masih ingat sepeda motor saya hasil lelang yang sudah membusuk? 😀
nah ini adalah cerita kelanjutan dari Restorasi Honda Win100 part 1 …. kali ini fokus restorasi pada area mesin yang sebenarnya masih bisa menyala namun sangat memprihatinkan kemrosak & membusuk dimana mana hahaha
akhirnya diputuskan untuk proses overhaull total saja , alias belah mesin sekalian check semua part & ganti jika perlu dan ada yang sudah saatnya diganti karena kerusakan
sasaran pertama ketika mesin sudah terbelah adalah penggantian stang piston -kit (connecting rod) beserta bearing crank shaft menggunakan stang seher honda grand dengan kode emboss GF6 pada batang stang seher setelah di install stang & bearing yang baru kemudian dilakukan balancing pada kruk as
tak lupa pengecekan pada area transmisi gearbox dan melakukan cleaning total area dalam crank case dari endapan oli yang sangat kental karena ternyata mesin ini belum pernah dibongkar sedari baru jadi kotornya sangat dasyat hahaha , lakukan penggantian packing tengah & check area yang dapat menimbulkan kebocoran oli
setelah crank case kembali dirakit lanjut pembenahan area blok kiri atau area magnet … pada area ini terdapat sistem penggerak valve train .. yang rantai ketengnya menggunakan tensioner otomatis hidrolis . check rantai keteng yang ternyata juga sudah aus , sekalian ganti kit rantai keteng beserta roller tensioner
kemudian perbaharui seal seal pada cover crank case ( separator block magnet) , seal as persneleng , seal kruk as bagian magnet
pasang kembali spull pengapian & spull kelistrikan lampu ( yang bisa diganti dengan spull 12v dari spull kelistrikan honda prima)
setelah bagian blog magnet selesai, lanjut pembenahan pindah ke area block kanan alias block sistem kopling ….. pada area ini ditemui kerusakan pada as perneiling sehingga tuas pemindah persneiling tidak bisa dipasang …. lanjut hunting dan nemu juga as perneiling berikut pengungkit untuk pemindah pergerakan drum transmisi
kelancaran sistem perpindahan transmisi pada unit drum rasio juga perlu di check apakah masih bekerja dengan baik? . posisikan gear bintang pada drum sesuai pin
sekalian check fisik kondisi pompa oli , trus pasang as kick starter … jika sudah terakit pada area tengah ( crankcase) ini berikan pelumas pada celah celah dan pada semua bearing dalam crankcase
lanjut area pentransfer tenaga alias kopling …. lagi lagi karena umur dan pemakaian honda win ini, kampas gesek kopling sudah tidak layak pakai karena selip & kondisi fisik kampas yang sudah gosong menghitam
ganti 4 lapis kampas gesek juga dengan subtitusi honda grand , warning yakkk pas bongkar area kopling honda win cincin pengunci ini jangan sampai hilang atau terbalik pemasangannya !!!
pemasangan cincin yang benar adalah taruh terlebih dahulu ring plat ke as transmisi kopling baru kemudian pasang pengunci berbentuk cincin belah baru kemudian pasang rumah plat gesek ke dalam mangkuk kopling
lanjut ………………… ->>>>
untuk pembenahan area Cylinder head sendiri lumayan banyak kerusakannya , diantaranya ganti Noken as , ganti rocker arm & pin nya , skur klep , dan kastem subtitusi dengan honda grand yang pemasangannya butuh trik khusus , pembahasan restorasi area cylinder head honda Win ini sudah saya bahas tersendiri selengkapnya baca di —>>> click di Sini
oiya Honda win 100 ini balancer kruk as & sekaligus penyalur tenaga dari gigi primer berbentuk mangkuk istimewa yang didalamnya juga terdapat sekaligus fungsi rotor oil filter .. dimana sirkulasi oli dari pompa oli di putar pada mangkuk balancer & kemudian disalurkan masuk menuju kruk as untuk melumasi area stang seher nah terdapat seal khusus untuk mentransfer oli menuju kruk as melalui mangkuk balancer ini … lakukan pengecekan , jika sudah mengeras atau sobek wajib ganti mas bro daripada pasokan pelumas pada kruk as akan tersendat jika mencari seal ini susah bisa dicoba cari subtitusi dengan persamaan kode ukuran seal : 26.2 – 5.5 – 6.5
untuk jantung mesin area seher / piston tergolong istimewa , meski seher sudah baret baret tapi ukuran masih std artinya sejak tahun 90an motor ini belum pernah turun mesin .. walhasil pada project kali ini liner cylinder baru mengalami over size 0.25 boleh lah mendekati standart ting ting , piston & ring diperbaharui dengan persamaan C100 serries alias honda grand lagi 😀
setelah piston diperbaharui & semua packing juga ikut diremajakan saatnya mengurus tampilan luar dari block mesin
block mesin yang sudah kusam dan cat nya amburadul di siram paint remover & digosok hingga kotorannya mengelupas semua
kemudian di lapis epoxy untuk membentuk surface yang lebih halus lagi pada permukaan logam block mesin
–>>> jreng jreng jreng
tampilan luar block mesin saya buat finishing doff dengan pewarnaaan mempergunakan sisa sisa cat mix antara red-black & grey xixixixixi gandozzzz pokoke anti duplikat wkkwkwkwwk
saatnya merakit area Head dan menaikkan mesin ke frame yang sudah disiapkan
berikut ini teaser penampakan evolusi honda Win 100 by WD_motosport_garage , semoga lebih heboh dari berita sonic & CB150 xixixixixi
oke sekian dulu dongeng restorasinya , bersambung yakkkkk
nantikan dongeng kelanjutannya
salam from warung DOHC. Wassalamu’alaykum
waras maneh
http://orongorong.com/2015/08/05/ini-dia-cara-masuk-menjadi-anggota-gojek-syarat-masuk-gojek/
By: orong-orong on Agustus 5, 2015
at 1:24 pm
Siap nggo nge trail…
http://bakulkangkungjpr1.com/2015/08/05/resmi-di-luncurkan-new-honda-cb150r-dan-honda-sonic-150r/
By: Mas Sayur on Agustus 5, 2015
at 2:57 pm
http://motomazine.com/2015/08/05/foto-studio-new-honda-sonic150r-merah-putih-hitam-dan-pink-sebut-saja-begitu/ bekas pejabat
By: motomazine on Agustus 5, 2015
at 1:59 pm
istimewa
By: archnine on Agustus 5, 2015
at 2:06 pm
Berkat dorongan sampean mekso reques artikel. Hahahaha
By: azizyhoree on Agustus 5, 2015
at 3:08 pm
real men is build, not buy
By: at0zz on Agustus 5, 2015
at 2:08 pm
Real men dolanan tuku dewe …. Rusak gawe meneh. 😆
By: azizyhoree on Agustus 5, 2015
at 3:08 pm
komplit plit plit
semua part bisa dipesan di WD store
By: andhi_125 on Agustus 5, 2015
at 2:41 pm
Ojo pesen mbodin ndek kene om.
By: azizyhoree on Agustus 5, 2015
at 3:09 pm
om, cek email yaa…
ngapunten
By: andhi_125 on Agustus 5, 2015
at 3:14 pm
Mau dibikin aliran apa GL nya lek?
By: agoey on Agustus 5, 2015
at 2:57 pm
Woiiii bukan GL ini hahahaha
By: azizyhoree on Agustus 5, 2015
at 3:07 pm
mau dibikin supermoto lek?
By: fnaufala on Agustus 5, 2015
at 3:32 pm
Coba tebak coba tebak hahaha
By: azizyhoree on Agustus 5, 2015
at 4:22 pm
Tangki custom yo lik…
Sorry nek oot ki lik
Ukuran pj mj karbu standar cbr 150 piro lik?
By: clancis on Agustus 5, 2015
at 3:44 pm
Tangki std. …….kui.
Pj. CBR. Nek mboten salah 38.
Mj cbr nek rasalah 115. *mengko nek salah tak tilekne njur koreksi lik xixixi
By: azizyhoree on Agustus 5, 2015
at 4:21 pm
Wuahahahahaha…suwun lik…
Sampeyan ndisik pas nyentul kan nganggo karbu nsr pe 28… Settingan pas e ketemu piro lik pj mj ne…meh masang pe isih galau nek ra ketemu Settingane
By: clancis on Agustus 5, 2015
at 8:55 pm
jossss nambah ilmu, suwon Lek
By: Cah Ilang on Agustus 5, 2015
at 4:04 pm
Suwon napane mas? /xixixi
By: azizyhoree on Agustus 5, 2015
at 4:22 pm
josss gandoss mas aziz…
By: joss on Agustus 5, 2015
at 6:31 pm
manteb mas… .
By: jahe on Agustus 5, 2015
at 7:11 pm
wogh red frame, inikah New CB150R SE?
By: fandiartz on Agustus 6, 2015
at 10:14 am
menggiurkan
http://wjsblog.net/2015/08/06/byson-terbukti-jual-tampang-saja-tidak-cukup/
By: Dimas Roborizer on Agustus 6, 2015
at 11:37 am
yang dikepala saya malah Honda win pakai mesin supra 125 Fi … , cuma sampai sekarang masi diawang awang aja …
By: dhanyfirdaus on Agustus 6, 2015
at 2:25 pm
Nek ganti head pake punya karisma/supri 125 iso po ra kang??
By: balimotorider on Agustus 6, 2015
at 3:43 pm
Waiki…
Siap test ride…
By: dowey on Agustus 6, 2015
at 8:47 pm
japstyle y kang 🙂
By: Didit Arga on Agustus 7, 2015
at 9:46 am
heehehe coba tebak aja mas / 😀
By: azizyhoree on Agustus 8, 2015
at 10:19 am
coooolsss… serasa ntn acara builder2 di tv luar. keren abis
By: kasamago on Agustus 8, 2015
at 10:57 am
Menunggu hasil akhirnya…
By: haryudh4 on Agustus 8, 2015
at 12:48 pm
Siapp laksanakan ndan. 😀
By: azizyhoree on Agustus 8, 2015
at 5:11 pm
Abis berapa tuh biaya restorasi mesin ama suspensi? Garpu depan pake GLMax kah?
By: eko354 on Agustus 9, 2015
at 7:32 am
yang jelas jutaan
😀
By: Roy (Sempak Operpret) on Agustus 10, 2015
at 10:39 am
Tunggu sekuel lanjutan om sampai finishing & detail biaya. 😀
By: azizyhoree on Agustus 11, 2015
at 12:17 pm
Motorku juga win 100,dipilih karena sesuai postur tubuh,sejauh ini masih nyaman, makanya jadi penasaran ama win lelangan ini..hehe sip
By: ern day colour stone on Agustus 12, 2015
at 2:05 pm
Siappp monggo ditunggu kisah selanjutnya. 😀
By: azizyhoree on Agustus 12, 2015
at 3:19 pm
Motorku juga win, jadi penasaran ama win lelangan ini..sip
By: ern day colour stone on Agustus 12, 2015
at 2:08 pm
Penasaran???!!! Kapokmu kapan!….Kalimat yang paling mengesan di blog ini pas ngulas viar trail 100 supermoto hehehe …win 100e digawe scambler wae lek gen tambah penasaran ngoahaha…
By: ern day.colour stone on Agustus 12, 2015
at 4:49 pm
mbahhhhh muncul meneh mbah
By: azizyhoree on Januari 24, 2016
at 12:46 am
Kira2 abis biaya berapa itu gan???
Diluar cat mesin luar ya,,
By: shidqon choyri on Januari 23, 2016
at 2:13 pm
Nanya klo bisa ksih gmbar susunan balancer setelah sil ad perangjat apa lgi agar oli tersalur k blok kopling mnuju k silinder head
By: beno on Maret 15, 2016
at 12:01 pm
klo transmisi bermasalah,apanya ya gan….mksih
By: Muhammad Rahadiansyah on Juni 7, 2016
at 11:52 am
kang mau nnya untuk piston nya bisa pake motor grand engga?
terima kasih
By: msuyuti on Juni 12, 2016
at 2:37 am
mas brow…..kelanjutannya honda win koq ga ada….penasaran soale…makasih
2015-08-05 13:14 GMT+07:00 Azizyhoree’s Blog :
> azizyhoree posted: “masih ingat sepeda motor saya hasil lelang yang sudah > membusuk? 😀 nah ini adalah cerita kelanjutan dari Restorasi Honda > Win100 part 1 …. kali ini fokus restorasi pada area mesin yang > sebenarnya masih bisa menyala namun sangat memprihatin” >
By: yusaiw on November 21, 2016
at 10:29 am
mohon penjelasan: honda win tahun 97 saya punya masalah loncat-loncat (bunyi krek) pada saat berhenti dengan menekan kopling. padahal plat kopling sudah diganti baru.
By: ade syarif on November 26, 2016
at 11:50 am
swing armnya pake punya apa nih?? trus kalau ban ama velg maksimal ukuran berapa yah??? sama shock depannya pake apa tuh??? segitiganya??
By: rifaldy on Januari 6, 2017
at 10:37 am
Reblogged this on oyikk and commented:
Semacam pengetahuan tentang kuda besi yang memikat hati.
By: oyikk on Januari 18, 2017
at 6:20 am
Bengkelnyà dimana kang??
Ada alamatnya?
By: Fauzi on Mei 16, 2017
at 6:21 pm