Melihat si Paijo yang sudah mulai berumur… 2005-2012 , tiba juga saatnya si Paijo su ka mogok 😈 , mogok disini maksudnya adalah susah di nyalakan alias di starter ….. kadang kalau di pencet tombol starter hanya relay nya saja yang cetak-cetok … kudu dipancing dengan sedikit jurus dorong ala pasar senggol
Diagnosa pun saya lakukan , check kondisi battery , relay dan arus pada wiring menuju motor starter .. hingga bisa saya putuskan untuk membongkar motor starter .. lho kok langsung mengarah ke motor starter mas dab?
Iya soalnya mengingat umur tadi 6- 7 tahun sejak masa produksi merupakan waktu yang cukup melelah kan bagi motor starter yang selalu bekerja setiap akan menyalakan mesin motor, terlebih CBR 150 ini tanpa engkol kick starter jadi bisa dipastikan kerja keras electric motor starter nya
yapa lanjut bongkar motor starter yang berada di depan crankcase mesin lepas 2 buah baut dengan kunci T- shock no 10 … , lepas mur pengikat kabel arus positif yang menempel pada conector motor starter , lepas kabel grounding ….
setelah motor starter terlepas, buka body motor starter dengan melepas 2 buah baut pengikat motor starter dengan kunci ring / shock no 7 .. lepas rumah cool boster / carbon brush … nahh kelihatan jelas kalau carbon brush penghantar arus menuju kumparan motor sudah mulai terkikis habis , sekalian belah body motor starter dan bersihkan debu – arang yang melekat didalamnya
untuk mengganti carbon brush ada 2 buah * bagian A (grounding – ) & B arus battery + ) jangan kuatir akan susahnya part CBR ini mas bro bisa menggantinya dengan subtitusi cool boster dari motor starter Honda Tiger , kalau susah mendapatkan barang yang asli bisa pakai afternarket seperti indo part , thai part , atau misal seperti saya pakai ini buatan Fukuyama motor lokal tapi jozz kok harga murah saja bervariasi dari 15 ribu – 30 ribu
Pemsangan nya tentunya harus dengan teknik yang benar , tekan plate spring coil untuk mengeluarkan carbon brush yang rusak , dan dengan teknik yang sama saat memasang lagi , hati hati agar carbon bisa masuk dengan sempurna … pasang plat holder carbon brush pada rumah stator .. pasang angker / kumparan ke rumah stator , dahulu agar bisa memastikan carbon brush “mapan” pada posisi yang benar
jangan lupa beri grease pada shaft starter dan dudukan journal / bearing
langkah selanjutnya …… nah inilah guna dari membelah bagian body starter menjadi 3 bagian , memudahkan memaskukkan kumparan ke dudukan stator & agar tidak tertarik medan magnet saat memasukkan ke body starter …
setelah semua terpasang kencangkan baut hexagonal no 7 secara merata agar shaft lurus dan tidak mebjadikannya berat saat motor starter bekerja ..
rangkai kembali wiring dan pasang pada crank case engine …
saatnya di coba Cessssssssssssss Grengg , horee seperti motor baru lagi
motor starter anda sudah berumur & bermasalah ? selamat mencoba tips ini yg juga sama untuk semua jenis motor dengan motor starter konvensional
Salam from warung DOHC
Wassalamu’ alaykum 😉
mantap … kalo di motor lain gmna ya ??
http://areeya2.wordpress.com/2012/06/20/konsep-modifikasi-suzuki-nex-moto/
By: Ari CX Rider on Juni 20, 2012
at 10:42 am
hampir sama sistemnya 🙂
By: warung DOHC on Juni 20, 2012
at 10:49 am
mantabzzz….mas bro http://bachtiaryuan.wordpress.com/2012/06/21/tebakan-balok-yuuuu-2/
By: bachtiar on Juni 22, 2012
at 4:00 pm
wah..tiger saya mau dikanibal..kepiye iki 😦
http://silvervaio.wordpress.com/2012/06/20/face-off/
By: Salim on Juni 20, 2012
at 10:45 am
nasib bang tagor tuhh
By: warung DOHC on Juni 20, 2012
at 10:48 am
Absen dulu
By: Tipis on Juni 20, 2012
at 10:47 am
monggo mas bro 🙂
By: warung DOHC on Juni 20, 2012
at 10:49 am
mitsuba udu lek?
http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/13/aki-kering-mudah-soak/
By: ipanase on Juni 20, 2012
at 10:49 am
yapss bener mitsuba japon 😆
By: warung DOHC on Juni 20, 2012
at 11:00 am
berarto podo megison 😀
By: ipanase on Juni 20, 2012
at 11:50 am
pakein engkol mas :mrgree: biar awet itu 😀
By: taqi tiktak on Juni 20, 2012
at 10:51 am
ogahhh ahhh, sembalapnya jadi ilang , lagian juga cari perkara
By: azizyhoree on Juni 20, 2012
at 11:03 am
gapapa toh onde: ajah ada engkolnya
By: taqi tiktak on Juni 20, 2012
at 11:08 am
lha kalo pake engkol mah yang punya minerpah seneng..jadi semakin persis CBR tuh motornya kalo sama2 ngengkol.. 😀
By: kankkunk on Juni 20, 2012
at 12:10 pm
wha mosssokk
By: azizyhoree on Juni 20, 2012
at 4:40 pm
ajibb greeng….
By: Aa Ikhwan on Juni 20, 2012
at 10:56 am
siphhhh , request nya masih cari bahan kang sabar
By: azizyhoree on Juni 20, 2012
at 11:02 am
xixi ajib..bahannya lobang leher knalpot megison aje 😀
By: Aa Ikhwan on Juni 20, 2012
at 11:05 am
ganti ACG waeeeeh…. 😛
By: MazPed on Juni 20, 2012
at 11:19 am
larangggg! cessssssssss 👿
By: warung DOHC on Juni 20, 2012
at 11:23 am
umur starter ki umumnya bisa pirang tahun,,,
By: mazpoetu on Juni 20, 2012
at 11:33 am
tergantung beban & jam terbag mas
By: azizyhoree on Juni 20, 2012
at 4:39 pm
Tanya Mas Aziz, kalo gir belakang lama untuk buat dudukan kemudian ( digabung) di las listrik dengan gir belakang baru… kuat gak ya mas? suwun…
By: abu hanzalah on Juni 20, 2012
at 11:52 am
kudu sangat presisi mas, dan riskan, tidak dianjurkan
By: azizyhoree on Juni 20, 2012
at 4:42 pm
sip
By: mas wahyu on Juni 20, 2012
at 1:16 pm
ok
By: azizyhoree on Juni 20, 2012
at 4:48 pm
mantap
By: Andi on Juni 20, 2012
at 1:53 pm
siph 🙂
By: azizyhoree on Juni 20, 2012
at 4:47 pm
gak berani bongkar2, bawa keahlinya aja 😀
By: kid1708 on Juni 20, 2012
at 2:50 pm
ya setidaknya ngerti part subtitusinya semisal ente pake cbr 😆
By: azizyhoree on Juni 20, 2012
at 4:46 pm
Punyaku malah mati total mas..
Dipencet cuma bunyi cetak cetok aja..
Udah ganti areng sama aja gak bisa..
Pas diliat, eh daleman rumah dinamonya ada yang jebol..
Harus ganti baru kayanya (>.<)
By: Haryudha© (@haryudha) on Juni 20, 2012
at 4:05 pm
udah di gulung ulang mas spull nya? kalau tetap ga bisa ya … lembiru saja
By: azizyhoree on Juni 20, 2012
at 4:43 pm
Alhamdulillah gak jadi mokat mas..
Idup sendiri dengan tiba2 tadi 😀
By: Haryudha© (@haryudha) on Juni 20, 2012
at 5:37 pm
jiahhha you are lucky luck 😆
By: azizyhoree on Juni 20, 2012
at 6:07 pm
Sesuatu bnggeettt (syahrini mode)
By: fitready on Juni 20, 2012
at 5:19 pm
jiahahaha
By: azizyhoree on Juni 20, 2012
at 5:31 pm
wih, silencer FU.. (y)
suarane gimana itu mas? mirip nggak?
tapi jadi pasaran kayane, lebih gmpang ktemu FU .. 😀
By: axo92 on Juni 20, 2012
at 7:31 pm
tambah ilmu.. 🙂
By: axo92 on Juni 20, 2012
at 7:39 pm
iya mas, muffler fu … suara? jelas beda donk …. ini kan udah di racik ulang pipa dalemannya 🙂 jd ngebas smooth
By: azizyhoree on Juni 20, 2012
at 8:08 pm
wih.. mantep.

artikelnya waktu proses instal kok nggak dibikin mas? 😉
By: axo92 on Juni 20, 2012
at 8:40 pm
pengetahuan baru nih.. 😀
http://omanfaqod.wordpress.com/2012/06/20/persiapan-sebelum-touring/
By: oman faqod on Juni 20, 2012
at 7:54 pm
siph mas bro 🙂
By: azizyhoree on Juni 20, 2012
at 8:10 pm
knp ya elektrik starter(ET) yg pake aki basah kbnyakan ga tahan lama,??
Beda ama yg ET yg pake aki kering.
By: mantri on Juni 20, 2012
at 8:20 pm
ah barangkali itu faktor aki nya yg cepet drop mas? atau barangkali starter yang type motor aki basah memang butuh arus yang lebih besar
By: warung DOHC on Juni 20, 2012
at 11:09 pm
mas aziz,ada gag knalpot racing yang modelnya mirip knalpot cbr 150 fi???,ane suka modelnya.
By: jhony on Juni 20, 2012
at 9:00 pm
kalau mau knalpot cbr 150 Fi yang ori tapi second hubungi saya via email mas .. ada nech 🙂 kan bisa di bobok kalau mau agak loss 😛
By: warung DOHC on Juni 20, 2012
at 11:11 pm
tenang mas bro ada kok 😉 https://azizyhoree.wordpress.com/2011/09/23/cbr-150-paijo-pasang-muffler-fu-150/
By: azizyhoree on Juni 20, 2012
at 9:56 pm
enak ya kalo jago ngoprek… ga perlu ke bengkel tinggal buka sendiri cespleng… dompet terselamatkan
By: fiesta43 belum sarapan on Juni 21, 2012
at 1:44 am
bisa dipelajari, & bisa sampean lakukan sendiri kok mas bro asal telaten 🙂
By: azizyhoree on Juni 21, 2012
at 2:01 am
sekaLi kaLi buat versi video nya mazz aziz yar pembaca tambah makin pinter sapa tau bisa jadi mekanik handaL heheheheh
By: Aryanfans on Juni 21, 2012
at 2:35 am
oke mas .. kapan2 dech .. lha masih terkendala sama asisten & ruang gerak praktek sich hehe siph masukan yang bagus 🙂
By: warung DOHC on Juni 21, 2012
at 3:02 am
mas, mau tanya, klo pemasangan nya kebalik apa puteran dinamonya juga bisa kebalik arahnya..?
soale saya beli dinamo bore up buat mio, tapi puterannya kebalik arah, bisa ngak di balik arah puterannya dgn membalik posisi brushnya
tq mas…
By: penggemar ninja on Juni 21, 2012
at 9:02 am
lohh kok bisa , wiring kabel arus ke motornya udah bener?
By: warung DOHC on Juni 21, 2012
at 9:28 am
udah, kan kabelnya cuman 2 ( + ) dan ( – ) doank mas.
kira2 yg menyebabkan puteran dinamonya kebalik itu apa yach..?
TQ
By: penggemar ninja on Juni 22, 2012
at 9:06 am
klo bisa brushnya cari..yg orisinil…krn klo yg biasa/murah brushnya lebih keras bahannnya.., dr pengalaman yg rusak nanti malah kumparannya(angker)…karena brushnya lebih keras dari yg ori malah menggerus angker jadi dalam-jd semacam parit kecil….., kalo yg orisinil justru brushnya yg abis tetapi angker aman-tetap rata permukaannya….trims…
By: mul on Juni 21, 2012
at 9:55 am
siph mas tambahan infonya.. saat memansang saya juga sudah mengetahui resiko tersebut .. namun sudah saya pilah2 mana yang paling lunak kok 🙂
By: warung DOHC on Juni 21, 2012
at 11:47 am
Sama punya CS1 beda ya bro?
By: ridervega on Juni 21, 2012
at 12:42 pm
sepertinya yakin sama mas
By: warung DOHC on Juni 21, 2012
at 1:12 pm
mas aziz stater cbr bunyi bletak juga ngga kaya beat dan vario?
By: taqi tiktak on Juni 21, 2012
at 12:43 pm
ga dong 😈
By: warung DOHC on Juni 21, 2012
at 1:13 pm
mantab.. Tiger laris bener buat bahan kanibal.
By: Gogo on Juni 21, 2012
at 11:10 pm
mas dab, part cbr opo wae seng biso dikanibal sokor2 digaweke artikel, aku iki ditawari paijo th 2005 pengen paijo seng 2012 gak kuat mbayare hehe
suwun
By: sugiedane on Juni 22, 2012
at 8:03 am
wah photograpy… canon..??? 🙂
By: ridertua on Juni 22, 2012
at 8:25 am
yoi 😎 ajari njepret pakde !
By: azizyhoree on Juni 22, 2012
at 9:41 am
wah, ternyata udah 7 taun ya
By: shogun110tromol on Juni 22, 2012
at 1:08 pm
kalau aku makai nya baru 3,5 tahun , tapi tangan sebelumnya …. produksi sejak 2005
By: azizyhoree on Juni 22, 2012
at 2:18 pm
oh sama dong, motor saya dah ampir 11 taun tapi baru dipake 1 taun sama saya
By: shogun110tromol on Juni 22, 2012
at 11:14 pm
nasibe luwih elek byson 2010-ku…KO dalam waktu 1 th 9 bln….masalah sama….lha ternyata byson 2012 uda ganti motor stater-nya beda ama yg 2010…what happens :p
By: jofrin on Juni 23, 2012
at 6:24 pm
sip oke cesss jadi tauuu..
By: bejo on Juni 24, 2012
at 12:16 am
Artikele joss mas…
By: Everyone on Juni 24, 2012
at 6:56 am
matur thankyu 🙂
By: azizyhoree on Juni 24, 2012
at 11:45 am
nice share om,,
http://zrriders.wordpress.com/
By: fnaufala on Juni 30, 2012
at 1:52 pm
mas bro mw tanya nich, tigi gw pnyakit sm gk bs d starter tp putaran staternya msh normal, gk cetak-cetok tp gk mw hidup n klo mesin posisi msh panas bisa d starter sdh gw chek d arang/brushnya tp msh bgus/msh tebal..?? gw bngung bgt..itu kira2 apa pnyakitnya ya?? thanks sblmnya mas bro
By: john_palembang on September 17, 2012
at 8:17 pm
kalau berdasarkan ciri yang anda sebutkan sepertinya permasalahan ada di ruang bakar mas dimana saat awal penyalaan campuran BBm tak mudah terbakar , coba servis, & setel klep , kalau masih susah ya kemungkinan ruang bakar kotor, rembes bocor oli & gejala bensin banjir
By: azizyhoree on Oktober 16, 2012
at 10:02 pm
room opo iki.. enek jawabanne..
By: jembut on September 24, 2012
at 12:02 am
Mas Aziz,
Saya punya masalah ma cb tahun 2010, suara mensin bunyi tek tek tek,,
ada bengkel yang biasa service cbr, dan dai bilang masalah di lifter atau apa ya lupa saya sebutannya intinya di daerah rantai kamprat.
dan katanya bisa pake lifter kharisma.
apakah memang bener demikian?
sampai sekarang saya belum masukin motor say ke bengkel tersebut, krn saya masih cari second opinion.
terimakasih
By: agus on Oktober 10, 2012
at 10:22 am
lifter adjuster atau adjuster tensioner itu , untuk CBR memang bisa di pakain karisma 125 mas, cuma menurut saya kekuatan tekannya berbeda , memang sich liftyer tensioner karisma murah , kalau mau cari persamaan pakai tensioner Tiger 200 🙂
By: azizyhoree on Oktober 16, 2012
at 9:59 pm
sorrryyy broooo gue mau nanya dudukan arang stater gw rusak…..dimana nyariknya
By: Broderik Tambunan on Oktober 16, 2012
at 8:01 pm
coba mas setelah dicopot dudukan arangnya , cari persamaan , dibawa ke bengkel toko sparepart , kalau ga salah persamaannya juga dengan karisma 125 & tiger 🙂 tapi beli yang asli ga tau ada ga kalau cuma dudukannya, kalau yang non ori sich ada 🙂
By: azizyhoree on Oktober 16, 2012
at 9:58 pm
bro,, mau nanya kalo bendik starter cbr bisa di subtitusi pake apa ya?
By: joe on November 26, 2012
at 10:13 am
Saya punya kendala nih master2 old cibi rider..
Kabel body dah ganti tp koq stater gaq ngangkat ya. Indikasi bunyi cetak cetak di dekat aki. Apakah dr relay statet, carbon brush, magnet dinamo stater, atau areng stater *btw areng stater sama carbon brush sama kan ya?
Jadi pke carbon brush nya tiger apa aja bisa?
Reply by sms ya suhu ke 085777714424
By: safrie on Desember 11, 2012
at 10:53 pm
Wah ane.ada dinamo tiger revo bisa dipasang di tiger 2000. Masih baru, ori merk mitsuba. Blm sempet dipasang keburu motornye di bawa orang…hiks hiks…jual muarah aja bro 550rb call ato watsap ane di 02192371222
By: satrio on Januari 7, 2013
at 4:15 pm
Mas saya punya cbr keluaran tahun 2005
Knp klo.saya pkek ngebut d jalan nanjak
Tiba2 mesin lngsng mati kyk seperti kehabisan bensin
Padahal bensin masih setengah tangki lebih
Mohon pencerahanya
By: Heru on Januari 21, 2013
at 1:04 pm
mas saya okky… sy mau tanya kalo gigi pada dinamo starter sudah 3 kali ganti habis terus kenapa ya mas?
By: rachmadi on Februari 13, 2013
at 8:23 am
masBro…. saya py masalah kya Starter Honda CBR 150 old rusak , carbon brush dah habis kayanya…. bisa tolongin pasangin ga..hehehe…
masBro tinggal daerah mana???
By: black4200 on April 30, 2013
at 7:30 am
mas mau tanya persamaan seal klep cbr 150 old itu dengan motor apa ya?mau skir klep ini cm susah nyari seal klepnya yg ori…maturnuwun
By: maulana on Mei 23, 2013
at 11:04 am
nice inpoh gan, ampir aje ayem salah. tadinya dah mau beli bendict starter. tapi abis ganti pull boster amannnn …. jrenggg
By: zani on April 18, 2014
at 8:13 pm
sama sama mas bro 😀
By: azizyhoree on April 21, 2014
at 9:39 am
Mas lha nek nggo ceswan pye? iso tahh
By: Boor on Desember 19, 2014
at 11:20 am
mas mau tanya nih…kontak stater udah posisi on, tapi lampu indikator (N) mati…dan cibi pun gak bisa distater…gak ada bunyi cetak cetak…jadi setiap mau ngidupin harus didorong…aki bagus…jadi setiap posisi kontak dimatikan tidak bisa di stater…bisa tolong di bantu…tks mas bro
By: Francesco Teno on Februari 14, 2015
at 8:57 pm
om beli carbon brush doang
By: Refelandi on Juni 8, 2015
at 12:58 pm
dimana?
By: Refelandi on Juni 8, 2015
at 12:59 pm
motor aku klx 150 , motornya kalau distater cuman bunyi cetak cetok aja, aki sehat sudah di cas , kalau mau hidupin didorong pas mesin bunyi biasanya ada suara ngelos itu gaada kira kira apaya masalahnya ?
By: maulana afdan akbar on Agustus 10, 2016
at 6:58 pm
malam bos ..Ada yang pernah modif pake kick starter belom cbr karbu nya terima kasih
By: parjo on Januari 12, 2017
at 1:22 am
Ngakalin arang yang dipatri gmana Ya mas??
By: tigor on Mei 11, 2017
at 7:29 pm
info yang bermanfaat sekali, saya kagum terhadap tulisan anda bagaimana cara anda meyampaikan sangat lugas dan mudah di fahami saya juga pernah menulis tentang wiring diagram cbr dan saya harap bisa bermanfaat seperti tulisan anda seperti ini. maju terus dunia otomotif.
By: erlambang on Oktober 5, 2017
at 8:31 pm
Paling Rewel adalah Dinamo Stater GTR, mosok baru 8 bulan udah ngadat. Cek punya cek ternyata Connector Dinamo (+) kararan & susah dibuka. Connector coba dilumasi minyak Rem dan dengan kunci 10 tipis dibagian bawah ternyata kabel dapat dilepas. Selanjutnya mur pengikat di body 2 (10) dilepas, selanjutnya dinamo didorong dengan palu beralaskan balok kayu. Dinamopun dapat dilepas, selanjutnya mur pengikat 2 (7) dilepas dengan kunci shock. Setelah dibuka ternyata carbon brush nya hancur, pernya hancur karat. Selanjutnya ikut teori diatas, walaah cari per carbonbrush susah bingit. Carbon brus Punya CS1 ada per tapi gak kepakai, lumayan percarbon brush punya tiger kepakai (walau canbonnya kagak) selanjutnya bersih bersih karat dan gunakan lem alteco dan gemuk untuk menghindari karat dan lem untuk menempelkan ring-ring. Lepaskan kumparan untuk memudahkan pemasangan carbon brush, selanjutnya memasang rumah dinamo yang bermedan magnet, dengan cara memasukan tanpa merubah bagian yg telah terpasang, barulah rangka yang bermedan magnet didudukan pada tempatnya semula. Pasang bagian-bagian lain dan pasang kebody motor. Selesai sudah, test awal setelah kabel connector terpasang, lgs bruuung …. **Ingin disarankan disini setelah dinamo terpasang. Sebelum dipasangkan kebody motor sebaiknya gunakan lem agar dinamo tidak kemasukan air saat banjir-banjir, sehingga Umur Dinamo lebih panjang, Gunakan gemuk di connector agar tahan karat. Oh iya karbon brus tiger tidak cocok untuk GTR.
By: ERLISNIRZA on Juni 10, 2018
at 5:55 pm