Oleh: azizyhoree | Maret 28, 2013

anggapan jaman dahulu , lepas Decompression mesin =menambah tenaga ???


pagi mas bro …  ,  hmmm  yuk  mostalgia  cerita perbengkelan jaman dahulu  ….   jaman  masih  sekolah  dulu  kalau  udah  ngomongin  oprek  motor  pada menggebu-gebu   pasang  ini,  copot itu,  colek dikit anu nya  , pasti tambah kencang  :mrgreen:   

image

nah  salah  satu yang sering  dilakukan  anak sekolah  jaman  dahulu  adalah  melepas  decompression  pada  mesin

motornya  ….   decompression yang  fungsinya  sebagai  pembocor kompresi  pada  ruang  bakar mesin ini  umumnya  terintegrasi  pada  camshaft   dengan memanfaatkan  gaya sentrifugal sehingga   saat  starter  awal  /  kick starter  di  engkol  ,decompressi  bekerja &  mesin menjadi ringan saat  starter awal   😀 
nah anggapan jaman dahulu lepas decompresion  akan  memperingan putaran kerja camshaft  & asumsinya tarikab & tenaga  akan naik  …..  padahal  unit  decompression  ini  beratnya  hanya  beberapa gram  tak seberapa,  sementara  efek dilepasnya decompression  maka  starter menjadi berat  ,  engkol kick starter pun  serasa ngengkol  CB  jadul  :mrgreen:       ,  nah  untuk  pemakaian  harian  jelas  lebih banyak minusnya  kan  daripada  kenaikan tenaga yang tak seberapa belum lagi  part ini  kecil,  biasa nya  kalau main lepas  trus  berapa  tahin lagi  pengen di standartkan  ehh  copotannya  udah  raib  lupa  naruh  😆 

nah  bagaimana menurut pendapat mas bro  tentang hal ini?  

artikel singkat aja  ya mas bro  ,  saya  dari kemaren  lagi touring  liburan  di jogja  … malah  pagi ini  lanjut jalan jalan ke semarang  😀  ,  agak jarang  OL  …. 

salam from warung DOHC,  wassalamu’alaykum  😉 


Tanggapan

  1. sip ajib,.. menyimak wae 😀

  2. Mitos itu . .. he he . .

    • legenda :mrgreen:

      • legenda gak pake decom 🙂

  3. isuue itu om…hahaha

  4. Suwun u/ pencerahannya Mas Aziz, saiki tak pasang maning wae nik ngono… Pancen nek di nggo nytater kuwi abot po maneh ning nasir ku iki… Hehe :mrgreen:
    Powered by Telkomsel BlackBerry®

    • kalo ngengkol jangan digas bro,harus engkol mentok dulu di bawah baru digas

  5. Walah, ngengkol Tiger berasa jadi tukang becak 😀

  6. wah kalau berat bakalan bisa besar sebelah tu betis
    http://yudhadepp.blogspot.com/2013/03/misteri-spakbor-miring-nvl-terpecahkan.html?m=1

  7. ane korban tips ini di jupiter mx ane, dapet tipsnya ya dr tabloid yg terkenal itu, lepas dekompresi, lepas paking n ganti pk lem sealant, tutup lubang AIS. hasilnya electric starter gak kuat ngangkat, performa rasanya ga signifikan berubahnya (atau malah gak ada??)

  8. nek ning semarang mampir omahku mas…

  9. Ane juga kepikiran mo lepas di thunder ane,biar kaya thunder non kick jadi bisa pasang footstep variasi. Tapi urung wkt air aki kering krn ga ditengok2. Ngebantu banget kalo mati dadakan di lampu merah & buru2 ngengkolnya. Enteng sih.

  10. biasa nya kalau main lepas trus berapa tahin lagi pengen di standartkan ehh copotannya udah raib lupa naruh
    ============================================================
    itu yg bikin puyeng…. :mrgreen:

    http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2013/03/28/honda-cb-150-streetfirebeberapa-penyesalanku-atas-kemunculannya-part-2/

  11. gitu ya mas….. maka dari itu berguru kepada ahlinya….. jangan ma mbah subur…. hehehe

  12. Owh… Jebul ngono tho… Sitik tok ng-éfék-é..? Padahal mbiyen motor lepas decompression berjamaah…. :mrgreen:

  13. nyimak aja

  14. Mantap mas azis turing terus,kapan2 ajak sy mas soalnya udh lm ngga turing.

  15. mgkn kalau kapasitas mesinnya kecil (100-115) cc dan kompresinya kecil (standard pabrik) gak masalah,masih kuat lha kick starter (untuk level Laki2)
    tapi kalau udah kapasitas mesinnya d atas itu dan udah mengalami kenaikan kompresi.wah beda ceritanya
    (maybe)

  16. yg jadi pertanyaan kenapa fitur decompresi ini hanya dipake mayoritas bebek & matic mas??..
    (walopun d sport ad cm jarang cc lebih gede lg)..

  17. vario 110 saya juga udah dilepas dekomoresinya..tapi tujuannya bukan untuk meningkatkan performa mesin..tujuanya untuk menghilangkan bunyi tek…tek..tek..tek..waktu stasioner..hasile mesin alus suarane, stater elektrik kadang nggak kuat ngangkat, tur kalau ngengkol beratnya minta ampyunnn…

  18. ngisi absen wae lah maz, HADIIERR… 🙂

  19. Idup meneh horay :mrgreen:

  20. pengalaman hehheheheheh 😆

    #LEPAS DECOMPRESI MESIN BOREUP???? golek molo

  21. Ke semarang mo ambil astina… Nunggu artikelnya aja…

  22. kalo mitos dulu di sya si copot electrik starter

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  23. ngikut aja dah

  24. Ijin nyimak..
    http://trexton.wordpress.com/

  25. minerva r200 susah diengkol, jangan2 nggak pake dekompresi dari sononya –“

  26. megison ra oo ya lek

  27. Hati2 dijalan mas…
    Jangan lupa singgah di pecel ambarawa

  28. sesuai wejangan enjiner aj

  29. jadi tambah wawasan nih

  30. pengaruhnya dikit
    cuma biar putaran atasnya gak ada gejala hilang kompresi

  31. Mau tanya mas klo satria fu ga bisa lamsang itu apanya ya katanya harus lepas deskompresinya makasih sebelumnya mas

  32. Maaf mas seblumnya saya motanya satria fu saya ga bisa lamsang katanya harus d copot deskompresinya tolong minta pencerahannya mas seblumnya saya ucapkan banyak terimakasih


Tinggalkan komentar

Kategori