Mas bro sekalian seperti yang kita ketahui sepeda motor keluaran terbaru seperti sekarang ini telah banyak yang mengaplikasi filter oli type cartridge / atau bisa diganti secara berkala, Yups memang penggunaan filter type ini ditujukan agar mudah melakukan perawatan serta menghasilkan saringan oli yg berkualitas. meski ada juga type lain yaitu, (comp rotor oil filter yang hasil penyaringannya ga kalah bersih) , dari ke dua jenis filter oli tersebut ada kelebihan serta kekurangan masing2, kali ini mari kita bahas dahulu type cartridge oil filter :
pada pengaplikasiannya cartridge oil filter ini terletak, di jalur oli setelah out put dari Oil pump, dan hasil saringan nya disalurkan menuju lubang pada crank shaft, yang kemudian melumasi bagian 2 fital seperti connecting road (stang piston) , bearing, pin , serta piston dan liner cyilinder block , dimana komponen ini mendapat beban stress ter tinggi merubah gerakan translasi menjadi rotasi, serta mendapat perlakuan panas yang ekstreem dari ruang pembakaran, disisi lain jalur pelumasan menuju transmission dan valve train.
Sepanjang yang yasa temui Pada motor yang mengaplikasi type cartridge ini ada 2 jenis bahan filter,
1.bahan dari kertas, hasil penyaringan relatif bersih, namun life time penggunaannya lebih singkat, karena endapan gram mudah menempel pada kertas, dan menyebabkan aliran sirkulasi oli terganggu jika tidak segera diganti, harga filter kertas relatif lebih murah contoh peng aplikasiannya : Suzuki Smash, satria FU , yamaha vixion, jupiter mx Dll
2.bahan dari rajutan lembut semacam nylon , penyaringan juga bersih namun pory2 rajutan tak selembut filter kertas, life time pemakainnya relatif lebih lama dan awet karena filter bisa dicuci, tidak mudah mengendap dan “ulet” kuat, harganya lebih mahal dari filter kertas, contoh pengaplikasian pada tamaha Scorpio
dari filter jenis cartridge tersebut mempunyai keuntungan mainteneance yang lebih mudah secara berkala, namun jangan di sepelekan masa life time nya, jika tidak pernah diganti , penuh endapan bisa menghambat sirkulasi pelumasan dan fatal akibatnya…. 👿
jadi sering2 lakukan pengecekan dan penggantian jika sudah tidak layak pakai, terlebih setelah mesin mengalami kerusakan contohnya piston mbaret atau kampas kopling pernah terbakar seperti yang pernah saya tangani =>> click disini 😎 maka filter oli wajib ganti!
, sepanjang yang saya ketahui untuk type filter kertas max pemakaian adalah setiap 10.000km
monggo di share jika ada yang mengetahui informasi lain nya
semoga bermanfaat
salam from 2WD’s Warung DOHC
Wassalamualaikum 😀
PERTAMAX !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
By: aditninjamaniac on Maret 29, 2011
at 10:50 pm
walagh koneksi dewa!
By: warung DOHC on Maret 30, 2011
at 12:04 am
KEDUAXXX……
By: aditninjamaniac on Maret 29, 2011
at 10:51 pm
KETIGAXXXXX + komen
wah kirain cartridge printer..ahihi..si ijo filternya kaya apa ya?blm pernah bongkar aku mas..
nitip ah
http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/03/29/nomor-polisi-kendaraan-roda-dua-di-bandung-udah-3-huruf-lhooo/
By: aditninjamaniac on Maret 29, 2011
at 10:52 pm
aghihihi ninja mah kagak pake cartridge dit! :D, tapi ada system filter laen entar dagh dibahas, tapi yang jelas kerja pelumasan (oli mesin *dalam hal ini oli gear boxuntuk engine 2 tak jauh lebih ringan dari pada oli mesin 4T
By: warung DOHC on Maret 30, 2011
at 12:06 am
si ijo aja nih bikin percobaan mas.. 😀
By: aditninjamaniac on Maret 30, 2011
at 7:34 pm
nek Tiger ga pakai Catridge ya Mas Bro, mung sarangan kadose niku tok onten sanese nggeh ?
By: Triyanto Banyumasan on Maret 29, 2011
at 10:52 pm
yups, bang tagor pakai rotor oil filter… besok dibahas terpisah, bilamana saringan di bawah dekat tap pembuangan hanya menyaring material gram kasar 😀
By: warung DOHC on Maret 30, 2011
at 12:08 am
klo pake yg kertas bisa ancur ga ya tu filter klo yg punya kelupaan waktunya ganti tapi ga di ganti² ??
By: lufi on Maret 29, 2011
at 11:12 pm
kalo cuma lebih dari 10.000 tuh ga hancur mas, cuma endapan nya lama 2 meng hitam dan susaH ditembus sirkulasi, bisa hancur kalo make nya seumur hidup + sering di cuci bensin
By: warung DOHC on Maret 30, 2011
at 12:09 am
Sesuai buku petunjuk manual, vega zr saya juga setiap 7ribu km selalu diganti filter oli,filter udara sama businya 😉
By: Basho on Maret 30, 2011
at 12:17 am
nahhh good inpo mas thanks, quoted dech siiph siph 😀
By: warung DOHC on Maret 30, 2011
at 12:24 am
Sesuai petunjuk buku manual, vega zr saya juga setiap 7ribu km selalu diganti filter oli,filter udara sama businya 😉
By: Basho on Maret 30, 2011
at 12:21 am
Wah, dobel post. Tolong dihapus aja salah satunya masbro 🙂
By: Basho on Maret 30, 2011
at 12:23 am
ga pa2 entar aja belom buka dashboard
By: warung DOHC on Maret 30, 2011
at 12:28 am
okelah kalo beg beg beg
By: Maskur on Maret 30, 2011
at 1:16 am
beg beg beg , cepetan diganti pil filter beg beg nya pakde 😆
By: warung DOHC on Maret 30, 2011
at 2:18 am
sering dicuci aja kalo dari kawat/nylon…mx dan vixi ajib juga kalo pake punya scorpio…lebih plong dan lancar…suara alus mesin lebih adem………..
By: martini on Maret 30, 2011
at 1:25 am
siipphh begawan… udah ada yang praktek in 😀
By: warung DOHC on Maret 30, 2011
at 2:20 am
walah aku malah baru ganti tu… itu juga temenku yg ngingetin… pdhl waktu itu km udah 48rebuan xixixi parah… beli di dealer harga 13rebuan…
By: terong amnesia on Maret 30, 2011
at 2:17 am
nhaa ini dia yg tobat nya setelah tuwek
By: warung DOHC on Maret 30, 2011
at 2:19 am
Ow begitu, ya ws besok pas ganti air radiator ganti ah.
By: TDF on Maret 30, 2011
at 3:52 am
brutull
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 5:41 am
Absen
By: AF on Maret 30, 2011
at 5:21 am
monggo kerso
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 5:51 am
shogun tiap 3x ganti oli salah satu nya ganti filter,9rb aja
By: jahe on Maret 30, 2011
at 5:45 am
yups, 3 X ganti oli berarti 3 X 2000 = 6000 km / filter ( masih angka aman ) 😀
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 5:57 am
^ orisinal sgp lho 9rb itu
By: jahe on Maret 30, 2011
at 5:46 am
iya iya mas aku ngerti list harga ne part2 moving fast suzuki kok
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 5:59 am
iya iya mas aku ngerti lsitu mantan mekanik suzuki kok
By: jahe on Maret 30, 2011
at 8:00 am
wuashem 😳
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 8:03 am
motorku kok ga ada beginian yak?
By: si oom as varioputiih on Maret 30, 2011
at 7:09 am
memang bukan type cartridge untuk vario om 😀 nanti saya bahas lain kali 😀
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 8:03 am
lha nek wekku filtere apa mas? Apa malah kretek kya 234
By: snalpot99 on Maret 30, 2011
at 7:10 am
kalo mau yg filter ada mild serries mas
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 8:04 am
Wahhhh jpz belum pernah merasa ganti gan, padahal odo sudah 73rb.
*waswas mode : on.
By: Sendal bolong on Maret 30, 2011
at 7:25 am
ha ha hay! ketahuan juga yang ini, sadar nya setelah menjelang tuwek
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 8:06 am
lah nek regone filter vixion piro mas?
(pas ganti pertama di 9000km saya ga merhatiin harganya mas. skrg dah 16ribukm.. msh 2rb lagi..)
hehehe..
By: kidz on Maret 30, 2011
at 7:34 am
wagh…. aku belum punya list buat part yamaha 😦 * besok tak ngrampok bengkel sebelah :twisted; tapi kalo ga salah denger diangka 15 rb- 25 rb po ya? 🙄 * nunggu biker yamaha yg jawab biar valid
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 8:08 am
Emang bener yah Bro, honda legenda ga ada filter olinya?
kata mekanik ahass dl filternya dr besi. jd ga perlu diganti.
By: Safety Rider ex Legenda Rider on Maret 30, 2011
at 8:13 am
bukan mas, bukan yang di tap oli itu filternya, nanti akan saya bahas selanjutnya, dia pake centrifugal filter assy 😀
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 9:07 am
cek harga
Filter oli jupiter mx = 22rb
Filter oli scorpio = 82rb
4 kali lipat je. Apa keawetane juga 4 kali lipat?
By: Maskur on Maret 30, 2011
at 9:12 am
siph quoted pakde 🙂 yang jelas punya scorpi tahan minyak dan bensin saat dicuci pakde, dan bahan yg bukan dari kertas itu ah yg membuat partikel gram dan oli tidak mudah menempel 🙂 memang mahal sich
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 9:39 am
setelah tak amati susi satria 120r koq ga ada catridge filternya 😀
By: dnugros on Maret 30, 2011
at 9:34 am
jawabannya mirp in reply to adit ninja maniac, entar tak ulas lagi mas, kenapa oli mesin 2T berbeda dengan 4T 😀 stay tune mawon 🙂
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 9:41 am
si Alex (honda GL cepex) oil filternya dimana ya????
*kukur2 gak gatel
By: damhar on Maret 30, 2011
at 9:41 am
ada mas, nanti saya bahas terpisah, sik jelas dudu cartridge oil filter jenis yg dipake 😀
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 10:05 am
motorku setahun rung ganti, suwun di elingno
By: bintang on Maret 30, 2011
at 9:44 am
cepetan diganti ! 😀
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 10:02 am
CS1 ada filter oli juga ga mas bro,??
Klo ada dimana letek ny,??
Maklum ank polos ga tahu apa apa T^T
By: Mr_Long'S on Maret 30, 2011
at 9:52 am
nanti akan saya bikin post tersendiri mas bro, yg jelas S1 bukan pake cartridge 😀
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 9:59 am
waduh tengkyu mas atas infonya, thunderku udh 1 thn gak diganti filternya 😀
By: monde on Maret 30, 2011
at 10:02 am
walaaaaaahh ternyata banyak yang sadar, tobat setelah tuweeek! * usia motornya kamsud nya cepetan ganti pak!
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 10:04 am
nunggu doch sing 150, ben koyo gonmu..
By: monde on Maret 30, 2011
at 10:20 am
ok ok ok , yakin tak lama lagi netes
By: azizyhoree on Maret 30, 2011
at 10:25 am
wedew…
Karisma-ku lebih dr 100ribu KM, blm pernah ganti tuh…
baru tau….
parah!!!…
By: idog on Maret 30, 2011
at 11:11 am
karisma ga ada cartridge oil filternya mas bro 😀 , ntar saya ulas apa yg menjadi filter di karisma 🙂
By: warung DOHC on Maret 30, 2011
at 5:29 pm
ngopi-ngopi dulu… 😀
http://yudibatang.wordpress.com/2011/03/30/antara-bikers-kopi-rokok-dan-gorengan/
By: yudibatang on Maret 30, 2011
at 11:51 am
wuuuuiihh wuuenak
By: warung DOHC on Maret 30, 2011
at 5:28 pm
memang bener2 alat “vital” kl rajin servis di dealer biasanya diingatkan ama mekaniknya. Gw ganti tiap 7000 km aj gramnya banyak banget
By: broer on Maret 30, 2011
at 5:33 pm
sipphh harus tertib 7000km ganti siph lagh! 🙂
By: warung DOHC on Maret 30, 2011
at 8:42 pm
cs1 gimana mas?
seklian nanya.cs1 ku kadang mbrebet mas.gejalnya biasanya terasa habis ngebut trus nyantai.gejalanya kalo digas mati tapi kalo stasioner lancar.menurutku skepnya gak mau naik.jadi waktu digas kupu2 nya thok yg membuka.
menurut sampeyan gimana mas dan apanya yg perlu diganti/perbaiki
By: gaplek mania on Maret 30, 2011
at 6:28 pm
CS1 ga pake cartridge oil filter mas :), ntar saya bahas di lain post 🙂
< brebetnya tersendat2 mau mati atau mesin teriak tapi gak nambah lari?…..
kalo memang dari membrannya gak mau ngangkat skep , tuh gejalanya mesin teriak tapi ga mau lari…… beda dengan kalo gejala di gas mati mah biasanya pasokan udara kurang atau malah bisa jadi ada selang vakum yg bocor…
By: warung DOHC on Maret 30, 2011
at 8:45 pm
@bro sendal bolong & bro aziz:
bebek yamaha yg pake cartridge oil filter setahu saya cuma jupie mx ama vega zr. Jupie z ngga pake. Saya sendiri juga heran. Mohon pencerahannya bro aziz 😉
Trus tadi ada yg bilang harga filternya cuma 9ribu-11ribu. Saya kok kena 23ribu. Pakde maskur juga bilang 22ribu. Kok harga filter motor2 yamaha bisa 2x harga filter motor merk laen ya? Mohon pencerahannya juga bro aziz 😉
By: Basho on Maret 30, 2011
at 9:27 pm
JPZ ga pakai sistem model ini mas bro, tapi tetep ada kok, nah jelasinnya panjang, mending besok pada artikel berikutnya yach.. seperti pertayaan pengguna CS1 / tiger diatas, mirip2 kasus pada JPZ, namun new JPZ yg iklan lorenzo dah pake sistem cartridge
By: azizyhoree on Maret 31, 2011
at 1:17 am
By: touringrider on Maret 30, 2011
at 9:40 pm
siph cak 🙂
By: azizyhoree on Maret 31, 2011
at 1:15 am
d buku manual cs1 ada (bersihkan saringan oli) tiap servis bkala, tp d motor kok ga ada, salah cetak x y….
By: dre on Maret 31, 2011
at 5:12 pm
aghihiihi oil filternya bukan yang type cartridge mas.. hmmm ga tau salah cetak kali ? 🙄
By: warung DOHC on Maret 31, 2011
at 6:33 pm
kecuali maksudnya, bersihkan penampung oli pada saringan filter udara…. (kalo itu memang ada) 😀
By: warung DOHC on Maret 31, 2011
at 6:34 pm
o…begono magsudnyo…
By: dre on Maret 31, 2011
at 7:57 pm
😀 he he
By: warung DOHC on Maret 31, 2011
at 8:52 pm
setahu saya Filter Olie ini jadi andalan promo produk Kawasaki (Kaze series…) dengan istilah penyaringan Ganda… apa maksudnya bro Aziz… ? (mohon penjelasan)
By: Deede on April 1, 2011
at 6:27 pm
mantap lah mas aziz ni,bago2 donk
By: adeuprie on April 12, 2011
at 11:20 am
meggi ane kagak ada giniannya
By: ipanase on Juli 16, 2011
at 12:34 am
kalo supra 125 perlu ganti filter oli ga? saya punya dah hampir 19 km blom diganti, coz mekaniknya diem aja.
By: KICA on Agustus 25, 2011
at 8:17 am
Mas ,katanya mau jelasin oil filter yg honda (yg rotor oil filter) ? Saya punya beat tp kata si mekanik langganan saya ga usah di ganti (dari pertama make smpe sekarang belum ganti) jadi gmn ? Di suruh bersihin jg gamau katanya ga perlu jg ???
By: widy awan on September 3, 2011
at 11:18 am
he he artikel nya belum di draft mas bro , wah kebetulan untuk beAT dan matic honda aku belum mendalami secara detail system oil filter nya , besok tak cari tau 🙂
By: azizyhoree on September 7, 2011
at 10:58 pm
apa efeknya cak lek ga pernah diganti cartridge untuk suzuki smash,
By: harunputrasejati on Oktober 15, 2011
at 9:21 am
yaa oli kotor nya numpuk menjadi endapan di area cartridge, paling ekstrem kalo cartridge e buntu cak, bakalan tersumbat jalur lubrikasi ke cylinder block-piston-dan crankshaft #bahaya 😈
By: warung DOHC on Oktober 15, 2011
at 11:05 am
mtor sya kwask blitz R lha permasalahan saya knpa ya, di pgi hri sya mau manasin ada bunyi klok,2 trus kal buat jlan gk da suar,nya lg thu knpa bos,?
N saringan oli,nya bocor pa gk msalah,?
By: riyan on Desember 25, 2011
at 9:10 pm
Kalo motor sport honda masi pake rotor kah saringan olinya ? Misal cbr series pake apa mas ?
By: widy awan on Januari 12, 2012
at 10:34 am
[…] ganti dikhawatirkan mampet karena tersumbat endapan oli jadi memang perlu di perhatikan pentingnya masa penggantian cartridge oil filter mas bro ! filter oli original […]
By: Yamaha Scorpio kasar ? , coba check & service aja yuuk.. « Azizyhoree's Blog on Maret 5, 2012
at 9:02 am
jupiter z pake oli filter ga mas…,…
By: ivan on Februari 20, 2013
at 10:06 pm
siang pak, sy mau tanya, motor sy vega zr, apa bisa pake filter oli dari motor lain, mengingat hrg filter oli vega zr 2x lipat dari filter motor lain? krn dari bentuknya mirip” filter shogun dan kaze R. terimakasi
By: ajun on Juni 22, 2013
at 11:46 am