Disclaimer: sobat WD , tips ini murni dilakukan karena permintaan pasien yang pengen hemat budget oprek mesin xixixi jadi jika ada yang menirukan tips ini WD tidak bertanggung jawab atas hasil akhirnya , karena bisa dipengaruhi faktor fisik object yg dipakai untuk praktek, cara pengerjaan & kondisi mesin yang berbeda beda ! oke
mas bro masih ingat tulisan WD tentang –>> tips konyol seputar kampas kopling ?
nah pada artikel kali ini adalah tips kelanjutan yang juga bisa saling dukung kinerjanya alias masih nyambung untuk mengoptimalkan kinerja system kopling pada sepeda motor bebek semi otomatis, yang akan kita tembak dioptimalkan area kampas otomatis sentrifugal/ centrifugal cluth atau sering disebut dengan kampas ganda , percobaan kali ini kebetulan masih mempergunakan object Honda karisma 125 / supra 125 old
pada sepeda motor bebek yg sudah berumur gejala loyo & mesin meraung saat awalan start sering ditemui , salah satu faktornya karena kinerja kampas otomatis sentrifugal ini sudah menurun , penyebabnya permukaan kampas sudah aus menipis , atau mangkuk yang sudah aus , level tipisnya sebenarnya tidak seberapa , namun akan mempengaruhi diameter pemekaran kampas terhadap mangkuk , jadi kalau dilihat kasat mata kampas seperti masih bagus/ tebal , namun diameter saat kampas mekar kurang bersinggungan dengan inner diameter mangkuk sentrifugal
optimalisasi pertama adalah mengganti karet dumper atau bantalan sentrifugal sat kondisi menutup , karet dumper yang sudah berumur biasnya bentuknya tidak lagi bundar melainkan menjadi benjol / oval , sehingga saat kampas menutup diameterluar kampas lebih mengecil alias mblesek xixixi
karet dumper dapat diganti dengan dumper sentrifugal honda grand ( karena yg banyak beredar & biasa dijual di bengkel umum adalah karet jenis dari grand ini ) atau biasanya karet dumper maticc suzuki , namun yg perlu diperhatikan lubang pen pada karet harus seesuai , jika kurang lebar bbisa diperlebar dengan mata bor tuner
optimalisasi kedua yaitu menambah daging pada stopper sentrifugal , dengan cara menambah titi las pada ujung stopper , hal ini juga bertujuan untuk menjaga posisi kampas sentrifugal tetap pada diameter ideal saat akan bersinggungan dengan inner mangkuk sentrifugal , lepas terlebih dahulu bilah kampas sentri fugal , kemudian di las titik pada ujung stopper , lakukan pengukuran dengan merakit kembali dilihat saat diameter bilah sentrifugal menutup berjarak ideal terhadap permukaan dalam mangkuk sentrifugal , jika pengelasan terlalu tebal bisa ditipaskan lagi dengan gerinda
woke cukup sekian bocoran tips optimalisasi kampas sentrifugal versi irit aghihihi
sekali lagi hasil akhir tergantung object & pengerjaan ….
salam from warung DOHC , Wassalamu’alaykum
WDmotor_garage , wates, kulon progo , yogyakarta
Pertamax..
http://sebarkan.org/2016/06/08/meme-makanan-ini-bikin-puasamu-nggak-manyun-lagi
By: sebarkan.org on Juni 8, 2016
at 11:14 am
keduax
daripada beli mahal soalnya
By: fnaufala on Juni 8, 2016
at 1:08 pm
Nangndi wae kang ra metu2 tulisane? jan ngejar launching Bengkele po?
By: aan on Juni 8, 2016
at 4:12 pm
njih lik , lagi mertapa golek beling & kerdus 😀
By: azizyhoree on Juni 11, 2016
at 3:02 am
Kalo mekanik nya om azis sih, kabeh isok diakali ga perlu ganti anyar hehehe
By: Cibi on Juni 8, 2016
at 4:13 pm
ada kalanya , anyar itu perluuuu
By: azizyhoree on Juni 11, 2016
at 3:03 am
Lek aziz, motor saya supra x 125r kalau pindah dari gigi 2 ke 3 suka balik lagi, tapi baliknya kayak netral gitu (langsung ngegerung). Kira kira ada masalah dimananya ya?
https://mind90.wordpress.com/2016/06/08/tips-membersihkan-rantai-sepeda-motor/
By: mind90 on Juni 11, 2016
at 8:22 am
Nice to meet you !
My name is Ada from Shiyan Miaoyu Import & Export Trading Co.,Ltd.
We are interested in supplying Dongfeng heavy truck or Dongfeng commercial vehicle and relevant auto parts .
At our official website : http://www.miao-yu.com , you can find the quality parts you need with the lowest price.
We sincerely hope to establish a long-term business relationship with your esteemed company.
Your early reply is highly appreciated.
Thank you!
By: lovemiaoyu on Juni 13, 2016
at 2:32 pm
Biasane terus digawe ngetrill..wheelie
Kok ending e mek ngene tok…dadakno
Pembaca kuciwaaa… wkwk
By: maspoeloeng on Juni 18, 2016
at 6:06 am
Karisma ku tahun 2003 cak….tahun 2013 wingi tarik ane nggiring puol…pas tak bengkelno memang jare tukang e wes tipis kampas gandae…nek ganti lumayan soale kudu dak tromol e…akhirnya tak kon ngakal ae, akhir e coba diganti pir kampas ganda e …waktu iku gae nggone mio…pokok e didolekno sing luwih lemes jare tukang e…nek ambeg asline memang uadoh cak…tebel n abot…begitu dipasang trus dicoba lah kok waras cak…langsung jalan pas digas titik…alhamdulillah 3 tahun ganti per e mio sek aman….alhamdulillah…isok dicontoh iki mas…
By: rpm-speed on November 7, 2016
at 12:17 am