Oleh: azizyhoree | Juni 20, 2015

klep TVS neo patah , sparepart susah? kastem-in aja!!!


Ceritanya  garasi WD  kedatangan  pasien  bebek india mas bro  ….  TVS  neo  yang  mogok ga bisa dihidupkan sama sekali mesinnya  , setelah di bongkar ternyata   klep- in  patah  mas bro  ,   dan klep -out bengkok parah alias ga bisa digunakan keduanya  entah apa sebabnya  yang jelas  tugas kami memperbaikinya  xixixi

IMG_20150109_112855

kebetulan didaerah saya ini  ada dealer TVS  namun  part valve in-out yang saya butuhkan  kosong  tidak ready  mas bro  harus indent dan  entah kapan datangnya  …  nah  daripada si bebek india ini ngejogrok lama digarasi menuh menuhin tempat maka  ambil langkah custom saja mas bro  xixixixi

ilustrasi  , pict from google

ilustrasi , pict from google

hmmmm pertama  pelajari & amati  fisik klep bawaan tvs neo ini  , nah  uniknya   diameter payung klep  TVS neo  tergolong besar  daripada payung klep  kelas bebek lainnya  ,   batang  klep  juga  lebih panjang dari  batang klep  bebek  kebanyakan

IMG_20150109_094938

untuk mengakomodasi   kastemisasi ini  maka dibutuhkan  spek valve  yg bisa dimirip miripkan  ,  kunciannya  adalah

1.diameter batang  5mm  (harus sama agar tidak merubah bos klep )

2.diameter payung klep  lebih dari  23mm  untuk  klep ex  ,  dan lebih dari 26mm  untuk klep  in

3.panjang batang klep  lebih dari  70mm

 

nah  dari  syarat tersebut  didapatlah   klep  idola ,   yakni  valve honda CS1  /  sonic

spec valve honda sonic :

panjang batang    : 74mm

diameter as          : 5mm

diameter klep in  : 28mm

diameter klep ex : 24mm

srlanjutnya agar klep honda sonic bisa dipakai dan pas di sitting klep TVS neo adalah  dilakukan proses Bubut  payung klep dan bibir klep  ,  dibubut dengan profil dan ukuran yang disesuaikan dengan  klep ori TVS Neo  , serahkan pada ahlinya tukang bubut hehehe

IMG_20150109_095716

parts subtitusi lainnya  jika mengalami kesulitan ketersediaan sparepart  ,   TVS neo ini bisa memakai  seal klep   smash yang sama sama diameter batang as klepnya 5mm

IMG_20150109_094837

per klep bawaan  juga  dilengserkan karena  sedikit perbedaan   jarak groove  buat pengunci klep (cotter) terhadap  jarak retainer valve  , intinya per klep diganti agar supaya per klep tidak kedodoran dan dapat bekerja sesuai nilai pegas yg dibutuhkan  ….. bisa mengandalkan per klep bebek suzuki  juga yang murah meriah  😀

oke  inilah sedikit informasi, setidaknya bagi pemilik TVS neo jangan panik kalau mengalami hal yang sama , susah sparepart & tinggal di daerah   xixixixi

salam from warung DOHC….,

Wassalamu’alaykum


Tanggapan

  1. ini baru namanya bengkel… kreatif… klo cuman ganti part baru, toko aja juga bisa.. jossss (y)

    • matur suwun lik hehehe 😀

      • Kalo setang Verza goyang dumang terus apanya ya? Dibenerin di AHASS 3 kali sami mawon

        Vixion DOHC jebluk saat dites??

        Kabarnya mesin Vixion DOHC pernah dites tapi jebluk semua, hmmm…

      • kalo verza standard pabrik emang agak susah bawanya mas, stangnya agak kaku ..
        stang verza ganti punya byson aja ..
        naikin ukuran bannya dikit .. stabil banget bro, lepas tangan sambil goyang dumang ridernya juga bisa …

  2. seal dan per klep suzuki smash bukannya lebih susah dan mahal kang? susah dicari dan mahal itu kan ciri khas sperpart suzuki?

    • Lhaahh disini part smash murah kok hehehe .. Ug mahal tuh macam shogun , fu dkk

  3. Joos nih bisa nambah ilmu

  4. katanya banyak parts bebek TVS yang mirip Suzuki karena dulunya TVS itu supliernya Suzuki, mbuh bener apa ora wong mung “katanya” 😀

  5. krengatip lik

  6. nah.. ini info yang sangat bermanfaat…

  7. nyoss…..mas azizz

  8. wich, pakai Suzuki…pakai Honda, josss wes…penting njoss lagi 😉

    ——————————————————-
    Vixion DOHC gagal test >> http://potretbikers.com/2015/06/20/yamaha-vixion-dohc-ternyata-masih-mengalami-kegagalan-dalam-uji-coba-pantas-saja-didahului-oleh-nva/

  9. halo kang aziz.. nah gitu donk blognya di update.. hehehehe

  10. wah ini kreatip

  11. ancen super lek ajis iki.. sembarang iso di kanibal..
    mbenjing mesin sepur nggih lik…. 😛

  12. alamat bengkel nya dijogja..tepatnya dimana ya??pengen sowan…

    • sementara di jl sutijab no 54 wates kulon progo mas

      *tanya aja karunia baru gitu 😀

    • nyimak pak

  13. Kontribusi trust inovasi menyelesaikan masalah tanpa salah salahan.klw Cermat dan Paham semua motor secara umum mempunyai komponen bentuk yg sama tapi masih jarang yang mau memberikan solusi hasil yg terbaik bisa karna terbiasa berusaha Baik efektif efisien hemat salut Bro empat jempol hehe

    • Makasih jempol e tuan insinyur 🙂

  14. manpaat banget kang,thanks revieuna..beneran ane jg penunggang bebek dual kopling tvs neo.

  15. […] Artikel lain tentang TVS Neo bisa lihat disini. […]

  16. Saklar kiri untuk sein neo di subs ke motor apa pak?

  17. Bos mau nanya ni.ap penyebab nya klep sering bengkok.atau patah.pada motor TVS Neo 110
    Tolong jawab y ABG abg

  18. Izin tanya min untuk persamaan bosh klep nya pake motor apa ya


Tinggalkan komentar

Kategori