Hello mas bro jumpa lagi , yups kali ini kita bahas perawatan motor STW alias Setengah Tuwo motor bebek legendaris dari yamaha , yaitu F1Z R 110
motor ini milik salah satu sobat pengunjung WD yg sudah beberapa tahun belakangan tak pernah nimbrung komentar di blog ini lagi , ya wis rapopo lanjut , singkat cerita si Gayung ini mengeluhkan katanya F1zR nya loyo kampas koplingnya minta ganti ………………………
Weits tunggu dulu, jangan memvonis terlebih dahulu sebelum nampak bukti kerusakan mas bro setelah saya coba ternyata loyo karena mesin Ngookkkk alias nafas tertahan rpm ga bisa naik sempurna mas bro , wahhhh ini sih dari performa mesin yg drop
nahhhhh sekalian wae lihat jeroan ruang bakar mari kita bongkar untuk prosesi service besar
pertama lepas body body sayap si bebek, lanjut lepas air box filter sekalian saja bersihkan air filter, kendorkan clamp karburator lepas karburator bongkar & bersihkan jalur sprayer jet,
lepas footstep depan berikut bracket standar , lepas cover pelindung motor starter di bawah crankcase
kemudian lepas baut knalpot agar knalpot bisa dilepas untuk prosesi pembongkaran cylinder block , selanjutnya lepas cover kipas & cover sirip system YPCS agar cylinder head & block bisa dilepas
lepas mur cylinder head, kemudian lepaskan cylinder head
bersihkan kerak carbon pada cylinder head & permukaan piston
lepas mur pengikat cylinder block yang mengikat block ke crankcase
lepas & tarik keluar cylinder block , dannnnn tadaaaaa nampak sudah piston yang kotor & berkerak
setelah cylinder block terpisah dari crankcase , bersihkan kerak kotoran pada jalur in let , exhaust & lubang transfer pada cylinder block yamaha F1ZR ini , gunakan obeng kecil & panjang untuk menggapai lubang jalur tersebut , sediakan juga amplas untuk menggosok secara halus menyikat bersih kotoran yang membandel
kemudian untuk melakukan pembongkaran pada manifold & bracket reed valve perlu memiringkan posisi mesin karena posisi baut manifold tersembunyi atau terhalang rangka
untuk itu lepas terlebih dahulu socket jalur perkabelan agar tidak tertarik saat mesin di miringkan
selanjutnya lepas rantai agar mesin tidak tertahan posisinya
kemudian lepas baut pengikat mesin ke rangka bagian atas dan belakang
mesin sudah dapat dimiringkan , lepas manifold karbu beserta reed valve
yaaak , penyakit motor 2 tak adalah rembesan oli , baik oli mesin maupun oli samping yang becek kemana mana
bersihkan area manifold & rumah reed valve
musuh utama performa mesin 2 tak adalah kotoran & kerak , bersihkan kesemua area yang kotor & belepotan , lap & pastikan bersih serta hati hati ruang sekitar lubang rumah reed valve yang berbatasan langsung dengan ruang kompressi crankcase
periksa reed valve atau katup buluh ,
Reed valve atau juga disebut membran ini berfungsi sebagai one way valve , katup yang bisa membuka ketika gas bahan bakar terhisap kedalam ruang kompresi primer dalam crankcase , namun menahan gas atau menutup rapat saat terjadi kompresi primer hingg gas bahan bakar yang telah terkompresi primer terdorong dan melewati jalur transfer
sistem reed valve pada motor 2 tak yang sudah berumur biasanya ada beberap penyakit:
1.bilah katup bengkok tidak rata
2.karet rumah reed valve keropos , karena telah bekerja sangat lama
3. atau karet rumah reed valve retak bocor
4.atau bilah membran patah
kesemua penyakit tersebut mengakibatkan kebocoran & ujungnya tenaga kempos
^ pada gambar diatas reed valve menutup tidak rata & terlihat karet rumah reed valve amblas & keropos ganti dengan yang baru agar kembali segar & berfungsi secara optimal , pasangkan kembali reed valve ke crankcase
langkah servis selanjutnya cek fungsi pompa oli samping & setting untuk pelumasan yang optimal & pas tidak terlalu kering & tidak terlalu basah
rakit cylinder block ke crankcase , ganti packing dengan yang baru
pasang cylinder head
pasang kembali manifold beserta karburator , pasang busi , pasang cover sirip cylinder block beserta cover kipas YPCS , pasang socket perkabelan , dan kembalikan semuar part berkebalikan dengan proses pembongkaran
setelah semua beres saatnya uji coba ….. kontras sekali perbedaan raungan mesin F1zR etelah dilakukan pembongkarn pembersihan ruang bakar & penggantian reed valve langsung melejit & mudah mengail tenaga di setiap rpm tanpa terputus mbrebet ataupun ngempos
malah si bocah ini beberapa waktu kemudian nge Tag foto ke akun medsos saya wkwkkwkw bocah bocah
terbukti sudah si Gayung ini terlalu dini memvonis kerusakan kampas kopling , padahal area kopling tidak disentuh sama sekali
salam STW , salam sehat genjozzz warungDOHC
wassalamu’alaykum
josss….
*pertamax
By: anggiwirza on Maret 27, 2016
at 3:00 am
turu turu mas bro
By: azizyhoree on Maret 27, 2016
at 3:09 am
sembari nunggu subuhan mas baru tidur. maklum mumpung libur panjang hahahaha.. 😀
By: anggiwirza on Maret 27, 2016
at 3:14 am
Jozz dah…
http://sebarkan.org/2016/03/27/video-penemuan-mahluk-laut-mengerikan-yang-tertangkap-di-pantai-singapura/
By: sebarkan.org on Maret 27, 2016
at 9:40 am
Jaman SMA dulu,bawa ini sudah keren abis… 😉
By: Mas Sayur on Maret 27, 2016
at 3:47 am
Opomaneh sik full cluth mboisss pol njih cak 😁
By: azizyhoree on Maret 27, 2016
at 7:09 am
Nggiih,mas..
Jaman semono montor bebek pake kopling sudah istimewah buat para abegeh dan alayer masa itu..
By: Mas Sayur on Maret 27, 2016
at 7:38 am
engine swap karo mesin ninja 150 sisan 😛
By: yogieza on Maret 27, 2016
at 8:52 am
kadohan pakdeeeeeee
By: azizyhoree on Maret 28, 2016
at 8:23 am
wogh langsung wheelie
By: aiefz on Maret 27, 2016
at 8:53 am
keren Mas.. kadang emg suka sotoy kita, pdhl pas dibuka penyakitnya laen..
By: Nova Sonic Rider on Maret 27, 2016
at 9:18 am
disitulah kenapa bukti otentik memang perlu 😀
By: azizyhoree on Maret 28, 2016
at 8:22 am
gasspoolll 😀
http://bmspaces.com/wp/2016/03/27/ketika-anda-menemukan-kegagalan-anda-harus-sadari-hal-berikut-ini/
By: bmspaces on Maret 27, 2016
at 10:35 am
Two stroke never die
http://wp.me/p4WdP2-PM
http://wp.me/p4WdP2-PD
By: Sibemo on Maret 27, 2016
at 10:41 pm
never die iku lek dirumat lek
By: azizyhoree on Maret 29, 2016
at 12:03 am
Hehehehehehe……..
By: Sibemo on Maret 29, 2016
at 8:22 am
Wah…
Setelah bertapa 40dino 40bengi….
Muncul lagi 1 artikel… wkwkwk…
Problematika Pulsar 200NS bagian 3- tamat…
https://dslazer.wordpress.com/2016/03/27/problematika-pulsar-200ns-di-indonesia-bag-3-tamat-kapoknya-pengguna-pulsar-dan-rencana-bajaj-balik-ke-indonesia/
By: the Donker on Maret 28, 2016
at 1:22 am
bar servis mesti mumbul, hehehe
By: bangjoru on Maret 28, 2016
at 5:01 am
mas minta alamat bengkelnya biar kapan kapan bisa main. rumah saya pleret bantul. alamat bisa ditulis lewat email atau komentar
By: bas on Maret 28, 2016
at 8:30 am
sementara di jl sutijab no 54 200m sebelah utara terminal wates ( cari mawon karunia baru )
kalau bengkel yg sedang tahap pembangunan di jl asem gede 150m sebelah barat kolam renang UNY kampus wates
suwun
By: azizyhoree on Maret 28, 2016
at 11:54 pm
bar kuwi kabel koplinge pedot jare :v
By: gaplek mania on Maret 28, 2016
at 5:05 pm
By: azizyhoree on Maret 28, 2016
at 11:53 pm
Joss, ngejreng lg. bebek idaman anak sekolah dimasanya..
http://www.Yakena.com | Bitcoin & Bisnis
By: Kasamago on Maret 30, 2016
at 10:45 pm
Mas aziz maaf nyimpang nih,,mau tanya apakah per skep karbu vakum beat boleh dipotong 3 ulir saja biar tarikan makin enteng??kalo g boleh apa ada solusi lain?
By: dani on April 1, 2016
at 9:22 am
seneng baca blog om ini
dari pada baca blog2 sebelah yg isinya sales sama koment2 bc
sayang om aziz ga tiap hari update -_-
By: p4ij0 on April 2, 2016
at 10:57 am
apalah daya maafin mas bro 😦
By: azizyhoree on Mei 4, 2016
at 8:09 pm
Padhal bukan DOHC… tp bisa wheelie
:v
By: Roy (Sempak Operpret) on April 4, 2016
at 2:39 pm
wah ini, jangan2 selama ini punya aye ngempos juga gara2 membrannya waduh
By: fnaufala on April 4, 2016
at 5:00 pm
josss lengkap tenannn nek ikii
By: xabre on April 5, 2016
at 10:05 pm
dah sering ketemu motor gitu penyakit ngempos gara2 membrannya lik
By: adityaprad on April 10, 2016
at 10:38 am
Dadi pengen win cbku digawe koyo ngono iku…mugo2 iso dioprek karo mbah WD..edisi ngarep.com ( kapan2 lah)…arep dolan kok adoh men…hadehw…
By: ernday batuwarno on April 10, 2016
at 10:21 pm
motor impian…..
https://bikerkampung86.wordpress.com/2016/04/11/alamaak-honda-nsr-150-sp-dikira-motor-modifan/
By: balimotorider on April 11, 2016
at 9:59 pm
nasir ku kang…….
https://bikerkampung86.wordpress.com/2016/04/11/alamaak-honda-nsr-150-sp-dikira-motor-modifan/
By: balimotorider on April 11, 2016
at 9:59 pm
elok tenan , dolanane SP
By: azizyhoree on Mei 4, 2016
at 8:12 pm
Iyo juragan
Iki shogun SP 😀
By: balimotorider on Mei 10, 2016
at 11:57 pm
pengen piara f1zr tapi blm kesampaian
https://imotorium.com/2016/04/15/iibt-2016-impresi-singkat-bus-hino-fc-190-laksana-tourista-keren-dan-nyaman/
By: imotorium on April 15, 2016
at 2:30 am
mantap dahhh…tag standing nya juga josss wkwkwkwk
By: desoni putra (@desoni) on April 19, 2016
at 9:56 am
Itu salah satu alasan nggak suka dua tak. Lantai di bawah motor nggak pernah bersih.
By: Joko on April 23, 2016
at 1:54 pm
mantabbbss!!!
By: mamen on Mei 19, 2016
at 6:14 am
Nice to meet you !
My name is Ada from Shiyan Miaoyu Import & Export Trading Co.,Ltd.
We are interested in supplying Dongfeng heavy truck or Dongfeng commercial vehicle and relevant auto parts .
At our official website : http://www.miao-yu.com , you can find the quality parts you need with the lowest price.
We sincerely hope to establish a long-term business relationship with your esteemed company.
Your early reply is highly appreciated.
Thank you!
By: lovemiaoyu on Juni 13, 2016
at 2:33 pm
Iku nang njerone UNS FAK. TEKNIK kang?
By: Anonym on Oktober 13, 2016
at 12:06 pm
Mas fizrku special edition caltex, oli di bawah mesin becek, belepotan. Solusinya bagaimana? Apakah harus ganti packing set?
Terimakasih
By: yohanes82 on November 17, 2016
at 7:45 am