Yaps mas bro , kebetulan dapat pasien pulsar lagi , namun kali ini generasi UG3 180cc , keluhannya mesin teriak ga bisa lari , woiya setelah saya ceck memang area kopling yang bermasalah , nah cas cis cusss motor saya bongkar & karena terkendala sparepart maka opsi subtitusilah yang harus dilakukan , dalam artikel kali ini pembahasan tentang subtitusi atau part kampas kopling yang bisa dikanibal ke pulsar 180 UG3 berikut dengan aturan main subtitusinya ……….. kalau ada yang tanya gimana proses bongkarnya nanti akan saya bahas di artikel terpisah 😀
perlu diketahui kopling pulsar UG 3 berbeda dengan pulsar UG4 , ciri ciri kopling UG 3 adalah menggunakan per / spring cluth berjumlah 4 , kampas kopling berjumlah 6 lapis ( 5 kampas gesek , 1 kampas judder ) , rumah kopling besar hampir seukuran rumah kopling scorpio & ninja namun tetap saja berbeda ! jadi kalau mau kanibal kampas kopling ada aturan mainnya agar masih dalam taraf plug & play !
pertama! , monggo beli kampas yang bentuk dan ukurannya mirip serta mudah didapatkan , yesss yamaha berbaik hati masih mudah mendapatkan kampas kopling Scorpio ! , vixion juga bisa , namun asyiknya scorpio bisa dibeli satuan!
kampas kopling scorpio yang bisa dijejalkan ke rumah kopling pulsar UG3 berapa lapis mas? * Cukup 4 lapis!
Begini ceritanya ! –>>>
kampas kopling scorpio memang mirip & besi plat pengaitnya bisa masuk ke rumah kopling UG3 , NAMUN , diameter dalam kampas kopling scorpio lebih kecil dibanding kampas kopling UG3 , jadi pada sisi rumah kopling dalam & mangkuk luar akan mentok dengan profil base plate ! ( dengan kata lain kalau pengen masuk semua 2 kampas di sisi terluar rumah kopling harus diperlebar ) ini rumit !
opsi mudahnya gunakan kampas subtitusi scorpio hanya 4 biji / lapis , lapis terluar mending percayakan pada kampas judder ori bawaan pulsar UG3 *kampas yang kecil agar masuk ke profil rumah kopling (lagian biasanya kampas judder masih bagus kok , yg selip biasanya lapisan tengah )
kemudian pada rumah kopling sisi terdalam gunakan lagi kampas ori pulsar UG3 ( pilih diantara bekas kampas pulsar UG3 yang kondisinya masih bagus untuk diletakkan pada sisi terdalam pada base plate rumah kopling )
–>> selanjutnya 4 kampas scorpio yang diameter dalamnya lebih kecil bisa dioplos diatanta ke dua kampas terluar , susun berselang seling dengan friction plate/ plat gesek yang terbuat dari baja
okesiph aturan oplosan ini inshaa Allah manjur mengembalikan tarikan pulsa UG3 yang loyo karena masalah selip kopling !
Pahami aturan main sebelum mengkanibal , semoga mudah dipahami 😉
Wassalamu’alaykum 😀
manteb… 😀
By: anggiwirza on Juli 15, 2014
at 2:20 am
met nunggu hidangan sahur kakak wkkwkwk
By: azizyhoree on Juli 15, 2014
at 2:27 am
yg injum belom ada lanjutannya nih 😀
By: anggiwirza on Juli 15, 2014
at 1:31 pm
Semua bisa di atur… ini Indonesia,koq… 😉
subuh dulu ,Mas Azis.. GMT + 9
By: Mas Sayur on Juli 15, 2014
at 3:01 am
monggo mas aku sik nunggu oseng sayur e mateng 😀
By: azizyhoree on Juli 15, 2014
at 3:15 am
Yahud ngunu yoh,regane murahan gon pio brarti mas dap???
By: mahardaniruli on Juli 15, 2014
at 3:47 am
jelas murah pio 😀
By: azizyhoree on Juli 15, 2014
at 4:18 am
kang nanya…
biar foging piston tarikan lbh mantab kampas kopling diapain yah? pnh ada tmn yg blg kampas kopling yg plg kcil diganti sm pny scorpio,bnr gk kang?
By: ninja150ss on Juli 15, 2014
at 4:13 am
mengganti kampas kecil jadi kampas besar artinya menghilangkan fungsi judder spring (secara logika daya gigit kampas lebih luas) tarikan spontan karena pelepasan kopling minim jeda ….. masuk akal sihhhhh , Tapi ada tapinya , judder spring berfungsi bias shifting / pelepasan kopling smooth , kampas kecil hilang judder spring ga ada bisa dipastika pelepasan kopling menghentak kasar ………………………. kalau ke enakan main hentak biasanya juga rumah kopling cepet oblak 😀
By: azizyhoree on Juli 15, 2014
at 4:18 am
Oooohhh…..matur nuwun infonya kang…
Juooosss pokoke,mekanik papan atas jee…
By: ninja150ss on Juli 15, 2014
at 7:56 am
Mas.2plat besi yg kecil itu di pasang di mana ya. di bawahnya atau di atas kampas kopling yg kecil itu
By: Uddin on Desember 10, 2016
at 10:56 pm
ninja josss jare lek
By: ipanase on Juli 15, 2014
at 5:10 am
mau tanya dong, kalau subtitusi as depan ug3 apa yah? or 1 set shock depannya bisa di ganti sama punya motor apa yah?
By: Ade on Mei 13, 2015
at 3:56 pm
bulan februari kemarin nyoba pake kampas scorpio, e malah gak bisa beda kata mekaniknya. akhirnya pake kampas kopling bekas yang masih layak pakai di benkel eks Bengkel resmi.
Alhasil sekarang tarikan motor jadi loyo/ selip kopling. tanjakan ngeden. kalo turunan baru langsang gasnya.
kalo begitu mending beli yang ori Rp.330.000 dah terjamin awetnya dari pada beli yang punya scorpio RP,125.000 yang baru 4 bulan jalan udah minta ganti lagi
By: jamariarisaputri@gmail.com on Juni 22, 2015
at 9:29 am
Wahhhh yg beda hanya yg lapis paling luar kang …… Alias kalau pakai scorpio yg dipakai 4 lapis yg dalam saja …. Motor pasien saya masih awet dan ga selip kok hmmmm kalau mau kanibal memang harus jeli & teliti sih mas bro dengan trik ngakalinya 😀
By: azizyhoree on Juni 22, 2015
at 9:39 am