Hello sobat WD , kali ini ada sedikit kasus pada Suzuki satria FU 150 , ceritanya menjelang lebaran kemarin datanglah pasien di WDmotor_garage mengeluhkan Satria Fu 150 miliknya tidak bisa di starter menggunakan tombol electric starter ……. ceritanya si FU ini motor pemudik dari jakarta , dan katanya sudah dilakukan penggantian Aki baru 3 bulan & menyusul Spull pengisian baru 1 bulan , namun tetap saja hanya cetak cetek tidak kuat starter , katanya divonis Dinamo motor starter bermasalah oleh bengkel sebelumnya
Nah mari kita telusuri , pertama kita bongkar body plastik side cover & tail cover si FU ini , kemudian lanjut bongkar tangki sekaligus Jok , karena posisi salah satu komponen yg kita curigai ada dibawah tangki bahan bakar yaitu kiprox
kenapa curiga terhadap kiprok ?
karena riwayat sebelumnya belum lama ini telah dilakukan penggantian aki & spull pengisian
kalau prosedur urutannya begini :
1.test battery / aki ( oke) skipp–>>
2. test voltase AC dari jalur spull pengisian (oke ) SKIPP –>>
3.test voltase DC jalur pengisian setelah melewati kiprox / penyearah arus ( test kinerja kiprox)
gambar ^ diatas adalah pengukuran voltase pada pengisian saat kutub aki terpasang , tercatat hanya 7.85 volt jelas ini lebih besar pasak daripada tiang
untuk lebih meyakinkan pengetesan , kita ukur voltase jalur pengisian dari kiprox jika kutub aki dilepas , perhatikan gambar diatas, hanya tercatat 2.78 volt voltase pengisian tanpa beban , jelas sudah kinerja kiprox tekor melayani charging battery pada motor ini ( biasanya gejala kiprox bermasalah atau rusak adalah body kiprox cepat sekali panas )
kemudian kiprox yang telah kita curigai, kita ganti dengan yang baru dan dilakukan pengukuran voltase ulang
pada gambar diatas ^ pengukuran voltase pengisian saat kutub aki terpasang & mesin menyala dengan Rpm idle antara 1300-1400Rpm tercatat 12.89 – hingga 13.5 volt
sedangkan saat mesin dibleyer atau di geber high rpm tercatat voltase pengisian antara 14 – hingga 15 volt , nahhhh ini baru proses charging bisa dilakukan untuk mengisi arus listrik pada aki , ingat arus listrik dapat mengalir dari voltase tinggi ke voltase rendah , jadi pastikan kinerja spull pengisian & voltase setelah keluar dari kiprox lebih besar dari besaran voltase aki saat tanpa beban
Yess penelurusan membuahkan hasil , penggantian kiprox pun dilakukan dan setelah dinyalakan beberapa saat aki pun kuat menyalakan electric starter ,
nah jika mengalami kasus serupa , belum tentu vonis salah satu komponen bisa dibenarkan sebelum dilakukan pengetesan secara runtut & terukur 😀
mudah mudahan bisa menambah referensi bagi mas bro semua
salam from warung DOHC
WDmotor_garage , wates, kulonprogo , yogyakarta
— 573140DD —
Wasaalamu’ alaykum
Joozz.. Tp ya nanggung aja, kenapa gak dirubah jd kelistrikan DC aja semua (fullwave) & ganti kiprok tiger biar makin HOT ! Mumpung di bengkel legend nya Blogger kondang
By: wedagama on Juli 9, 2016
at 4:33 pm
kondang apane mas gan? 😆
By: azizyhoree on Juli 9, 2016
at 9:59 pm
Nganu kondangan kamsud’e 😆
Short Touring performa Supra GTR 150 melibas trek Denpasar-Kintamani – http://wp.me/p4dgXn-Ah
By: balimotorider on Juli 9, 2016
at 11:39 pm
woooooooooo
By: azizyhoree on Juli 10, 2016
at 7:34 am
kiprok bermasalah masih mending dah dr pd sepulnya yang bermasalah..
By: Nova Sonic Rider on Juli 9, 2016
at 10:01 pm
lebih apes lagi kalau spull terlanjur ganti , ternyata yg soak aki nya 😆
By: azizyhoree on Juli 10, 2016
at 7:35 am
Mendingan, wes ganti spul, kiprok, aki, jebul mung kabelnya pedhot 😀
By: kudo78dk on Juli 10, 2016
at 9:52 am
Kasih tau warna kabel untuk in-out nya juga dong mbah…
By: Wong Biasa on Juli 10, 2016
at 8:14 pm
request ditampung mbah 😀
By: azizyhoree on Juli 12, 2016
at 6:13 am
batas max kiprok utk pemakaian normal berapa taun mz?
By: kasamago on Juli 11, 2016
at 3:40 pm
Mantappp mas Azis..
Btw,
Selain faktor usia, apakah yg bisa bikin kiprok rusak lebih cepat dari sewajarnya?
By: Udin on Juli 11, 2016
at 5:13 pm
ada jalur yg konslet , kurang ground , penggunaaan kelistrikan diluar kemampuan, misalnya
By: azizyhoree on Juli 12, 2016
at 6:10 am
Mas aziz cara gonta ganti oli yang aman gt gmn mas??mksudx untuk menghilangkan oli lama yang akan diganti merk baru?
By: dandi on Juli 12, 2016
at 8:48 am
Mz bro (warung dohc), mau tanya nie.. alamat pastinya mana y, biar gmpang nyari.. saya dari semarang mau sowan ke situ buat konsultasi vario tech 110 karbu. Abis boreup seher 125 kok top speed cuma 60km/jam ma buat nanjak cm 20km/jam (waktu inreyen abis boreup nembus 100km/jam). Mksh
By: toro on Juli 14, 2016
at 11:19 pm
buat teman teman yang suka otomotif sulihkan main ke duniamotor.net untuk melihat detail Harga ALL NEW BeAT FI terbaru
By: duniamotor.net on September 19, 2017
at 9:09 pm
Maaf gan mau tanya volt ac yg keluar dari spul motor satria fu berapa volt.sekian terima kasih
By: Heru on Juni 24, 2018
at 6:02 pm