Yaps mungkin ada yang pernah nemuin / mengalami ketika sedang membuka nut / mur pada cylinder head ehhh baut tanam cylinder block / head ikut copot, memang kalau bengkel/ mechanic sudah biasa menemui hal seperti ini, namun untuk yang baru belajar bongkar2 sendiri jangan panik dulu mas bro! , jangan langsung vonis drat rusak atau ulir crank case jebol .. kejadian ini lumrah untuk usia motor yg cukup tua ataupun sering bongkar-pasang 🙂
Jika mengalami hal ini, Sekalian saja bersihkan permukaan piston saat servis besar , lepas boring / cyinder block, nah nanti pangkal baut tanam atau istilah jawa nya ” sunduk sate” bahasa teknis nya bolt cylinder stud ini akan kelihatan, check ulir pada crankcase ,jika ulir masih bagus ya .. fine hanya copot biasa …..
Karena
kedua ujung baut ini sama sama ulir, maka ada Tips pemasangannya …
Sediakan mur / nut yang seukuran dengan ulir baut bagian depan head 2 buah …
Pasang ke dua mur ke ulir baut tanam bagian depan lakukan penguncian dengan memutar saling berlawanan ke 2 mur tersebut, nah ke dua mur akan berfungsi sebagai kepala baut sementara. Untuk mengencangkan baut tanam saat dipasang di crank case …
Sediakan lem ulir / thread lock .. contoh yg saya pakai adalah Locktite 638 … teteskan pada ulir baut tanam, pastikan drat & ulir dalam bersih dari kotoran
Mulai pasang baut tanam ke crankcase, lakukan pengencangan dengan 2buah mur uang telah terkunci …. sesuai ukuran torsi atau jika feel sudah dapet jangan dipaksa dikencangkan lagi .. , setelah terpasang dengan kencang lepas mur yang saling ter kunci tadi dengan 2buah kunci pas, dibuka saling berlawanan …. siph beres dah
*opsi selain menggunakan 2 mur saling kunci, bisa juga menggunakan tang jepit /tang grip/ adjustable locking pliers / vise grip curve jaw / ….. tergantung kebutuhan & posisi mana yang lebih mudah
Salam from warung DOHC ,
Wassalamu’ alaykum 😉
mumet lek, baut tanam knalpot q slek, huaaaaaaaaaaaaaa 😦 …………………….
. vario 125 gan, asekkkkkkkk
http://pertamax7.wordpress.com/2012/05/15/test-ride-vario-125/
By: ipanase on Mei 15, 2012
at 1:56 pm
podo mbliz. . Baut knalpot shogun125ku tugel kabeh. .
Bisa di akali setelah memakan tumbal 5 mata bor. Sadap.
http://areeya2.wordpress.com/2012/05/15/konsep-modif-new-jupiter-mx-big-wheel/
By: Ari CX Rider on Mei 15, 2012
at 6:27 pm
sokoooooorrrrrrrrrrr
By: kurniaprorider on Mei 15, 2012
at 8:00 pm
Amankan podium doeloe
http://javabiker.wordpress.com/2012/05/15/honda-teralis-dohc-ini-baru-motor-laki/
By: javabiker on Mei 15, 2012
at 2:28 pm
sip.
#raup sek kang,ben ora salah nulis. ‘yang jadi uang’ ‘kunci jd kunco’
By: mas wahyu on Mei 15, 2012
at 2:52 pm
bhahahaha.., sik sik banyu kran e lagi macet kiii
By: azizyhoree on Mei 15, 2012
at 3:21 pm
Podium dulu..entok ra?
By: buncis on Mei 15, 2012
at 2:56 pm
angsal mas
By: azizyhoree on Mei 15, 2012
at 4:38 pm
mantaf nich tipsnya, honda C70 ane sering bocor olinya dari bawah, bwt adakah cara mengatasinya gmn?
By: fresh and fresh on Mei 15, 2012
at 3:33 pm
bocor darimana dulu mas? kalau dari baut tap oli , paling darurat kasih seal tape dulu .. opsi lain perbesar ulir baut , opsi terakhir bikin ulir ulang dengan melakukan las babet terlebih dahulu, tapi kalo sumber bocornya dari area lain ya di check dulu 🙂
By: azizyhoree on Mei 15, 2012
at 4:40 pm
Ajiip..tp ane msh blm bs paham..kapan2 ajarin ya 😀
By: Aa Ikhwan on Mei 15, 2012
at 3:43 pm
boleh aa 🙂 kapan2 gantian mampir
By: azizyhoree on Mei 15, 2012
at 4:19 pm
ya ya ya..
By: #99 bro. on Mei 15, 2012
at 3:57 pm
yoyoyo 😆
By: azizyhoree on Mei 15, 2012
at 4:41 pm
pernah pergi ke bengkel vespa, ternyata di sana ada juga baut silinder khusus untuk yg dratnya jebol, bautnya lebih gede dikit dari pada aslinya, jadi gak perlu cor cranckase lagi, hemat deh cuma 10ribuan, mungkin untuk motor jepang juga ada baut khusus baut silinder dol, vespa yg jarang aja ada apalagi bebek jepang,
silakan cari di toko besar 😀
By: harun on Mei 15, 2012
at 4:02 pm
mungkin ukuran metric nya ditambahi 0,5 mm itu mas baut ulir yang dimaksud … cara laen kalo ulir udah jebol ya di shock bisa pakai kuningan / di cor babet , atau cara plug and play pake helicoil tapi alat mahal dari germany 🙂
By: azizyhoree on Mei 15, 2012
at 4:37 pm
pastinya sih, dan ulir baut yg ,menuju cranckase lebih besar dikit dari aslinya, sementara ulir satunya tetep standart,
cara jitu buat ngakalin part rusak
By: harun on Mei 15, 2012
at 7:02 pm
ra mudeng…
http://tovavanjava.wordpress.com/2012/05/15/sang-raja-harus-turun-tahta/
By: tovavanjava on Mei 15, 2012
at 4:05 pm
di pekso wae 😈
By: azizyhoree on Mei 15, 2012
at 4:22 pm
mas, coba dong bikin tutorial cara buka head silinder (bebek atau sport yg biasa aja :D), aku pengen bersihin piston sendiri, tapi takut gak bisa balikin terutama pada sistem gear noken ass dan rantainya, takut salah pasang dan bikin klep tabrakan
By: harun on Mei 15, 2012
at 4:08 pm
oke mas request ditampung 🙂
By: azizyhoree on Mei 15, 2012
at 4:21 pm
Jossss dah artikelnya….
By: denirosdiana on Mei 15, 2012
at 5:29 pm
Bahasa teknis di honda “Boltstud” mas…karna jenis baut nya memanjang dari crank case sampai head melewati cylinder Comp…jadi begitu disebut boltstud orang udah tau yg mana….nice artikel masbro.
By: Goyip on Mei 15, 2012
at 5:29 pm
saya cm bisa pake..
#ngak ngerti..
By: kiidu on Mei 15, 2012
at 6:08 pm
kalau baut silinder copot belum pernah liat,yang paling sering baut tanam knalpot terutama bebek,bautnya kecil,kebanyakan saya liat ukuran 10.kepanasan terus jadi getas dan mudah patah
http://nanared.wordpress.com/2012/05/15/new-vixionmudah-mudahan-sudah-mengadopsi-fitur-ini/
By: nanared on Mei 15, 2012
at 6:20 pm
mas motorku dri saluran outlet keluar asap putih. apanya mas yg rusak.? kata mekanik klo ga klep bocor bisa jadi piston retak. mohon pencerahan
By: anx45 on Mei 15, 2012
at 7:07 pm
weleh angel
By: Motoroda on Mei 15, 2012
at 8:01 pm
buat tutorial belah mesin vixi mas. Hehehe.
Biar blajar, kan ngamalkan ilmu. . .
http://ajrix.wordpress.com/2012/05/13/kenalan/
By: ajrix on Mei 15, 2012
at 8:42 pm
Aduh ngencengin pke feel itu susah2 gampang,prnah baud tap oli jd bocor trus gr2 ulirnya rusak,mgkn trlalu bertenaga ngencenginya,he smpe skrg g mau gnt oli sndri lgi,takut bocor,wekeke
By: Ipunk on Mei 15, 2012
at 11:59 pm
yo wis lain kai kalo fell belom terboasa, pakai torque wrench mas, biar aman 🙂
By: warung DOHC on Mei 16, 2012
at 5:41 am
nitip tulisan mas
http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/05/16/setangkai-mawar-buat-ibu/
terima kasih
By: temonsoejadi on Mei 16, 2012
at 9:28 am
klo baut pembuangan air radiatornya patah, gmn cara keluarin patahannya dari blok silindernya mas..?
dah caba saya paten aja pake lem besim tetep aja ngak kuat, karena panas terus, lemnya copot juga..
ada idea mas..?
By: penggemar ninja on Mei 16, 2012
at 10:35 am
pembuangan radiator di motor atau mobil mas? , kalau radiator jaman dulu bisa di patri pakai tembaga , nah kalau radiator jaman sekarang aluminium susah di repair.. , atau baut pembuangan bagian mana nech? 🙂
By: azizyhoree on Mei 16, 2012
at 12:26 pm
kalo baut jebol, di recoil saja, lebih kuat, cepat, gak ribet, bersih, rapi…. recoil nya sih murah… tapi tap recoil nya yg mahal, ada juga yg jual eceran, merk gak harus yg germany. beli ukuran M6 ama M8. ukuran baut paling common di motor. ati2 kalo pas ngeTap, miring kapoookkkk…. xixixixixixi….
By: athar on Mei 16, 2012
at 10:43 am
karena saya bilang Helicoil maka ya made in germany mas ( helicoil = merk recoil germany)
kalo recoil = umum , iya tab nya mahal banget & set nya khusus , ga bisa sembarang pakai tab metric
By: azizyhoree on Mei 16, 2012
at 12:21 pm
oli yg cocok buat blade apa ya 😦 , di buku panduan 10-30w tapi ane pake mpx1 karena masih servis ke 1 …. cepet panas,,,kasar,,tapi akselesari nya cepet… 60kpj gak pake lama
bingung cak 😦
By: bimo96 on Mei 16, 2012
at 8:20 pm
adjustable locking pliers / vise grip curve jaw .. panganan opo kui,,,, 🙂
By: at0zz on Mei 18, 2012
at 9:16 pm
Keren tehniknya, ga kpikiran buka/pasang baut ky gitu..pake tehnik sunduk sate..
By: Ad on Mei 18, 2012
at 9:43 pm
cara yg baik untuk memper baiki mur pembuangan oli yg selek dah susah d pang lg apa y ????
By: d on September 10, 2012
at 4:01 am
cara mengganti baut tanam cilinder yg patah gimana yaahh .. ???
By: stevano on September 27, 2012
at 12:46 pm
Ukuran panjang baut sunduk tiger berapa ya mas,,
sedangkan punya megapro berapa panjangnya.
By: Jagal on November 29, 2012
at 7:53 pm
oli bocor pada baut kepala silinder,tp cm 1 baut aj yg bocor,yg 3 tidak,apa pnyebabnya ya?
By: jolendu on Februari 23, 2013
at 5:07 pm
kalo ngebuka baut tanamnya sama atau beda caranya ?
By: zay on Maret 3, 2013
at 9:49 pm
yuhu
sip zis.
By: linug on Juni 13, 2014
at 1:13 pm
matur swun mas e 😀
By: warung DOHC on Juni 13, 2014
at 1:19 pm
Kalo sunduk satenya yang patah didalem gimana om?? tolongin om… punya saya patah satu…
By: Ariez Dragon Force on Oktober 20, 2016
at 1:12 pm