Disclaimer: sobat WD , tips ini murni pembuktian , & mumpung ada pasien yang pengen hemat budget oprek mesin xixixi jadi jika ada yang menirukan tips ini WD tidak bertanggung jawab atas hasil akhirnya , karena bisa dipengaruhi faktor fisik object yg dipakai untuk praktet, cara pengerjaan & kondisi mesin yang berbeda beda ! oke
Well , ada tips lama yang sebenernya konyol, maaf saya sebut konyol karena terdengar aneh , namun tak ada salahnya kita coba !
yups system perpindahan tenaga / cluth system / kampas kopling kalau sudah berumur sering membuat keluhan lemot, kurang respon dan selip , ada tips unik dengan merebus kampas kopling agar bisa mendekati kembali performa transfer tenaga mesin bagus , yakks bisa kita telaah sebenernya , kenapa direbus ?
jadi begini , kampas kopling yang sudah dipakai lama & berumur , meskipun plate masih tebal , biasanya permukaan sudah mengeras , istilahnya atos , mati , hal itu disebabkan karena sifat pelumas jika bertemu dengan bahan yang mudah menyerap akan menimbulkan efek kaku keras ( bisa dibuktikan pada bahan karton , atau perpack atau packing gasket kertas yang sudah lama akan mengeras

^kampas kopling honda karisma masih lumayan tebal namun sudah mengeras
dengan direbus pada airyang mendidih , diharapkan molekul & partikel kotor dari oli pelumas yang menempel pada kampas akan terurai , kenapa median air ? air memiliki sifat tidak mau bercampur dengan minyak sehingga setelah kampas direbus mendidih minyak akan terurai dan terpisah dari kampas & air
sebagai bahan adalah project honda Karisma 125 , kita bongkar area kopling dan rebus kampas kopling kedalam air mendidih , bisa menggunakan kaleng bekas roti sebagai wadah merebus
Rebus sampai matang ( jangan di makan yak )
^perhatikan bintik bintik minyak & oli yang terpisah mengapung & menempel pada dinding kaleng
(awalnya kaleng perebus ini berisi air bersih ) dan masih tetap bersih sebelum air direbus dan mendidih
—> berubah menjadi air yang terdapat banyak gelembung & bintik minyak setelah selesai proses perebusan kampas kopling
selain kampas gesek, kampas ganda sentrifugal juga ikut direbus
setelah semua kampas kopling selesai melewati tahap perebusan & warna kampas tampak berubah menjadi lebih cerah , cuci semua part yang direbus dengan bensin, semprot dengan compressed air & keringkan , rakit ulang kedalam mesin
dan hasilnya –>>>
kampas kopling usang pada honda karisma jadul yang belum pernah dibongkar sama sekali ini masih kuat untuk wheelie
jika ada yang bertanya kenapa itu karisma enteng banget buat wheelie , tenang tetap tenang , itu memang sudah garapan (akan saya share apa aja oprekannya ) , namun pada artikel ini setidaknya saya telah membuktikan tips konyol & kampas kopling bekas yang telah direbus dan dipasang lagi kuat mentransfer tenaga pada mesin yg telah didongkrak / dioprek
NB :
* honda karisma oprekan , tanpa mengganti baru kampas kopling usang , sistem kopling masih otomatis khas bebek , jadi kampas sentrifugal tetap dipakai & masih kuat wheelie
*tips ini efektif untuk kampas berumur yang fisiknya masih tebal namun performa menurun karena permukaan kampas mengeras (kalau kampas yg usang ternyata sudah tipis & atau gosong pernah terbakar , yaaa buang saja ganti dengan yang baru )
sekian salam from warung DOHC , Wassalamu’ alaykum
Wah, trik jos nih mas..
Nek tipis, lem kuning ae, beres..
By: andhi_125 on Februari 13, 2016
at 10:19 am
Kampas motuba piye lek?
By: motomazine on Februari 13, 2016
at 10:23 am
coba gan di motor standart yg usianya udah tua dan performa menurun tapi kondisi kampas masih kayak gini…. kalo oprekan ya gitu deh…. kurang yakin dengan tips ini….
By: Paijo Rider on Februari 13, 2016
at 10:31 am
Mas mas, itu karisma memang oprekan tapi kalau kampasnya ga sehat ,tenaga mesin besar tapi ga bakal kuat ngangkat buat wheelie.
Ini karisma sebelum di rebus terasa telat sewaktu shifting gear
By: azizyhoree on Februari 13, 2016
at 11:29 am
Karisma bapak saya kalo di gas (gigi 1) 0 – 40 cepet, tapi pas mentok 40 kaya ke tahan, kayak ada yang narik dari belakang (kayak kurang bensin),
Catatan,, kondisi kampas ok, gir ok, karbu ok, pengapian Jos, udah OS 50, udah kopling manual,, kenapa ya mas?
By: vario Sumedang on Februari 13, 2016
at 10:36 am
Nice tips nice adventures…
By: gilaroda2ga on Februari 13, 2016
at 10:40 am
Iki nggone yudha yo lek
By: the Donker on Februari 13, 2016
at 10:53 am
tips nya bs d share nii…
By: kenyut on Februari 13, 2016
at 10:58 am
tapi akan awet kan kang? maksudnya masih tahan lama
By: orong-orong on Februari 13, 2016
at 10:58 am
jurus kere horeeee… 😛 tapi kok sakti
By: gaplek mania on Februari 13, 2016
at 11:45 am
Terus dimakan
By: Mase on Februari 13, 2016
at 11:50 am
setelah disentuh WD_motorsport KMP saya jadi jahad…. terima kasih tong fang…
By: Yudakusuma on Februari 13, 2016
at 12:06 pm
jadi gondhes dan siap mancal yugondhes..
By: nbsusanto on Februari 13, 2016
at 1:15 pm
thank’s kakak
By: azizyhoree on Februari 13, 2016
at 11:48 pm
hmmm tipsnya josss & kayaknya bisa buat kampas ganda bebek juga tapi apa ngaruh mbah kalo yg direbus kampas ganda matic atau kampas rem?
By: shibuya rin on Februari 13, 2016
at 1:37 pm
…wah joss tenan iso wheelie barang karisma-ne….resepe opo mas….karismaku pgen iso ngono kwi…..
By: heri48r on Februari 13, 2016
at 2:04 pm
syaratnya harus masih tebal ya om???
http://78deka.com/2016/02/13/deka-gsx-r150-berpower-23-dk-jangan-berpura-pura-bego-lah/
By: kudo78dk on Februari 13, 2016
at 2:28 pm
wah ternyata ngaruh juga ya, keliatan minyaknya
By: fnaufala on Februari 13, 2016
at 2:32 pm
Ngonki ws mulai lemot je 👿
By: Khabib Jetfire - Tonnie on Februari 13, 2016
at 7:02 pm
Nggonku ws mulai lemot je 👿
By: Khabib Jetfire - Tonnie on Februari 13, 2016
at 7:03 pm
kethok wae ngetril ngetril bib 😆
By: azizyhoree on Februari 13, 2016
at 11:48 pm
oot lik, nek kampas rem bisa #ngirit 😀
By: adityaprad on Februari 13, 2016
at 10:41 pm
kampas rem wis entong ra pakem ya buwang lahhhhhhhh marai kencot baen
By: azizyhoree on Februari 13, 2016
at 11:47 pm
Awas mas aziz di ciduk pabrik spare part 😀
By: idadzzz on Februari 14, 2016
at 7:42 am
iritt… 😀
By: s0erya on Februari 14, 2016
at 4:05 pm
Nyimak Suhu….
kalo STNK.nya yang sudah berumur alias mati pajaknya, direbus juga?
hehehehehe
😀
By: underyoke on Februari 14, 2016
at 9:03 pm
sekalian ambil bpkb nya yg disekolahin trus Lembiru aja
By: azizyhoree on Februari 16, 2016
at 6:46 am
Hahahahha
By: underyoke on Februari 16, 2016
at 3:12 pm
Kang Azis, abis direbus bisa tahan berapa lama? Tentunya ga bisa dibandingin sama part ori dong? 😀
By: ibsantosa on Februari 15, 2016
at 2:05 pm
Kalau kampas kopling ganda motor matic di rebus gmna lek aziz?
By: dandi on Februari 15, 2016
at 7:41 pm
kerja kampas sentrifugal matic nampaknya lebih berat & tipe kampas kering , bisa dilihat dari warna mangkuk bajaya yg membiru biasanya tingkat kerusakan karena terbakar lebih beratdibanding kampas gesek yg terendam oli mungkin peningkatan / pengembalian performanya tak sebagus merebus kampas gesek kopling basah
By: azizyhoree on Februari 16, 2016
at 6:50 am
Oh..mending ganti baru aja y lek aziz
Siip kang penjelasannya,matur thank you ^_^
By: dandi on Februari 16, 2016
at 7:42 am
sipp ,
By: ekoandriyan on Februari 17, 2016
at 10:05 am
Nunggu share spek oprekannya mas, sambil nabung
Nek overhaul piro mas? Wes ngebul kharismaku
By: rider125 on Februari 17, 2016
at 7:36 pm
sik mas sabar sabar
By: azizyhoree on Februari 23, 2016
at 5:59 am
Nanti di share mas oprekane hehehe ,
Overhaull total po turun setengah?
Turun head – piston / setengah 40rb mawon
Turun mesin belah total bebek 90rb
By: azizyhoree on Februari 26, 2016
at 5:33 am
hmm,boleh dicoba
By: mamen on Februari 20, 2016
at 8:54 pm
Joss bgt tips nya, terbukti asal bersyarat..
nice share
http://kasamago.com/vulcan-super-car-konyol-terbaru-dari-aston-martin/
By: kasamago on Februari 21, 2016
at 8:06 am
ajib juga ya, kalo sama motor motore direbus piye ya?
By: si mbah on Februari 25, 2016
at 9:39 am
Apik mbah , tinggal ngajukan ACC model anyar 😁
By: azizyhoree on Februari 26, 2016
at 5:28 am
woh… repoku kampas koplingnya juga mulai minta ganti.. bisa diakalin begini ya rupanya
https://imotorium.com/2016/04/15/iibt-2016-impresi-singkat-bus-hino-fc-190-laksana-tourista-keren-dan-nyaman/
By: imotorium on April 15, 2016
at 2:31 am
ijin ngegosip om..:v
https://www.facebook.com/groups/217764168605879/permalink/227028607679435/
sekalian di harapkan om ikutan :p
By: Lukas Id on Mei 28, 2016
at 6:24 pm
[…] bro masih ingat tulisan WD tentang –>> tips konyol seputar kampas kopling […]
By: Tips mengoptimalkan kerja kampas kopling sentrifugal motor bebek / cub yg sudah berumur | Azizyhoree's Blog on Juni 8, 2016
at 10:05 am
[…] bro masih ingat tulisan WD tentang –>> tips konyol seputar kampas kopling […]
By: Tips mengoptimalkan kinerja kampas kopling sentrifugal motor bebek / cub yg sudah berumur | Azizyhoree's Blog on Juni 8, 2016
at 10:10 am