Oleh: azizyhoree | Januari 22, 2016

Upgrade performa New Megapro 150 carb (bore up 188 cc )


Yaps mas bro kali ini ada garapan  mesin motor bapak bapak Honda New Megapro versi karbu yang penggunaannya bukan untuk harian ,  namun dipakai untuk Trail adventure alias trabas ,  mesin mesin honda platform sport berpendingin udara memang terkenal bandel & tangguh untuk masalah durabilitas ,  namun  tenaganya  terasa tanggung bila belum dilakukan sedikit sentuhan upgrade

img_20151204_231842_wm.jpg

pesan dari pemiliknya  simple  ” mas tolong dibikin Rosso”   Rosso = kuat = bertenaga    terutama untuk melibas tanjakan ekstrim  , memang dibutuhkan power mesin yang mumpuni untuk Trabas di hutan pegunungan

img_20151127_150644_wm.jpg

oke  langsung eksekusi  ,  si  mesin  NMP  turunan CRF ini pun langsung dibongkar   ,   sasaran  untuk upgrade  adalah  isi volume silinder  ,  dimana  kubikasi asli new megapro yang 149 cc  akan kita naikkan untuk mendongkrak power & torsi

img_20151127_150651_wm.jpg

 sebenarnya ada permintaan unik lagi dari sang pemilik  xixixi ,   ”  mas  pokoke  tenaga rosso kuat , tapi jangan terlalu liar & galak  yo mas ”   walahhhhhh  :mrgreen:

img_20151203_153042_wm.jpg

^ pemandangane apik yo mas? kulon progo poenya ini 😀

okey  diputuskan   tidak merubah settingan camshaft bawaan pabrik ,   jadi  tetap akan fokus pada pembengkakan isi volume silinder , dan pengkabut bahan bakar

img_20151216_144343_wm.jpg

mesin new megapro  yang turunan saudara jauh CRF  223  ini diuntungkan dengan crankcase yang memiliki lubang untuk diameter bore yang besar  ^ lihat saja  crankcase bore  sisa sangat banyak untuk sekedar dimasuki piston standart yang hanyaberdiameter 57,3mm

img_20151204_174538_wm.jpg

mesin new megapro memang lah berbeda dengan megapro lawas, dengan konfigurasi stroke yang lebih panjang.. dengan spec :  NMP Bore x Stroke 57,3 x 57,8.. atau near Square  Nah dengan stroke yang panjang seperti ini  sangat diuntungkan jika melakukan prosesi bore up , untuk mendulang kenaikan cc yang besar  ,  perubahan diameter piston akan sangat berpengaruh banyak terhadap kenaikan volume silinder

img_20151204_174601_wm.jpg

 yang kita gunakan sekarang pakai piston milik Tiger O.S 100, jadi pistonnya berukuran 64,5mm ,  edan mas naiknya kok banyak banget  dari 57,3mm ?   iyo mas biar  pancal mubal :mrgreen:

apa ga takut habis mas liner boringnya?   tenang mas bro lagi lagi new megapro ini diuntugkan dengan lapisan liner yang sisa banyak dagingnya kalau mau di bore up atau di selumbung ulang linernya ,   baut ancor crankcase pun juga lebar jadi tidak perlu geser & sisa banyak

img_20151204_215712_wm.jpg

PR selanjutnya adalah bagian kerjaan tukang bubut :

  1. shock ulang / ganti selumbung liner dengan liner Diesel disesuaikan agar piston tiger bisa masuk
  2. corter ulang oversize  agar piston 64.5mm  bisa masuk
  3. potong badan piston bagian bawah , potong  muka dome piston  bagian atas ,  perdalam coakan klep pada piston
  4. karena new megapro memiliki pen piston 14mm  , maka  cari piston dengan pen jenis 13mm kemudian lubang pen piston yang 13mm di oversize menjadi 14mm  (kepresisian bubut diperlukan pada proses ini )
img_20151204_174715_wm.jpg

bandingkan piston standart bawan dimasukkan ke liner yang baru , sangat banyak kenaikan oversizenya !

img_20151204_174725_wm.jpg

piston honda tiger memiliki karakter kepala piston yang tinggi , atau jarak antara lubang pen dengan muka piston jauh

img_20151205_220706_wm.jpg

kubah ruang bakar di sesuaikan dengan diameter piston oversize yang baru  dengan  melakukan setting ulang sudut squish , pengerjaan  diserahkan kembali dengan mesin bubut

img_20151217_091428_wm.jpg

area exhaust port dilakukan porting menghilangkan lapisan kasar kulit jeruk sisa moulding / cetakan pabrik  agar gas buang lancar

img_20151216_143449_wm.jpgpiston honda tiger memiliki karakter kepala piston yang tinggi , atau jarak antara lubang pen dengan muka piston jauh,  untuk  melakukan setting ulang rasio  kompresi perlu di kepras lagi hingga  ketinggian muka piston tidak terlalu dominan mengisi kubah ruang bakar

img_20151217_095021_wm.jpg

sementara  mengejar agar kompresi tidak terlalu tinggi  bagian silinder block  perlu diganjal dengan packing custom berbahan alluminium  setebal 2.5mm, belum selesai disitu  ,    karena  mengalami proses pengganjalan , maka  konsekueninya adalah  rantai kamprat akan sesak & serasa kurang panjang , tak berhenti disitu , custom ganjal masih diperlukan pada bagian adjuster tensioner ( otomatis penyetel rantai kamprat)  diganjal plat alluminium 2mm  agar rantai kamprat bisa menyesuaikan

img_20151205_223525_wm.jpg

custom  masih berlanjut mas bro ,   packing cylinder head perlu diperlebar menyesuaikan diameter piston yang baru agar flow kompresi tidak terhalang

img_20151205_221854_wm.jpg

pasang plat packing custom sebagai pengganjal block beserta packing kertasnya , pasang piston & cylinder block mulai rakit ulang mesin

 

img_20151204_231638_wm.jpg

Area pengapian  bisa mempergunakan juga  CBI racing untuk KLX  yang karakternya nampol putaran bawah ,   tinggal sesuaikan wiring perkabelan & custom tonjolan pulser untuk pembacaan trigger pulser CDI , disesuaikan dengan timing CDi KLX

untuk area pengkabutan bahan bakar mempergunakan karburator KLX  yang mempunyai mangkuk karbu flat , karenan memang mesin ini akan dipakai ngetril trabasan  jadi karbu KLX memang sudah sesuai peruntukannya ,

berdasarkan perhitungan isi volume silinder new mega pro bore up ini menjadi :

Volume = π x (D x D) x L x N : 4

Keterangan
D = Diameter piston
L = Langkah
N = Jumlah Silinder
π = rumus absolut lingkaran

Jadi

V = 3,14 x (6,45 x 6,45) x 5,78 x 1 : 4

V = 3,14 x (12,9) x 5,78 x 1 : 4

V = 188,76302325 cc  dibulatkan menjadi  189 cc mas bro   yaps 189 cc !!!!

screenshot_2015-12-08-09-24-50_1449548677207.jpg

 

Dan hasilnya :    Nyosssss mas bro   ,  start  dari  persneiling posisi gear 2  kuat untuk rolling wheelie  sangat ringan  &  berisi ,  padat tenaganya  ,  sangat kontras berbeda dengan setelan saat mesin masih standart  hanya kuat wheelie dari gear1  xixixixi

 

#selamat keracunan  :mrgreen:

salam from warung DOHC Wassalamu’alaykum

Iklan

Tanggapan

  1. awas keracunan
    http://78deka.com/2016/01/22/setting-basah-co-naik-enak-sih-tapi-beresiko/

  2. memang ajib, rengkesnya sisa banyak.. mantab joss.. sukses buat WD

    • kene gowo mrene verza mu mas hahahha

  3. Keren om.. awas racun menyebar..

  4. wow ajib,..menguasai

  5. Wah ini nih racun custom… :mrgreen:, itu megapro sasis nya gmn mas? Diubah custom jd trail gitu, dipotong sndiri?

  6. bengkel racing tenan iki 😀

    ketoke ngebut banget ketik artikel mas :p

  7. Pengen kenceng tapi tanpa boreup, bisa kang?

    • Ganti bpkb 😀

  8. Apik..

  9. wah nek pio ku di oversize isoh dadi piro kang aziz ?

  10. awas ratjoen berbahaja

  11. Josss pancen mas

  12. jadi pengen di bore up nmp2011
    tp gak jadi irit donk…..
    BTW bbm nya jadi piro? 1;30?

  13. Owalaah,beneran baru tau ane crankcase nya turunan mentah dr crf,sangar jg yak,potensi upgrade ne gede bgt..

  14. wah.. Perlu tk tiru iki kggo verza,ku.. Biar klo ngangkut belanjaan dr pasar makin joss..
    Tengkiyu

  15. Assallamualaikum Pak Aziz,
    Mohon arahannya,
    Itu bore up + ganti liner gak bubut crankcase ya buat dilebarkan,kok foto2 saat rakit ulang baik motor starter,bak kopling kanan masih terpasang rapi seperti aslinya

    Suwun jawabannya

    • wa alaykumussalam, lubang crankcase untuk block sangat besar sisa banyak jadi ga butuh di bubut crankcase nya , itu block magnet & bak kopling pas sekalian dibongkar di cat ulang 😀

  16. mas mau nanya itu piston honda tiger atau variasi seukuran honda tiger, seingetku pen honda tiger diameter e 15.kalo variasi ga ambil punya klx aja yg udah pen 14. trus kalo pake cdi rcing aman buat klep ga mas,batang klep e cilik e soale.pistonku udah ukuran 65 cuman ga berani pasang cdi racing takut klep patah kalo rpm nya tinggi.

    • Itu variasi bore up seukuran Tiger beserta kemiripan profil pistonnya

      Efek pakai yg dome nya panjang bisa dibentuk sesuka hati untuk menentukan kompresi

      Hmmmm klx. Seingat saya kok 15 ya om? Hmmm lupa ga nyatet sewaktu bongkar klx 🙄 trus kalau ga salah klx kebanyakan yg beredar didaerah 62mm

      CDi racing asal bisa di setting limiternya kan mending om. Sing bahaya kan kalau bablas tak terbendung yg bikin floating

      Btw klep NMP batang 5mm sebenernya lumayan mendukung (besar). CBR aja yg kecil kecil kuat rpm tinggi hehehe

      • nah kekuatan bahan e podo ga mas ambek cbr,hehehe.yo nyuwun sewu mas soale aku basic e cuman tau teori ae,iki iseng2 praktek😁😁😁 motore dewe diodol2.
        oiya mas aku mau tanya itu tonjolan yg dimagnet buat timing pengapian ad 2,pendek sama panjang. fungsine opo ya mas seng pendek iku.?

  17. Wah ane jadi tertarik nih om 😂

    • Mampit kemari .monggo :p

  18. alamat bengkelnya dimana mas?

    • sementara di jl sutijab no 54 wates kulon progo ( terminal wates ke utara 200m) mungkin 2-3 bulan lagi sudah pindah ke bengkel baru sebeah barat kampus UNY cabang wates , kulonprogo yogyakarta

      • saya berencana mau servis motor ke bengkelnya mas aziz..
        kondisi motor saya saat ini sudah mulai mengeluarkan asap putih pada saat tarik gas.
        sekarang saya sedang berada di jogja, dan merencanakan waktu untuk datang ke bengkel mas nya.
        kira kira berapa lama untuk servisnya mas?

  19. Et dah wheelie gigi 2 … beneran nih ngga gagal.. ongkosnya brp pak?? Kalo porting doang berasa efeknya kah pak?

  20. Wedyaaaan…ilmu tingkat tinggi iki,marai ngeces mas 😀

  21. ngene iki seng marai seneng sobo bengkel pak dhe…. 😀

  22. wee..putune pas hasto. njalok duren e kang.

    • mriki pakde, mumpung lagi musim e duren 😀

  23. mas nyuwun kontak yg bisa dihubungi..
    ane asal Jombang Jatim.. #tertarik

    • pin BB 573140DD ,whatsapp 081328100664 monggo mas bro 😀

  24. Langsung Wheelie.. mantabs

    http://kasamago.com/vulcan-super-car-konyol-terbaru-dari-aston-martin/

  25. Mas aziz, countershaft NMP Fi dipasang di NMP Karbu bisa nggak ya?

  26. Mas mhn pencerahan, motorku NMP 2012 tiap dihidupkan saat kondisi mesin dingin timbul suara brisik tek tek tek dan hilang setelah jalan kira2 1 km-an, keluhan sudah setahun ini. kata temen klepnya bermasalah, trime kasih sebelumnya

  27. Mas, mau tanya.
    Untuk piston kit cbr 150 old, sama gak ya dgn cbr fi? Mau turun mesin nih mas

  28. Racun tenan iki semoga taun ngarep motorku klakon ngono kui dadi megatron. Trimakasih infonya

  29. Mas mw tanya dong.. Saya mw ganti karbu new megapro dengan tipe pwk.. Nah di karbu ori kan ada soket tps sensor.. Itu masih di pake atw gmn..?

  30. cadasss,,
    Kayak gini abis berapa tho mas? biar tau patokannya klo mau upgrade NMP ku.. tolong di email yak mas, bisa liat tho email ku?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: