Oleh: azizyhoree | Desember 10, 2010

Test ride New Jupiter MX at kenjeran Park Circuit, Surabaya


Mas bro sekalian, kesampain juga akhirnya saya melakukan test ride New Jupiter MX di sirkuit Kenjeran surabaya, sekali lagi tank’s atas undangan dari Yamaha friend’s jatim blog, khususnya bro Mario devan. untuk speck teknis nya bisa klick disini  : [https://azizyhoree.wordpress.com/2010/12/02/new-jupiter-mx-semoga-warung-dohc-jadi-test-rider/]

sembalap mas bro 😀

briefing market target & speck teknis New MX

di awali dengan briefing knowledge tentang target marketing & teknis New Jupiter MX oleh pihak management Yamaha, yang mengatakan bahwa NJ MX ini memang disasarkan bagi rider muda penyuka speed, speck teknis sudah saya posting pada artikel mx sebelumnya dimana transmisi untuk NJ MX (Hand cluth) mengambil basic dari Vixion sedangkan versi kopling otomatis tetap mempergunakan basic MX lama.

koboy's makin ngeksis mas bro... 😀

Lanjut ke sesi Test ride, saya (warung DOHC ) mendapat kesempatan putaran pertama bersama media Pers Jatim, Seperti J-TV & Oto-Plus, serta rekan blogger lain. ok, wear-pack dipakai, dan start engine. Ok,panitia mengijinkan untuk test ride 3 lap + 1 victory lap… 😀 Start new MX ini terasa agressif dan lumayan ada peningkatan performa dari seri MX lama, gear ratio lebih close, hingga saat keluar dari tikungan tajam, masih mampu digeber dari gigi-2 , untuk Top speed saya tidak bisa memaksimalkannya karena karakter sirkuit kenjeran yang patah2 dan ber tikungan tajam, khas pasar senggol 😀 Tanya tercapai antara 90-100km/h (gear 4) , gear 5 jarang terpakai kalu track lurus pendek macam kenjeran ….. milleage, saya juga tidak bisa test, karena pasti tidak boleh mengutak-atik buka2 cover carburator … (mohon maaf)

atart engine mas bro (tanpa UG) 😀

untuk handling sendiri, lebih mantab, terlebih untuk tipe hand cluth, karena menggunakan velg tapak lebar untuk roda belakang, yakni: 2,5 inch dan ban 100/70-17 (terlebar untuk kelas bebek) maka sangat mudah melakukan manufer dan late braking, didukung rear disc  brake yang pakem.

warung DOHC in action 😀

sayang manufer cornering agak terbatas karena foot step bebek standart memang rendah (wajar lah, belum dibuat speck balap) sehingga sering foot stepnya menggerus aspalt…. 🙂

starting grid +warming UP lap 🙂

mbalap bersama media pers beneran 🙂 postur ane kok kayak paling kecil ya?.., pedrosa mode:ON 😀

oiya utuk New MX automatic cluth, velg belakang sama dengan MX lama (kecil) sehingga untuk performa melahap tikungan jelas lebih mantab yang Hand cluth ….. namun kelincahan New MX automatic cluth juga lumayan setelah saya mencobanya (juga) 2 lap , di sela2 acara 🙂 berikut ini picture, request dari pembaca, semoga menjawab rasa penasarannya :

tampilan speedo saat kunci kontak di ON kan, ada lampu di setiap indikator angka nya seperti LED, namun tak se menarik new jupiter Z (yang indiglow)

lebar velg belakang 2,5 inch (hand cluth type)

new MX (hand cluth) tuas pengungkit kopling ada di case/ block engine sebelah kiri (basic vixion)

ada peningkatan volume bagasi (sekedar buat naruh mantel ) 🙂

 

lampu stop lamp saat menyala

 

perlu ga sich saya kasih bonus UG? xixida lagi sich 😀

Ok sekian report original, from warung DOHC, untuk perbedaan MX old version dengan New Jupiter mx akan saya post dalam artikel berikut nya , silahkan share pertanyaan dan komentar bro sekalian Salam Azizy_horee! Wassalamualaikum

 


Tanggapan

  1. nice info..

    • selamat pertamax nya mas els!

  2. nyoba pertamaxxx

    • wah anda kesalip bung 😀 , coba lagi 😀

  3. Guas pollllllll pokoke kikikiki
    btw kemarin macet ya…. aku nekat setelah keluar rungkut baru paham jalannya…

    • aku langsung Tepar 😦

      • KO tah… ayo kedokter bro…. jaga kondisi mau perjalanan jauh lagi loh..

      • siap !!!! uhuk -uhuk 😦

    • Helm anyar nganti kesasar yo ngisin2’i.qiqiqiqi…

      • wkwkwk, helm baru e sangar, tapi muter2 surabaya kesasar :mrgreen: masak kalah mbolang sama arek jogja ini xixixixi

  4. wah asyik tuh bisa nyobain di sirkuit beneran 😀

    • sayang track pendek mas bro 😀

  5. jadi penasaran sama powernya 😀 gigi 3 bisa brapa mas

    • saia kemaren pake autoclutch, gigi 3 dapet lebih dari 90kpj
      itu posisi dah diujung trek lurus, langsung lepas gas lg
      gak sempet masuk gigi-4

      • yang auto cluth, gigi, tetep pake ratio lama= panjang2

    • ini karakternya torsi gedhe mas bro…, gigi3 antara 80-90kpj (handcluth 5 speed type) kalau high rpm, masih ada pilihan laen 🙂

      • Aq tau…
        Pilihan lain yg high RPM
        🙂

      • sssstttt, sumbu harap disiram air! :mrgreen:

  6. track lurus kenjeran kayaknya kurang panjang ya, tambah 50 meter lagi kayaknya pas tuh…

    • 50m tetep kurang mas bro… 😀

  7. tidak tergoda untuk selingkuh dari FU ;mrgreen:

    • coba kalo saya review test ride all new CBR?????? xixixixi (harga ga lebih dari 27jt) xixixi

    • coba kalo saya review test ride all new CBR?????? xixixixi (harga ga lebih dari 27jt) xixixi

    • saya tergoda :mrgreen:

      • wikikiki, ternyata tergoda juga kalo sama turBO, turunanBangkOk xixixixix :mrgreen:

  8. launching kenjeran sama persis kaya cs1
    semoga jupimx lebih baik nasibnya nanti
    dan emang sih ky nya menjanjikan
    walopun saya masih suka byson ato airblade halaghh… Ga nyambung 😀

    • yg ini jelas bebek style mas bro 😀 dari pilihan anda jelas beda species.., byson> light sport, airblade> matic premium class 😀

  9. hmmm….
    Ada unit Jupi MX yg boléh dibawa ke Magetan
    nggak ya??? Buat dicoba mbawa beban 80kg
    kok cuman…

    xixixixi

    • ngece……….. 🙂

      • wkwkwk :mrgreen:

    • penyiksaan! awas mretheli xixixix 😀

      • Ora ngécé kok…
        Kan pembandingnya ada…
        Aq kan 80kg…

        xixixixi

    • iso nyilih.

  10. wew mantap abisz ada sainggan neee mx yg lama

    hehehehe

    • beda speck mas bro, thanks dah berkunjung 😀

  11. waahh sewru iki!!!!

    pasti iki bakalan lebih laris ketimbang FU 150!!Bodynya lebih sportyIMHO

  12. whaduh wis pirang lap ki? Komentku overlap… Mangtab… Yamaha sekarang pakai disc BELAKANG …ya?
    Ga anti kata belakang lg brarti.,

    • xixixi, rem belakange cieet mas bro……. bisa sliding, kalo nge rem di belokan 🙂

  13. mantaf jaya. koboys.

    • matur thankyu pak ketua atas dukungan nya 😀 maju terus koboys! semoga semakin Mendunia! 😀

  14. nunggu sekennya jah….sapa tau nasib sama kayak versi lama….cukup 7juta…wekekeke…kalah rek mbek sekenan jupi z

    • xixixix, mx lama harga anjlok, may be konsumen 2nd takut perawatan hi-tech engine nya mas begawan 😀 (7juta jg dapet) :mrgreen:

  15. gantian nitip NEW PAIJO

    http://www.hadiyanta.com/2010/12/09/tombo-pingin-klakon-numpak-cbr-150r-with-juragan-cbr/

    • boleh tuh pak, andai diskon 50% boleh lah tukar guling 😀

  16. mantap reviewnya……emang mirip pembalap deh, cuma kurang UG buat bawa payung aja hehehe

    • thanks mas telah mengundang….. xixixiix UG nya kalo deket2 bisa dijewer ojob (istri) ane :mrgreen:

  17. wah yg versi full clutch peleknya udah tapak lebar duong,, manteb gan..

    • iya mas, lebih lebar dari vixion (2,5 inch) 😀

      • wkwkwwk, jujur banget :mrgreen:

  18. :paw: ninggalin jejak.wah pake wearpack,perut ane kaga muat :mrgreen:

    • akhirnya tuan lilypud pertamax disini :D, wkwkwkw kemarin ane juga kaga muat, modol2 gara2 salah pilih ukuran-M, tau nya perut ku minta -L :mrgreen:

  19. lebih cakep new mx ini..lampu sein depan nya tajem gimana gitu..tapi headlamp nya kok mirip vega ZR ya mas aziz..

    btw mas..itu karet footstep ga disuruh ganti rugi kan?? xixixi :mrgreen:

    • misal pun, jatuh harusnya tes rider ga disuruh ganti dong 😀 he he he, malah si rider diasuransikan kok 😀

      • kalo gitu wearpack nya diminta aja mas aziz..masa asuransi aja dikasih..xixixi..humor dikit otak-ku lagi mumet 😀

      • ada2 aja kamu dit 😀

  20. kyne kok sih mending cs1 y?

    • tergantung dari aspek mana menilainya lek dab! 😀

      torsi jauh gede MX, high Rpm, beringas CS1 … 😀

      dan masih banyak komponen pembanding laen nya 😀

  21. bagasinya jd lebih kedepan drpd mx lama..
    trus akinya taruh mana ya?? yg tadinya tempat aki jadi bagasi di mx baru..

    • iya mas bro…. aki pindah ke depan dekat engsel jok, gambarnya saya post dalam artikel berikutnya 😀 thanks dah berkunjung 😀

  22. Bannya udah tubeless blom yah ???

    • haduhhh, saya lupa ga nanya, tp kalo lihat lebar velg belakang recomended bwt tubless, sementara depan masih seperti yg dulu, kemungkinan belom tube less (yg depan)

  23. wah dadi sembalap

    • sembalap pakde bons? =Semenjak muda berbadan gelap? xixixi wah nyindir iki :mrgreen:

  24. to be continue bro kikikiki 🙂

    http://ridertua.wordpress.com/2010/12/10/new-jupiter-mx-2011-layak-diperhitungkan/

    • walah sik rajin e 😀

  25. wah pengin njajal juga.

    • segera hunting, jupe baru, di parkiran kantor pakde :mrgreen:

  26. xixixi, rem belakange cieet mas bro……… bisa sliding, kalo nge rem di belokan 😀

    saya tertarik dengan statement ini boz, kalo boleh dicompare sama cakram belakang tiger/nmp/cs1/supra pakem mana maze?? monggo dijawab xixixixixi :mrgreen:

    • xixixixi, sugeng rawuh kang thole!, wkwkkw, okelah saya pengguna 4 motor honda dan 1 yamaha (jupe-Z), untuk urusan cieet disc brake, memang ke stabilan brake yamaha saya akui…, hanya saja untuk ser i disc yamaha model lama kok disc nya gampang tipis, ? masih belom tau, barang kali ada upgrade kekuatan pada disc 2 yamaha terbaru, tunggu waktu membuktikan :mrgreen:

    • Kayaknya pakem punya CS1 n NMP
      Kan artikel sebelumnya Aziz naik NMP
      xixixixi

      • asyiiiik, komendan FBH nongol…. ayoooo bawa aftur!! 😀 xixxixi , NMP, kemaren juga enak, smooth handling nya, tp belum tak tulis, cak, sik nunggu conect lemot 😀

      • Bukan Komendan FBH laaa…
        Cuman pengguna biasa yg prefer
        sama produk²nya Honda…

        JAOS : Mode ON
        😀

      • xixixixi, ngeless mode:pethek! (baca :ON) :mrgreen:

    • Justru sliding itu yg harus dihindari, ban memang berhenti, tapi motor tidak. Utk sehari2 yg terbaik itu pakem, tapi tidak gampang sliding. Kalau di sirkuit memang harus lebih pakem lagi, krn aspal dan bannya juga beda.

      • Ada gunanya nggak jawaban serius buat thole ya? Paling nggak rider lain bisa belajar.

      • silahkan share mas bro, disini semua bebas dan belajar 😀 thanks dah ber kunjung 🙂

      • memang untuk menjawab pertanyaan thole, jawaban pakem mengarah kesitu (ciet berhenti) namun untuk konsumsi sehari2 dan berhubung style orang berbeda2, saya juga setuju jawabanmas joko, bahwa tingkat ke pakeman rem belakang prosentasenya harus lebih kecil dari rem depan, (dalam artian, tidak semua orang enjoy dengan rem belakang terlalu pakem) butuh pembiasaan style riding jika suka sliding 😀 namun jawaban insinyur pabrikan pasti tidak seperti ini, karena seua sudah dirancang dan diperhitungkan oleh insinyur manapun yg merancang nya, so mari share bersama untuk belajar, thank’s mas joko… 🙂

  27. nuwun sewu mas bro…

    cakram belakang New MX apik… IMO, Yang kurang sip, bingkai speedometernya… Ketebelen 😀

    • secara design body garis inti, saya juga lebih suka MX lama, namun fitur2 dan upgrade lebih unggul new MX mas bro…… 😀

  28. saya suka mx baru..dompet saya langsung protesssss

    • optimalkan apa yang ada saja mas bro…., gampang kok utak-atik mesin! 😀

  29. wehh, dibela-belani. semoga lekas sembuh bro Azizy.. periksa ke dokter.

    • udah baikan cak, thanks support nya, tinggal batuk2 +ngelu doank 🙂

  30. wah, panjang sirkuit kenjeran brapa sih bro??
    kok top speed bisa gak dapet gitu…?

    • total panjang sich lumayan, tapi strihgt masih lebih panjang lap parkir Mandala krida saat dijadikan sirkuit… 😀 cuma di kenjeran ini terkenal tikungan bengisnya susah ditakluk kan :mrgreen:

  31. slm knal mas bro,
    Ukuran Ban blakang mx baru bs lngsung d aplikasikan k mx lm nga ya mas bro?tanpa perlu genti pelk?
    Sory ni mas bro, prtanyaan dangkal, newbie sih 😀

    • bisa aja mas bro, lha yang mx lama aja banyak yg aplikasi 110/80, tp ya itu tadi kalo mx lama kan velg kecil jadi kelihatan men donat bannya, beda sama new MX ini 😀 thanks udah berkunjung 😀

  32. btw..berapa dk tuh mx baru????

    * :mrgreen:

  33. siiiiiiiip lah mas bro…. jan ngganteng tenaaaaaaaaaaan

    • wkwkwkw, jangan keras2 nanti saya glodagh (gus Tri mode:ON)

  34. wuehehehelok… kesampean juga gae besut dengkul nang Circuit Resmi :mrgreen:

    • xixixixi, ternyata pake wearpack ribet ndull :mrgreen:, iki record ku detik ini 976 hits 😀

  35. Juragan DOHC manufere terlalu semangat sampai mriyang… ik..ik..
    http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2010/12/09/ganti-kanvas-dan-per-kopling-tiger-mongtorku-6/

    • xixixix, iya mas bro 😀 monggo digelar 😀

  36. mas aziz nitip warung ya..

    http://aditninjamaniac.wordpress.com/2010/12/10/plus-minus-helm-half-face/

  37. Bikin ngiri, kapan tes motor baru diadakan di jogja nih, mau ngikut…

    http://blogpakyo.wordpress.com/2010/12/10/hasil-pemikiran-matang-harga-jupiter-mx/

    • monggo digelar….. 😀 kalo ada lagi di jogja otomatis ikut lagi mas, ( asli Wates KP jogja kok :mrmgreen: ) thank’s dah berkunjung pak YO… 😀

  38. Mantep mzbro reviewnya. Ikut menyimak. btw aq biyen tinggal nang bulak setro lho cak. jd dekat sama sirkuit xixixi

    • siph mas iwan dah berkunjung…. lho.., aku malah asline arek jogja kok, mas, disini (jatim) cuma tugas aja :mrgreen:

  39. enake je tas tes tas tes motor anyar…

    • :mrgreen: xixixi iyo cak, tugas di jatim, emang membawa berkah… 😀 padahal kalo aku di jawa barat, yo ga bakal, ikut seru2 an dari awal event, yamaha byson di bromo 😀 suwun2 udah berkunjung lagi 🙂

  40. Sayang udah dikasih tutorial tentang pemasangan kamera, tapi belum dipraktekkan :mrgreen:

    Nitip nggelar warung mashoree 😀
    http://yudibatang.wordpress.com/2010/12/11/bicara-top-speed-ya-harus-dibuktikan-laaa/

    • xixixi, belom terealisasi mas bro 😀 sok sibuk xixixixi :mrgreen:

  41. 🙂 motor impian dulu yng blum trcapai :mrgreen: nitip jemuran bro 🙂
    http://moyseventeen.wordpress.com/2010/12/09/new-yzf-r15-jagoan-yamaha-di-2011/

    • monggo mas moy, digelar saja dagangannya 😀

  42. matap kang…. pas pulang di kasih apa aja?
    di kulak sekalian new MXnya :mrgreen:

    • dikasih kaos+topi+ makan2 :mrgreen: sayang ga dikasih MX+ UG nya :mrgreen:

  43. […]  hmm,,,, value for money nya dapet,,,, apalagi setelah baca tes ride nya di warung mario devan dan warung DOHC,,, asli gak nguati,,, jadii,,, apa hadiah di tulisan ini bakal buat beli New Jupiter MX ini?? […]

  44. Salam mas..

    1 pertanyaan saya! Gimana dengan design lampu belakang?? Apakah masih 1 bohlam saja, atau sudah pakai LED??

    • aduuuuh, saya kok lupa tak terlalu memperhatikan ya…., yang jelas, style lamp udah smoke ke hitaman, mirip shogun RR, namun kalo saya ingat2 sepertinya masih pakai bohlam, barang kali kalo salah entar dikoreksi dech…. thanks dah berkunjung bro phenom 😀

  45. kalo masalah performance dari MX yang dulu gmn gan?
    dari fitur kek speedometer sih udah mantap

    • performa ya jelas adalah peningkatan, hanya butuh penyesuaian aja shifting gear versneleng, model sport 5 speed 1-maju, 4-mundur posisi stang lebih merapat sudut kemudinya dari MX lama, kalo masalah body, terserah anda :D, thank’s dah berkunjung 😀

  46. cocok buat touring g nih

    • lumayan kok, mas, speed jadi 5, jadi banyak punya cadangan ratio, di track panjang, maupun tanjakan 😀 kalo riding position, masih tetep khas bebek 😀 thanks dah berkunjung 😀

  47. wehehehehee….good_good,aku belum sempet nulis…xixixixii
    kumpulin aja sekalian yg minggu…hehehe

    • o gesang, yang kemaren ikut test ride juga? session berapa?, barengan sama bro wiwid dari mx rider kah?….. thanks dah berkunjung mas bro 😀

  48. velk merek opo bro azis?
    itu corner di libas ( inget bro pakai bebek) xixixiixix moga2 sehat selalu bro azis

    • iya mas bro, emang sering nyangkut foot step :mrgreen: tapi ada yg jago tester dari Oto plus> mantan pembalap 😀 jadinya hapal bgt sama bebek :), iya thanks dukungannnya ini kok masih meriang aje 😦

  49. asiknya di kon ngetesss….wah kapan yoh di Smg ada?? :mrgreen:

    • suatu saat, pasti ada, bukannya pas nmp, nyoba juga? 😀

  50. http://www.noxchel.wordpress.com

  51. nice inpo om aziz…jadi tambah kepingin ma mx nh…hehe

    • sama2 thanks dah berkunjung 😀

  52. sudah bisa dipesan blm,tu jupiter MX nya?
    Terutama u/ kopling manualnya?
    Thanj’s atas infonya,n,salam Kenal dari cah Semarang.

    • dipesan nya sich sepertinya bisa, namun untuk mendapatkan barangnya harus indent dulu barang kali awal tahun 2011 udah keluar, coz masih nunggu penyesuaian Bea Balik nama juga , thank’s dah berkunjung 😀

  53. mantaf ripiunya wes

    • makasih pak dar 😀

  54. thank’s buat semua pengunjung week end kali ini,

    dan sepertinya ada yang meng amplify postingan ini…. karena lumayan meledak, justru dari facebook 😀
    jangan lupa warung DOHC akan segera bagi2 hadiah……,salah satunya ini:

    Warung DOHC hunting gift ke Surabaya untuk hadiah kuis akhir tahun

    tunggu aja kuisnya 😀

  55. Wah.. Kalo mirip shogun RR berarti bohlam nya udah lebih dari 1 kan? (mirip jupiter Z gt yg byk bohlam)

    Trus tentang monoshock nya gmn? Apa ada perubahan mas?

    • bentar mas fotonya tak tambahin, nanti silahkan reload page nya 😀
      sabar ya :D, monoshock seprtinya sama saja 🙂

    • pict diatas foto cewek, udah klihatan belum bro? 😀

  56. West Prognya mana Bro? Gek2 sentolo?
    brarti wkt d Sby ktemu Mario, Ontel, Eh ma Wiwid ya?

    • ya wates mas bro :), iya kemaren ketemu bro onthel+mario+wiwid, lho mas nya kok kenal? mx rider kah?

  57. […] bro, seperti kita ketahui performa new jupiter MX telah saya coba (klik > disini) di sirkuit kenjeran surabaya , sekarang saatnya saya mengutarakan perbedaan antara New Jupiter MX […]

  58. yg ane maksud guanteng mongtornya wekwekwek gubrak juga

    • wkwkwkwk wew….GR aku 😆 gubrakkkk

  59. lampu belakangnya sekilas kok mirip ama CS1 ya gan 😀

    nitip lapak bagi yang pengen liat foto HOT para rider bareng pasangannya

    http://ninja150r.wordpress.com/2010/12/12/foto-foto-hot-para-riders-bareng-pasangan/

    • trending nya kayaknya memang lagi gitu, nyentrik aero dinamic 😀 thanks kunjungannya bro 😀

  60. mantab nih mas bro.. tinggal nyiapin duitnya aja lg
    *gara2 kelamaan launching akhirnya kmrn malah ambil skywave*

    • tak apa, mas bro… pilihan ada ditangan konsumen…, meski 2011, lebih hot lagi persaingan roda 2 😆

      • gan nitip satu udah ngiler
        maklum mx lama gue udah lepas dr pelukanku

      • trus mau ganti apa gan?… 😀 thanks dah mampir

  61. pake wearpack mirip sembalap beneran 😆

    • kok nembe kelihatan pak? 😀

  62. mantap…

    Cara Daftar Privat

    Katalog Buku-buku Al-Itishom


    Balas

    • thanks mas, monggo digelar dagangannya 😀

  63. ya jelas beda lah klo speedo X15(new jupiter z)pke LED Sedang 50C dan 55S pke bulb biasa yg d’bri kondom merah !

    • betul mas bro 😀 thanks dah berkunjung 🙂

  64. Investasi Murah meriah…Cukup modal Rp. 10.000,-
    Monggo mampir dilihat dulu..

    http://www.investasibca.com/?id=dompetuang

    • wedeeeww, ada tawaran apa ini mas bro 😀 ntar ke tkp dech 😀

  65. ya jelas lah tampilan sppedo nya beda karena X15/31B(jupiter z) menggunakan illumination nya led sedangkan 50C/55S(023)(new jupiter mx) hanya menngunakan bulb biasa yang dilapis kondom merah jadi cahaya nya ga seterang punya X15.
    makasih

  66. irit ga yah? hrgnya brp?

    • yahh lumayan lagh mas, untuk pemakaian sehari2 irit itu relatif 😀


Tinggalkan Balasan ke bayu Batalkan balasan

Kategori