Oleh: azizyhoree | Mei 15, 2012

Baut tanam cylinder block copot? Jangan panik


Yaps mungkin ada yang pernah nemuin / mengalami ketika sedang membuka nut / mur pada cylinder head ehhh  baut tanam cylinder block / head ikut   copot, memang kalau bengkel/ mechanic sudah biasa menemui hal seperti ini,  namun untuk yang baru belajar bongkar2 sendiri  jangan panik dulu mas bro!  , jangan langsung vonis drat rusak atau ulir crank case jebol ..  kejadian ini lumrah untuk usia motor yg cukup tua ataupun sering bongkar-pasang 🙂

Jika mengalami hal ini, Sekalian saja bersihkan permukaan piston  saat servis besar , lepas boring / cyinder block,   nah nanti pangkal baut tanam atau istilah jawa nya ” sunduk sate” bahasa teknis nya bolt cylinder stud ini akan kelihatan,  check ulir pada crankcase ,jika ulir masih bagus ya ..  fine hanya copot biasa …..

image

Karena

kedua ujung baut ini sama sama ulir,  maka ada Tips pemasangannya …

Sediakan mur / nut yang seukuran dengan ulir baut bagian depan head 2 buah …

Pasang ke dua mur ke ulir baut tanam bagian depan lakukan penguncian dengan memutar saling berlawanan ke 2 mur tersebut,   nah ke dua mur akan berfungsi sebagai kepala baut sementara. Untuk mengencangkan baut tanam saat dipasang di crank case …

Sediakan lem ulir / thread lock .. contoh yg saya pakai adalah Locktite 638 …  teteskan pada ulir baut tanam, pastikan drat & ulir dalam bersih dari kotoran

Mulai pasang baut tanam ke crankcase,   lakukan pengencangan dengan 2buah mur uang telah terkunci …. sesuai ukuran torsi atau jika feel sudah dapet jangan dipaksa dikencangkan lagi .. , setelah terpasang dengan kencang lepas mur yang saling ter kunci tadi dengan 2buah kunci pas, dibuka saling berlawanan …. siph beres dah

*opsi selain menggunakan 2 mur saling kunci,   bisa juga menggunakan tang jepit /tang grip/ adjustable locking pliers / vise grip curve jaw / ….. tergantung kebutuhan & posisi mana yang lebih mudah

Salam from warung DOHC   ,
Wassalamu’ alaykum  😉


Tanggapan

  1. mumet lek, baut tanam knalpot q slek, huaaaaaaaaaaaaaa 😦 …………………….
    . vario 125 gan, asekkkkkkkk
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/05/15/test-ride-vario-125/

  2. Amankan podium doeloe :mrgreen:

    http://javabiker.wordpress.com/2012/05/15/honda-teralis-dohc-ini-baru-motor-laki/

  3. sip.
    #raup sek kang,ben ora salah nulis. ‘yang jadi uang’ ‘kunci jd kunco’

    • bhahahaha.., sik sik banyu kran e lagi macet kiii :mrgreen:

  4. Podium dulu..entok ra?

  5. mantaf nich tipsnya, honda C70 ane sering bocor olinya dari bawah, bwt adakah cara mengatasinya gmn?

    • bocor darimana dulu mas? kalau dari baut tap oli , paling darurat kasih seal tape dulu .. opsi lain perbesar ulir baut , opsi terakhir bikin ulir ulang dengan melakukan las babet terlebih dahulu, tapi kalo sumber bocornya dari area lain ya di check dulu 🙂

  6. Ajiip..tp ane msh blm bs paham..kapan2 ajarin ya 😀

    • boleh aa 🙂 kapan2 gantian mampir

  7. ya ya ya..

  8. pernah pergi ke bengkel vespa, ternyata di sana ada juga baut silinder khusus untuk yg dratnya jebol, bautnya lebih gede dikit dari pada aslinya, jadi gak perlu cor cranckase lagi, hemat deh cuma 10ribuan, mungkin untuk motor jepang juga ada baut khusus baut silinder dol, vespa yg jarang aja ada apalagi bebek jepang,
    silakan cari di toko besar 😀

    • mungkin ukuran metric nya ditambahi 0,5 mm itu mas baut ulir yang dimaksud … cara laen kalo ulir udah jebol ya di shock bisa pakai kuningan / di cor babet , atau cara plug and play pake helicoil tapi alat mahal dari germany 🙂

      • pastinya sih, dan ulir baut yg ,menuju cranckase lebih besar dikit dari aslinya, sementara ulir satunya tetep standart,
        cara jitu buat ngakalin part rusak

  9. ra mudeng… :mrgreen:

    sang Raja harus turun tahta..??

  10. mas, coba dong bikin tutorial cara buka head silinder (bebek atau sport yg biasa aja :D), aku pengen bersihin piston sendiri, tapi takut gak bisa balikin terutama pada sistem gear noken ass dan rantainya, takut salah pasang dan bikin klep tabrakan

    • oke mas request ditampung 🙂

  11. Jossss dah artikelnya….

  12. Bahasa teknis di honda “Boltstud” mas…karna jenis baut nya memanjang dari crank case sampai head melewati cylinder Comp…jadi begitu disebut boltstud orang udah tau yg mana….nice artikel masbro.

  13. saya cm bisa pake..
    #ngak ngerti..

  14. kalau baut silinder copot belum pernah liat,yang paling sering baut tanam knalpot terutama bebek,bautnya kecil,kebanyakan saya liat ukuran 10.kepanasan terus jadi getas dan mudah patah

    New Vixion,Mudah-Mudahan Sudah Mengadopsi Fitur Ini

  15. mas motorku dri saluran outlet keluar asap putih. apanya mas yg rusak.? kata mekanik klo ga klep bocor bisa jadi piston retak. mohon pencerahan

  16. weleh angel

  17. buat tutorial belah mesin vixi mas. Hehehe.
    Biar blajar, kan ngamalkan ilmu. . .

    Kenalan

  18. Aduh ngencengin pke feel itu susah2 gampang,prnah baud tap oli jd bocor trus gr2 ulirnya rusak,mgkn trlalu bertenaga ngencenginya,he smpe skrg g mau gnt oli sndri lgi,takut bocor,wekeke

    • yo wis lain kai kalo fell belom terboasa, pakai torque wrench mas, biar aman 🙂

  19. nitip tulisan mas
    http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/05/16/setangkai-mawar-buat-ibu/

    terima kasih

  20. klo baut pembuangan air radiatornya patah, gmn cara keluarin patahannya dari blok silindernya mas..?

    dah caba saya paten aja pake lem besim tetep aja ngak kuat, karena panas terus, lemnya copot juga..

    ada idea mas..?

    • pembuangan radiator di motor atau mobil mas? , kalau radiator jaman dulu bisa di patri pakai tembaga , nah kalau radiator jaman sekarang aluminium susah di repair.. , atau baut pembuangan bagian mana nech? 🙂

  21. kalo baut jebol, di recoil saja, lebih kuat, cepat, gak ribet, bersih, rapi…. recoil nya sih murah… tapi tap recoil nya yg mahal, ada juga yg jual eceran, merk gak harus yg germany. beli ukuran M6 ama M8. ukuran baut paling common di motor. ati2 kalo pas ngeTap, miring kapoookkkk…. xixixixixixi….

    • karena saya bilang Helicoil maka ya made in germany mas ( helicoil = merk recoil germany) :mrgreen: kalo recoil = umum , iya tab nya mahal banget & set nya khusus , ga bisa sembarang pakai tab metric

  22. oli yg cocok buat blade apa ya 😦 , di buku panduan 10-30w tapi ane pake mpx1 karena masih servis ke 1 …. cepet panas,,,kasar,,tapi akselesari nya cepet… 60kpj gak pake lama

    bingung cak 😦

  23. adjustable locking pliers / vise grip curve jaw .. panganan opo kui,,,, 🙂

  24. Keren tehniknya, ga kpikiran buka/pasang baut ky gitu..pake tehnik sunduk sate..

  25. cara yg baik untuk memper baiki mur pembuangan oli yg selek dah susah d pang lg apa y ????

  26. cara mengganti baut tanam cilinder yg patah gimana yaahh .. ???

  27. Ukuran panjang baut sunduk tiger berapa ya mas,,
    sedangkan punya megapro berapa panjangnya.

  28. oli bocor pada baut kepala silinder,tp cm 1 baut aj yg bocor,yg 3 tidak,apa pnyebabnya ya?

  29. kalo ngebuka baut tanamnya sama atau beda caranya ?

  30. yuhu
    sip zis.

    • matur swun mas e 😀

  31. Kalo sunduk satenya yang patah didalem gimana om?? tolongin om… punya saya patah satu…


Tinggalkan komentar

Kategori