Oleh: azizyhoree | Maret 6, 2015

bajaj pulsar bergetar hebat setelah bongkar mesin? wajib perhatikan rumus timing gear berikut ini !


Hola halo mas bro ?    pernah dengar   kasus  bajaj pulsar serries  yang bergetar hebat setelah dilakukan proses bongkar mesin?

iya maksudnya   bajaj pulsar   seri  UG 3, 4  – p200-p220   dan atau   varian yang memakai balancer engine mengalami   vibrasi  bergetar ga karuan setelah   pernah dibongkar mesinnya  entah itu   ganti kampas kopling , ganti rantai keteng mesin , atau setelah dilakukan belah mesin !

jika  iya  itu bisa jadi  saat perakitan   part  mesin bagian timing ger & primary gear ronsel tidak tepat , lohhh kok bisa menyebabkan mesin bergetar hebat mas bro?     nah  karena penggunaan balancer yang konstruksinya mempergunakan crank excentric shaft (as belah )  yang putarannya  di hubungkan dengan  gear ronsel rumah kopling dan   bandul mesin (crank shaft) yang fungsinya meredam getaran   karena meyeimbangkan beban pada bandul mesin , nah peletakan posisi   crank balancer sudah didesain sedemikian rupa dan diatur  oleh rumus timing gear  ,  bilamana pemasangan  timing gear tidak  tepat  ya  walhasil    bandul balancer  justru malah mengganggu   kinerja putaran mesin   karena beban  yang tak beraturan   dengan timing yang salah  !

nah pastikan  saat perakitan setelah melakukan pembongkran   perhatikan rumus  marking berikut ini :

???????????????????????????????

ketika  melakukan penggantian rantai keteng mesin otomatis akan melepas gear ronsel rumah kopling  ,  dan ketika   mesin diputar putar otomatis pula  marking timing gear  berubah   ,     maka dari itu  wajib  di setting sedemikian rupa sesuai rumus agar balance

ketika  piston mesin pada posisi Top   ,    maka   gear yang dibawah  gear plastic balancer  (atau gear yang tepat diatas  dan bersinggungan dengan gear ronsel kopling )   terdapat garis / marking  yang harus  lurus terhadap garis / marking pada sudut atas  crank case/  block mesin   *posisi marking pada  crank case agak nyempil ya jadi agak di intip dari bawah hihihhi

???????????????????????????????

kemudian dalam posisi yang sama atau Top piston  maka gear    yang  menempel pada crank shaft / bandul kruk as ,    terdapat garis / marking , dan tanda garis tersebut harus lurus  terhadap  marking yang tertera pada  block crank case mesin

nah setelah  rumus marking tersebut   terpenuhi ,  baru masukkan primary gear / ronsel rumah kopling  , secara perlahan  dan pastikan posisi marking tidak bergeser dari posisi setting  ,    baru deh   mulai merakit   perangkat kopling dan sebagainya

???????????????????????????????

nah cukup sekian tipsnya mudah mudahan bermanfaat ,    gejala  salah setting timing gear  balancer ini   sangat akut  dapat menyebabkan vibrasi hebat , tangan memar  & baut baut   motor  pada berjatuhan  waspadalah!  wkwkwkkwkwkkw   :mrgreen:

salam from warung DOHC, Wassalamu’ alaykum


Tanggapan

  1. waaahhh durung wani mbongkar jeroan…

  2. Mantaaap,, padahal petunjuknya udah tergambar di mesin ya,, kadang bengkel jadi 2 kali kerja nihh gara2 hal sepele…

    http://mansarpost.com/2015/03/06/yamaha-nmax-155-non-abs-inikah-penampakannya-jika-saja-warna-kuningnya-seperti-ini/

    • Ga kelihatan banget sih mas yg 1 agak nyempil dan garis coretan di gear tipis banget hehehe

      • Nyari posisi top emang gampang2 susah…
        Btw kalo di lubang busi dicolok gimna kang,, khan kerasa tuhh kepala piston udah diatas apa belom..

  3. wah durung tau ntok bongkaran pulsar inyong…mbok menawane ana ya alhamdulilah wes di nei ilmu aring rika mas..

  4. weleh..keteng kanan mirip sukropio… luwih penak keteng kanan apa kiri mas?

    • Plus minus om …. Tapi prinsipal sih nek pengerjaan terpisah enak keteng kiri om ….. Kecuali kasus pengerjaan bareng sisan area kopling ya ringkes

      • tapi antara bongkar head tiger vs scorpio masih enak pio.
        tiger kalo bongkar apa-apa harus turun mesin segelundung. lah pio pasang piston gausah turun mesin 😀

      • Kuncinya di main frame yg lebih longgar dan ..4 baut achor block si pio yang bisa dilepas utuh .. (Model baut satria fu/ cbr) jadi block / head bisa digeser tanpa harus turun mesin 🙂

  5. ono kata tangan memar kie piye juragan?….
    opo sing duwe motor kesel trus dijotosi dewe pit’e 😀
    http://balimotorider.com/2015/03/06/perkembangan-teknologi-wearpack-moto-gp/

    • Kram kamsude wkwkwkwk 😀

      • Oaalaahh….tak kiro dijotosi dewe pit’e
        Mantep artikel’e Kang dadi oleh ilmu walaupun blm ada kesempatan buat menerapkan hehehehehhe…… 😀

  6. horee dpt ilmu baruu

  7. the miracle of the acha tumbar miri jahe engine

  8. tips yang indah…eh bermanfaat

    • Ya…setuju dan itu adalah amal yang lebih bersahaja dengan membagi-bagi ilmunya

  9. Mantabh

  10. wahhhh ini niiiihhh, dulu p220 temenku geternya paraaahh. entah abis diapai, tapi yang pasti di rpm 3000an itu vibrasinya udah kaya vibrator.

  11. hatiku juga bergetar saat baca artikel ini wakakakakakakakak…….. 😀
    nitip bacaan kang
    http://balimotorider.com/2015/03/07/biaya-servis-di-beres-segini-sekarang/

  12. sippppp

  13. nuwun sewu kang
    kulo nitip bacaan maning
    http://balimotorider.com/2015/03/08/serba-serbi-singkat-cornering/

  14. pernah ngalamin kang

    Milestone setting ulang Balancer lagi.

  15. sepurone kang kulo nitip bacaan yo
    mugi2 makin lancar rejekine
    http://balimotorider.com/2015/03/10/bmw-m3-drag-car-queen-st/

  16. informasi renyah gurih..

    • Matur thankyu mas e 😀

  17. lah itu emang udah jelas kok dikasih garis, emang diberi garis cuma iseng apa.. wkwkwkw..
    itu perlunya training, bukan hanya karena sering bongkar pasang tampil pede kayak main tebak2an.. 😀

    Pengalaman Menggunakan Kereta Kelas Bisnis (AC), Saran Buat KAI

  18. lek, kalau untuk cs1 apa perlu prosedur pemasangan yg sama? soale motorku yo mundak berisik tur getar2 asmara bar ganti keteng iki.

    • balancer CS1 ga bakal berubah posisi selama ga belah mesin mas , belah mesin pun ga masalah asal rumus merakit balancer tepat

  19. Dulu untung ga minat entah mengapa eh bener sekarang sudah bubar tanpa pesan prihatin merugikan pemakainya masa sudah bongkar mesin hadeh jarak tempuh berapa km tuh,ga awet umur mesinnya ya sudahlah.salam

  20. Buat kawasaki ninja’96 gimana om…

  21. Terima kasih banyak. Sudah sebulan ngga dapat solusinya. Ternyata solusinya ada disini motor sudah tenang ngga ada getaran lagi. TERIMA KASIH and GBU

  22. saya butuh penjelasan untuk ninja R ni bos . .
    ninin saya juga uda belah mesin . .
    jadi setelah belah mesin ada getaran . .
    mohon penjelasan mengenai titik atau tanda di balancer gear , kalo bisa dengan keterangan gambarnya bos . . trim’s

  23. 220 paling bergetar dari varian sebelumnya.terutama di gigi 1 ,2. kalau gaz nanggung malah getar besar.kalau kata mekanik pulsar cs an,emang karakter 220 begitu.di seting segaris begitu ttp lebih getar di banding yg 200 & 180

  24. Salam Dua busi
    ingin benerin dinamo stater hrs belah mesin caranya Bos sma buka pilter bos


Tinggalkan komentar

Kategori