Kali ini ditugaskan untuk mengobati pulsar UG4 180 milik blogger ora cetho tetangga desa yang belakangan suka bahas pesawat komersial itu mas bro sebut saja mbah melon keluhannya klasik , sudah bosan dengan performa karbu standart tipe Vakum yang sudah mulai rewel karena berumur ,
oke sebagai penggantinya dipersiapkanlah karburator favorit jagat roda dua tanah air yaitu PE28 dipilih karena sekarang banyak beredar , perawatannya juga mudah dan yang paling penting ukuran & panjang venturi bisa masuk di celah antara mesin & rangka pulsar , lagian karbu ini juga terbukti jozz meningkatkan akselerasi
untuk bisa dipasang di pulsar 180 tak banyak melakukan ubahan , cukup sediakan pipa karet pengganti manifold standart bajaj pulsar, karena manifold bawaan terlalu panjang kalau dipasangin PE28 , ukur sesuai kebutuhan potong pipa karet pengganti manifold ( pipa karet bisa memakai selang radiaator mobil)
setelah dipotong sesuai ukuran tinggal colok ke adapter manifold pulsar yang kebetulan berbentuk corong model clamp (sangat cocok dengan pengaplikasian karbu model PE28 ) dan karbu sejenis yang tanpa baut manifold melainkan menggunakan clamp baja
pasang karbu yang sudah di clamp dengan dudukan manifold , ke area head , pasang juga karet air box filter yang kebetulan juga pas bisa masuk dipasang ke venturi PE28 , jozzz pokoke !
jangan lupa tutup jalur lubang untuk selang oli samping (karena karbu ini aslinya desain untuk 2 stroke engine )
untuk area throttle atau piston skep karbu PE ini bisa menggunakan kabel gas bawaan pulsar dengan cara memotong timah slink kabel gas pulsar lepas ulir setelan tarikan kabel slink yang berada diujung bawah kabel gas
, kemudian dililit benang dan diberi lem acrilic agar mengeras dan membentuk pengait pengganti timah slink untuk menarik piston skep PE (timah kabel slink pulsar perlu dipotong karena aslinya untuk menarik katup kupu kupu pada karbu vakum bawaan , alias beda sistem )
*kebetulan juga jarak tarikan kabel gas pulsar pas jika masuk ke karbu PE setelah ulir setelan bawah dilepas tentunya juozzzzzz
oke next pasang per pegas skep , piston skep ke karbu , dan kencangkan clamp manifold , pasang jalur pembuangan bensin , pernafasan & in let untuk masuk bahan bakar dari tangki
pulsar 180 siap digeber dengan sensasi yang berbeda , akselerasi responsif & nafas tenaga serasa ngisi , ajibbbbbb!!!
*NB karburator PE28 yg saya pasang ini adalah versi KW super miring performa sedengan , spuyer bawaan sudah kecil jadi jika dicangkok di mesin 4tak tidak perlu jetting tinggal gazzzzz , minat karbu nya ? saya ada stock
salam from warung dohc , Wassalamu’alaykum
nggon-e yugo tho mas?
http://aselimalang.com/2016/02/12/soket-kelistrikan-spul-honda-cb150r-gosong-alias-hangus/
By: andhi_125 on Februari 12, 2016
at 12:51 pm
benul
By: azizyhoree on Februari 12, 2016
at 12:53 pm
Info untuk pemilik mobil honda, semoga bermanfaat 😀
http://traktordohc.com/2016/02/13/honda-prospect-motor-recall-produknya/
By: ninja150ss on Februari 13, 2016
at 7:24 am
Nyoss …
https://dslazer.wordpress.com/2016/02/11/substitusi-per-vakum-yamaha-byson-menggunakan-per-vakum-bajaj-pulsar-180-ug-4/
By: the Donker on Februari 12, 2016
at 1:02 pm
wwkwkwkwk turahan per vakum e yugondezzz mbok klonthit ta? 😆
By: azizyhoree on Februari 12, 2016
at 1:36 pm
Ho o
By: the Donker on Februari 12, 2016
at 1:50 pm
Motor rewel men ketoke pulsare Yugo, mending dipotong sisan 😀
Jalitheng ku aman saja, nggo mlayu mlayu kono kene, gumun
By: Triyanto Banyumasan on Februari 12, 2016
at 1:09 pm
ben nengke bae , idep idep ngrejekeni mekanik ku bocah kui
By: azizyhoree on Februari 12, 2016
at 1:39 pm
wekekeke opo sengojo ben ono bahan artikel, daripada ngarang mtor miber wae
By: Triyanto Banyumasan on Februari 12, 2016
at 1:44 pm
nge pas banget … blogger ra cetho … kaburrr
By: danisubject on Februari 12, 2016
at 1:10 pm
FR FC FL
By: azizyhoree on Februari 12, 2016
at 1:36 pm
regane pironan kang nak PE28, nak supra 100 cocoke nggo opo kang?
By: orong-orong on Februari 12, 2016
at 1:12 pm
mulai paling abal abal 140rban sampai diatas 1jt enek , supra 100 cukup pasang karbu shogun 125/ karisma 125 wis jozz
By: azizyhoree on Februari 12, 2016
at 1:35 pm
ok suwun kang
By: orong-orong on Februari 12, 2016
at 1:36 pm
akhirnya setelah nyurung pulsar nang tanjakan diewangi wong telu sampe pundake kesleo…
By: ardiantoyugo on Februari 12, 2016
at 1:44 pm
Wakakak kasihan…
By: the Donker on Februari 12, 2016
at 1:52 pm
Plung
http://satuaspal.com/2016/02/12/cewek-cantik-ber-honda-beat-ini-belum-pulang-ke-rumah-semoga-lekas-ditemukan/
By: Mase on Februari 12, 2016
at 1:52 pm
Apik
By: lekdjie mumet-ndhase.com on Februari 12, 2016
at 1:58 pm
karbu paporit
By: fnaufala on Februari 12, 2016
at 2:23 pm
Lek takok temenan iki, selang radiator nek tuku asline kanggo selang mobil opo to lek
By: tomi on Februari 12, 2016
at 2:38 pm
Yth. Mas azizyhoree. Demi menjaga nama baik mas sendiri, mohon dapat bertanggung jawab secara moril dan materil atas kerusakan karburator Pulsar konsumen warung DOHC. Terima kasih http://ardiantoyugo.com/2016/02/12/hati-hati-ketika-menggunakan-lem-gasketsealer/
By: Fans Ardiantoyugo on Februari 12, 2016
at 4:17 pm
Hello mas bro fans Ardiyantoyugo , tahukah anda bahwa sesungguhnya pulsar si yugo tidak mau di gas putaran menengah -tinggi disebabkan karena diafragma karet vakum karbu Ucal bawaan pulsar sudah mati mengeras & ada kebocoran ?
Saat yugo membuat artikel pada link yg anda sertakan tersebut dia belum membuka area diafragma vakum dan belum mengkonfirmasikan kepada saya …..
Setelah mampir ke garasi saya baru si yugo menyadari karbu Ucalnya memang sudah tidak merespon putaran gas tinggi berkenaan dengan kondisi diafragma tadi
Ada pertanyaan lagi?
By: azizyhoree on Februari 13, 2016
at 5:59 am
btw membran kit pulsar bs29 170ewu 🙄
iki gonku dadi koyo gone yugo, padahal lagi enak enake jambakan setan piston pio eeh malah vakume keno, akhire raiso gaspol ro mentok gur 60 gir 5 wkwkwk 😆
nggolek sparepart montor nang kene angele ra koyo nang jogja -_-
By: Aluvimoto on Februari 15, 2016
at 10:24 pm
woo lak podo pulsarku lek,,tak kiro yo karbune kelebon banyu,,dibongkar karbune ketemu penyakite skep sing dadi siji karo karet vakume wis tuo keno dinding skep,,digenti karo sing ori gor 70.000 wes jos maneh saiki,,enteng tarikane,,mung barange inden rong minggunan
By: pr@szt on Februari 18, 2016
at 1:36 pm
[…] setelah karbunya diganti baca disini, si orangejuss siap untuk diujicoba… kebetulan the donker lagi disana… yaudah, pinjem […]
By: Uji coba bajaj pulsar 180 ug 4 pasca penginstalan karbu PE 38 Kw super… lebih bertenaga & responsif | D_Slazer|Night Cruiser on Februari 12, 2016
at 4:56 pm
Yg punya testimoninya gmn kang?
By: Leopold S on Februari 12, 2016
at 5:37 pm
Kemarin saya coba sih lebih responsif om… entah besok konsumsi bensin makin boros apa nggak???
By: the Donker on Februari 13, 2016
at 9:32 am
kabel tps-nya dikemanain om?
http://78deka.com/2016/02/12/kalau-sampai-patent-patent-frame-gsx-r250-ini-kenyataan-killer-bener/
By: kudo78dk on Februari 12, 2016
at 6:16 pm
Pulsar ora ono tps e…
Sik duwe tps ki karbu vakum byson & NMP
https://dslazer.wordpress.com/2016/02/11/substitusi-per-vakum-yamaha-byson-menggunakan-per-vakum-bajaj-pulsar-180-ug-4/
By: the Donker on Februari 13, 2016
at 9:34 am
duekku mbiyen ono lho….
By: kudo78dk on Februari 13, 2016
at 1:26 pm
TPS dudu nggo timing , tapi nggo aktifasi 2nd sparkplug , bisa di isolasi sama sensor magnetnya jadi aktif sejak awal tanpa harus nunggu setengah gas
*the donker kui ateng sotoy lek jar no bae
By: azizyhoree on Februari 13, 2016
at 6:40 pm
Kualitas lmayan ajib ni kw super w04 , udah pke 2 tahun awet skepnya perawatan simple g nyusahin kyg vakum apalagi kalo setingan ketemu bisa irit , kulakan yang pe 30 juga om , satria fi aja tb 32 mm jgn mau kalah hahaha
By: initialD on Februari 13, 2016
at 10:57 am
larung wae..
By: nbsusanto on Februari 13, 2016
at 1:41 pm
Boos, saya mau tanyak
Pulsar 180 saya pake karbu PE 28
Tapi tarikan kurang enak dan brebet di putaran bawah
Kalau pake spuyer standart karbu PE28_nya tidak bisa pake alias mau mati”
Saya uda pake koil blue thunder 2 biji
Jadi solusinya gimana boos, harus pake MJ dan PJ ukuran berapa
Tolong beri petunjuk ya boos
By: heru ARD on April 2, 2016
at 3:38 pm
pj mj untuk PE yg dipasang ke 4 tak sekitar 115- 38 om
By: azizyhoree on Juni 17, 2016
at 12:04 am
om, ganti karbu begini habis berapa? kebetulan karbu apache saya nggak beres (ucal bs 29). diputaran rendah nggak bisa stabil, mirip motor 2 tak setelan basah. kondisi busi kering cenderung lean. padahal umurnya baru 10rban km.
By: joe.cp on Juni 16, 2016
at 11:55 pm
motor umur 10.000km apa ga sebaiknya di klaim dealer dulu mas bro ?
karbu PE KW berkisar mulai dari 200 rb an – 400 an- 600 an 800 an hingga 1 jt adaaaa heheheh
kalau fisik karbu bagus ga ada salahnya coba di cek pengapian , kualitas kabel busi, koil dsb mas bro
By: azizyhoree on Juni 17, 2016
at 12:07 am
pengatur switch main busi 2 buah di setingan carbu vacum yang lama nya dibagaimanakan ? apa tidak difungsikan ?
By: Mimaw Anvai on Oktober 12, 2016
at 3:54 pm
Misi om ikut nimbrung,ane stuju om dgn artikel nya,logika nya karet kena minyak lama2 mesti ada perubahan,ntah kelenturan dll.laah motor ane cbu karbu 2010 service di AhhaS,jare ahline,tpi depan mata itu karet vakum di cuci nganggo bensin.po ga kliru yo om,??gawe nessu wong ngono om”
By: Ysf👉 on Desember 1, 2016
at 6:47 pm
Karburator PE28 berapa harganya…?
Sy minat….
By: Unang on Maret 7, 2017
at 1:31 pm