Hola halo mas bro ? pernah dengar kasus bajaj pulsar serries yang bergetar hebat setelah dilakukan proses bongkar mesin?
iya maksudnya bajaj pulsar seri UG 3, 4 – p200-p220 dan atau varian yang memakai balancer engine mengalami vibrasi bergetar ga karuan setelah pernah dibongkar mesinnya entah itu ganti kampas kopling , ganti rantai keteng mesin , atau setelah dilakukan belah mesin !
jika iya itu bisa jadi saat perakitan part mesin bagian timing ger & primary gear ronsel tidak tepat , lohhh kok bisa menyebabkan mesin bergetar hebat mas bro? nah karena penggunaan balancer yang konstruksinya mempergunakan crank excentric shaft (as belah ) yang putarannya di hubungkan dengan gear ronsel rumah kopling dan bandul mesin (crank shaft) yang fungsinya meredam getaran karena meyeimbangkan beban pada bandul mesin , nah peletakan posisi crank balancer sudah didesain sedemikian rupa dan diatur oleh rumus timing gear , bilamana pemasangan timing gear tidak tepat ya walhasil bandul balancer justru malah mengganggu kinerja putaran mesin karena beban yang tak beraturan dengan timing yang salah !
nah pastikan saat perakitan setelah melakukan pembongkran perhatikan rumus marking berikut ini :
ketika melakukan penggantian rantai keteng mesin otomatis akan melepas gear ronsel rumah kopling , dan ketika mesin diputar putar otomatis pula marking timing gear berubah , maka dari itu wajib di setting sedemikian rupa sesuai rumus agar balance
ketika piston mesin pada posisi Top , maka gear yang dibawah gear plastic balancer (atau gear yang tepat diatas dan bersinggungan dengan gear ronsel kopling ) terdapat garis / marking yang harus lurus terhadap garis / marking pada sudut atas crank case/ block mesin *posisi marking pada crank case agak nyempil ya jadi agak di intip dari bawah hihihhi
kemudian dalam posisi yang sama atau Top piston maka gear yang menempel pada crank shaft / bandul kruk as , terdapat garis / marking , dan tanda garis tersebut harus lurus terhadap marking yang tertera pada block crank case mesin
nah setelah rumus marking tersebut terpenuhi , baru masukkan primary gear / ronsel rumah kopling , secara perlahan dan pastikan posisi marking tidak bergeser dari posisi setting , baru deh mulai merakit perangkat kopling dan sebagainya
nah cukup sekian tipsnya mudah mudahan bermanfaat , gejala salah setting timing gear balancer ini sangat akut dapat menyebabkan vibrasi hebat , tangan memar & baut baut motor pada berjatuhan waspadalah! wkwkwkkwkwkkw
salam from warung DOHC, Wassalamu’ alaykum
waaahhh durung wani mbongkar jeroan…
By: ki Salim on Maret 6, 2015
at 4:42 pm
Mantaaap,, padahal petunjuknya udah tergambar di mesin ya,, kadang bengkel jadi 2 kali kerja nihh gara2 hal sepele…
http://mansarpost.com/2015/03/06/yamaha-nmax-155-non-abs-inikah-penampakannya-jika-saja-warna-kuningnya-seperti-ini/
By: mansarpost on Maret 6, 2015
at 6:16 pm
Ga kelihatan banget sih mas yg 1 agak nyempil dan garis coretan di gear tipis banget hehehe
By: azizyhoree on Maret 6, 2015
at 6:27 pm
Nyari posisi top emang gampang2 susah…
Btw kalo di lubang busi dicolok gimna kang,, khan kerasa tuhh kepala piston udah diatas apa belom..
By: mansarpost on Maret 6, 2015
at 6:31 pm
wah durung tau ntok bongkaran pulsar inyong…mbok menawane ana ya alhamdulilah wes di nei ilmu aring rika mas..
By: mbahmu on Maret 6, 2015
at 7:08 pm
weleh..keteng kanan mirip sukropio… luwih penak keteng kanan apa kiri mas?
By: gaplek mania on Maret 6, 2015
at 9:27 pm
Plus minus om …. Tapi prinsipal sih nek pengerjaan terpisah enak keteng kiri om ….. Kecuali kasus pengerjaan bareng sisan area kopling ya ringkes
By: azizyhoree on Maret 6, 2015
at 9:30 pm
tapi antara bongkar head tiger vs scorpio masih enak pio.
tiger kalo bongkar apa-apa harus turun mesin segelundung. lah pio pasang piston gausah turun mesin 😀
By: gogon on Maret 6, 2015
at 10:19 pm
Kuncinya di main frame yg lebih longgar dan ..4 baut achor block si pio yang bisa dilepas utuh .. (Model baut satria fu/ cbr) jadi block / head bisa digeser tanpa harus turun mesin 🙂
By: azizyhoree on Maret 6, 2015
at 10:52 pm
ono kata tangan memar kie piye juragan?….
opo sing duwe motor kesel trus dijotosi dewe pit’e 😀
http://balimotorider.com/2015/03/06/perkembangan-teknologi-wearpack-moto-gp/
By: balimotorider on Maret 6, 2015
at 11:29 pm
Kram kamsude wkwkwkwk 😀
By: azizyhoree on Maret 7, 2015
at 12:32 am
Oaalaahh….tak kiro dijotosi dewe pit’e
Mantep artikel’e Kang dadi oleh ilmu walaupun blm ada kesempatan buat menerapkan hehehehehhe…… 😀
By: balimotorider on Maret 7, 2015
at 12:39 am
horee dpt ilmu baruu
By: kenthoet on Maret 7, 2015
at 5:35 am
the miracle of the acha tumbar miri jahe engine
By: cupcake on Maret 7, 2015
at 7:54 am
tips yang indah…eh bermanfaat
By: udin on Maret 7, 2015
at 9:29 am
Ya…setuju dan itu adalah amal yang lebih bersahaja dengan membagi-bagi ilmunya
By: Suratno on Juni 27, 2015
at 9:55 pm
Mantabh
By: bedjonisasi on Maret 7, 2015
at 12:03 pm
wahhhh ini niiiihhh, dulu p220 temenku geternya paraaahh. entah abis diapai, tapi yang pasti di rpm 3000an itu vibrasinya udah kaya vibrator.
By: tukang_gorengan on Maret 7, 2015
at 7:37 pm
hatiku juga bergetar saat baca artikel ini wakakakakakakakak…….. 😀
nitip bacaan kang
http://balimotorider.com/2015/03/07/biaya-servis-di-beres-segini-sekarang/
By: balimotorider on Maret 7, 2015
at 10:37 pm
sippppp
By: touringrider on Maret 8, 2015
at 12:58 am
nuwun sewu kang
kulo nitip bacaan maning
http://balimotorider.com/2015/03/08/serba-serbi-singkat-cornering/
By: balimotorider on Maret 9, 2015
at 11:59 am
pernah ngalamin kang
http://setia1heri.com/2013/01/07/milestone-setting-ulang-balancer-lagi/
By: setia1heri on Maret 10, 2015
at 10:14 am
sepurone kang kulo nitip bacaan yo
mugi2 makin lancar rejekine
http://balimotorider.com/2015/03/10/bmw-m3-drag-car-queen-st/
By: balimotorider on Maret 11, 2015
at 10:33 am
informasi renyah gurih..
By: kasamago on Maret 11, 2015
at 12:33 pm
Matur thankyu mas e 😀
By: azizyhoree on Maret 11, 2015
at 12:34 pm
lah itu emang udah jelas kok dikasih garis, emang diberi garis cuma iseng apa.. wkwkwkw..
itu perlunya training, bukan hanya karena sering bongkar pasang tampil pede kayak main tebak2an.. 😀
https://boerhunt.wordpress.com/2015/03/12/pengalaman-menggunakan-kereta-kelas-bisnis-ac-saran-buat-kai/
By: boerhunt on Maret 12, 2015
at 3:57 pm
lek, kalau untuk cs1 apa perlu prosedur pemasangan yg sama? soale motorku yo mundak berisik tur getar2 asmara bar ganti keteng iki.
By: mad doge on April 23, 2015
at 1:42 pm
balancer CS1 ga bakal berubah posisi selama ga belah mesin mas , belah mesin pun ga masalah asal rumus merakit balancer tepat
By: azizyhoree on Juni 29, 2015
at 12:34 am
Dulu untung ga minat entah mengapa eh bener sekarang sudah bubar tanpa pesan prihatin merugikan pemakainya masa sudah bongkar mesin hadeh jarak tempuh berapa km tuh,ga awet umur mesinnya ya sudahlah.salam
By: Ir_budi on Juni 12, 2015
at 5:40 pm
Buat kawasaki ninja’96 gimana om…
By: jack on Mei 19, 2016
at 7:09 pm
Terima kasih banyak. Sudah sebulan ngga dapat solusinya. Ternyata solusinya ada disini motor sudah tenang ngga ada getaran lagi. TERIMA KASIH and GBU
By: Marcellino on September 19, 2016
at 6:18 pm
saya butuh penjelasan untuk ninja R ni bos . .
ninin saya juga uda belah mesin . .
jadi setelah belah mesin ada getaran . .
mohon penjelasan mengenai titik atau tanda di balancer gear , kalo bisa dengan keterangan gambarnya bos . . trim’s
By: jokosusilo on Februari 26, 2017
at 3:30 pm
220 paling bergetar dari varian sebelumnya.terutama di gigi 1 ,2. kalau gaz nanggung malah getar besar.kalau kata mekanik pulsar cs an,emang karakter 220 begitu.di seting segaris begitu ttp lebih getar di banding yg 200 & 180
By: novaro love pulsar on Maret 16, 2017
at 12:16 am
Salam Dua busi
ingin benerin dinamo stater hrs belah mesin caranya Bos sma buka pilter bos
By: maulana on April 29, 2021
at 11:15 am