Pada sepeda motor karbu jaman dulu fuel valve masih dalam bentuk kran manual , namun di era terakhir motor karburator sebelum era injeksi , penggunaan kran bensin menggunakan vakum fuel valve dimana bensin dari tangki akan mengalir hanya jika mesin menyala atau membran vakum valve tersedot oleh kevakuman mesin sepeda motor
pengaplikasian model vakum ditujukan agar memastikan bensin hanya mengalir saat mesin membutuhkan suplay bahan bakar , nahh bagaimana jika vakum fuel valve tersebut rusak atau jebol? tak ubahnya selang bensin tanpa kran , maka bensin dari tangki akan langsung menuju karburator , yang artinya buka tutup aliran hanya diatasi oleh jarum pelampung karburator … akibatnya jarum pelampung karburator bekerja ekstra keras yang rawan aus & menyebabkan karburator suka banjir atau saat motor parkir kadang suka netes & tau tau bensin berkurang
ciri ciri kran bensin model vakum rusak sebenarnya sangat mudah dideteksi , ketika motor sedang diservis saat pembongkaran karburator perhatikan selang bensin menuju karburator saat dilepas , normalnya selang bensin hanya mengucur sebentar kemudian aliran bensin dari selang berhenti karena tidak ada kevakuman dari mesin , nahhhh jika selang bensin mengucur terus menerus pertanda fuel valve rusak atau jebol membrannya (sebenernya bisa dideteksi lagi bisa karena membran kotor terganjal endapan kotoran bensin , bisa juga memang sudah jebol & minta di ganti , bisa di cek lubang input kran bensin jika di tiup harus nya mampet saat normal & baru bisa di tiup saat lubang saluran vakum di hisap )
jika kerusakan valve ini sudah merembet ke jarum pelampung karburator efek peaktis selain karburator banjir , biasanya ada juga gejala mesin susah di starter setiap kali sehabis di parkir lama , ruang bakar sering basah dan sebagainya …… apalagi kalau motor laki / sport ber tangki besar kalau fuel valve jebol aliran bensin menuju karburator lebih besar karena kapasitas tangki juga besar
nahhh monggo di check kesehatan fuel valve sepeda motor karbu sampean mas bro 😀
*gambar 1 & 2 from otomotif.net & google
salam from warung DOHC, Wassalamu’Alaykum
regane pironan kui lek
By: ipanase on April 9, 2014
at 11:06 am
murahhhhhhh kene tuku roaku *mbathi sithik wae asal akehh wkwkw 😆
By: azizyhoree on April 9, 2014
at 11:28 am
barang apa masih ada pak?
By: agus on Desember 15, 2014
at 7:31 am
wah info joss mass…. karbu-mania nih….. 😀
email ane di bales ya…
By: enoanderson on April 9, 2014
at 11:06 am
udah dibales mas tadi & kemaren kejaring spam hehehe
By: azizyhoree on April 9, 2014
at 11:11 am
tadi udah saya bales lagi mas, nungguin balesannya nih… hehehee
By: enoanderson on April 9, 2014
at 11:23 am
Pertamaxkah?
By: lekdjie mumet-ndhase.com on April 9, 2014
at 11:06 am
SOLAR
http://yudha79.wordpress.com/2014/04/09/motor-yamaha-ini-pedeeeeeeeesnya-minta-ampun/
By: yudha depp on April 10, 2014
at 9:29 am
Kalah karo ipan.ya sudahlah.
By: lekdjie mumet-ndhase.com on April 9, 2014
at 11:07 am
sing penting ora kalah karo bojomu lik wakakaka 😆
By: azizyhoree on April 9, 2014
at 11:13 am
Sip pakdhe
http://78deka.wordpress.com/2014/04/09/berkenalan-dengan-honda-cb-650f/
By: kudo78dk on April 9, 2014
at 11:09 am
86 mas bero 😀
By: azizyhoree on April 9, 2014
at 11:40 am
jos
By: aripitstop on April 9, 2014
at 11:10 am
gambar no 1 pinjam montornya fby katanya xixixi 😆
By: azizyhoree on April 9, 2014
at 11:12 am
nah jika vakum fuel rusak pada dompet gimana cara perbaikannya maz
By: Fitready on April 9, 2014
at 11:13 am
whaaaa beli obat nabung mas atau obat utangan
By: azizyhoree on April 9, 2014
at 11:42 am
wkwkwkwow…
By: Fitready on April 9, 2014
at 11:53 am
Wah joss, nais inpoh, nuwun mas bro dah share..
By: le'Man on April 9, 2014
at 11:15 am
sami sami om cuma berbagi cerita saja 😀
By: azizyhoree on April 9, 2014
at 11:30 am
wowww ngebut biar dibaca siska kalau Aziz aktif 😛
http://kobayogas.com/2014/04/09/indikasi-positif-dari-kawasaki-indonesia/
By: Kobayogas on April 9, 2014
at 11:22 am
wakakakakkakaa 😆
By: azizyhoree on April 9, 2014
at 11:28 am
weeehh malah ngakak… nih tolong advise yak… need ur comment…
https://kobayogas.com/2014/04/09/bore-up-mesin-bukan-tidak-boleh-tapi-hati-hati-lads/
By: Kobayogas on April 9, 2014
at 11:35 am
pernah kejadian di vega 1999 ane. udah lama sih mas aziz.. karena pernah kehabisan bensin jadi membran vakumnya sobek. karbu ga banjir tapi malah ga mau ngocor. karena isepan piston ga narik bensin. pompa vakumnya ganti langsung joss lagi.. sampai sekarang masih awet gada masalah..
By: tho on April 9, 2014
at 11:34 am
whaaaaaa kalau ga mau ngocor itu mah efek praktis yang bikin dorong dorong motor mas xixixi
By: azizyhoree on April 9, 2014
at 11:42 am
Tornado dirumah pernah mengalami bocor kayak gini,beberapa kali ganti kran akhirnya saya ganti pake kran kecil,tinggal potong selang bensin dan pasang beres
By: Papa Afnhy on April 9, 2014
at 4:02 pm
NF 125 yang sudah “berumur” sering mengalami hal ini 🙂
By: Mas Sayur on April 9, 2014
at 6:27 pm
Kemaren saya nemu bengkel pinggir jalan yg kayanya mekaniknya bagus. Motor langsung saya bawa servis disitu. Langsung saya sampein keluhan, kenapa motor saya kok mendadak jadi boros BBM. Yang biasanya seliter buat 45-50km, kok ini jadi cuma 35km. Setelah diperiksa, ternyata membran yg ada di karbu ngga ada alias hilang. Kayanya gara2 mekanik yg di bengkel sebelumnya buru2 jadi lupa masang membran lagi (wajar sih, soalnya cuma berbentuk plat tipis kayak seng dan ukurannya kecil). Berhubung partsnya ngga ada (nyari dimana2 ngga ada), jadi kepaksa untuk sementara diakalin pake membran bekas motor laen….
By: Basho on April 9, 2014
at 8:41 pm
temanya favorit neh.. troubleshooting mtor selalu menarik
http://masdaniblog.wordpress.com/2014/04/09/terongku-sayang-mawarku-sayang/
By: Mas Dani on April 9, 2014
at 9:28 pm
MAAF OOT.
Salam West Prog DOHC mas Aziz, hhehee…..
nitip jemuran…
http://arrayprojects.wordpress.com/2014/04/09/akhir-hayat-sang-perancang-mv-agusta-f4-massimo-tamburini/
By: ABS ½ KOPLINK on April 10, 2014
at 12:44 am
joss.. bngkel jnengan di mana mas aziz?
By: kindimania on April 10, 2014
at 6:54 pm
ketoke aku wis komen ning kene..po ra kekirim yo.. wakakakak.. angel je komen nggo hp..
saiki tricolore enak banget mas..maturnuwun.. 😀
By: nbsusanto on April 12, 2014
at 7:07 pm
[…] waras, kalo nggak, ya itu karbu kebanjiran bensin dan gampang macet motornya.. 😐 sampe dibikin artikel di warungdohc pas ini.. […]
By: servis tricolore di bengkel warung dohc wates, mantep! | kankkunk - blognya nbsusanto on Mei 12, 2014
at 4:20 am
itu letake di sebelah mana to mas?? kayake supra si nyonya juga gitu…
By: ki Salim on Mei 13, 2014
at 7:09 am
sebelah kiri body cover bawah jok mas 😀
By: azizyhoree on Mei 13, 2014
at 8:44 am
berarti deket tangki ya?
By: ki Salim on Mei 13, 2014
at 8:51 am
[…] restorasi selanjutnya si bebek 3 warna ini ganti kran bensin vakum , karena sudah jebol & bisa menimbulkan kencing bensin dikala parkir
, pakai subtitusi dari suzuki smash , artikelnya pernah saya tulis —> Disini […]
By: Kulik Supra 125 karbu , obati akselerasi loyo | Azizyhoree's Blog on Juli 10, 2014
at 11:26 am
Infirmasinya berguna bang
Makasih informasinya
By: M zaeni on Februari 20, 2016
at 8:13 am
info bermanfaat,, hampir aja ane percaya disuruh ganti vakum tangki buat ngatasin mesin motor yg susah hidup kalo dingin,,,,
tadi pas dicopot selang bensin gk netes, masih vakum,,, pas buka intake manifold, ngintip intake port dan intake valve penuh karbon deposit akibat pakai bensin premium,,,, saatnya pakai yamaha carbon cleaner deh,,,
By: Luqmanul Hackim on Juli 21, 2016
at 10:43 am
Vakum memran udah di ganti mass,, sama tangki udah di ganti. sbelumnya tangkinya berkarat bnyk kotoran.. kok msih sja bensin d karburator banjir?? Tpi itu kdang2 bnjir, kdang2 gak??
By: dery on Januari 7, 2018
at 12:59 pm