oke ini sebenarnya artikel sambungan dari kasus pada artikel —>> baut mesin patah dimana saat itu Honda Tiger 200 milik pasien saya yang agak slodron ini mengalami patah baut di area block kopling & yg belum saya ceritakan adalah patahnya juga clamping header knalpot
karena patahnya baut ini sisa patahan berada di dalam ulir yang akan susah untuk dikeluarkan dengan cara getok maupun las titik , maka segera pasang muka pucat ! Damn ini macan minta turun mesin 👿 jelas bikin geram gara gara permasalahan sepele baut patah saja harus mewajibkan 1 glondong mesin GL serries ini turun dari rangka haishhh abot bin berat mas bro 😡
oke yo wis mau gimana lagi , segera eksekusi ! langkah pertama lepas tangki & saluran bensin + kabel fuel meter , lepas knalpot dari mesin , kemudian lepas juga karburator dari manifold dan pengait kabel gas serta choke nya , lepas juga socket socket sambungan kabel body , lepas gear sprocket depan agar rantai tidak mengganggu prosesi turunnya mesin , sementara agar tensioner adjuster bisa dikendurkan , maka motor starter wajib di lepas juga karena posisinya menghalangi lubang tensioner adjuster , wis jyan piye to iki perancang e? , jangan lupa lepas tuas pengungkit versneiling
setelah semua faktor pengganggu hilang kendurkan 3 baut utama pemegang mesin yang mengikat terhadap chassis , lepas baut sisakan 1 baut untuk menahan posisi mesin sebelum siap diturunkan , karena super berat tentunya jangan turunkan mesin dalam kondisi kelaparan !
buka penutup tensioner adjuster , putar dengan obeng (-) kecil kearah kanan agar rantai kamprat dalam kondisi free (tidak perlu dicari posisi Top dahulu karena ini mesin akan dibongkar )
lepas penutup cover timing gear rantai kamprat , Lepas timing gear camshaft dengan membuka 2 baut pengikatnya dengan kunci T shock 8 , oke lanjut mulai bongkar cylinder head dengan melepas 4 nut baut cylinder head & 1 baut pengikat sebelah rantai kamprat
setelah timing gear terlepas , keluarkan camshaft , lepas lidah tensioner , atau tensioner retainer dudukan rantai kamprat , sebelah depan tinggal tarik sebelah belakang buka pengunci bushing lidah tensioner dengan shock 10 , selanjutnya head di kirim ke tukang bubut untuk di eksekusi baut yang patah pada exhaust port
karena patahan baut agak didalam & telah mengunci parah maka opsi pertolongan hanya bisa dilakukan dengan membuat ulir ulang pada cylinder block , caranya di bor dan di shok dengan material besi kemudian dibikin ulir ulang
seperti yang saya bilang menjengkelkan , berawal dari hal sepele masalah ini akan merembet ke pengerjaan lain karena bongkar head, ya sekalian bersihkan ruang bakar dari kerak kerak carbon check kebocoran valve , skir klep jika terjadi kebocoran , bersihkan permukaan head dari sisa pelekat packing head .. argghhh ini yg bikin lama harus telaten
setelah semua siap di rakit kembali berkebalikan dengan proses pembongkaran , pasang lidah tensioner pasang packing head yang baru buka cover penutup baut crankshaft pada block magnet ,
cari posisi Top piston , pasang camshaft dan timing gear sesuai timing marking , hati hati memasang rantai kamprat agar tidak terjatuh ke dalam ruang gear centric (syusyah ini kalau sampai jatuh harus telaten layaknya mengambil jarum diantara jerami ) setelah rantai kamprat terpasang sesuai timing , kendurkan pengunci tensioner adjuster dengan memutar obeng (-) ke kiri agar rantai menegang
sebelum menutup cover atas cylinder head & mengencangkan ke 5 bautnya , pastikan seal yang berbentuk seperti peluru senapan angin dalam kondisi bagus atau ganti baru (biasanya kalau beli top-set packing dapat seal karet tersebut )
setelah semuanya beres , lanjut pasang cover atas kencangkan baut pengikat cylinder head dengan kunci shock 12
masih pada posisi top piston , lakukan setting valve untuk kalibrasi celah kerenggangan klep karena mesin barusaja dibongkar , gunakan kunci double ring 10 – kunci klep- & feeler gauge setel 0.09-0.10mm untuk valve in & 0.10-0.15 untuk valve out
setelah kesemuanya beres pasang cover cover penutup mesin dan persiapan untuk naik ke chassis eittssss tunggu dulu ………….. masukan amunisi montir nya sebelum angkat engine dengan beban berat
nasi goreng bikinan nyonyah siap disantap ➡
setelah mesin terpasang pada chassis , pasang kembali karbu-knalpot- kabel body -motor starter , tangki dsb , test nyalakan dan setting ,, -beres-
menjengkelkan bukan ?
salam from warung DOHC Wassalamu’alaykum 😉
tes
jeng-keling
By: Aa Ikhwan on Mei 30, 2013
at 1:45 pm
jeng-kelin
By: Aa Ikhwan on Mei 30, 2013
at 1:47 pm
mumet 🙂
By: vixy182 on Mei 30, 2013
at 2:03 pm
kalo per starter patah,,, mumettt,,,, bungkar mesin sampai crankcase…:D
By: roda2makassar on Mei 30, 2013
at 2:10 pm
dbuku manual g ad neh.. joss
By: kasamago on Mei 30, 2013
at 2:41 pm
sy pernah ngalamin masbro baut tanam knalpot patah akhirnya bw glondongan mesin ke tukang las.. tp ada keuntungannya yaa sekalian aja bersihin gelondongan mesin dipoles kinclong lg..
By: bensincampur on Mei 30, 2013
at 2:59 pm
nek baut oli slek trus oversize dari 17 ke 19, nek dibalikne 17 meneh iso gak mas?kudu turun mesin juga ya? 🙄
By: nbsusanto on Mei 30, 2013
at 3:06 pm
Wow makan besar
By: bintangjati on Mei 30, 2013
at 3:18 pm
Sippp…
By: Erit07 on Mei 30, 2013
at 3:57 pm
ngiler,, pengen bisa bongkar bongkaran mesin 😛
By: Fitready on Mei 30, 2013
at 4:20 pm
perlu tenaga ekstra buat nurunin mesin..
http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2013/05/30/honda-super-cub-ahm-sebenarnya-bisa/
By: Mas Sayur on Mei 30, 2013
at 4:57 pm
Iso-isone… Mantep ilmune.
jengkel membawa berkah,,, alkhamdulillah…. 😀
By: blitz-r on Mei 30, 2013
at 6:09 pm
Yang di Baki di depan Motor,,,ngak akan ngejengkelin,,,,,,,
pasti mengenyangkan,,,,,,:-)
By: elon79 on Mei 30, 2013
at 6:15 pm
wa’alaykumsalam…. 😀
By: hardiasbantuly on Mei 30, 2013
at 7:49 pm
luwih parah timbang slek 😀
By: ipanase on Mei 30, 2013
at 7:51 pm
Hanya expert yang bisa…
By: de2tninja on Mei 30, 2013
at 11:09 pm
I thhugot finding this would be so arduous but it’s a breeze!
By: Gracelyn on Agustus 21, 2014
at 1:06 am
BION I’m impressed! Cool post!
By: on line prescriptions for accutane on Desember 29, 2014
at 11:38 pm
Masbro, kalau ada videonya tolong diupload ke youtube yo. Tq
By: Kredit motor on Mei 31, 2013
at 12:30 am
Seng penting nasi gorenge kui.
By: sinbe on Mei 31, 2013
at 4:27 am
ane juga heran ama desain mesin GL 200 ini,
sering liat di bengkel kawan.
nasib mesin yg gak dibuat dari nol, alias modifan pabrik.
lu mau ganti rocker arm harus turun mesin,
lu mau setel kamrat, harus buka dinamo,
lu mau seting klep harus buka tangki,
lu mau copot rumah lampu belakang harus buka bodi.
dan ane yakin kalo naikin mesin ini bakal butuh minimal 2 orang dengan kondisi mesin natap sana-sini.
By: pak tarno on Mei 31, 2013
at 6:37 am
numpang moco om
*gelar krupuk, mangan klasa.
By: beopat on Mei 31, 2013
at 8:41 am
wah, bisa sampe kayak gitu ya
By: orong-orong on Mei 31, 2013
at 8:48 am
emang GL series terkenal awet n gak ribet,…
oh iya mas itu seharian ya ngerjainnya…
By: Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) on Mei 31, 2013
at 9:36 am
perasaan artikel ini justru ngeluh ribetnya deh
By: pak tarno on Mei 31, 2013
at 11:07 am
ribet :v
By: fnaufala on Mei 31, 2013
at 12:58 pm
ini ngerjainnya santai mas bukan seharian lagi , tapi semingguan 😆 lha dotinggal mudik bulan madu sama pemiliknya trus aku ngerjainnya sesui mood 😆 wakakaka rusuh ini macan menuh menuhin rumah
By: warung DOHC on Mei 31, 2013
at 2:18 pm
belum lagi cari baut tanemnya…pengalaman cari di dealer sak suroboyo ga ada akhirnya pesen di tukang bubut
By: smartfaiz on Mei 31, 2013
at 3:24 pm
Nasi gorenge nek jare pak bondan…
Mak nyuuuuuuuz mas…
Hohohoho 😀
By: batagor buluk on Juni 1, 2013
at 1:01 am
hahaha… luwih penak bongkar scorpio brrti yo kang gak perlu turun mesin segala 😀
By: kenthoet on Juni 1, 2013
at 8:44 pm
betul, ganti piston saja gak perlu turun mesin, kalo tiger jangan kan ganti piston, mau bersihin ruang bakar doang wajib turun mesin, omaygat
By: koco on Juni 8, 2013
at 10:04 pm
Muanteb mas Azis… 😀
By: vicman80 on Juni 3, 2013
at 9:47 am
bikin repot.
Haha
http://otoradians.blogspot.com/2013/06/inilah-10-jalan-raya-paling-mematikan.html?m=1
By: Prastyawan on Juni 3, 2013
at 5:36 pm
Termakan usia?
http://trexton.wordpress.com/
By: Trisna Ariwibawa on Juni 5, 2013
at 8:23 pm
nasi gorengnya pedes mantap kethoke – komentar ra nyambung
By: Leopold S on Juni 7, 2013
at 3:31 am
setelan klep buat tiger yang enak itu berapa mm ya in sama outnya?
kalo filter karbu dipapas jadi 1/2 dan jadi tipis apa harus rubah mainjet/pilotjet ?
soale kmaren sama mekanik disuruh pake MJ 128. bakalan boros yak mas?
sekarang warna businya putih soale 😦
By: anggiwirza on Juni 8, 2013
at 12:04 am
Kira kira kena biaya nya berapa to mas? But sekalian juga itu berapaa ya, tolong kasih tau ya saya juga lagi kena ini, trmksh
By: Njun on Maret 15, 2014
at 3:57 pm
Mas mau nanya
Untuk sparepar pada gambar:
Itu namanya apa ya? (Bahasa bengkel dan juga nama part AHM?
Matur suwunn
By: Maman on April 14, 2017
at 9:26 am
untuk komen diatas ane, itu namanya rubber oil seal…yang mau ane tanyakan itu fungsinya buat apa ya…plis jawab
By: Damongkok Guns on Maret 25, 2018
at 2:36 am