Oleh: azizyhoree | Januari 28, 2016

Mengenal Mechanical seal , Kenali gejala & penyebab kerusakannya


Dahulu , hanya mesin mesin high end yang berani mempergunakan sistem pendingin cairan pada perkembangan teknologi roda 2 , karena memang perawatannya lebih mahal & butuh perhatian khusus  dan banyak konsumen yang enggan mengalami ribetnya merawat mesin motor berpendingin cairan , namun  zaman telah berubah , sekarang banyak sepeda motor harian kelas mid-low  yang mempergunakan mesin berpendingin cairan ( liquid cooled) yang artinya membuang panas lewat perantara cairan (coolant)  yang dilepas melalui radiator dengan jantung pompa/ water pump sebagai pemasok sirkulasinya

pict from fb rian kate

pict from fb rian kate

pada pembahasan kali ini akan coba kita ulas komponen yang sepele namun vital serta rentan mengalami kerusakan pada sistem pendingin cairan , letaknya pada bagian dalam water pump , yaitu mechanical seal !  secara Fungsi  ,  mechanical seal merupakan peralatan / part yang membantu menutup kebocoran cairan pada sistem penggerak (dalam hal ini pompa sentrifugal )  dimana  sistem pompa  berada dalam median cairan yang bisa bertekanan dan juga bekerja pada satu tempat yang bekerja pada 2 jenis cairan yang berbeda  ( dalam hal ini coolant & oli )  mechanical seal biasanya bekerja pada turbin / impeller pompa yang berputar sangat cepat biasanya mengikuti putaran mesin dan bekerja didalam tekanan tinggi   (aliran cairan yang cepat & panas )  tugas mechanical seal adalah menjaga agar masing2 part yang berputar pada water pump tidak saling mengalami kebocoran

pict from advantageengineering.com

pict from advantageengineering.com

nah   pada kasus pembahasan ini akan coba  saya ulas contohnya pada mechanical seal mesin honda  ( meski pada umumnya  secara prinsip sama atau mirip dengan merk lainnya)

kebanyakan pengguna mesin mesin honda jenis liquid cooled  banyak yang belum tahu  sistem kerja mechanical seal & akan selalu muncul pertanyaan seperti berikut:

pict from Fb  christ masieh

pict from Fb christ masieh

^ dari gambar diatas :  Apa kegunaan selang pendek disebelah block kopling tersebut ,  kenapa pada motor saya netes cairan ya?     (itu adalah pertanyaan yang paling sering dilontarkan pengguna gen sonic,cs1 , cbr 150, cb150 dan yang sejenis )

 

perlu diketahui selang tersebut adalah selang pembungan hasil kebocoran mechanical seal  ,   agar bila terjadi kebocoran pada salah satu seal  bisa dibuang keluar & tidak mengkontaminasi

Watermark635895482309393940

isi dari area waterpump ada lah seperti gambar diatas ^   ,  shaft waterpump terhubung dengan putaran mesin , ada impeller fins untuk memompa sirkulasi cairan , ada mechanical seal untuk menjaga dari kebocoran coolant  , ada seal oil untuk menjaga kebocoran oli dari dalam mesin

jika salah satu seal rusak  selang pembuangan akan menetes  mengapa bisa seperti itu  ,   berikut ini  bagian dalam rumah seal oil & mechanical seal pada sistem water pump  —>>

Watermark635895483141493885terdapat  jalur lubang pembuangan  yang berada  di bagian dalam mechanical seal ,  jadi  selama ke 2 seal  sehat  ,  lubang selang pembungan kebocoran = kering   (selang pembuangan ini bisa juga sebagai indikator )

1. menetes hijau =  kebocoran coolant   kemungkinan mechanical seal yg bocor  (   dalam kadar tipis masih boleh jalan  namun segera cek & benahi )  jika bocor dalam volume besar / ngocor bahaya ,  radiator bisa kehabisan cairan

2. menetes oli  =  kebocoran oli dari ruang mesin   (dalam kadar tipis masih boleh jalan , namun segera ceck & benahi kerusakan tsb )   jika bocor dalam volume besar / ngocor  ,  dipastikan garasi anda jadi kotor blepotan xixixi  &  volume oli mesin  harus sering2 di ceck  ,  segera lakukan pembenahan kerusakan tsb

3. menetes coklat susu  =  seal keduanya rusak  baik oil seal maupun mechanical seal

(dalam prakteknya  yang lebih dulu rusak adalah seal oil  ,   namun sayangnya posisi seal oil berada diposisi paling dalam , sehingga ganti seal oil = ganti mechanical seal juga    , mechanical seal jauh lebih mahal daripada oil seal adalah fakta! *gantinya juga sepaket   :mrgreen:

Watermark635895482570908216

biasanya juga disusul oleh shaft waterpump yg berkarat  ^  percuma kalau sudah berkarat ga diganti akan menyebabkan kebocoran

lalu apa saja yang menyebabkan kerusakan sistem mechanical seal pada water pump ini ?

mechanical seal water pump cbr 150

wujud oil seal & mechanical seal yang hancur

  1. seal life time     (  memang usia seal sudah minta ganti ) biasanya  mesin yang sudah berumur  diatas 10 tahun  ,  atau pemakaian sudah medekati 100.000 km  untuk ukuran sepeda motor  seal seal pekerja berat seperti ini biasanya mulai rusak , atau bahkan sebelum menginjak usia tersebut pun sudah ada yg rusak, kenapa ???  lanjut –>>
  2. terkena abrasiv , sifat cairan yang kotor, terkontaminasi kerak , karbon dsb  ,  oleh karenanya  coolant atau cairan radiator ada masa pakainya  ,   biasanya  1 tahun – max 2 tahun   ganti   atau sekitar 15000-20000km kuras cairan radiator
  3. perlakuan panas yang berlebih  ,   mesin pernah mengalami over heat  juga menyebabkan  kerusakan pasa seal seal di sitem water pump ini  saat  temperatur melebihi ambang batas  sifat konstruksi karet juga bisa rusak , apalagi tekanan juga menjadi tinggi

sekian dulu sedikit info nya , salam from warung DOHC , Wassalamu’alaykum  😉


Tanggapan

  1. cs1 ganti nganggo vario old mas, murmer
    Ketimbang golek ori ne susah

  2. Joss gendosss…. Pencerahan
    http://78deka.com/2016/01/28/harga-satria-fi-28-juta-dan-suspensi-usd-xabre-15-juta-motifnya-sama-lambe-jaran/

  3. joshh
    cara gantinya http://namakubay.blogspot.com/2016/01/masalah-seal-mekanikal-cbr-cb150r-sonic.html?m=1
    wkwkwwkwkw gelar jemuran om

  4. manteb mas…

  5. Wah lagi ngerti ono selang cilik kui mas

    • Duh nggonku netes coklat mas…benerin entek berapa ya mas?

  6. minyak…. eh.. nyimak….

    #sambil melongo

  7. Mantab infonya, sektor yg kurang mendapat tempat serius ni..

    http://kasamago.com/review-film-the-5th-wave/

  8. Sampean ganjarane akeh mas, marai Pinter sing podo mampir warung. Mugo2 rejekine lancar. Amin

    • 081328100664. , maaf emailnya crowded isinya campur aduk antara notif , kiriman email ga jelas , notif lain ,promo ,dsb jadinya pusing buka in email yg utama xixixi

      Salam kenal om ajay

    • Aamiin , matur suwun do’a nipun om 😀

  9. jooss!!!

  10. nyimak lekk

    Milestone ganti piston dan rantai kamprat setelah 5 tahun lebih bersama

  11. thanks infonya gan

  12. Mantab pencerahannya…

  13. Dlu pernah liat di forum kaskus cb 150 meler meler, ternyata ini toh penjelasannya.
    Nice info

  14. nanya mas azis, cs 1 ane busi selalu basah oli, padahal sudah ganti klep sama silnya. sya liaht melalui lubang busi, di klep in seperti ada rembesan oli pada payung klep. kira2 apa yg harus dibenahi lagi? apakah bos klepnya minta diganti..trimakasih..

    • sebelum vonis penggantian bosh klep rusak , cek kebocoran klep saat menutup terlebih dahulu , kemudian kalau agak rembes lakukan skur klep dengan telaten

  15. Aku ra saham lek

    http://karismauyy.com/2016/02/06/tanaman-ini-menyebabkan-leukimia-mematikan-tanaman-dollar-yang-bikin-was-was/

    • opomeneh aku ga dodolan saham lek

  16. nyimak kangbrow

    Kontroversi kerudung halal, produsen Zoya meminta maaf

  17. Nah itu yang ane suka dari sistem radiator honda , jd terhindar dari kmungkinan oli kopi susu (colant campur oli) , karena tiap2 kebocoran dibuang ke selang itu jd bisa sebagai indikator tanpa kawatir oli kopi susu di mesin dan mesin tiba2 jebol ,, oh ya mau nambahin om akibat cepat aus seal bisa juga sering high rpm dan pke cdi unlimit , pengalaman di cibiar old ane saat rpm menengah seal bekerja sesuai fungsinya , tp ketika setelah digunakan high rpm sering netes , ( cbr old 2007) 8 thun blm ganti seal hehe

    • jozzzz mas bro , high rpm memang musuh part part standart berbanding dengan durabilitas

  18. oalah….kuw to ..cs1 ku mbiyen tak sambung selang panjang om.. lah netes je

  19. Akhirnya ada yang membahas fungsi mechanical seal ini dengan sangat terperinci. Makasih banyak om, akhirnya saya baru tau ternyata seal coolant CBR saya udah kena nih hehehe. Makasih banyak ilmunya om, sangat membantu saya untuk memahami motor saya khususnya CBR 😀

  20. Mas nyopot seal oli gmnya ya? Kuning2nya it susah d lepas

  21. wahhh.. cbr lokal ane selalu netes oli setiap kali dipake, kirakira subtitusinya pake punya motor apa ya untuk ganti seal oil dan mechanical seal sepaket dan harganya berapa ya?

    suwun ya bro..

  22. Mantap info nya..awanya saya agak kuatir cb tercinta ane bisa jd bubur sumsum..tpi setelah liat dan baca baca info di sini jdi agak legaan.tpi tete secepat nya pasti akan saya perbaiki…..mantaps info nya ane nunggu info info seputat dohc selanjutnya ..salam kenal cb 150 r sfdar kelapa dua cimamggis depok

  23. saya lg mengalami masalah ini, dari selangnya netes oli,pusing juga motor blm 2 th udh bocor, 😦

  24. tambah ilmu om..matur nuwun

  25. Ilmunya mantap, penjelasannya padat tepat dan ada gambar2jg. Jd lbh blj soal ini. Thx banget suhu

  26. sangat bermanfaat dan mencerdaskan bangsa. lanjutkan

  27. Maaf mas mau tanya ,.
    Substitusi mecanical seal sonic150r mbisa pakai mecanical seal moyor apa saja ya,.tks

  28. Mantap

  29. Mantap….nambah pengetahuan tunggangan sendiri

  30. Mantap bro…..menambah wawasan

  31. klo air radiator masuk ke mesin dan bercampur dg oli mesin itu punyebabnya apa?
    terjadi setelah kuras air radiator.
    #oldcb150

  32. […] Senjata pun di keluarkan (Xiaomi MI4), gak butuh waktu lama browsing pun di lakukan. Proses baca-baca pun di lakukan, akhirnya nemu di blognya om aziz. […]

  33. Bos mau tanya kapasitas water pumpnya itu berapa yaa?

  34. Cb 150 r sudah diganti tapi masih netes. Kira2 bagaimana gan.


Tinggalkan komentar

Kategori