Oleh: azizyhoree | November 27, 2017

Keranjingan 2T , iseng Hunting Yamaha Tiara 120 & sekilas tentang Trio TZT


Halo Mas bro , lama tak bersua bang WD akan berbagi lagi sedikit cerita tentang roda dua , melanjutkan cerita tentang gejala keracunan motor motor 2 tak ,   bang WD akhirnya memutuskan menambah koleksi Motor 2 stroke ……  lag Jargonnya kan Warung DOHC kok malah mainan motor tanpa Noken as?  😀 ya gapapa to motor kan hanya perwujudan penyaluran hobi , bisa juga jadi maskot, atau sekedar keinsengan saja hehe, toh Pasien WD Motor Garage banyak motor motor DOHC juga

22801952_159431247985871_8904635246733950976_n

^ pict from  Instagram Andrysulistyo

well lanjut  Hunting dijatuhkan pada pilihan motor yamaha angkatan CBU thailand tahun awal 2000 an yakni Yamaha Tiara 120 S  ……   dijatuhkan pada pilihan ini karena termasuk Langka ,  meski dibanding saudara seangkatannya Tiara 120 ini termasuk yg paling Tanggung bergenre telescopic underbone alias bebek ayam jago

pada kelahiran seangkatannya ada 3 motor yamaha 2tak yg dijual secara CBU yakni Tiara – 125Z -Touch atau sering disingkat TZT  ……   Tanggungnya Tiara bukan hanya di sektor body atau tampilan ….  namun juga disektor mesin ,  karena  Tiara 120cc  sementara 125Z yg berwujud bebek 125cc  6speed   , sedangkan Yamaha Touch berplatform mirip 125Z namun berpendingin cairan alias liquid cooled , walaupun Trio TZT  ini terbilang motor motor bermesin jahat karena sedari lahir pabrikan sudah kencang …. tetap saja Tiara lah yg bernasib paling tanggung selain power paling kecil , platform mesin juga tidak ada yg menyamai hehehe

wpid-tiarazrj

makanya untuk saat ini Tiara 120 menjadi bagian warga TZT yg harga jualnya paling murah ,   dibanding Touch maupun 125 Z …. kalau Yamaha Touch ini sering disebut TZT yg paling Bantet atau unyil karena bentuk sport bertangki namun super slim , tipis dan sangat ringan dengan tenaga mesin 125cc 2T berpendingin cairan dimasa kejayaannya Yamaha Touch ini sering tampil untuk kejuaraan Drag kelas 2T bahkan berani membabat kelas diatasnya yakni 150cc atau FFA nah   karena  kondyang dilintasan lurus 201m itulah saat ini keberadaan Touch justru yang paling langka dan stock dalam keadaan utuh sudah menipis karena hampir rata rata touch 125 pernah dipakai Balapan drag ,  istilahnya unit habis diperotolin dan part body nya paling susah dicari

touch-plus2

sedangkan nasib baik ada di varian 125 Z   karena pernah menjadi primadona legend di kancah Roadrace Tanah air maupun Asia Tenggara ….  Bebek Yamaha dengan kode mesin 5BU ini  juga masuk indonesia secara CBU , namun bukan dari Thailand , melainkan diproduksi oleh Yamaha Hong leong Malaysia

y125zr2009-1-640x451

Yamaha 125 Z diminati karena mesin 5BU 125 cc terkenal kencang , meskipun bebek underbone namun frame & suspensi 125Z mendukung performa untuk kecepatan tinggi , 125 Z masih diuntungkan oleh sparepart produksi malaysia yang hingga saat ini masih support  , baik original part maupun KW after market tak heran 125Z yg dijuluki Bebek jahat ini harga seken di indonesia masuk rentang harga untuk sebuah motor hobby

Harga pasaran rata rata varian TZT di indonesia

Tiara 120   , berkisar  9jt – 16 jt
Touch 125  berkisar   10jt- 18jt
125 Z          , berkisar   16jt – 25jt

Harga tersebut adalah rata rata bisa berbeda beda tergantung keutuhan kondisi motor , originalitas , kesehatan mesin secara keseluruhan maupun Ketertiban pajak surat /paper  kalau yg ful original & colector item  simpanan bahkan ada yg lebih mahal dari harga motor sport terbaru saat ini , katakalah range 30 jt an

19984300_151274018770145_4006443835574976512_n

Hanya saja untuk motor motor langka & hoby seperti TZT ini rata rata lebih sering diam di garasi atau boleh dibilang motor sabtu minggu & seringnya muter berpindah tangan dari kolektor 1 ketangan kolektor lain jadi kebanyakan juga surat lengkap namun pajak biasanya mati atau tertunggak  jadi untuk mas bro yg pengen hunting TZT secara keseluruhan siap gazz perhatikan kesehatan motor secara keseluruhan & juga Pajak surat /paper sebagai pertimbangan Nilai jual :D, nah   itulah sekelumit selayang pandang tentang Famili Trio Yamaha CBU TZT Serries yang pernah masuk meramaikan pasaran Indonesia di era awal th 2000 an

nahhh  bang WD akhirnya juga dapat barang buruan yaitu Tiara 120 S …..  ini dia barangnya :

IMG_20160627_164155 - Copy

Nah  koleksi WD motor Garage ini punya nama Djeng Tia ……   bagaimana kisahnya dari mulai Hunting hingga  perawatan & tutorial  hingga subtitusi Yamaha Tiara 120 ini ?
Simak dalam artikel selanjutnya dari bang WD
Wassalamu’alaykum Bro !!!!  😀

Iklan

Tanggapan

  1. wow azib

    • Azibbbbb Kakak masih mau komennn terharuuuuuuuu :mrgreen:

      • Alhamdulillah dik

  2. wow, suhu turun gunung lagi, lanjutkan suhu, aku putumu mbah….

    https://redto-black.web.id/2017/11/27/suzuki-bandit-150-nyata-atau-isapan-jem/

    • apaini bandit kok cuma satuseket 😆

      • nah kui mbah, issue thok opo yo tenanan

  3. Horeeeee…..lik Azis nulis lagi….

    • karna mereka 😀 para pembaca

    • “E” nya kebanyakan Mas, khan namanya azizyhoree.

      • :mrgreen:

      • Xixixi…. nggih mbah… 😀

  4. Sebenernya saya juga suka performa mesin motor 2-tak. Dulu (duluu banget) juga pernah pake trail 2-tak.

    Yg nggak suka itu baunya dan oil mist nya, sampe jaket juga bau sangit. Duluu kalo jalan bareng teman2, yg rata2 pake 4-tak, mesti disuruh jalan paling belakang, soale oil mist nya ngotorin kaca helm yg di belakang.

    Daann, kalo di kota2 yg macet, paling sebel kalo pas ada di belakang motor 2-tak. mau nyalip nggak bisa krn macet, terpaksa terima nasib menghirup bau asap knalpotnya.

    • pakai yg smokeless mas & settingan karbu + olsam pas biar lebih terbakar sempurna 😀

      • Tahun 1977 (40 tahun lalu) belum ada oli smokeless, Mas aziz.

      • walaaaaaaa itu jaman oli pertamina logonya masih Kudalaut 😀

  5. Blogger kondang hadir lagi

    • walahhhhh yg mana mas e ? 😀

  6. Welcome back hu

    • back hu ki opo koncone buldozeer huu? 😀

      • Jih nak sanak huu….😂

      • Jih nak sanak, huu…😂

  7. wa’alaikum salam…. asyik mas horee kembali bikin artikel. dinantikan episode2 selanjutnya

  8. Yamaha 125Z aja masih moncer di Malaysia ya pak

  9. wah kok pose di jalan tembus magetan?

  10. Kenapa gak Nova Dash aja om? Selain juga langka + mahal dan juga lebih kencang huehehehe

  11. Entah knpa dripda gnti cbr 150 ane lbih minat ninin rr mas,pgen nostalgia dlu pas jman aliyah naek rg lmpu blkng crystal,syg pgen rg tpi tpi di daerah ane sulit alatnya,meski tgn lbih pgel nytir ninja

  12. etok rego pinten mas e


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: