Piston Honda CBR 150R sedang booming di kalangan mekanik korek harian . Terutama untuk aksi bore up dan stroke up karena ukuran dan bentuknya lebih menguntungkan.
Dari ukuran yang menguntungkan yaitu jarak dari pen sampai permukaan atas piston . Sangat pendek sekali, sehingga bisa dipasang di mesin bebek atau skubek.
ke untungan lainnya , seher CBR yang pendek ini ketika dipasang lebih ‘mendem’ . Kalau dilakukan naik stroke bisa 5mm tanpa adanya paking blok silinder tambahan. Sehingga kelihatan dari luar, seolah2 mesin masih seperti standar.
Namun saking larisnya, seher CBR banyak palsunya. Walau kardus dan mereknya Honda, tapi kalau harganya murah itu dipastikan palsu. *palsu disini maksudnya bukan OEM AP Honda thai.
Apalagi seher CBR asli Honda hanya sampai oversize 100. Anehnya di pasaran beredar sampai oversize 400 yang sudah pasti bukan buatan Honda thailand meski kardusnya Honda.
namun begitu ada juga Bentuk yang merugikan dari piston CBR 150 ” jika dipakai pada engine ber valve 2 buah ‘ juga ada yakni kepala piston. Ada 4 coakan alur klep. selain coakan tersebut menambah ruang combustion chamber, untuk pemasangannya juga harus di sesuaikan ulang dengan klep pada motor yang akan mengkanibal nya 🙂
sumber from: http://motorplus.otomotifnet.com .
sekedar FYI , kode part untuk piston CBR 150 = 13104 – KPP – 900
& untuk ring piston set = 13041 – KPP – 900
dan jangan lupa OEM thai hanya sampai OS 100!
*update terbaru, part2 CBR150 sudah bisa dipesan di blog ini :
untuk pemesanan monggo mail to warung.dohc@yahoo.com
monggo di share beserta uneg2 nya 😉
salam from warung DOHC , never_ending_horee_exploring!
Wassalamu ‘ alaykum
Belum punya pengalaman korek motor masbro.. btw kalo tiger pake piston cbr bagus ngga masbro buat meningkatkan performa?
By: masmondol on November 8, 2011
at 3:40 am
beda design kepala piston mas, sementara diameter sama…….. yang ada malah piston tiger yg dipakai untuk CBR * dulu dipakai untuk mengakali susah nya mendapatkan piston ori CBR , dengan memakai Piston Tiger yg di modif coakan klep di kepala piston nya 🙂
By: azizyhoree on November 8, 2011
at 8:04 am
Gan,,tlg bantuan n info nya ye buiat ane,,ane di Banjarmasin gan,,makasih
By: Rizqan on Desember 19, 2011
at 3:20 am
thanks infonya, sangat mencerdaskan.
By: men on November 8, 2011
at 6:29 am
he he , hanya sedikit menambahi mas 🙂
By: azizyhoree on November 8, 2011
at 8:05 am
di pasang ke Fu ngaruh ke performa gak ya? 🙄
By: agoey on November 8, 2011
at 8:03 am
pernah juga dipakai…. pada modif FU…. hasilnya .. ngacirrr 😛
By: azizyhoree on November 8, 2011
at 8:07 am
Ngaruh. Lebih boros
By: Dendy on November 8, 2011
at 8:07 am
mosssokk
By: azizyhoree on November 8, 2011
at 8:50 am
nais inpoh bro…
numpang baca2..
By: setia1heri on November 8, 2011
at 8:25 am
monggo mas 🙂
By: azizyhoree on November 8, 2011
at 8:51 am
Ooo gitu..??? (msh ga minat. lha wong ga punya CBR….)
nitip aja.. sp tau WD bisa bantu…
By: Idog on November 8, 2011
at 9:45 am
kan bisa di pake bore up motor laen xixixi 😛
By: azizyhoree on November 8, 2011
at 10:19 am
CBR= Honda CB plat R
By: kurniaprorider on November 8, 2011
at 9:52 am
wahhhhh west jateng style iku #cilacapan PWKT 😛
By: azizyhoree on November 8, 2011
at 10:20 am
nek dipasang ke MX bisa nggak Ooom
By: Maskur on November 8, 2011
at 10:10 am
Mx lho udah pendek juga piston nya #mau di pendekin lagi?
By: azizyhoree on November 8, 2011
at 10:22 am
buat ngebuts
By: si oom on November 8, 2011
at 11:09 am
jangannnn 😈 pasang di mesin pompa aja #buat ngaliris sawah!
By: azizyhoree on November 8, 2011
at 1:20 pm
anda sangat mengerti mesin,salut
By: bimo96 on November 8, 2011
at 5:05 pm
he he bim.. bim .. kalo ga “dolanan engine” rasane yuk opo gitu rasane
By: azizyhoree on November 8, 2011
at 7:02 pm
Maaf ane awam soal mesin..
Butuh pencerahan…
Mo tanya ini Valve apaan sech bos??
Truz silinder itu apaan pan ada yg 2 silinder, 1silinder?
Klo DOHC,ama SOHC itu mesin model gmn?
Seher ama piston bedanya apa y??
Mohon penjelasan dan bimbingannya.
By: Winn Madsen on November 8, 2011
at 8:05 pm
wouggh beneran mas? 😛
oke tak jawab semampunya ,
valve= katup , klep , (*katup berawal dari singkatan buka tutup)
silinder= piston = batang torak = media peng kompressi ruang bakar sekaligus penyalur tenaga hasil pembakaran yang bergerak translasi ( maju-mundur atau naik-turun ) kemudian selanjut nya di transfer ke fly wheel menjadi gerakan rotasi (berputar) dan seterus nya
* 2 silinder = engine dengan penggerak 2 piston bisa berkonfigurasi paralel / segaris ataupun V dan sebagaianya
DOHC = double over head cam shaft
(penggerak valve / katup dengan 2 buah cam / bubungan *tonjolan yang berupa as asimetris menggerakkan katup tersebut diatas cylinder head
SOHC = Singgle over head cam shaft , prinsip juga menggerakkan katup diatas cylinder head namun hanya dengan 1 buah bubungan as / cam shaft shaft
#ok semoga membantu *kapan2 tak bikin dokumentary artikel berkaitan dengan ini 🙂
By: azizyhoree on November 8, 2011
at 8:27 pm
Ane blm lma tnggal di indo ane dlu lair dmari n pndah ke negara tetangga. Ane balik ke indo lantaran cuma pgen pny mtor n kmaren ane bngung byk bgt motor dmari. Tp sy tertarik CBR 150R DOHC 4Valve. Makanya ane tanya apa itu Valve ama Konfigurasi mesin berpondasi DOHC.
Ane tny2 anak2 bengkel gak faham, gugling apa lg..
Kira2 ada saran motor yg cocok/lagi trend di sini.
Maju terus kang Azizy
By: Winn Madsen on November 9, 2011
at 5:31 am
pin pistonnya ukuran brapa kang???
By: kang_ulid on November 8, 2011
at 10:02 pm
gede ini kang # 15 mm ketoki *sik2 tak buka primbon
By: azizyhoree on November 8, 2011
at 10:32 pm
‘silinder= piston = batang torak =….’ mungkin maksudnya seher= piston…. dst ‘kali ya?
By: raya on November 8, 2011
at 10:17 pm
iyo mas, maksudku di penjelasan diatas setelah persamaan silinder : piston , kemudian dst 😉
By: azizyhoree on November 8, 2011
at 10:31 pm
Arep teko ae, bongkar silinder head CS1 perlu ganti packing ga? (arep cek ruang bakar, busi basah terus) matur nuwun.
By: Dre on November 9, 2011
at 12:05 am
asal hati2 masih bisa dipakai mas, yang perlu diperhatikan saat pemasangan ulang harus rapet kalo kurang teliti rawan bocor air radiator melalui celah cylinder head 😈
By: azizyhoree on November 9, 2011
at 12:48 am
mas bysonku ngebul.. oli ne kalong terus… indikasi opo ki mas? ring seher ya kira2
By: anx45 on November 9, 2011
at 1:30 am
wahhh , opo sering Rpm tinggi dan pakai knalpot loss? 🙄
jangan panik duluu #sekarang ada indikasi premium di beberapa spbu agak kotor kadar sulfur nya tinggi , jadilah ngebul agak putih-ke biru2 an , apalagi saat mesing dingin rada ketara banget 👿
By: azizyhoree on November 9, 2011
at 2:24 am
bener bgt mas.. tpi yg jdi masalah oli mesin ikut kebakar. setelah ganti oli dalam 1000 km oli udah kering.
By: anx45 on November 9, 2011
at 3:08 am
wah kalau ada indikasi oli berkurang dalam jumlah banyak, mending di klaim mas ke dealer kalau masih garansi #segera 😛
By: azizyhoree on November 9, 2011
at 8:33 am
PRICE MAKE PERFECT
By: ipanase on November 10, 2011
at 9:13 pm
mas, seher ini kira2 harganya berapa ya mas?? (yang asli)
By: dian on November 15, 2011
at 8:43 pm
kalau dipasang di Vario gimana mas??
By: dian on November 15, 2011
at 8:48 pm
dipakai di vario bisa mas tp butuh modif agak ekstrem 🙂
#harga nya dulu yg asli set piston-ring antara 500 rb an yg asli
By: warung DOHC on November 18, 2011
at 8:26 pm
ini buat new cbr 150 mas?
part buat modif ya?
bukan untuk standard kan ya?
By: dave on November 18, 2011
at 11:53 am
new CBR mauppun old, sama mas, memang piston standart nya segede itu 🙂 , , yg std sampai oversize 100, & yg std pun suka di jejalkan ke motor laen, untuk bore up, kalo sampe 400, itu yg variasi
By: warung DOHC on November 18, 2011
at 8:35 pm
jadi yang piston ukuran 100 jg ada palsu nya?
yg di jual di ahm jg ada part palsu nya gmn bedain ma yang asli?
By: dave on November 19, 2011
at 1:18 pm
motorku udh oversize 200 lohh kang aziz hihihi *siapa juga yang nanya wkk =D
By: fakhriel on November 22, 2011
at 6:55 am
aha , pasti piston nya bukan oem? 😈
By: warung DOHC on November 22, 2011
at 10:34 am
kalau untuk bore up bgus nya pake piston tiger atw cbr mas??, trus untuk kelep cocok nya pake kelep apa byar tmbah ngacir??
By: deden on Desember 10, 2011
at 2:21 am
dipake nya di motor apa mas? 🙂
By: azizyhoree on Desember 11, 2011
at 12:10 pm
Gan,ane blh minta bantuan nya,,beli piston set+ring nya CBR150R di mana?klo boleh ane minta no ente gan,,makasih
By: Rizqan on Desember 19, 2011
at 3:10 am
send PM to warung.dohc@yahoo.com mas bro 🙂
By: warung DOHC on Desember 19, 2011
at 9:12 pm
boz harga blok nd head cbr nyampe berapa ya klo tau………..tolong blz di email ku ya………black_nittroezzz@yahoo.co.id
By: kritingz on Januari 20, 2012
at 11:50 pm
oke mas.. tapi mahal bgt kayaknya, , aku punya piston nech, belum beli head & block nya * lanjut via PM mas 🙂
By: warung DOHC on Januari 21, 2012
at 7:44 am
Gan..ane punya cs1 trus pngen ngebore up pke CBR..kira2 ap aj yg d’butuhin dan dana ny brpa kira2..trus ad yg blang pling gmpang klo cs1 ngebore up pke CBR..tlong d’princiin y…thank’s gan..
By: achmadi on Februari 22, 2012
at 10:48 am
gan kalau vega di pasang blok shogun 125 tapi pakek boring + piston CBR bisa apa gak….?????
terima kasih
By: pemlg on Juli 8, 2012
at 8:48 am
boz mo tanya ciri” piston ori ma kw di lihat dari panya..??
mohon pencerahannya,
tank’s b4r.
By: Fariz on Juli 15, 2012
at 11:37 am
kalo setting karbu 30 tzm di cbr enak gak om
By: jaws on September 5, 2012
at 12:34 am
Mas,, tolong infonya..
CBR aku air radiatornya keluar dr selang waterpump tp warnanya hitam,,kaya oli bekas..itu knp yah??kalo ada yg rusak,,apa yg harus diganti N kira2 brp harganya??mksh,,mhn di jawab
By: Roby on Desember 4, 2012
at 11:53 pm
Mau tanya oM , pen piston CBR ukuran’y 15 / 16 mm ya ?……
By: Guztav haris on Februari 25, 2013
at 6:12 am
15mm mas cmiiw
By: warung DOHC on Februari 25, 2013
at 8:45 am
Mas…mhon bntuan, cs1 saya lgi sekarat, beli ring tdj ada jual. yg ada hnya paket komplit hrga 1,5 jt. Soo.. klau saya mau bore-up kira2 apa sja yg cocok &murah…hehe trim bntuan nya…
By: Riduan on Mei 20, 2013
at 9:09 pm
tolong info yg jual seher cbr 150 thailand ori, saya sedang butuh, call saya di 085794660104
By: Dion on Mei 23, 2013
at 6:13 pm
bisa gak buat new megapro
By: ito on September 18, 2013
at 1:17 pm
itu harga nya brapa bos seher nya kumplit sama ring nya
By: dian on Desember 13, 2013
at 3:16 pm
gan kalo piston cbr400 di masukin ke karisma muat engga ya ?
karisma ane baru bor-up tiger size100
diameter piston cbr400 emng berapa mili ya gan ?
By: Tata on Oktober 14, 2014
at 4:42 pm
kalau harga stang seher cbr 150 2011 biasa sampai brp ya
By: Dewangga Galih on Maret 21, 2015
at 3:14 pm
Seher cbr sm megapro bedany brp mm y mas?,
By: Arifin on Maret 24, 2017
at 6:43 pm