Yaps mas bro kali ini ada garapan mesin motor bapak bapak Honda New Megapro versi karbu yang penggunaannya bukan untuk harian , namun dipakai untuk Trail adventure alias trabas , mesin mesin honda platform sport berpendingin udara memang terkenal bandel & tangguh untuk masalah durabilitas , namun tenaganya terasa tanggung bila belum dilakukan sedikit sentuhan upgrade
pesan dari pemiliknya simple ” mas tolong dibikin Rosso” Rosso = kuat = bertenaga terutama untuk melibas tanjakan ekstrim , memang dibutuhkan power mesin yang mumpuni untuk Trabas di hutan pegunungan
oke langsung eksekusi , si mesin NMP turunan CRF ini pun langsung dibongkar , sasaran untuk upgrade adalah isi volume silinder , dimana kubikasi asli new megapro yang 149 cc akan kita naikkan untuk mendongkrak power & torsi
sebenarnya ada permintaan unik lagi dari sang pemilik xixixi , ” mas pokoke tenaga rosso kuat , tapi jangan terlalu liar & galak yo mas ” walahhhhhh

^ pemandangane apik yo mas? kulon progo poenya ini 😀
okey diputuskan tidak merubah settingan camshaft bawaan pabrik , jadi tetap akan fokus pada pembengkakan isi volume silinder , dan pengkabut bahan bakar
mesin new megapro yang turunan saudara jauh CRF 223 ini diuntungkan dengan crankcase yang memiliki lubang untuk diameter bore yang besar ^ lihat saja crankcase bore sisa sangat banyak untuk sekedar dimasuki piston standart yang hanyaberdiameter 57,3mm
mesin new megapro memang lah berbeda dengan megapro lawas, dengan konfigurasi stroke yang lebih panjang.. dengan spec : NMP Bore x Stroke 57,3 x 57,8.. atau near Square Nah dengan stroke yang panjang seperti ini sangat diuntungkan jika melakukan prosesi bore up , untuk mendulang kenaikan cc yang besar , perubahan diameter piston akan sangat berpengaruh banyak terhadap kenaikan volume silinder
yang kita gunakan sekarang pakai piston milik Tiger O.S 100, jadi pistonnya berukuran 64,5mm , edan mas naiknya kok banyak banget dari 57,3mm ? iyo mas biar pancal mubal
apa ga takut habis mas liner boringnya? tenang mas bro lagi lagi new megapro ini diuntugkan dengan lapisan liner yang sisa banyak dagingnya kalau mau di bore up atau di selumbung ulang linernya , baut ancor crankcase pun juga lebar jadi tidak perlu geser & sisa banyak
PR selanjutnya adalah bagian kerjaan tukang bubut :
- shock ulang / ganti selumbung liner dengan liner Diesel disesuaikan agar piston tiger bisa masuk
- corter ulang oversize agar piston 64.5mm bisa masuk
- potong badan piston bagian bawah , potong muka dome piston bagian atas , perdalam coakan klep pada piston
- karena new megapro memiliki pen piston 14mm , maka cari piston dengan pen jenis 13mm kemudian lubang pen piston yang 13mm di oversize menjadi 14mm (kepresisian bubut diperlukan pada proses ini )

bandingkan piston standart bawan dimasukkan ke liner yang baru , sangat banyak kenaikan oversizenya !

piston honda tiger memiliki karakter kepala piston yang tinggi , atau jarak antara lubang pen dengan muka piston jauh
kubah ruang bakar di sesuaikan dengan diameter piston oversize yang baru dengan melakukan setting ulang sudut squish , pengerjaan diserahkan kembali dengan mesin bubut
area exhaust port dilakukan porting menghilangkan lapisan kasar kulit jeruk sisa moulding / cetakan pabrik agar gas buang lancar
piston honda tiger memiliki karakter kepala piston yang tinggi , atau jarak antara lubang pen dengan muka piston jauh, untuk melakukan setting ulang rasio kompresi perlu di kepras lagi hingga ketinggian muka piston tidak terlalu dominan mengisi kubah ruang bakar
sementara mengejar agar kompresi tidak terlalu tinggi bagian silinder block perlu diganjal dengan packing custom berbahan alluminium setebal 2.5mm, belum selesai disitu , karena mengalami proses pengganjalan , maka konsekueninya adalah rantai kamprat akan sesak & serasa kurang panjang , tak berhenti disitu , custom ganjal masih diperlukan pada bagian adjuster tensioner ( otomatis penyetel rantai kamprat) diganjal plat alluminium 2mm agar rantai kamprat bisa menyesuaikan
custom masih berlanjut mas bro , packing cylinder head perlu diperlebar menyesuaikan diameter piston yang baru agar flow kompresi tidak terhalang
pasang plat packing custom sebagai pengganjal block beserta packing kertasnya , pasang piston & cylinder block mulai rakit ulang mesin
Area pengapian bisa mempergunakan juga CBI racing untuk KLX yang karakternya nampol putaran bawah , tinggal sesuaikan wiring perkabelan & custom tonjolan pulser untuk pembacaan trigger pulser CDI , disesuaikan dengan timing CDi KLX
untuk area pengkabutan bahan bakar mempergunakan karburator KLX yang mempunyai mangkuk karbu flat , karenan memang mesin ini akan dipakai ngetril trabasan jadi karbu KLX memang sudah sesuai peruntukannya ,
berdasarkan perhitungan isi volume silinder new mega pro bore up ini menjadi :
Volume = π x (D x D) x L x N : 4
Keterangan
D = Diameter piston
L = Langkah
N = Jumlah Silinder
π = rumus absolut lingkaran
Jadi
V = 3,14 x (6,45 x 6,45) x 5,78 x 1 : 4
V = 3,14 x (12,9) x 5,78 x 1 : 4
V = 188,76302325 cc dibulatkan menjadi 189 cc mas bro yaps 189 cc !!!!
Dan hasilnya : Nyosssss mas bro , start dari persneiling posisi gear 2 kuat untuk rolling wheelie sangat ringan & berisi , padat tenaganya , sangat kontras berbeda dengan setelan saat mesin masih standart hanya kuat wheelie dari gear1 xixixixi
#selamat keracunan
salam from warung DOHC Wassalamu’alaykum
awas keracunan
http://78deka.com/2016/01/22/setting-basah-co-naik-enak-sih-tapi-beresiko/
By: kudo78dk on Januari 22, 2016
at 11:38 am
memang ajib, rengkesnya sisa banyak.. mantab joss.. sukses buat WD
By: rezaholic on Januari 22, 2016
at 11:52 am
kene gowo mrene verza mu mas hahahha
By: azizyhoree on Januari 22, 2016
at 12:57 pm
Keren om.. awas racun menyebar..
By: An_Syahri on Januari 22, 2016
at 12:48 pm
wow ajib,..menguasai
By: Aa Ikhwan on Januari 22, 2016
at 1:10 pm
Wah ini nih racun custom… :mrgreen:, itu megapro sasis nya gmn mas? Diubah custom jd trail gitu, dipotong sndiri?
By: supersastro on Januari 22, 2016
at 1:21 pm
bengkel racing tenan iki 😀
ketoke ngebut banget ketik artikel mas :p
By: fnaufala on Januari 22, 2016
at 1:51 pm
Pengen kenceng tapi tanpa boreup, bisa kang?
By: vario Sumedang on Januari 22, 2016
at 8:29 pm
Ganti bpkb 😀
By: Boy on Januari 23, 2016
at 12:43 am
Apik..
By: lekdjie mumet-ndhase.com on Januari 23, 2016
at 5:30 am
wah nek pio ku di oversize isoh dadi piro kang aziz ?
By: Khoirul Imamudin on Januari 23, 2016
at 8:25 am
awas ratjoen berbahaja
By: gaplek mania on Januari 23, 2016
at 8:51 am
Josss pancen mas
By: Hermawan Puthut on Januari 23, 2016
at 9:03 am
jadi pengen di bore up nmp2011
tp gak jadi irit donk…..
BTW bbm nya jadi piro? 1;30?
By: Asril Ranau on Januari 23, 2016
at 10:37 am
Owalaah,beneran baru tau ane crankcase nya turunan mentah dr crf,sangar jg yak,potensi upgrade ne gede bgt..
By: king_julien on Januari 23, 2016
at 6:16 pm
wah.. Perlu tk tiru iki kggo verza,ku.. Biar klo ngangkut belanjaan dr pasar makin joss..
Tengkiyu
By: naufal on Januari 23, 2016
at 7:39 pm
Assallamualaikum Pak Aziz,
Mohon arahannya,
Itu bore up + ganti liner gak bubut crankcase ya buat dilebarkan,kok foto2 saat rakit ulang baik motor starter,bak kopling kanan masih terpasang rapi seperti aslinya
Suwun jawabannya
By: Donie on Januari 23, 2016
at 8:54 pm
wa alaykumussalam, lubang crankcase untuk block sangat besar sisa banyak jadi ga butuh di bubut crankcase nya , itu block magnet & bak kopling pas sekalian dibongkar di cat ulang 😀
By: azizyhoree on Januari 24, 2016
at 12:37 am
mas mau nanya itu piston honda tiger atau variasi seukuran honda tiger, seingetku pen honda tiger diameter e 15.kalo variasi ga ambil punya klx aja yg udah pen 14. trus kalo pake cdi rcing aman buat klep ga mas,batang klep e cilik e soale.pistonku udah ukuran 65 cuman ga berani pasang cdi racing takut klep patah kalo rpm nya tinggi.
By: warogrider on Januari 24, 2016
at 3:04 am
Itu variasi bore up seukuran Tiger beserta kemiripan profil pistonnya
Efek pakai yg dome nya panjang bisa dibentuk sesuka hati untuk menentukan kompresi
Hmmmm klx. Seingat saya kok 15 ya om? Hmmm lupa ga nyatet sewaktu bongkar klx 🙄 trus kalau ga salah klx kebanyakan yg beredar didaerah 62mm
CDi racing asal bisa di setting limiternya kan mending om. Sing bahaya kan kalau bablas tak terbendung yg bikin floating
Btw klep NMP batang 5mm sebenernya lumayan mendukung (besar). CBR aja yg kecil kecil kuat rpm tinggi hehehe
By: azizyhoree on Januari 24, 2016
at 5:07 pm
nah kekuatan bahan e podo ga mas ambek cbr,hehehe.yo nyuwun sewu mas soale aku basic e cuman tau teori ae,iki iseng2 praktek😁😁😁 motore dewe diodol2.
oiya mas aku mau tanya itu tonjolan yg dimagnet buat timing pengapian ad 2,pendek sama panjang. fungsine opo ya mas seng pendek iku.?
By: warogrider on Januari 24, 2016
at 11:59 pm
Wah ane jadi tertarik nih om 😂
By: daivan on Januari 24, 2016
at 2:00 pm
Mampit kemari .monggo :p
By: azizyhoree on Januari 24, 2016
at 5:08 pm
alamat bengkelnya dimana mas?
By: Rahmat Hussein on Januari 25, 2016
at 11:33 am
sementara di jl sutijab no 54 wates kulon progo ( terminal wates ke utara 200m) mungkin 2-3 bulan lagi sudah pindah ke bengkel baru sebeah barat kampus UNY cabang wates , kulonprogo yogyakarta
By: azizyhoree on Januari 26, 2016
at 5:56 am
saya berencana mau servis motor ke bengkelnya mas aziz..
kondisi motor saya saat ini sudah mulai mengeluarkan asap putih pada saat tarik gas.
sekarang saya sedang berada di jogja, dan merencanakan waktu untuk datang ke bengkel mas nya.
kira kira berapa lama untuk servisnya mas?
By: Rahmat Hussein on Januari 26, 2016
at 6:44 pm
Et dah wheelie gigi 2 … beneran nih ngga gagal.. ongkosnya brp pak?? Kalo porting doang berasa efeknya kah pak?
By: idadzzz on Januari 26, 2016
at 6:14 am
Wedyaaaan…ilmu tingkat tinggi iki,marai ngeces mas 😀
By: bejoselamet on Januari 26, 2016
at 9:18 am
ngene iki seng marai seneng sobo bengkel pak dhe…. 😀
By: yono on Januari 28, 2016
at 8:03 am
wee..putune pas hasto. njalok duren e kang.
By: harto on Februari 6, 2016
at 3:03 pm
mriki pakde, mumpung lagi musim e duren 😀
By: azizyhoree on Februari 12, 2016
at 1:00 pm
mas nyuwun kontak yg bisa dihubungi..
ane asal Jombang Jatim.. #tertarik
By: ozi on Februari 7, 2016
at 3:47 pm
pin BB 573140DD ,whatsapp 081328100664 monggo mas bro 😀
By: azizyhoree on Februari 12, 2016
at 1:03 pm
Langsung Wheelie.. mantabs
http://kasamago.com/vulcan-super-car-konyol-terbaru-dari-aston-martin/
By: kasamago on Februari 21, 2016
at 7:59 am
Mas aziz, countershaft NMP Fi dipasang di NMP Karbu bisa nggak ya?
By: Dhika on Agustus 9, 2016
at 12:42 pm
Mas mhn pencerahan, motorku NMP 2012 tiap dihidupkan saat kondisi mesin dingin timbul suara brisik tek tek tek dan hilang setelah jalan kira2 1 km-an, keluhan sudah setahun ini. kata temen klepnya bermasalah, trime kasih sebelumnya
By: Erna Setyowati on Agustus 11, 2016
at 9:15 am
Mas, mau tanya.
Untuk piston kit cbr 150 old, sama gak ya dgn cbr fi? Mau turun mesin nih mas
By: Febri on Oktober 9, 2016
at 9:58 am
Racun tenan iki semoga taun ngarep motorku klakon ngono kui dadi megatron. Trimakasih infonya
By: aziz on Desember 13, 2016
at 7:06 pm
Mas mw tanya dong.. Saya mw ganti karbu new megapro dengan tipe pwk.. Nah di karbu ori kan ada soket tps sensor.. Itu masih di pake atw gmn..?
By: yudhi prasetyo on Januari 28, 2017
at 7:52 am
cadasss,,
Kayak gini abis berapa tho mas? biar tau patokannya klo mau upgrade NMP ku.. tolong di email yak mas, bisa liat tho email ku?
By: Brebet on April 26, 2017
at 4:58 pm