik di otak saya sepertinya perlu di cek juga juragan hahahahahaha…..
    http://wp.me/p4dgXn-wr

  2. nek punyaku, aki memang waktunya ganti…capek, ngedrop 😆
    http://aselimalang.com/2015/11/16/minim-perawatan-cakram-belakang-honda-cb150r-bisa-jadi-gelang/

  3. nyimak sik,

    • Nggih shapppp lek

      • saiki rodo sregep nulis, opo wingi menang hadiah? 😀

      • Menang gundule mbak :mrgreen:

      • ngoahahaha.. mulane nek kon njupuk kupon ojo glem, apesss 😀

  4. inilah yg bikin aku dulu stress pas make tiger… eh yg itu spul pemgapianne… kalo jalan sekitar 3-5km mesin mati.. dingin idup lagi ….

  5. hargane spool ternayata larang y mbah

  6. Mau tanya mas,itu kan dr spull cb150 ada 3 kabel warna kuning apakah fungsinya semua sama utk pengisian atau gmn dan kalau pemasangannya kebalik apakah pengaruh thp mesin?
    Satu lagi,knp kabel spol cb150 sering kali gosong dibagian sambungan soketnya pdhl tdk dilakukan ubahan apapun? Maturnuwun

  7. malam mas aziz saya mengalami hal serupa dan sama peesis seperti yang anda tulis di sini,disini yang saya mau tanyankan.adalah pada saat mesin langsam tegangan 12,45 volt naik turun ke 46 dan 48 dan kalau di geber perlahan .sampai 5000 rpm itu tegangan samapai 14,sekian volt saya geber lagi diatas 5000 rpm tetap diangka 14 volt dan kembali langasam berhenti di 12,45 seperti semula.
    apakah motor saya mash kategori normal atau ada indikasi ke spool atau kiprok.mohon penceran nya agan aziz.terima kasih
    oiya motor saya cb150r 2013


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: