Ceritanya garasi WD kedatangan pasien bebek india mas bro …. TVS neo yang mogok ga bisa dihidupkan sama sekali mesinnya , setelah di bongkar ternyata klep- in patah mas bro , dan klep -out bengkok parah alias ga bisa digunakan keduanya entah apa sebabnya yang jelas tugas kami memperbaikinya xixixi
kebetulan didaerah saya ini ada dealer TVS namun part valve in-out yang saya butuhkan kosong tidak ready mas bro harus indent dan entah kapan datangnya … nah daripada si bebek india ini ngejogrok lama digarasi menuh menuhin tempat maka ambil langkah custom saja mas bro xixixixi
hmmmm pertama pelajari & amati fisik klep bawaan tvs neo ini , nah uniknya diameter payung klep TVS neo tergolong besar daripada payung klep kelas bebek lainnya , batang klep juga lebih panjang dari batang klep bebek kebanyakan
untuk mengakomodasi kastemisasi ini maka dibutuhkan spek valve yg bisa dimirip miripkan , kunciannya adalah
1.diameter batang 5mm (harus sama agar tidak merubah bos klep )
2.diameter payung klep lebih dari 23mm untuk klep ex , dan lebih dari 26mm untuk klep in
3.panjang batang klep lebih dari 70mm
nah dari syarat tersebut didapatlah klep idola , yakni valve honda CS1 / sonic
spec valve honda sonic :
panjang batang : 74mm
diameter as : 5mm
diameter klep in : 28mm
diameter klep ex : 24mm
srlanjutnya agar klep honda sonic bisa dipakai dan pas di sitting klep TVS neo adalah dilakukan proses Bubut payung klep dan bibir klep , dibubut dengan profil dan ukuran yang disesuaikan dengan klep ori TVS Neo , serahkan pada ahlinya tukang bubut hehehe
parts subtitusi lainnya jika mengalami kesulitan ketersediaan sparepart , TVS neo ini bisa memakai seal klep smash yang sama sama diameter batang as klepnya 5mm
per klep bawaan juga dilengserkan karena sedikit perbedaan jarak groove buat pengunci klep (cotter) terhadap jarak retainer valve , intinya per klep diganti agar supaya per klep tidak kedodoran dan dapat bekerja sesuai nilai pegas yg dibutuhkan ….. bisa mengandalkan per klep bebek suzuki juga yang murah meriah 😀
oke inilah sedikit informasi, setidaknya bagi pemilik TVS neo jangan panik kalau mengalami hal yang sama , susah sparepart & tinggal di daerah xixixixi
salam from warung DOHC….,
Wassalamu’alaykum
ini baru namanya bengkel… kreatif… klo cuman ganti part baru, toko aja juga bisa.. jossss (y)
By: Imamudin on Juni 20, 2015
at 2:00 pm
matur suwun lik hehehe 😀
By: azizyhoree on Juni 20, 2015
at 2:06 pm
Kalo setang Verza goyang dumang terus apanya ya? Dibenerin di AHASS 3 kali sami mawon
Vixion DOHC jebluk saat dites??
http://motorrio.com/2015/06/20/kabarnya-mesin-vixion-dohc-pernah-dites-tapi-jebluk-semua-hmmm/
By: Rio on Juni 20, 2015
at 4:59 pm
kalo verza standard pabrik emang agak susah bawanya mas, stangnya agak kaku ..
stang verza ganti punya byson aja ..
naikin ukuran bannya dikit .. stabil banget bro, lepas tangan sambil goyang dumang ridernya juga bisa …
By: ardee on Juni 20, 2015
at 9:25 pm
seal dan per klep suzuki smash bukannya lebih susah dan mahal kang? susah dicari dan mahal itu kan ciri khas sperpart suzuki?
By: k5538gl on Juni 20, 2015
at 2:31 pm
Lhaahh disini part smash murah kok hehehe .. Ug mahal tuh macam shogun , fu dkk
By: azizyhoree on Juni 20, 2015
at 2:41 pm
Joos nih bisa nambah ilmu
By: Nana sukmana on Juni 20, 2015
at 2:31 pm
Semoga mas 🙂
By: azizyhoree on Juni 20, 2015
at 2:41 pm
katanya banyak parts bebek TVS yang mirip Suzuki karena dulunya TVS itu supliernya Suzuki, mbuh bener apa ora wong mung “katanya” 😀
By: ndesoedisi on Juni 20, 2015
at 2:47 pm
krengatip lik
By: gaplek mania on Juni 20, 2015
at 2:53 pm
nah.. ini info yang sangat bermanfaat…
By: agoey on Juni 20, 2015
at 3:34 pm
nyoss…..mas azizz
By: kenyut on Juni 20, 2015
at 3:51 pm
wich, pakai Suzuki…pakai Honda, josss wes…penting njoss lagi 😉
——————————————————-
Vixion DOHC gagal test >> http://potretbikers.com/2015/06/20/yamaha-vixion-dohc-ternyata-masih-mengalami-kegagalan-dalam-uji-coba-pantas-saja-didahului-oleh-nva/
By: PotretBikers on Juni 20, 2015
at 4:27 pm
halo kang aziz.. nah gitu donk blognya di update.. hehehehe
By: adhie wahadie on Juni 20, 2015
at 5:11 pm
wah ini kreatip
By: fnaufala on Juni 20, 2015
at 5:39 pm
ancen super lek ajis iki.. sembarang iso di kanibal..
mbenjing mesin sepur nggih lik…. 😛
By: gakkreatip on Juni 21, 2015
at 4:19 am
ngawut ae.haha
By: touringrider on Juni 27, 2015
at 11:30 pm
alamat bengkel nya dijogja..tepatnya dimana ya??pengen sowan…
By: anton suruya on Juni 21, 2015
at 1:09 pm
sementara di jl sutijab no 54 wates kulon progo mas
*tanya aja karunia baru gitu 😀
By: azizyhoree on Juni 21, 2015
at 1:15 pm
nyimak pak
By: ekoandriyan on Januari 26, 2016
at 9:42 pm
Kontribusi trust inovasi menyelesaikan masalah tanpa salah salahan.klw Cermat dan Paham semua motor secara umum mempunyai komponen bentuk yg sama tapi masih jarang yang mau memberikan solusi hasil yg terbaik bisa karna terbiasa berusaha Baik efektif efisien hemat salut Bro empat jempol hehe
By: Ir_budi on Juni 22, 2015
at 12:38 am
Makasih jempol e tuan insinyur 🙂
By: azizyhoree on Juni 22, 2015
at 12:47 am
manpaat banget kang,thanks revieuna..beneran ane jg penunggang bebek dual kopling tvs neo.
By: nursalim redneo on Juni 22, 2015
at 5:19 am
[…] Artikel lain tentang TVS Neo bisa lihat disini. […]
By: Tips Mengganti Rantai Keteng TVS Neo 110 Dan Part Subtitusinya | Azizyhoree's Blog on Januari 22, 2016
at 12:54 am
Saklar kiri untuk sein neo di subs ke motor apa pak?
By: Agrat Stanto on Agustus 11, 2017
at 9:20 am
Bos mau nanya ni.ap penyebab nya klep sering bengkok.atau patah.pada motor TVS Neo 110
Tolong jawab y ABG abg
By: Andi on Januari 3, 2023
at 8:57 pm