pagi mas bro … , hmmm yuk mostalgia cerita perbengkelan jaman dahulu …. jaman masih sekolah dulu kalau udah ngomongin oprek motor pada menggebu-gebu pasang ini, copot itu, colek dikit anu nya , pasti tambah kencang
nah salah satu yang sering dilakukan anak sekolah jaman dahulu adalah melepas decompression pada mesin
motornya …. decompression yang fungsinya sebagai pembocor kompresi pada ruang bakar mesin ini umumnya terintegrasi pada camshaft dengan memanfaatkan gaya sentrifugal sehingga saat starter awal / kick starter di engkol ,decompressi bekerja & mesin menjadi ringan saat starter awal 😀
nah anggapan jaman dahulu lepas decompresion akan memperingan putaran kerja camshaft & asumsinya tarikab & tenaga akan naik ….. padahal unit decompression ini beratnya hanya beberapa gram tak seberapa, sementara efek dilepasnya decompression maka starter menjadi berat , engkol kick starter pun serasa ngengkol CB jadul , nah untuk pemakaian harian jelas lebih banyak minusnya kan daripada kenaikan tenaga yang tak seberapa belum lagi part ini kecil, biasa nya kalau main lepas trus berapa tahin lagi pengen di standartkan ehh copotannya udah raib lupa naruh 😆
nah bagaimana menurut pendapat mas bro tentang hal ini?
artikel singkat aja ya mas bro , saya dari kemaren lagi touring liburan di jogja … malah pagi ini lanjut jalan jalan ke semarang 😀 , agak jarang OL ….
salam from warung DOHC, wassalamu’alaykum 😉
sip ajib,.. menyimak wae 😀
By: Aa Ikhwan on Maret 28, 2013
at 1:02 pm
monggo akang 😀
By: warung DOHC on Maret 28, 2013
at 1:11 pm
jotakan….
besok saya mo jalan-jalan dari semarang ke kidulan. insya Alloh 🙂
http://sukanyamotor.blogspot.com/2013/03/di-motogp-yamaha-masih-yang-terbaik.html
By: sukanyaMOTOR on Maret 28, 2013
at 6:49 pm
Mitos itu . .. he he . .
By: Yoshi on Maret 28, 2013
at 1:07 pm
legenda
By: warung DOHC on Maret 28, 2013
at 1:11 pm
legenda gak pake decom 🙂
By: Yoshi on Maret 28, 2013
at 1:37 pm
isuue itu om…hahaha
By: Barata29 on Maret 28, 2013
at 1:19 pm
Suwun u/ pencerahannya Mas Aziz, saiki tak pasang maning wae nik ngono… Pancen nek di nggo nytater kuwi abot po maneh ning nasir ku iki… Hehe
Powered by Telkomsel BlackBerry®
By: emir99 on Maret 28, 2013
at 1:25 pm
kalo ngengkol jangan digas bro,harus engkol mentok dulu di bawah baru digas
By: kebo sinengker on Maret 31, 2013
at 10:52 am
Walah, ngengkol Tiger berasa jadi tukang becak 😀
By: haryudh4 on Maret 28, 2013
at 1:44 pm
wah kalau berat bakalan bisa besar sebelah tu betis
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/03/misteri-spakbor-miring-nvl-terpecahkan.html?m=1
By: yudha depp on Maret 28, 2013
at 2:29 pm
ane korban tips ini di jupiter mx ane, dapet tipsnya ya dr tabloid yg terkenal itu, lepas dekompresi, lepas paking n ganti pk lem sealant, tutup lubang AIS. hasilnya electric starter gak kuat ngangkat, performa rasanya ga signifikan berubahnya (atau malah gak ada??)
By: moncerr on Maret 28, 2013
at 2:45 pm
nek ning semarang mampir omahku mas…
By: H 4444 N on Maret 28, 2013
at 2:57 pm
Ane juga kepikiran mo lepas di thunder ane,biar kaya thunder non kick jadi bisa pasang footstep variasi. Tapi urung wkt air aki kering krn ga ditengok2. Ngebantu banget kalo mati dadakan di lampu merah & buru2 ngengkolnya. Enteng sih.
By: budi on Maret 28, 2013
at 3:02 pm
biasa nya kalau main lepas trus berapa tahin lagi pengen di standartkan ehh copotannya udah raib lupa naruh
============================================================
itu yg bikin puyeng….
http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2013/03/28/honda-cb-150-streetfirebeberapa-penyesalanku-atas-kemunculannya-part-2/
By: Mas Sayur on Maret 28, 2013
at 3:11 pm
gitu ya mas….. maka dari itu berguru kepada ahlinya….. jangan ma mbah subur…. hehehe
By: meitanteiamiterasu on Maret 28, 2013
at 3:15 pm
Owh… Jebul ngono tho… Sitik tok ng-éfék-é..? Padahal mbiyen motor lepas decompression berjamaah….
By: wijaya3 on Maret 28, 2013
at 3:40 pm
nyimak aja
By: rusmanjay on Maret 28, 2013
at 3:40 pm
Mantap mas azis turing terus,kapan2 ajak sy mas soalnya udh lm ngga turing.
By: andi on Maret 28, 2013
at 4:41 pm
mgkn kalau kapasitas mesinnya kecil (100-115) cc dan kompresinya kecil (standard pabrik) gak masalah,masih kuat lha kick starter (untuk level Laki2)
tapi kalau udah kapasitas mesinnya d atas itu dan udah mengalami kenaikan kompresi.wah beda ceritanya
(maybe)
By: Rollerman on Maret 28, 2013
at 5:36 pm
yg jadi pertanyaan kenapa fitur decompresi ini hanya dipake mayoritas bebek & matic mas??..
(walopun d sport ad cm jarang cc lebih gede lg)..
By: mantribiker on Maret 28, 2013
at 7:48 pm
vario 110 saya juga udah dilepas dekomoresinya..tapi tujuannya bukan untuk meningkatkan performa mesin..tujuanya untuk menghilangkan bunyi tek…tek..tek..tek..waktu stasioner..hasile mesin alus suarane, stater elektrik kadang nggak kuat ngangkat, tur kalau ngengkol beratnya minta ampyunnn…
By: didishevaharyadi on Maret 28, 2013
at 10:22 pm
ngisi absen wae lah maz, HADIIERR… 🙂
By: Fitready on Maret 28, 2013
at 11:36 pm
Idup meneh horay
By: taqi tiktak on Maret 28, 2013
at 11:49 pm
pengalaman hehheheheheh 😆
http://cumabelajarngetik.wordpress.com/2013/03/12/lepas-decompresi-mesin-boreup-golek-molo/
By: dhanicsetio on Maret 29, 2013
at 6:12 am
Ke semarang mo ambil astina… Nunggu artikelnya aja…
By: dowey on Maret 29, 2013
at 6:22 am
kalo mitos dulu di sya si copot electrik starter
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
By: extraordinaryperson on Maret 29, 2013
at 8:03 am
ngikut aja dah
By: orong-orong on Maret 29, 2013
at 9:15 am
Ijin nyimak..
http://trexton.wordpress.com/
By: Trisna Ariwibawa on Maret 29, 2013
at 9:26 am
minerva r200 susah diengkol, jangan2 nggak pake dekompresi dari sononya –“
By: daivan on Maret 29, 2013
at 11:03 am
megison ra oo ya lek
By: ipanase on Maret 29, 2013
at 12:36 pm
Hati2 dijalan mas…
Jangan lupa singgah di pecel ambarawa
By: Leopold S on Maret 30, 2013
at 5:59 am
sesuai wejangan enjiner aj
By: kasamago on April 1, 2013
at 2:24 pm
jadi tambah wawasan nih
By: revn79 on April 1, 2013
at 2:53 pm
pengaruhnya dikit
cuma biar putaran atasnya gak ada gejala hilang kompresi
By: Dide on April 9, 2013
at 11:59 pm
Mau tanya mas klo satria fu ga bisa lamsang itu apanya ya katanya harus lepas deskompresinya makasih sebelumnya mas
By: Yadi kusniadi on Juni 20, 2018
at 8:06 pm
Maaf mas seblumnya saya motanya satria fu saya ga bisa lamsang katanya harus d copot deskompresinya tolong minta pencerahannya mas seblumnya saya ucapkan banyak terimakasih
By: yadi kusniadi on Juni 20, 2018
at 8:22 pm