Halo Mas bro , lama tak bersua bang WD akan berbagi lagi sedikit cerita tentang roda dua , melanjutkan cerita tentang gejala keracunan motor motor 2 tak , bang WD akhirnya memutuskan menambah koleksi Motor 2 stroke …… lag Jargonnya kan Warung DOHC kok malah mainan motor tanpa Noken as? 😀 ya gapapa to motor kan hanya perwujudan penyaluran hobi , bisa juga jadi maskot, atau sekedar keinsengan saja hehe, toh Pasien WD Motor Garage banyak motor motor DOHC juga
^ pict from Instagram Andrysulistyo
well lanjut Hunting dijatuhkan pada pilihan motor yamaha angkatan CBU thailand tahun awal 2000 an yakni Yamaha Tiara 120 S …… dijatuhkan pada pilihan ini karena termasuk Langka , meski dibanding saudara seangkatannya Tiara 120 ini termasuk yg paling Tanggung bergenre telescopic underbone alias bebek ayam jago
pada kelahiran seangkatannya ada 3 motor yamaha 2tak yg dijual secara CBU yakni Tiara – 125Z -Touch atau sering disingkat TZT …… Tanggungnya Tiara bukan hanya di sektor body atau tampilan …. namun juga disektor mesin , karena Tiara 120cc sementara 125Z yg berwujud bebek 125cc 6speed , sedangkan Yamaha Touch berplatform mirip 125Z namun berpendingin cairan alias liquid cooled , walaupun Trio TZT ini terbilang motor motor bermesin jahat karena sedari lahir pabrikan sudah kencang …. tetap saja Tiara lah yg bernasib paling tanggung selain power paling kecil , platform mesin juga tidak ada yg menyamai hehehe
makanya untuk saat ini Tiara 120 menjadi bagian warga TZT yg harga jualnya paling murah , dibanding Touch maupun 125 Z …. kalau Yamaha Touch ini sering disebut TZT yg paling Bantet atau unyil karena bentuk sport bertangki namun super slim , tipis dan sangat ringan dengan tenaga mesin 125cc 2T berpendingin cairan dimasa kejayaannya Yamaha Touch ini sering tampil untuk kejuaraan Drag kelas 2T bahkan berani membabat kelas diatasnya yakni 150cc atau FFA nah karena kondyang dilintasan lurus 201m itulah saat ini keberadaan Touch justru yang paling langka dan stock dalam keadaan utuh sudah menipis karena hampir rata rata touch 125 pernah dipakai Balapan drag , istilahnya unit habis diperotolin dan part body nya paling susah dicari
sedangkan nasib baik ada di varian 125 Z karena pernah menjadi primadona legend di kancah Roadrace Tanah air maupun Asia Tenggara …. Bebek Yamaha dengan kode mesin 5BU ini juga masuk indonesia secara CBU , namun bukan dari Thailand , melainkan diproduksi oleh Yamaha Hong leong Malaysia
Yamaha 125 Z diminati karena mesin 5BU 125 cc terkenal kencang , meskipun bebek underbone namun frame & suspensi 125Z mendukung performa untuk kecepatan tinggi , 125 Z masih diuntungkan oleh sparepart produksi malaysia yang hingga saat ini masih support , baik original part maupun KW after market tak heran 125Z yg dijuluki Bebek jahat ini harga seken di indonesia masuk rentang harga untuk sebuah motor hobby
Harga pasaran rata rata varian TZT di indonesia
Tiara 120 , berkisar 9jt – 16 jt
Touch 125 berkisar 10jt- 18jt
125 Z , berkisar 16jt – 25jt
Harga tersebut adalah rata rata bisa berbeda beda tergantung keutuhan kondisi motor , originalitas , kesehatan mesin secara keseluruhan maupun Ketertiban pajak surat /paper kalau yg ful original & colector item simpanan bahkan ada yg lebih mahal dari harga motor sport terbaru saat ini , katakalah range 30 jt an
Hanya saja untuk motor motor langka & hoby seperti TZT ini rata rata lebih sering diam di garasi atau boleh dibilang motor sabtu minggu & seringnya muter berpindah tangan dari kolektor 1 ketangan kolektor lain jadi kebanyakan juga surat lengkap namun pajak biasanya mati atau tertunggak jadi untuk mas bro yg pengen hunting TZT secara keseluruhan siap gazz perhatikan kesehatan motor secara keseluruhan & juga Pajak surat /paper sebagai pertimbangan Nilai jual :D, nah itulah sekelumit selayang pandang tentang Famili Trio Yamaha CBU TZT Serries yang pernah masuk meramaikan pasaran Indonesia di era awal th 2000 an
nahhh bang WD akhirnya juga dapat barang buruan yaitu Tiara 120 S ….. ini dia barangnya :
Nah koleksi WD motor Garage ini punya nama Djeng Tia …… bagaimana kisahnya dari mulai Hunting hingga perawatan & tutorial hingga subtitusi Yamaha Tiara 120 ini ?
Simak dalam artikel selanjutnya dari bang WD
Wassalamu’alaykum Bro !!!! 😀
wow azib
By: Aa Ikhwan on November 27, 2017
at 1:56 pm
Azibbbbb Kakak masih mau komennn terharuuuuuuuu
By: azizyhoree on November 27, 2017
at 1:59 pm
Alhamdulillah dik
By: Aa Ikhwan on November 27, 2017
at 5:08 pm
wow, suhu turun gunung lagi, lanjutkan suhu, aku putumu mbah….
https://redto-black.web.id/2017/11/27/suzuki-bandit-150-nyata-atau-isapan-jem/
By: hoho on November 27, 2017
at 2:15 pm
apaini bandit kok cuma satuseket 😆
By: azizyhoree on November 27, 2017
at 2:17 pm
nah kui mbah, issue thok opo yo tenanan
By: hoho on November 27, 2017
at 2:25 pm
Horeeeee…..lik Azis nulis lagi….
By: Mas Sayur on November 27, 2017
at 2:45 pm
karna mereka 😀 para pembaca
By: azizyhoree on November 27, 2017
at 2:47 pm
“E” nya kebanyakan Mas, khan namanya azizyhoree.
By: eko354 on November 27, 2017
at 2:52 pm
By: azizyhoree on November 27, 2017
at 2:53 pm
Xixixi…. nggih mbah… 😀
By: Mas Sayur on November 27, 2017
at 2:57 pm
Sebenernya saya juga suka performa mesin motor 2-tak. Dulu (duluu banget) juga pernah pake trail 2-tak.
Yg nggak suka itu baunya dan oil mist nya, sampe jaket juga bau sangit. Duluu kalo jalan bareng teman2, yg rata2 pake 4-tak, mesti disuruh jalan paling belakang, soale oil mist nya ngotorin kaca helm yg di belakang.
Daann, kalo di kota2 yg macet, paling sebel kalo pas ada di belakang motor 2-tak. mau nyalip nggak bisa krn macet, terpaksa terima nasib menghirup bau asap knalpotnya.
By: eko354 on November 27, 2017
at 2:59 pm
pakai yg smokeless mas & settingan karbu + olsam pas biar lebih terbakar sempurna 😀
By: azizyhoree on November 27, 2017
at 4:17 pm
Tahun 1977 (40 tahun lalu) belum ada oli smokeless, Mas aziz.
By: eko354 on November 28, 2017
at 11:03 am
walaaaaaaa itu jaman oli pertamina logonya masih Kudalaut 😀
By: azizyhoree on November 28, 2017
at 11:12 am
Blogger kondang hadir lagi
By: Blacketel matesih on November 27, 2017
at 3:00 pm
walahhhhh yg mana mas e ? 😀
By: azizyhoree on November 27, 2017
at 4:17 pm
Welcome back hu
By: kusnanto on November 27, 2017
at 4:20 pm
back hu ki opo koncone buldozeer huu? 😀
By: azizyhoree on November 27, 2017
at 8:44 pm
Jih nak sanak huu….😂
By: kusnanto on November 27, 2017
at 9:39 pm
Jih nak sanak, huu…😂
By: kusnanto on November 27, 2017
at 9:39 pm
wa’alaikum salam…. asyik mas horee kembali bikin artikel. dinantikan episode2 selanjutnya
By: tho on November 28, 2017
at 5:22 pm
Yamaha 125Z aja masih moncer di Malaysia ya pak
By: Mas Huda on November 30, 2017
at 7:30 am
wah kok pose di jalan tembus magetan?
By: c33b on Desember 16, 2017
at 7:09 pm
Kenapa gak Nova Dash aja om? Selain juga langka + mahal dan juga lebih kencang huehehehe
By: Roy on Desember 19, 2017
at 12:08 pm
Entah knpa dripda gnti cbr 150 ane lbih minat ninin rr mas,pgen nostalgia dlu pas jman aliyah naek rg lmpu blkng crystal,syg pgen rg tpi tpi di daerah ane sulit alatnya,meski tgn lbih pgel nytir ninja
By: ari on Februari 1, 2018
at 10:29 am
etok rego pinten mas e
By: ruly on April 17, 2018
at 11:51 am