Oleh: azizyhoree | Maret 5, 2012

Yamaha Scorpio kasar ? , coba check & service aja yuuk..


Nah lagi-lagi rekan saya datang ke  WD garage ..  dengan  mengeluhkan Yamaha scorpio yang baru saja  dibeli nya dengan second ada sedikit  masalah , nganuuu  mas ini  mesin nya  kasar banget  & agak  kurang siph tarikannya  ..  lha  kenapa?  yo  wis  sini  coba  kita  check!  🙂

prosedur seperti biasa checking  ringan sekalian  service rutin berkala  ….. bongkar Carburator & cleaning box air filter ..  nah  pas buka  carburator aja  udah  ketahuan  banyak  kotoran  di mangkuk floating karburator banyak endapan kotor  😈

banyak endapan di  mangkut  tersebut bisa ikut terhisap oleh spuyer (pilot jet – main jet)  yang  selain  bisa mengikis  juga bisa membuat  salurat lubang2 nya  tersumbat  ,  oke  sekalian cleaning  pakai carb cleaner  sampai  bersih  di  bagian2 yang menyempit  ..  untuk  karbu  standart scorpio  kalau dirasa tidak ada masalah  mending membran vakum  tidak usah  dibuka , cukup bersihkan saluran2 nya  (membran scorpio  kalau  sampai  sobek  mahal  lho  harganya  😈    )

sekalian  bersihkan  debu2  yang membandel  pada busa air filter,  warning !  jangan cuci busa filter model seperti ini dengan bensin  ..  bisa hancur mas bro…  sekalian  bersihkan box filter yang biasanya ada sedikit cipratan & uap oli yang keluar dari oil breather engine.

bersihkan  air filter

lanjut check busi sekalian bersihkan jika masih bagus ,  posisikan TMA (titik mati atas piston) dengan memutar nut  crank shaft dengan  kunci shock & ratched handle dari block sebelah kiri / block magnet, posisi top bisa dilihat dari lubang intip pada rotor magnet

posisikan top TMA

setelah posisi piston  TMA tercapai (bisa juga  di  cek  via  lubang  busi, piston  sudah  mendekati lubang  dan berhenti stagnan di atas) kemudian  buka cover penyetel klep dengan  kunci pembuka cover *kunci no 24 ,

next persiapkan feeling yang good mood  untuk  melakukan setting valve :mrgreen:

sediakan  kunci no 10,  obeng (-) pendek & fuller gauge  untuk melakukan  setting valve ,  nah  karena  rekan  WD  ini  minta  agar  di  setel  rapat  yo  wis  tak  setting  di  celah 0,09mm untuk valve in  &  0,1 mm untuk  valve  out  *clearence feeling sesuaikan  selera setel kendor apa setel span tentunya masih  di range aturan penyetelan  🙂

nah  kasus  pada  si kalajengking  yang dikeluhkan  bersuara kasar ini  ternyata  saat  di  tap oli  mesinnya  ..  wadooouuwwh  hitam  kental  bercampur  gram  gitu  dech….

mulai  curiga  ini  pasti  ada  yang  ga  beres…   coba  check  cartridge oil filter nya  dengan  membuka  3  baut  dengan  kunci  – L – 5  …  wheladalah  ternyata  endapan  oli  bercampur  gram  ngumpul  di  area  ini  ,  dan si Pio  ini  cartridge filternya  bukan  original  , melainkan  cartridge  seperti  pada vixion dan bebek2  ber cartridge  lainnya  yang  berbahan  kertas ..

nah  ini  dia  cartridge  model  kertas  kalau  lama  ga  pernah  di ganti  dikhawatirkan mampet  karena tersumbat  endapan oli jadi memang  perlu  di perhatikan  pentingnya masa penggantian  cartridge  oil filter mas bro !

filter oli original scorpio

bisa di  bayangkan  to misal  aliran sirkulasi pelumasan  tersumbat  di  area  filter  …   justru  bagian  mesin terutama  area  cylinder head  yang  paling  pertama  terkena  dampaknya….   *setidaknya  hal  yang  seperti  ini  bisa  memicu  motor  anda  menjadi  berisik &  kasar ,   FYI  aja  filter oli  original  scorpio  ini  ber kode  1UY-13440-02 dan  harganya  berkisar 75.000  +  pajak  10 %

nah  setelah  semua  beres  ,  isi  oli  bak  mesin  si  Pio  yang berkapasitas 1200ml ini dengan  oli  baru  *karena  tadi  bongkar  oil  filter  ,  ada  baiknya  pengisian oli  ditambahin  sedikit  🙂

monggo  di  tambahin  kalo  kurang  & di  tunggu  share  tentang  si  Pio

salam from warung DOHC_never_ending_exploring

Wassalamu’alaykum 😉


Tanggapan

  1. Hasilnya akhirnya bagaimana om? 😀

    • alhamdulillah ga komplain lagi ….. tapi jangan beranggapan suara kasar nya pio bisa selembut jupiter Z ya! :mrgreen: kasar2 nya ada batasannya & spec si Pio yang aslinya Cross ini memang begitu *harus bisa bedain kasar karena ubnormal 🙂

  2. aku mbukak karbu wae deg2an… wedi ndak raiso masang meneh… xixixixi :mrgreen:

    • wah Afiikaa perlu banyak latihan………
      berapa kali?
      ratusannnn #ehh lebihh :mrgreen:

  3. iki mesti ndisik sing duwe keset ra tau rawat motor, kemproh wexx

    • jangan marah2 dulu kakak thole ini kalajengking dapet 2nd :mrgreen: wajar kalo hystorical nya ga ada record 🙂

      • beli kucing bonus karung

      • jiahh bisa buat kulakan beras dunk 😆

  4. Coba omah ku cedek wes mampir aku mas

    • baca2 trus otodidak ae mas, kalau di dalami lama2 bisa kok 🙂

  5. msok oli habis di tap, di masukin lagi mas?

    • ganti baru itu maksud nya xixixi #cuma ga tak upload :mrgreen:

  6. kalo scorpione kancaku suarane kaya keteng kendor.tik tik tik……

    udah diservis masih tetep bunyi.
    kalo stelan klep cs1 berapa mm mas?beli feeler gaugenya dimana?

    • cs 1 pake yg agak rapet aja mas , 0,04- 0,05- 0,06

      beli fuller gauge banyak di toko2 tools macem krisbow / di bengkel yg jual tools 🙂 murah antara 20rb – 50rb juga ada

      • . Om mau tanya. Klo noken as asli yamaha & templar biasa(imitasi) itu masalah gk om. Soalnya baru di ganti kok masih bunyi tek tek tek tek kyk celah klep itu terlalu longgar,padahal udah di stel sesuai standarnya.
        Mohon pencerahanya om.??

  7. warung dohc emang mantaappp
    “bebekqu nopo yokang, kalo putaran abwah kok bunyi, tek.tek..tek.tek.tek..
    kalo uda lewat km 30 suara ilang” 😦

    http://areeya2.wordpress.com/2012/03/05/pulsar-220-ready-touring/

    • nganu mas jarak tempuh udah berapa km? kalau diatas 40.000km biasanya adjuster tensioner nya mulai kendor / rantai camrat nya mulai molor …. itu si viper basic mirip supra100 kan? adjuster tensioner nya lebih leluasa dibanding bebek2 sekarang yg pake adjuster automatic 🙂

      • ini baru 12.400an . . . mesti ganti rante kamprat to ? ❓

      • belum mah kalau masih 12.000 an coba kencengin adjuster tensioner dulu itu ada baut di bawah bak oli mesin sebelahnya baut pembuangan oli trus disetel lewat samping .. tp model ini serahkan pada ahlinya aja.. & perlu di ingat cari sumber gejala bunyi nya darimana dulu sebelum menentukan perbaikan 🙂

  8. sekalian conrod sama arm relaynya dibongkar + dilumuri gemuk, biar lbh awet karet+boshnya (gak bersuara “kriyet-kriyet”)

  9. mantab mas.. kapan2 dech tak tulis jadi artikel…. memang banyak yang mengeluhkan si Pio tuh kalau kurang bersih perawatannya & sering jalan di tempat berdebu jadi bunyi ngiik ngikk engkit2 di area bosh swing arm :mrgreen:

    • y ne gan si pio gua masalah nya g jauh beda di swing arm bunyi apalagi jalan nya g rata trus gue siram z pake air dn ternyata ga bunyi lg,dn beberapa hri lgi bunyi lagi gan dn seperti biasa siram air dn bgtulah kendalanya,warungDOCH,apanya yg harus gue ganti mohon di bantu.

  10. nitip tulisan mas
    http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/03/05/beranikah-untuk-gagal/

    terima kasih..

  11. Pedahku kok ra iso disetel yo kang klep’e?
    Piye ki??
    :kaboooor

    • jare sopo? #setel kombinasi shim kan bisa

  12. Setting rapat=irit, bener gk ya?

    • bisa , tapi ter;lalu rapat= kompresi kemposss .. harus masuk toleransi range penyetelan mas

      • ikut spek manual book pabrikan ajam mas, kan rapat kendor itu sbnrnya adlah toleransi muai logam ketika panas, jd bukaan klepnya akan optimal dan tdk bocor kompresi juga gak brisik suaranya krn kelonggaran

      • mas bro… kalo klep nya d stel g` pke puller kok jadi g`bertenaga y……. apa tuh masalah nya?

  13. wuiih…step yang sangat lengkap en detail….
    eh, gram-nya darimana yo mas, kok kayak-nya banyak banget…

    • kalau sirkulasi mampet di area filter , kan cam dll di bagin cylinder head jadi kurang pelumasan mas 🙂

  14. help me suhu 😦

    Papas noken as Vixion, putaran atas gila-gilaan, tapi putaran tengah kog mbrebet

  15. baca berulangkali biar ngerti,tapi dasar otak tumpul tetap aja susah 😦

    • tetap semangat mas bro ! 😈

  16. wah jadi kancane mas azis pancen akeh untunge…service gratis ora kui mas?

    • he he he nek tegel gratis yo rapopo mas :mrgreen: , biasane do nyangoni gae tuku pertamaxx 2liter- 3liter xixixixi / sak iklash e 😆

      • kudu tegel xixixixix

      • kudu tegel + mentolo xixixixix

  17. servis bayar nasi punel seminggu … 🙂

  18. jelas gak kasarlah wong bukan Camry

  19. wah udah joss lagi donk

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

    • udah ga balik komplain: berarti puas 😛

  20. kalo bunyi “ngiik ngiik” di sekitar shock breaker depan kenapa ya mas? scorpio temen ane tuh bunyi gitu padahal motor baru

    • kemungkinan ada benda bergesek aja mas, seperti misal cover karet kabel /selang minyak rem dengan spetbor atau benda plastic lain , coba ditelusuri dulu

      • coba aja di smprot monoshok bagian bawah pke semprotan rantai gan,.. mtor ane jg sring gitu trnyata stelah di smprot smbuh gan

  21. segala motor bisa nih ditangan suhu DOHC ,ckckckckckk

    • selama bisa dipelajari whynot bim..? He he 😉

  22. kelebihan nya, katany sini sih, mesin lebih adem…
    kekurangannya, musti nambah oli dikiiiit

    • maksudnya bagian mana tuh sis? 😛

  23. si pio ku akhir-akhir ini kasar juga kang, koyok e salah pasang oli, 10w-30 ketok e ra cocok yo….

  24. pio ane jg kasar dari pertama bli baru.. 😆 (dibanding motor bebek or tiger tentunya) boros pula…cuma dapet 25 km/liter…tapi maklum lah… 😀

  25. mantab infonya nih jadi bertambah pengetahuannya thanks ya Om sudah sahring

  26. sharing yang bagus, eh iya saya juga pernah ngalamin, ganti saringan udara di bengkel resmi, dan katanya ori, eh pas dibengkel lain yang resmi juga dilihat ternyata palsu waduh jadi gimana gitu rasanya hehehe

    • saya pernah tapi bukan saringan lampu buat matic…yang kanan ori yg kliri osram…tpi mechanicnya sich bilang, dan minta maap..sebelum masang…..tpi setelah dipake…masih terangan yg osram…hahahaha

    • Iya kalau saringan udaranya takut palsu, bawaan motornya jangan hilang pengalaman ku cuci pake sabun cuci piring dibawah kran sampai airnya bening,keringkan, pasang lagi

  27. weh mantap kang…. 😀
    #iso bongkar pikson ku pora kang..? 😀

    • gampang ! 😎 …….. 😛

  28. ijin menyimak suhu 😀

    Logo ITS dijiplak cuk!

  29. Tigerku tiba2 bunyi klok-klog ga beraturan pas dingin. Aku curiga kamrat tapi perasaan baru ganti plus lat-nya dan laher noken. Jangan2 stang seher oblag? Opo’o yo bro kiro2

    • pas rpm tinggi ngorokk ga mas? vibrasi nya gimana? kalau ngorok bisa kemungkinan memang stang seher & pen big end nya, tapi kalo ga ngorok bisa jadi tensioner adjuster lemah 🙂

      • biasane klo tensioner atau kamrat klik-klik bunyinya, tapi ini klog-klog (mungkin belum parah kali) padahal lidah tensioner baru ganti (indopart), kamrat ganti ori, LAT/tensioner thailand + plus laher noken. atau LAT perlu tak ganti orinya? biasanya sih tak gulung sendiri per platnya, mungkin kemaren kekencengen sampai laher kena :mrgreen:

  30. njaluk digenti DOHC 😀

    Busett…Honda Dream Di Jejalin Head CBR150 Sepaket!!

  31. aku wingi bar ganti rantai mas, suarane kok podo wae yo ??? opo perlu ganti rante sing luwih gedhe…..

    *******
    sik…. tak mulih sik…. karo mancal….

  32. salam kenal mas aziz..
    sering buka blog ini tp gak pernah komen..numpang komen ya..

    q arep tekon : motor cs1 q sak bare servis nek high rpm ( 7000-9000 ) kok ngempos koyo ra metu tenagane alias njebebeg..kiro2 opo ne yo mas..sak durunge servis isih jos..

    matur nuwun..

  33. eh yo bro, dhuwe stok LAT/tensioner tiger orisinil ? lagi males gulung menggulung. Email hargane yo. ntar kalo parah tak ganti ori aj

  34. scorpio kasar???pergi dealer clingak-clinguk golek anyar… :mrgreen:

    • katek akal njenengan…..

  35. Woh,bikin cenut cenut ini

  36. Mas Aziz,, Blok mesin Motorku tak kirim rono yoo..?? 😀 😀
    PISS

  37. Mas tolong donk bikin artikel tentang Honda PGM-FI, ditunggu artikelnya.

  38. makin jozzz nih kayaknyaa dibanding new scorpio keluaran sekarang 😀
    http://aldyazgn.wordpress.com/2012/03/07/wohh-gta-versi-tugu-tani-nih-bro/

  39. Mantap suhu .. 😉
    http://javabiker.wordpress.com/2012/03/07/operasi-kecil-si-chuby/

  40. mbacanya sambil mikir emud emudan.. mantabs, keep exploring..
    ditunggu artikel mbongkar mesin Testastretta 🙂

  41. salam kenal juga mas , thanks mas udah berkunjung , cs 1 ne udah servis rutin , coba check karbu dan filter udara , jangan lupa busi nya kalau udah mau mati/ lama ga diganti nyebabin efek ga enak di geber di high rpm

    • la.cs1 ku rodo aneh iki.pas 5000-6000rpm koyo ketahan mlayune..pas wis 7000 lagi wussss…opo busine sekarat???

  42. Aku cr bengkel khusus bt nalangin kalajengking di kota kudus gak ada mas. Jd servisnya ya di bengkel resmi yamaha, al hasil gk memuaskan. Suara tetep kasar, tarian gk bs enteng, lari 80 dah ngeden. Bengkelnya ini dmn mas almatnya.

    • sebelumnya perlu pwntamaan persepsi dulu mas bro, seberapa kasarnya? ada batasan2 normal kasarmya mesin scorpio karena memang basic emgine cross jadi clearence nya gede, namun jika kadar disertai gejala kerusakan ya memang perlu checking, aku belom buka bengkel mas, sementara ini ngerjain motor di rumah just hoby 🙂

    • Kalau sudah ngeden begitu 3 hal yang harus dicek
      1. pulsernya cek arusnya
      2. CDI nya cek kalau arusnya listriknya ?? dia hidup tapi kalau dipake lari ngeden
      3. businya tes diluar kalau apinya rada kemerahan biasanya ngeden juga, anda suka gonta ganti merek oli, ganti businya.

      • neh sama dengan masalah pio ku, tapi awalnya aku nyetel klep mas, busi juga da di ganti, tapi masih aj ngeden, apa solusi nya & apa yang buat CDI m Pulser lemah…?

  43. horas.. n salam kenal lae azis! mw nanya ni, dr ulasan d atas ” jangan cuci busa filter model seperti ini dengan bensin .. bisa hancur” sebaikna pake apa utk membersihkn busa? n brp KM kah pmakaian normal oil filter pio? & bisakh di bilas pake bensin oil filterna utk membersihkn jika dlm batas normal? mauliate(thanks) utk infona.

    • salam kenal juga buat bro erick di tanah batak, :D. itu air filter model busa cukup di semprot dengan kompressor, kalau sudah rusak mending di ganti, untuk filter oli pio pemakaiannya bisa lama mas bro & asal jaring kawat belum rusak bisa di cuci dengan bensin 🙂

  44. mw nanya mass,,klo pio per koplingnya untuk harian tp ttep isa ngebut dikasih punya’e ap y??
    suwun,,

  45. salam kenal bang
    saya mau tanya
    saya habis bongkar silinder head,niatnya cuma bersihin kerak di piston
    karna rantai kamprat jatuh,akhirnya saya putar2 crank shaftnya(poros engkolnya)
    lah,masalahnya saya lupa pas muter2 crank shaft brp putaran,,jadinya saya pasang aja dan ngepasin posisi top gear noken as
    yang saya mau tanya gmn liat posisi top crank shaft dan top gear noken pas(sesuai standartnya)
    soalnya saya kwatir kalau top g sesuai standart bikin rusak
    mohon di bantu
    trims

  46. mantap mas broo..ok siap u ntuk dicoba

  47. Salam kenal Mas Bro.. Ane punya tungangan Pio dah 2 th, sering bolak balik jogja semarang 1 mggu 1x.. kemarin ada keluhan suara ncit2 di belakang, tak bawa ke Bengkel resmi, setelah di kasi paslin semua di bagian shock .. e.. masih bunyi juga.. ditelusuri terus.. katanya yg bikin bunyi bagian as arm ma Leces Bearing rusak.. kok bisa gitu gmn mas bro? dan biar gak begitu lagi ap yg harus dilakukan?
    Trus bisa gak mengurangi getaran pd Pio?

  48. slam kenal bro..
    ane mau tnyai nih bro, di mesin scorpio ane kok kyak ada Suara gesekan di dalam mesin (seperti gesekan antar logam) terdengar lebih keras dan cempreng, apalagi jika dibawa dalam rpm tinggi) bisa minta solusinya gk bro? scorpio ane thun 2011.. trima kasih..

  49. mas pio gue orang bru ne..
    asik baca artikel mas..gue pnya scorpio tahun 2010 akhir..mw tanya scorpio tuh suara klep ataw temeng ya yang berisik x..???

    • typikalnya pio emang kayak gitu mas bro, jangan khawatir …. kecuali suara kasar dibarengi penurunan performa, ya perlu di check

  50. mas mw tanya harga spedometer scorpio asli kena brapa ya…
    thanks

  51. mas oli yang bagus buat pio apaan ya..???mohon infonya

  52. scorpio ku klep’y bunyi ngicik keras banget..! Gmana solusinya..?

  53. knp y si pio ne mesin nya cpat panas tolong di bantu y warung DOHC

  54. Makasih suhu tutorialnya membantu sekali 😀

  55. parah tuh olinya…
    ane jg pnya scorpio tahun 2007 br sekali stel klep, mesin ok aja malah skrang makin enak.. oli mesin sangat jernih…bs diliat tuh lewat sight glass, sebulan sekali ganti oli (per hari rata2 jarak tempuh20-30 km)… blm pernah rewel…
    yg rusak baru gear spedometer yg diroda terbuat dr plastik sama kabel tachometer putus tp sgera diganti semua krn murah harganya.
    saringan oli diganti 6 bulan sekali, kampas rem dpan belakang udah 3 kali ganti.
    kelistrikan ok, blm ada satupun lampu yg putus. busi baru ganti 2 kali meski blm koit bener.
    intinya puas banget punya scorpio, biaya perawatannya sangat murah utk ukuran motor batangan. (asal dirawat tepat waktu sesuai schedule perawatan di manual booknya dan ditangani sama bengkel resmi yamaha bukan bengkel umum kacang gorengpinggir jalan)
    padahal ane pake kbnyakan di medan offroad, bebatuan, lumpur, krikil pasir dan jarang di aspal tp tidak kalah sama motor trail macam kawasaki klx series atau suzuki ts.

  56. numpang share masbro, kalo bisa kalo mau pake carb cleaner karet vakumnya dibuka dulu, sekedar saran aja…
    soalnya gue pernah punya pengalaman ga enak di thunder 125, pernah mogok di jalan dan nyari bengkel terdekat aja yg penting motornya bisa hidup lagi, di bengkel tsb karbu dibersihin tapi vakumnya ga dicopot, semprot2 pake carb cleaner, motor hidup lagi sih tapi setelah dibawa jalan kerasa kurang enak, karena masih penasaran akhirnya besoknya dibawa ke beres, setelah dibongkar ternyata karet vakumnya MELAR !!! ngobrol sama mekanik ternyata emang karet vakum ga boleh kena semprot carb cleaner katanya…
    entah karena bahan karetnya suzuki yg beda atau emang kenyataannya karet vakum emang ga boleh kena carb cleaner, yg pasti mending dibuka dulu aja deh bro karet vakumnya daripada kenapa2, mencegah lebih baik daripada mengobati hehehe kalo thunder sih murah cuma 40ribuan kalo scorpio bisa merintih tuh isi dompet hihihii

    • siph share nya mas , memang karet sensitif terhadap cairan2 tertentu mas, bahkan kena bensin pun si membran bisa melar , sebenernya kalau posisi membran terpasang pada posisinya tepat , dia terjaga dari kemungkinan melar karena ukuran & posisinya terhimpit mangkuk , yang lebih bahaya adalah ketika membran sudah dicopot , trus dicuci pakai bensin / carb cleaner dalam kondisi diluar mangkuk, jelas lebih beresiko melar & susah dipasang lagi pada posisi nya 🙂

      • ooo ya jelas kalo gitu mah bro hahaha
        emang musti ada telaten kalo ngoprek2 karbu vakum hehe

  57. bengkelmu ngendi mas?tak parani sesok,,,,pioku koyo mesin jahit

  58. mas bro ada yg tau ngak masalah motor saya scorpio z 2008 pas jalan nggak jauh dari tempat pas digas suara knalpotnya seperti meledak2 terus mati sendiri. pas di nyalain di gas setengah ngak keluar suaranya , malah mati lagi dan lagi tolong solusinya

  59. Numpang konsul mas bro
    sya punya pio tahun 2006 pada saat bulan ramadhan kemarin (juli 2012) motor sya pada saat digas posisi motor diam ada suara cempreng didekt knalpot, trus ga lama kemudian sya bwa kebengkel di cekdan katanya noken as sma pelatuknya kena lalu diganti, dan selang sebulan kemudian suara mesin jadi kasar dan cempreng lagi sya bwa lagi ke bengkel ternyata noken as sama pelatuknya kena lagi, padahal pada wakktu penggantian noken as dan pelatuk itu menggunakan suku cadang asli yamaha, yang ingin sya konsultasikan kenapa hal itu bisa terjadi ya apakah ada kerusakan lain yang berakibat noken as dan pelatuk rusak kembali, mohon tanggapannya mas bro….uro yg 20w-50w, mohon komntarnya ya mas bro…. saya menggunakan oli mesin jenis enduro yang 20-50w…

    • sama nih pak masalahnya sama saya sekarang, apa bapak sudah dapat solusinya?

  60. numpang konsul mas bro,ane punya scorpio taon 2010 tapi kl jalan di mesin tuh seperti ada suara tangisan,trus kl di kopling suaranya hilang tapi pas lepas kopling saat jalan suaranya muncul lagi seperti suara tangisan gitu,trus mesin kasar banget kl mesin udah panas……..gimana tuh mas bro,share infonya dong

  61. Mas bro alamatnya dimana
    Bisa mnta tolong service juga
    😀

  62. mtor pio aq klu dipansin pgi2 enak dpkai tpi klu lngsung dpkai ksar n lmban trikannya.kdang enak tpi kdang jg tdk enak trikannya,gmana itu mas.mhon bntuanya.trim’s.

  63. mas kok star kik elektrik ora eso nyala yo , nek di pencet tok tok tok suarane iki pie yo mas , opo batu arang e , opo njalok ganti dinamo ne , tolong info ne mas penting , ???

    • itu bisa bandit stater/otomatisnya, bisa juga aki mu tekor………

  64. motor scorpio mas

  65. mz brow pio ku bunyi tik tik tik keras banget. .dah tak bwa bengkel stel kelep. . .sembuh. .dipakai baru 1 minggu bunyi lagi.

  66. masbrow,, mau nanya nih pio ane getarannya kenceng banget euy,, itu knapa ya,, padahal ganti oli rutin 1bln sekali ane pake oli shell ax7.
    sblumnya ane pernah tanya kebengkel, katanya sih klaher as kruknya udah kena and suruh dganti,,, tapi ane msh m cari solusi lain kali z da saran n tips dari masbrow aziz,,,hehehe…
    mohon pencerahannya masbrow,,, sblm nya matur nuhun njehhh,,,, 🙂

  67. mass,,kerenn abis tutornya
    .mau tnya2 nih,klo scorpio pas putaran atas kok bunyi kriiikkkk gtu knp ya???klo putaran bawah ngga bunyi..
    .klep udah di setel kenceng,kamprat juga masih bagus..thx

  68. mas bro,, pio ku mbledos-mbledus tp jarang2,,kalo lg kambuh di gas lgsung matek.. mohon petunjuk mas..

  69. Boleh pake oli filter mx yg kertas. Tapi 2 kali ganti oli. Masa pakaenya atau sekali. Harga 20 ribu rup. Ganti oli max setiap 2000 km/ 2 bln. Tune upp 3000 km. Bensin pertamax. Mesin bersih. Tarikan kuat . Carbu pe 28 asli Thailand KW 1. 700 ribu rup. BBm jimson 2A4E6262. Tx.

  70. min . .ane bingung ne.tlongin αղ乇.scozie ane . suka nembak.apanya ya ?thanks

    • Gampang..
      Mungkin sampeyan polisi/tentara/jomblo, jadi suka nembak… atau kalo enggak ya stelan udara di karburator enggak pas..

  71. mas gimana cara.nyari top pada noken as scorpio

  72. Mas knp blok kopling skorpio saya selalu rembes oli nya pdhal paking nya udh dobel

  73. den raden ni pio saya pagi2 saya hidupin kok ngebul y?
    Menurut anda ada apa?

  74. bengkel ny dmn om jd pngen nyervis nvl biar suara nya halus

  75. Salam kenal mas brow,sekalian nany si pio aku kok suara msnne kadang alus kadang kasar apane yaaah….

    • wahhh pas mesin panas apa dingin mas? * tapi memang pembawaan scorpio ga bisa halus halus banget dari sononya mas 😀

  76. alamatnya dimna mas, ada masalah sma motor scorpionya saya,

  77. info nya mantap mas…
    cuman punya saya vakum karbu nya sudah bocor halus.
    itu pengaruh ke boros minyak gak mas

  78. Mas mau tanya, kenapa ya pio ku tiba mbrebet2 saat digas atas khususnya padahal karbu udah dibersihin busi sudah diganti baru tapi masi tetep mbrebet-mbrebet… 😦

  79. Oli filter pio sama kok sama jupiter MX, dan harga lebih murah. . .

  80. Bos pio ane karbu y ngadat pdahal dh ane ganti pakum y pake yg ori,klw d panasin sm d bw jln sprti keabisan napas,mohon solusi y trimksh,….

  81. kalo suara mesin seperti kering kaya engga ada olinya itu gimana gan,trus dibagian gir depan kaya ada bunyi berdecit setelah motor dibawa kecepatan 60km ditambah agak ngeden kalo ditarik dibagian atasnya,padahal nariknya udah ngurut gas tapi tetep aja gitu masih nahan diatasnya

  82. Gan ane punya scorpio z 2008 Knpa ya tiap pagi pertama x di hidupkan suara mesin kasar banget? Tlong jawab ya gan!

  83. hy.. mau nany ne. pio aq klo d bawa jln 500 meter ato 1 km. mau mati sndiri. kira” apa pnyakit nya ya?

    • Cobak cek kabel kelistrikanny. Saya jg perna nglami

  84. Kang pio ku kalo d kopling gak ngoblak2 suara mesinx.
    Tpi pas d lepas koplingx lngsung bunyi ngoblak2.
    Kasar.
    Tlong d bantu

  85. Pak. Kalau mau buka dinamo starter apa saja yg harus di lepas? Apakah hrs kluar kan oli dan bensin dahulu? Karena dinamo starter tidak mw muter, mau periksa cool nya.

  86. . Om mau tanya. Klo noken as asli yamaha & templar biasa(imitasi) itu masalah gk om. Soalnya baru di ganti kok masih bunyi tek tek tek tek kyk celah klep itu terlalu longgar,padahal udah di stel sesuai standarnya.
    Mohon pencerahanya om.??

  87. Om pio saya suara mesinnya kasar baget
    Itu kenapa yah

  88. Om mau nanya nih scorpio saya kasar bunyi kalo digeber ter” kalo rpm tinggi

  89. Om iki scorpio ne aku kasar banget angger digeber bunyi ter” pada bagian head ..

  90. kalo new scorpio filternya pake saringan dari benang plastik. jadi awet., bukan dari kertas.

  91. Bos .mau nanya pio saya lau kopling di tarik suara mesin halus tp lau di lepas suara kasar gmana bos solusinya…trimksh

  92. Om saya mau tanya tentang masalah yamaha scorpio z 2005 saya yang hilang tenaga. Saya sudah coba cari solusi di google dan semuanya merekomendasi untuk ganti karbu. Saya sudah ganti pake karbu PWL 28 KAWASAKI Orijinal akan tetapi tenaganya tetap tidak ada. Untuk kelistrikan, bunyi mesin serta langsam normal semuanya. Maaf om kalau boleh minta solusinya buat masalah yamaha scorpio z 2005 saya ini. Terimakasih sebelumnya dari RestInHell Nusa Tenggara Timur.

  93. Bang.. gmna nih masalah pio gw.
    Klo mesinnya di mati’in ada bunyi ( tak )
    Mohon pencerahanya bang..?


Tinggalkan Balasan ke tovavanjava Batalkan balasan

Kategori