Dahulu , hanya mesin mesin high end yang berani mempergunakan sistem pendingin cairan pada perkembangan teknologi roda 2 , karena memang perawatannya lebih mahal & butuh perhatian khusus dan banyak konsumen yang enggan mengalami ribetnya merawat mesin motor berpendingin cairan , namun zaman telah berubah , sekarang banyak sepeda motor harian kelas mid-low yang mempergunakan mesin berpendingin cairan ( liquid cooled) yang artinya membuang panas lewat perantara cairan (coolant) yang dilepas melalui radiator dengan jantung pompa/ water pump sebagai pemasok sirkulasinya

pict from fb rian kate
pada pembahasan kali ini akan coba kita ulas komponen yang sepele namun vital serta rentan mengalami kerusakan pada sistem pendingin cairan , letaknya pada bagian dalam water pump , yaitu mechanical seal ! secara Fungsi , mechanical seal merupakan peralatan / part yang membantu menutup kebocoran cairan pada sistem penggerak (dalam hal ini pompa sentrifugal ) dimana sistem pompa berada dalam median cairan yang bisa bertekanan dan juga bekerja pada satu tempat yang bekerja pada 2 jenis cairan yang berbeda ( dalam hal ini coolant & oli ) mechanical seal biasanya bekerja pada turbin / impeller pompa yang berputar sangat cepat biasanya mengikuti putaran mesin dan bekerja didalam tekanan tinggi (aliran cairan yang cepat & panas ) tugas mechanical seal adalah menjaga agar masing2 part yang berputar pada water pump tidak saling mengalami kebocoran

pict from advantageengineering.com
nah pada kasus pembahasan ini akan coba saya ulas contohnya pada mechanical seal mesin honda ( meski pada umumnya secara prinsip sama atau mirip dengan merk lainnya)
kebanyakan pengguna mesin mesin honda jenis liquid cooled banyak yang belum tahu sistem kerja mechanical seal & akan selalu muncul pertanyaan seperti berikut:

pict from Fb christ masieh
^ dari gambar diatas : Apa kegunaan selang pendek disebelah block kopling tersebut , kenapa pada motor saya netes cairan ya? (itu adalah pertanyaan yang paling sering dilontarkan pengguna gen sonic,cs1 , cbr 150, cb150 dan yang sejenis )
perlu diketahui selang tersebut adalah selang pembungan hasil kebocoran mechanical seal , agar bila terjadi kebocoran pada salah satu seal bisa dibuang keluar & tidak mengkontaminasi
isi dari area waterpump ada lah seperti gambar diatas ^ , shaft waterpump terhubung dengan putaran mesin , ada impeller fins untuk memompa sirkulasi cairan , ada mechanical seal untuk menjaga dari kebocoran coolant , ada seal oil untuk menjaga kebocoran oli dari dalam mesin
jika salah satu seal rusak selang pembuangan akan menetes mengapa bisa seperti itu , berikut ini bagian dalam rumah seal oil & mechanical seal pada sistem water pump —>>
terdapat jalur lubang pembuangan yang berada di bagian dalam mechanical seal , jadi selama ke 2 seal sehat , lubang selang pembungan kebocoran = kering (selang pembuangan ini bisa juga sebagai indikator )
1. menetes hijau = kebocoran coolant kemungkinan mechanical seal yg bocor ( dalam kadar tipis masih boleh jalan namun segera cek & benahi ) jika bocor dalam volume besar / ngocor bahaya , radiator bisa kehabisan cairan
2. menetes oli = kebocoran oli dari ruang mesin (dalam kadar tipis masih boleh jalan , namun segera ceck & benahi kerusakan tsb ) jika bocor dalam volume besar / ngocor , dipastikan garasi anda jadi kotor blepotan xixixi & volume oli mesin harus sering2 di ceck , segera lakukan pembenahan kerusakan tsb
3. menetes coklat susu = seal keduanya rusak baik oil seal maupun mechanical seal
(dalam prakteknya yang lebih dulu rusak adalah seal oil , namun sayangnya posisi seal oil berada diposisi paling dalam , sehingga ganti seal oil = ganti mechanical seal juga , mechanical seal jauh lebih mahal daripada oil seal adalah fakta! *gantinya juga sepaket
biasanya juga disusul oleh shaft waterpump yg berkarat ^ percuma kalau sudah berkarat ga diganti akan menyebabkan kebocoran
lalu apa saja yang menyebabkan kerusakan sistem mechanical seal pada water pump ini ?

wujud oil seal & mechanical seal yang hancur
- seal life time ( memang usia seal sudah minta ganti ) biasanya mesin yang sudah berumur diatas 10 tahun , atau pemakaian sudah medekati 100.000 km untuk ukuran sepeda motor seal seal pekerja berat seperti ini biasanya mulai rusak , atau bahkan sebelum menginjak usia tersebut pun sudah ada yg rusak, kenapa ??? lanjut –>>
- terkena abrasiv , sifat cairan yang kotor, terkontaminasi kerak , karbon dsb , oleh karenanya coolant atau cairan radiator ada masa pakainya , biasanya 1 tahun – max 2 tahun ganti atau sekitar 15000-20000km kuras cairan radiator
- perlakuan panas yang berlebih , mesin pernah mengalami over heat juga menyebabkan kerusakan pasa seal seal di sitem water pump ini saat temperatur melebihi ambang batas sifat konstruksi karet juga bisa rusak , apalagi tekanan juga menjadi tinggi
sekian dulu sedikit info nya , salam from warung DOHC , Wassalamu’alaykum 😉
cs1 ganti nganggo vario old mas, murmer
Ketimbang golek ori ne susah
By: abdurrahman on Januari 28, 2016
at 8:06 am
Mangstabbbbb
http://ru88ercookie.com/2016/01/28/hasil-tes-resmi-world-superbike-2016-hari-pertama-sykes-tercepat-hayden-memuaskan/
By: Supono Wahyudi on Januari 28, 2016
at 10:26 am
Bagus ga pake punya vario mas?
By: fidri on Desember 20, 2016
at 8:44 am
Joss gendosss…. Pencerahan
http://78deka.com/2016/01/28/harga-satria-fi-28-juta-dan-suspensi-usd-xabre-15-juta-motifnya-sama-lambe-jaran/
By: kudo78dk on Januari 28, 2016
at 8:10 am
joshh
cara gantinya http://namakubay.blogspot.com/2016/01/masalah-seal-mekanikal-cbr-cb150r-sonic.html?m=1
wkwkwwkwkw gelar jemuran om
By: namakubay on Januari 28, 2016
at 8:10 am
Shappppppp
By: azizyhoree on Januari 28, 2016
at 4:37 pm
manteb mas…
By: s0erya on Januari 28, 2016
at 9:35 am
Wah lagi ngerti ono selang cilik kui mas
By: bejoselamet on Januari 28, 2016
at 11:13 am
Duh nggonku netes coklat mas…benerin entek berapa ya mas?
By: bejoselamet on Januari 28, 2016
at 11:34 am
minyak…. eh.. nyimak….
#sambil melongo
By: naufal on Januari 28, 2016
at 7:28 pm
Mantab infonya, sektor yg kurang mendapat tempat serius ni..
http://kasamago.com/review-film-the-5th-wave/
By: kasamago.com on Januari 28, 2016
at 9:59 pm
Sampean ganjarane akeh mas, marai Pinter sing podo mampir warung. Mugo2 rejekine lancar. Amin
By: aanwongndeso on Januari 29, 2016
at 6:49 am
081328100664. , maaf emailnya crowded isinya campur aduk antara notif , kiriman email ga jelas , notif lain ,promo ,dsb jadinya pusing buka in email yg utama xixixi
Salam kenal om ajay
By: azizyhoree on Januari 30, 2016
at 7:59 pm
Aamiin , matur suwun do’a nipun om 😀
By: azizyhoree on Januari 30, 2016
at 7:59 pm
jooss!!!
By: mamen on Januari 29, 2016
at 6:51 am
nyimak lekk
http://setia1heri.com/2016/01/29/milestone-ganti-piston-dan-rantai-kamprat-setelah-5-tahun-lebih-bersama/
By: setia1heri on Januari 29, 2016
at 8:05 am
thanks infonya gan
By: dewitya on Februari 2, 2016
at 1:52 pm
Mantab pencerahannya…
By: denirosdiana on Februari 2, 2016
at 2:13 pm
Dlu pernah liat di forum kaskus cb 150 meler meler, ternyata ini toh penjelasannya.
Nice info
By: PemadamKebakaran on Februari 4, 2016
at 8:10 am
nanya mas azis, cs 1 ane busi selalu basah oli, padahal sudah ganti klep sama silnya. sya liaht melalui lubang busi, di klep in seperti ada rembesan oli pada payung klep. kira2 apa yg harus dibenahi lagi? apakah bos klepnya minta diganti..trimakasih..
By: hadi on Februari 7, 2016
at 12:28 pm
sebelum vonis penggantian bosh klep rusak , cek kebocoran klep saat menutup terlebih dahulu , kemudian kalau agak rembes lakukan skur klep dengan telaten
By: azizyhoree on Februari 12, 2016
at 1:02 pm
Aku ra saham lek
http://karismauyy.com/2016/02/06/tanaman-ini-menyebabkan-leukimia-mematikan-tanaman-dollar-yang-bikin-was-was/
By: karismauyy on Februari 7, 2016
at 4:56 pm
opomeneh aku ga dodolan saham lek
By: azizyhoree on Februari 12, 2016
at 1:03 pm
nyimak kangbrow
http://setia1heri.com/2016/02/10/kontroversi-kerudung-halal-produsen-zoya-meminta-maaf/
By: setia1heri on Februari 10, 2016
at 12:48 pm
Nah itu yang ane suka dari sistem radiator honda , jd terhindar dari kmungkinan oli kopi susu (colant campur oli) , karena tiap2 kebocoran dibuang ke selang itu jd bisa sebagai indikator tanpa kawatir oli kopi susu di mesin dan mesin tiba2 jebol ,, oh ya mau nambahin om akibat cepat aus seal bisa juga sering high rpm dan pke cdi unlimit , pengalaman di cibiar old ane saat rpm menengah seal bekerja sesuai fungsinya , tp ketika setelah digunakan high rpm sering netes , ( cbr old 2007) 8 thun blm ganti seal hehe
By: initialD on Februari 13, 2016
at 8:17 am
jozzzz mas bro , high rpm memang musuh part part standart berbanding dengan durabilitas
By: azizyhoree on Februari 13, 2016
at 8:32 am
oalah….kuw to ..cs1 ku mbiyen tak sambung selang panjang om.. lah netes je
By: gaplek mania on Februari 22, 2016
at 8:35 am
Akhirnya ada yang membahas fungsi mechanical seal ini dengan sangat terperinci. Makasih banyak om, akhirnya saya baru tau ternyata seal coolant CBR saya udah kena nih hehehe. Makasih banyak ilmunya om, sangat membantu saya untuk memahami motor saya khususnya CBR 😀
By: CBRFans on April 17, 2016
at 10:16 pm
Mas nyopot seal oli gmnya ya? Kuning2nya it susah d lepas
By: wahyu on April 22, 2016
at 5:53 pm
wahhh.. cbr lokal ane selalu netes oli setiap kali dipake, kirakira subtitusinya pake punya motor apa ya untuk ganti seal oil dan mechanical seal sepaket dan harganya berapa ya?
suwun ya bro..
By: sohc on April 28, 2016
at 9:53 am
Mantap info nya..awanya saya agak kuatir cb tercinta ane bisa jd bubur sumsum..tpi setelah liat dan baca baca info di sini jdi agak legaan.tpi tete secepat nya pasti akan saya perbaiki…..mantaps info nya ane nunggu info info seputat dohc selanjutnya ..salam kenal cb 150 r sfdar kelapa dua cimamggis depok
By: nato pazero on Mei 7, 2016
at 7:22 pm
saya lg mengalami masalah ini, dari selangnya netes oli,pusing juga motor blm 2 th udh bocor, 😦
By: ardy on Juli 24, 2016
at 2:50 am
tambah ilmu om..matur nuwun
By: Sudut Otomotif on Agustus 3, 2016
at 1:03 am
Ilmunya mantap, penjelasannya padat tepat dan ada gambar2jg. Jd lbh blj soal ini. Thx banget suhu
By: stanislausdenis on Agustus 13, 2016
at 11:28 pm
sangat bermanfaat dan mencerdaskan bangsa. lanjutkan
By: kristanto on Oktober 11, 2016
at 9:10 pm
Maaf mas mau tanya ,.
Substitusi mecanical seal sonic150r mbisa pakai mecanical seal moyor apa saja ya,.tks
By: indra tambunan on November 17, 2016
at 2:40 pm
Mantap
By: maul on Februari 9, 2017
at 2:51 pm
Mantap….nambah pengetahuan tunggangan sendiri
By: maul on Februari 9, 2017
at 2:56 pm
Mantap bro…..menambah wawasan
By: yusuf on Februari 9, 2017
at 3:05 pm
klo air radiator masuk ke mesin dan bercampur dg oli mesin itu punyebabnya apa?
terjadi setelah kuras air radiator.
#oldcb150
By: agoosdp on Agustus 13, 2017
at 6:29 pm
[…] Senjata pun di keluarkan (Xiaomi MI4), gak butuh waktu lama browsing pun di lakukan. Proses baca-baca pun di lakukan, akhirnya nemu di blognya om aziz. […]
By: curhat dong mah.. | agoosdp's Blog on Agustus 13, 2017
at 10:07 pm
Bos mau tanya kapasitas water pumpnya itu berapa yaa?
By: Febri on Agustus 18, 2017
at 12:42 pm
Cb 150 r sudah diganti tapi masih netes. Kira2 bagaimana gan.
By: Johan on November 6, 2017
at 12:48 am