Oleh: azizyhoree | Oktober 12, 2010

biker’s manca negara memang unik…. (suzuki A-100)


arghihihi…. silahkan tersenyum dahulu 😀 melihat broter yang satu ini, lihat kelakuannya mempermak motor nya, it’s out of ordinary….. hm hm hm 🙂 pada tau kan motor apa ini?

the crazy dirty bike! (pict from google)

yahh, dia lah sang motor 2 tak batangan yang very simply body nya…… pengemasan design engine yang rapi dan menyembunyikan detail2 part nya seperti karburator, dan wiring / perkabel an yang rapi.., membuatnya terlihat ringkas……

namun lihat kelakuan brother diatas! hi hi hi, shock telescopic depan dibikin jangkung, trus dikasih spetbor trail…. ban juga kembang tahu (kotak2) gede yang depan ( traily) hmmm stang juga aliran baplang…… namun aneh nya orang ini malah menaruh jok mobil… untuk mengakomodasi pantatnya 😀 kreatif bin aneh banget…..
kreatih nya lagi, dia telah merancang ulang rangkanya menjadi turbular under bone, hanya saja design knalpot nya bukan lah type knalpot penjelajah segala medan, maka pantas lah motor ini saya juluki the crazy dirty bike! 😀

padahal motor 2 stroke yang control fuel nya mengadopsi system piston valve ini wujud aslinya beraliran classic simple seperti ini:

classic dan resik like this? 😀 (pict from google)

motor yang dijual di indonesia terakhir masih dengan status built up japan ini pun juga pernah di jadiin armada delivery oleh PT POS indonesia..(warna orange). makanya dijuluki motor pos ( kalau didaerah ku) kulonprogo bin ndeso 😀 pernah juga jadi armada pak polisi (warna putih)

semoga bermanfaat buat pecinta classic bike’s

salam azizyhoree

wassalamualaikum 😀


Tanggapan

  1. pertamax..

    • selamat petromax nya 😀

      • bonceng ah… ketigax… :mrgreen:

      • eit…. A100 e, single seater mas bro 😀

  2. temen sekerja ada yg pnya tp kmrn dikasihkn ke tukang sayur.. Biar jd pahala katanya 😀

    • wah gokil 😀 temennya mas snalpot wkwkwk

  3. ^ ada seorang kakak punya CBR dikasihkan ke adiknya, Dia mau nunggu yang 250cc katanya. 😆

    • katanya.com sinyalemen ngawur….. wkwkwk 😀

      • katanya dalam kalimat iku maksude ki kw ngomong ke iku. maksud e iku kalimat pasif.. Huahahaha

  4. ^ ada seorang kakak punya CBR dikasihkan ke adiknya, Dia mau nunggu yang 250cc katanya. 😆

    http://adhanihoree.wordpress.com/2010/10/12/handling-cbr-ckd-ternyata-mantab-jaya/

    • nyoba nggone sopo kuwi? sinyalemen ngawur lagi kah 😀

  5. yg penting gue nyaman…. gitu mungkin bro dalam benak bro kita yg satu itu.. 🙂

    • betul mas de de thanks’ dah mampir 😀

      salam horee!

  6. Tapi koq dadi aneh ya? Body sasis monocoqnya dirubah jadi pipa tubular gitu, tapi emang tu biker udah over creative lahhh 😀

    • kesan classic yang menempel pada monocouque hilang sudah…….

      😀 sesuai judulnya mas….. ünik & kreatif”
      suwun mas dah berkunjung 😀

  7. kikikikikikikikik …..

    • awas ketawa sambil ngiseb 234 disinyalir membahayakan jiwa 😀

  8. mas aziz, aku mampir di trit taman sedayu
    uasyikkk mas,

  9. wah jadi inget, disini ada rekan kerja yg masih nyemplak a cepek, kayak vespa gembel…

    • karena kodrat nya sebagai motor classic, memang modif nya kebanyakan beraliran seperti itu…. / kadang kondisinya memprihatinkan ‘maaf agak terlantar”padahal perawatan motor ini sangat simple, tenaga tarikan juga enteng jika dirawat

      thank’s mas dah berkunjung, asli bonek kah?

  10. wah, lha malah ditrondoli… 😕

    • ancen ne creatif iku rek ! 😀

  11. hahahahaha kreatif nih orang…. :mrgreen:

    • iya tuh.. mas, ga tau aliran sebenarnya apa yang dianut? 😀

  12. koyone luwih apik sinGdinggo pak pos.. :mrgreen:

    • tapi edisi kotak ta iku lek? edisi terakhir 😀

  13. Wah masuk aliran dan sekte modifikasi apa ya… 🙄

    • dirty bike, campur mawut 😀 tuh cak!

  14. wah Aser…
    ser
    ser
    ser
    seratus yah hehheheeh
    urung tau numpak babar blas

    • wah numpak A ser, penyanyi RnB? wkwkwk

      uenak pak numpak A100, “trungg trurung tuntuntunt ‘ (berasap) 😀

  15. hidup A100 :mrgreen:

    • horee!
      jaman dulu UG nya a100 jadul style kali ya pak? 😀

  16. suzy a100, nang cilacap dadi inventarise ”penilik sekolah”. Iku mesin simple, gampang diurus. Wani diadu karo EN125..xixixixix.
    Met enjing bro…mendung enakke kemulan.

    • haha nyambut gae sik mas 😀

      siph suwun kunjungane

  17. tuh bule…..kere amat ga mampu beli moge wkwkwk

    • Unik & gila itulah makanya bukan dinilai dari harganya…soale mereka bilang kira2 untuk modif aja lebih murah dari memperbaiki gelas pecah 😀
      Yang moge disana udah biasa kali ❓

      • wah emang biaya maintain gelas pecah berapa pak ? 😀

      • 😆 bukan gelas kali…kaca mungkin maksudnya soale bahasa Inggrisku dapat 5 kemarin… kalau bahasa jepang sini sama aku… ( haik…haik…hoek… :D)

      • arigato… ( sambi manggut2 ) 😀

    • barang kali dia juragan jok mas? siapa tahu dia punya fire blade/ R6, tapi sensasi buat iklan jok nya wkwkwk

  18. Edan, nganggo jok mobil, ntar ada lg yg pake kursi pesawat tempur, kalo ada apa2 tinggal tarik tuas kursi lontar 😀

    • he ehe he Enaknya kasih jok recaro + berselimut kulit sintetis MB tech ya pak? 😀

  19. Kulo nuwun…. Nderek mampir

    • monggo monggo 😀 siph kunjungan balik 😀

  20. isih nang suroboyo boss? Aja kesuwen nang wetan, mbok ana banjir nang Krw barat…heheehe
    Mampir dolan nang gubugku, Sari Indah Permai, Lamaran. Ntar tak suguhi kopi..

    • wah aku ngerti iki mas e… hihih ganti nickname

      masih di SBY…-malang

      what? krw kebanjiran maning? whwhwwaduh….

      oke ntar kalo ke lamaran siapin kopi nya… 😀

  21. Sama CB 100 seumuran gak ya ❓

  22. azizyhoree= sik jangan diganggu aku sik kerjo… 🙂 mantun nyambut mangke ngobrol malih di warung ( sambil ngopi.. 🙄 )

  23. Satu lagi ( ada 3 pertanyaan ) dijawab nanti jam 3 aja… 🙂
    Mas Aziz yang ahli mesin nih… kenapa yang 125cc powernya bisa ngalahin yang 150cc
    http://otomotif.kompas.com/read/2010/10/13/11294916/KTM.125.Duke.Hasil.Kolaborasi.India.dan.Austria

    • menang nya sama 150 cc yang konvensional kan pak? 😀

      jadi gini….. jelas beda sohc dengan dohc apalagi yang sohc cuma 2 klep / cilynder…….
      teory nya gini… dengan cc dan ruang bakar yang sama, kecepatan keluar-masuk gas bahan bakar & gas buang yang melewati port (lubang klep in-ex) akan sangat berbeda antara 2klep dengan 4 klep, gambarannya gini, 2klep super gede ( modif abis2 an) tetap lebih efisien yang 4 klep karena gas terdistribusi keluar-masuk lebh cepat

      sedangkan 4klep sohc dengan 4 klep dohc sama2 ber lubang transfer 4 ( beda carakter) karakter pasti dohc bertenaga lebih besar di RPM tinggi

      kenapa?
      DOHC (double over head camshaft) mempunyai
      1 tugas yang seragam, tiap profil tonjolan nya ( shaft terpisah, shaft yang1 menggerakkan klep in, sedangkan klep yang ke 2 menggerakkan klep out ) tentunya gaya yang bekerja pada 1 poros akan seirama dan minim getaran pasti lebih efisien dan stabil > kalau sohc 4 klep 1 camshaft bekerja menggerakkan 4 klep yang berarti 2 klep digerakkan dengan perantara rocker arm yang bercabang yang terhubung ke 1 cam/ noken ( kerja camshaft =berat)

      2. profil tonjolan cam bekerja langsung menonjok batang klep dengan perantara shim (lempengan pengganjal) tidak perlu rocker arm / lengan pemukul, yang pastinya bobot nya mengurangi kinerja cam > 4 klep sohc kerja camshaft melalui perantara rocker arm

      khasusnya pada KTM duke ini meski 125 cc namun DOHC, nah udah kejawab kan? belom lagi permainan design kompresi ruang bakar, yang bakal mempengaruhi kinerja mesn itu sendiri…

      nah kalo sama paijoku (NCB150R) aku masih berani >21dk 😀

      pernah liat di you tube belom CBR 125 cc ( eropa version) larinya 145kpj ++ 😀 tanya kenapa?

      • Mantaf ulasannya gak rugi sekolah mesin… 😀
        Yap.. makanya megi-ku khan 150 kok tadi baca 125, ban gede lagi,kok tenaganya gak kalah… ya udah matur nuwun …

      • hi hi hi, hanya mencoba mengingat2 pelajaran pak guru 😀

  24. hahahah ga beda sama orang indonesia selera modipnya…
    btw motor 2stroke yang fuelnya dikontrol piston valve itu gmana bro ?

    • thanks. mas dah berkunjung… jadi gini…. system fuel control dengan piston valve= prinsip 2 tak paling simpel, maksudnya keluar masuk gas bersih dan buang antara campuran bensin dari karburator dan gas buang menuju knalpot diatur oleh pisto cylinder mesin itu sendiri, cara kerjanya mengikuti maju-mundurnya piston saat mesin menyala…… untuk lebih jelasnya akan saya posting lagi di artikel berikut…. 😀

      ( lha artikel + prinsip kerja + gambarnya ada di buku TA sewaktukuliah dulu Je) ketinggalan dirumah 😀

  25. Oh iyo yo paijo sampeyan juga 125 cc…
    Berarti ntar tunggu yang CBR 250RR pasti lebih josss… ( moga2 harganya gak jauh dari KN250 )

    • ralat mas, punyaku 150 cc, thailand version 1 bulan lagi mungkin tak bawa ke pandaan, silahkan di test ride 😀 bareng2 kalo pas kopdar

      • mantaffff… tak tunggu infonya 🙂

  26. bro, panjenengan residence diman Bumi Tlk jambe, Resinda, Krw Barat, apa nang endi boss?

    • wah resinda tempate poro juragan itu………..kulo, kalo di krw ga berani ambil rumah…agak gimana gitu (mending bangun di jogja aja)

      sementara masih kost an di daerah sukamanah, sebelah yonif 305, tapi stlh balik dari sby- rencana mau ngontrak di peruri….. 😀 kapan2 kopdar mas…..

  27. kere_atiifff :mrgreen:

    • nek aku kere-horee 😀

  28. lupa :mrgreen:

    Biker pria dari sudut pandang kaum wanita

  29. Kulo nuwun bro! Numpang corat-coret n lam knal aja ya bro!

    • monggo pak, siph thank’s kunjungan e 😀

      tunggu artikel menarik laennya

  30. mau lihat A100 buat race?
    http://riderkampung.wordpress.com/2010/06/24/suzuki-a100-lebih-bagus-kalau-di-modif/

  31. Kapan artikel barunya sibuk to..opo mesinnya trouble…

    • artikel terhambat ngantuk , rada capek, lho, kok tau kalo mesin ku trouble, sopo iki yo ? 😀

      • Oh gitu to..memang pekerjaan harus diutamakan… aku juga bisa merasakan kalau mesin lagi trouble..aku dulu pernah di divisi produksi (operator mesin ) and sempat training di negerinya naruto itu 🙂 tapi setelah bosku melihat keahlianku utak-atik kompi yah ditranfers dah ke bagian database warehouse
        youngrider=maticmania soalnya avatar “maticmania” sudah dibooking orang 😆

    • haaa ngerti aku wis en 😀

  32. waduh, baru inget
    tuh bule ada nomor hp-nya enggak
    jok mobilku hilang mas ….. kakakakak….

    • makanya jok mobil nya di ranatai kang biar ga hilang… 😀

  33. aliran geng motor jepang iki mas bro..
    Heheheh sing sering kimpoi eh konpoi suara kenalpot sangar, pake masker, bawa2 bendera jepang dan kekaisaran jepang
    kan jok e pada tinggi2 begitu 😀
    kaya’ geng motor e great teacher onizuka heehee

  34. telkom bri juga pernah pakai kayanya
    pertama main kopleng ya A 100 ini tp yg agak kotak

    • seri kotak=seri akhir, hmmmm yang telkom / BRI apakah juga di cat biru?

      • yang dipake telkom memang di cat biru Mas, ada logo telkom, ada dua varian bahkan, ada yang pake ban biasa untuk daerah perkotaan dan pake ban trail+spakbor trail untuk daerah pedesaan (pengalaman pribadi), tapi mulai 2007 sudah banyak dikurangi karena direposisi honda win keluaran 2004, tahun 2005-2006 sudah pake suzuki thunder sampe sekarang

  35. Ane pernah make A100 (motor dinas babeh di BRI) buatan 87 kenceng banget, pas SMP dulu pernah diajak ngetrek ama temen ane yg pake Force 1 gress trnyata masih kencengan A100 ane. Masih sanggup ngangkat roda depan lho hehe….
    Ama motor2 4 tak era sekarang jg kayaknya masih menang lah. Trus ganti yg keluaran 92 malah lebih loyo, gak ada larinya

    • wahhhh, pak moncer putra dari juragan pohon uang… :mrgreen:
      wah smp suka ngetrack juga tibake 😀

      thank’s kunjungannya pak……

  36. Mas, sekedar nambah saja, kalau lihat tampilan foto mas bule, motor yang dipake kemungkinan suzuki ts75 yang masih sodara jauh suzuki a100, suzuki ts75 versi trail kecil dari trail “laki” ts 90,100,125 dan 250

    • wuih manteb mas info nya thank’s 🙂 hapal bener serie semi trail dari TS 75- 250 , dinesnya di pos kayaknya 🙂


Tinggalkan komentar

Kategori